bukti Hyundai emang Niad! Creta NLine SUV Major Improvement

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
Jenson
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: 22 Aug 2014, 16:41

Re: bukti Hyundai emang Niad! Creta NLine SUV Major Improvement

Post by Jenson »

b0ku wrote: 13 Jan 2025, 11:58
slapnuts wrote: 13 Jan 2025, 11:41
Nah, tau kan om kenapa Mobilio dan BRV ga laku di pasaran dan kegilas pesaingnya? Karena MAYORITAS warga negara Indonesia beli mobil KELUARGA ga dipakai untuk manuver ekstrim seperti om. Nyatanya BRV/Mobilio dibantai Avanza Xenia FWD bahkan sampai XP/XP Cross pun masih lebih laris dibanding BRV. Dan again, mayoritas orang Indo pasti bakal bilang kalau Reborn yang handling floaty ngayun seperti kapal itu jauh lebih nyaman dibanding BRV/Mobilio yang gedubrakan, road noise berisik dan atap klontang-klontang kalau hujan. Kebanyakan orang ga peduli chasis rigid bla bla bla, yang penting empuk senyap kedap irit.

Prinsip orang Indo, mau manuver ektrsim ya beli mobil sport, mau bawa keluarga santai ya beli saja mobil keluarga yang nyaman.
ya terus kenapa HRV, CRV laku om :mky_07:

mobili/brv awal itu terlalu ceper om ud keliatan salah setelan :big_biglaugh:

kalo gen sekarang gc ud bener leganya masih kalah :big_biglaugh:

buktinya xforce aja kalah sama HRV yang super sempit :mky_03:

balik lagi konteksnya nanya mobil 1500 seekstrim apa di pake kebut2xan

padahal 1500 itu typical mesin masuk kelas hothatch jutsru hothatch itu mobil yang paling gampang di pake buat kebut2xan extreme :big_biglaugh:

yang juara jualan hatchback balik lagi siape dari dulu :mky_03:
Ngomong2 ini, oe menyadari keknya forte Honda tu emang udlah mobil 5 penumpang aj. Liat tu si WRV, BRV d potong setengah lebih laris drpd yg original.

HRV laris, again rumus 5 seater. Jadi mgkin emang market segmenya buat org yg demen nyetir, suka ngebut ngepot sana sini kali ya lama2. Yg nyari mobil keluarga, anteng, ga peduli enak nggak, ya ga jauh2 ke tripel elipse, ato sijuka ama mitsubiji
vanosz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1347
Joined: 31 Aug 2013, 11:20

Re: bukti Hyundai emang Niad! Creta NLine SUV Major Improvement

Post by vanosz »

ctopher7 wrote: 18 Jan 2025, 10:32

kalo dari pengalaman pribadi, saya bawa mobilnya makin santai dan ga gampang kepancing emosi kalo:
- mobilnya nyaman, nvh bagus dan mesin + throttle response bisa dibawa "jinak" (ini paling penting)
- beli dan rawatnya pake duit sendiri (faktor pendukung)

dulu jaman bawa ops dan anps (punya bokap) pengennya gaspol mulu, karena mobilnya dibawa santai kaga bisa dinikmatin juga (kyk bawa truk) di toll bawa minimal 140 nyodok kiri kanan bahu jalan ga mikir. pas beli fortuner sndiri mulai tuh bawanya ga segila bawa pajero karena kalo kenapa napa pake duit sndiri ngurusnya juga. tapi bawanya masih nyodok nyodok lah, karna torsinya berasa di rpm bawah enak buat nyodok kiri kanan

skarang bawa sedan anteng anteng aja, gas kalo jalanan bener bener kosong dan mulus doang. kalo lagi rame dan disalip mobil laen kyk yaudah ga peduli, ga ada rasa pengen nantangin juga :big_peace:
Klo dasarnya suka bawanya cepat ya cepat aja gans,

Cuma kadang ugalnya berkurang,

Karena faktor umur ada pengaruh,kpikiran kasian orang klo tlalu ekstrim,

Klo dulu ane sama hopeng jaman bangga selap selip sampe seakan idung kap mesin lewatin buntut kontener tol priok,
Sambil ketawa ketiwi,


Nah

Klo pernah punya truk pasti tau tarikan mobil itu sperti itu,

Ya klo orang gak punya terutama punya mobil bensin dipikir itu truk dimana aja ngaspollll,

Dipencet dikit pedal gas langsung loncat,

Klo buat harian mobil perang truk sing ada lawan gans,

Gagah dapat,

Irit dapat,


Gak pernah was was kemanapun,

Keliling dunia ofrod juga dapat gans,


Ganti suspensi dan rem gans,

Biar benar tuh mobil,

Biar gak goyang dongdot dan berenti gelosor,
User avatar
loid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: 05 Aug 2022, 15:25
Location: Bandung
Daily Vehicle: Xpanther

Re: bukti Hyundai emang Niad! Creta NLine SUV Major Improvement

Post by loid »

b0ku wrote: 10 Jan 2025, 05:05 skakmat HRV...............












jualan meble...............malah pasaran anjlok sodara gw ud rugi ratusan juta beli ni mobil baru juga 2thn :glodak:
H miring lebih enak dibeli 1-2 tahun abis release berarti, mirip2 lawannya X Force dari brand tiga berlian karena harga diskon/sekennya bisa digoyang

Cocok untuk budget cekak tp pengen dpt unit seken tahun muda/low km atau malah brand new
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5599
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bukti Hyundai emang Niad! Creta NLine SUV Major Improvement

Post by b0ku »

loid wrote: 25 Jan 2025, 11:19 H miring lebih enak dibeli 1-2 tahun abis release berarti, mirip2 lawannya X Force dari brand tiga berlian karena harga diskon/sekennya bisa digoyang

Cocok untuk budget cekak tp pengen dpt unit seken tahun muda/low km atau malah brand new
h tegak 5-10 taun baru enak BTW RW 2.0 aja ud mulai nyentuh 200 kecil bentaran bisa 190an tuh :mky_07:
epinjose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 252
Joined: 27 Dec 2013, 18:59

Re: bukti Hyundai emang Niad! Creta NLine SUV Major Improvement

Post by epinjose »

Suryaputra wrote: 11 Jan 2025, 11:30
iya petrolhead tau lah gmn enaknya nyetir honda meliuk liuk di pegunungan dan bukit

walaupun dgn cvt + mesin N/A kudu agak sabar klo mau nyalip di tanjakan :big_biglaugh:
haerpi lama ini enak um buat ukuran econobox. ga berasa bulky n lemot kyk yang baru (walo termasuk lemot juga).
Sy pernah jem 4 an subuh downhill lembang-bandung bareng2 xv40 agak nekad..
nekuk sama ngerem nya enak bisa ngimbangin, sampe ban sering bunyi.

baru deket2 gh universal agak lurus, dia gas saya di tinggal..
Saya cooling down di sini dan kepikiran masih pake kampas fabriek di 70rb.. wkwkwk adrenalin ga bohong.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12258
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: bukti Hyundai emang Niad! Creta NLine SUV Major Improvement

Post by Suryaputra »

epinjose wrote: 30 Jan 2025, 20:40
Suryaputra wrote: 11 Jan 2025, 11:30
iya petrolhead tau lah gmn enaknya nyetir honda meliuk liuk di pegunungan dan bukit

walaupun dgn cvt + mesin N/A kudu agak sabar klo mau nyalip di tanjakan :big_biglaugh:
haerpi lama ini enak um buat ukuran econobox. ga berasa bulky n lemot kyk yang baru (walo termasuk lemot juga).
Sy pernah jem 4 an subuh downhill lembang-bandung bareng2 xv40 agak nekad..
nekuk sama ngerem nya enak bisa ngimbangin, sampe ban sering bunyi.

baru deket2 gh universal agak lurus, dia gas saya di tinggal..
Saya cooling down di sini dan kepikiran masih pake kampas fabriek di 70rb.. wkwkwk adrenalin ga bohong.
Yg baru kode RV
body lbh berat
velg lbh berat.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 880
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: bukti Hyundai emang Niad! Creta NLine SUV Major Improvement

Post by zonepublic »

Suryaputra wrote: 31 Jan 2025, 16:31
epinjose wrote: 30 Jan 2025, 20:40
Suryaputra wrote: 11 Jan 2025, 11:30
iya petrolhead tau lah gmn enaknya nyetir honda meliuk liuk di pegunungan dan bukit

walaupun dgn cvt + mesin N/A kudu agak sabar klo mau nyalip di tanjakan :big_biglaugh:
haerpi lama ini enak um buat ukuran econobox. ga berasa bulky n lemot kyk yang baru (walo termasuk lemot juga).
Sy pernah jem 4 an subuh downhill lembang-bandung bareng2 xv40 agak nekad..
nekuk sama ngerem nya enak bisa ngimbangin, sampe ban sering bunyi.

baru deket2 gh universal agak lurus, dia gas saya di tinggal..
Saya cooling down di sini dan kepikiran masih pake kampas fabriek di 70rb.. wkwkwk adrenalin ga bohong.
Yg baru kode RV
body lbh berat
velg lbh berat.
Konsekwensinya
Bbm lebih boros,racksteer&eps lebih cepet rusak
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12258
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: bukti Hyundai emang Niad! Creta NLine SUV Major Improvement

Post by Suryaputra »

zonepublic wrote: 31 Jan 2025, 17:00
Suryaputra wrote: 31 Jan 2025, 16:31
epinjose wrote: 30 Jan 2025, 20:40

haerpi lama ini enak um buat ukuran econobox. ga berasa bulky n lemot kyk yang baru (walo termasuk lemot juga).
Sy pernah jem 4 an subuh downhill lembang-bandung bareng2 xv40 agak nekad..
nekuk sama ngerem nya enak bisa ngimbangin, sampe ban sering bunyi.

baru deket2 gh universal agak lurus, dia gas saya di tinggal..
Saya cooling down di sini dan kepikiran masih pake kampas fabriek di 70rb.. wkwkwk adrenalin ga bohong.
Yg baru kode RV
body lbh berat
velg lbh berat.
Konsekwensinya
Bbm lebih boros,racksteer&eps lebih cepet rusak
Klo rekstir, itu lihat patternnya cepet kaput yg versi adas.

Ditambah pabrik ngasih grease (gemuk) secukupnya

Di trit sblh, recall rekstir civic bukan pergantian rekstir, tp ditambahin gemuk :big_biglaugh:

Cmiiw
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5599
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bukti Hyundai emang Niad! Creta NLine SUV Major Improvement

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: 31 Jan 2025, 17:04
zonepublic wrote: 31 Jan 2025, 17:00
Suryaputra wrote: 31 Jan 2025, 16:31
Yg baru kode RV
body lbh berat
velg lbh berat.
Konsekwensinya
Bbm lebih boros,racksteer&eps lebih cepet rusak
Klo rekstir, itu lihat patternnya cepet kaput yg versi adas.

Ditambah pabrik ngasih grease (gemuk) secukupnya

Di trit sblh, recall rekstir civic bukan pergantian rekstir, tp ditambahin gemuk :big_biglaugh:

Cmiiw
gimana gak kaput kan nambahin satu komponen lagi motor listrik buat muterin itu setir secara otomatis :big_slap:
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 475
Joined: 26 Jul 2017, 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV + LCGC

Re: bukti Hyundai emang Niad! Creta NLine SUV Major Improvement

Post by FR6 »

ChZ wrote: 13 Jan 2025, 15:31
timbermaniac123 wrote: 13 Jan 2025, 12:20
Ironi nya, innova, fortuner, pajero yang dipake buat ngebut2an di jalan. Jadi saya bingung sama generasi gen z sekarang ini otaknya :big_slap:
gw nggak pahamnya itu.

di rentang harga sama ada civic turbo lebih enak kalo mau ngebut2an, pada milihnya gajah diesel.

ya iya sih ngisinya harus pertabo tapi modifan mahal masa nggak modal isi bensin.
saya punya temen, ada budget 400jt-an saya rekomen Zenix G Hybrid krn lebih future proof & bisa jadi daily workhorse yg worry-free, atau Civic/CRV Turbo krn kenceng, doi milih Reborn, M/T pula..
Alasannya jalanan disini banyak rusak (Sumsel), okelah wajar..

gak lama kemudian, di modiflah itu MPV yg harusnya buat heavy duty jadi super ceper (celah 1 jari) 225/40R18, pake balance arm ini itu, bushing ini itu biar dibawanya enak wkwkwkwkkw

belum lagi knalpot samping + asap hitam yg kemungkinan AFR nya super rich wkwkwkw giliran numpang mobil dia, saya suruh kebut2 takut turbo jebol wkwkwkwkwkwkw

emang susah sih, kayanya yg gitu2 tuh karena FOMO.. padahal kalo liat tuner2 di DKI, kaya Elika itu tuning 2GD powerband bisa mirip 1GD & smokeless.

coba pake Civic/CRV RW 1.5T STD, tarik2an kebut2an juga gak worry turbo jebol wkwkwkwkwkkwwk gak perlu di modif2 juga handling udh enak
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16540
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: bukti Hyundai emang Niad! Creta NLine SUV Major Improvement

Post by ChZ »

FR6 wrote: 06 Feb 2025, 13:24
saya punya temen, ada budget 400jt-an saya rekomen Zenix G Hybrid krn lebih future proof & bisa jadi daily workhorse yg worry-free, atau Civic/CRV Turbo krn kenceng, doi milih Reborn, M/T pula..
Alasannya jalanan disini banyak rusak (Sumsel), okelah wajar..

gak lama kemudian, di modiflah itu MPV yg harusnya buat heavy duty jadi super ceper (celah 1 jari) 225/40R18, pake balance arm ini itu, bushing ini itu biar dibawanya enak wkwkwkwkkw

belum lagi knalpot samping + asap hitam yg kemungkinan AFR nya super rich wkwkwkw giliran numpang mobil dia, saya suruh kebut2 takut turbo jebol wkwkwkwkwkwkw

emang susah sih, kayanya yg gitu2 tuh karena FOMO.. padahal kalo liat tuner2 di DKI, kaya Elika itu tuning 2GD powerband bisa mirip 1GD & smokeless.

coba pake Civic/CRV RW 1.5T STD, tarik2an kebut2an juga gak worry turbo jebol wkwkwkwkwkkwwk gak perlu di modif2 juga handling udh enak
nah saya si sebenernya ngerasa percumi-cumian ini emang lebih banyak FOMO nya, form over function. orang beli innova rebon dan sebangsanya lalu dimodif itu FOMO liat modif-modif di internet.

kadang bingung orang modip trio diesel ampe habis puluhan ratusan, saya aja modif civic dan CRV nggak sampe belasan cuma remap dan downpipe aja. tapi hasilnya di toll masih bisa kerjain cumi cumi yang abis puluhan itu. itu mobil habis puluhan ratusan upgrade ngga lebih kenceng, handling ngga lebih enak, terus ngapain dong dimodif segila itu, masih takut jebol pula :mky_07:

zaman awal orang ngoprek innova 2KD itu karena mau dapet form follow function, mesin monster 300hp tapi mobil bisa dipake kerja sehari-hari, sekarang malah kebalik. dikebut ga berani takut jebol, diceperin malah takut ketemu banjir.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
fansdiesel
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 413
Joined: 19 Jul 2018, 12:30

Re: bukti Hyundai emang Niad! Creta NLine SUV Major Improvement

Post by fansdiesel »

FR6 wrote: 06 Feb 2025, 13:24
ChZ wrote: 13 Jan 2025, 15:31
timbermaniac123 wrote: 13 Jan 2025, 12:20
Ironi nya, innova, fortuner, pajero yang dipake buat ngebut2an di jalan. Jadi saya bingung sama generasi gen z sekarang ini otaknya :big_slap:
gw nggak pahamnya itu.

di rentang harga sama ada civic turbo lebih enak kalo mau ngebut2an, pada milihnya gajah diesel.

ya iya sih ngisinya harus pertabo tapi modifan mahal masa nggak modal isi bensin.
saya punya temen, ada budget 400jt-an saya rekomen Zenix G Hybrid krn lebih future proof & bisa jadi daily workhorse yg worry-free, atau Civic/CRV Turbo krn kenceng, doi milih Reborn, M/T pula..
Alasannya jalanan disini banyak rusak (Sumsel), okelah wajar..

gak lama kemudian, di modiflah itu MPV yg harusnya buat heavy duty jadi super ceper (celah 1 jari) 225/40R18, pake balance arm ini itu, bushing ini itu biar dibawanya enak wkwkwkwkkw

belum lagi knalpot samping + asap hitam yg kemungkinan AFR nya super rich wkwkwkw giliran numpang mobil dia, saya suruh kebut2 takut turbo jebol wkwkwkwkwkwkw

emang susah sih, kayanya yg gitu2 tuh karena FOMO.. padahal kalo liat tuner2 di DKI, kaya Elika itu tuning 2GD powerband bisa mirip 1GD & smokeless.

coba pake Civic/CRV RW 1.5T STD, tarik2an kebut2an juga gak worry turbo jebol wkwkwkwkwkkwwk gak perlu di modif2 juga handling udh enak
temennya di IG cantumin marga mesin gak?

Jony.2GD :big_biglaugh:
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 880
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: bukti Hyundai emang Niad! Creta NLine SUV Major Improvement

Post by zonepublic »

FR6 wrote: 06 Feb 2025, 13:24
saya punya temen, ada budget 400jt-an saya rekomen Zenix G Hybrid krn lebih future proof & bisa jadi daily workhorse yg worry-free, atau Civic/CRV Turbo krn kenceng, doi milih Reborn, M/T pula..
Alasannya jalanan disini banyak rusak (Sumsel), okelah wajar..

gak lama kemudian, di modiflah itu MPV yg harusnya buat heavy duty jadi super ceper (celah 1 jari) 225/40R18, pake balance arm ini itu, bushing ini itu biar dibawanya enak wkwkwkwkkw

belum lagi knalpot samping + asap hitam yg kemungkinan AFR nya super rich wkwkwkw giliran numpang mobil dia, saya suruh kebut2 takut turbo jebol wkwkwkwkwkwkw

emang susah sih, kayanya yg gitu2 tuh karena FOMO.. padahal kalo liat tuner2 di DKI, kaya Elika itu tuning 2GD powerband bisa mirip 1GD & smokeless.

coba pake Civic/CRV RW 1.5T STD, tarik2an kebut2an juga gak worry turbo jebol wkwkwkwkwkkwwk gak perlu di modif2 juga handling udh enak
Dulu 2013 saya ambil innova 2kd matic alasannya juga sama karena katanya potensi kencengnya lebih dari mobil bensin 2000cc tapi iritnya kaya lcgc
Tapi setelah modif ini itu,saya menyadari seberapa besarpun bujet saya modif innova jadinya ga akan seproper dan seenak mobil sedan/hatchback buat dibawa kenceng di berbagai medan
Kenapa? Ya masalahnya karena chasisnya itu memang tidak didesain buat manuver mau diapain gimanapun ya ga bisa fun to drive shiring plesur
Sejak itu saya menyerah dan lepas innova 2kd saya dan balik ke hatchback
Kalo mobil turbo dari lahir memang menarik tapi untuk mobil bensin turbo butuh RON tinggi untuk ngimbangin kompresi tingginya ga bisa tuh pake bensin subsidian ya jadinya ga ekonomis dong
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5599
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bukti Hyundai emang Niad! Creta NLine SUV Major Improvement

Post by b0ku »

zonepublic wrote: 06 Feb 2025, 15:26
Dulu 2013 saya ambil innova 2kd matic alasannya juga sama karena katanya potensi kencengnya lebih dari mobil bensin 2000cc tapi iritnya kaya lcgc
Tapi setelah modif ini itu,saya menyadari seberapa besarpun bujet saya modif innova jadinya ga akan seproper dan seenak mobil sedan/hatchback buat dibawa kenceng di berbagai medan
Kenapa? Ya masalahnya karena chasisnya itu memang tidak didesain buat manuver mau diapain gimanapun ya ga bisa fun to drive shiring plesur
Sejak itu saya menyerah dan lepas innova 2kd saya dan balik ke hatchback
Kalo mobil turbo dari lahir memang menarik tapi untuk mobil bensin turbo butuh RON tinggi untuk ngimbangin kompresi tingginya ga bisa tuh pake bensin subsidian ya jadinya ga ekonomis dong
OE malah nyari ledder preme bensin om alesannya simple dapet tangguh gak pusing kolong hajar banjir, tapi gak puyeng drama diesel tinggal isi bensin oktan rendah yang murah sama rajin ganti oli doank perawatannya............... :ngacir:

handling ya tinggal upgrade kaki2x aja :mky_03:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2392
Joined: 26 Sep 2021, 17:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Contact:

Re: bukti Hyundai emang Niad! Creta NLine SUV Major Improvement

Post by sahabatq8 »

FR6 wrote: 06 Feb 2025, 13:24
ChZ wrote: 13 Jan 2025, 15:31
timbermaniac123 wrote: 13 Jan 2025, 12:20
Ironi nya, innova, fortuner, pajero yang dipake buat ngebut2an di jalan. Jadi saya bingung sama generasi gen z sekarang ini otaknya :big_slap:
gw nggak pahamnya itu.

di rentang harga sama ada civic turbo lebih enak kalo mau ngebut2an, pada milihnya gajah diesel.

ya iya sih ngisinya harus pertabo tapi modifan mahal masa nggak modal isi bensin.
saya punya temen, ada budget 400jt-an saya rekomen Zenix G Hybrid krn lebih future proof & bisa jadi daily workhorse yg worry-free, atau Civic/CRV Turbo krn kenceng, doi milih Reborn, M/T pula..
Alasannya jalanan disini banyak rusak (Sumsel), okelah wajar..

gak lama kemudian, di modiflah itu MPV yg harusnya buat heavy duty jadi super ceper (celah 1 jari) 225/40R18, pake balance arm ini itu, bushing ini itu biar dibawanya enak wkwkwkwkkw

belum lagi knalpot samping + asap hitam yg kemungkinan AFR nya super rich wkwkwkw giliran numpang mobil dia, saya suruh kebut2 takut turbo jebol wkwkwkwkwkwkw

emang susah sih, kayanya yg gitu2 tuh karena FOMO.. padahal kalo liat tuner2 di DKI, kaya Elika itu tuning 2GD powerband bisa mirip 1GD & smokeless.

coba pake Civic/CRV RW 1.5T STD, tarik2an kebut2an juga gak worry turbo jebol wkwkwkwkwkkwwk gak perlu di modif2 juga handling udh enak
Tuning yang bagus kan memang smokeless, kalo sampe ngebul biasa ukuran injectornya gak sesuai/ kurang angin masuk, ato emang sengaja. Percaya ato gak, ada yang pernah minta gak usah kenceng gpp yang penting asepnya banyak & pekat :big_biglaugh:
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 880
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: bukti Hyundai emang Niad! Creta NLine SUV Major Improvement

Post by zonepublic »

b0ku wrote: 06 Feb 2025, 15:59

OE malah nyari ledder preme bensin om alesannya simple dapet tangguh gak pusing kolong hajar banjir, tapi gak puyeng drama diesel tinggal isi bensin oktan rendah yang murah sama rajin ganti oli doank perawatannya............... :ngacir:

handling ya tinggal upgrade kaki2x aja :mky_03:
Duo kaleng/duo roti tawar yang irit?
Betul kalo ada kendala jalan rusak& banjir enak laderfrem yang minim perawatan,kalo monokok pasti sering jajan kaki2, kebetulan kalo jalan rusak& banjir di kota saya masih mampu libas pake motor karena kotanya kecil jadi mobil jarang keluar,motor saya unit 2021 kmnya sudah 35ribu,mobil saya unit 2010 ambil 4 tahun lalu di 54ribu sekarang baru 63 ribu
sahabatq8 wrote: 06 Feb 2025, 17:20

Tuning yang bagus kan memang smokeless, kalo sampe ngebul biasa ukuran injectornya gak sesuai/ kurang angin masuk, ato emang sengaja. Percaya ato gak, ada yang pernah minta gak usah kenceng gpp yang penting asepnya banyak & pekat :big_biglaugh:
Ya emang sengaja dibikin pembakarannya tidak sempurna kan tujuannya menarik perhatian supaya dilihat orang entahlah ga da otaknya emang,dimana emisi mau dikurangi malah sengaja kotorin udara
Mending balik pake mobil teknologi mesin uap mestinya
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5599
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bukti Hyundai emang Niad! Creta NLine SUV Major Improvement

Post by b0ku »

zonepublic wrote: 06 Feb 2025, 18:50 Duo kaleng/duo roti tawar yang irit?
Betul kalo ada kendala jalan rusak& banjir enak laderfrem yang minim perawatan,kalo monokok pasti sering jajan kaki2, kebetulan kalo jalan rusak& banjir di kota saya masih mampu libas pake motor karena kotanya kecil jadi mobil jarang keluar,motor saya unit 2021 kmnya sudah 35ribu,mobil saya unit 2010 ambil 4 tahun lalu di 54ribu sekarang baru 63 ribu
ANE nyari yang 7 seater gede om duo kaleng gak sanggup tenaganya :mky_03:

inceran antara fortuner 2.7 model VNT atau angan2x si cygnus V8 om soalnya ngebet pengen punya V8 :mky_03:

kalo gak butuh 7 seater mah mendingan pake CRV gen 4 ud pasti enak upgrade kaki2x banyak lagi pake suspensi stock juga cukup tinggal maenin chasis sama rem :mky_03:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16540
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: bukti Hyundai emang Niad! Creta NLine SUV Major Improvement

Post by ChZ »

zonepublic wrote: 06 Feb 2025, 15:26
Kalo mobil turbo dari lahir memang menarik tapi untuk mobil bensin turbo butuh RON tinggi untuk ngimbangin kompresi tingginya ga bisa tuh pake bensin subsidian ya jadinya ga ekonomis dong
ya beli mobil 600 juta buat ekonomis itu logika ekonominya agak dipertanyakan.

mobilnya sendiri 600 juta. it's not economic in any economical sense.

ekonomis naik KRL bus atau motor.

moblis 700 juta ya tidak ekonomis, sama aja mau listriknya cuma bayar gopek per kwh. ekonomis kalo mobilnya dibeliin. istri atau anak kan biasa gak mikir harga mobilnya, dibeliin babenya itu ya udah tau isi bensin/listriknya murah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12258
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: bukti Hyundai emang Niad! Creta NLine SUV Major Improvement

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 07 Feb 2025, 11:41
zonepublic wrote: 06 Feb 2025, 15:26
Kalo mobil turbo dari lahir memang menarik tapi untuk mobil bensin turbo butuh RON tinggi untuk ngimbangin kompresi tingginya ga bisa tuh pake bensin subsidian ya jadinya ga ekonomis dong
ya beli mobil 600 juta buat ekonomis itu logika ekonominya agak dipertanyakan.

mobilnya sendiri 600 juta. it's not economic in any economical sense.

ekonomis naik KRL bus atau motor.

moblis 700 juta ya tidak ekonomis, sama aja mau listriknya cuma bayar gopek per kwh. ekonomis kalo mobilnya dibeliin. istri atau anak kan biasa gak mikir harga mobilnya, dibeliin babenya itu ya udah tau isi bensin/listriknya murah.
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

kemajuan suatu negara, semua memang dimulai dari rakyat nya.
thinking framework nya dibenahi dulu.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 880
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: bukti Hyundai emang Niad! Creta NLine SUV Major Improvement

Post by zonepublic »

ChZ wrote: 07 Feb 2025, 11:41
zonepublic wrote: 06 Feb 2025, 15:26
Kalo mobil turbo dari lahir memang menarik tapi untuk mobil bensin turbo butuh RON tinggi untuk ngimbangin kompresi tingginya ga bisa tuh pake bensin subsidian ya jadinya ga ekonomis dong
ya beli mobil 600 juta buat ekonomis itu logika ekonominya agak dipertanyakan.

mobilnya sendiri 600 juta. it's not economic in any economical sense.

ekonomis naik KRL bus atau motor.

moblis 700 juta ya tidak ekonomis, sama aja mau listriknya cuma bayar gopek per kwh. ekonomis kalo mobilnya dibeliin. istri atau anak kan biasa gak mikir harga mobilnya, dibeliin babenya itu ya udah tau isi bensin/listriknya murah.
Betul makannya itu daripada beli mobil teknologi tinggi tapi dikasih perawatan&bbm ekonomis ,kalo rusak perbaikannya bikin pusing ntar mending ga usah macem2 yg teknologi sederhana saja yang teknologinya masih setara emisinya
Tahu diri namanya
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16540
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: bukti Hyundai emang Niad! Creta NLine SUV Major Improvement

Post by ChZ »

zonepublic wrote: 07 Feb 2025, 13:25
Betul makannya itu daripada beli mobil teknologi tinggi tapi dikasih perawatan&bbm ekonomis ,kalo rusak perbaikannya bikin pusing ntar mending ga usah macem2 yg teknologi sederhana saja yang teknologinya masih setara emisinya
Tahu diri namanya
bukan, poinnya kalo mau "ekonomis" ya jangan beli mobil. motor pun jadi gak ekonomis kalau belinya ninja nopekgo tapi ngisi pertalite.

mikir ekonomis itu pick up, truck, motor beat buat ojol, atau LCGC buat taksi onlen. memang dipake buat penghidupan sehari-hari.

kalau sudah 300 up, rasanya semua kata ekonomis bubar kena bunga cicilannya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 248
Joined: 30 Mar 2022, 19:00
Location: Jakarta

Re: bukti Hyundai emang Niad! Creta NLine SUV Major Improvement

Post by lexnic »

FR6 wrote: 06 Feb 2025, 13:24
ChZ wrote: 13 Jan 2025, 15:31
timbermaniac123 wrote: 13 Jan 2025, 12:20
Ironi nya, innova, fortuner, pajero yang dipake buat ngebut2an di jalan. Jadi saya bingung sama generasi gen z sekarang ini otaknya :big_slap:
gw nggak pahamnya itu.

di rentang harga sama ada civic turbo lebih enak kalo mau ngebut2an, pada milihnya gajah diesel.

ya iya sih ngisinya harus pertabo tapi modifan mahal masa nggak modal isi bensin.
saya punya temen, ada budget 400jt-an saya rekomen Zenix G Hybrid krn lebih future proof & bisa jadi daily workhorse yg worry-free, atau Civic/CRV Turbo krn kenceng, doi milih Reborn, M/T pula..
Alasannya jalanan disini banyak rusak (Sumsel), okelah wajar..

gak lama kemudian, di modiflah itu MPV yg harusnya buat heavy duty jadi super ceper (celah 1 jari) 225/40R18, pake balance arm ini itu, bushing ini itu biar dibawanya enak wkwkwkwkkw

belum lagi knalpot samping + asap hitam yg kemungkinan AFR nya super rich wkwkwkw giliran numpang mobil dia, saya suruh kebut2 takut turbo jebol wkwkwkwkwkwkw

emang susah sih, kayanya yg gitu2 tuh karena FOMO.. padahal kalo liat tuner2 di DKI, kaya Elika itu tuning 2GD powerband bisa mirip 1GD & smokeless.

coba pake Civic/CRV RW 1.5T STD, tarik2an kebut2an juga gak worry turbo jebol wkwkwkwkwkkwwk gak perlu di modif2 juga handling udh enak
sorry om, mnurut saya temen om ini lucu bgt :big_biglaugh: :big_biglaugh: . soalnya udh dikasih saran mobil yg beneran "mobil" (bukan truk berkabin) tapi malah pilih truk berkabin & diceperin smpe super ceper. dan modifnya norak bgt, diesel commonrail kok ngebul item ala diesel jadul (bahkan diesel jadul yg dirawat bener pun saya rasa gk akan ngebul asap hitam). lbh aneh lg bagian yg di bold, masa udh abisin duit bnyk buat modif ujung2nya gk bisa digeber dgn alasan takut turbo jebol :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

ChZ wrote: 07 Feb 2025, 14:05
zonepublic wrote: 07 Feb 2025, 13:25
Betul makannya itu daripada beli mobil teknologi tinggi tapi dikasih perawatan&bbm ekonomis ,kalo rusak perbaikannya bikin pusing ntar mending ga usah macem2 yg teknologi sederhana saja yang teknologinya masih setara emisinya
Tahu diri namanya
bukan, poinnya kalo mau "ekonomis" ya jangan beli mobil. motor pun jadi gak ekonomis kalau belinya ninja nopekgo tapi ngisi pertalite.

mikir ekonomis itu pick up, truck, motor beat buat ojol, atau LCGC buat taksi onlen. memang dipake buat penghidupan sehari-hari.

kalau sudah 300 up, rasanya semua kata ekonomis bubar kena bunga cicilannya.
bener mbah, gmana2 yg namanya kendaraan itu udh psti nambahin pengeluaran. kecuali klo kendaraannya "dipekerjakan" (misal jdi taksol, ojol, ato disewain buat angkut barang) supaya bisa kasih pemasukan. itu pun yg namanya pengeluaran tetep ada (BBM, maintenance, pajak, dll) tapi paling gk secara hitung2an, dia msh menghasilkan sesuatu (gk cuma abis2in duit doang).
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 248
Joined: 30 Mar 2022, 19:00
Location: Jakarta

Re: bukti Hyundai emang Niad! Creta NLine SUV Major Improvement

Post by lexnic »

ChZ wrote: 06 Feb 2025, 14:49 nah saya si sebenernya ngerasa percumi-cumian ini emang lebih banyak FOMO nya, form over function. orang beli innova rebon dan sebangsanya lalu dimodif itu FOMO liat modif-modif di internet.

kadang bingung orang modip trio diesel ampe habis puluhan ratusan, saya aja modif civic dan CRV nggak sampe belasan cuma remap dan downpipe aja. tapi hasilnya di toll masih bisa kerjain cumi cumi yang abis puluhan itu. itu mobil habis puluhan ratusan upgrade ngga lebih kenceng, handling ngga lebih enak, terus ngapain dong dimodif segila itu, masih takut jebol pula :mky_07:

zaman awal orang ngoprek innova 2KD itu karena mau dapet form follow function, mesin monster 300hp tapi mobil bisa dipake kerja sehari-hari, sekarang malah kebalik. dikebut ga berani takut jebol, diceperin malah takut ketemu banjir.
apa gara2 trlalu bullet proof smpe akhirnya orang2 ini "cari penyakit" dgn modif aneh2 ahahaha. :big_biglaugh: :big_biglaugh:

kebetulan 2kd di rmh termasuk yg polosan & awetnya bener2 gila. shock breaker depan msh blm ganti smpe skrg (dri awal mobilnya beli), permesinan jga so far aman2 aja. pertengahan 2024 sempet telat kuras ATF (itu pun efeknya cuma perpindahan gigi tambah bolot & ada suara dengungan kecil kyk suara pesawat lewat), bgtu kuras total ATFnya lngsung balik normal lg. paling PR di eksterior (baret2 kecil, stone chip, lecet pemakaian) tapi yah wajar lah mengingat traffic jkt yg jahanam ini. :mky_01:
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16540
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: bukti Hyundai emang Niad! Creta NLine SUV Major Improvement

Post by ChZ »

lexnic wrote: 07 Feb 2025, 17:01 bener mbah, gmana2 yg namanya kendaraan itu udh psti nambahin pengeluaran. kecuali klo kendaraannya "dipekerjakan" (misal jdi taksol, ojol, ato disewain buat angkut barang) supaya bisa kasih pemasukan. itu pun yg namanya pengeluaran tetep ada (BBM, maintenance, pajak, dll) tapi paling gk secara hitung2an, dia msh menghasilkan sesuatu (gk cuma abis2in duit doang).
itu saya inget waktu naik taksi biru.

supirnya bilang "waduh mas saya ngga kuat kalo jadi driver online, soalnya ibarat kata itu kan dapurnya ya mobilnya sendiri, kalo mobilnya kenapa-napa, dapurnya nggak ngebul, jadi nggak ada pemasukan"

ya bener juga sih, kalo taksi biru maintenance udah ada yang handle, mobil kalo perlu maintenance dy jalanin unit lain, supir tinggal mancal.
lexnic wrote: 07 Feb 2025, 17:11
apa gara2 trlalu bullet proof smpe akhirnya orang2 ini "cari penyakit" dgn modif aneh2 ahahaha. :big_biglaugh: :big_biglaugh:

kebetulan 2kd di rmh termasuk yg polosan & awetnya bener2 gila. shock breaker depan msh blm ganti smpe skrg (dri awal mobilnya beli), permesinan jga so far aman2 aja. pertengahan 2024 sempet telat kuras ATF (itu pun efeknya cuma perpindahan gigi tambah bolot & ada suara dengungan kecil kyk suara pesawat lewat), bgtu kuras total ATFnya lngsung balik normal lg. paling PR di eksterior (baret2 kecil, stone chip, lecet pemakaian) tapi yah wajar lah mengingat traffic jkt yg jahanam ini. :mky_01:
kl liat kelakuannya sih biasanya bocil remaja tanggung atau bapak2 OKB.

makanya dikatain di medsos langsung panas se geng geng nya kan, namanya juga emosi labil.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 880
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: bukti Hyundai emang Niad! Creta NLine SUV Major Improvement

Post by zonepublic »

ChZ wrote: 08 Feb 2025, 10:19

itu saya inget waktu naik taksi biru.

supirnya bilang "waduh mas saya ngga kuat kalo jadi driver online, soalnya ibarat kata itu kan dapurnya ya mobilnya sendiri, kalo mobilnya kenapa-napa, dapurnya nggak ngebul, jadi nggak ada pemasukan"

ya bener juga sih, kalo taksi biru maintenance udah ada yang handle, mobil kalo perlu maintenance dy jalanin unit lain, supir tinggal mancal.
Karena sebenernya taxol emang perbudakan korporat
Jika anda tahu pendapatan driver per kilometer sejak startup keluar di 2016-17 sampai sekarang tidak pernah naik padahal biaya operasional (bbm+servis) naik
Malah bonusnya yg tadinya cukup besar 300-650ribu/hari dihapus karena cuma buat memancing orang2 daftar jadi driver jadi perusahaan sengaja menciptakan persaingan itu sendiri
Kok saya bisa tahu? Karena saya di tahun2 awal pernah jadi driver taxol di 2 app plg populer di negeri ini sampai sekarang saya masih terdaftar jadi driver taxol meskipun sudah tidak aktif lagi
Realistis aja di 2016 bonus driver 375ribu untuk 13 trip+pendapatan bersih (13*10 ribu asumsi trip pendek2 (1-2km)) 130ribu total 500 ribu kotor/hari dikurangi bensin 50 ribu/hari=13,5 jt/bulan kerjaanya cuma muter2 aja itu baru dari 1 aplikasi,biasanya aplikasi kedua belum tentu bisa tutup poin tapi kalo bisa tutup poin ya bisa dapat 2x penghasilan diatas
Makannya awal2 banyak driver yang sampe bela2in ambil kredit mobil
Di kota saya itu pendapatan sekelas direktur lho kalo diperusahaan
Kalau tarif ke pengguna naik selisihnya dimakan perusahaan startup itu sendiri dalam bentuk potongan dan biaya macam2
Jadi pengguna merasa harga naik padahal pendapatan drivernya tidak naik
Masalahnya di negeri ini banyak orang2 bodoh yang masih berharap sama korporat seperti ini dan menyerahkan dirinya untuk diperbudak
Beda dengan perusahaan taksi beneran yang drivernya punya penghasilan bersih (biaya operasional dan perawatan mau naik mau turun ditanggung perusahaan
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post