Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
User avatar
AdmiralPhantom
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 04 Jul 2019, 23:56
Daily Vehicle: 2014 Toyota Innova G 1TR AT _ 2020 Mitsubishi Xpander Sport MT

Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by AdmiralPhantom »

Setelah issue ini lama kaga kedengaran, ternyata diam2 udh diketok palu & diteken. [emo-mark-F]

Kira2 kalo begini, bagaimana ya dgn nasib bisnis jual beli mobil/motor bekas & kendaraan yang masih beredar?? Apakah yg masih memiliki bakalan dianggap kriminal??

Apakah ini jadi moment yang baik utk ganti KTP ke wilayah lain? :big_biglaugh:


Link:
https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... unya-mobil

https://dprd-dkijakartaprov.go.id/komis ... kendaraan/

https://www.msn.com/id-id/berita/other/ ... r-AA1o20Pc
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7448
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by newrubble »

masih usulan

tar kalo beneran ada (ga yakin) pasti ada cara lain (yg biasanya sukses) spt:
demo rusuh n ujung-ujung nya aturan di cabut / di tunda sampai abad 22 atau
nego minta usia mobil dibatasi tdk bole lbh dari seratus tahun. lbh dari itu jadi milik / inventaris dprd jkt atau bole dilindas

tapi cara kelola negara yg sama persis spt kelola warung spt bgini yg bikin investor (asing) ogah milih indo (meski upah buruh di bikin gratis skalipun) krn ada aja aturan yg tiba-tiba muncul sementara saat masih brupa rancangan nyaris tdk bs diakses publik.
User avatar
AdmiralPhantom
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 04 Jul 2019, 23:56
Daily Vehicle: 2014 Toyota Innova G 1TR AT _ 2020 Mitsubishi Xpander Sport MT

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by AdmiralPhantom »

newrubble wrote: 04 May 2024, 06:37 masih usulan

tar kalo beneran ada (ga yakin) pasti ada cara lain (yg biasanya sukses) spt:
demo rusuh n ujung-ujung nya aturan di cabut / di tunda sampai abad 22 atau
nego minta usia mobil dibatasi tdk bole lbh dari seratus tahun. lbh dari itu jadi milik / inventaris dprd jkt atau bole dilindas

tapi cara kelola negara yg sama persis spt kelola warung spt bgini yg bikin investor (asing) ogah milih indo (meski upah buruh di bikin gratis skalipun) krn ada aja aturan yg tiba-tiba muncul sementara saat masih brupa rancangan nyaris tdk bs diakses publik.
Wah moga aja jgn ampe beneran kejadian, ini aturan ngerugiin bgt soalnya bs berdampak ke pedagang kendaraan bekas, kolektor, bengkel ,& tentunya pemiliknya. Perasaan negara maju macam Jepun, Jerman, US, Canada aja kaga ampe segitunya walopun aturan inspeksi mereka ketat & jelas. :big_think:

Tp emg kalo dibuat heboh kyk aturan pembatasan barang dr LN yg sempat viral bebrp wkt lalu caranya cukup berhasil membatalkan aturan yg ada. Kalau digugat UUnya kyknya jg bs tu walopun digugat blom tentu ngejamin.

Nah iya, begitulah negeri Konoha, gan terlalu byk hal yg mismanagement IMHO. Mana aturannya kaga jarang jd pasal karet pula penerapannya.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4279
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by b0ku »

AdmiralPhantom wrote: 04 May 2024, 06:47 Wah moga aja jgn ampe beneran kejadian, ini aturan ngerugiin bgt soalnya bs berdampak ke pedagang kendaraan bekas, kolektor, bengkel ,& tentunya pemiliknya. Perasaan negara maju macam Jepun, Jerman, US, Canada aja kaga ampe segitunya walopun aturan inspeksi mereka ketat & jelas. :big_think:

Tp emg kalo dibuat heboh kyk aturan pembatasan barang dr LN yg sempat viral bebrp wkt lalu caranya cukup berhasil membatalkan aturan yg ada. Kalau digugat UUnya kyknya jg bs tu walopun digugat blom tentu ngejamin.

Nah iya, begitulah negeri Konoha, gan terlalu byk hal yg mismanagement IMHO. Mana aturannya kaga jarang jd pasal karet pula penerapannya.
aturan pemerintah bikin mobil baru AMPAS KEK RONGSOK banyak elektronic lebih gampang rusak dan pake sistem ringkih :big_bored:

akhirnya gak laku karena orang ngerasa mobil lamanya masi bagus dan lebih kuat :big_biglaugh:

mobil baru gak laku bikin aturan ngadi2x batasin usia gitu banget maksa orang pake produk rongsok ganti jadi negara komunis aja sekalian biar bisa bagi2x susu sapi gratis............. :mky_07:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4279
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by b0ku »

AdmiralPhantom wrote: 04 May 2024, 06:47
Wah moga aja jgn ampe beneran kejadian, ini aturan ngerugiin bgt soalnya bs berdampak ke pedagang kendaraan bekas, kolektor, bengkel ,& tentunya pemiliknya. Perasaan negara maju macam Jepun, Jerman, US, Canada aja kaga ampe segitunya walopun aturan inspeksi mereka ketat & jelas. :big_think:

Tp emg kalo dibuat heboh kyk aturan pembatasan barang dr LN yg sempat viral bebrp wkt lalu caranya cukup berhasil membatalkan aturan yg ada. Kalau digugat UUnya kyknya jg bs tu walopun digugat blom tentu ngejamin.

Nah iya, begitulah negeri Konoha, gan terlalu byk hal yg mismanagement IMHO. Mana aturannya kaga jarang jd pasal karet pula penerapannya.
di tempat saya banyak orang kaya masih pada wara wiri naek land cruiser J80 J100 J200 bahkan hardtop pun masih ada........ :big_biglaugh: justru lucunya malah banyak yang pake J80 sama J100
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26959
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by DOHC »

newrubble wrote: 04 May 2024, 06:37 masih usulan

tar kalo beneran ada (ga yakin) pasti ada cara lain (yg biasanya sukses) spt:
demo rusuh n ujung-ujung nya aturan di cabut / di tunda sampai abad 22 atau
nego minta usia mobil dibatasi tdk bole lbh dari seratus tahun. lbh dari itu jadi milik / inventaris dprd jkt atau bole dilindas

tapi cara kelola negara yg sama persis spt kelola warung spt bgini yg bikin investor (asing) ogah milih indo (meski upah buruh di bikin gratis skalipun) krn ada aja aturan yg tiba-tiba muncul sementara saat masih brupa rancangan nyaris tdk bs diakses publik.
pastilah

wong anak bocah tampang ingusan aj skrg ud bole jd wakil pak lurah, mentang2 bapa nya penggede bsa seendak jidat rubah aturan :mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
AdmiralPhantom
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 04 Jul 2019, 23:56
Daily Vehicle: 2014 Toyota Innova G 1TR AT _ 2020 Mitsubishi Xpander Sport MT

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by AdmiralPhantom »

b0ku wrote: 04 May 2024, 07:25
AdmiralPhantom wrote: 04 May 2024, 06:47 Wah moga aja jgn ampe beneran kejadian, ini aturan ngerugiin bgt soalnya bs berdampak ke pedagang kendaraan bekas, kolektor, bengkel ,& tentunya pemiliknya. Perasaan negara maju macam Jepun, Jerman, US, Canada aja kaga ampe segitunya walopun aturan inspeksi mereka ketat & jelas. :big_think:

Tp emg kalo dibuat heboh kyk aturan pembatasan barang dr LN yg sempat viral bebrp wkt lalu caranya cukup berhasil membatalkan aturan yg ada. Kalau digugat UUnya kyknya jg bs tu walopun digugat blom tentu ngejamin.

Nah iya, begitulah negeri Konoha, gan terlalu byk hal yg mismanagement IMHO. Mana aturannya kaga jarang jd pasal karet pula penerapannya.
aturan pemerintah bikin mobil baru AMPAS KEK RONGSOK banyak elektronic lebih gampang rusak dan pake sistem ringkih :big_bored:

akhirnya gak laku karena orang ngerasa mobil lamanya masi bagus dan lebih kuat :big_biglaugh:

mobil baru gak laku bikin aturan ngadi2x batasin usia gitu banget maksa orang pake produk rongsok ganti jadi negara komunis aja sekalian biar bisa bagi2x susu sapi gratis............. :mky_07:
Mana BQ mobil baru sekarang menghadeh, udah gitu harganya kaga sesuai pula dgn apa yg dibayarkan. :big_dunno:

Iya, curiga ini aturan ada permintaan/kepentingan dari pihak tertentu. Apa lg barusan ada berita penjualan mobil baru mentok di angka 1jt-an :big_think:

Kalo ini aturan berlaku siap-siap Jakarta cuman diisi sm mobcin & lcgc doang karena pd mikir mobil pake cuman brp lama trus "didiscard" alias sekali pake.
User avatar
AdmiralPhantom
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 04 Jul 2019, 23:56
Daily Vehicle: 2014 Toyota Innova G 1TR AT _ 2020 Mitsubishi Xpander Sport MT

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by AdmiralPhantom »

b0ku wrote: 04 May 2024, 07:47
AdmiralPhantom wrote: 04 May 2024, 06:47
Wah moga aja jgn ampe beneran kejadian, ini aturan ngerugiin bgt soalnya bs berdampak ke pedagang kendaraan bekas, kolektor, bengkel ,& tentunya pemiliknya. Perasaan negara maju macam Jepun, Jerman, US, Canada aja kaga ampe segitunya walopun aturan inspeksi mereka ketat & jelas. :big_think:

Tp emg kalo dibuat heboh kyk aturan pembatasan barang dr LN yg sempat viral bebrp wkt lalu caranya cukup berhasil membatalkan aturan yg ada. Kalau digugat UUnya kyknya jg bs tu walopun digugat blom tentu ngejamin.

Nah iya, begitulah negeri Konoha, gan terlalu byk hal yg mismanagement IMHO. Mana aturannya kaga jarang jd pasal karet pula penerapannya.
di tempat saya banyak orang kaya masih pada wara wiri naek land cruiser J80 J100 J200 bahkan hardtop pun masih ada........ :big_biglaugh: justru lucunya malah banyak yang pake J80 sama J100
LC series, mobil anti inflasi. :big_smoking: J80 sm J100 harganya pun sekarang bs dpt reborn/jenik baru.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3472
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by kendibocor »

newrubble wrote: 04 May 2024, 06:37
tapi cara kelola negara yg sama persis spt kelola warung spt bgini yg bikin investor (asing) ogah milih indo (meski upah buruh di bikin gratis skalipun) krn ada aja aturan yg tiba-tiba muncul sementara saat masih brupa rancangan nyaris tdk bs diakses publik.
Setuju banget sama om NR. Miris sih ini pemerintahan ngurusnya sekelas warung indomi. Peraturan bisa muncul tiba2, ga ada study ga ada data maen hajar aja. Brp banyak itu mbl diatas 10 taon yg masih jalan, emisinya segala blm tentu lebih baik mbl baru drpd mbl lama. Ga bs menguraikan kemacetan maen jalan pintas bikin regulasi ngerugiin rakyat.

Ga heran investor pd kabur, regulasi ga jelas, bisa sewaktu2 berubah tergantung mood pemerintah.
Kemaren si tim cook kesini ngegelontorin duit receh 1,6 T bwat apel academy dimasukkan ke dlm perhitungan TKDN jd bau2nya gawsah bikin pabrik. Kalo bener kejadian ntar yg terlanjur bikin pabrik ngamuk2 :big_biglaugh: :big_biglaugh:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1086
Joined: 07 Dec 2016, 16:34

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by Zaxis »

Dah paling gampang mah naekin aja pajak mobil diatas 10 taon 2x lipat tiap taun
Yang sayang mobil kan pasti rela bayar mahal
Yang ga kuat bayar pajak yah jual ke daerah pelosok
Pemda juga dapet duit tambahan lumayan

Kalo sekarang kan mobil makin tua makin murah bayar pajak nya
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3472
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by kendibocor »

Zaxis wrote: 04 May 2024, 16:35 Dah paling gampang mah naekin aja pajak mobil diatas 10 taon 2x lipat tiap taun
Yang sayang mobil kan pasti rela bayar mahal
Yang ga kuat bayar pajak yah jual ke daerah pelosok
Pemda juga dapet duit tambahan lumayan

Kalo sekarang kan mobil makin tua makin murah bayar pajak nya
Sebenernya Harus ada kajian om tujuan peraturannya bwat apa. Emisi? Kemacetan? Atau apa?

Kalo sekedar menaikkan pajak ga menyelesaikan masalah sih, orng yg ga bayar pajak aja masih banyak. Trus ini aturan jg diskriminasi tanpa dasar yg jelas knp mbl >10 thn harus bayar pajak 2x lipat. Harus ada alesan dlu knp mbl >10 thn dibedakan. Emisinya kah atau safety nya? Kalo alesannya emisi, ya harusnya yg bener kaya kemaren2 itu mbl yg jalan tes emisi dlu. Naekin aja itu syarat mbl baru jd euro 5 apa 6. Yg dibawah itu pajaknya yg 2x lipat. Kalo alesannya safety ya harusnya bikin aja kaya mbl angkutan di kir tiap perpanjang stnk. Trus sblm model bsru dijual uji layak jalannya yg bener. Jgn gerobak sampah boleh dijual jd mobil mentang2 baru.

Kalo tujuannya bwat kemacetan harusnya bikin aturan sekalian kaya SG. Mbl diatas usia tertentu ga boleh jalan, mbl baru jg dibatesin dan diundi siapa yg boleh beli. Kalo cuman sekedar membatasi mobil tua tp mobil barunya ga dibatasin itu mah cuman ngedorong masyarakat lebih konsumtif beli mbl baru mulu tiap 10 tahun. Beli mbl baru itu bukan solusi mengatasi kemacetan. Kalo berani ya regulasinya radikal sekalian, orng yg commute dari kota satelit ga boleh pake mbl pribadi, pake kendaraan umum. Pasti sepi itu jkt ga mungkin macet dimana2. Paling didemo abis2an :big_biglaugh:

Makanya harus jelas dan disosialisasikan tujuan bikin regulasi baru itu apa ga sekedar bikin tanpa studi yg bener, jgn blunder mulu dihujat masyarakat kayak tuh becuk kemaren. Cape lah masyarakat diurus sama pemerintahan ga kompeten asal ketok palu doang bikin peraturan.

Si ahok kemaren baru bikin video yutub baru, solusi kemacetan dia bagus sih walaupun mungkin implementasinya ga mudah. Tp kalo bisa jalan mungkin bisa mengurangi kemacetan dgn signifikan tp ya itu jalaninnya dengan model masyarakat iq 78 ya pasti banyak tantangan :big_biglaugh:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1086
Joined: 07 Dec 2016, 16:34

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by Zaxis »

kendibocor wrote: 04 May 2024, 17:13
Zaxis wrote: 04 May 2024, 16:35 Dah paling gampang mah naekin aja pajak mobil diatas 10 taon 2x lipat tiap taun
Yang sayang mobil kan pasti rela bayar mahal
Yang ga kuat bayar pajak yah jual ke daerah pelosok
Pemda juga dapet duit tambahan lumayan

Kalo sekarang kan mobil makin tua makin murah bayar pajak nya
Kalo sekedar menaikkan pajak ga menyelesaikan masalah sih, orng yg ga bayar pajak aja masih banyak. Trus ini aturan jg diskriminasi tanpa dasar yg jelas knp mbl >10 thn harus bayar pajak 2x lipat. Harus ada alesan dlu knp mbl >10 thn dibedakan. Emisinya kah atau safety nya? Kalo alesannya emisi, ya harusnya yg bener kaya kemaren2 itu mbl yg jalan tes emisi dlu. Naekin aja itu syarat mbl baru jd euro 5 apa 6. Yg dibawah itu pajaknya yg 2x lipat. Kalo alesannya safety ya harusnya bikin aja kaya mbl angkutan di kir tiap perpanjang stnk. Trus sblm model bsru dijual uji layak jalannya yg bener. Jgn gerobak sampah boleh dijual jd mobil mentang2 baru.
Uji emisi atau kir mah cuma jadi sarana pungli
Liat aja di jalan mobil2 ga layak jalan, asap ngebul, truk mogok masih bisa wara wiri
Yang efektif yah mahalin pajak mobil tua,jadi kalo pajak nya dah lebih mahal dari harga mobil nya mending dijual aja keluar daerah

Justru ini solusi daripada tiba2 dilarang punya mobil diatas 10 taon
Jadi ada pilihan,kalo masih sayang sama mobil nya yah harus rela bayar lebih mahal pajak nya
Kalo ga mau bayar pajak mahal yah ganti yg lebih muda

Kalo soal yg ga bayar pajak mah kan gampang aja kalo kena razia langsung sita jangan kasih ampun
Pajak murah aja ga mau bayar,emang dasar nya maksa beli mobil buat gengsi

Kalo soal mobil baru rasa gerobak sampah yah jangan dibeli kan pilihan masih banyak
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3472
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by kendibocor »

Zaxis wrote: 04 May 2024, 18:10
kendibocor wrote: 04 May 2024, 17:13
Zaxis wrote: 04 May 2024, 16:35 Dah paling gampang mah naekin aja pajak mobil diatas 10 taon 2x lipat tiap taun
Yang sayang mobil kan pasti rela bayar mahal
Yang ga kuat bayar pajak yah jual ke daerah pelosok
Pemda juga dapet duit tambahan lumayan

Kalo sekarang kan mobil makin tua makin murah bayar pajak nya
Kalo sekedar menaikkan pajak ga menyelesaikan masalah sih, orng yg ga bayar pajak aja masih banyak. Trus ini aturan jg diskriminasi tanpa dasar yg jelas knp mbl >10 thn harus bayar pajak 2x lipat. Harus ada alesan dlu knp mbl >10 thn dibedakan. Emisinya kah atau safety nya? Kalo alesannya emisi, ya harusnya yg bener kaya kemaren2 itu mbl yg jalan tes emisi dlu. Naekin aja itu syarat mbl baru jd euro 5 apa 6. Yg dibawah itu pajaknya yg 2x lipat. Kalo alesannya safety ya harusnya bikin aja kaya mbl angkutan di kir tiap perpanjang stnk. Trus sblm model bsru dijual uji layak jalannya yg bener. Jgn gerobak sampah boleh dijual jd mobil mentang2 baru.
Uji emisi atau kir mah cuma jadi sarana pungli
Liat aja di jalan mobil2 ga layak jalan, asap ngebul, truk mogok masih bisa wara wiri
Yang efektif yah mahalin pajak mobil tua,jadi kalo pajak nya dah lebih mahal dari harga mobil nya mending dijual aja keluar daerah

Justru ini solusi daripada tiba2 dilarang punya mobil diatas 10 taon
Jadi ada pilihan,kalo masih sayang sama mobil nya yah harus rela bayar lebih mahal pajak nya
Kalo ga mau bayar pajak mahal yah ganti yg lebih muda

Kalo soal yg ga bayar pajak mah kan gampang aja kalo kena razia langsung sita jangan kasih ampun
Pajak murah aja ga mau bayar,emang dasar nya maksa beli mobil buat gengsi

Kalo soal mobil baru rasa gerobak sampah yah jangan dibeli kan pilihan masih banyak
Kalo mo ngomong ngakal2in si wakanda jagonya om. Pajak dinaekin 2x lipat jg gampang tinggal balik nama aja ke daerah minjem ktp sodara/anak buah yg non-dki. Mobilnya mah tetep aja ada di dki :big_biglaugh:

Kalopun pada terpaksa jual murah saya yakin kebanyakan yg nangkep orang2 domisili di satelit (banten, jabar, cibubur, bogor, dll) trus dibuat commute ke jkt jg tiap harinya sama aja ga menyelesaikan masalah kemacetan. Malah bikin rugi warga jkt doang. Menurut saya sih ya itu harus jelas dlu nih peraturan pembatasan kendaraan tujuannya apa, baru bisa keluar solusinya apa. Waktu awal anies ngeluarin wacana ini kalo ga salah kn alesannya emisi. Nah boleh deh tuh dibuat studinya brp banyak mbl di jkt yg diatas 10thn dipake daily, apakah emisi mbl diatas >10 thn signifikan lebih besar dr mbl baru dll. Baru bisa ngeluarin solusi yg terarah. Selama alesannya ga jelas tujuannya apa bakalan jd blunder lg :big_peace:

Sebenernya kalo mo adil sih terapin aja tuh ERP yg mahal, dibuat per cluster sekali lewat 50rb-100rb. Kayanya bakalan berkurang signifikan yg pake mbl pribadi. Kalo sekali ke kantor keluar duit bwat ERP 100-200rb kayaknya bakalan banyak yg mundur teratur sih pake kendaraan pribadi.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2288
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by ilhami »

nanti swasta mundur teratur dari jakarta, gedung kantor pada sepi
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7448
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by newrubble »

program subsidi bahan bakar **hingga penurunan / penghapusan beamasuk barang mewah u kendaraan (**mulai berlaku sejak suharto kuasa, merespon tuntutan tritura mahasiswa UI) tdk mendukung program maupun slogan ekonomi kerakyatan (bidang transportasi umum) karena bentar-bentar pengadaan kendaraan mulai dari kendaraan dinas hingga kendaraan antar-jemput pegawe. harusnya (contoh di tempat sy n skitaran .... zona dimana 400an juta org tinggal) kendaraan dinas cuma u pimpinan negara; panglima militer serta ketua parlemen. selain dari itu cuma KTPnya (krn udah e-ktp, mgkn ngikutin jakarta / indonesia) dikasih magnetik yg bisa di slide-in di magnetik interface yg ada di taksi, bus kota serta metro (itupun cuma skali u pagi n skali u sore atau pulang kerja). kalo perjalanan kerja mrk bisa pake itu tapi abis itu masukin password yg ada di app pada hp masing-masing. anak skolah juga bgitu dgn e-ktp (disini dari usia skolah udah dapet e-ktp) mrk bisa naik taksi tanpa bayar (yg bayar negara) tanpa transaksi tunai. sehingga supir taksi senang krn bayaran langsung ke pengelola taksi (mrk dapet share nya) supir bus ga perlu pusing pegang duit kontan. banyak kantor pemerintah yg tanpa halaman parkir n bgitu juga skolah pas jam masuk maupun bubaran ga bikin macet krn antrian kendaraan isinya cuma taksi aja. halte bus ada ga jauh dr skolah. dulu suharto kan udah bikin kepres 5 tahun 1983 ttg penghapusan penyediaan kendaraan perorangan dinas . itu aturan blm di cabut tinggal di jalankan aja sec efektif
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 530
Joined: 19 Dec 2016, 15:39

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by ariswp »

Paling bener menurut oe sih pajak kendaraan berdasar emisi aja udah
Tapi tetep ada levelnya misal buat mobil karbu 80-90an ambang emisi sekian
Lalu mobil injeksi 90-2000an ambang emisi sekian
Injeksi 2000-2020 ambang emisi sekian
Klo gak memenuhi ya ga bisa bayar pajak, atau pajak tinggi sesuai kandungan hasil emisi
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by zonepublic »

Saya rasa pembatasan usia kendaraan dari segi ekonomi sangat bagus efek dominonya
menguntungkan produsen kendaraan,menggenjot penjualan mobil baru,tenaga kerja juga tertampung,penerimaan pajak juga makin besar,lembaga pembiayaan&bank juga untung
Soal lalu lintas,kemacetan di jakarta ga akan selesai kalau jumlah kendaraan nambah terus,apalagi banyak yg ga mau pakai transport umum
Jakarta mau diubah seperti singapore sepertinya bener2 daerah exclusif untuk orang2 yang memang mampu bayar biaya lebih besar,jadi penduduk akan dipaksa terdistribusi merata ke wilayah lain
kalo di singapore kayanya kok ga ada pedagang mobil bekas ya
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2557
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by KielConstantine »

Ada ga kemungkinan ATPM mobil naga pada ngambek? Soalnya penjualannya lesu abis.

Ditambah masyarakat kita ttp pake mobil2 japs lamanya yg masih pada reliable & strong buat daily commuting

Jd ngepush pemerintah buat teken aturan kek gini. Tentunya ada udang dibalik bakwan diblakang layar :big_weee:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
loid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: 05 Aug 2022, 15:25
Location: Bandung
Daily Vehicle: Xpanther

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by loid »

KielConstantine wrote: 04 May 2024, 20:24 Ada ga kemungkinan ATPM mobil naga pada ngambek? Soalnya penjualannya lesu abis.

Ditambah masyarakat kita ttp pake mobil2 japs lamanya yg masih pada reliable & strong buat daily commuting

Jd ngepush pemerintah buat teken aturan kek gini. Tentunya ada udang dibalik bakwan diblakang layar :big_weee:
Bisa jadi, atau malah ada campur tangan big player kek astra+indomob jga? 🤔
User avatar
AdmiralPhantom
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 04 Jul 2019, 23:56
Daily Vehicle: 2014 Toyota Innova G 1TR AT _ 2020 Mitsubishi Xpander Sport MT

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by AdmiralPhantom »

KielConstantine wrote: 04 May 2024, 20:24 Ada ga kemungkinan ATPM mobil naga pada ngambek? Soalnya penjualannya lesu abis.

Ditambah masyarakat kita ttp pake mobil2 japs lamanya yg masih pada reliable & strong buat daily commuting

Jd ngepush pemerintah buat teken aturan kek gini. Tentunya ada udang dibalik bakwan diblakang layar :big_weee:
Ane jg curiga seperti ini :big_think:

Ditambah lagi pemerintah sekarang lg fomo sm mobil setrum, tp minat masyarakat masih rendah banget jadi dibuatlah aturan yg maksa & terselubung macam begini.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4279
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by b0ku »

Zaxis wrote: 04 May 2024, 18:10
Uji emisi atau kir mah cuma jadi sarana pungli
Liat aja di jalan mobil2 ga layak jalan, asap ngebul, truk mogok masih bisa wara wiri
Yang efektif yah mahalin pajak mobil tua,jadi kalo pajak nya dah lebih mahal dari harga mobil nya mending dijual aja keluar daerah

Justru ini solusi daripada tiba2 dilarang punya mobil diatas 10 taon
Jadi ada pilihan,kalo masih sayang sama mobil nya yah harus rela bayar lebih mahal pajak nya
Kalo ga mau bayar pajak mahal yah ganti yg lebih muda

Kalo soal yg ga bayar pajak mah kan gampang aja kalo kena razia langsung sita jangan kasih ampun
Pajak murah aja ga mau bayar,emang dasar nya maksa beli mobil buat gengsi

Kalo soal mobil baru rasa gerobak sampah yah jangan dibeli kan pilihan masih banyak
karena mobil2x tua itu dipake sama UMKM yang bener2x butuh mobil gak bakalan mampu mereka beli mobil baru ratusan juta makannya mobil2x toyota butut kijang tinggal 60-30jtan itu jalan orang2x susah punya transport apalagi kalo mereka emang butuh buat kerja atau usaha apalagi usahanya jualan makanan dan mereka butuh mobil buat angkut bahan2xnya :big_bored:

temen saya aja usaha packaging saya paksa beli kijang diesel 97 karena kalo pake motor dia musti bolak balik kirim produknya orangnya juga orang susah akhirnya saya paksa yang penting punya dulu urusan benerin bisa nyusul, akhirnya abis beli saya juga ngutangin dia ongkos benerin yang penting punya bisa kerja kirim2x barang dulu urusan rusak belakangan :big_bored:

jgn mikir pake dompet loe sendiri mikir dompet orang kepepet adek saya aja dulu di amerika beli accord 2000usd gak ada ACnya tu mobil juga bobrok asal bisa gelinding karena dia kerja di resort yang tempatnya terpenccil mau gak mau harus punya mobil :big_bored:

sekarang aja dia di ausie pake outlander butut dia beli bekas dia bilang ngapain bagus2x orang cuma punya buat darurat dan jalan2x doank hari2x dia pergi naek kereta karena di ausie juga sama kemana2x jauh bahaya kalo gak punya mobil kek kasus anak sakit ada mobil bisa lsg bawa ke hospital.....

wong jakarta sendiri macet juga karena jalanannya gak efisien kok kaki lima makan jalan parkir makan jalan inget jaman ahok semua itu di tertibin mendingan kok :big_bored:

jgn lupa persimpangan kereta yang masih ngelewatin jalanan mobil bukannya di bikinin terowongan buat keretanya :big_bored:

masalahnya apa tapi solusinya malah bikin susah orang banyak dan belom tentu juga nyelesaiin masalah pulak :big_bored:

makannya kenapa saya paling benci kalo semua di bikin hybrid sama listrik karena bakalan gak ada lagi mobil tua kek gini harga cuma 50jt kebawah tapi masih bisa diandelin buat hari2x dan partsnya juga murah :big_bored:
Last edited by b0ku on 04 May 2024, 23:46, edited 3 times in total.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4279
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by b0ku »

kendibocor wrote: 04 May 2024, 18:35
Kalo mo ngomong ngakal2in si wakanda jagonya om. Pajak dinaekin 2x lipat jg gampang tinggal balik nama aja ke daerah minjem ktp sodara/anak buah yg non-dki. Mobilnya mah tetep aja ada di dki :big_biglaugh:

Kalopun pada terpaksa jual murah saya yakin kebanyakan yg nangkep orang2 domisili di satelit (banten, jabar, cibubur, bogor, dll) trus dibuat commute ke jkt jg tiap harinya sama aja ga menyelesaikan masalah kemacetan. Malah bikin rugi warga jkt doang. Menurut saya sih ya itu harus jelas dlu nih peraturan pembatasan kendaraan tujuannya apa, baru bisa keluar solusinya apa. Waktu awal anies ngeluarin wacana ini kalo ga salah kn alesannya emisi. Nah boleh deh tuh dibuat studinya brp banyak mbl di jkt yg diatas 10thn dipake daily, apakah emisi mbl diatas >10 thn signifikan lebih besar dr mbl baru dll. Baru bisa ngeluarin solusi yg terarah. Selama alesannya ga jelas tujuannya apa bakalan jd blunder lg :big_peace:

Sebenernya kalo mo adil sih terapin aja tuh ERP yg mahal, dibuat per cluster sekali lewat 50rb-100rb. Kayanya bakalan berkurang signifikan yg pake mbl pribadi. Kalo sekali ke kantor keluar duit bwat ERP 100-200rb kayaknya bakalan banyak yg mundur teratur sih pake kendaraan pribadi.
sejak kasus granmex meleduk saya malah curiga jangan2x ada biro jasa yang bisa bikin stnk kita atas nama orang alias balik nama nembak pake ktp orang :big_think:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4279
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by b0ku »

zonepublic wrote: 04 May 2024, 20:23 Saya rasa pembatasan usia kendaraan dari segi ekonomi sangat bagus efek dominonya
menguntungkan produsen kendaraan,menggenjot penjualan mobil baru,tenaga kerja juga tertampung,penerimaan pajak juga makin besar,lembaga pembiayaan&bank juga untung
Soal lalu lintas,kemacetan di jakarta ga akan selesai kalau jumlah kendaraan nambah terus,apalagi banyak yg ga mau pakai transport umum
Jakarta mau diubah seperti singapore sepertinya bener2 daerah exclusif untuk orang2 yang memang mampu bayar biaya lebih besar,jadi penduduk akan dipaksa terdistribusi merata ke wilayah lain
kalo di singapore kayanya kok ga ada pedagang mobil bekas ya
SINGAPORE ada om jual beli mobil bekas dan mereka bisa lempar unit mereka ke negara laen kebanyakan di expor ke afrika mobil2x bekasna :mky_03:

masalah jakarta itu karena jalanannya sendiri gak efisien jaman ahok itu ud jelas banget kok biang keroknya dagang sembarangan parkir sembrangan ud di rapiin sama ahok balik lagi amburadul...... :big_dunno:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3472
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by kendibocor »

KielConstantine wrote: 04 May 2024, 20:24 Ada ga kemungkinan ATPM mobil naga pada ngambek? Soalnya penjualannya lesu abis.

Ditambah masyarakat kita ttp pake mobil2 japs lamanya yg masih pada reliable & strong buat daily commuting

Jd ngepush pemerintah buat teken aturan kek gini. Tentunya ada udang dibalik bakwan diblakang layar :big_weee:
Nah makanya yg ane blg, harus jelas tujuannya apa, dasarnya apa. Baru bisa jalan rasionalnya bikin aturan. Kalo ga kan masyarakat kayak kita2 ini jd negative thinking bwat apaan bikin aturan gini. Jgn2 titipan konglomerasi doang lg biar orang2 dipaksa beli mbl baru yg kualitasnya makin mengenaskan.
b0ku wrote: 04 May 2024, 23:40
sejak kasus granmex meleduk saya malah curiga jangan2x ada biro jasa yang bisa bikin stnk kita atas nama orang alias balik nama nembak pake ktp orang :big_think:
IQ boleh 78 tp kalo menjurus yg kriminal2 mah bisa tiba2 naek jd IQ 150 :mky_03:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4279
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by b0ku »

kendibocor wrote: 04 May 2024, 23:57 IQ boleh 78 tp kalo menjurus yg kriminal2 mah bisa tiba2 naek jd IQ 150 :mky_03:
satu lagi kenapa namanya ngawur biar si pemilik alamat gak bisa claim mobilnya punya dia apalagi tinggal bikin surat palsu bermaterai :big_biglaugh:
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post