Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4261
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by b0ku »

lagian ngomongin mobil tua nyadar gak sih avanza gen1 brio bemper model pertama ud mulai jadi barang rare di jabodetabek??? :big_think:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3465
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by kendibocor »

b0ku wrote: Sat May 04, 2024 17:04
kendibocor wrote: Sat May 04, 2024 16:57 IQ boleh 78 tp kalo menjurus yg kriminal2 mah bisa tiba2 naek jd IQ 150 :mky_03:
satu lagi kenapa namanya ngawur biar si pemilik alamat gak bisa claim mobilnya punya dia apalagi tinggal bikin surat palsu bermaterai :big_biglaugh:
Porsh aja di bpkbnya alamat di gang2 kumuh yg ga bs masuk mbl om :big_biglaugh:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4261
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by b0ku »

kendibocor wrote: Sat May 04, 2024 17:10
Porsh aja di bpkbnya alamat di gang2 kumuh yg ga bs masuk mbl om :big_biglaugh:
walah temen nyokap aja beli lambo pake KTP supirnya :mky_07:

malah ada satu kenalan mobilnya nama pegawainnya semua :wkkk:

keknya semua bisa di atur wong itu pedagang aja bisa ntar balik nama dulu aja pake nama orang :mky_07:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2631
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by farizfsa »

Bikin peraturan nya surface level yang mana liat problem nya surface level jg

Mau heran tp liat yg udh2 ya emg begitu, apa lagi implementasi nya.

Jalanan macet gara2 tata kota nya bermasalah, jalanan banyak yg bottle neck, waktu lampu merah yg ga berimbang dan ga tepat, jalanan rusak, gampang aja deh drpd masalah2 itu di benerin, kurangin aja mobilnya di jalan

Wkwkwk
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1084
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by Zaxis »

kendibocor wrote: Sat May 04, 2024 11:35]:

Kalopun pada terpaksa jual murah saya yakin kebanyakan yg nangkep orang2 domisili di satelit (banten, jabar, cibubur, bogor, dll) trus dibuat commute ke jkt jg tiap harinya sama aja ga menyelesaikan masalah kemacetan. Malah bikin rugi warga jkt doang. Menurut saya sih ya itu harus jelas dlu nih peraturan pembatasan kendaraan tujuannya apa, baru bisa keluar solusinya apa. Waktu awal anies ngeluarin wacana ini kalo ga salah kn alesannya emisi. Nah boleh deh tuh dibuat studinya brp banyak mbl di jkt yg diatas 10thn dipake daily, apakah emisi mbl diatas >10 thn signifikan lebih besar dr mbl baru dll. Baru bisa ngeluarin solusi yg terarah. Selama alesannya ga jelas tujuannya apa bakalan jd blunder lg :big_peace:

Sebenernya kalo mo adil sih terapin aja tuh ERP yg mahal, dibuat per cluster sekali lewat 50rb-100rb. Kayanya bakalan berkurang signifikan yg pake mbl pribadi. Kalo sekali ke kantor keluar duit bwat ERP 100-200rb kayaknya bakalan banyak yg mundur teratur sih pake kendaraan pribadi.
Kalo akalin pake plat daerah lain yah mending lah daripada gedein perut oknum buat lolosin kir


ERP lebih susah lagi implementasi nya
Kalo orang dari luar kota masuk ke ibukota ga punya ERP gimana?
Masuk aja dong,ga bayar apa2?
Kalo pake portal kaya pintu tol yah malah jadi titik macet baru
Kalo sing kan cuma seupil,kendaraan nya bisa dikontrol
b0ku wrote: Sat May 04, 2024 16:29
jgn mikir pake dompet loe sendiri mikir dompet orang kepepet adek saya aja dulu di amerika beli accord 2000usd gak ada ACnya tu mobil juga bobrok asal bisa gelinding karena dia kerja di resort yang tempatnya terpenccil mau gak mau harus punya mobil :big_bored:

sekarang aja dia di ausie pake outlander butut dia beli bekas dia bilang ngapain bagus2x orang cuma punya buat darurat dan jalan2x doank hari2x dia pergi naek kereta karena di ausie juga sama kemana2x jauh bahaya kalo gak punya mobil kek kasus anak sakit ada mobil bisa lsg bawa ke hospital.....

wong jakarta sendiri macet juga karena jalanannya gak efisien kok kaki lima makan jalan parkir makan jalan inget jaman ahok semua itu di tertibin mendingan kok :big_bored:

jgn lupa persimpangan kereta yang masih ngelewatin jalanan mobil bukannya di bikinin terowongan buat keretanya :big_bored:
Ga nyambung om kalo bandingin sama us dan ausi
Kalo disono di outback emang bener jarak dengan rumah tetangga aja bisa berapa KM


Emang bener tuh kaki lima dan UMKM harus diatur
Banyak ga bayar pajak ga punya ijin cuma nyusahin tetangga doang
Kaki lima ga punya tempat parkir makan jalan
UMKM juga musti nya ga bole di daerah residensial
Last edited by Zaxis on Sun May 05, 2024 2:11, edited 1 time in total.
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 507
Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by hosea »

b0ku wrote: Sat May 04, 2024 16:55
zonepublic wrote: Sat May 04, 2024 13:23 Saya rasa pembatasan usia kendaraan dari segi ekonomi sangat bagus efek dominonya
menguntungkan produsen kendaraan,menggenjot penjualan mobil baru,tenaga kerja juga tertampung,penerimaan pajak juga makin besar,lembaga pembiayaan&bank juga untung
Soal lalu lintas,kemacetan di jakarta ga akan selesai kalau jumlah kendaraan nambah terus,apalagi banyak yg ga mau pakai transport umum
Jakarta mau diubah seperti singapore sepertinya bener2 daerah exclusif untuk orang2 yang memang mampu bayar biaya lebih besar,jadi penduduk akan dipaksa terdistribusi merata ke wilayah lain
kalo di singapore kayanya kok ga ada pedagang mobil bekas ya
SINGAPORE ada om jual beli mobil bekas dan mereka bisa lempar unit mereka ke negara laen kebanyakan di expor ke afrika mobil2x bekasna :mky_03:

masalah jakarta itu karena jalanannya sendiri gak efisien jaman ahok itu ud jelas banget kok biang keroknya dagang sembarangan parkir sembrangan ud di rapiin sama ahok balik lagi amburadul...... :big_dunno:
Betul. Di singapore usia mobil dibatasi 7 tahun harus discrap, dijual murah ke pedagang yahg akan diekspor ke negara negara dunia ke 3 utamanya Afrika.
Saya taunya dr supir supir taxi disana kok mobil nya baru baru terus. Mobkas diatas 7 tahun dijual kurleb 30-40% dr harga barunya.

Beli mobil baru disana mahalnya minta ampun. Ada COO (sertifikat ownership) yang harus dibayar sebelum beli mobil, nilainya bisa 30% dr harga mobil. Dan harus bayar ulang setiap 7 tahun atau kalau ganti mobil.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4261
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by b0ku »

hosea wrote: Sun May 05, 2024 2:04
Betul. Di singapore usia mobil dibatasi 7 tahun harus discrap, dijual murah ke pedagang yahg akan diekspor ke negara negara dunia ke 3 utamanya Afrika.
Saya taunya dr supir supir taxi disana kok mobil nya baru baru terus. Mobkas diatas 7 tahun dijual kurleb 30-40% dr harga barunya.

Beli mobil baru disana mahalnya minta ampun. Ada COO (sertifikat ownership) yang harus dibayar sebelum beli mobil, nilainya bisa 30% dr harga mobil. Dan harus bayar ulang setiap 7 tahun atau kalau ganti mobil.
KARENA negaranya kecil banget om bahkan lebih kecil dari jakarta kalo gak diatur ya bisa kacau balau beda indo negaranya luas harusnya gak masalah malah masalahnya bukan populasi kendaraan tapi lebih ke efisiensi jalan dimana jalan gak di pake sebagai mana mestinya, dulu saya di singapore 2thn naek bus tinggal turun depan rumah aja males enakan naek mrt jalan 15 menit karena lebih cepet sampe bus itu musti berenti2x mulu belom kena macet emang singapore itu punya mobil bagusnya ya cuma buat maenan...... :big_bored:

bahkan pake buat maenan pun ngapain ???gak bisa di pake ngebut juga kebanyakan aturan :big_think:

intinya di singapore punya mobil mah gak guna banget deh buat orang rata2x....... :big_bored:

hari hari lebih sehat dan enak jalan kaki malah bahkan mau tepat waktu mendingan naek kereta keknya daripada naek mobil saya aja kalo telat kuliah dulu saya bilang kena macet gurunya lsg ketawa soalnya mereka tau saya selalu naek mrt :big_biglaugh:

sama satu lagi karena di singapore kita cuma hidup di satu kota gak ada kampung2x jd mobil gak gitu penting transport pun ud memadai, beda kek adek saya di ausie kemana2x jauh ada si public transport tapi kan gak 24 jem dan taxi gak selalu ada di daerah adek saya kalo singapore karena semua kota taxi pun dimana2x :mky_03:

nah ngomongin jepang lifestyle singapore tapi negara luas ini kenapa mobil harusnya boleh di pake sampe bapuk karena orang jepang hari2x kebanyakan jalan kaki mobilnya di pake buat liburan doank sayang banget baru 10thn km rendah ud dibuang2xin itu juga namanya buang2x sumber daya..... :big_bored:

nah ngomongin public transport memadai kalo di jakarta kek singapore bisa bikin orang cukup punya mobil 1 tiap KK karena mereka juga males punya banyak mobil karena jarang di pakai, kek sekarang aja banyak kk yang mobilnya satu gak pernah di pake tapi kemana2x pada naek motor :big_biglaugh:

sebenernya yang over itu bukan mobil tapi motor ada beberapa keluarga motor itu ud kayak HP satu rumah mobil 1 tapi motornya buat masing2x anggota keluarga :mky_07:
Last edited by b0ku on Sun May 05, 2024 2:28, edited 1 time in total.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4261
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by b0ku »

Zaxis wrote: Sun May 05, 2024 1:48
Ga nyambung om kalo bandingin sama us dan ausi
Kalo disono di outback emang bener jarak dengan rumah tetangga aja bisa berapa KM


Emang bener tuh kaki lima dan UMKM harus diatur
Banyak ga bayar pajak ga punya ijin cuma nyusahin tetangga doang
Kaki lima ga punya tempat parkir makan jalan
UMKM juga musti nya ga bole di daerah residensial
jgnkan outback om adek saya tuh tinggal di suburb itu aja ud banyak ngeluh kerja jauh dlll :big_biglaugh:

dulu padahal saya ud bilang beli apt aja di kota kecil gpp yang penting kerja deket :big_bored:

ya nyambung lah om di negara kita malah transport publiknya gak memadai terus negaranya juga luas mobil itu ud masuk kebutuhan juga sayang kan kalo yang kayak saya sekadar punya buat punya doank pake nyimpen di garasi gak bikin macet jalan gak bikin polusi wong jalan aja gak sampe 5000km/thn disuruh jual beli mobil baru yang rongsok atau di buang mana nambah duit banyak lagi :big_biglaugh:

itupun saya bayar 300rb sebulan buat parkiran saya di basement :big_bored:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3465
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by kendibocor »

Zaxis wrote: Sun May 05, 2024 1:48
kendibocor wrote: Sat May 04, 2024 11:35]:

Kalopun pada terpaksa jual murah saya yakin kebanyakan yg nangkep orang2 domisili di satelit (banten, jabar, cibubur, bogor, dll) trus dibuat commute ke jkt jg tiap harinya sama aja ga menyelesaikan masalah kemacetan. Malah bikin rugi warga jkt doang. Menurut saya sih ya itu harus jelas dlu nih peraturan pembatasan kendaraan tujuannya apa, baru bisa keluar solusinya apa. Waktu awal anies ngeluarin wacana ini kalo ga salah kn alesannya emisi. Nah boleh deh tuh dibuat studinya brp banyak mbl di jkt yg diatas 10thn dipake daily, apakah emisi mbl diatas >10 thn signifikan lebih besar dr mbl baru dll. Baru bisa ngeluarin solusi yg terarah. Selama alesannya ga jelas tujuannya apa bakalan jd blunder lg :big_peace:

Sebenernya kalo mo adil sih terapin aja tuh ERP yg mahal, dibuat per cluster sekali lewat 50rb-100rb. Kayanya bakalan berkurang signifikan yg pake mbl pribadi. Kalo sekali ke kantor keluar duit bwat ERP 100-200rb kayaknya bakalan banyak yg mundur teratur sih pake kendaraan pribadi.
Kalo akalin pake plat daerah lain yah mending lah daripada gedein perut oknum buat lolosin kir


ERP lebih susah lagi implementasi nya
Kalo orang dari luar kota masuk ke ibukota ga punya ERP gimana?
Masuk aja dong,ga bayar apa2?
Kalo pake portal kaya pintu tol yah malah jadi titik macet baru
Kalo sing kan cuma seupil,kendaraan nya bisa dikontrol
Penerapan ERP ya sama aja kayak MLFF yg sedang dikaji. Nanti pake alat yg gps-based dan semua mobil wajib punya.

Let’s agree to disagree kalo menurut saya sih ga kena lah substansialnya alesan mbl diatas 10 thn kena pajak 2x lipat apa. Balik lg karena wacana ini ga jelas tujuannya apa. Kalo cuman mo mempersulit masyarakat biar ga pake kendaraan pribadi ya ga signifikan deh manfaatnya. Kayak yg om boku blg, brio avanza gen pertama aja uda jarang keliatan di jkt.
hosea wrote: Sun May 05, 2024 2:04
Betul. Di singapore usia mobil dibatasi 7 tahun harus discrap, dijual murah ke pedagang yahg akan diekspor ke negara negara dunia ke 3 utamanya Afrika.
Saya taunya dr supir supir taxi disana kok mobil nya baru baru terus. Mobkas diatas 7 tahun dijual kurleb 30-40% dr harga barunya.

Beli mobil baru disana mahalnya minta ampun. Ada COO (sertifikat ownership) yang harus dibayar sebelum beli mobil, nilainya bisa 30% dr harga mobil. Dan harus bayar ulang setiap 7 tahun atau kalau ganti mobil.
CMIIW maksudnya CoE ya om? Setau saya berlakunya 10 thn dan harganya bukan 30% mobil tp kayaknya uda naek ke 100.000 SGD untuk CoEnya doang. Bisa diperpanjang CoE untuk mobil2 tua tp harganya lebih mahal drpd CoE yg pertama :big_biglaugh:

Ga bisa dibandingin sama disini, orng disini miara mobil tua karena kebanyakan ga mampu beli mbl baru. Orang disana yg bisa miara mobil tua justru orkay2 doang dan mobilnya jg bukan mobil sembarangan. Mobil2 generic mah pasti di scrap :big_biglaugh:
farizfsa wrote: Sun May 05, 2024 1:47 Bikin peraturan nya surface level yang mana liat problem nya surface level jg

Mau heran tp liat yg udh2 ya emg begitu, apa lagi implementasi nya.

Jalanan macet gara2 tata kota nya bermasalah, jalanan banyak yg bottle neck, waktu lampu merah yg ga berimbang dan ga tepat, jalanan rusak, gampang aja deh drpd masalah2 itu di benerin, kurangin aja mobilnya di jalan

Wkwkwk
Bener nih om, ga jelas kajiannya gmn maen gampang aja ambil shortcut. Yg ada bikin susah rakyat tp targetnya kecapai jg kagak, wong targetnya apa aja ga jelas. Pernah baca salah satu analisis kemacetan di satu kota (tp kotanya di amrik ya pasti problemnya beda), bottleneck itu sangat2 pengaruh sama kemacetan. Nah sekarang liat aja tuh jalanan tambel sulam bisa dari 2 jalur ke 3 jalur eh balik lg ke 2 jalur. Di depan MOI aja jalanan 4 jalur bisa tiba2 jadi 2 jalur dimakan akses tol ke bekasi yg super sepi, mana pas menciut jadi 4 jalur pas depan akses keluar masuk MOI lg. Itu yg bikin ide kaya gitu patut dpt “penghargaan” sih.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22035
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by Turboman »

kalo saya pribadi vote utk

1. Pemilik mobil WAJIB punya Garasi / CarPort apakah di rumah sendiri / sewa dan mobil gak boleh diparkir di jalan

2. Kalo pun mau pembatasan mobil (Extreme), batasi jumlah mobil per KK, kalo melebihi aturan kena pajak progresif besar sekali......(ini kalo mau extreme)

3. Usia mobil tidak dibatasi, tapi kalo ada yg jadi Cumi2 hitam / cumi putih di jalan raya, atau lampu mati / lampu gak proper, langsung TILANG !

4. PemKot kota2 padat wajib bangun Transportasi massal besar2 an, kalo model kereta rel dirasa mahal, bisa kembangkan BRT (Bus Rapid Transit) dgn trek khusus (bukan makan badan jalan) atau TrackLess Tram dgn jalan khusus (Trem dgn ban & berjalan di aspal yg ada garis2 putih)

5. Trotoar2 semua dibuat lebar2 supaya nyaman bagi pejalan kaki

ini kalo POV saya pribadi aja

Discl
* Bukan ajakan Beli *
lamatlancah
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 638
Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by lamatlancah »

kalau saya sih cukup jadi penonton saja, engga mau jadi idealis ini negara mesti perbaikan ini atau itu.
yang penting aman engga ada kerusuhan, penghasilan lebih dr cukup untuk hidup nyaman berkualitas dan spend money overseas holiday at least 3 - 4 kali setahun.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4261
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by b0ku »

Turboman wrote: Sun May 05, 2024 4:41 kalo saya pribadi vote utk

1. Pemilik mobil WAJIB punya Garasi / CarPort apakah di rumah sendiri / sewa dan mobil gak boleh diparkir di jalan

2. Kalo pun mau pembatasan mobil (Extreme), batasi jumlah mobil per KK, kalo melebihi aturan kena pajak progresif besar sekali......(ini kalo mau extreme)

3. Usia mobil tidak dibatasi, tapi kalo ada yg jadi Cumi2 hitam / cumi putih di jalan raya, atau lampu mati / lampu gak proper, langsung TILANG !

4. PemKot kota2 padat wajib bangun Transportasi massal besar2 an, kalo model kereta rel dirasa mahal, bisa kembangkan BRT (Bus Rapid Transit) dgn trek khusus (bukan makan badan jalan) atau TrackLess Tram dgn jalan khusus (Trem dgn ban & berjalan di aspal yg ada garis2 putih)

5. Trotoar2 semua dibuat lebar2 supaya nyaman bagi pejalan kaki

ini kalo POV saya pribadi aja

Discl
NO1 tuh repot om ud bener kek jaman ahok nemu mobil ngejogrok di jalan angkuuut :big_weee:

parkir aja sono di pool dishub ada service jemput lagi biaya sehari cuma 500.000 :ngacir:

seebnernya no 2 kalo kotanya enak buat jalan kaki naek kereta gak bakalan ada masalah dan gak perlu orang akan males beli mobil sendiri disini masalahnya tuh mobil jadi kebutuhan tetangga mertua saya rumah tipe biasa aja cuma semua anggotanya punya mobil dan mobilnya yang bangsa 500jt keatas semua gak parkir di dalem rumah pula di jalanan semua ada kali 3 unit :big_bored:


kayak saya omong diatas kadang mobil gak sanggup larinya ke motor ada satu kk motornya bisa tiap anggota keluarga plus mobil mereka pake motor buat kerja mobil buat jalan2x :big_bored:

no3 nambah2xin pungli kayak kir nembak ajeee :ngacir:


4-5 itu setuju banget :mky_03:

tambahin ud bener pemukiman liar bedeng2x kumuh itu di gusur di ganti jadi apartement yang depannya lsg LRT-MRT ini rumah saya ud bagus2x depannya LRT tapi lrtnya cuma gak sampe 5KM ud putus sama aja boong :big_bored:
Last edited by b0ku on Sun May 05, 2024 5:14, edited 2 times in total.
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 507
Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by hosea »

kendibocor wrote: Sun May 05, 2024 3:28
Zaxis wrote: Sun May 05, 2024 1:48
kendibocor wrote: Sat May 04, 2024 11:35]:

Kalopun pada terpaksa jual murah saya yakin kebanyakan yg nangkep orang2 domisili di satelit (banten, jabar, cibubur, bogor, dll) trus dibuat commute ke jkt jg tiap harinya sama aja ga menyelesaikan masalah kemacetan. Malah bikin rugi warga jkt doang. Menurut saya sih ya itu harus jelas dlu nih peraturan pembatasan kendaraan tujuannya apa, baru bisa keluar solusinya apa. Waktu awal anies ngeluarin wacana ini kalo ga salah kn alesannya emisi. Nah boleh deh tuh dibuat studinya brp banyak mbl di jkt yg diatas 10thn dipake daily, apakah emisi mbl diatas >10 thn signifikan lebih besar dr mbl baru dll. Baru bisa ngeluarin solusi yg terarah. Selama alesannya ga jelas tujuannya apa bakalan jd blunder lg :big_peace:

Sebenernya kalo mo adil sih terapin aja tuh ERP yg mahal, dibuat per cluster sekali lewat 50rb-100rb. Kayanya bakalan berkurang signifikan yg pake mbl pribadi. Kalo sekali ke kantor keluar duit bwat ERP 100-200rb kayaknya bakalan banyak yg mundur teratur sih pake kendaraan pribadi.
Kalo akalin pake plat daerah lain yah mending lah daripada gedein perut oknum buat lolosin kir


ERP lebih susah lagi implementasi nya
Kalo orang dari luar kota masuk ke ibukota ga punya ERP gimana?
Masuk aja dong,ga bayar apa2?
Kalo pake portal kaya pintu tol yah malah jadi titik macet baru
Kalo sing kan cuma seupil,kendaraan nya bisa dikontrol
Penerapan ERP ya sama aja kayak MLFF yg sedang dikaji. Nanti pake alat yg gps-based dan semua mobil wajib punya.

Let’s agree to disagree kalo menurut saya sih ga kena lah substansialnya alesan mbl diatas 10 thn kena pajak 2x lipat apa. Balik lg karena wacana ini ga jelas tujuannya apa. Kalo cuman mo mempersulit masyarakat biar ga pake kendaraan pribadi ya ga signifikan deh manfaatnya. Kayak yg om boku blg, brio avanza gen pertama aja uda jarang keliatan di jkt.
hosea wrote: Sun May 05, 2024 2:04
Betul. Di singapore usia mobil dibatasi 7 tahun harus discrap, dijual murah ke pedagang yahg akan diekspor ke negara negara dunia ke 3 utamanya Afrika.
Saya taunya dr supir supir taxi disana kok mobil nya baru baru terus. Mobkas diatas 7 tahun dijual kurleb 30-40% dr harga barunya.

Beli mobil baru disana mahalnya minta ampun. Ada COO (sertifikat ownership) yang harus dibayar sebelum beli mobil, nilainya bisa 30% dr harga mobil. Dan harus bayar ulang setiap 7 tahun atau kalau ganti mobil.
CMIIW maksudnya CoE ya om? Setau saya berlakunya 10 thn dan harganya bukan 30% mobil tp kayaknya uda naek ke 100.000 SGD untuk CoEnya doang. Bisa diperpanjang CoE untuk mobil2 tua tp harganya lebih mahal drpd CoE yg pertama :big_biglaugh:

Ga bisa dibandingin sama disini, orng disini miara mobil tua karena kebanyakan ga mampu beli mbl baru. Orang disana yg bisa miara mobil tua justru orkay2 doang dan mobilnya jg bukan mobil sembarangan. Mobil2 generic mah pasti di scrap :big_biglaugh:
farizfsa wrote: Sun May 05, 2024 1:47 Bikin peraturan nya surface level yang mana liat problem nya surface level jg

Mau heran tp liat yg udh2 ya emg begitu, apa lagi implementasi nya.

Jalanan macet gara2 tata kota nya bermasalah, jalanan banyak yg bottle neck, waktu lampu merah yg ga berimbang dan ga tepat, jalanan rusak, gampang aja deh drpd masalah2 itu di benerin, kurangin aja mobilnya di jalan

Wkwkwk
Bener nih om, ga jelas kajiannya gmn maen gampang aja ambil shortcut. Yg ada bikin susah rakyat tp targetnya kecapai jg kagak, wong targetnya apa aja ga jelas. Pernah baca salah satu analisis kemacetan di satu kota (tp kotanya di amrik ya pasti problemnya beda), bottleneck itu sangat2 pengaruh sama kemacetan. Nah sekarang liat aja tuh jalanan tambel sulam bisa dari 2 jalur ke 3 jalur eh balik lg ke 2 jalur. Di depan MOI aja jalanan 4 jalur bisa tiba2 jadi 2 jalur dimakan akses tol ke bekasi yg super sepi, mana pas menciut jadi 4 jalur pas depan akses keluar masuk MOI lg. Itu yg bikin ide kaya gitu patut dpt “penghargaan” sih.
Betul Om CoE , salah ingat saya. Wuih kalau 100.000 SGD ya ngeri banget memang. Total sama harga mobil bisa 2 M untuk sebuah Camry misalnya. Tapi emang income disana juga besar sih. Intinya memang punya mobil disana hanya utk yang benar2 perlu dan tidak mau memanfaatkan public transport, harus bayar muahal.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3465
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by kendibocor »

hosea wrote: Sun May 05, 2024 5:12
Betul Om CoE , salah ingat saya. Wuih kalau 100.000 SGD ya ngeri banget memang. Total sama harga mobil bisa 2 M untuk sebuah Camry misalnya. Tapi emang income disana juga besar sih. Intinya memang punya mobil disana hanya utk yang benar2 perlu dan tidak mau memanfaatkan public transport, harus bayar muahal.
Oondah city aja pricelist 160rb sgd om :mky_01: blm sama CoE. Camry sama CoE uda diatas 3M :big_slap:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4261
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by b0ku »

kendibocor wrote: Sun May 05, 2024 5:42
Oondah city aja pricelist 160rb sgd om :mky_01: blm sama CoE. Camry sama CoE uda diatas 3M :big_slap:
sepupu saya suami cuma supir budget airlines aja bisa beli mercy sama tinggal di kondo loh tapi, gede juga gaji orang sono :big_think:
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1084
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by Zaxis »

b0ku wrote: Sun May 05, 2024 2:23
Zaxis wrote: Sun May 05, 2024 1:48
Ga nyambung om kalo bandingin sama us dan ausi
Kalo disono di outback emang bener jarak dengan rumah tetangga aja bisa berapa KM


Emang bener tuh kaki lima dan UMKM harus diatur
Banyak ga bayar pajak ga punya ijin cuma nyusahin tetangga doang
Kaki lima ga punya tempat parkir makan jalan
UMKM juga musti nya ga bole di daerah residensial
jgnkan outback om adek saya tuh tinggal di suburb itu aja ud banyak ngeluh kerja jauh dlll :big_biglaugh:

dulu padahal saya ud bilang beli apt aja di kota kecil gpp yang penting kerja deket :big_bored:

ya nyambung lah om di negara kita malah transport publiknya gak memadai terus negaranya juga luas mobil itu ud masuk kebutuhan juga sayang kan kalo yang kayak saya sekadar punya buat punya doank pake nyimpen di garasi gak bikin macet jalan gak bikin polusi wong jalan aja gak sampe 5000km/thn disuruh jual beli mobil baru yang rongsok atau di buang mana nambah duit banyak lagi :big_biglaugh:

itupun saya bayar 300rb sebulan buat parkiran saya di basement :big_bored:
Ga nyambung lah om,bahas daerah pinggiran dibandingin kota besar

Sekalian bandingin sama SYD atau NYC
Banyak tuh orang sono ga punya mobil padahal mobil murah disana biar makin ga nyambung
Atau bandingin sama SIN, mobil diatas 10 taon musti beli COE lagi kalo masih mau dipake
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4261
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by b0ku »

Zaxis wrote: Sun May 05, 2024 6:07
Ga nyambung lah om,bahas daerah pinggiran dibandingin kota besar

Sekalian bandingin sama SYD atau NYC
Banyak tuh orang sono ga punya mobil padahal mobil murah disana biar makin ga nyambung
Atau bandingin sama SIN, mobil diatas 10 taon musti beli COE lagi kalo masih mau dipake
ya nyambung lah om yang nyambung itu omongin keperluan orang2xnya NYC tata kota ud bener tengah kota tinggal di apt depan trotoar gede deket sstasiun disini tengah kota komplek rumah loe keluar rumah aja jalannya berapa meter sebelom nemu angkot :mky_07:

lagian tinggal di NYC juga oe ogah punya mobil liat jalanannya aja ud sakit kepala saya dulu kan tinggal di singapore 2 thn boro2x naek mobil naek bus aja males enakan juga naek MRT :big_biglaugh:

Terakhir saya kerja aja mobil juga saya gak pake enakan naek ojek lebih cepet sampe kantor :big_biglaugh:

nah modelan saya itu ud kontribusi gak bikin macet ngurangin polusi mobil saya gak jalan sampe 5000km/thn tapi usia ud 10thn semua kondisi gress km rendah masa disuruh di buang sama pajak di mahalin kan IDE PEKOK itu namanya dan saya isi bensin non subsidi lagi emang orang gak boleh ya punya hobby sekadar nikmatin mobil tua dan hemat pengeluaran ???? :big_bored:

saya juga cerita adek saya biar you ngerti kondisinya orang2x gak bisa semua di paksa suruh pake mobil baru semua dan beli mobil baru buang mobil yang masih layak pake juga boros sumber daya :big_bored:

kalo kata rifat dulu pas komentar cased sama "orang bisa marah punya hobby di atur2x" kira2x gitulah omongan dia

gimana kalo di balik KTP jakarta kerjanya musti di sentul atau di periok sana tuh yang daerahnya terpencil juga banyak jarang ada angkutan umum :big_bored:
Last edited by b0ku on Sun May 05, 2024 6:35, edited 6 times in total.
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 350
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by ExorT »

lamatlancah wrote: Sun May 05, 2024 4:54 kalau saya sih cukup jadi penonton saja, engga mau jadi idealis ini negara mesti perbaikan ini atau itu.
yang penting aman engga ada kerusuhan, penghasilan lebih dr cukup untuk hidup nyaman berkualitas dan spend money overseas holiday at least 3 - 4 kali setahun.
Holidaynya nya naik non-budget airlines + business class dan sebelum umur 50 bisa pensioen di overseas :big_deal:
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by Bibieight »

Benernya kalo mobil disikapi sebagai circular economy si oom b0ku ada benernya. Yang masalah itu tambah kesini kan mobil dianggap ada planned obsolescence-nya. Jadi tambah tua bukannya tambah bisa dirawat, tapi tambah remuk, emisi makin tinggi, wong Toyota aja ndak kebal sama ini koq....

Ideal tapi utopis itu kalo desain mobil bisa dibuat modular, bisa diganti plug & play drive train sama fascia-nya, nah sementara chassis-nya bisa dipakai sampe 20-30 tahun, cuma kan ICE rada susah diginiin, inheren ndak plug & play banget, bisa direman sekalipun ndak bakal balik kondisi pabrik, wong desain mesin ICE zaman now itu biar mudah dirakit, bukan mudah direman....
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4261
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by b0ku »

sebenernya ud paling bener biarin aja market yang bermain sendiri kalo emang ev hybrid lebih bagus ntar juga rame sendiri :big_bored:

lagian toyota di gadang2x next nokia tapi penjualan year to year berapa taon ini malah naek mulu lucunya :big_bored:

orang mau pake mobil tua juga urusan dia....... :ngacir:
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 624
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by zonepublic »

Turboman wrote: Sun May 05, 2024 4:41 kalo saya pribadi vote utk

1. Pemilik mobil WAJIB punya Garasi / CarPort apakah di rumah sendiri / sewa dan mobil gak boleh diparkir di jalan

2. Kalo pun mau pembatasan mobil (Extreme), batasi jumlah mobil per KK, kalo melebihi aturan kena pajak progresif besar sekali......(ini kalo mau extreme)

3. Usia mobil tidak dibatasi, tapi kalo ada yg jadi Cumi2 hitam / cumi putih di jalan raya, atau lampu mati / lampu gak proper, langsung TILANG !

4. PemKot kota2 padat wajib bangun Transportasi massal besar2 an, kalo model kereta rel dirasa mahal, bisa kembangkan BRT (Bus Rapid Transit) dgn trek khusus (bukan makan badan jalan) atau TrackLess Tram dgn jalan khusus (Trem dgn ban & berjalan di aspal yg ada garis2 putih)

5. Trotoar2 semua dibuat lebar2 supaya nyaman bagi pejalan kaki

ini kalo POV saya pribadi aja

Discl
Di indo preman2 dipelihara,lahan kosong tiba2 bisa ada tukang parkirnya bahkan jika ada jualan yg rame ga segan2 tukang parkir bikin jalan jadi sempit dengan parkir berlapis2 dan dibeking,di banyak negara seperti eropa,cina saya belum lihat ada tukang parkir kaya disini
b0ku wrote: Sat May 04, 2024 16:55

SINGAPORE ada om jual beli mobil bekas dan mereka bisa lempar unit mereka ke negara laen kebanyakan di expor ke afrika mobil2x bekasna :mky_03:

masalah jakarta itu karena jalanannya sendiri gak efisien jaman ahok itu ud jelas banget kok biang keroknya dagang sembarangan parkir sembrangan ud di rapiin sama ahok balik lagi amburadul...... :big_dunno:
Nah itu pedagang mokasnya pinter lempar sampahnya ke negara lain,pemerintahnya singapore itu sebenernya kebijakannya jenius lho,bisa ngatur negaranya dengan rapi saya lihat sebenernya seperti negara korut yg berbasis diktator&komunis itu singapore tp herannya kok maju,jarang sekali kita dengar singapore konflik2 seperti yg terjadi di amerika
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1665
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by darrelund »

farizfsa wrote: Sun May 05, 2024 1:47 Bikin peraturan nya surface level yang mana liat problem nya surface level jg
ya problemnya ini mmg, bikin doang tapi ga mateng ud dilepas (layani golongan pemangku aturan saja)

katanya banyak insan cemerlang, aturan koq shallow begitu

apa yg cemerlang ud kabur ke LN semua a.k.a brain drain?

kyk kmrn yg becuk kan akirnya dicabut, ud dicabut malah skrg becuknya ngasih tarif ugal"an

gokil emang :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4261
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by b0ku »

zonepublic wrote: Sun May 05, 2024 13:39 Nah itu pedagang mokasnya pinter lempar sampahnya ke negara lain,pemerintahnya singapore itu sebenernya kebijakannya jenius lho,bisa ngatur negaranya dengan rapi saya lihat sebenernya seperti negara korut yg berbasis diktator&komunis itu singapore tp herannya kok maju,jarang sekali kita dengar singapore konflik2 seperti yg terjadi di amerika
lebih ke leadernya si pola pikirnya tegas dan ketat ya buat rakyatnya, tapi balik lagi singapore hongkong punya ciri2x sama dan 2 2nya didikan british gitu pula jepang dan malaysia ditambah taiwan yang bekas jajahan jepang juga semuanya negara maju :big_think:
severmaya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 237
Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by severmaya »

Sekalian kepemilikan kendaraan baru atau second dipersulit, jangan dikit-dikit kredit.

Lalu pertalite sama biosolar dikhususkan untuk kendaraan niaga. Ya kali mobil 600 juta diisi biosolar/pertalite.
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7433
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Ketok Palu UU DKJ, Kini Usia Kendaraan Dibatasi dan Enggak Bisa Bebas Punya Mobil

Post by newrubble »

good guys gone, bad ones stay