[NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11989
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by Suryaputra »

kunaskun wrote: 16 Oct 2024, 11:24
MSU wrote: 16 Oct 2024, 06:45 nahhh....ini jg pernah dibahas di YT driving indonesia om...
tp beliau test rocky turbo....seingat sy beliau jg info ni mobil beda tuningan suspensi ama non turbo...
yg versi turbo ditekuk2 enak...
yg non....wkwk...diisi 4 orang aja goyang2 mulu...
mestinya ngga, karena pernah cek part number sokbreker dan per, sama persis. tapi ya ini kan jagonya toyota, banyak yg ga kelihatan dan ga disebutin di spek :upss:
Suryaputra wrote: 16 Oct 2024, 09:31 sy prnh jajal versi turbo raize GR Sport pny kawan.

rute buah batu - dago atas - buah batu.

mesin sih ok, bertenaga buat low-mid rpm di perkotaan jalan datar,
tapi buat nanjak gasnya harus agak dalem, dan agak geter 3 silindernya pas crawling di tanjakan.
dan suspensinya ngayun2 gak pede samsek bawanya.
itu rear suspension entah mesti diapain lagi.
beda banget sm WRV yg suspensinya lbh antep.
peredaman sih mirip2.

coba klo 4 silinder, 1200 turbo, dan suspensi dibuat lbh stiff,
no contest deh di kelas nya :big_smile]
honda urusan ginian jauh lah, karena emang jualannya ini doang :big_biglaugh:
ini dodol emang ToyoDai... nanggung jadinya..

power dan torsi udh mantep di kelasnya, tp suspensi letoy :mky_03:

jd gak balance, belum lg klo ngerem agak hard, berasa kyk pesawat rada nukik :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4245
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by kunaskun »

Suryaputra wrote: 16 Oct 2024, 11:42 ini dodol emang ToyoDai... nanggung jadinya..

power dan torsi udh mantep di kelasnya, tp suspensi letoy :mky_03:

jd gak balance, belum lg klo ngerem agak hard, berasa kyk pesawat rada nukik :upss:
kelewat ngejar empuk dan ground clearance tinggi.
per pun terlalu empuk, saking empuknya sampe ambles.
rasanya yang jadi masalah itu sokbrekernya terlalu "males" buat rebound.
giliran ketemu speedtrap itu sampe geser2.
mau pake sokbreker alternatif termudah punyanya avana xenia satu generasi, tapi ya itu khawatirnya kelewat keras atau malah ga napak karena untuk mpv.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11989
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by Suryaputra »

kunaskun wrote: 16 Oct 2024, 12:17
Suryaputra wrote: 16 Oct 2024, 11:42 ini dodol emang ToyoDai... nanggung jadinya..

power dan torsi udh mantep di kelasnya, tp suspensi letoy :mky_03:

jd gak balance, belum lg klo ngerem agak hard, berasa kyk pesawat rada nukik :upss:
kelewat ngejar empuk dan ground clearance tinggi.
per pun terlalu empuk, saking empuknya sampe ambles.
rasanya yang jadi masalah itu sokbrekernya terlalu "males" buat rebound.
giliran ketemu speedtrap itu sampe geser2.
mau pake sokbreker alternatif termudah punyanya avana xenia satu generasi, tapi ya itu khawatirnya kelewat keras atau malah ga napak karena untuk mpv.
coilover TEIN.png

obatnya :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4245
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by kunaskun »

Suryaputra wrote: 16 Oct 2024, 12:33
coilover TEIN.png


obatnya :ngacir:
pernah baca disebelah jadi cingkrang, dan bantingan ga improve banyak banget, mungkin karena jadi tinggi kali ya, :big_think:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11989
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by Suryaputra »

kunaskun wrote: 17 Oct 2024, 14:37
Suryaputra wrote: 16 Oct 2024, 12:33
coilover TEIN.png


obatnya :ngacir:
pernah baca disebelah jadi cingkrang, dan bantingan ga improve banyak banget, mungkin karena jadi tinggi kali ya, :big_think:
https://www.tein.com/products/street_advance_z4.html

kan bisa setelan tinggi rendah tuh.
Ride lift bener bisa up to 25mm, buat kebutuhan offroad ringan lah.

ya harus trial and error settingnya spt apa dgn yg expert dan sesuai kebutuhan.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4245
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by kunaskun »

Suryaputra wrote: 17 Oct 2024, 14:43 https://www.tein.com/products/street_advance_z4.html

kan bisa setelan tinggi rendah tuh.
Ride lift bener bisa up to 25mm, buat kebutuhan offroad ringan lah.

ya harus trial and error settingnya spt apa dgn yg expert dan sesuai kebutuhan.
udah sempet mau nyosor beli ex pakai, cuma ya dipikir2 lagi, kalau bocor, ngolong nyetel2, ah sudahlah mumet.
bersabar saja sampe ada sokbreker aftermarket yg beres, sementara sudah jauh mendingan pake per progressive jamex.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11989
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by Suryaputra »

kunaskun wrote: 17 Oct 2024, 14:59
Suryaputra wrote: 17 Oct 2024, 14:43 https://www.tein.com/products/street_advance_z4.html

kan bisa setelan tinggi rendah tuh.
Ride lift bener bisa up to 25mm, buat kebutuhan offroad ringan lah.

ya harus trial and error settingnya spt apa dgn yg expert dan sesuai kebutuhan.
udah sempet mau nyosor beli ex pakai, cuma ya dipikir2 lagi, kalau bocor, ngolong nyetel2, ah sudahlah mumet.
bersabar saja sampe ada sokbreker aftermarket yg beres, sementara sudah jauh mendingan pake per progressive jamex.
Shock aftermarket mnrt bbrp reviewer user raize rocky,
Kyb excel-g warna hitam bisa dicoba.
Gas shock abs.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4245
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by kunaskun »

Suryaputra wrote: 17 Oct 2024, 15:10 Shock aftermarket mnrt bbrp reviewer user raize rocky,
Kyb excel-g warna hitam bisa dicoba.
Gas shock abs.
kayanya ini bukan buat raize rocky d mbah. pernah googling aslinya ngikut avanza xenia.
dulu sempet ada yg cobain pake yaris bakpao punya, tinggal ganti baut bawah saja karena lebih besar, tapi infonya ga jelas ini pake OEM / TRD/ KYB aftermarket.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11989
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by Suryaputra »

kunaskun wrote: 17 Oct 2024, 15:12
Suryaputra wrote: 17 Oct 2024, 15:10 Shock aftermarket mnrt bbrp reviewer user raize rocky,
Kyb excel-g warna hitam bisa dicoba.
Gas shock abs.
kayanya ini bukan buat raize rocky d mbah. pernah googling aslinya ngikut avanza xenia.
dulu sempet ada yg cobain pake yaris bakpao punya, tinggal ganti baut bawah saja karena lebih besar, tapi infonya ga jelas ini pake OEM / TRD/ KYB aftermarket.
Owalah.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1760
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by MSU »

kunaskun wrote: 17 Oct 2024, 15:12
Suryaputra wrote: 17 Oct 2024, 15:10 Shock aftermarket mnrt bbrp reviewer user raize rocky,
Kyb excel-g warna hitam bisa dicoba.
Gas shock abs.
kayanya ini bukan buat raize rocky d mbah. pernah googling aslinya ngikut avanza xenia.
dulu sempet ada yg cobain pake yaris bakpao punya, tinggal ganti baut bawah saja karena lebih besar, tapi infonya ga jelas ini pake OEM / TRD/ KYB aftermarket.
sy monitor di group fb....ada jg yg ganti per jamex...cuma jadi rada tinggi bbrp cm
brand ini cukup terkenal utk replace...di group terios rush (yg pd complain keras)...jg cukup terkenal brand ini
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4245
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by kunaskun »

MSU wrote: 17 Oct 2024, 15:54 sy monitor di group fb....ada jg yg ganti per jamex...cuma jadi rada tinggi bbrp cm
brand ini cukup terkenal utk replace...di group terios rush (yg pd complain keras)...jg cukup terkenal brand ini
iya saya pake per jamex yang progressive bisa untuk avanza xenia DNGA juga, dulu cuma ada varian ini, warnanya merah, sekarang ada versi reguler warna hitam.
pake yang warna merah ini :big_exellent: memang lebih tinggi kira2 2 jari lah, tapi ga gampang amblas akibat per sebelumnya yg kelewat lembek, dan dipake mobil berasa jadi lebih napak, kena speed bump ga geser2 lagi. tapi ya per itu kan only fix half of problem, sokbreker yg belum meyakinkan karena jamex saja ga bikin khusus raize, ngikut avanza xenia DNGA. dan sokbreker Jamex ini sepertinya memang tidak terlalu awet tapi rajin ngikut kebutuhan pasaran.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2356
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by darrelund »

mbahmu wrote: 15 Oct 2024, 23:28
Jangan spekulasi kalau kondisi "default state" belum terpenuhi

toe & camber depan berada di nilai tengah spesifikasi dalam kondisi statis setelah maju, mundur dan cek SAI, kualitas Dinamika Kendaraannya terasa sekali bedanya sejak kecepatan rendah, sedang s/d tinggi

Dari kelurusan stir, stir balik sendiri ke posisi pusat, saat nikung, lewati genangan, dll beda banget

Konsumsi BBM nya apalagi, minimal 5% lebih hemat
noted mbah

btw, secara parts kaki" avxen velos ama raije itu seberapa identik?
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4245
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by kunaskun »

darrelund wrote: 18 Oct 2024, 14:38 noted mbah

btw, secara parts kaki" avxen velos ama raije itu seberapa identik?
beda total mbah. kalau di wiki yang samaan itu Yaris Cross / Yaris Ativ = Vios Sedan = sesama DNGA-B. cuma minjem platform saja dari Raize, mungkin engine transmission electrical saja.
According to Daihatsu, the DNGA is developed with electrification, autonomous driving and connectivity in mind, which is referred as "CASE" (Connected, Automated Driving, Sharing, Electrification).[8][9]

Most components have been newly developed for the platform, and all components such as the suspension and its mounting points, underbody, engine, transmission, and seating position have been revamped for an optimal and standardized component placement to achieve the desired performance and quality without increasing costs.[10] The structure of chassis parts has been streamlined, and the number of parts has been reduced to reduce weight.[11]

The platform allows for parts sharing rate to exceed 75 percent for kei car models and 80 percent for A-segment and B-segment models.[2] It allows development of new models to its introduction to be 1.5 times faster. Since manufacturing plants are able to utilize a common assembly line for DNGA models, the capital investment of introducing a new product is also reduced by 30 percent. With DNGA in its full usage, the number of platforms produced by Daihatsu would be reduced from 7 types to 4 types.[2]
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2356
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by darrelund »

kunaskun wrote: 18 Oct 2024, 14:53
Most components have been newly developed for the platform, and all components such as the suspension and its mounting points, underbody, engine, transmission, and seating position have been revamped for an optimal and standardized component placement to achieve the desired performance and quality without increasing costs.[10] The structure of chassis parts has been streamlined, and the number of parts has been reduced to reduce weight.[11]

The platform allows for parts sharing rate to exceed 75 percent for kei car models and 80 percent for A-segment and B-segment models.[2] It allows development of new models to its introduction to be 1.5 times faster. Since manufacturing plants are able to utilize a common assembly line for DNGA models, the capital investment of introducing a new product is also reduced by 30 percent. With DNGA in its full usage, the number of platforms produced by Daihatsu would be reduced from 7 types to 4 types.[2]
[/quote]

ic mbah, beda total ya ternyata

soalnya klo buka kap mesin, isinya raize pake baju oversize :big_biglaugh:

ngarepnya ada mirip" jadi bisa pake part aftermarket raize juga
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2356
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by darrelund »

mbahmu wrote: 15 Oct 2024, 23:28
Jangan spekulasi kalau kondisi "default state" belum terpenuhi

toe & camber depan berada di nilai tengah spesifikasi dalam kondisi statis setelah maju, mundur dan cek SAI, kualitas Dinamika Kendaraannya terasa sekali bedanya sejak kecepatan rendah, sedang s/d tinggi

Dari kelurusan stir, stir balik sendiri ke posisi pusat, saat nikung, lewati genangan, dll beda banget

Konsumsi BBM nya apalagi, minimal 5% lebih hemat
naaaah untuk mengakhiri spekulasi, akhirnya kemarin serpis 10rb

oli naik ke 0w20 +390rb

spuring +200rb, owe lihat dia pakai mesin johnbean

sekalian komplen kaki glodakan, bahkan lewat bump kecil aja glodakan, action mrk ambil : torsi ulang baut sasis & suspensi + diajak TD juga

hasil spuring : drivability jauh membaik, entah knp EPS nya kerasa lebih linear & konsisten bobotnya ???, sama on center feelnya lebih firm. ini improve bgt bgt dibanding kmrn fresh dari pabrik. kacau lah kmrn pas delivery day feel steer nya :big_biglaugh:

hasil ngencengin baut : somehow suspensi nya kerasa lebih firm & lebih solid, kalo kena bump kecil yg tadinya glodakan jadi "dep dep dep", tapi tetep klo bump gede glodakan (dimaklumi). tapi ya membaik jauh, bahkan ini stelan tyre pres 33 rasa lebih firm dibanding sebelum serpis pake tyre pres 34-35.

sebagai nubi, fenomena gini termasuk ajaib modal baut bisa beda rasa :big_biglaugh:

tq toyota plaza citereup, pelayanannya oke bgt, ocehan apapun diladenin :big_biglaugh:

bonus:

lumbar bawah? lusa kmrn ndlesek kedalem, kyk ada yg copot di framenya, klo dari seat pocket belakang ada bunyi kletek kletek kletek (mungkin ada yg lepas), jadi kursinya kerasa teplek gitu, klo ditegakin punggung atas maju, punggung bawah mundur :big_biglaugh: , nanti dalam 2 minggu ini owe disuru balik buat bongkar kursi krn prosesnya cukup lama

sekian
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1296
Joined: 24 Aug 2015, 12:06

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by kenop »

darrelund wrote: 10 Jan 2025, 18:08
mbahmu wrote: 15 Oct 2024, 23:28
Jangan spekulasi kalau kondisi "default state" belum terpenuhi

toe & camber depan berada di nilai tengah spesifikasi dalam kondisi statis setelah maju, mundur dan cek SAI, kualitas Dinamika Kendaraannya terasa sekali bedanya sejak kecepatan rendah, sedang s/d tinggi

Dari kelurusan stir, stir balik sendiri ke posisi pusat, saat nikung, lewati genangan, dll beda banget

Konsumsi BBM nya apalagi, minimal 5% lebih hemat
naaaah untuk mengakhiri spekulasi, akhirnya kemarin serpis 10rb

oli naik ke 0w20 +390rb

spuring +200rb, owe lihat dia pakai mesin johnbean

sekalian komplen kaki glodakan, bahkan lewat bump kecil aja glodakan, action mrk ambil : torsi ulang baut sasis & suspensi + diajak TD juga

hasil spuring : drivability jauh membaik, entah knp EPS nya kerasa lebih linear & konsisten bobotnya ???, sama on center feelnya lebih firm. ini improve bgt bgt dibanding kmrn fresh dari pabrik. kacau lah kmrn pas delivery day feel steer nya :big_biglaugh:

hasil ngencengin baut : somehow suspensi nya kerasa lebih firm & lebih solid, kalo kena bump kecil yg tadinya glodakan jadi "dep dep dep", tapi tetep klo bump gede glodakan (dimaklumi). tapi ya membaik jauh, bahkan ini stelan tyre pres 33 rasa lebih firm dibanding sebelum serpis pake tyre pres 34-35.

sebagai nubi, fenomena gini termasuk ajaib modal baut bisa beda rasa :big_biglaugh:

tq toyota plaza citereup, pelayanannya oke bgt, ocehan apapun diladenin :big_biglaugh:

bonus:

lumbar bawah? lusa kmrn ndlesek kedalem, kyk ada yg copot di framenya, klo dari seat pocket belakang ada bunyi kletek kletek kletek (mungkin ada yg lepas), jadi kursinya kerasa teplek gitu, klo ditegakin punggung atas maju, punggung bawah mundur :big_biglaugh: , nanti dalam 2 minggu ini owe disuru balik buat bongkar kursi krn prosesnya cukup lama

sekian
Sy di YC jg komplen sama persis soal kaki2 glodakan di servis 20rb km, treatment nya jg sama persis, di kencengin ulang baut2 nya (semoga angka torsinya sesuai dah ngga cm asal kenceng)

Kluar servis sih aman, persis rasanya yg kayak om tulis
Skrg odo 23rb, uda balik lg glodakannya :big_biglaugh:

Sama ada yg tau ngga beresin rattle di sekitaran frame HU pegimana caranya, skrg cm ane ganjel busa aja, kl ngga diganjel gile orkestra nya :big_biglaugh:

Bangke emg mobil 350 jt ++ kek begini BQ interiornya :big_biglaugh:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11989
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by Suryaputra »

kenop wrote: 10 Jan 2025, 18:59
darrelund wrote: 10 Jan 2025, 18:08
mbahmu wrote: 15 Oct 2024, 23:28
Jangan spekulasi kalau kondisi "default state" belum terpenuhi

toe & camber depan berada di nilai tengah spesifikasi dalam kondisi statis setelah maju, mundur dan cek SAI, kualitas Dinamika Kendaraannya terasa sekali bedanya sejak kecepatan rendah, sedang s/d tinggi

Dari kelurusan stir, stir balik sendiri ke posisi pusat, saat nikung, lewati genangan, dll beda banget

Konsumsi BBM nya apalagi, minimal 5% lebih hemat
naaaah untuk mengakhiri spekulasi, akhirnya kemarin serpis 10rb

oli naik ke 0w20 +390rb

spuring +200rb, owe lihat dia pakai mesin johnbean

sekalian komplen kaki glodakan, bahkan lewat bump kecil aja glodakan, action mrk ambil : torsi ulang baut sasis & suspensi + diajak TD juga

hasil spuring : drivability jauh membaik, entah knp EPS nya kerasa lebih linear & konsisten bobotnya ???, sama on center feelnya lebih firm. ini improve bgt bgt dibanding kmrn fresh dari pabrik. kacau lah kmrn pas delivery day feel steer nya :big_biglaugh:

hasil ngencengin baut : somehow suspensi nya kerasa lebih firm & lebih solid, kalo kena bump kecil yg tadinya glodakan jadi "dep dep dep", tapi tetep klo bump gede glodakan (dimaklumi). tapi ya membaik jauh, bahkan ini stelan tyre pres 33 rasa lebih firm dibanding sebelum serpis pake tyre pres 34-35.

sebagai nubi, fenomena gini termasuk ajaib modal baut bisa beda rasa :big_biglaugh:

tq toyota plaza citereup, pelayanannya oke bgt, ocehan apapun diladenin :big_biglaugh:

bonus:

lumbar bawah? lusa kmrn ndlesek kedalem, kyk ada yg copot di framenya, klo dari seat pocket belakang ada bunyi kletek kletek kletek (mungkin ada yg lepas), jadi kursinya kerasa teplek gitu, klo ditegakin punggung atas maju, punggung bawah mundur :big_biglaugh: , nanti dalam 2 minggu ini owe disuru balik buat bongkar kursi krn prosesnya cukup lama

sekian
Sy di YC jg komplen sama persis soal kaki2 glodakan di servis 20rb km, treatment nya jg sama persis, di kencengin ulang baut2 nya (semoga angka torsinya sesuai dah ngga cm asal kenceng)

Kluar servis sih aman, persis rasanya yg kayak om tulis
Skrg odo 23rb, uda balik lg glodakannya :big_biglaugh:

Sama ada yg tau ngga beresin rattle di sekitaran frame HU pegimana caranya, skrg cm ane ganjel busa aja, kl ngga diganjel gile orkestra nya :big_biglaugh:

Bangke emg mobil 350 jt ++ kek begini BQ interiornya :big_biglaugh:
Emg gtu mbah
Fitur mobil monokok fwd spt itu :big_biglaugh:

Goodbye erwedeh ladder frame :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2356
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by darrelund »

kenop wrote: 10 Jan 2025, 18:59
Sy di YC jg komplen sama persis soal kaki2 glodakan di servis 20rb km, treatment nya jg sama persis, di kencengin ulang baut2 nya (semoga angka torsinya sesuai dah ngga cm asal kenceng)

Kluar servis sih aman, persis rasanya yg kayak om tulis
Skrg odo 23rb, uda balik lg glodakannya :big_biglaugh:

Sama ada yg tau ngga beresin rattle di sekitaran frame HU pegimana caranya, skrg cm ane ganjel busa aja, kl ngga diganjel gile orkestra nya :big_biglaugh:

Bangke emg mobil 350 jt ++ kek begini BQ interiornya :big_biglaugh:
komplen terus aja mbah biar diperhatiin trus ama mereka :big_biglaugh:

ini oe jg baru ngeh, serpis 1000km kencengin baut trus aman, 5000 mulai glodakan, nah ud deket 10rb ampun dah kayak support ama bushing dah pada jebol aja :big_biglaugh:

mungkin bautnya ga dikasih sealent makanya gampang berubah torsinya? entahlah

pan lalu oe jg di area HU rattle, terutama abis kejemur kyk kriyet" plastik, sempet di goyangin ama tabok dikit, aman sampe skrg :big_biglaugh:

mungkin solusinya kencengin musiknya aja mbah :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2356
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by darrelund »

Suryaputra wrote: 10 Jan 2025, 19:06
Emg gtu mbah
Fitur mobil monokok fwd spt itu :big_biglaugh:

Goodbye erwedeh ladder frame :upss:
ga semua lah mbah.... :big_biglaugh:

beda brv ama crv itu kapan glodakannya aja mbah

klo di masda paling murah sih 40-50rb an glodakannya, itupun krn pakenya serampangan :big_biglaugh:

tapi penasaran jg sih beda size shock support tuh ngaruh ke glodakannya apa engga, krn ada yg mobil bulet doang ada yg segitiga bentuknya
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11989
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by Suryaputra »

darrelund wrote: 10 Jan 2025, 20:15
Suryaputra wrote: 10 Jan 2025, 19:06
Emg gtu mbah
Fitur mobil monokok fwd spt itu :big_biglaugh:

Goodbye erwedeh ladder frame :upss:
ga semua lah mbah.... :big_biglaugh:

beda brv ama crv itu kapan glodakannya aja mbah

klo di masda paling murah sih 40-50rb an glodakannya, itupun krn pakenya serampangan :big_biglaugh:

tapi penasaran jg sih beda size shock support tuh ngaruh ke glodakannya apa engga, krn ada yg mobil bulet doang ada yg segitiga bentuknya
Iya sih tergantung berat velg ban dan kekuatan bushingnya.

Cuma klo ladder frame rwd, biasanya dikasih bushing kelas truck buat angkut beban, makanya awettt :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1296
Joined: 24 Aug 2015, 12:06

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by kenop »

Suryaputra wrote: 10 Jan 2025, 19:06
Emg gtu mbah
Fitur mobil monokok fwd spt itu :big_biglaugh:

Goodbye erwedeh ladder frame :upss:
Sebelom ini pake xpander sm ertiga seinget sy ngga seglodakan ini dah kaki2 depannya :big_think:
darrelund wrote: 10 Jan 2025, 20:13
komplen terus aja mbah biar diperhatiin trus ama mereka :big_biglaugh:

ini oe jg baru ngeh, serpis 1000km kencengin baut trus aman, 5000 mulai glodakan, nah ud deket 10rb ampun dah kayak support ama bushing dah pada jebol aja :big_biglaugh:

mungkin bautnya ga dikasih sealent makanya gampang berubah torsinya? entahlah

pan lalu oe jg di area HU rattle, terutama abis kejemur kyk kriyet" plastik, sempet di goyangin ama tabok dikit, aman sampe skrg :big_biglaugh:

mungkin solusinya kencengin musiknya aja mbah :big_biglaugh:
Wah cape juga dong yak kl tiap servis hrs komplen dan cm dikencengin ulang wkwkwk, maunya kan ada 1 solusi permanen gt :big_biglaugh:

Td nya sy ngarep mobil kena recall yg suspensi, cek di web no rangka nya ga ada lagi :big_biglaugh:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11989
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by Suryaputra »

kenop wrote: 11 Jan 2025, 12:02
Suryaputra wrote: 10 Jan 2025, 19:06
Emg gtu mbah
Fitur mobil monokok fwd spt itu :big_biglaugh:

Goodbye erwedeh ladder frame :upss:
Sebelom ini pake xpander sm ertiga seinget sy ngga seglodakan ini dah kaki2 depannya :big_think:
darrelund wrote: 10 Jan 2025, 20:13
komplen terus aja mbah biar diperhatiin trus ama mereka :big_biglaugh:

ini oe jg baru ngeh, serpis 1000km kencengin baut trus aman, 5000 mulai glodakan, nah ud deket 10rb ampun dah kayak support ama bushing dah pada jebol aja :big_biglaugh:

mungkin bautnya ga dikasih sealent makanya gampang berubah torsinya? entahlah

pan lalu oe jg di area HU rattle, terutama abis kejemur kyk kriyet" plastik, sempet di goyangin ama tabok dikit, aman sampe skrg :big_biglaugh:

mungkin solusinya kencengin musiknya aja mbah :big_biglaugh:
Wah cape juga dong yak kl tiap servis hrs komplen dan cm dikencengin ulang wkwkwk, maunya kan ada 1 solusi permanen gt :big_biglaugh:

Td nya sy ngarep mobil kena recall yg suspensi, cek di web no rangka nya ga ada lagi :big_biglaugh:

ya itu pentingnya kunci torsi sesuai arahan mbah2 suhu hentool
:big_biglaugh:

gak cuma toyota,
honda udh lama kyk gtu metodenya, tiap ngencengin kaki2 pk kunci torsi yg sesuai torsinya, lgs enak lg suara kakinya
less gluduk2 :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11989
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by Suryaputra »



Monokok FWD dibeginiin,
oblak lgs bushing nya :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post