Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Suryaputra wrote: ↑23 Dec 2022, 14:21
yep
akhirnya perlahan mereka ninggalin CVT bersabuk baja
Kalo yang pake aliran hibrid2an, yang sudah jelas dead-end berarti CVT belt sama DCT ya ?. Itu sistem e-CVT-nya Toyota yang gir semua kayaknya pas banget dipake buat truk trailer/tronton, asal ndak keterlaluan overloadnya anti rompal . Kombo sama batere gedean dikit 20-30 kW lah, truk2 boyo yang nyelip setengah mati di Cipali bakal ilang tuh, secara didorongnya pake motor listrik yang memang torsinya gede di kecepatan rendah... kalo pas cruising kan dah ndak butuh torsi gede2, tinggal mesin dieselnya aja muter di RPM paling irit.
Harusnya yang subsidi itu truk2 hibrid model begini, bukan hibrid passanger, kalo perlu subsidinya sekalian 200 juta + bebas STNK + subsidi max bunga kredit 1%....
ilhami wrote: ↑23 Dec 2022, 10:08
Range terbatas tidak masalah kalau SPKLU sudah banyak tersedia. Sama saja mobil BBM kalau truk ODOL juga akan boros BBM.
Kapal ferry paling potensial pakai listrik, karena jarak dekat dan bisa sering di charge.
Kuncinya adalah BAURAN atau KOMBINASI. Jadi supaya BBM juga awet, siapa tau bisa tahan 50-100 tahun lagi.
aduuh om itu truk diesel mau borosnya sampe jadi 1kml juga itung aja sendiri 1liter buat 1km tangki bensin bisa 1000lt kalo semi ala amerika FUSO 200lt jalan 200km dia isi jalan lagi masa ini 90mile alias 144km doank suruh berenti setengah jem itu aja kalo pakenya triple super duper hyper neo fast charging gila ini sekelas semi loh saingan truck mesin2x 10.000cc diesel semua gak kebayang butuh charger berapa watt gedenya buat cuma bisa charging 30 menit yang tesla biasa aja ud makan 200.000watt
kapal ferry pake listrik bisa2x ntar tiketnya 2-3x lipet om karena musti punya backup gak mikir itu batre kalo tiba kumat di tengah laut bisa jd perkedel ud tau batre sendiri sifatnya gak bisa di prediksi ini saya punya vacuum cleaner aja chargernya kadang mau kadang kagak
kombinasi gimane mau 100% ev pun minyaknya bakalan akan di bakar di lapangan buat nambang bahan batre belom lagi cita2x situ kapal ferry aja jadi EV batrenya mau segede apa coba itu ud makan material berapa banyak pake minyak berapa banyak galinya sama transportnya, belom lagi minyaknya buat masuk PLTD kalo istriknya gak kuat
ud bener harusnya suka2x orang mau pake apa sambil nyari bahan bakar alternatif
Suryaputra wrote: ↑23 Dec 2022, 10:37
ya setuju mbah
selama teknologi selain batre dan BBM, itu masih dalam tahap awal RnD (super mahal), win win solution nya ya hybrid technology.
dan ini saya pikir cocok banget untuk kondisi geografis di indonesia.
"Kolaborasi lbh baik dibanding Kompetisi"
Thn depan, Honda Prospect Motor akan masukin 2 varian produk dgn mesin hybrid.
Sistem dan girboksnya mirip spt yg dipakai toyota jaman now; tanpa CVT belt dan pulley.
Dan hybrid ini juga rencana nya akan dipakai di Aviation
anu sebelom saya jelasin lebih jauh nanya aja om ini batrenya gunanya apa tuh ????
ilhami wrote: ↑23 Dec 2022, 10:08
Range terbatas tidak masalah kalau SPKLU sudah banyak tersedia. Sama saja mobil BBM kalau truk ODOL juga akan boros BBM.
Kapal ferry paling potensial pakai listrik, karena jarak dekat dan bisa sering di charge.
Kuncinya adalah BAURAN atau KOMBINASI. Jadi supaya BBM juga awet, siapa tau bisa tahan 50-100 tahun lagi.
aduuh om itu truk diesel mau borosnya sampe jadi 1kml juga itung aja sendiri 1liter buat 1km tangki bensin bisa 1000lt kalo semi ala amerika FUSO 200lt jalan 200km dia isi jalan lagi masa ini 90mile alias 144km doank suruh berenti setengah jem itu aja kalo pakenya triple super duper hyper neo fast charging gila ini sekelas semi loh saingan truck mesin2x 10.000cc diesel semua gak kebayang butuh charger berapa watt gedenya buat cuma bisa charging 30 menit yang tesla biasa aja ud makan 200.000watt
kapal ferry pake listrik bisa2x ntar tiketnya 2-3x lipet om karena musti punya backup gak mikir itu batre kalo tiba kumat di tengah laut bisa jd perkedel ud tau batre sendiri sifatnya gak bisa di prediksi ini saya punya vacuum cleaner aja chargernya kadang mau kadang kagak
kombinasi gimane mau 100% ev pun minyaknya bakalan akan di bakar di lapangan buat nambang bahan batre belom lagi cita2x situ kapal ferry aja jadi EV batrenya mau segede apa coba itu ud makan material berapa banyak pake minyak berapa banyak galinya sama transportnya, belom lagi minyaknya buat masuk PLTD kalo istriknya gak kuat
ud bener harusnya suka2x orang mau pake apa sambil nyari bahan bakar alternatif
Suryaputra wrote: ↑23 Dec 2022, 10:37
ya setuju mbah
selama teknologi selain batre dan BBM, itu masih dalam tahap awal RnD (super mahal), win win solution nya ya hybrid technology.
dan ini saya pikir cocok banget untuk kondisi geografis di indonesia.
"Kolaborasi lbh baik dibanding Kompetisi"
Thn depan, Honda Prospect Motor akan masukin 2 varian produk dgn mesin hybrid.
Sistem dan girboksnya mirip spt yg dipakai toyota jaman now; tanpa CVT belt dan pulley.
Dan hybrid ini juga rencana nya akan dipakai di Aviation
anu sebelom saya jelasin lebih jauh nanya aja om ini batrenya gunanya apa tuh ????
ya ada sih cuma siapa yang mau naek???, propeler yang berat mesin sama tangki bbmnya lebih ringan aja kita ud ditimbang sebarang2xnya ini batrenya aja ud berat
dan satu lagi masalahnya pesawat jet dapet tenaganya dari pembakaran internal jadi kalo mau di listrikin pake batre cuma bisa sebatas kapal terbang propeller, kalo ud evolusi jadi listrik antara balik naek balon atau kapal nuklir pake tenaga plasma buat pendorongnya
inilah kenapa saya bilang semua kendaraan evolusi finalnya jadi EV
dan ini juga gak gampang karena butuh daya besar makannya ujung2xnya pake nuklir mungkin endingnya yang ada bukan jadi pesawat tapi jadi airship macem kapal di pelem2x avenger itu loh
makanya kalo saya denger sampe kapal terbang mau di bikin EV pake batre itu angan2xnya ud kejauhan dan ngimpi batre ajaib kayak nungguin lampu jin
bukanya saya ahli cuma saya mikir pake logika ajaaa........
ChZ wrote: ↑23 Dec 2022, 10:19
belakangan ini ngamatin review2 mobil hybrid baru zenix sama almaz. kesimpulan tetep battery nggak ideal buat mobil besar.
inget almaz sama zenix kan sama-sama berat. 15 km/l di dalem kota. ya nggak boros jg kayak hatchback 1.5 liter jatohnya, tapi masalahnya maintenance costnya gak sama. bandingin sama corolla cross yang jauh lebih enteng bisa 22 km/l.
tetep kunci efisiensi itu bobot makanya sebenernya battery/hybrid itu malah nambah deadweight kalo di small cars proven di ertiga dikasi batre malah boros. mending ngembangin internal combustion yang compact dan efisien macem ecoboost 3-cyl.
plus, weight is killing the fun. ngerti kan kenapa older cars lebih fun walau itu death trap sekali nabrak pohon kebelah krn structural rigiditynya jelek
mini cooper EV aja range nya ngenes krn ngejar ringan
tapi ya siapa peduli fun kan. katanya irrelevant.
lagian gak guna juga om itu batre di NSX malah kena bantai old nsx di touge dengan tenaga ampir separo yang baru
honda ud buktiin 2x gagal dulu CRX jadi CRZ akhirnya modar juga coba tuh CRZ dibikin versi L15 aja saya bilang bisa2x sampe sekarang masih ada generasi barunya tuh mobil
gila saking saya terobsesi dulu sampe cita2x mau saya pretelin tuh batre sama motor listrik eh ada temen ngomong "ud loe jgn anggep itu CRZ penerus CRX"
NSX fail juga ini liat aja si copet C8 mau di bikin hybrid sukess gak??? felling sih kagak namanya E-RAY
eh diatas ada yang ngomongin pesawat hybrid itu batre gunanya apa coba???
cuma jadi pemberat doank yang ada
dimana2x pesawat dibikin seringan mungkin biar safety ini ud masih pake mesin ini malah ditambahin batre sama motor listrik
kalo pesawat full EV masih bisa di ngerti deh mau coba teknologi
Pake nuklir paling realistis, kaya pesawat jelajah tata surya..
Sekali built, mungkin pesawat bisa beroperasi selama 2 tahun tanpa isi bahan bakar.. tinggal mikirin safety aja.. 200 penumpang duduk dalam radius 100 meter dari reaktor
Bulgogi wrote: ↑24 Dec 2022, 07:58
Pake nuklir paling realistis, kaya pesawat jelajah tata surya..
Sekali built, mungkin pesawat bisa beroperasi selama 2 tahun tanpa isi bahan bakar.. tinggal mikirin safety aja.. 200 penumpang duduk dalam radius 100 meter dari reaktor
nuklir biasa 20 thn om baru ganti fuel
itu sih kapal selam nuklir sama kapal induk sih banyak di laut
b0ku wrote: ↑23 Dec 2022, 18:23
lagian gak guna juga om itu batre di NSX malah kena bantai old nsx di touge dengan tenaga ampir separo yang baru
nahh iya NSX baru kan hype nya gak sekuat type R FK8, atau pesaingnya macem GTR/Supra. yg review bilang kayak computer on wheels dibandingin older NSX pada bilang enakan bawa old NSX.
makanya memang bener 90s sampe early 2000s itu puncak kejayaan otomotif mobil bagus-bagus keluar jaman itu semua. masih function over form electronics ya cuma fuel injection sama ABS sisanya mechanical. chassis teknologi jg udah pada bagus rigidity nya safe tp masih ringan.
sekarang rating safety aja mau 5 star harus ada ADAS mobilnya makin berat makin gak enak dibawa
istilahnya zaman 70s 80s itu safety 20:80 mobil ama supir. kalo supirnya bego langsung meninggal krn struktur mobilnya jelek.
90s sampe 2000s early itu 50:50 sekali nabrak gak meninggal tapi masih butuh skill supir.
post 2010 mah kayaknya kebalik jadi 80:20 orang mobilnya bisa nyetir sendiri
ChZ wrote: ↑24 Dec 2022, 09:56
nahh iya NSX baru kan hype nya gak sekuat type R FK8, atau pesaingnya macem GTR/Supra. yg review bilang kayak computer on wheels dibandingin older NSX pada bilang enakan bawa old NSX.
makanya memang bener 90s sampe early 2000s itu puncak kejayaan otomotif mobil bagus-bagus keluar jaman itu semua. masih function over form electronics ya cuma fuel injection sama ABS sisanya mechanical. chassis teknologi jg udah pada bagus rigidity nya safe tp masih ringan.
sekarang rating safety aja mau 5 star harus ada ADAS mobilnya makin berat makin gak enak dibawa
istilahnya zaman 70s 80s itu safety 20:80 mobil ama supir. kalo supirnya bego langsung meninggal krn struktur mobilnya jelek.
90s sampe 2000s early itu 50:50 sekali nabrak gak meninggal tapi masih butuh skill supir.
post 2010 mah kayaknya kebalik jadi 80:20 orang mobilnya bisa nyetir sendiri
jgn lupa peredamnya makin gila2xan
saya ada mobil 2013 sama 2012 yes 2 2nya teknologi 2000s ge8 dari 2008 pajero 2009
menurut saya emang enak megang 2 ini gearbox chasis mesin teknologi canggih tapi simple karena pake komputer tapi masih minim intervensi komputer dan canggihnya banyak dari mekanikal di banding komputer diatas 2 ini ud mulai ngaco kayak ANPS aja dihajar banjir aja komputer lsg minta service rem padahal belom tentu remnya trouble bisa jadi sensornya yang kotor
kalo 2 mobil saya komputernya cuma sekadar pengingat kalo ada trouble mau diapain ya suka2x gw komputer gak akan ngocol kek mobil2x baru minta ini minta itu kadang ganti lampu aja bisa nyala terus kayak boss saya modif LED hrv dia musti berkorban biarin tuh lampu warning led nyala
Kalau sensor rusak ya komputer nggak bisa mengolah data "garbage". Kalaupun pakai safe mode, tentunya nggak optimal. Ya wajar lah supaya spare part dari pabrik nya laku
MitshuToyo wrote: ↑24 Dec 2022, 15:24
Yang beli EV sudah orang kaya disubsidi pula.. harusnya adil pemakai diesel biosol disubsidi 80 jt.. mayan bisa dapat 150 rb kilometer nih.. wkwk
kalo kata bule robin hood upside down, yang miskin makin kena cekek harga listrik dan inflasi (kalo di luar ud kejadian), si kaya di kasih subsidi karena beli mobil listrik sama pasang solar panel belom mereka di subisidi karena invest di wind farm...... emang dah pekok
padahal subisdi BBM itu kan tujuannya bukan buat si miskin atau si kaya tapi buat ngehindari inflasi karena cost transportasi dan logistik naek
MitshuToyo wrote: ↑24 Dec 2022, 15:24
Yang beli EV sudah orang kaya disubsidi pula.. harusnya adil pemakai diesel biosol disubsidi 80 jt.. mayan bisa dapat 150 rb kilometer nih.. wkwk
Tax incentives driven by business interest. LCGC part.2.
goalnya dari awal aja sudah salah : untuk mendorong pertumbuhan kendaraan elektrik.
Pinter pinternya industri utk ngemis ke govt biar barang barunya laris. Padahal kita tau battery tdk akan tambah murah dan tdk sustainable.
Kendaraan tua dibilang nyusahin katanya mau di scrap lah, pajak dimahalin lah. Ada wacana pemutihan pajak kendaraan aja mau dihapus pula pdhl itu program bagus buat pemasukan pendapatan daerah + orang ga malas pajakin kendaraan tua nya. Kalo denda udah belasan jt siapa mau urus nilai kendaraannya aja udah tinggal scrap value.
Proof that govt mau kita beli mobil baru terus. Ya mgkn otak govt sustainable itu economy nya sustainable (produksi terus), bukan sustainability lingkungan.
mendingan gak usah pake subsidi2xan malah kalo bisa itu solar pertalite juga cabut sekalian mendingan khusus logistik aja subisidinya
yang kismin juga pada pake motor kok masa isi 30-40rb pada kagak sanggup
kek ipar saya kemaren beli mobil ampir 400jt eh nanyanya bisa isi pertalite gak ya?? buseeet padahal tuh mobil juga di pake paling weekend doank hari2x juga dia kerja naek busway
sebenernya yang gak sanggup beli bbm itu bukan yang naek motor tapi yang naek mobil kalo saya bilang
b0ku wrote: ↑24 Dec 2022, 21:16
mendingan gak usah pake subsidi2xan malah kalo bisa itu solar pertalite juga cabut sekalian mendingan khusus logistik aja subisidinya
yang kismin juga pada pake motor kok masa isi 30-40rb pada kagak sanggup
kek ipar saya kemaren beli mobil ampir 400jt eh nanyanya bisa isi pertalite gak ya?? buseeet padahal tuh mobil juga di pake paling weekend doank hari2x juga dia kerja naek busway
sebenernya yang gak sanggup beli bbm itu bukan yang naek motor tapi yang naek mobil kalo saya bilang
Tapi kasian juga si om yang narik grab car kalau ga bisa pertalite. kalau saya si mendukung banget mobil ev dapet subsidi, asal mobil ev bisa dibawah 200 juta, apalagi nyentuh 150 juta (walaupun sekecil air ev), bolehlah dibeli. Sebulan dipake kerja irit 1.5 juta aja, 8 tahun pake batre bermasalah, mau jadi rongsokan pun, ya anggap sudah balik modal. Pake aja sampe rusak, lalu jual kampakan.
timbermaniac123 wrote: ↑24 Dec 2022, 21:34
Tapi kasian juga si om yang narik grab car kalau ga bisa pertalite. kalau saya si mendukung banget mobil ev dapet subsidi, asal mobil ev bisa dibawah 200 juta, apalagi nyentuh 150 juta (walaupun sekecil air ev), bolehlah dibeli. Sebulan dipake kerja irit 1.5 juta aja, 8 tahun pake batre bermasalah, mau jadi rongsokan pun, ya anggap sudah balik modal. Pake aja sampe rusak, lalu jual kampakan.
gak juga om yang kena bayar kan konsumen
masa mau apa2x di subsidi gak mandiri banget saya sendiri juga bukan orang yang mapan sanggup2x aja sih ngempanin tuh 2 ekor di rumah satu dex satu turbo ya jarang di pake aja, gak sanggup pake hari2x ya naek public transport aja ipar saya aja pake mobil ampir 400jt aja tiap hari juga kerja naek busway malah mertua saya ojekin dia sampe halte, padahal itu mobil juga dia beli sendiri
sama aja buang2x duit nambah masalah di masa depan pemerintah gali lobang kubur sendiri, gak liat di eropa sama amerika sampe ancur gitu masih aja di push gila2xan gak ngerti mikirnya gimana
kalo saya bilang ud pada desperate awalnya mikir tinggal colok ini lebih bersih gak ada fumes akhirnya pada invest gila2xan eh tau2x peminatnya dikit, masalahnya banyak apalagi ke grid ditambah kena winter range drop parah, kena towing drop tinggal 20% makin kesini makin keliatan gak sustainablenya ya lagian batre mau diandelin
saya dulu liat LCGC aja kesel kok program jualan mobil kaleng malah nabah2xin mobil kaleng jelek fokus nyari cuan aja di jalan, gak ada gunanya subsidi sektor konsumtif kek gitu, saya dulu liat display cutnya ayla aja jijik gila nih mobil kaleng sampe ke tulang2xnya bener2x mobil murahan nyari cuan doank
ini mau nambahain mobil macem air ev di jalan masih jarang ketemu jadi gak berasa toxicnya ntar ud banyak jd toxic kayak bajaj, sekarang ud enak bajaj jarang keliatan eh ini malah mau ganti mobil model gituan
kadang yang naek mobil gituan suka kagak tau diri ud tau gak nyaman buat lari kenceng eh dia jadi lane hogger di kanan, sama aja tuh sama yang pake karimun suka kek gitu dia lari 80kmh kan ud gak nyaman akhirnya pelan2x tapi pelannya di kanan
untung mobil kecil2x proposi model tiang kek gitu di jalan dikit
lagian katanya tinggal 12 taon lagi ud mau kiamat ini video ud 3thn artinya tinggal 9thn lagi
Bulgogi wrote: ↑24 Dec 2022, 07:58
Pake nuklir paling realistis, kaya pesawat jelajah tata surya..
Sekali built, mungkin pesawat bisa beroperasi selama 2 tahun tanpa isi bahan bakar.. tinggal mikirin safety aja.. 200 penumpang duduk dalam radius 100 meter dari reaktor
Bulgogi wrote: ↑24 Dec 2022, 07:58
Pake nuklir paling realistis, kaya pesawat jelajah tata surya..
Sekali built, mungkin pesawat bisa beroperasi selama 2 tahun tanpa isi bahan bakar.. tinggal mikirin safety aja.. 200 penumpang duduk dalam radius 100 meter dari reaktor
ilhami wrote: ↑28 Dec 2022, 00:33
rasanya tidak ada yang mau naik pesawat bertenaga nuklir.
6000 orang mau2x aja tuh naek kapal nuklir apa bedanya sama pesawat
justru yang ngeri pesawat batre propeler, yang mesin propeler turboprop aja penumpang ditimbang sebarang2xnya gimana yang batre terus baternya berat tapi tenaga yang dihasilkan gak sembanding itu pesawat mau kayak apa jadinya itu yang saya kasih diatas aja cuma bisa terbang 2 jem
ilhami wrote: ↑28 Dec 2022, 00:33
rasanya tidak ada yang mau naik pesawat bertenaga nuklir.
6000 orang mau2x aja tuh naek kapal nuklir apa bedanya sama pesawat
justru yang ngeri pesawat batre propeler, yang mesin propeler turboprop aja penumpang ditimbang sebarang2xnya gimana yang batre terus baternya berat tapi tenaga yang dihasilkan gak sembanding itu pesawat mau kayak apa jadinya itu yang saya kasih diatas aja cuma bisa terbang 2 jem
nunggu batre ajaib dulu mendingan
yahhh mereka yg ada di kapal selem atau kapal induk,
sudah dilantik untuk bela negara / sacrifice nyawa
dan namanya kapal militer spt itu, safetynya udah pasti above commmercial standard
ujung2nya klo untuk kebutuhan komersil balik ke:
- efisiensi
- kepentingan bisnis
- WHY factor
Suryaputra wrote: ↑28 Dec 2022, 08:57
yahhh mereka yg ada di kapal selem atau kapal induk,
sudah dilantik untuk bela negara / sacrifice nyawa
dan namanya kapal militer spt itu, safetynya udah pasti above commmercial standard
ujung2nya klo untuk kebutuhan komersil balik ke:
- efisiensi
- kepentingan bisnis
- WHY factor
gak pernah tau om pesawat nuklir kek gimana kalo menurut saya karena reaktornya gak kecil ujung2xnya gak bakalan jadi pesawat malah jadi airship ya kalo dah airship jatohnya gak ada landing pake runway yang ada vertical take off
nah kalo maenannya ud vertical takeoff bisa landing dimana aja jd harusnya lebih safe ya karena kondisi darurat pun kapal bisa mendarat dimana2x
kalo masih pake model kek sekarang menurut saya gak mungkin juga jadi nuklir karena terlalu kecil
kalo mitsu conceptnya dia bikin reaktor kek batre AA jd itu reaktor di taro di tabung gede yang kuat abis itu bisa di pake sampe 20thn tanpa di bongkar konon katanya bagusnya di tanem di bawah tanah
Last edited by b0ku on 28 Dec 2022, 09:12, edited 1 time in total.
Suryaputra wrote: ↑28 Dec 2022, 08:57
yahhh mereka yg ada di kapal selem atau kapal induk,
sudah dilantik untuk bela negara / sacrifice nyawa
dan namanya kapal militer spt itu, safetynya udah pasti above commmercial standard
ujung2nya klo untuk kebutuhan komersil balik ke:
- efisiensi
- kepentingan bisnis
- WHY factor
gak pernah tau om pesawat nuklir kek gimana kalo menurut saya karena reaktornya gak kecil ujung2xnya gak bakalan jadi pesawat malah jadi airship ya kalo dah aiship jatohnya gak ada landing pake runway yang ada vertical take off
nah kalo maenannya ud vertical takeoff bisa landing dimana aja jd harusnya lebih safe ya karena kondisi darurat pun kapal bisa mendarat dimana2x
kalo masih pake model kek sekarang menurut saya gak mungkin juga jadi nuklir karena terlalu kecil
kebanyakan nonton avengers
ya klo ada pihak yg mendorong untuk bikin nuclear-powered airship, possible aja in the near future akan ada.
krn teknologi itu berkembang bukan scr otomatis, tapi krn ada pihak yg mendorong dan memaksa untuk membuat suatu inovasi
Suryaputra wrote: ↑28 Dec 2022, 09:11
kebanyakan nonton avengers
ya klo ada pihak yg mendorong untuk bikin nuclear-powered airship, possible aja in the near future akan ada.
krn teknologi itu berkembang bukan scr otomatis, tapi krn ada pihak yg mendorong dan memaksa untuk membuat suatu inovasi
yang paling masuk diakal dan aman ya emang design kayak gitu om itupun menurut saya cuma bisa pake propeler terbang keatasnya biarpun nanti dorong majunya pake plasma jet
kalo bisa model pesawat gedenya mungkin bisa segede autonov deh ya balik lagi gimana mereka bisa bikin plasma thruster seefisien mungkin
kecuali ud ada mesin listrik yang bisa ngelawan gravistasi ntar jatohnya kayak gini kapalnya
Jakarta - Polisi menegaskan tidak ada tilang maupun larangan bagi pemotor yang menggunakan sandal jepit saat berkendara. Anjuran tidak memakai sandal...