[NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: FRD, y_anjasrana, artoodetoo, b8099ok, F 272, ginting

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
User avatar
chaprizone
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: 15 Feb 2016, 09:18
Location: Jawa Timur - Nusa Tenggara Timur

Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!

Post by chaprizone »

mr_mytplx wrote: ↑28 Jan 2021, 18:15
Sama om, saya jg merasa ada udang di balik batu dari artikel ini. Lagian narasumbernya sekjend gaikindo.

Coba kl misalnya untuk menaikkan jumlah rasio kepemilikan mobil pemerintah memutuskan untuk mensubsidi mobkas di bawah 100jt kan ttp aja protes dia. :big_biglaugh: :big_biglaugh:
ini yg ada dipikiran saya juga pas ada wacana pengurangan pajak mobil baru :big_grin:
:big_okay:
yanuarra
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1036
Joined: 28 Dec 2019, 16:55
Location: Jakarta

Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!

Post by yanuarra »

Andaru wrote: ↑28 Jan 2021, 19:11 Tapi kira2 jika ditotal banyak mana ya
99/1000 tapi jumlah penduduk keseluruhannya 270jt
Sedangkan Malaysia 490/1000 tapi jumlah penduduknya 32jt
Atau Thailand 240/1000 & jumlah penduduknya 77jt, terlepas hal memang produksi di Thailand lebih banyak karna mungkin untuk kebutuhan ekspor juga
Dari faktor pengalinya aja udah keliatan om yg mana yg paling banyak populasi kendaraannya :upss:
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: 30 Oct 2011, 21:37

Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!

Post by pradit_d »

Yg ane pikirin:
- sebagian org yg punya mobil emang punya mobil lebih dr 1. Jadi klo dianggap jumlah kendaraan terdaftar dibagi jumlah penduduk ya mgkn dpt angka itu. Tapi klo dihitungbdr jumlah org yg punya mobil terhadap total penduduk mgkn lbh kecil lagi angkanya
- kenapa dihitung dgn rasio jumlah mobil terhadap penduduk? Kenapa bukan jumlah mobil terhadap jumlah keluarga, karena bisa jd 1 keluarga udah ada mobil n merasa ga perlu nambah lagi
- dgn kondisi angka itu aja rasanya kemacetan n kesemrawutan mobil di jalan berasa bgt, blm lagi ketersediaan lahan parkir, menyedihkan
- gmn komparasinya dgn singapore? Kan disana mobil mahal bgt tuh. Penasaran jg sih negara lain kyk filipin, vietnam, dsb
:big_peace:
Andaru
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: 08 Apr 2020, 07:37
Location: Jember
Daily Vehicle: Honda Scoopy

Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!

Post by Andaru »

yanuarra wrote: ↑28 Jan 2021, 19:33
Dari faktor pengalinya aja udah keliatan om yg mana yg paling banyak populasi kendaraannya :upss:
Maka dari itu om menurut saya seharusnya Indonesia masih jadi pertimbangan untuk investasi industri otomotif karna meskipun rasionya kecil tapi jumlah keseluruhannya besar πŸ˜„
Last edited by Andaru on 28 Jan 2021, 20:56, edited 1 time in total.
albertusac
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: 27 Feb 2018, 05:50
Daily Vehicle: RU1

Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!

Post by albertusac »

pradit_d wrote: ↑28 Jan 2021, 20:36 Yg ane pikirin:
- sebagian org yg punya mobil emang punya mobil lebih dr 1. Jadi klo dianggap jumlah kendaraan terdaftar dibagi jumlah penduduk ya mgkn dpt angka itu. Tapi klo dihitungbdr jumlah org yg punya mobil terhadap total penduduk mgkn lbh kecil lagi angkanya
- kenapa dihitung dgn rasio jumlah mobil terhadap penduduk? Kenapa bukan jumlah mobil terhadap jumlah keluarga, karena bisa jd 1 keluarga udah ada mobil n merasa ga perlu nambah lagi
- dgn kondisi angka itu aja rasanya kemacetan n kesemrawutan mobil di jalan berasa bgt, blm lagi ketersediaan lahan parkir, menyedihkan
- gmn komparasinya dgn singapore? Kan disana mobil mahal bgt tuh. Penasaran jg sih negara lain kyk filipin, vietnam, dsb
gimana ya om, ngmg jelek aja deh ga tau faktanya gimana, di Indo masih buanyak banget rumah yg scr lebar jalannya ga muat dimasukin mobil, dalam artian infrastruktur ga mendukung, mau gimana pake mobil coba meskipun harganya masuk di kantong mereka?

ya sejauh ini emang datanya vehicles per capita om, udah anggepannya mobil itu barang pribadi lah satu orang punya satu
racho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 366
Joined: 29 Dec 2012, 05:59
Location: CID +6221
Daily Vehicle: Kawa EX650E

Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!

Post by racho »

albertusac wrote: ↑28 Jan 2021, 20:47 ya sejauh ini emang datanya vehicles per capita om, udah anggepannya mobil itu barang pribadi lah satu orang punya satu
nah ini keywordnya... per capita.
kalo ngomongin mobil (=harta) ya korelasikan aja dengan pendapatan (income per capita) yang "cuma segitunya". meski masi potensial, jangan terlalu ngarep ngorek cuan dari market indo lah. apalagi pabrikan lokal kebanyakan bikin mobil jelata yang rasanya mirip2. yang punya duit males lah mau nambah. yang ga punya duit ya mending motoran ato taxol daripada ngeridit. apalagi covid gini, gak ada yang butuh mobil buat gegayaan dateng kawinan.

mending kasi fasilitas/policy apa kek buat mancing pabrikan bikin mobil berkualitas, ato paling bener ya kasi insentif pabrik mobil listrik, biar makin mudah garap filipin n aussie yg incomenya lumayan tapi bukan negara produsen.
The Government wants Power! They rob it from our engines.

Kawasaki EX650E '12 | Mitsubishi NA4W '08 | Subaru DBA-YA5 '09
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3015
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!

Post by kunaskun »

data kaya gini kan namanya saja data. gaikindo ya "pedege" ya berhak si klaim kaya gitu. sama ya yg jualan kopi, org indo itu kurang ngopi padahal banyak produksi kopi, masa kalah dari swedia yang nomor satu dunia per kapital. padahal bisa jadi org sono doyan ngopi karena bosen ngebir buat bikin badan anget.
fl4b1e
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: 27 Dec 2015, 22:18

Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!

Post by fl4b1e »

OOT dan lagi iseng..

iat di mbah google: data bps 2018, dari total 267.7an juta jiwa(2018 ya.. kalau 2020 dah 270 juta), total kendaraan bermotor adalah 146.8 juta unit, sementara 120.1 juta unitnya motor.. Mobil penumpang 16.4 juta saja (3.5 juta unit mobil penumpang di jakarta, sementara total penduduk jakarta 10.5 juta di 2018).. jadi stat berita tersebut rada beda ya.. bps masih 6.1%, kalau di berita tadi 9.9%..

kalau dianggap berita tadi 2020, berarti 16.4 juta tambah 2 juta saja tetep ga match dengan 9.9%x 270 juta jiwa yang sebesar 26.7 juta unit mobil.. dan kedua kalau patokannya jakarta ya rasionya beda jauh sama rata2 di 33% (3.5 jt bagi 10.5 juta..)

ya sudahlah.. biasa masalah data di Indo..

Jadi keinget 1.5 tahun yang lalu sempet jalan ke Penang, negeri seberang. Saya perhatikan ya kok dalam 1 rumah mobilnya ada 2 atau 3 ya.. tanya ke guide, total populasi berapa, 1.7 juta. Terus saya tanya lagi populasi mobil? Dijawab lah bahwa 2010 saja dah 2 juta mobil. Pas baca thread ini jadi ketawa sendiri Wwkwkwkwk..

Yah jadi liat berita begini sih ya lebih baik dianggap potensi jualan sajalah, bukan stat yang critical tuk didebat dan dipikrkan.. Kalau menurut saya sih, stat yg lebih penting liat stat gimana menghadapi golden age Indonesia 2030 ke depan. Itu era dimana kaum produktif indonesia menjadi tertinggi di sejarah kita.

Alhasil, buat saya pribadi stat seperti: tingkat pendidikan, nutrisi, persebaran infrastruktur jalan, total panjang jalan, total panjang rel KA, biaya logistik, persebaran telekomunikasi, listrik, dan kecepatan jaringan internet harusnya lebih penting sih.. :)

Setelah mikirin statistik, liat putri saya yang hampir berusia 3 tahun tapi gak bisa masuk prenursery school yang beneran hadir jadi sedih (usia ssegini kan harus main sama temen sebayanya);

Kebayang ponakan saya yang jadi males2an tuk belajar padahal dah kelas 3 sma, kebayang mahasiswa yang bingung masa depannya bagaimana, atau mungkin potensi membludaknya siswa putus sekolah... jadi ya, bahaya lost generation dah di depan mata yang mana berakibat buruk tuk golden age 2030...

lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1308
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!

Post by lemonadelovers »

Pajak yg berbenturan dgn vehicles per capita : pajak progresif 1 KK yg kerja 2 org suami istri butuh mobil 2 krna arah jalannya beda kena pajak lebih mahal, ini pajak atas objek atau atas subyek?

Klo atas objek knp mobil jenis sama tp mobil kedua pajaknya beda, tp klo atas subyek knp atas mobil sama nama pemiliknya beda pajaknya beda

Klo alasannya mengurangi macet, ga pernah ada kajian pasca aturan pajak progresif

Akhirnya sampe sekarang saya msh belum nemu filosofisnya..
albertusac
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: 27 Feb 2018, 05:50
Daily Vehicle: RU1

Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!

Post by albertusac »

racho wrote: ↑28 Jan 2021, 21:44
albertusac wrote: ↑28 Jan 2021, 20:47 ya sejauh ini emang datanya vehicles per capita om, udah anggepannya mobil itu barang pribadi lah satu orang punya satu
nah ini keywordnya... per capita.
kalo ngomongin mobil (=harta) ya korelasikan aja dengan pendapatan (income per capita) yang "cuma segitunya". meski masi potensial, jangan terlalu ngarep ngorek cuan dari market indo lah. apalagi pabrikan lokal kebanyakan bikin mobil jelata yang rasanya mirip2. yang punya duit males lah mau nambah. yang ga punya duit ya mending motoran ato taxol daripada ngeridit. apalagi covid gini, gak ada yang butuh mobil buat gegayaan dateng kawinan.

mending kasi fasilitas/policy apa kek buat mancing pabrikan bikin mobil berkualitas, ato paling bener ya kasi insentif pabrik mobil listrik, biar makin mudah garap filipin n aussie yg incomenya lumayan tapi bukan negara produsen.
apalagi kalo liat data gaikindo, wholesales 2020, walau ga tau real retail salesnya gimana, ngeliat data penjualan cuma <400.000 unit itu kadang2 wajar ngeliat ATPM sunat sini sunat sana, kalo ngeliat US (ya gak apple to apple emg), penjualan keseluruhan atpm di Indo aja ga sampe penjualannya Ford F series, blm mobil2 yg lain :big_biglaugh:
MaddMaxx
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: 08 Dec 2019, 12:50
Location: In the middle of nowhere
Daily Vehicle: Yamaha 2DP

Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!

Post by MaddMaxx »

ChZ wrote: ↑28 Jan 2021, 15:37
saya setuju klo buat mitigasi hal ini kita butuh relaksasi pajak... tapi buat semua sektor industri... di sini apa-apa pajak aturannya serba membingungkan. orang pengusaha kerja jujur yah lebih pusing ngurusin pajaknya drpd ngitungin cuan penghasilan.

yang ngga perlu dipajakin malah dipajakin, yang perlu dipajakin malah dibiarin :big_bored:

wang pajaknya kemana? mboh, dudu urusanmu. pokoknya ya kewajiban elu harus bayar.
setuju om. sistem pajak kita emg harus direform biar lebih adil dan merata (orang2nya jg perlu direform biar gak dikorup mulu buat proyekan). kalo sy liat ya, orang2 yang dekat dengan pemangku kebijakan itu bisa dengan gampang ngemplang pajak. ane punya denger pol*s* kalo punya kendaraan gak pernah bayar pajak tapi stnk n plat nomor bisa idup terus. apalagi perusahaan2 tuh, banyak jg kan yg sebenere pada manipulasi lapkeu buat ngemplang pajak :big_peace:
2013 Toyota 1TR-FE V AT
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10702
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!

Post by ChZ »

MaddMaxx wrote: ↑29 Jan 2021, 07:52
setuju om. sistem pajak kita emg harus direform biar lebih adil dan merata (orang2nya jg perlu direform biar gak dikorup mulu buat proyekan). kalo sy liat ya, orang2 yang dekat dengan pemangku kebijakan itu bisa dengan gampang ngemplang pajak. ane punya denger pol*s* kalo punya kendaraan gak pernah bayar pajak tapi stnk n plat nomor bisa idup terus. apalagi perusahaan2 tuh, banyak jg kan yg sebenere pada manipulasi lapkeu buat ngemplang pajak :big_peace:
kalau sy sekarang lihatnya korupsi itu bukan krn orangnya. tp ya memang sistemik aja... yang lucunya selalu "celah" nya selalu terbuka lebar.

yah ngga ada habisnya bahas korup di negeri kita tercinta ini. mau diterjang arusnya terlalu deras.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
roadmap
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: 04 Nov 2018, 11:34
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda

Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!

Post by roadmap »

Ada yg bilang korupsi itu pelumas pembangunan. Hehehee...

Tapi masalahnya pelumasnya kebanyakan, kalau nilai kertas dan nilai hasil jadinya beda 40% kan eek.. itu selisih lari kemana2 mengalir sampai jauh.

Apalagi skrg korupsi itu mudah itungannya sekian rupiah dr sekian unit. Gak pusing2 lagi itung income hasil korupsi.

Kalau sudah jadi kebiasaan, melakukan korupsi itu jadi gak merasa salah lagi (kebal) krn praktek umum. Pejabat gak takut lagi, kalau ketangkep ya dianggap aja lagi apes. Mirip2 nyetir mobil gak bawa SIM, kalau pas ada razia kena tilang ya apes. Bisa damai lanjut lagi, gak bisa damai ya masuk bui.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10702
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!

Post by ChZ »

roadmap wrote: ↑29 Jan 2021, 09:56 Ada yg bilang korupsi itu pelumas pembangunan. Hehehee...

Tapi masalahnya pelumasnya kebanyakan, kalau nilai kertas dan nilai hasil jadinya beda 40% kan eek.. itu selisih lari kemana2 mengalir sampai jauh.

Apalagi skrg korupsi itu mudah itungannya sekian rupiah dr sekian unit. Gak pusing2 lagi itung income hasil korupsi.

Kalau sudah jadi kebiasaan, melakukan korupsi itu jadi gak merasa salah lagi (kebal) krn praktek umum. Pejabat gak takut lagi, kalau ketangkep ya dianggap aja lagi apes. Mirip2 nyetir mobil gak bawa SIM, kalau pas ada razia kena tilang ya apes. Bisa damai lanjut lagi, gak bisa damai ya masuk bui.
ya itu pertanyaan yang sama : duidnya kemane aje ? kesenjangan masih tinggi, fasilitas publik hanya bangun baru terus tapi tidak dirawat berkala, ngaspal jalan yang diaspal jalan mulus gak kenapa-napa sementara jalan yang bolong-bolong dibiarin...

kalo gak bayar pajak kendaraan aja ngejernya ke ujung bumi niat banget... :big_bored:

bener, setiap ada pejabat korup ketangkep selalu koq bawa-bawa nama di sekitarnya yang diduga dapet jatah juga... artinya ya memang lagi apes aja makanya kena ciduk. doi ngga terima dong, yang ditangkep kok saya doank, tuh temen temen saya juga ngelakuin periksa dong :big_grin:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 947
Joined: 24 May 2008, 18:07

Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!

Post by abrof »

roadmap wrote: ↑29 Jan 2021, 09:56 Ada yg bilang korupsi itu pelumas pembangunan. Hehehee...

Tapi masalahnya pelumasnya kebanyakan, kalau nilai kertas dan nilai hasil jadinya beda 40% kan eek.. itu selisih lari kemana2 mengalir sampai jauh.

Apalagi skrg korupsi itu mudah itungannya sekian rupiah dr sekian unit. Gak pusing2 lagi itung income hasil korupsi.

Kalau sudah jadi kebiasaan, melakukan korupsi itu jadi gak merasa salah lagi (kebal) krn praktek umum. Pejabat gak takut lagi, kalau ketangkep ya dianggap aja lagi apes. Mirip2 nyetir mobil gak bawa SIM, kalau pas ada razia kena tilang ya apes. Bisa damai lanjut lagi, gak bisa damai ya masuk bui.
Klo ingat ini ingat sepupu, gara2 kantor dia nanganin suatu kasus korupsi, yang ujung2nya aliran uang merembet dan kena ke salah satu pejabat publik yang jadi media darling dan sumber liputan di Indonesia (dari parpol paling besar). Laporan dan Berita Acara Pemeriksaan akhirnya dibatalkan, eh masih kurang lagi dia dan tim beserta tim penyelidik dan penyidik semua kena mutasi ke propinsi ujung di Indonesia Timur. Mereka bukan cuman kebal hukum, tapi bisa menghukum juga, klo diusik atau tidak sengaja terusik...
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 580
Joined: 27 Sep 2016, 15:34

Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!

Post by bensinsolar »

ChZ wrote: ↑28 Jan 2021, 15:14
bensinsolar wrote: ↑28 Jan 2021, 15:11 Ya karena incomenya lbh rendah dibanding negara2 tsb & karena pajak yg tinggi jd makin timpang. Income lbh kecil, harga mobil lbh mahal.
Penjualan mobil OZ yg bwt saya amazed, penduduk cm 18jt, penjualan per year >1.1jt pdhl harga mobil sana ga murah2 amat cm income top 5 in the world sih
mobil bahkan di bbrp negara itu bkn barang mewah. sesuatu yang everyone can afford. ditambah makin mudah dengan sistem lease.

kelas "buruh" di amrik atau oz mungkin bawaannya mobil yang menurut kita "mewah" di sini, camry misalnya :big_biglaugh:

chevrolet corvette aja dibilang blue collar (= buruh) hero... lah bused blue collar aja naiknya sebangsa corvette. di sini mandor aja blom tentu pake motor nopekgo sese...

Ya begitulah. Homestay saya waktu SMA punya Nissan Patrol, kalo ketinggalan bus saya numpang mobil dia ke sekolah. Dia tanya, kalau di jkt (ortu) nyetir apa? Nissan Terrano. Dia mkgn bingung koq yg bayar saya mobilnya lebih jelek :mky_07:
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 580
Joined: 27 Sep 2016, 15:34

Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!

Post by bensinsolar »

albertusac wrote: ↑28 Jan 2021, 15:16
bensinsolar wrote: ↑28 Jan 2021, 15:11 Ya karena incomenya lbh rendah dibanding negara2 tsb & karena pajak yg tinggi jd makin timpang. Income lbh kecil, harga mobil lbh mahal.
Penjualan mobil OZ yg bwt saya amazed, penduduk cm 20jt, penjualan per year >1.1jt pdhl harga mobil sana ga murah2 amat cm income top 5 in the world sih
soak dikit jadi besi tua kali yah? daripada ngebenerin murahan beli baru kali :big_think:
Kalau tinggal daerah suburb, mobilnya taro pinggir jalan dengan tulisan for sale: $500-800 :mky_01:
albertusac
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: 27 Feb 2018, 05:50
Daily Vehicle: RU1

Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!

Post by albertusac »

bensinsolar wrote: ↑29 Jan 2021, 10:28
albertusac wrote: ↑28 Jan 2021, 15:16
bensinsolar wrote: ↑28 Jan 2021, 15:11 Ya karena incomenya lbh rendah dibanding negara2 tsb & karena pajak yg tinggi jd makin timpang. Income lbh kecil, harga mobil lbh mahal.
Penjualan mobil OZ yg bwt saya amazed, penduduk cm 20jt, penjualan per year >1.1jt pdhl harga mobil sana ga murah2 amat cm income top 5 in the world sih
soak dikit jadi besi tua kali yah? daripada ngebenerin murahan beli baru kali :big_think:
Kalau tinggal daerah suburb, mobilnya taro pinggir jalan dengan tulisan for sale: $500-800 :mky_01:
mantap2 :big_exellent:
pantesan di luar banyak yg eksperimen sama sekali ga berperikemobilan, jalan 100 dimasukin R paksa lah, jalan 100 dimasukin gigi 1, dst dst
yanuarra
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1036
Joined: 28 Dec 2019, 16:55
Location: Jakarta

Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!

Post by yanuarra »

roadmap wrote: ↑29 Jan 2021, 09:56 Ada yg bilang korupsi itu pelumas pembangunan. Hehehee...

Tapi masalahnya pelumasnya kebanyakan, kalau nilai kertas dan nilai hasil jadinya beda 40% kan eek.. itu selisih lari kemana2 mengalir sampai jauh.

Apalagi skrg korupsi itu mudah itungannya sekian rupiah dr sekian unit. Gak pusing2 lagi itung income hasil korupsi.

Kalau sudah jadi kebiasaan, melakukan korupsi itu jadi gak merasa salah lagi (kebal) krn praktek umum. Pejabat gak takut lagi, kalau ketangkep ya dianggap aja lagi apes. Mirip2 nyetir mobil gak bawa SIM, kalau pas ada razia kena tilang ya apes. Bisa damai lanjut lagi, gak bisa damai ya masuk bui.
Yup ane agaknya setuju KKN itu pelumas pembangunan.. :big_biglaugh:

Tp disini itu terlalu over..

Ane tau sendiri lah itu, kebetulan ane berkecimpung di dunia auditing. Kebetulan jg ane pernah terlibat audit umum PT yg bangun tol trans sumatera :big_grin: ngeri :big_grin:

Tol jorr juga ane tau ceritanya sewaktu hak konsesi pemegang sblmnya habis..krn ane pernah terlibat audit umum disitu :big_grin:

Bahkan ane dpt info dari mantan auditor pemerintah (karena nggk kuat akhirnya beliau milih dipecat dgn tidak hormat :big_biglaugh: ). Infonya yg ane dpt itu sebenernya biaya untuk bangun sebuah proyek infrastruktur, katakanlah jalan tol, itu hanya sekitar 25% dari ARB yg udah di set. Ngeri nggk tuh :big_biglaugh: Selisih sebanyak itu kmn? :big_biglaugh:

Belum lagi cerita dari rekan, yg ketua tim-nya mencium bangke ketika ngaudit sektor pemerintahan. Endingnya? ybs ditemukan tewas bersimbah darah di kmr hotel. Ngeriii bet :mky_01:
MaddMaxx
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: 08 Dec 2019, 12:50
Location: In the middle of nowhere
Daily Vehicle: Yamaha 2DP

Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!

Post by MaddMaxx »

fl4b1e wrote: ↑29 Jan 2021, 00:01 OOT dan lagi iseng..

iat di mbah google: data bps 2018, dari total 267.7an juta jiwa(2018 ya.. kalau 2020 dah 270 juta), total kendaraan bermotor adalah 146.8 juta unit, sementara 120.1 juta unitnya motor.. Mobil penumpang 16.4 juta saja (3.5 juta unit mobil penumpang di jakarta, sementara total penduduk jakarta 10.5 juta di 2018).. jadi stat berita tersebut rada beda ya.. bps masih 6.1%, kalau di berita tadi 9.9%..

kalau dianggap berita tadi 2020, berarti 16.4 juta tambah 2 juta saja tetep ga match dengan 9.9%x 270 juta jiwa yang sebesar 26.7 juta unit mobil.. dan kedua kalau patokannya jakarta ya rasionya beda jauh sama rata2 di 33% (3.5 jt bagi 10.5 juta..)

ya sudahlah.. biasa masalah data di Indo..

Jadi keinget 1.5 tahun yang lalu sempet jalan ke Penang, negeri seberang. Saya perhatikan ya kok dalam 1 rumah mobilnya ada 2 atau 3 ya.. tanya ke guide, total populasi berapa, 1.7 juta. Terus saya tanya lagi populasi mobil? Dijawab lah bahwa 2010 saja dah 2 juta mobil. Pas baca thread ini jadi ketawa sendiri Wwkwkwkwk..

Yah jadi liat berita begini sih ya lebih baik dianggap potensi jualan sajalah, bukan stat yang critical tuk didebat dan dipikrkan.. Kalau menurut saya sih, stat yg lebih penting liat stat gimana menghadapi golden age Indonesia 2030 ke depan. Itu era dimana kaum produktif indonesia menjadi tertinggi di sejarah kita.

Alhasil, buat saya pribadi stat seperti: tingkat pendidikan, nutrisi, persebaran infrastruktur jalan, total panjang jalan, total panjang rel KA, biaya logistik, persebaran telekomunikasi, listrik, dan kecepatan jaringan internet harusnya lebih penting sih.. :)

Setelah mikirin statistik, liat putri saya yang hampir berusia 3 tahun tapi gak bisa masuk prenursery school yang beneran hadir jadi sedih (usia ssegini kan harus main sama temen sebayanya);

Kebayang ponakan saya yang jadi males2an tuk belajar padahal dah kelas 3 sma, kebayang mahasiswa yang bingung masa depannya bagaimana, atau mungkin potensi membludaknya siswa putus sekolah... jadi ya, bahaya lost generation dah di depan mata yang mana berakibat buruk tuk golden age 2030...
ini sih, jangan sampe anak cucu kita masa depannya surem karena mismanagement yg ditinggalkan kita-kita ini generasi sebelumnya :big_bored:
2013 Toyota 1TR-FE V AT
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10702
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!

Post by ChZ »

fl4b1e wrote: ↑29 Jan 2021, 00:01
Yah jadi liat berita begini sih ya lebih baik dianggap potensi jualan sajalah, bukan stat yang critical tuk didebat dan dipikrkan.. Kalau menurut saya sih, stat yg lebih penting liat stat gimana menghadapi golden age Indonesia 2030 ke depan. Itu era dimana kaum produktif indonesia menjadi tertinggi di sejarah kita.
jadi ingat dulu om NR pernah bilang kalau market indo ga pernah dianggap penting.

skrg ada statistik ini makin menjelaskan apa maksud om NR...
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
MaddMaxx
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: 08 Dec 2019, 12:50
Location: In the middle of nowhere
Daily Vehicle: Yamaha 2DP

Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!

Post by MaddMaxx »

fyi om memang sepertinya korup itu budaya mayoritas dunia. korsel keliatannya sama merahnya kaya indo, tapi entah kenapa korsel leading di segala hal (kecuali jumlah penduduk) dibanding indo walopun merdekanya cuma beda 2 hari sama indo :big_think:
Attachments
statista corrupt.jpeg
statista corrupt.jpeg (135.06 KiB) Viewed 153 times
2013 Toyota 1TR-FE V AT
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
FR6
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 231
Joined: 26 Jul 2017, 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!

Post by FR6 »

fl4b1e wrote: ↑29 Jan 2021, 00:01 OOT dan lagi iseng..

iat di mbah google: data bps 2018, dari total 267.7an juta jiwa(2018 ya.. kalau 2020 dah 270 juta), total kendaraan bermotor adalah 146.8 juta unit, sementara 120.1 juta unitnya motor.. Mobil penumpang 16.4 juta saja (3.5 juta unit mobil penumpang di jakarta, sementara total penduduk jakarta 10.5 juta di 2018).. jadi stat berita tersebut rada beda ya.. bps masih 6.1%, kalau di berita tadi 9.9%..

kalau dianggap berita tadi 2020, berarti 16.4 juta tambah 2 juta saja tetep ga match dengan 9.9%x 270 juta jiwa yang sebesar 26.7 juta unit mobil.. dan kedua kalau patokannya jakarta ya rasionya beda jauh sama rata2 di 33% (3.5 jt bagi 10.5 juta..)

ya sudahlah.. biasa masalah data di Indo..

Jadi keinget 1.5 tahun yang lalu sempet jalan ke Penang, negeri seberang. Saya perhatikan ya kok dalam 1 rumah mobilnya ada 2 atau 3 ya.. tanya ke guide, total populasi berapa, 1.7 juta. Terus saya tanya lagi populasi mobil? Dijawab lah bahwa 2010 saja dah 2 juta mobil. Pas baca thread ini jadi ketawa sendiri Wwkwkwkwk..

Yah jadi liat berita begini sih ya lebih baik dianggap potensi jualan sajalah, bukan stat yang critical tuk didebat dan dipikrkan.. Kalau menurut saya sih, stat yg lebih penting liat stat gimana menghadapi golden age Indonesia 2030 ke depan. Itu era dimana kaum produktif indonesia menjadi tertinggi di sejarah kita.

Alhasil, buat saya pribadi stat seperti: tingkat pendidikan, nutrisi, persebaran infrastruktur jalan, total panjang jalan, total panjang rel KA, biaya logistik, persebaran telekomunikasi, listrik, dan kecepatan jaringan internet harusnya lebih penting sih.. :)

Setelah mikirin statistik, liat putri saya yang hampir berusia 3 tahun tapi gak bisa masuk prenursery school yang beneran hadir jadi sedih (usia ssegini kan harus main sama temen sebayanya);

Kebayang ponakan saya yang jadi males2an tuk belajar padahal dah kelas 3 sma, kebayang mahasiswa yang bingung masa depannya bagaimana, atau mungkin potensi membludaknya siswa putus sekolah... jadi ya, bahaya lost generation dah di depan mata yang mana berakibat buruk tuk golden age 2030...
Couldn't agree anymore yg saya bold Om..
OOT: Ada saudara saya, anaknya udh 1 thn lebih tapi blm bisa jalan & kecil bgt. lebih kecil dari anak saya yg wkt itu 8 bulan.
Saya langsung mikir, pemenuhan nutrisi anak di Indonesia itu sangat buruk, 1 dari 3 anak stunting.
Kalau udh stunting, nanti larinya kemampuan otaknya gak sebagus anak yg cukup nutrisi.
Kalau kemampuan otaknya gak bagus, sekolahnya gak bagus..
kalau sekolahnya gak bagus, nanti waktu dewasa bisa jadi kemampuan untuk kerja/usaha juga gak bagus.
ujung2nya malah ke jurang kemiskinan. Sedih juga kalau dipikir2, masa depan bangsa itu :big_sorry: :big_sorry:
lamatlancah
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 534
Joined: 14 Sep 2016, 18:20
Daily Vehicle: 4Runner TRD Pro

Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!

Post by lamatlancah »

FR6 wrote: ↑01 Feb 2021, 19:12 Couldn't agree anymore yg saya bold Om..
OOT: Ada saudara saya, anaknya udh 1 thn lebih tapi blm bisa jalan & kecil bgt. lebih kecil dari anak saya yg wkt itu 8 bulan.
Saya langsung mikir, pemenuhan nutrisi anak di Indonesia itu sangat buruk, 1 dari 3 anak stunting.
Kalau udh stunting, nanti larinya kemampuan otaknya gak sebagus anak yg cukup nutrisi.
Kalau kemampuan otaknya gak bagus, sekolahnya gak bagus..
kalau sekolahnya gak bagus, nanti waktu dewasa bisa jadi kemampuan untuk kerja/usaha juga gak bagus.
ujung2nya malah ke jurang kemiskinan. Sedih juga kalau dipikir2, masa depan bangsa itu :big_sorry: :big_sorry:
saya punya bbrp pegawai yang kerja dengan sistem upah borongan.
penghasilan rata2 mereka tiap minggu sktr 600-750rb.

mereka lebih suka beli rokok dan kopi instan supermanis daripada makan siang.
andaipun beli makan siang, itupun hanya mie instan dan nasi sepiring, kadang ditambah lauk tahu/tempe.

saya pernah tanya teman, mereka pun cerita pegawainya juga seperti begitu gaya hidupnya.

sekarang gimana mau ngomongin masa depan bangsa ini, kalau life style nya saja seperti begitu.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1826
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: [NEWS] Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia 2020 cuma 99 Unit per 1.000 Penduduk, kalah jauh dari negara tetangga!!

Post by ilhami »

seharusnya pakai rasio panjang jalan vs jumlah kendaraan
Post Reply