Pabrik Nissan Indonesia tutup

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: FRD, y_anjasrana, artoodetoo, b8099ok, F 272, ginting

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10702
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup

Post by ChZ »

evanbngdor wrote: 02 Jun 2020, 09:15
Memang teori halo effect dari Thorndike itu benar adanya dan sangat mempengaruhi image di awal, dalam semua hal pasti begitu. Cuma image itu bisa berubah seiring waktu kalo yang bersangkutan melakukan hal-hal ubahan dalam hal positif/ke arah lebih baik.

Sayangnya dalam hal nissan&datsun ini, terlalu lama mereka membuat sebuah improvement di produknya. Alhasil yg tadinya halo effect nya itu normal, akhirnya jadi image permanen. Udah susah diubah.

Beda hal nya dengan toyota&daihatsu, apalagi kalo ngeliat perjalanan Avanza dr awal launching sampai facelift pertama. Itu ada beberapa improvement2 kecil&silent recall yang mungkin tidak disadari sama pengguna kecuali dari toyota nya sendiri yg menginfokan. Contohnya, tanpa ada publikasi, tau2 di tahun kedua penjualannya itu semua tipe avanza udah dilengkapi mud guard.
This is because your positive thoughts about Dave’s looks influence how you think of him in other positive terms. These include leadership and intelligence. You subconsciously form these opinions despite the fact you really don’t know if Dave would actually be a good team leader at all.

You’ve heard that first impressions count. The above example illustrates how the halo effect can work. It’s a psychology term that describes an error in reasoning based on one single trait you know of another person or thing.

This can work positively or negatively in another person’s favor, and it can apply to multiple situations. In a nutshell, a person’s perceived negative or positive trait creates a “halo” of an overall impression of that same person.

https://www.healthline.com/health/halo-effect#history
nahh klo soal batu makam halo effect nya malah di sisi sebaliknya om. dl first impressionnya bagus bgt, mobilnya murah, naikannya nyaman. Xtrail di awal punya imej lebih empuk dan kenceng dibanding siarpi, lipina punya imej mewah dan nyaman banget kaya sedan dibanding apanja.

orang yg baru beli batu makam pasti kena efek ini... nyaris semua pengguna batumakam di skitar ane beli lipina atau xtrel juga karena males ama apanja dan ciarpi.

nah tp seiring waktu first impression ini mulai brubah... dr batu makam yang dicinta karena nyaman dan nikmat naiknya ga kek roller coaster macem apanja... jadi batu makam yang dijauhi atau dibenci sama skali krn setelah 5 taon bon tagihan bengkelnya mulai ga manusiawi.

blom d tambah kalo ada kejadian musti gebrak gebrak meja SA...

giliran improve, terlanjur kapok dl... impresi-impresi positif dari newer batch batu makam user yg lebih reliabel uda ga mempan.

akhirnya beralih ke merek lain... atau balik-baliknya ya merek itu lagi itu lagi.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup

Post by evanbngdor »

ChZ wrote: 02 Jun 2020, 11:50
nahh klo soal batu makam halo effect nya malah di sisi sebaliknya om. dl first impressionnya bagus bgt, mobilnya murah, naikannya nyaman. Xtrail di awal punya imej lebih empuk dan kenceng dibanding siarpi, lipina punya imej mewah dan nyaman banget kaya sedan dibanding apanja.

orang yg baru beli batu makam pasti kena efek ini... nyaris semua pengguna batumakam di skitar ane beli lipina atau xtrel juga karena males ama apanja dan ciarpi.

nah tp seiring waktu first impression ini mulai brubah... dr batu makam yang dicinta karena nyaman dan nikmat naiknya ga kek roller coaster macem apanja... jadi batu makam yang dijauhi atau dibenci sama skali krn setelah 5 taon bon tagihan bengkelnya mulai ga manusiawi.

blom d tambah kalo ada kejadian musti gebrak gebrak meja SA...

giliran improve, terlanjur kapok dl... impresi-impresi positif dari newer batch batu makam user yg lebih reliabel uda ga mempan.

akhirnya beralih ke merek lain... atau balik-baliknya ya merek itu lagi itu lagi.
Setuju, itu lah namanya halo effect, dan ngga sedikit orang yg jadi nafsu karena persepsi yang terbentuk itu. Terbukti dengan adanya banyak orang yg ganti/beli mobil livina di tahun 2008-2010. Tahun segitu termasuk sering banget ketemu livina di jalan. Hampir selalu ngeliat livina sih dimana-mana. Meskipun ngga sebanyak duo kaleng legendaris daitoyo pada zaman nya itu.

Xtrail juga termasuk fenomenal, banjir fitur dan termasuk maskulin desainnya waktu awal-awal muncul. Desain dashboard simpel tapi banyak fitur, salah satu yg paling menarik itu fitur pendingin minuman kaleng nya
:mky_03:

Mungkin bisa disurvei nih berapa banyak pengguna batu makam yang ganti mobil ke merek itu lg, rasanya sih ngga banyak. Sodara saya aja berpaling semua.
Grand Livina 2012 --> HRV 2017
Xtrail Autech 2009 --> CRV Prestige 2016
Grand Livina 2011 --> Nambah Xpander 2020 (mau dijual livina nya sayang, cuma dihargain <60jt sama dealer, dan ngga mau beli livina baru karena brand nya)
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 20711
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup

Post by DOHC »

ChZ wrote: 02 Jun 2020, 11:50
evanbngdor wrote: 02 Jun 2020, 09:15
nahh klo soal batu makam halo effect nya malah di sisi sebaliknya om. dl first impressionnya bagus bgt, mobilnya murah, naikannya nyaman. Xtrail di awal punya imej lebih empuk dan kenceng dibanding siarpi, lipina punya imej mewah dan nyaman banget kaya sedan dibanding apanja.

orang yg baru beli batu makam pasti kena efek ini... nyaris semua pengguna batumakam di skitar ane beli lipina atau xtrel juga karena males ama apanja dan ciarpi.

nah tp seiring waktu first impression ini mulai brubah... dr batu makam yang dicinta karena nyaman dan nikmat naiknya ga kek roller coaster macem apanja... jadi batu makam yang dijauhi atau dibenci sama skali krn setelah 5 taon bon tagihan bengkelnya mulai ga manusiawi.

blom d tambah kalo ada kejadian musti gebrak gebrak meja SA...

giliran improve, terlanjur kapok dl... impresi-impresi positif dari newer batch batu makam user yg lebih reliabel uda ga mempan.

akhirnya beralih ke merek lain... atau balik-baliknya ya merek itu lagi itu lagi.
Anu mods

Saya dulu waktu masi punya lipindut, ad apanja jg sharing kamar tiap ari ama si lipindut

2 2 nya pun dijual d waktu yg bersamaan

Btw saya stuju, terlepas ampas nya kualitas OGL awal, utk bantingan, OGL itu juara d kelas low MPV d masa itu, bahkan saya ingat waktu itu dibanding duo apanja senia, ertelu.. cman ogl yg minim getaran pas idle, nyaris ga berasa
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup

Post by evanbngdor »

DOHC wrote: 02 Jun 2020, 16:52
ChZ wrote: 02 Jun 2020, 11:50
evanbngdor wrote: 02 Jun 2020, 09:15
nahh klo soal batu makam halo effect nya malah di sisi sebaliknya om. dl first impressionnya bagus bgt, mobilnya murah, naikannya nyaman. Xtrail di awal punya imej lebih empuk dan kenceng dibanding siarpi, lipina punya imej mewah dan nyaman banget kaya sedan dibanding apanja.

orang yg baru beli batu makam pasti kena efek ini... nyaris semua pengguna batumakam di skitar ane beli lipina atau xtrel juga karena males ama apanja dan ciarpi.

nah tp seiring waktu first impression ini mulai brubah... dr batu makam yang dicinta karena nyaman dan nikmat naiknya ga kek roller coaster macem apanja... jadi batu makam yang dijauhi atau dibenci sama skali krn setelah 5 taon bon tagihan bengkelnya mulai ga manusiawi.

blom d tambah kalo ada kejadian musti gebrak gebrak meja SA...

giliran improve, terlanjur kapok dl... impresi-impresi positif dari newer batch batu makam user yg lebih reliabel uda ga mempan.

akhirnya beralih ke merek lain... atau balik-baliknya ya merek itu lagi itu lagi.
Anu mods

Saya dulu waktu masi punya lipindut, ad apanja jg sharing kamar tiap ari ama si lipindut

2 2 nya pun dijual d waktu yg bersamaan

Btw saya stuju, terlepas ampas nya kualitas OGL awal, utk bantingan, OGL itu juara d kelas low MPV d masa itu, bahkan saya ingat waktu itu dibanding duo apanja senia, ertelu.. cman ogl yg minim getaran pas idle, nyaris ga berasa
Ertelu mah 2012 baru ada Om. Tahun 2007-2008 MPV 1500cc opsi nya cuma Avanza tipe S sama Grand Livina. Dan Grand livina lumayan 'merampas' calon konsumen avanza tipe S pada saat itu. Yg dikeluhkan cuma row ke 3 yg sempit di Grand Livina. Tp overall masih banyak nilai plus nya Grand Livina dibanding Avanza tipe S.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 20711
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup

Post by DOHC »

evanbngdor wrote: 02 Jun 2020, 17:04
DOHC wrote: 02 Jun 2020, 16:52
ChZ wrote: 02 Jun 2020, 11:50

nahh klo soal batu makam halo effect nya malah di sisi sebaliknya om. dl first impressionnya bagus bgt, mobilnya murah, naikannya nyaman. Xtrail di awal punya imej lebih empuk dan kenceng dibanding siarpi, lipina punya imej mewah dan nyaman banget kaya sedan dibanding apanja.

orang yg baru beli batu makam pasti kena efek ini... nyaris semua pengguna batumakam di skitar ane beli lipina atau xtrel juga karena males ama apanja dan ciarpi.

nah tp seiring waktu first impression ini mulai brubah... dr batu makam yang dicinta karena nyaman dan nikmat naiknya ga kek roller coaster macem apanja... jadi batu makam yang dijauhi atau dibenci sama skali krn setelah 5 taon bon tagihan bengkelnya mulai ga manusiawi.

blom d tambah kalo ada kejadian musti gebrak gebrak meja SA...

giliran improve, terlanjur kapok dl... impresi-impresi positif dari newer batch batu makam user yg lebih reliabel uda ga mempan.

akhirnya beralih ke merek lain... atau balik-baliknya ya merek itu lagi itu lagi.
Anu mods

Saya dulu waktu masi punya lipindut, ad apanja jg sharing kamar tiap ari ama si lipindut

2 2 nya pun dijual d waktu yg bersamaan

Btw saya stuju, terlepas ampas nya kualitas OGL awal, utk bantingan, OGL itu juara d kelas low MPV d masa itu, bahkan saya ingat waktu itu dibanding duo apanja senia, ertelu.. cman ogl yg minim getaran pas idle, nyaris ga berasa
Ertelu mah 2012 baru ada Om. Tahun 2007-2008 MPV 1500cc opsi nya cuma Avanza tipe S sama Grand Livina. Dan Grand livina lumayan 'merampas' calon konsumen avanza tipe S pada saat itu. Yg dikeluhkan cuma row ke 3 yg sempit di Grand Livina. Tp overall masih banyak nilai plus nya Grand Livina dibanding Avanza tipe S.
Iya, maksud saya, itu lmpv yg perna saya pribadi perna bandingin langsung om

Btw, sdikit oot, apanja yg skrg saya rasa ud not bad loh, kl sekelas lipina kayanya ud selevel
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup

Post by evanbngdor »

DOHC wrote: 02 Jun 2020, 17:10
evanbngdor wrote: 02 Jun 2020, 17:04
DOHC wrote: 02 Jun 2020, 16:52

Anu mods

Saya dulu waktu masi punya lipindut, ad apanja jg sharing kamar tiap ari ama si lipindut

2 2 nya pun dijual d waktu yg bersamaan

Btw saya stuju, terlepas ampas nya kualitas OGL awal, utk bantingan, OGL itu juara d kelas low MPV d masa itu, bahkan saya ingat waktu itu dibanding duo apanja senia, ertelu.. cman ogl yg minim getaran pas idle, nyaris ga berasa
Ertelu mah 2012 baru ada Om. Tahun 2007-2008 MPV 1500cc opsi nya cuma Avanza tipe S sama Grand Livina. Dan Grand livina lumayan 'merampas' calon konsumen avanza tipe S pada saat itu. Yg dikeluhkan cuma row ke 3 yg sempit di Grand Livina. Tp overall masih banyak nilai plus nya Grand Livina dibanding Avanza tipe S.
Iya, maksud saya, itu lmpv yg perna saya pribadi perna bandingin langsung om

Btw, sdikit oot, apanja yg skrg saya rasa ud not bad loh, kl sekelas lipina kayanya ud selevel
Veloz terbaru sih dr segi fitur udah cukup advanced ya. Cuma karena basic nya masih sama kayak avanza di tahun 2011, jd urusan akomodasi masih sama-sama aja yg menurut saya kurang leluasa dibanding rival-rival nya saat ini. Cuma emang compact sih itu mobil. Orang baru belajar mobil aja pasti gak susah buat mengasah feeling kalo nyetir avanza/veloz

OOT juga nih, Grand livina kalo bisa dibikin 2 row aja sih yakin bakal lega&nyaman tuh, cuma sayangnya lebarnya ngga masuk karena ada lekukan spakbor. Kalo Livina baru/xpander dibikin 2 row sih ajib banget. dudukan jok tengan+rel nya dipindah sampe maksimal ke belakang mentok lekukan spakbor, terus jok belakang dilepas. Pernah liat ada yg modif gini di salah satu tempat bekleding
:big_love:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3015
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup

Post by kunaskun »

AR93 wrote: 01 Jun 2020, 20:00 Saya rasa walaupun punya persen saham yg lumayan di NMI (dulu 25 persenan skrg 19,9), Indomobil gak bisa berbuat banyak soal produk karena itu tergantung pada prinsipal, R&D juga gak ada di Indonesia, misalnya mereka mau bikin facelift sendiri mentok2 cuma tuker velg sama ganti cat di gril, atau pasang bodykit dan head unit gajelas. Pengen jual produk baru harus dengan persetujuan prinsipal karena secara region juga ada pembagian produk segala macem, wajar akhirnya NMI rugi terus dan indomobil cuma berani pasang 19,9 persen biar kerugian NMI ga mempengaruhi laporan keuangan indomobil, belum lagi dealer yg menyerah jualan Nissan seperti MPM milik sandiaga uno.

Sama kayak Suzuki, Indomobil cuma pegang saham seuprit jadi ya cuman nurut sama prinsipal, jadi Indomobil cenderung gak bisa disalahkan, tapi memang kalo bahas VW-Audi, Renault sebelum dipegang Maxindo dan Kia sekarang Indomobil pegang full control terhadap strategi produk
ah i see. tapi bukannya sebelum Indomobil lepas saham segitu banyak, sempat mayoritas? makanya saya asumsikan: Seandainya ga dibawah Indomobil? CMIIW.
evanbngdor wrote: 02 Jun 2020, 17:29 Veloz terbaru sih dr segi fitur udah cukup advanced ya. Cuma karena basic nya masih sama kayak avanza di tahun 2011, jd urusan akomodasi masih sama-sama aja yg menurut saya kurang leluasa dibanding rival-rival nya saat ini. Cuma emang compact sih itu mobil. Orang baru belajar mobil aja pasti gak susah buat mengasah feeling kalo nyetir avanza/veloz
DaiToyo mah jagonya baca market. Tau market mau fitur, dikasilah FL pake fitur2, langsung kicep tu netijen maha benar. lihat saja respon LCGC junior awal tahun ini, ga ada kan berita "sumbang" malah dipuji2 karena kasih fitur2. seperti biasa inilah jagonya DaiToyo, mereka yang shape the market, lead the market :big_biglaugh:

driving impression dsb? forget it. sama kaya duo kaleng. mau diapain juga ga bakalan enak, lah karena dari awal diciptakan ga dipikirin gituan. :big_biglaugh:

sebenernya the best LMPV itu sekarang dipegang Ertiga menurut saya, murmer dinaikin lumayan fitur juga adalah, hanya ga tau kenapa liat XL7 jadi macem alay gitu. lama2 dilihat kok jadi bagusan Xpander Cross. terkesan lebih proper. cingkrangnya si sama. cuma kalau beli Ertiga biasa akan sedikit repot kalau butuh dijual lagi, karena seperti biasa market Indo rada unik, selalu top trim yang RV tertinggi juga cepet jual.
OOT juga nih, Grand livina kalo bisa dibikin 2 row aja sih yakin bakal lega&nyaman tuh, cuma sayangnya lebarnya ngga masuk karena ada lekukan spakbor. Kalo Livina baru/xpander dibikin 2 row sih ajib banget. dudukan jok tengan+rel nya dipindah sampe maksimal ke belakang mentok lekukan spakbor, terus jok belakang dilepas. Pernah liat ada yg modif gini di salah satu tempat bekleding
:big_love:
Livina XR dan Livina X-Gear? :big_childish:
auto ga laku :mky_03:

tapi memang pernah cobain itu livina XR, itu bagasi emang jadi gede banget :big_biglaugh:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3015
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup

Post by kunaskun »

DOHC wrote: 02 Jun 2020, 17:10 Iya, maksud saya, itu lmpv yg perna saya pribadi perna bandingin langsung om

Btw, sdikit oot, apanja yg skrg saya rasa ud not bad loh, kl sekelas lipina kayanya ud selevel
kalau ga nyetir, duduk di baris kedua si not bad. tapi kalau di depan apalagi driver seat :big_think:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup

Post by evanbngdor »

kunaskun wrote: 02 Jun 2020, 19:23
Livina XR dan Livina X-Gear? :big_childish:
auto ga laku :mky_03:

tapi memang pernah cobain itu livina XR, itu bagasi emang jadi gede banget :big_biglaugh:
Sebenernya Livina XR sama X-gear ngga ada yg salah dr segi desain nya sih. Itu dimensi cukup compact, bagasi lega dan lantainya rendah, jd bisa masukin barang yg tinggi macem taneman gitu.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3015
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup

Post by kunaskun »

evanbngdor wrote: 02 Jun 2020, 19:36 Sebenernya Livina XR sama X-gear ngga ada yg salah dr segi desain nya sih. Itu dimensi cukup compact, bagasi lega dan lantainya rendah, jd bisa masukin barang yg tinggi macem taneman gitu.
karena aslinya kan memang 5 seater? CMIIW. di Indonesia dibikin jadi LWB agar jadi 7 seater.
dimensi sedikit lebih besar dari hatchback 1.5 di zamannya, sekarang si setara yaris lele atau suzuki crossover.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup

Post by evanbngdor »

kunaskun wrote: 02 Jun 2020, 19:46
evanbngdor wrote: 02 Jun 2020, 19:36 Sebenernya Livina XR sama X-gear ngga ada yg salah dr segi desain nya sih. Itu dimensi cukup compact, bagasi lega dan lantainya rendah, jd bisa masukin barang yg tinggi macem taneman gitu.
karena aslinya kan memang 5 seater? CMIIW. di Indonesia dibikin jadi LWB agar jadi 7 seater.
dimensi sedikit lebih besar dari hatchback 1.5 di zamannya, sekarang si setara yaris lele atau suzuki crossover.
Betul, tp karena yaris lele itu panjang di hidung dan lebih pipih bagian kabin nya, otomatis kelegaan interior kalah sama Livina pendek ini.

Banyak lah yg dibikin jd LWB demi 7 seater. Livina, Rush/terios/taruna. Malah jadi makin OOT nih
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 20711
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup

Post by DOHC »

kunaskun wrote: 02 Jun 2020, 19:26
DOHC wrote: 02 Jun 2020, 17:10 Iya, maksud saya, itu lmpv yg perna saya pribadi perna bandingin langsung om

Btw, sdikit oot, apanja yg skrg saya rasa ud not bad loh, kl sekelas lipina kayanya ud selevel
kalau ga nyetir, duduk di baris kedua si not bad. tapi kalau di depan apalagi driver seat :big_think:
Surprisingly, yg gen skrg bahkan driver seat nya jauhhh lebi manusiawi ketimbang apanja gen 1 saya dl om.. overall seh kl dbandingin apanja gen 1 saya dl, ini apanja skrg ud jauhh lebi refine dan dewasa.. bantingan ud ga gebrak2 lg, kursi ckup empuk, cuman yah handling aj masi kalah ama lipindut, even dgn OGL
kunaskun wrote: 02 Jun 2020, 19:46
evanbngdor wrote: 02 Jun 2020, 19:36 Sebenernya Livina XR sama X-gear ngga ada yg salah dr segi desain nya sih. Itu dimensi cukup compact, bagasi lega dan lantainya rendah, jd bisa masukin barang yg tinggi macem taneman gitu.
karena aslinya kan memang 5 seater? CMIIW. di Indonesia dibikin jadi LWB agar jadi 7 seater.
dimensi sedikit lebih besar dari hatchback 1.5 di zamannya, sekarang si setara yaris lele atau suzuki crossover.
Lipindut 5 seater mmg bagasi lega tp kursi row 2 nya ga bsa d sliding atau pun full flat bed, jadi yah akomodasi nya rada kurang aj, coba dipakein magic seat kaya jazz, dijamin juara tuh

Tp lipindut 5 seater seh juara utk tarikan nya dbanding yg 7 seater

Sayang, ga laku varian ini
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
erwinign
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2490
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup

Post by erwinign »

DOHC wrote: 02 Jun 2020, 23:21
kunaskun wrote: 02 Jun 2020, 19:26
DOHC wrote: 02 Jun 2020, 17:10 Iya, maksud saya, itu lmpv yg perna saya pribadi perna bandingin langsung om

Btw, sdikit oot, apanja yg skrg saya rasa ud not bad loh, kl sekelas lipina kayanya ud selevel
kalau ga nyetir, duduk di baris kedua si not bad. tapi kalau di depan apalagi driver seat :big_think:
Surprisingly, yg gen skrg bahkan driver seat nya jauhhh lebi manusiawi ketimbang apanja gen 1 saya dl om.. overall seh kl dbandingin apanja gen 1 saya dl, ini apanja skrg ud jauhh lebi refine dan dewasa.. bantingan ud ga gebrak2 lg, kursi ckup empuk, cuman yah handling aj masi kalah ama lipindut, even dgn OGL
kunaskun wrote: 02 Jun 2020, 19:46
evanbngdor wrote: 02 Jun 2020, 19:36 Sebenernya Livina XR sama X-gear ngga ada yg salah dr segi desain nya sih. Itu dimensi cukup compact, bagasi lega dan lantainya rendah, jd bisa masukin barang yg tinggi macem taneman gitu.
karena aslinya kan memang 5 seater? CMIIW. di Indonesia dibikin jadi LWB agar jadi 7 seater.
dimensi sedikit lebih besar dari hatchback 1.5 di zamannya, sekarang si setara yaris lele atau suzuki crossover.
Lipindut 5 seater mmg bagasi lega tp kursi row 2 nya ga bsa d sliding atau pun full flat bed, jadi yah akomodasi nya rada kurang aj, coba dipakein magic seat kaya jazz, dijamin juara tuh

Tp lipindut 5 seater seh juara utk tarikan nya dbanding yg 7 seater

Sayang, ga laku varian ini
Salah satu mobil yg pernah saya pake yg endless money pit ya OGL hr15 ini om :big_biglaugh: inden 6 bulan di 2007. Memang wkt itu pakenya jorok, yg pd akhirnya ngerepotin di thn pakai 4-5 (seminggu bs ke beres 3-4x, bibir tangki bengsin karatan, busi tiap 3 bulan ganti, tongkat trans MT tau2 patah, slang kopling berkali2 bocor krn air aki) abis itu ganti ertiga MT setahun, sekarang pake ertiga AT.

Mau gimanapun, OGL tetep mobil yg berkesan buat saya sih om naikannya. Jalan di tol 140 kmh aja santuy banget ini mobil. Batch pertama itu nissan royal banget kasih advantagenya, kaya HU clarion sama insulation yang juara banget (pernah dapet taxol OGL 2007 masih enak banget even jok high quality fabricnya masih utuh), di FL" berikutnya 2 hal yg saya sebutin itu ilang semua. Krn OGL ini saya jd salah satu pecinta MPV2an kaya ertiga, stream, grandis, wagon2.

Dulu jg sodara pake XR matic, unit awal2 (2008) rasanya kaya OGL dipendekin aja sama angin AC yg dikurangin dikit banget. Lega banget dalemnya, coba kalo ada config ultra seat kaya om bilang juara itu XR. Tarikan oke jg kaya om bilang.
Don't Judge The Book By It's Cover
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5228
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup

Post by kompresorz »

yah nisan tutup....

gimana nasib kijang gw dipinjam sodara gak ada kabar udah mau 3 bulan....

oli apa di ganti....apa sudah tabrak....

gara2 livina perbaikan belum beres.....

udah gw bilang beli toyota aja....


mo jual lagi krisis bokek berjamaah....



kt pengamat ciptah lesmono....


kaco kaco kaco....
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup

Post by evanbngdor »

DOHC wrote: 02 Jun 2020, 23:21 Surprisingly, yg gen skrg bahkan driver seat nya jauhhh lebi manusiawi ketimbang apanja gen 1 saya dl om.. overall seh kl dbandingin apanja gen 1 saya dl, ini apanja skrg ud jauhh lebi refine dan dewasa.. bantingan ud ga gebrak2 lg, kursi ckup empuk, cuman yah handling aj masi kalah ama lipindut, even dgn OGL

Lipindut 5 seater mmg bagasi lega tp kursi row 2 nya ga bsa d sliding atau pun full flat bed, jadi yah akomodasi nya rada kurang aj, coba dipakein magic seat kaya jazz, dijamin juara tuh

Tp lipindut 5 seater seh juara utk tarikan nya dbanding yg 7 seater

Sayang, ga laku varian ini
Lebih berbentuk sih dan side support nya lebih bagus. Cuma buat saya itu jok avanza masih kekecilan, paha aja sedikit offside, udah gitu headrest meskipun udah dinaikin mentok tetep aja ngga bisa sesuai dengan namanya 'head rest', masih seperti 'neck rest'
:mky_01:

Lipindut 5 seater kalo dipasang mesin yg 1800 seh wah mantep banget pasti. Pernah nyoba OGL yg 1800 manual itu di cipularang aja gesit banget. Ngasepin pajero&fortuner sih effortless
:mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 20711
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup

Post by DOHC »

erwinign wrote: 02 Jun 2020, 23:47 [quote=DOHC post_id=1120594 time=1591114886
Salah satu mobil yg pernah saya pake yg endless money pit ya OGL hr15 ini om :big_biglaugh: inden 6 bulan di 2007. Memang wkt itu pakenya jorok, yg pd akhirnya ngerepotin di thn pakai 4-5 (seminggu bs ke beres 3-4x, bibir tangki bengsin karatan, busi tiap 3 bulan ganti, tongkat trans MT tau2 patah, slang kopling berkali2 bocor krn air aki) abis itu ganti ertiga MT setahun, sekarang pake ertiga AT.

Mau gimanapun, OGL tetep mobil yg berkesan buat saya sih om naikannya. Jalan di tol 140 kmh aja santuy banget ini mobil. Batch pertama itu nissan royal banget kasih advantagenya, kaya HU clarion sama insulation yang juara banget (pernah dapet taxol OGL 2007 masih enak banget even jok high quality fabricnya masih utuh), di FL" berikutnya 2 hal yg saya sebutin itu ilang semua. Krn OGL ini saya jd salah satu pecinta MPV2an kaya ertiga, stream, grandis, wagon2.

Dulu jg sodara pake XR matic, unit awal2 (2008) rasanya kaya OGL dipendekin aja sama angin AC yg dikurangin dikit banget. Lega banget dalemnya, coba kalo ada config ultra seat kaya om bilang juara itu XR. Tarikan oke jg kaya om bilang.
[/quote]

Wah kl audio justru ogl itu dikasi yg ampas om, clarion nya itu bener2 basic asal bunyi doank, ganti speaker pasang sub pun yah cuman gt doank, beda jauh pake banget ama HU bawaan nya ipah atau apanja yg 2 din.. Ogl menang d peredam aj yg banyak d sana sini
evanbngdor wrote: 03 Jun 2020, 08:56
DOHC wrote: 02 Jun 2020, 23:21 Surprisingly, yg gen skrg bahkan driver seat nya jauhhh lebi manusiawi ketimbang apanja gen 1 saya dl om.. overall seh kl dbandingin apanja gen 1 saya dl, ini apanja skrg ud jauhh lebi refine dan dewasa.. bantingan ud ga gebrak2 lg, kursi ckup empuk, cuman yah handling aj masi kalah ama lipindut, even dgn OGL

Lipindut 5 seater mmg bagasi lega tp kursi row 2 nya ga bsa d sliding atau pun full flat bed, jadi yah akomodasi nya rada kurang aj, coba dipakein magic seat kaya jazz, dijamin juara tuh

Tp lipindut 5 seater seh juara utk tarikan nya dbanding yg 7 seater

Sayang, ga laku varian ini
Lebih berbentuk sih dan side support nya lebih bagus. Cuma buat saya itu jok avanza masih kekecilan, paha aja sedikit offside, udah gitu headrest meskipun udah dinaikin mentok tetep aja ngga bisa sesuai dengan namanya 'head rest', masih seperti 'neck rest'
:mky_01:

Lipindut 5 seater kalo dipasang mesin yg 1800 seh wah mantep banget pasti. Pernah nyoba OGL yg 1800 manual itu di cipularang aja gesit banget. Ngasepin pajero&fortuner sih effortless
:mky_03:
Lipindut gen awal itu menang d gear ratio nya yg alus2 om, makanya waktu gen awal OGl pd posting foto mentokin speedo smua, tp kl tanjakan yah rada kurang

Tp yg all rounder pas yah justru di lipindut 5 seater, tenaga pas, bantingan pas, dingin pas.. sayang, bentuk nya ga selera pasar yg dtuju, dan harga bukan yg paling murah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10702
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup

Post by ChZ »

evanbngdor wrote: 02 Jun 2020, 16:02
Mungkin bisa disurvei nih berapa banyak pengguna batu makam yang ganti mobil ke merek itu lg, rasanya sih ngga banyak. Sodara saya aja berpaling semua.
Grand Livina 2012 --> HRV 2017
Xtrail Autech 2009 --> CRV Prestige 2016
Grand Livina 2011 --> Nambah Xpander 2020 (mau dijual livina nya sayang, cuma dihargain <60jt sama dealer, dan ngga mau beli livina baru karena brand nya)
:mky_01:
ane

Xtrail 2009 --> Harrier 2011
Xtrail 2015 --> CRV 2018
Maret 2011 --> SX4 2011

:ngacir:
DOHC wrote: 02 Jun 2020, 23:21 Surprisingly, yg gen skrg bahkan driver seat nya jauhhh lebi manusiawi ketimbang apanja gen 1 saya dl om.. overall seh kl dbandingin apanja gen 1 saya dl, ini apanja skrg ud jauhh lebi refine dan dewasa.. bantingan ud ga gebrak2 lg, kursi ckup empuk, cuman yah handling aj masi kalah ama lipindut, even dgn OGL

wah iya, seatnya toyota skrg mahh jauh lebih manusiawi dibanding dl... kayak jok asal tempel. rata macem triplek, gak ada supportnya. luar kota pegel-pegel dah.
kunaskun wrote: 02 Jun 2020, 19:23
AR93 wrote: 01 Jun 2020, 20:00 Saya rasa walaupun punya persen saham yg lumayan di NMI (dulu 25 persenan skrg 19,9), Indomobil gak bisa berbuat banyak soal produk karena itu tergantung pada prinsipal, R&D juga gak ada di Indonesia, misalnya mereka mau bikin facelift sendiri mentok2 cuma tuker velg sama ganti cat di gril, atau pasang bodykit dan head unit gajelas. Pengen jual produk baru harus dengan persetujuan prinsipal karena secara region juga ada pembagian produk segala macem, wajar akhirnya NMI rugi terus dan indomobil cuma berani pasang 19,9 persen biar kerugian NMI ga mempengaruhi laporan keuangan indomobil, belum lagi dealer yg menyerah jualan Nissan seperti MPM milik sandiaga uno.

Sama kayak Suzuki, Indomobil cuma pegang saham seuprit jadi ya cuman nurut sama prinsipal, jadi Indomobil cenderung gak bisa disalahkan, tapi memang kalo bahas VW-Audi, Renault sebelum dipegang Maxindo dan Kia sekarang Indomobil pegang full control terhadap strategi produk
ah i see. tapi bukannya sebelum Indomobil lepas saham segitu banyak, sempat mayoritas? makanya saya asumsikan: Seandainya ga dibawah Indomobil? CMIIW.
sebenernya atpm itu ga terlalu ngaruh gak sih? mau sbagus apapun atpm nya khan pemegang keputusan tertinggi ada di executive board pusat.

dl ane juga narik benang merah suzuki nissan pny trend marketing sama, tp kembali lagi, suzuki survive, nissan kagak.

yg menarik ada satu pembeda signifikan di suzuki yg nissan ga punya : carry pikap itu market leader di segmen small pickup. yg passenger, kasih aja kayak india, problem solved. murmercrot, selera marketnya 11-12. gawsa terlalu ngincer jadi market leader. sementara nissan terlalu terobsesi buat gangguin pasar market leader...

inget mitsu passenger sblm era pajero pernah surut ? ntu mitsu khan bertahan dengan jualan L300 dan canter bertaun taun. isuzu, gurem di astra group, tp truck dan bus nya mahh jalan... traga elf baru keliaran dmn2.

kesimpulan : mau survive di market indo jgn main passenger, main aja pickup truk bus... TATA Motors aja masih survive.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3015
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup

Post by kunaskun »

DOHC wrote: 02 Jun 2020, 23:21 Surprisingly, yg gen skrg bahkan driver seat nya jauhhh lebi manusiawi ketimbang apanja gen 1 saya dl om.. overall seh kl dbandingin apanja gen 1 saya dl, ini apanja skrg ud jauhh lebi refine dan dewasa.. bantingan ud ga gebrak2 lg, kursi ckup empuk, cuman yah handling aj masi kalah ama lipindut, even dgn OGL
oh ya? saya belum pernah nyetir tapi duduk di baris pertama ya okelah, tapi tetap saja rasa duo kaleng :big_biglaugh:
ya soal driving experience livina memang beda sendiri, seperti halnya xpander sekarang, seperti satu atau dua kelas diatasnya.

Lipindut 5 seater mmg bagasi lega tp kursi row 2 nya ga bsa d sliding atau pun full flat bed, jadi yah akomodasi nya rada kurang aj, coba dipakein magic seat kaya jazz, dijamin juara tuh

Tp lipindut 5 seater seh juara utk tarikan nya dbanding yg 7 seater

Sayang, ga laku varian ini
kayanya hampir ga ada hatchback 2 baris bisa sliding baris kedua? paling cara lipet aja.
ya kalau sampe setara magic seat jazz itu si keren :big_peace:

penyakitnya mobil yg ada kembaran entah itu SWB atau dibikin crossover ala2 pasti ga laku :big_chicken:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3015
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup

Post by kunaskun »

ChZ wrote: 03 Jun 2020, 09:26 sebenernya atpm itu ga terlalu ngaruh gak sih? mau sbagus apapun atpm nya khan pemegang keputusan tertinggi ada di executive board pusat.

dl ane juga narik benang merah suzuki nissan pny trend marketing sama, tp kembali lagi, suzuki survive, nissan kagak.
no idea d, tapi selama ini pemikiran saya, hancurnya NMI selama ini ada pengaruh karena dibawah Indomobil, karena memang mirip banget cara jualannya.
yg menarik ada satu pembeda signifikan di suzuki yg nissan ga punya : carry pikap itu market leader di segmen small pickup. yg passenger, kasih aja kayak india, problem solved. murmercrot, selera marketnya 11-12. gawsa terlalu ngincer jadi market leader. sementara nissan terlalu terobsesi buat gangguin pasar market leader...

inget mitsu passenger sblm era pajero pernah surut ? ntu mitsu khan bertahan dengan jualan L300 dan canter bertaun taun. isuzu, gurem di astra group, tp truck dan bus nya mahh jalan... traga elf baru keliaran dmn2.

kesimpulan : mau survive di market indo jgn main passenger, main aja pickup truk bus... TATA Motors aja masih survive.
ya bisa jadi Nissan target tinggi karena baru bikin pabrik dulunya :big_bored:

HPM yang hebat ya, jualan passenger doang tapi tetep survive :big_exellent:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup

Post by evanbngdor »

ChZ wrote: 03 Jun 2020, 09:26
sebenernya atpm itu ga terlalu ngaruh gak sih? mau sbagus apapun atpm nya khan pemegang keputusan tertinggi ada di executive board pusat.

dl ane juga narik benang merah suzuki nissan pny trend marketing sama, tp kembali lagi, suzuki survive, nissan kagak.

yg menarik ada satu pembeda signifikan di suzuki yg nissan ga punya : carry pikap itu market leader di segmen small pickup. yg passenger, kasih aja kayak india, problem solved. murmercrot, selera marketnya 11-12. gawsa terlalu ngincer jadi market leader. sementara nissan terlalu terobsesi buat gangguin pasar market leader...

inget mitsu passenger sblm era pajero pernah surut ? ntu mitsu khan bertahan dengan jualan L300 dan canter bertaun taun. isuzu, gurem di astra group, tp truck dan bus nya mahh jalan... traga elf baru keliaran dmn2.

kesimpulan : mau survive di market indo jgn main passenger, main aja pickup truk bus... TATA Motors aja masih survive.
Nah setuju, suzuki lebih fokus jadi second tier nya pasar penjualan, dan konsisten dr dulu sampe skg itu sih yg bikin brand suzuki ini tetep eksis sampe skg.

Banyak brand-brand lain yg emang posisi nya sebagai second tier itu dan konsisten sampe skg, alhasil ya tetap eksis. Balik lg ke kesanggupan, kalo emang ngga sanggup untuk mengobrak-abrik di posisi puncak, jadilah second tier agar bisa lebih eksis&sustain
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10702
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup

Post by ChZ »

kunaskun wrote: 03 Jun 2020, 11:07 ya bisa jadi Nissan target tinggi karena baru bikin pabrik dulunya :big_bored:

HPM yang hebat ya, jualan passenger doang tapi tetep survive :big_exellent:
ane ngeliat sebenernya lord jonpis itu visioner dalam hal marketing, bisa ngerti kalo pasar crossover dan small hatchback bakal meledak, waktu taon 90an ga ad yang ngurus nih pasar. produk andalan mereka ya brio, jazz, CRV, HRV.

lah gimana bertaun taun gebukin corona corolla susah ga tumbang-tumbang... ampe skrg kan camry/accord dan civic/corolla skornya seri terus... hahahahha.

ketauan giliran jualan 7 seater malah abis digebukin semua. stream odyssey freed mobilio/brv. lebih cocok sama orang jepang mpv nya.
evanbngdor wrote: 03 Jun 2020, 11:10
Nah setuju, suzuki lebih fokus jadi second tier nya pasar penjualan, dan konsisten dr dulu sampe skg itu sih yg bikin brand suzuki ini tetep eksis sampe skg.

Banyak brand-brand lain yg emang posisi nya sebagai second tier itu dan konsisten sampe skg, alhasil ya tetap eksis. Balik lg ke kesanggupan, kalo emang ngga sanggup untuk mengobrak-abrik di posisi puncak, jadilah second tier agar bisa lebih eksis&sustain
intinya klo mau sekedar survive jangan gebuk market leader... wkwkwkkw... ini yang bikin susah brand baru buat sukses.

mass-market leader toyota/honda
light pickup market leader suzuki/daihatsu.
medium-heavy truck market leader mitsubishi/hino/isuzu.

sbnrnya kalau commercial lbh tepatnya mereka "dipaksa" eksis terus... aftersales dan spare parts harus terus ada. passenger ga terlalu bergantung ama ini.

mungkin ya prediksi ane, wuling yang punya amunisi buat gebuk-gebukan ama toyota... SGMW group ini ekspansinya ga maen-maen.

mazda will exist sebagai market leader di segmen middle-luxury. mewah tapi gak mahal.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: 03 May 2017, 16:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Contact:

Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup

Post by FU27 »

Klo soal top trim adalah varian dengan resale value terbaik, itu saya tidak selalu setuju sih. Di Indonesia, banyak juga middle trim yang populer

Avanza -> G
HRV -> E
Mobilio -> E
Kijang Kapsul -> LGX
Livina/GL -> XV

evanbngdor wrote: 03 Jun 2020, 11:10
ChZ wrote: 03 Jun 2020, 09:26
sebenernya atpm itu ga terlalu ngaruh gak sih? mau sbagus apapun atpm nya khan pemegang keputusan tertinggi ada di executive board pusat.

dl ane juga narik benang merah suzuki nissan pny trend marketing sama, tp kembali lagi, suzuki survive, nissan kagak.

yg menarik ada satu pembeda signifikan di suzuki yg nissan ga punya : carry pikap itu market leader di segmen small pickup. yg passenger, kasih aja kayak india, problem solved. murmercrot, selera marketnya 11-12. gawsa terlalu ngincer jadi market leader. sementara nissan terlalu terobsesi buat gangguin pasar market leader...

inget mitsu passenger sblm era pajero pernah surut ? ntu mitsu khan bertahan dengan jualan L300 dan canter bertaun taun. isuzu, gurem di astra group, tp truck dan bus nya mahh jalan... traga elf baru keliaran dmn2.

kesimpulan : mau survive di market indo jgn main passenger, main aja pickup truk bus... TATA Motors aja masih survive.
Nah setuju, suzuki lebih fokus jadi second tier nya pasar penjualan, dan konsisten dr dulu sampe skg itu sih yg bikin brand suzuki ini tetep eksis sampe skg.

Banyak brand-brand lain yg emang posisi nya sebagai second tier itu dan konsisten sampe skg, alhasil ya tetap eksis. Balik lg ke kesanggupan, kalo emang ngga sanggup untuk mengobrak-abrik di posisi puncak, jadilah second tier agar bisa lebih eksis&sustain
Suzuki itu biasanya ngasih sesuatu yang gak ada di merk lain. Makanya line up produknya aneh sendiri. Punya HB, kapasitasnya 1.4, padahal yang lain 1.5. LCGC nya yang lain bikin hatchback, dia bikin kotak kecil. Klo pikap kecil sih jangan ditanya deh, image nya udah kelewat kuat. Carry = irit, bandel, sasis kuat, rem lebih baik daripada cap D.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup

Post by evanbngdor »

ChZ wrote: 03 Jun 2020, 11:53
evanbngdor wrote: 03 Jun 2020, 11:10
Nah setuju, suzuki lebih fokus jadi second tier nya pasar penjualan, dan konsisten dr dulu sampe skg itu sih yg bikin brand suzuki ini tetep eksis sampe skg.

Banyak brand-brand lain yg emang posisi nya sebagai second tier itu dan konsisten sampe skg, alhasil ya tetap eksis. Balik lg ke kesanggupan, kalo emang ngga sanggup untuk mengobrak-abrik di posisi puncak, jadilah second tier agar bisa lebih eksis&sustain
intinya klo mau sekedar survive jangan gebuk market leader... wkwkwkkw... ini yang bikin susah brand baru buat sukses.

mass-market leader toyota/honda
light pickup market leader suzuki/daihatsu.
medium-heavy truck market leader mitsubishi/hino/isuzu.

sbnrnya kalau commercial lbh tepatnya mereka "dipaksa" eksis terus... aftersales dan spare parts harus terus ada. passenger ga terlalu bergantung ama ini.

mungkin ya prediksi ane, wuling yang punya amunisi buat gebuk-gebukan ama toyota... SGMW group ini ekspansinya ga maen-maen.

mazda will exist sebagai market leader di segmen middle-luxury. mewah tapi gak mahal.
SGMW mah strategi bisnisnya top deh. Gila-gilaan memang,ada salah satu trik yang seakan-akan bukan SGMW yg butuh vendor, tp vendor yang bergantung ke SGMW. Saya beberapa kali ngunjungin temen yg kerja di SGMW, dan sering banget dapet insight dari dia yg bikin baru ngeh ternyata unik&keren juga strateginya
:mky_01:

Terlepas dari sukses atau tidaknya penjualan sih tp secara proses bisnis, yg dilakukan SGMW group di Indo udah cukup baik. Cuma biasa masyarakat awam cuma ngeliat dr sisi aftersales dan produknya aja, tp di balik itu semua sih effortnya SGMW bikin saya salut deh
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup

Post by evanbngdor »

FU27 wrote: 03 Jun 2020, 12:01
Suzuki itu biasanya ngasih sesuatu yang gak ada di merk lain. Makanya line up produknya aneh sendiri. Punya HB, kapasitasnya 1.4, padahal yang lain 1.5. LCGC nya yang lain bikin hatchback, dia bikin kotak kecil. Klo pikap kecil sih jangan ditanya deh, image nya udah kelewat kuat. Carry = irit, bandel, sasis kuat, rem lebih baik daripada cap D.
Iya bener nih. Ada temen buka toko material bangunan, entah kenapa setia banget sama Carry. Kalo gak salah 1 atau 2 tahun lalu beli nya Carry lg.

Saya iseng nanya kenapa ngga GranMax, dia bilang sodaranya ada yg pake GranMax untuk di toko material juga itu lebih ringkih katanya, dan lebih mahal juga spare part nya. Udah gitu harga jual baru nya jg lebih mahal dibanding Carry.

Ya lumayan lah dapet insight kalo nanti mau buka toko material bangunan, beli Carry aja
:mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
erwinign
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2490
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Pabrik Nissan Indonesia tutup

Post by erwinign »

evanbngdor wrote: 03 Jun 2020, 12:12
FU27 wrote: 03 Jun 2020, 12:01
Suzuki itu biasanya ngasih sesuatu yang gak ada di merk lain. Makanya line up produknya aneh sendiri. Punya HB, kapasitasnya 1.4, padahal yang lain 1.5. LCGC nya yang lain bikin hatchback, dia bikin kotak kecil. Klo pikap kecil sih jangan ditanya deh, image nya udah kelewat kuat. Carry = irit, bandel, sasis kuat, rem lebih baik daripada cap D.
Iya bener nih. Ada temen buka toko material bangunan, entah kenapa setia banget sama Carry. Kalo gak salah 1 atau 2 tahun lalu beli nya Carry lg.

Saya iseng nanya kenapa ngga GranMax, dia bilang sodaranya ada yg pake GranMax untuk di toko material juga itu lebih ringkih katanya, dan lebih mahal juga spare part nya. Udah gitu harga jual baru nya jg lebih mahal dibanding Carry.

Ya lumayan lah dapet insight kalo nanti mau buka toko material bangunan, beli Carry aja
:mky_03:
Carry baru ini memang enak om, wkt itu tes duduk di GIIAS aja gile lebar dan lega banget kabinnya. Legroom itu kaya di-pol-in sampe mentok bemper depan, cuma bannya kecil banget. Cuma sebenernya yg agak sayang itu mega carry malah discontinue, padahal itu enak naikannya. Pernah naik punya sodara yg non PS (lbh stabil katanya kl di tol) itu mantep banget+ada headrest fix+seatbelt udah proper+ban gede buat ukuran pickup.

Kl bicara minibus buat niaga, baru granmax jawabannya.
Don't Judge The Book By It's Cover
Post Reply