Page 2 of 5

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Sun Sep 08, 2019 3:16
by casabalancas
Saya malah penasaran sama garuda 1 a.k.a foday landfort, kalau bener dijual 280 jutaan gimana reliability nya & fitur2nya, gak usah muluk bikin buat mobil dinas presiden lahh, untuk tahap awal buat mobil escort pejabat pengganti fortuner juga udah keren kok

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Sun Sep 08, 2019 5:42
by nimoo
Oot dikit, sebenernya mesin dan sasis mobil yg diskontinyu itu bisa dibeli blueprintnya ngga yaa ?
misal mesin k3ve terus sasis taruna nanti tinggal rombak eksteriornya

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Sun Sep 08, 2019 7:52
by Turboman
Kalo produsennya lihai bisa develop mobil spt Kijang kapsul, RWD - ladder frame

Pencetakan body panel bisa di out source baik lokal / luar (kalo belom punya mesin stamping)

Interior panel sourcing ke INOAC

mesin Diesel CRD beli dr produsen mesin di RRC / India




Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Sun Sep 08, 2019 9:05
by carl
nimoo wrote: Sun Sep 08, 2019 5:42 Oot dikit, sebenernya mesin dan sasis mobil yg diskontinyu itu bisa dibeli blueprintnya ngga yaa ?
misal mesin k3ve terus sasis taruna nanti tinggal rombak eksteriornya
Vinfast (Vietnam) sendiri pake basis F10 (5 series) buat sedannya dan F15 (x5) buat suvnya
Proton pake basis Accord 2008 buat Perdana

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Sun Sep 08, 2019 10:41
by Turboman
carl wrote:
nimoo wrote: Sun Sep 08, 2019 5:42 Oot dikit, sebenernya mesin dan sasis mobil yg diskontinyu itu bisa dibeli blueprintnya ngga yaa ?
misal mesin k3ve terus sasis taruna nanti tinggal rombak eksteriornya
Vinfast (Vietnam) sendiri pake basis F10 (5 series) buat sedannya dan F15 (x5) buat suvnya
Proton pake basis Accord 2008 buat Perdana
ya jangan bandingin si Es ama Vin.......gak apple 2 apple dr sisi kapital

Utk bidang bisnis di Indo yg investor kingkong masuk ya E Commerce / Payment gateway

coba tawarin Esemka kpd para investor Unicorn...,....kiira3 mrk minat nda ?

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Sun Sep 08, 2019 18:25
by gaspol
Kenapa pihak esemka pada ga mau ngaku kalo ini produk rebadge ya? Kalo pertanyaan itu muncul jawabannya ngalor ngidul

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Mon Sep 09, 2019 0:49
by ginting
gaspol wrote:Kenapa pihak esemka pada ga mau ngaku kalo ini produk rebadge ya? Kalo pertanyaan itu muncul jawabannya ngalor ngidul
Konon sih sy baca di internet kandungan lokal si Esemka itu sdh 60an persen.
bisa jd desain dari china, tp sourcing parts sdh Indo..
mungkin itu alasan mereka gak mau disebut rebadge (yg literally artinya ganti emblem doang)..

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Mon Sep 09, 2019 1:41
by maastricht889
Pas kemarin grand opening pabrik, kok ada XC90 baru dipajang yg armored by esemka itu buat apa ya? Padahal itu XC90 tuned by hoose buat aerokit nya, tapi ngga ada armored2nya samsek kl liat dr kaca nya

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Mon Sep 09, 2019 2:14
by casabalancas
Baru ngeh, ESEMKA ternyata belum punya website ya, ngubek2 malah ketemunya ini

https://kiatmotor.co.id/index.php?optio ... &Itemid=35

:big_bored:

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Mon Sep 09, 2019 2:24
by Turboman
ginting wrote:
gaspol wrote:Kenapa pihak esemka pada ga mau ngaku kalo ini produk rebadge ya? Kalo pertanyaan itu muncul jawabannya ngalor ngidul
Konon sih sy baca di internet kandungan lokal si Esemka itu sdh 60an persen.
bisa jd desain dari china, tp sourcing parts sdh Indo..
mungkin itu alasan mereka gak mau disebut rebadge (yg literally artinya ganti emblem doang)..
berita iklan dimakan mentah2 mbah ?

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Mon Sep 09, 2019 2:27
by ak4ng
casabalancas wrote: Mon Sep 09, 2019 2:14 Baru ngeh, ESEMKA ternyata belum punya website ya, ngubek2 malah ketemunya ini

https://kiatmotor.co.id/index.php?optio ... &Itemid=35

:big_bored:
Miris amat 2.0L cuma 105hp, innova aja 136hp ud terkenal lemot and boros aplg ini ya :big_childish:

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Mon Sep 09, 2019 2:38
by evanbngdor
Zaxis wrote: Sat Sep 07, 2019 14:35 Dilahirin salah,ga dilahirin juga salah
Susah emg senengin semua org

Uda paling pas yah jualan mobil komersial
Pembeli nya corporate biasa nya ga rewel yg penting murah & bisa jalan
Spare part ada persamaan dgn merk lain
Toh 5 taon juga dibuang,nilai buku uda 0

Jgn disamain org dagang,masi mikirin RV
Iya, kalo menyasarnya ke pengguna pribadi pasti banyak pertimbangan lain kayak resale value, belom beli mobil udah mikir kira2 ntar setelah 5 tahun bakal rugi berapa ya? Bakal laku berapa ya.

Cuma corporate skg jg udah mulai banyak yg ngga mau pelihara asset banyak2, lebih seneng sewa, cost nya lebih minim

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Mon Sep 09, 2019 3:23
by waterlo
changan esemka dijual max 40 juta aja udah. pasti laris kaya kacang goreng. habitnya nanti berubah jadi kaya hape cina, rusak - buang. 95jt sih berry berry overpriced, bisa dapet 3 pickup carry seken buat operasional toko.

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Mon Sep 09, 2019 3:33
by kunaskun
waterlo wrote: Mon Sep 09, 2019 3:23 changan esemka dijual max 40 juta aja udah. pasti laris kaya kacang goreng. habitnya nanti berubah jadi kaya hape cina, rusak - buang. 95jt sih berry berry overpriced, bisa dapet 3 pickup carry seken buat operasional toko.
dan biarpun bekas masih going strong sampe berapa tahun kedepan, dijual lagi aja masih ada yang mau, mayan tu mesin dipretelin... :mky_08:

terlalu tinggi harganya. harga sedikit diatas roda tiga bak udah pas.

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Mon Sep 09, 2019 3:42
by ChZ
kunaskun wrote: Sat Sep 07, 2019 6:27
ya esemka ini kalau kata pak presiden kemarin memang bukan mobnas, hanya merek lokal. dua hal berbeda. cuma esemka ini kan memang dari dulu sejak pak presiden jadi walikota digadang2 mobnas.

manapun mereknya untuk niaga komersil gini, ya akan sulit. kecuali jual harganya ga beda jauh dari roda tiga bak. harga segitu mendingan beli kijang doyok buat angkut pasir. ga sayang dan bisa dapet berapa biji. :mky_07: keur, plat nomor? bodong juga kalau kena tilang terus dikandangin pak pol juga uda ga rugi :mky_07:

4x4 sebenernya butuhnya untuk daerah terpencil banget. kebutuhannya ga sebanyak pickup kecil setara atau lebih besar dikit dari roda tiga bak. karena sekuat2nya roda tiga bak, ga akan ada yang berani naik turun gunung bawa muatan satu ton. kalau di daerah datar roda tiga bak memang kuat2 aja. macem angkot carry angkut sekampung juga muat. ini kalau untuk keperluan komersil.

intinya emang kebijakan transportasi negara ini kacau balau dan macam auto pilot. lihat saja hype mobil listrik, di viralkan kemana2, lah mobil listrik yang kelas LMPV aja ga ada. [emo-yesno]
iya dari jaman pak pres masih jadi walkot gembar-gembornya, tapi ya gak nyalahin juga kalo expect nya orang2 ketinggian karena dari dulu kesannya di-"endorse" pejabat pemerintah bahkan pak presnya sendiri.

Wkwkwkwkwk Colt T120 tua aja masih banyak seliweran bodi keropos jok udah geser-geser tetep pada dipake muat, padahal dijual paling juga lakunya lebih murah dari motor bebek baru :mky_07:

yaaa iya sih kalo daerah terpencil banget yang truck dobel ban juga susah lolos kalo kejeblos lumpur :mky_01: kalo di beberapa tempat pelosok emang gak butuh banget, L300 pikap sayur hajar jalan bebatuan juga lolos. Tapi yah 4x4 necessary lah buat jalan yang belom aspalan, tetep rawan kalo musim hujan :mky_01:

iya gembar gembor mobil listrik, lah Euro4 aja gimana kabarnya :mky_05:

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Mon Sep 09, 2019 3:43
by dsign1990
berapa kali ya orang mikir buat beli ni mobil
kalau dicermati orang2 sama brg korea dan eropa ( sejenis pug , renault bkn yg mevvah2) pada mikir 2x lalu sama Proton , wuling dan dfsk pada mikir 5x atau cuma wait n see dulu
kayaknya paling ideal luncurin pickup segede hi max dulu yg dijual 5O-6O jt buat gantiin peran motor roda 3 sama delman

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Mon Sep 09, 2019 3:52
by marama
Okelah rebadge dan ini bkn mobil nasional tp lbh tepatnya mobil brand indonesia, segmennya juga rasional start dari mobil pickup niaga g gengsi di awal.

5th pertama penetrasi pasar dl di segmen komersil

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Mon Sep 09, 2019 4:36
by mpvlover
Itu volvo XC90 kan dinamain Esemka MOOSE

Ditulisnya armored, padahal tulisan armorednya aja pake cutting sticker, krn ga punya sarana metalurgi bikin emblem dari logam sisa armoringnya wkwk

Harusnya dites, bos esemka demoin duduk di dalemnya lalu ditembakin AK47

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Mon Sep 09, 2019 5:47
by lodewaguelawan
the real of mobile legends.........

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Mon Sep 09, 2019 16:00
by 964
Hmmm, mobil yg dibuat dengan semangat mabok nasionalisme.

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Tue Sep 10, 2019 0:37
by bacardi69
Yg jelas Esemka dibikin didalam negeri oleh anak2 bangsa sendiri dan Esemka tdk mengklaim sbg mobnas. Esemka juga tdk pake duit pemerintah spt pabrik pesawat IPTN misalnya tapi murni investasi swasta.. lalu ngapain juga kita nyinyir.. biarlah Esemka membuktikan dirinya dan kalau ga laku pasti juga tutup sendiri.. tapi keberanian investor Esemka untuk bikin mobil didalam negeri patut kita apresiasi.. maju terus Esemka

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Tue Sep 10, 2019 1:02
by skylion
Kalau pakai nama esemka, itu artinya mobnas. Esemka sudah identik dgn mobnas.

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Tue Sep 10, 2019 1:50
by donz
skylion wrote: Tue Sep 10, 2019 1:02 Kalau pakai nama esemka, itu artinya mobnas. Esemka sudah identik dgn mobnas.
Kalau Saya Hari ini rubah nama jadi David Beckham? Terus Saya jadi pemain Bola top? Jadi ganteng juga? Gitu? Mauuuuuuu

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Tue Sep 10, 2019 2:40
by casabalancas
Sebenarnya gak ada yg salah dengan esemka, malah bagus ada investor yang berani turun tangan langsung dan menurut pengakuan beliau tidak ada campur tangan negara sama sekali. Yang salah yaa karena terlalu banyak stakeholder yang menggunakan brand ini sebagai kendaraan politiknya dan/atau meraih popularitas sejak 2012 hingga 2018-2019 sehingga wajar banyak masyarakat yang penasaran dan menaruh ekspektasi tinggi terhadap brand ini.

Jangan salahkan masyarakat yang mempunyai ekpektasi tinggi karena pada saat-saat tertentu brand ini selalu digembar-gemborkan, namun kenyataannya waktu launching apa informasi yang diterima masyarakat tidak semanis apa yang diharapkan.

Mungkin yang bikin masyarakat banyak yang kecewa dan netizen yang maha benar nyinyir kan karena dari awal kemunculan brand ini, oleh stakeholder esemka selalu gembar-gembor, "mobil yang murni didesain dan diproduksi oleh anak bangsa" namun kenyataannya waktu launching produk yang meluncur adalah produk yang seperti rebranding, padahal dari awal fair saja, bilang saja ke masyarakat, untuk tahap awal produksi kita bekerjasama dengan beberapa produsen dan pemasok otomotif yang berpengalaman sebagai sarana pembelajaran untuk jangka panjangnya melahirkan suatu mobil yang kedepannya akan didesain dan diproduksi di Indonesia.

Sebenarknya bukan salah atau benar brand ini lahir, tapi lebih ke bagaimana esemka me-maintain ekspektasi masyarakat dan alangkah lebih baik jika esemka juga bisa membranding produknya untuk konsumen-konsumen millennials seperti yang sudah dilakukan oleh pabrikan-pabrikan besar lainnya.

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Tue Sep 10, 2019 3:19
by ChZ
casabalancas wrote: Tue Sep 10, 2019 2:40 Sebenarnya gak ada yg salah dengan esemka, malah bagus ada investor yang berani turun tangan langsung dan menurut pengakuan beliau tidak ada campur tangan negara sama sekali. Yang salah yaa karena terlalu banyak stakeholder yang menggunakan brand ini sebagai kendaraan politiknya dan/atau meraih popularitas sejak 2012 hingga 2018-2019 sehingga wajar banyak masyarakat yang penasaran dan menaruh ekspektasi tinggi terhadap brand ini.

Jangan salahkan masyarakat yang mempunyai ekpektasi tinggi karena pada saat-saat tertentu brand ini selalu digembar-gemborkan, namun kenyataannya waktu launching apa informasi yang diterima masyarakat tidak semanis apa yang diharapkan.

Mungkin yang bikin masyarakat banyak yang kecewa dan netizen yang maha benar nyinyir kan karena dari awal kemunculan brand ini, oleh stakeholder esemka selalu gembar-gembor, "mobil yang murni didesain dan diproduksi oleh anak bangsa" namun kenyataannya waktu launching produk yang meluncur adalah produk yang seperti rebranding, padahal dari awal fair saja, bilang saja ke masyarakat, untuk tahap awal produksi kita bekerjasama dengan beberapa produsen dan pemasok otomotif yang berpengalaman sebagai sarana pembelajaran untuk jangka panjangnya melahirkan suatu mobil yang kedepannya akan didesain dan diproduksi di Indonesia.

Sebenarknya bukan salah atau benar brand ini lahir, tapi lebih ke bagaimana esemka me-maintain ekspektasi masyarakat dan alangkah lebih baik jika esemka juga bisa membranding produknya untuk konsumen-konsumen millennials seperti yang sudah dilakukan oleh pabrikan-pabrikan besar lainnya.
bener kata ridwan hanif waktu wawancara di metro... mobilnya terkesan ujug-ujug rame, nggak pernah ikut pameran, bahkan di peluncuran resmi pabriknya media otomotif pun nggak diundang, bahkan pabrikan kecil-kecilan pun sering banget ikut pameran dan expo skala lokal maupun nasional, lah yang sebesar Esemka nggak muncul kan aneh.

padahal kalau memang mau laris harusnya publik juga tau duluan kan... seperti Wuling dan DFSK... mobilnya belom launching, brandnya belum muncul, tapi publik udah tau dan dealernya udah berserakan walau pabrik belum beroperasi.

omongan dari awalnya juga nggak konsisten, dari mobnas, sekarang bilangnya swasta. informasinya simpang siur, kontradiktif, dan banyak yang tidak konsisten. di sini ada gap informasi yang sangat besar antara pemerintah dan masyarakat.

gak tau yah buat saya merek Esemka malah jauh dari kesan millenials gelagatnya, lebih kental muatan politis.