Page 1 of 5

ESEMKA resmi meluncur

Posted: Fri Sep 06, 2019 10:55
by martinnn
https://oto.detik.com/mobil/d-4696215/n ... 1563162122


esemka sudah resmi meluncur....adakah yang akan review ? mungkin ada yang mau beli dengan romantisme nasionalisme ? [emo-police]



mungkinkah pembeli mobil akan beralih ke esemka ? atau bernasib seperti kanzen :mky_01:

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Fri Sep 06, 2019 11:06
by Herman7103
Sangat baik sekali kalau pabrikan dari dalam negeri berhasil meluncurkan mobil nasional seperti negara tetangga yg sudah lebih dulu meluncurkan product Domestic nya. Semoga bisa bersaing dengan product pabrikan lainnya.

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Fri Sep 06, 2019 11:10
by mpvlover
Bagi yg mau tau detil2nya bisa dibaca di website resminya :

Www.changan.cl/auto/md201-pick-up

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Fri Sep 06, 2019 11:20
by mpvlover
Bagi yg mau liat detil2nya bisa di website resminya :

Www.changan.cl/auto/md201-pick-up

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Fri Sep 06, 2019 11:22
by nimoo
Review grenmek pu, carry pu dll aja jarang banget di sm, apalagi ini wkwk

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Fri Sep 06, 2019 13:16
by Harchi
Okelah, mula2 rebadge dulu, trus nanti modif sedikit2 biar ada perbedaan n lama2 bikin yg bener2 produk baru hasil rnd sendiri. Mudah2an sukses. Mau liat durabilitasnya n jaringan penjualannya. Klo ok, sih bolehlah ambil 1, buat peremajaan carry pickup toko ane nanti

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Fri Sep 06, 2019 13:19
by sapi12
Tapi kok desainnya ....
:big_childish:

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Fri Sep 06, 2019 15:12
by ZEXELGRIFONE
Yg meluncur pertama ini pick up..
Berani jg ya?

Pdhal segmen niaga kayak gini mobil harusnya abusable dgn downtime minimal.

Sepintas yg Bima 1.2 klo dikasi body kotak panjang, pintu geser elektrik, dan jok captain seat mungkin jd mirip alphard gen 2 versi kecil.. or baby alphard kali ya 😆

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Fri Sep 06, 2019 16:48
by Tats
Kalau sy pribadi malah berharap jangan pakai nama esemka karena kurang menjual
Seperti vietnam kek pakai nama vinfast yangi namanya lebih menjual
Mungkin namanya InFast lebih keren kali ya?

Secara produk pun masih belum matang karena target pasarnya agak membingungkan
Menggarap pasar yang mana si esemka ini?
Meluncurkan pick up utk bersaing dgn pabrikan yg punya bengkel seluruh indonesia? masih jauh kalau menurut sy
Durabilitynya pun belum tau produk esemka ini seperti apa
Principal esemka ini harus bener2 melek liat pasar indo
Masyarakat yg butuh/ingin mobil nasional itu karakternya dan keuangannya seperti apa
Siapa tau ternyata market masyarakat dengan keuangan mid/high ingin mobil premium lebih banyak dibanding pasar fleet
Misal ada orang kaya cinta indonesia yang punya 5 mobil mewah dari jepang atau eropa, tiba2 esemka jual "s class" seharga 600jt mungkin mereka beli
Trus istrinya (sosialita) pake arisan sambil bangga2in pake mobil mewah dan canggih buatan indonesia ke temen2nya hehehe
Main di brand mobil mewah investasinya lebih kecil dibanding bikin brand mobil murah
Kan dealer bisa cuma ditempatin di kota2 besar dan bikin pabrik dgn kapasitas produksi kecil
Masalah biaya riset? Kan bisa rebadge dulu utk sementara
Kalau bikin saingan terios2an atau agya2an mah marketnya belum berani ambil brand baru karena banyak faktor pengambilan keputusan (ekonomi, durability, efisiensi, aftersales, dll)
Liat aja wuling confero penjualannya biasa aja, malah beberapa kali sy liat glory 560 lebih laku (apa selalu lebih laku ya? cmiiw)
Glory 560 bentuk keren, mesin turbo, dan fitur oke lebih menarik dibanding confero murah buat pasar indo
Ya jeli2an lah marketingnya riset pasar indo

Untuk rebadge sebenarnya merupakan hal lumrah di dunia, jadi sy malah mendukung esemka mending rebadge aja
Asalkan perakitan disini dan konten lokal 100%
Biaya riset lebih murah dibanding mulai pengembangan dari 0%
Biaya investasi riset mobil dari 0 bisa jutaan dolar, sayang uangnya
Kasian investornya kalau gagal
Di artikel juga pakai volvo xc90 sebagai armored car nya kan?
Sy malah berharap sekali esemka rebadge xc90 dengan harga 400jt an (ngarep)

Semoga kritikan sy ini dianggap sebagai kritik positif ya
Sy berharap indo segera punya mobil nasional di bawah manajemen yg bagus supaya bisa membanggakan juga
Jangan disambung2in sm politik lagi deh toh sama2 pgn maju kan?
Sukses buat esemka sy doakan

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Sat Sep 07, 2019 0:22
by pradit_d
Ane jg termasuk yg ngerasa blm jelas arah n segmen nya. Gpp kok rebadge, masih di awal2 begini kayaknya ga mungkin tiba2 keluar model sendiri. Ane mendukung adanya mobil ini tapi bukan berarti mau beli. Beda disini ama di indo. Klo disini mayoritas orang yg blm kaya2 amat belinya merek lokal, ga maksain buat beli merek luar yg low end. Di india jg ane lihat kayak gitu, mereka yg blm kaya pada pake merek dlm negeri

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Sat Sep 07, 2019 0:54
by skylion
Ya, gpp rebadge. Kan perlu modal utk develop platform, sasis, rangka, body, mesin, dll sebelum memunculkan real mobnas. Mantap

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Sat Sep 07, 2019 3:12
by sugarpot
Apakah ini cuman bagian “kampanye” penguasa ? Atau memang bener bener serius ? Cuman waktu yang bisa menjawab :big_think:

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Sat Sep 07, 2019 3:41
by Knalpot
Maaf ya, bukan maksud pesimis.. kalau pemerintah tidak mati2an mendukung dari segala sisi, misalnya wajib dipakai sebagai kendaraan operasional pemerintah, pendapat saya tinggal nunggu waktu tenggelamnya saja.
Smelling fish..

logikanya apa ya mau terima japanese & chinese sudah invest besar2an trus dianak tirikan ?

prediksi gw paling esemka sebentar aja di gilas Wuling DFSK dkk.. bersaing dululah dengan mereka ini.. apa berani ngeluarin full 4 years warranty spt mereka ? hehehe

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Sat Sep 07, 2019 6:22
by ChZ
Tats wrote:Kalau sy pribadi malah berharap jangan pakai nama esemka karena kurang menjual
Seperti vietnam kek pakai nama vinfast yangi namanya lebih menjual
Mungkin namanya InFast lebih keren kali ya?

Secara produk pun masih belum matang karena target pasarnya agak membingungkan
Menggarap pasar yang mana si esemka ini?
Meluncurkan pick up utk bersaing dgn pabrikan yg punya bengkel seluruh indonesia? masih jauh kalau menurut sy
Durabilitynya pun belum tau produk esemka ini seperti apa
Principal esemka ini harus bener2 melek liat pasar indo
Masyarakat yg butuh/ingin mobil nasional itu karakternya dan keuangannya seperti apa
Siapa tau ternyata market masyarakat dengan keuangan mid/high ingin mobil premium lebih banyak dibanding pasar fleet
Misal ada orang kaya cinta indonesia yang punya 5 mobil mewah dari jepang atau eropa, tiba2 esemka jual "s class" seharga 600jt mungkin mereka beli
Trus istrinya (sosialita) pake arisan sambil bangga2in pake mobil mewah dan canggih buatan indonesia ke temen2nya hehehe
Main di brand mobil mewah investasinya lebih kecil dibanding bikin brand mobil murah
Kan dealer bisa cuma ditempatin di kota2 besar dan bikin pabrik dgn kapasitas produksi kecil
Masalah biaya riset? Kan bisa rebadge dulu utk sementara
Kalau bikin saingan terios2an atau agya2an mah marketnya belum berani ambil brand baru karena banyak faktor pengambilan keputusan (ekonomi, durability, efisiensi, aftersales, dll)
Liat aja wuling confero penjualannya biasa aja, malah beberapa kali sy liat glory 560 lebih laku (apa selalu lebih laku ya? cmiiw)
Glory 560 bentuk keren, mesin turbo, dan fitur oke lebih menarik dibanding confero murah buat pasar indo
Ya jeli2an lah marketingnya riset pasar indo

Untuk rebadge sebenarnya merupakan hal lumrah di dunia, jadi sy malah mendukung esemka mending rebadge aja
Asalkan perakitan disini dan konten lokal 100%
Biaya riset lebih murah dibanding mulai pengembangan dari 0%
Biaya investasi riset mobil dari 0 bisa jutaan dolar, sayang uangnya
Kasian investornya kalau gagal
Di artikel juga pakai volvo xc90 sebagai armored car nya kan?
Sy malah berharap sekali esemka rebadge xc90 dengan harga 400jt an (ngarep)

Semoga kritikan sy ini dianggap sebagai kritik positif ya
Sy berharap indo segera punya mobil nasional di bawah manajemen yg bagus supaya bisa membanggakan juga
Jangan disambung2in sm politik lagi deh toh sama2 pgn maju kan?
Sukses buat esemka sy doakan
Sama. Saya nggak liat yang ditawarkan smk ini menjawab permasalahan dan selera masyarakat +62.

Harganya katanya 95jt, really? Kalo butuh pick-up saya akan beli Carry atau L300 bekas yang udah ketauan tingkat robust nya dan service dimana mana bisa. Lah ini, basisnya aja mobil China.

Kecuali ini diberi tax incentive besar, katakan 50% dari harga lawannya, paling gak bertahan lama.

Dari dulu saya bilang kalo butuh mobnas cuma buat gaya gayaan bisa bikin mobil mah gak perlu.

Wong soal pajak 4x4 aja masih gak diupdate. Padahal daerah banyak yang butuh yang 4x4.

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Sat Sep 07, 2019 6:27
by kunaskun
ChZ wrote: Sat Sep 07, 2019 6:22 Sama. Saya nggak liat yang ditawarkan smk ini menjawab permasalahan dan selera masyarakat +62.

Harganya katanya 95jt, really? Kalo butuh pick-up saya akan beli Carry atau L300 bekas yang udah ketauan tingkat robust nya dan service dimana mana bisa. Lah ini, basisnya aja mobil China.

Kecuali ini diberi tax incentive besar, katakan 50% dari harga lawannya, paling gak bertahan lama.

Dari dulu saya bilang kalo butuh mobnas cuma buat gaya gayaan bisa bikin mobil mah gak perlu.

Wong soal pajak 4x4 aja masih gak diupdate. Padahal daerah banyak yang butuh yang 4x4.
ya esemka ini kalau kata pak presiden kemarin memang bukan mobnas, hanya merek lokal. dua hal berbeda. cuma esemka ini kan memang dari dulu sejak pak presiden jadi walikota digadang2 mobnas.

manapun mereknya untuk niaga komersil gini, ya akan sulit. kecuali jual harganya ga beda jauh dari roda tiga bak. harga segitu mendingan beli kijang doyok buat angkut pasir. ga sayang dan bisa dapet berapa biji. :mky_07: keur, plat nomor? bodong juga kalau kena tilang terus dikandangin pak pol juga uda ga rugi :mky_07:

4x4 sebenernya butuhnya untuk daerah terpencil banget. kebutuhannya ga sebanyak pickup kecil setara atau lebih besar dikit dari roda tiga bak. karena sekuat2nya roda tiga bak, ga akan ada yang berani naik turun gunung bawa muatan satu ton. kalau di daerah datar roda tiga bak memang kuat2 aja. macem angkot carry angkut sekampung juga muat. ini kalau untuk keperluan komersil.

intinya emang kebijakan transportasi negara ini kacau balau dan macam auto pilot. lihat saja hype mobil listrik, di viralkan kemana2, lah mobil listrik yang kelas LMPV aja ga ada. [emo-yesno]

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Sat Sep 07, 2019 12:23
by Rezawihardja
Ini baguslah.. kalo ga dimulai kapan lagi punya mobil merek lokal walaupun rebadge..
Kalo liat dari standpoint manufaktur, saya kasih 2 jempol untuk effornya ditengah banyak naysayer yang bilang isinya import lah dll. Semoga penjualannya moncer yaa...

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Sat Sep 07, 2019 12:45
by martinnn
Kerjasama dengan proton gak jalan kah

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Sat Sep 07, 2019 13:28
by ak4ng
Anggap sajaa mobcin dgn kearifan lokal (setidaknya nama dan emblem nya) semoga lambat laun menjadi 100% Indonesia, jgn sampai nasibnya seperti pesawat IPTN atau truk perkasa, dijegal penguasa yg merangkap pengusaha

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Sat Sep 07, 2019 14:14
by cruising
Kenapa ya harus bikin mobnas segala?
Sementara merk merk yg sudah establish saja banyak yang kolaps dan dibeli perusahaan lain (Volvo, Jaguar, SAAB dll)
Kalaupun mau bikin mobnas kayaknya mending bikin supercar model Koenigsegg atau Pagani yg jumlahnya gak perlu banyak dan tailor made
Atau kalau memang pemerintah punya uang, kayanya lebih mudah akusisi pabrikan mobil yg lagi kesulitan.

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Sat Sep 07, 2019 14:35
by Zaxis
Dilahirin salah,ga dilahirin juga salah
Susah emg senengin semua org

Uda paling pas yah jualan mobil komersial
Pembeli nya corporate biasa nya ga rewel yg penting murah & bisa jalan
Spare part ada persamaan dgn merk lain
Toh 5 taon juga dibuang,nilai buku uda 0

Jgn disamain org dagang,masi mikirin RV

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Sat Sep 07, 2019 14:40
by Tampanman
Harusnya model lmpv yang dikeluarin duluan, biar mobil2 dinas pegawai negri bisa diwajibkan pakai smk untuk membantu penjualannya...

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Sat Sep 07, 2019 14:55
by kompresorz
Zaxis wrote: Sat Sep 07, 2019 14:35 Dilahirin salah,ga dilahirin juga salah
Susah emg senengin semua org

Uda paling pas yah jualan mobil komersial
Pembeli nya corporate biasa nya ga rewel yg penting murah & bisa jalan
Spare part ada persamaan dgn merk lain
Toh 5 taon juga dibuang,nilai buku uda 0

Jgn disamain org dagang,masi mikirin RV

:big_biglaugh: ...

traktir kopi nihhh plus 3 bakmi....


suka beli gak suka gak usah beli...

drpd apa aja dikomenin pake jempol...apa mata gak pedes kedip kedip liatin layar n jempol kesemutan...


mending share aja modif apa msh bikin semangat...


:e-dance:

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Sat Sep 07, 2019 15:48
by FU27
Masih ada pada ngoceh suruh pemerintah kasih insentif, mewajibkan pemakaian buat plat merah. Ini mental2 subsidian.

Klo menurut saya sih harusnya tidak menganak emaskan esemka. Sudah bagus sekali presiden mau hadir di launchingnya. Tapi ya cukup mendukung saja, perlakukanlah secara setara dengan merk luar klo memang mau esemka ini bertahan. Udah pada lupa kali ya, klo Indonesia pernah digugat ke WTO karena timor bisa dapat bebas pajak. Akhirnya mati.

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Sat Sep 07, 2019 21:00
by nomnom
saya masih penasaran, dulu yg bawa naik ini esemka kan mas joko, trus sekarang presedirnya Eddy Wirajaya, bisa bangun pabrik segitu besarnya dapet duit dari mana ya? Kalau memang ini benar pabrik mobnas bukan foday yg buka cabang di sini...

Re: ESEMKA resmi meluncur

Posted: Sat Sep 07, 2019 23:00
by lutvi20
Esemka Bima 1.2 = Changan Star Truck 1.2

crystal clear kita bagian assembly parts n labeled lokal.

Airlangga ngomongnya muter2 di pikirannya 5tahun+ lg saya kyknya masih bisa tambah kecap.