Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by solar_kerosen »

hattahr wrote:Ya harusnya kembali kepada penyedia taksi konvensional kenapa mereka bisa kalah dari layanan dan taksi.
Konsumen pada dasarnya mencari yang terbaik.

Mungkin bisa belajar dari kasus di Aussie.

http://internasional.kompas.com/read/20 ... n=related&

:big_think: :big_think: :big_think:
kalau kasus di amrik dan aussie emang beda lagi , rata rata drivernya stress gak tahu kenapa dan tampangnya serem serem belum lagi kalau mobilnya kurang dirawat pasti gak enak bawanya
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by Turboman »

Btw soal aturan kir mobil

Bukannya Indonesia termasuk longgar yah

Kalo di negara2 maju mobil2 pribadi kan wajib kir juga (MOT), di Jerman dulu kalo mobil baru utk 2 tahun pertama bebas kir, lewat 2 tahun harus kir tiap tahun......kalo suatu hari chassis / tulang di body mobil udah ada tanda2 berkarat konon mobil ga dikasih izin perpanjang STNK lagi (disuru buang ke junkyard).......di sana resiko under body berkarat krn kalo winter salju ditebar garam......ini cerita sepupu yg pernah tinggal di Blomberg, ikut suaminya dinas di sana

Memang yg konyol di sini (Indo) proses kir jadi ajang cari duit, ini yg harus diberesin

Utk proses kir di Jkt sejak zaman A Hok udah lebih ketat.....temen2 yg punya mobil niaga pada ngeluh kalo kir skg gak "segampang" dulu....wkwkwkwk

CMIIW
benteng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Thu Jan 21, 2010 17:57

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by benteng »

alvin23 wrote:posisi saya sih dari dulu :

ga setuju buat uber/grab car
setuju buat gojek , grab bike dll.

alasannya justru sama seperti om gandalf hehe... ojek kan liar, sedangkan taksi kan rata2 resmi, ber plat kuning dan dipajaki wkwkwk
ga fair aja buat persh taksinya, kecuali grab car dan uber dll. itu juga bayar pajak dsb.
Gojek saya appreciate, karena itu jadi men-civilized bisnis yang tadinya mirip preman (tarif suka2 dll.)
setuju deh sama yang ini,.... :ngacir:
User avatar
fizrmen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1050
Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
Daily Vehicle: Civic FD2

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by fizrmen »

barusan bgt make layanan grabcar, asli enak bgt nyaman... dapat pansah 2015 akhir, sopirnya baek komunikatif.... pantes orang pd lari yah....
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7363
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by newrubble »

sy termasuk yg sangat percaya

ini situasi sementara ... govt indo itu sama spt public mrk ... ikut gerak pendulum (follow the masters) ...

indo is employee nation ... majikan suruh apa ya employees pasti (mostly) turut krn mrk bukan cuma kerja tapi ngabdi ... sama spt brand enthusiasts from indo ... brand (majikan) di cela mrk sediakan diri u pasang badan ... di suruh / tdk di suruh

france germany oz brazil masih dispute cabbies vs uberwrs ya di indo (jkt) sama

... tar settle ya di indo similarly implicated ... jadi uberlandia republic of indo ...just a matter of time (govt.akan tetap teriak teriak spt siamang dlm kurungan di pasar burung pramuka) ... polisi? ya spt k9ers jaga malls / hotels ... siapa yg pegang tali ya dia nurut ke situ

bluebird n express ada di frontrow of mass rally n rejection ? masuk akal ... bb skrg ini hanya bisa di bandingkan dgn comfortdelgro ... bedanya cfdg ada di 7 negara n bb cuma di indo ... cfdg ada 46k units ... bb ada 41k units

jaman apa apa online (pizza pelacur shopping homeschool dating betting) corporate wealth lbh berharga yg punya operating system sj (portfolio).drpd yg pegang physical assets (direct investment)

dia lbh flexible in up/down sizing ... seqxier in terms of opex n stronger against any threat of asset seizure or labour stoppage

coba liat skrg ada brp units under garuda indo fleet (creditors consortium driven) nil ... all lease based mostly from gecas ... with no option to buy spy kalo indo govt.exercising its veto right ... mrk tinggal angkat koper n biarkan (insurance of) gecas urusin itu smua sbg total loss

nah bb is holding physical assets n subject to constant value depreciation ... kalo dia tdk brubah jadi owner operator based ... masih "bandar" oriented ... tdk lbh dr enam thn dr skrg dia akan ada dlm buku sejarah transport indo sj
Last edited by newrubble on Tue Mar 15, 2016 13:53, edited 1 time in total.
lend3
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 188
Joined: Wed Oct 08, 2014 6:13

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by lend3 »

ga setuju, selama yang demo isinya manusia dengan pelayanannya yang busuk titik. alternatif apapun harus boleh diterima. masalah pajak ga ada hubungan sama perinjinan. pajek ya pajekin aja ga usah rewel.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by Turboman »

newrubble wrote: nah bb is holding physical assets n subject to constant value depreciation ... kalo dia tdk brubah jadi owner operator based ... masih "bandar" oriented ... tdk lbh dr enam thn dr skrg dia akan ada dlm buku sejarah transport indo sj
saya sepaham neh

Lebih enak jadi persh yg sifatnya "operate / control & manage"......segala fixed asset di source ke 3rd party aja

bahkan kalau "nama"-nya udah sangat besar & manajemen sgt kuat, yang mendanai sourcing-nya adalah investor2, gak perlu semua keluar duit dr kantong sendiri

Investor juga seneng "nitip" duit - ongkang2 kaki en dapat bunga / dividend pasti, drpd duitnya nganggur di bank dgn bunga sgt kecil / mines
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7363
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by newrubble »

kes study 2:

indo shoe industry ... murdaya dkk buka fabriek dimana dimana ... pasangbadan u labour risk (mrk yg hiring n firing) ... mrk yg loan dr local banking

datang koreans .. bawa kontrak dr nike ... group korean lain dr adidas ... yg lain lg dr lacoste ... bawa brochure isinya material specs (yg pastinya ada sdh dlm inventory mrk n already certified by brand principals) ... bawa brochure ke banking / creditors isinya production tools already certified as well

ahirnya indos kerja sana sini ... tiap klaar serahkan ke koreans ... tiap mau production start hrs beli materials ke koreans ... tiap mau start biz hrs loan ke banking u beli production tools dr koreans n ...(ini paling seru n sering bikin bankrupt indos) ....koreans determine production cost

bgt koreans fikir these indos no longet fit for partnership ya mrk tinggal packing n cari local fabriek lain n bgt seterusnya

jadi mrk koreans cukup pegang portfolio n let the rest physicals ... done by viet ... zhongs n indos

sy pernah forensic asset tracing all those koreans n dpt background mrk sblm jadi shoe factory xpat di indo ... kasir supermarket di gwang-ju ... busdriver di daegu ....taxi driver di incheon ... pecatan tukang koran di busan
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by ricz »

Menurut ane sih kalo emang perush taxi merasa terganggu dgn kehadiran UBER / Grabtaxi dkk sih mendingan mrk berinovasi aja deh, buat aplikasi khusus gt, jadi pelanggan dpt dgn mudah memantau si supir scr real time (sudah dlm perjalanan menjemput cust dll)

Soalnya ane melihat nilai jual taxi uber ini kan krn aplikasinya yg memudahkan cust, dan booking taxi skrg cuma bisa by phone doang (entah kalo taxi jakarta udah bs pake aplikasi gt, kalo di kota kecil ane sih blom ada)

Trus driver diberi rate gt oleh customer (kek gojek) jadi kalo misalnya driver banyak diberi 5 star dikasi bonus ato tambahan, jadinya driver berlomba2 memanjakan customer...

Just imho
2021 Fortuner VRZ
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7363
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by newrubble »

portfolio based life sdh mulai sejak th 90n di industrialized states ...their middleclass the motordrive

indicators nya:
-brandnew cars lbh.byk under lease drpd beli
-type of residency lbh byk rent / mort drpd buy
-many shops apply return-policy-no questn asked

-online shop cheaper/more model than offline
-portfolio trading use.less tradingfloor
-egovt means very few officers n more 3rd pty contractors to execute things
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by daftar »

Turboman wrote:IMHO :
Kalau saya pribadi sih setuju agar usaha Taxi berbasis aplikasi harus ikuti semua regulasi spt persh Taxi konvensional tanpa terkecuali.

Mereka boleh beroperasi tapi syaratnya harus ikuti semua regulasi yg berlaku.

Perlu ada ketegasan dari regulator, agar orang2 mau berinvestasi di suatu bidang industri & investor merasa nyaman

mengenai argo lebih murah krn berbasis GPS serta apps basis ordering, ya itu pintar2-nya si operator, ini akan menjadi pembelajaran bagi persh2 taxi konvensional agar bisa berkompetisi juga.

Utk allowance pelat hitam, perkecualian adalah jika utk sewa jam2-an minimal 3 jam ke atas misalnya, nah itu boleh dah.

Btw internet basis companies ya itu banyak juga yg merp proyek "gorengan" dari para Venture capitals........kadang modus bisnis mereka itu ya "you know lah".....jadi memang Pemerintah perlu juga bertindak tegas / sangat tegas bila manuver mereka sudah bertendensi "ngadalin hukum / regulasi"

*sekedar opini pribadi ajah*
100% sependapat sama om turbo,
memang harus adil sih, kalo sama2 sebagai taxi harusnya ikut aturan biar fair (masalah plat kuning, KIR, dsb) kalo nggak ya bakalan iri tuh orang di perush taxi.

kalo masalah orang pada pilih uber/grab menurut ane sih karena masalah tarif aja yang murah & bisa ketahuan estimasi di awal, ditambah adanya promo. bukan masalah aplikasi, kalo aplikasi (+kemudahan memesan) beberapa perush taxi juga udah pake kok sekarang
:ngacir:
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by daftar »

btw kok kebanyakan nggak setuju alasannya karena bandingin masalah layanan & tarif ya. padahal ini masalahnya kan regulasi, bukan karena berbasis aplikasi-nya atau lainnya.
dari sisi pemerintah harusnya mau layanan bagus atau jelek juga yang penting tetep harus ikut regulasi.
dari sisi konsumen mau resmi atau tidak yang penting nyaman & murah.
kalo bisa murah, nyaman & resmi kan bagus? tapi kalo ini tinggal keseriusan & ketegasan pemerintah aja

menurut ane ada kesalahan pemilihan judul di media2, penolakan angkutan berbasis aplikasi harusnya diganti: penolakan angkutan taxi tidak resmi, soalnya masalahnya kan bukan di aplikasinya, bahkan beberapa perusahaan taxi seperti BB juga punya aplikasi. :big_smile]
:ngacir:
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by g4ndalf »

Fiz wrote:
g4ndalf wrote:...

Indonesia mau ban service oriented apps. Gimana kalo dibalik, persh2 technology yg ngeban indonesia, watsap, google, uber, semuanya blokir IP indonesia, pernah kepikir apa jadinya? Kita negara yg besar, tapi di kancah global, sorry to say, kita mesti tau diri juga, banyak yg lebih gede seperti india, china, russia, dll.
gak mungkin mreka mau dan brani nge ban indo om.. mereka berbisnis, dimana ada duit disana mreka jor2an..
indo seperti lautan luas yang ikannya luar biasa banyak..
contoh kecilnya fb dan netflix aja mau untuk "bayar".. pdhl dinegara lain mreka gak bayar..
indo itu negara konsumen yang.. besar.. sangat besar..

dan.. hukumnya ababil.. :big_slap:
Lautan luas ikannya banyak memang betul, saya setuju sama analoginya. Tapi, ikannya kecil2 - alias daya beli konsumen indo relatif lemah dibandingkan negara2 lain (per kapita). Dan ini cenderung menurun, bisa dilihat dari penjualan mobil, motor dan property yg menurun. Kalau penjualan makanan / barang2 konsumsi tdk bisa dijadikan patokan, karena kalau ndak makan ya mati.

Mungkin salah satu alasan taxi online uber, dll, sangat populer karena tarifnya murah. Balik lagi ke alasan daya beli. Nah, di sini negara kalau melarang sama aja menyengsarakan konsumen uber (yg saya bayangkan jumlahnya tdk sedikit).

Kalau dibilang pasar indo sangat menarik ya betul2 salah. Kalau memang begitu bagus tentunya pabrikan sekelas Ford nggak cabut donk? Trus kenapa juga FDI (investasi asing langsung, spt buka pabrik, buka lapak, etc) nggak terlalu bagus? Di sinilah problemnya, misal pemerintah terlalu saklek sama uber, buat mereka masih timbang2 apakah worth 'fighting' di Indonesia. Lain halnya klo itu eropa, atau amrik, mereka fight beneran karena kue di sana lebih gede.

Populasi indonesia emang gede, tapi gak semuanya berduit. Jadi kalo ekonomi model baru macem layanan berbasis aplikasi gini dilarang, yg menderita juga rakyat / konsumen. Harusnya bisa bayar murah... jadi mahal (klo dah gini apa bukan kartel?)

Waktu persh2 indukan ayam rame2 musnahkan parents stock, KPPU bergerak langsung nuduh kartel. Nah ini persh2 taksi (supirnya) demo - nuntut supaya layanan lain yg lebih murah diblokir, ini jelas kan mau bikin kartel, tapi KPPU diem aja?? Apa di negara ini semua yg demo2 harus diturutin kalo iya, bakal chaos nanti semuanya demo.... A***is bisa ditutup karena didemo ibu2 rumah tangga... wkwkwkwk
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by g4ndalf »

daftar wrote:btw kok kebanyakan nggak setuju alasannya karena bandingin masalah layanan & tarif ya. padahal ini masalahnya kan regulasi, bukan karena berbasis aplikasi-nya atau lainnya.
dari sisi pemerintah harusnya mau layanan bagus atau jelek juga yang penting tetep harus ikut regulasi.
dari sisi konsumen mau resmi atau tidak yang penting nyaman & murah.
kalo bisa murah, nyaman & resmi kan bagus? tapi kalo ini tinggal keseriusan & ketegasan pemerintah aja

menurut ane ada kesalahan pemilihan judul di media2, penolakan angkutan berbasis aplikasi harusnya diganti: penolakan angkutan taxi tidak resmi, soalnya masalahnya kan bukan di aplikasinya, bahkan beberapa perusahaan taxi seperti BB juga punya aplikasi. :big_smile]
Bicara regulasi angkutan darat... Regulasi apaan? Supir bus nabrak orang sampe mati, masuk penjara berapa bulan, abis itu keluar, nyupir lagi. Regulasi? di mana? Gak kliatan tuh...

Angkot / taksi ngikutin regulasi? UU LLAJR no 22 thn 2009 jelas sekali, mau ganti jalur, harus kasih tanda, gak boleh motong jalan. Prakteknya??

Kalau bicara pemerintah, politik itu di atas hukum, faktanya begitu. Gojek (dan ojek tradisional) jelas banget langgar regulasi, plat item ngangkut penumpang utk tujuan komersial, itu salah. Berani gitu hapus gojek dan ojek? Yg ada hukumnya yg dihapus... hehehe

Ini juga sama, supir taksi 2000 orang demo. Pemerintah mau blokir, bingung juga, soalnya user taksi online bisa lebih dari itu, akhirnya bukan hukum yg diutamakan tapi politik, lebih banyak mana suaranya.... maklum 2019 gak terlalu lama.
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7363
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by newrubble »

dg cyber interaction makin byk hal yg tdk lg terjangkau scrip based permit. any car/bike/rotary or fixed wing aircraft can be converted to a taxi on n off when apps mode on

skrg juga sdh mulai currency-less money. mgkn bitcoin blm berhasil jadi global currency skrg tapi other bitcoin in future may significantly reduce major central banks' role ( becomes the enemy of)

banking lama lama juga tanpa physical outlet n tdk spt internet banking skrg ... nantinya pure 100% office-less ... staff-less ... ini juga reducing conventional banking platform n beyond central bank reach

di kenya dg crime rate bgt tinggi ... transfer pulsa jadi means of commercial transaction. banking teller resmi tawarkan mau withdraw in physical or phone stack up ... bayar taxi ... beli apapun trmsk beli tyt hilux brandnew sama sj. beli / sewa rumah ya tdk beda. smua govt.agencies punya no telp yg difungsikan sbg escrow accounts trmsk pengadilan u pembayaran denda n tilang

real estate ... land n building juga lama lama fungsi BPN hanya spt kantoor pos sj .. sbg depository custodian krn bisa online sub-purchase yg beyond BPN n ppat reach (blm lama 2008 us economy ambruk krn submorgage n tdk ada yg masuk penjara krn bukan crime)

nah sy tidak setuju istilah penyelundupan hukum u hal yg dilakukan org n blm diatur ... kita hrs fair ... bhw apa yg tdk diatur itu tdk dilarang (jgn melarang tanpa aturan)
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 759
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by silentIm2 »

Padahal taksi konvensional sudah memiliki keuntungan mobil berplat kuning, unit yang bebas PPNBM. PKB plat kuning lebih rendah 50% daripada plat hitam. Unit taksi mereka juga dicicil oleh drivernya, jadi bukan milik perusahaan. Baru di balik nama ke driver setelah 5-6 tahun.

Taksi konvensional saja yang tidak mau inovasi. Driver mau investasi mereka di taksi yang dia ambil terlindungi. Gw sendiri lebih suka pake apps.., enak harga keluar di awal, taksi konvensional kalo ga tau jalan diajak muter2 kita buat naikin argo. Selama ini manajemen taksi tutup mata atas itu, begitu ada inovasi, kelabakan.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
stiffler
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 134
Joined: Wed May 27, 2015 5:07

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by stiffler »

Kok postingan saya tempo hari ga muncul yaa. Error kali ya

Tertarik menanggapi post salah satu user di sini
Kalau taxi online diblock krn melanggar aturan, tidak bayar pajak, tidak punya badan usaha, dll, apa kabar dengan toko jual online ya?
Nanti lama2 pedagang tradisional pada protes krn toko online tidak punya toko fisik, tidak bayar pajak, tidak bayar retribusi, dll dst dkk etc bla bla bla
Trus kementerian perdagangan bikin surat ke mengkominfo buat blok situs jual beli seperti kaskus, bukalapak, tokopedia, olx, instagram, fesbuk, SM juga sekalian deh krn ada yg jualan juga hahaha
Lama-lama tutup aja internet ini. Pokoknya semua yg serba internet tuh haram hukumnya
Pemerintahnya yg kaco gabisa ngikutin perkembangan tp masyarakatnya yg kena hukuman

Sempat kepikiran, gimana kalau indo dilelang aja gitu ke negara2 maju supaya diurus, daripada begini mulu ga maju2 huftt



On the other hand, ada anak muda umur 27 tahun. Anak mantan bupati, sekarang jadi bupati, punya harta 20M, dan ketangkep make sabu
WOW, speechless. Anak muda udh punya harta segitu. WOW
User avatar
akbarfit
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 288
Joined: Fri Jul 02, 2010 15:23

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by akbarfit »

Ya itukan harta dari rakyatnya bapake... Yg turun ke anaknya yg kemudian dipakai untuk cari makanan korea model tepung n kabarnya jadi gangster juga yg lumayan dibela dan disegani with no one questioning about his order kan...

Kabarnya saat digerebek BNN bahkan mati listrik saja sudah sengaja diatur dan perlu izin polsek utk menyalakan lg... (Apa hubungan listrik dg polsek? Non-sensical )

Menanggapi soal moda transport umum pada umumnya, hal begini ini penting utk kemajuan mass economical burden yang rata2 kita di indo cukup mahal bayar biaya transport. Bagi saya sih biaya transport itu seakan biaya one off yg terbuang bgt sj.

Harusnya begitu transport bisa ditekan, masalah biaya bisa makin murah. Pastinya dalam segala macam bidang, urusan biaya transport ada persentase nya dalam segala skema expenses..

Oya hampir lupa, what happened in TV news, is what happened in Jakarta and nearby, not what happened in Indonesia
DoctorJDM

Human that can humanize human is the best human.
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by vipere »

ricz wrote:Menurut ane sih kalo emang perush taxi merasa terganggu dgn kehadiran UBER / Grabtaxi dkk sih mendingan mrk berinovasi aja deh, buat aplikasi khusus gt, jadi pelanggan dpt dgn mudah memantau si supir scr real time (sudah dlm perjalanan menjemput cust dll)

Soalnya ane melihat nilai jual taxi uber ini kan krn aplikasinya yg memudahkan cust, dan booking taxi skrg cuma bisa by phone doang (entah kalo taxi jakarta udah bs pake aplikasi gt, kalo di kota kecil ane sih blom ada)

Trus driver diberi rate gt oleh customer (kek gojek) jadi kalo misalnya driver banyak diberi 5 star dikasi bonus ato tambahan, jadinya driver berlomba2 memanjakan customer...

Just imho
udah ada kok itu. contohnya bluebird udah lama ada aplikasi itu. tapi ya itu ama perusahaan taksinya sendiri ogah ogahan promosiin aplikasinya sendiri.
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by abrof »

Uber, Gojek, dan Grab sengaja rugi didepan buat subsidi tarif ya?
lend3
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 188
Joined: Wed Oct 08, 2014 6:13

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by lend3 »

g4ndalf wrote:
daftar wrote:btw kok kebanyakan nggak setuju alasannya karena bandingin masalah layanan & tarif ya. padahal ini masalahnya kan regulasi, bukan karena berbasis aplikasi-nya atau lainnya.
dari sisi pemerintah harusnya mau layanan bagus atau jelek juga yang penting tetep harus ikut regulasi.
dari sisi konsumen mau resmi atau tidak yang penting nyaman & murah.
kalo bisa murah, nyaman & resmi kan bagus? tapi kalo ini tinggal keseriusan & ketegasan pemerintah aja

menurut ane ada kesalahan pemilihan judul di media2, penolakan angkutan berbasis aplikasi harusnya diganti: penolakan angkutan taxi tidak resmi, soalnya masalahnya kan bukan di aplikasinya, bahkan beberapa perusahaan taxi seperti BB juga punya aplikasi. :big_smile]
Bicara regulasi angkutan darat... Regulasi apaan? Supir bus nabrak orang sampe mati, masuk penjara berapa bulan, abis itu keluar, nyupir lagi. Regulasi? di mana? Gak kliatan tuh...

Angkot / taksi ngikutin regulasi? UU LLAJR no 22 thn 2009 jelas sekali, mau ganti jalur, harus kasih tanda, gak boleh motong jalan. Prakteknya??

Kalau bicara pemerintah, politik itu di atas hukum, faktanya begitu. Gojek (dan ojek tradisional) jelas banget langgar regulasi, plat item ngangkut penumpang utk tujuan komersial, itu salah. Berani gitu hapus gojek dan ojek? Yg ada hukumnya yg dihapus... hehehe

Ini juga sama, supir taksi 2000 orang demo. Pemerintah mau blokir, bingung juga, soalnya user taksi online bisa lebih dari itu, akhirnya bukan hukum yg diutamakan tapi politik, lebih banyak mana suaranya.... maklum 2019 gak terlalu lama.
regulasi. yg bikin regulasi aja pada masuk penjara :mky_06:
yang ikut regulasi. please deh. Kopaja, metro mini, angkot, taxi, dan busuknya service mereka. Coba perhatiin apakah transjakarta dan kereta api terganggu trayeknya?. sama sekali tidak. kenapa, karena public masih pakai. dan mereka masih mau berbenah. biarkan hukum alam bekerja. kalau gini terus, sekalian aja helicak, becak, delman jadi bangkit lagi. balik ke jaman flinstone kalau perlu. dengan alasan incumbent sudah mengikuti that damn prosedur dan regulasi.
menurut ane udah waktunya style swasta masuk ke pemerintah. Customer first. sebagai rules of thumb.
dimsum87
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Sun Nov 08, 2015 3:50

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by dimsum87 »

Ngga setuju, sebelum angkutan umum aman baru nanti konsumen bsa memilih mana yg baik. Selama angkutan umum ngga aman, jangan harap untuk menghilangkan aplikasi seperti ini. Karna sangat membantu masyarakat dan itu terbukti. Contoh ojek, ojek pangkalan selalu memberikan harga tinggi tp ojek aplikasi jelas harganya. Maka konsumen lah yg akan memilih terbaik.
Jadi benerin dulu tuh angkutannya jangan demo aja tp ngga ada benernya kendaraannya.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by Turboman »

Kalo utk Taxi konvensional supaya efisien sih bener spt yg om NR bilang

Persh induk cukup jadi operator & manage aja

Semua unit bergerak dan driver-nya out source ke 3rd party, mau persh / koperasi / individu ya tersera

Dari sisi Pemerintah ini jadi refleksi juga, dgn adanya layanan yg lebih baik, maka izin2 harus disederhanakan / prosedur kir juga harus disederhanakan / di efisienkan tanpa mengurangi kualitas pemeriksaan / check up list

Regulator juga harus direformasi total (kalo A Hok punya kuasa penuh ke sini mah udah sip dah.....wkwkwkwkwk)

Kalo dulu di dunia airline krn ada peraturan pesawat registrasi "PK" gak boleh masuk wilayah Uni Eropa.....naaaaaaahhh........lgs bebenah semua deh tu, apalagi krn GA ada misi mau terbang ke AMS

Memang mesti ada faktor "Penggebuk"-nya dulu.......ada Ang Cit Kong phenomenon (jurus tongkat gebuk anjing)........wkwkwkwkkwwk

CMIIW
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7363
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by newrubble »

kalo sy meliat govt pd sisi sebagai lawan (opponent) bukan musuh (enemy) maka masuk akal metromini mikrolet kopaja ... apapun wheelie zombie ... bebas in operation

sy pernah bilang bbrp x ... govt in indo itu meng-administrasi-kan ... blm sampai level meng-atur (regulate n enforce) ... aturan dibuat spy apapun dibawah administrasi mrk

kalo blm dibawah administrasi mrk akan fight n kalo sdh ... mrk akan tenang ... zzz

cara fikir govt spt pedagang jaman cyber ... cukup pegang files n create gain by producing file / scrip based approval ... tdk perlu invest byk di enforcement tools ...

mrk akan terganggu bila ada yg coba coba.scriptless ... marah spt beruang baru bangun

satu hal lg yg sy liat blm diliat adalah plaat kuning n keur dlm arti tax n importduty implication:

aturan aturan (admin) yg berlaku hanya u units yg berfungsi sbg fulltime public (pay per ride) ... online is part-time n kalo dipaksa diberlakukan sama spt fulltime pay per ride hrs pakai plaat kuning apakah govt.siap segala yg excessive telah terbayar (importduty n taxes) readjusted n refunded?

itu wang lebih byk loh .. sangat byk ... siapa yg akan trima refund? 25% (non luxury) -.50% (luxury) dr onroad price when brandnew n hrsnya balik ... refunded tanpa proporsional calculation ... indo taxation term for this is ... final based payment
Last edited by newrubble on Wed Mar 16, 2016 5:53, edited 1 time in total.
hafizh
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: Fri Jun 27, 2008 6:36

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by hafizh »

Lewat jubirnya, pak JKW gak setuju taxi online dihapus dan minta menterinya untuk nyari win-win solution...