[SM Modification] Ganti velg

Modifikasi bodi mobil serta kaki-kaki mobil? Silakan bahas disini...

Moderators: b8099ok, F 272, ChZ, ginting, FRD, artoodetoo

Post Reply
Kaptenslow
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: 22 Apr 2015, 08:54

Re: RE: Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by Kaptenslow » 04 Feb 2017, 09:04

marmut wrote:
03 Feb 2017, 14:18
Kaptenslow wrote: -
Sebetulnya naiknya GC sebanyak 2,5 atau 3,5 atau 4cm itu signifikan gak sih buat menghindari jeduk bawah? Atau percuma?

Miris soalnya mod tiap kali denger kolongnya kayak diiris besi.

Kecurigaan saya penyebab rendahnya GC di serena ini juga karena ban cadangannya ditaro di kolong penumpang depan. Jadinya mengurangi ketinggian GC dari lantai.
naik 1 sampai 2 inchi kalo untuk perjalanan dalam kota sih sangat relatif ya... tapi kalo bicara cruising diatas 80kmh dengan penambahan GC segitu sangat terasa.
Maksud om...? Cruising diatas 80kmh, apa yg akan terasa?
The good ones(stabil, mantap ridingnya)?
atau the bad ones(limbung, goyang ridingnya)?
:mky_08:

Kaptenslow
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: 22 Apr 2015, 08:54

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by Kaptenslow » 04 Feb 2017, 09:42

armann wrote:
03 Feb 2017, 22:08
[quote=Kaptenslow post_id=916327 time=<a href="tel:1486105188">1486105188</a> user_id=36873]
[quote=armann post_id=916293 time=<a href="tel:1486098024">1486098024</a> user_id=39459]
[quote=Kaptenslow post_id=916226 time=<a href="tel:1486055029">1486055029</a> user_id=36873]


C26 om armann
ohhh kasih ban toyo tranpath aja yg 235 50 R 18, jamin gk jadi keras, pas buat mpv
[/quote]

Wah makasih om.. saya jg memang lg mikir kira2 nanti kalo jadi ganti velg ban nya kudu pake yg apa.

Ban yg skrg dipake masih terasa berisik. Apalagi pas tekanan anginnya dikasi 45 sama diler.. bunyinya mirip bola basket yg diredam.

Setelah ubah tekanan ke 38, udah berasa agak empuk dikit. Bantingan jg gak terlalu nyaring.

Waktu itu browse di SM, antara toyo transpath dan michelin premacy, secara durability, value to money, kira2 mana yg lebih worthed om?
[/quote]

kalo toyo tranpath sih halus suaranya, yg pasti gk berisik, cmn takutnya itu ban mepet bner dipakein ke serena c26, tanya2 dulu aja om biar jelas, apalagi kalo sering pergi rame2 & suspensi std, takut sisa dikit, bahaya tuh
[/quote]
ChZ wrote:
03 Feb 2017, 15:56
Kaptenslow wrote:
03 Feb 2017, 13:54

Siap mod. Nanti coba diintip. Kalo misalkan R18 dgn aspect ratio 45 atau 50. Menurut saya penambahan tingginya menjadi sekitar 3,5cm - 4cm.

Pertanyaan baru mod.. seandainya kita ganti dgn velg R17, kira2 aspect ratio kejar di 60 masih kena gak? Atau harus turun? Karena kalo pakai di 60, kenaikan GC kayaknya dapet 2,5cm.

Sebetulnya naiknya GC sebanyak 2,5 atau 3,5 atau 4cm itu signifikan gak sih buat menghindari jeduk bawah? Atau percuma?

Miris soalnya mod tiap kali denger kolongnya kayak diiris besi.

Kecurigaan saya penyebab rendahnya GC di serena ini juga karena ban cadangannya ditaro di kolong penumpang depan. Jadinya mengurangi ketinggian GC dari lantai.
Dikejar ketebalan pakai 60% seharusnya masih bisa... lihat spek bannya juga... mungkin pakai tapak lebih lebar 205/60/17 atau 215/60/17... Tapi rasanya spek ban kayak gini cukup langka...

Ganti velg buat naikin GC sih membantu dikit... tapi justru kalo pake ban tebel resikonya malah ngeri atasnya (natap fender / gesrot kalo diisi penuh)... Dulu di FD1 ane pernah naik dari 16 ke 18 malah pake 18 gesrot fender melulu kalo full, pake suspensi standar loh. Tapi ya setau saya kalo mobil yang travelnya panjang kayak Serena masih relatif aman dibanding FD1 yang memang bawaan travelnya pendek. Klw masih kepentok mungkin ngakalinnya pasang spring buffer... MPV roti tawar ane gak tau seberapa lebar itu ruang fender sih... pernahnya SUV sama Sedan soalnya ane...

Bwat naikin GC si paling bener ganti pernya dan shock nya... Tapi akan berpengaruh ke keawetan komponen lain seperti as roda...

Berarti menurut mod chz dan om armann yg sekarang harus dikhawatirkan duluan adalah, muat apa nggak, mentok apa nggak ukuran di 18"
Emang betul om armann... Beli mobil ini tujuannya untuk muat banyak org..
Dan saya juga kurang sreg mod chz kalo kudu ganti per dan shock.. Not really a big fan to customize.
Dan khawatir jeduk atas.
Berarti mungkin ini harus coba mampir toko ban buat tes velg 18 dulu kali yah...?

Sedikit OOT tentang customize.. beli mobil ini, ga bisa dibilang murah2 amat.. Tp setelah ngerasain driving experience naik mzd6, cx5.. Ini mobil makin dipake, bikin gregetan buat dioprek. Terutama interiornya.

It's like it is made to be customized. Dang!
Ambience-ok
Audio-kurang (std bgt, kalo dicompare sama bose nya mazda)--nahan diri buat ganti
Jok bawaan-basic bgt--akhirnya ganti articoleder
Peredaman-kurang--tambah peredam di tritala
Per-empuk.. Bahkan terlalu empuk--pasang sport damper di belakang.. Hasilnya not bad. Gak terlalu ngayun.
Lama2 diskonnya habis dipake buat upgred ke-gregetan2 ini. Hahahaha.. :big_slap:

Ok. BTT...
Nanti sambil diliat jarak dudukan mangkok per dgn ban. Dan coba diukur manual dulu deh. Nanti kalo sudah agak yakin, baru dicoba tes ke toko ban. Btw, gak gampang juga cari velg elgrand di online. Yg banyak velg xtrail dan juke. Gimana sih cara nge-cek velg, terutama velg bekas yg bawaan asli mobil?
:mky_08:

User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2385
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: RE: Re: RE: Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by marmut » 04 Feb 2017, 15:59


Kaptenslow wrote:
Maksud om...? Cruising diatas 80kmh, apa yg akan terasa?
The good ones(stabil, mantap ridingnya)?
atau the bad ones(limbung, goyang ridingnya)?
yang pasti coefficient of drag alias tahanan angin bertambah. belum lagi resiko up force yang bikin kendaraan jadi limbung dan susah dikontrol.
[ / ]

User avatar
ChZ
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 8516
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by ChZ » 04 Feb 2017, 16:31

Kaptenslow wrote:
04 Feb 2017, 09:42


Berarti menurut mod chz dan om armann yg sekarang harus dikhawatirkan duluan adalah, muat apa nggak, mentok apa nggak ukuran di 18"
Emang betul om armann... Beli mobil ini tujuannya untuk muat banyak org..
Dan saya juga kurang sreg mod chz kalo kudu ganti per dan shock.. Not really a big fan to customize.
Dan khawatir jeduk atas.
Berarti mungkin ini harus coba mampir toko ban buat tes velg 18 dulu kali yah...?

Sedikit OOT tentang customize.. beli mobil ini, ga bisa dibilang murah2 amat.. Tp setelah ngerasain driving experience naik mzd6, cx5.. Ini mobil makin dipake, bikin gregetan buat dioprek. Terutama interiornya.

It's like it is made to be customized. Dang!
Ambience-ok
Audio-kurang (std bgt, kalo dicompare sama bose nya mazda)--nahan diri buat ganti
Jok bawaan-basic bgt--akhirnya ganti articoleder
Peredaman-kurang--tambah peredam di tritala
Per-empuk.. Bahkan terlalu empuk--pasang sport damper di belakang.. Hasilnya not bad. Gak terlalu ngayun.
Lama2 diskonnya habis dipake buat upgred ke-gregetan2 ini. Hahahaha.. :big_slap:

Ok. BTT...
Nanti sambil diliat jarak dudukan mangkok per dgn ban. Dan coba diukur manual dulu deh. Nanti kalo sudah agak yakin, baru dicoba tes ke toko ban. Btw, gak gampang juga cari velg elgrand di online. Yg banyak velg xtrail dan juke. Gimana sih cara nge-cek velg, terutama velg bekas yg bawaan asli mobil?
Bener... di fitting dulu aja kalo velg... karena kalo velg liat spec doang susah... Spec sama kalo modelnya beda hasilnya bisa beda loh.

Maksudnya ngecek keaslian velg (ori/replika) gitu kah? Yang jelas kalo Ori pasti gak mungkin dobel PCD ... dan offsetnya biasa agak aneh kalo velg asli pabrikan... Plus biasa ada grafir pembuatnya kalo velg asli pabrikan... Misal Enkei... ada di balik velgnya... Yang jelas cek bener-bener spek velg Elgrand kalo memang berniat cari aslinya... Velg asli juga yang pasti lebarnya gak mungkin belang.

Plus (biasanya) velg asli lebih ringan... Tapi sekarang taiwan sama asli sih gak beda jauh... Dugaan ane most cars yang dijual di Indon velgnya juga outsource ke vendor Taiwan / Thailand... Karena velg asli 18inch nya CR-V RM berat euy... Dibanding 18inch aftermarket masih lebih berat orinya RM... Jadi kalo bandingin berat sekarang udah sulit...

Oh ya satu lagi ada resiko kalo mau pake ban tebel... Kalo terlalu tebel ntuh ban bisa natap spakbor dalem waktu belok patah...
220hp Turbocharged Korean SUV and Japanese Hatchback.
Image
http://chzautos.com/

Personal attack is a proof that you are too stupid...

Kaptenslow
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: 22 Apr 2015, 08:54

Re: RE: Re: RE: Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by Kaptenslow » 05 Feb 2017, 22:05

marmut wrote:
04 Feb 2017, 15:59
Kaptenslow wrote:
Maksud om...? Cruising diatas 80kmh, apa yg akan terasa?
The good ones(stabil, mantap ridingnya)?
atau the bad ones(limbung, goyang ridingnya)?
yang pasti coefficient of drag alias tahanan angin bertambah. belum lagi resiko up force yang bikin kendaraan jadi limbung dan susah dikontrol.
Denger yg begini ini yg jadi bikin ragu buat ganti velg nih. Resiko yg didapat lumayan krusial soalnya...
:mky_08:

Kaptenslow
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: 22 Apr 2015, 08:54

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by Kaptenslow » 05 Feb 2017, 22:09

ChZ wrote:
04 Feb 2017, 16:31
Kaptenslow wrote:
04 Feb 2017, 09:42


Berarti menurut mod chz dan om armann yg sekarang harus dikhawatirkan duluan adalah, muat apa nggak, mentok apa nggak ukuran di 18"
Emang betul om armann... Beli mobil ini tujuannya untuk muat banyak org..
Dan saya juga kurang sreg mod chz kalo kudu ganti per dan shock.. Not really a big fan to customize.
Dan khawatir jeduk atas.
Berarti mungkin ini harus coba mampir toko ban buat tes velg 18 dulu kali yah...?

Sedikit OOT tentang customize.. beli mobil ini, ga bisa dibilang murah2 amat.. Tp setelah ngerasain driving experience naik mzd6, cx5.. Ini mobil makin dipake, bikin gregetan buat dioprek. Terutama interiornya.

It's like it is made to be customized. Dang!
Ambience-ok
Audio-kurang (std bgt, kalo dicompare sama bose nya mazda)--nahan diri buat ganti
Jok bawaan-basic bgt--akhirnya ganti articoleder
Peredaman-kurang--tambah peredam di tritala
Per-empuk.. Bahkan terlalu empuk--pasang sport damper di belakang.. Hasilnya not bad. Gak terlalu ngayun.
Lama2 diskonnya habis dipake buat upgred ke-gregetan2 ini. Hahahaha.. :big_slap:

Ok. BTT...
Nanti sambil diliat jarak dudukan mangkok per dgn ban. Dan coba diukur manual dulu deh. Nanti kalo sudah agak yakin, baru dicoba tes ke toko ban. Btw, gak gampang juga cari velg elgrand di online. Yg banyak velg xtrail dan juke. Gimana sih cara nge-cek velg, terutama velg bekas yg bawaan asli mobil?
Bener... di fitting dulu aja kalo velg... karena kalo velg liat spec doang susah... Spec sama kalo modelnya beda hasilnya bisa beda loh.

Maksudnya ngecek keaslian velg (ori/replika) gitu kah? Yang jelas kalo Ori pasti gak mungkin dobel PCD ... dan offsetnya biasa agak aneh kalo velg asli pabrikan... Plus biasa ada grafir pembuatnya kalo velg asli pabrikan... Misal Enkei... ada di balik velgnya... Yang jelas cek bener-bener spek velg Elgrand kalo memang berniat cari aslinya... Velg asli juga yang pasti lebarnya gak mungkin belang.

Plus (biasanya) velg asli lebih ringan... Tapi sekarang taiwan sama asli sih gak beda jauh... Dugaan ane most cars yang dijual di Indon velgnya juga outsource ke vendor Taiwan / Thailand... Karena velg asli 18inch nya CR-V RM berat euy... Dibanding 18inch aftermarket masih lebih berat orinya RM... Jadi kalo bandingin berat sekarang udah sulit...

Oh ya satu lagi ada resiko kalo mau pake ban tebel... Kalo terlalu tebel ntuh ban bisa natap spakbor dalem waktu belok patah...
Ok. Kalo lihat dari diskusi kita ini, sepertinya kalo nanti jadi ganti, kayaknya lebih aman di 17". Lebih rendah resikonya.
Baiklah, nanti saya update lagi kalo sudah diganti.

Untuk sementara informasi sudah cukup untuk dicerna dulu ke toko ban.. hehehe. Terima kasih buat masukan2an dari om armann, mod chz dan om marmut.
:mky_08:

User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2385
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by marmut » 05 Feb 2017, 22:19

nggak boleh ragu oom. harus yakin. yang terpenting semua masukan dipelajari dulu, dipikirkan plus minusnya. yg pasti semua ada resikonya.
tetep semangat oom, jangan ragu.

sent from Ericsson R310s

[ / ]

User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 839
Joined: 14 Aug 2013, 20:07

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by ecco » 09 Feb 2017, 13:33

Ada yang punya pengalaman pake wheel spacer gak yah? saya berminat nambah lebar track mobil saya dengan wheel spacer 15-20mm...
kalo baca2 plus minus sih macem2 di web, nah mau tanya pengalaman rekan2 di SM udah ada yg coba?
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi

User avatar
ChZ
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 8516
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by ChZ » 09 Feb 2017, 14:10

ecco wrote:
09 Feb 2017, 13:33
Ada yang punya pengalaman pake wheel spacer gak yah? saya berminat nambah lebar track mobil saya dengan wheel spacer 15-20mm...
kalo baca2 plus minus sih macem2 di web, nah mau tanya pengalaman rekan2 di SM udah ada yg coba?
Pernah... Dulu di Harrier pake karena offsetnya ga masuk... Dipake luar kota bolak balik juga masih aman sih.
220hp Turbocharged Korean SUV and Japanese Hatchback.
Image
http://chzautos.com/

Personal attack is a proof that you are too stupid...

User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 839
Joined: 14 Aug 2013, 20:07

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by ecco » 09 Feb 2017, 14:19

ChZ wrote:
09 Feb 2017, 14:10
ecco wrote:
09 Feb 2017, 13:33
Ada yang punya pengalaman pake wheel spacer gak yah? saya berminat nambah lebar track mobil saya dengan wheel spacer 15-20mm...
kalo baca2 plus minus sih macem2 di web, nah mau tanya pengalaman rekan2 di SM udah ada yg coba?
Pernah... Dulu di Harrier pake karena offsetnya ga masuk... Dipake luar kota bolak balik juga masih aman sih.
Om ChZ dulu pakainya yg diselipin aja trus pakai baut bawaan, atau baut diganti yg lebih panjang, atau spacer yg bawa baut sendiri, trus baut bawaannya buat iket spacer ke Hub?
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi

User avatar
ChZ
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 8516
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by ChZ » 09 Feb 2017, 15:15

ecco wrote:
09 Feb 2017, 14:19
ChZ wrote:
09 Feb 2017, 14:10
ecco wrote:
09 Feb 2017, 13:33
Ada yang punya pengalaman pake wheel spacer gak yah? saya berminat nambah lebar track mobil saya dengan wheel spacer 15-20mm...
kalo baca2 plus minus sih macem2 di web, nah mau tanya pengalaman rekan2 di SM udah ada yg coba?
Pernah... Dulu di Harrier pake karena offsetnya ga masuk... Dipake luar kota bolak balik juga masih aman sih.
Om ChZ dulu pakainya yg diselipin aja trus pakai baut bawaan, atau baut diganti yg lebih panjang, atau spacer yg bawa baut sendiri, trus baut bawaannya buat iket spacer ke Hub?
Di selipin doank pake baut bawaan masih bisa kalau Harrier dlu.
220hp Turbocharged Korean SUV and Japanese Hatchback.
Image
http://chzautos.com/

Personal attack is a proof that you are too stupid...

User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 839
Joined: 14 Aug 2013, 20:07

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by ecco » 19 Feb 2017, 10:32

ChZ wrote:
09 Feb 2017, 15:15
ecco wrote:
09 Feb 2017, 14:19
ChZ wrote:
09 Feb 2017, 14:10


Pernah... Dulu di Harrier pake karena offsetnya ga masuk... Dipake luar kota bolak balik juga masih aman sih.
Om ChZ dulu pakainya yg diselipin aja trus pakai baut bawaan, atau baut diganti yg lebih panjang, atau spacer yg bawa baut sendiri, trus baut bawaannya buat iket spacer ke Hub?
Di selipin doank pake baut bawaan masih bisa kalau Harrier dlu.
makasih infonya Om..
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi

W42d
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: 25 Jan 2017, 21:22

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by W42d » 18 Dec 2017, 18:39

Om semua mau tanya donk. Bener2 baru pegang mobil.
Ane pake brio, kemarin ganti velg ke R15 dan pake ban baru yokohama s drive ukuran 195/50 R15. Pas ganti sekalian cek kaki2 semua masih oke mnrt mekanik benkgkel. Ga lupa saya balancing and spooring ulang. Permasalahannya adalah sekarang kalo jalan pelan dibawah 40km/h kedengera suara hump..hump..hump. seperti ada yg ga rata. Dr jalan 10km/h sampe 40km/h makin berasa. Leeat 40 km/h uda ga trlalu kedengeran n diatas 60 km/h ga kedengeran. Lari sampe 100 km/h pun normal. Kira2 masalah nya apa ya? Lalu kalau mau cek, urutannya cek apa dl ya?
Sebagai info, saya sudah pasang lowering kit tein stech. Velg yg saya pakai merk SSW, R15 lebar 7 dgn offset depan 41 dan blkg 35. KM saat ini 33.000.
Mohon bantuannya. Terima kasih.

Post Reply

Return to “Body and Wheels”