[SM Modification] Ganti velg

Modifikasi bodi mobil serta kaki-kaki mobil? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Kaptenslow
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: 22 Apr 2015, 08:54

Re: RE: Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by Kaptenslow »

marmut wrote: 03 Feb 2017, 14:18
Kaptenslow wrote: -
Sebetulnya naiknya GC sebanyak 2,5 atau 3,5 atau 4cm itu signifikan gak sih buat menghindari jeduk bawah? Atau percuma?

Miris soalnya mod tiap kali denger kolongnya kayak diiris besi.

Kecurigaan saya penyebab rendahnya GC di serena ini juga karena ban cadangannya ditaro di kolong penumpang depan. Jadinya mengurangi ketinggian GC dari lantai.
naik 1 sampai 2 inchi kalo untuk perjalanan dalam kota sih sangat relatif ya... tapi kalo bicara cruising diatas 80kmh dengan penambahan GC segitu sangat terasa.
Maksud om...? Cruising diatas 80kmh, apa yg akan terasa?
The good ones(stabil, mantap ridingnya)?
atau the bad ones(limbung, goyang ridingnya)?
:mky_08:
Kaptenslow
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: 22 Apr 2015, 08:54

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by Kaptenslow »

armann wrote: 03 Feb 2017, 22:08 [quote=Kaptenslow post_id=916327 time=<a href="tel:1486105188">1486105188</a> user_id=36873]
[quote=armann post_id=916293 time=<a href="tel:1486098024">1486098024</a> user_id=39459]
[quote=Kaptenslow post_id=916226 time=<a href="tel:1486055029">1486055029</a> user_id=36873]


C26 om armann
ohhh kasih ban toyo tranpath aja yg 235 50 R 18, jamin gk jadi keras, pas buat mpv
[/quote]

Wah makasih om.. saya jg memang lg mikir kira2 nanti kalo jadi ganti velg ban nya kudu pake yg apa.

Ban yg skrg dipake masih terasa berisik. Apalagi pas tekanan anginnya dikasi 45 sama diler.. bunyinya mirip bola basket yg diredam.

Setelah ubah tekanan ke 38, udah berasa agak empuk dikit. Bantingan jg gak terlalu nyaring.

Waktu itu browse di SM, antara toyo transpath dan michelin premacy, secara durability, value to money, kira2 mana yg lebih worthed om?
[/quote]

kalo toyo tranpath sih halus suaranya, yg pasti gk berisik, cmn takutnya itu ban mepet bner dipakein ke serena c26, tanya2 dulu aja om biar jelas, apalagi kalo sering pergi rame2 & suspensi std, takut sisa dikit, bahaya tuh
[/quote]
ChZ wrote: 03 Feb 2017, 15:56
Kaptenslow wrote: 03 Feb 2017, 13:54
Siap mod. Nanti coba diintip. Kalo misalkan R18 dgn aspect ratio 45 atau 50. Menurut saya penambahan tingginya menjadi sekitar 3,5cm - 4cm.

Pertanyaan baru mod.. seandainya kita ganti dgn velg R17, kira2 aspect ratio kejar di 60 masih kena gak? Atau harus turun? Karena kalo pakai di 60, kenaikan GC kayaknya dapet 2,5cm.

Sebetulnya naiknya GC sebanyak 2,5 atau 3,5 atau 4cm itu signifikan gak sih buat menghindari jeduk bawah? Atau percuma?

Miris soalnya mod tiap kali denger kolongnya kayak diiris besi.

Kecurigaan saya penyebab rendahnya GC di serena ini juga karena ban cadangannya ditaro di kolong penumpang depan. Jadinya mengurangi ketinggian GC dari lantai.
Dikejar ketebalan pakai 60% seharusnya masih bisa... lihat spek bannya juga... mungkin pakai tapak lebih lebar 205/60/17 atau 215/60/17... Tapi rasanya spek ban kayak gini cukup langka...

Ganti velg buat naikin GC sih membantu dikit... tapi justru kalo pake ban tebel resikonya malah ngeri atasnya (natap fender / gesrot kalo diisi penuh)... Dulu di FD1 ane pernah naik dari 16 ke 18 malah pake 18 gesrot fender melulu kalo full, pake suspensi standar loh. Tapi ya setau saya kalo mobil yang travelnya panjang kayak Serena masih relatif aman dibanding FD1 yang memang bawaan travelnya pendek. Klw masih kepentok mungkin ngakalinnya pasang spring buffer... MPV roti tawar ane gak tau seberapa lebar itu ruang fender sih... pernahnya SUV sama Sedan soalnya ane...

Bwat naikin GC si paling bener ganti pernya dan shock nya... Tapi akan berpengaruh ke keawetan komponen lain seperti as roda...

Berarti menurut mod chz dan om armann yg sekarang harus dikhawatirkan duluan adalah, muat apa nggak, mentok apa nggak ukuran di 18"
Emang betul om armann... Beli mobil ini tujuannya untuk muat banyak org..
Dan saya juga kurang sreg mod chz kalo kudu ganti per dan shock.. Not really a big fan to customize.
Dan khawatir jeduk atas.
Berarti mungkin ini harus coba mampir toko ban buat tes velg 18 dulu kali yah...?

Sedikit OOT tentang customize.. beli mobil ini, ga bisa dibilang murah2 amat.. Tp setelah ngerasain driving experience naik mzd6, cx5.. Ini mobil makin dipake, bikin gregetan buat dioprek. Terutama interiornya.

It's like it is made to be customized. Dang!
Ambience-ok
Audio-kurang (std bgt, kalo dicompare sama bose nya mazda)--nahan diri buat ganti
Jok bawaan-basic bgt--akhirnya ganti articoleder
Peredaman-kurang--tambah peredam di tritala
Per-empuk.. Bahkan terlalu empuk--pasang sport damper di belakang.. Hasilnya not bad. Gak terlalu ngayun.
Lama2 diskonnya habis dipake buat upgred ke-gregetan2 ini. Hahahaha.. :big_slap:

Ok. BTT...
Nanti sambil diliat jarak dudukan mangkok per dgn ban. Dan coba diukur manual dulu deh. Nanti kalo sudah agak yakin, baru dicoba tes ke toko ban. Btw, gak gampang juga cari velg elgrand di online. Yg banyak velg xtrail dan juke. Gimana sih cara nge-cek velg, terutama velg bekas yg bawaan asli mobil?
:mky_08:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: RE: Re: RE: Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by marmut »


Kaptenslow wrote:
Maksud om...? Cruising diatas 80kmh, apa yg akan terasa?
The good ones(stabil, mantap ridingnya)?
atau the bad ones(limbung, goyang ridingnya)?
yang pasti coefficient of drag alias tahanan angin bertambah. belum lagi resiko up force yang bikin kendaraan jadi limbung dan susah dikontrol.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by ChZ »

Kaptenslow wrote: 04 Feb 2017, 09:42

Berarti menurut mod chz dan om armann yg sekarang harus dikhawatirkan duluan adalah, muat apa nggak, mentok apa nggak ukuran di 18"
Emang betul om armann... Beli mobil ini tujuannya untuk muat banyak org..
Dan saya juga kurang sreg mod chz kalo kudu ganti per dan shock.. Not really a big fan to customize.
Dan khawatir jeduk atas.
Berarti mungkin ini harus coba mampir toko ban buat tes velg 18 dulu kali yah...?

Sedikit OOT tentang customize.. beli mobil ini, ga bisa dibilang murah2 amat.. Tp setelah ngerasain driving experience naik mzd6, cx5.. Ini mobil makin dipake, bikin gregetan buat dioprek. Terutama interiornya.

It's like it is made to be customized. Dang!
Ambience-ok
Audio-kurang (std bgt, kalo dicompare sama bose nya mazda)--nahan diri buat ganti
Jok bawaan-basic bgt--akhirnya ganti articoleder
Peredaman-kurang--tambah peredam di tritala
Per-empuk.. Bahkan terlalu empuk--pasang sport damper di belakang.. Hasilnya not bad. Gak terlalu ngayun.
Lama2 diskonnya habis dipake buat upgred ke-gregetan2 ini. Hahahaha.. :big_slap:

Ok. BTT...
Nanti sambil diliat jarak dudukan mangkok per dgn ban. Dan coba diukur manual dulu deh. Nanti kalo sudah agak yakin, baru dicoba tes ke toko ban. Btw, gak gampang juga cari velg elgrand di online. Yg banyak velg xtrail dan juke. Gimana sih cara nge-cek velg, terutama velg bekas yg bawaan asli mobil?
Bener... di fitting dulu aja kalo velg... karena kalo velg liat spec doang susah... Spec sama kalo modelnya beda hasilnya bisa beda loh.

Maksudnya ngecek keaslian velg (ori/replika) gitu kah? Yang jelas kalo Ori pasti gak mungkin dobel PCD ... dan offsetnya biasa agak aneh kalo velg asli pabrikan... Plus biasa ada grafir pembuatnya kalo velg asli pabrikan... Misal Enkei... ada di balik velgnya... Yang jelas cek bener-bener spek velg Elgrand kalo memang berniat cari aslinya... Velg asli juga yang pasti lebarnya gak mungkin belang.

Plus (biasanya) velg asli lebih ringan... Tapi sekarang taiwan sama asli sih gak beda jauh... Dugaan ane most cars yang dijual di Indon velgnya juga outsource ke vendor Taiwan / Thailand... Karena velg asli 18inch nya CR-V RM berat euy... Dibanding 18inch aftermarket masih lebih berat orinya RM... Jadi kalo bandingin berat sekarang udah sulit...

Oh ya satu lagi ada resiko kalo mau pake ban tebel... Kalo terlalu tebel ntuh ban bisa natap spakbor dalem waktu belok patah...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Kaptenslow
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: 22 Apr 2015, 08:54

Re: RE: Re: RE: Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by Kaptenslow »

marmut wrote: 04 Feb 2017, 15:59
Kaptenslow wrote:
Maksud om...? Cruising diatas 80kmh, apa yg akan terasa?
The good ones(stabil, mantap ridingnya)?
atau the bad ones(limbung, goyang ridingnya)?
yang pasti coefficient of drag alias tahanan angin bertambah. belum lagi resiko up force yang bikin kendaraan jadi limbung dan susah dikontrol.
Denger yg begini ini yg jadi bikin ragu buat ganti velg nih. Resiko yg didapat lumayan krusial soalnya...
:mky_08:
Kaptenslow
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: 22 Apr 2015, 08:54

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by Kaptenslow »

ChZ wrote: 04 Feb 2017, 16:31
Kaptenslow wrote: 04 Feb 2017, 09:42

Berarti menurut mod chz dan om armann yg sekarang harus dikhawatirkan duluan adalah, muat apa nggak, mentok apa nggak ukuran di 18"
Emang betul om armann... Beli mobil ini tujuannya untuk muat banyak org..
Dan saya juga kurang sreg mod chz kalo kudu ganti per dan shock.. Not really a big fan to customize.
Dan khawatir jeduk atas.
Berarti mungkin ini harus coba mampir toko ban buat tes velg 18 dulu kali yah...?

Sedikit OOT tentang customize.. beli mobil ini, ga bisa dibilang murah2 amat.. Tp setelah ngerasain driving experience naik mzd6, cx5.. Ini mobil makin dipake, bikin gregetan buat dioprek. Terutama interiornya.

It's like it is made to be customized. Dang!
Ambience-ok
Audio-kurang (std bgt, kalo dicompare sama bose nya mazda)--nahan diri buat ganti
Jok bawaan-basic bgt--akhirnya ganti articoleder
Peredaman-kurang--tambah peredam di tritala
Per-empuk.. Bahkan terlalu empuk--pasang sport damper di belakang.. Hasilnya not bad. Gak terlalu ngayun.
Lama2 diskonnya habis dipake buat upgred ke-gregetan2 ini. Hahahaha.. :big_slap:

Ok. BTT...
Nanti sambil diliat jarak dudukan mangkok per dgn ban. Dan coba diukur manual dulu deh. Nanti kalo sudah agak yakin, baru dicoba tes ke toko ban. Btw, gak gampang juga cari velg elgrand di online. Yg banyak velg xtrail dan juke. Gimana sih cara nge-cek velg, terutama velg bekas yg bawaan asli mobil?
Bener... di fitting dulu aja kalo velg... karena kalo velg liat spec doang susah... Spec sama kalo modelnya beda hasilnya bisa beda loh.

Maksudnya ngecek keaslian velg (ori/replika) gitu kah? Yang jelas kalo Ori pasti gak mungkin dobel PCD ... dan offsetnya biasa agak aneh kalo velg asli pabrikan... Plus biasa ada grafir pembuatnya kalo velg asli pabrikan... Misal Enkei... ada di balik velgnya... Yang jelas cek bener-bener spek velg Elgrand kalo memang berniat cari aslinya... Velg asli juga yang pasti lebarnya gak mungkin belang.

Plus (biasanya) velg asli lebih ringan... Tapi sekarang taiwan sama asli sih gak beda jauh... Dugaan ane most cars yang dijual di Indon velgnya juga outsource ke vendor Taiwan / Thailand... Karena velg asli 18inch nya CR-V RM berat euy... Dibanding 18inch aftermarket masih lebih berat orinya RM... Jadi kalo bandingin berat sekarang udah sulit...

Oh ya satu lagi ada resiko kalo mau pake ban tebel... Kalo terlalu tebel ntuh ban bisa natap spakbor dalem waktu belok patah...
Ok. Kalo lihat dari diskusi kita ini, sepertinya kalo nanti jadi ganti, kayaknya lebih aman di 17". Lebih rendah resikonya.
Baiklah, nanti saya update lagi kalo sudah diganti.

Untuk sementara informasi sudah cukup untuk dicerna dulu ke toko ban.. hehehe. Terima kasih buat masukan2an dari om armann, mod chz dan om marmut.
:mky_08:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by marmut »

nggak boleh ragu oom. harus yakin. yang terpenting semua masukan dipelajari dulu, dipikirkan plus minusnya. yg pasti semua ada resikonya.
tetep semangat oom, jangan ragu.

sent from Ericsson R310s

User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: 14 Aug 2013, 20:07

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by ecco »

Ada yang punya pengalaman pake wheel spacer gak yah? saya berminat nambah lebar track mobil saya dengan wheel spacer 15-20mm...
kalo baca2 plus minus sih macem2 di web, nah mau tanya pengalaman rekan2 di SM udah ada yg coba?
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by ChZ »

ecco wrote: 09 Feb 2017, 13:33 Ada yang punya pengalaman pake wheel spacer gak yah? saya berminat nambah lebar track mobil saya dengan wheel spacer 15-20mm...
kalo baca2 plus minus sih macem2 di web, nah mau tanya pengalaman rekan2 di SM udah ada yg coba?
Pernah... Dulu di Harrier pake karena offsetnya ga masuk... Dipake luar kota bolak balik juga masih aman sih.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: 14 Aug 2013, 20:07

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by ecco »

ChZ wrote: 09 Feb 2017, 14:10
ecco wrote: 09 Feb 2017, 13:33 Ada yang punya pengalaman pake wheel spacer gak yah? saya berminat nambah lebar track mobil saya dengan wheel spacer 15-20mm...
kalo baca2 plus minus sih macem2 di web, nah mau tanya pengalaman rekan2 di SM udah ada yg coba?
Pernah... Dulu di Harrier pake karena offsetnya ga masuk... Dipake luar kota bolak balik juga masih aman sih.
Om ChZ dulu pakainya yg diselipin aja trus pakai baut bawaan, atau baut diganti yg lebih panjang, atau spacer yg bawa baut sendiri, trus baut bawaannya buat iket spacer ke Hub?
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by ChZ »

ecco wrote: 09 Feb 2017, 14:19
ChZ wrote: 09 Feb 2017, 14:10
ecco wrote: 09 Feb 2017, 13:33 Ada yang punya pengalaman pake wheel spacer gak yah? saya berminat nambah lebar track mobil saya dengan wheel spacer 15-20mm...
kalo baca2 plus minus sih macem2 di web, nah mau tanya pengalaman rekan2 di SM udah ada yg coba?
Pernah... Dulu di Harrier pake karena offsetnya ga masuk... Dipake luar kota bolak balik juga masih aman sih.
Om ChZ dulu pakainya yg diselipin aja trus pakai baut bawaan, atau baut diganti yg lebih panjang, atau spacer yg bawa baut sendiri, trus baut bawaannya buat iket spacer ke Hub?
Di selipin doank pake baut bawaan masih bisa kalau Harrier dlu.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: 14 Aug 2013, 20:07

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by ecco »

ChZ wrote: 09 Feb 2017, 15:15
ecco wrote: 09 Feb 2017, 14:19
ChZ wrote: 09 Feb 2017, 14:10

Pernah... Dulu di Harrier pake karena offsetnya ga masuk... Dipake luar kota bolak balik juga masih aman sih.
Om ChZ dulu pakainya yg diselipin aja trus pakai baut bawaan, atau baut diganti yg lebih panjang, atau spacer yg bawa baut sendiri, trus baut bawaannya buat iket spacer ke Hub?
Di selipin doank pake baut bawaan masih bisa kalau Harrier dlu.
makasih infonya Om..
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
W42d
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: 25 Jan 2017, 21:22

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by W42d »

Om semua mau tanya donk. Bener2 baru pegang mobil.
Ane pake brio, kemarin ganti velg ke R15 dan pake ban baru yokohama s drive ukuran 195/50 R15. Pas ganti sekalian cek kaki2 semua masih oke mnrt mekanik benkgkel. Ga lupa saya balancing and spooring ulang. Permasalahannya adalah sekarang kalo jalan pelan dibawah 40km/h kedengera suara hump..hump..hump. seperti ada yg ga rata. Dr jalan 10km/h sampe 40km/h makin berasa. Leeat 40 km/h uda ga trlalu kedengeran n diatas 60 km/h ga kedengeran. Lari sampe 100 km/h pun normal. Kira2 masalah nya apa ya? Lalu kalau mau cek, urutannya cek apa dl ya?
Sebagai info, saya sudah pasang lowering kit tein stech. Velg yg saya pakai merk SSW, R15 lebar 7 dgn offset depan 41 dan blkg 35. KM saat ini 33.000.
Mohon bantuannya. Terima kasih.
streetrace
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 11 Dec 2018, 13:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: streetrace

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by streetrace »

kalo pake HSR ? paten gak sih om ? mau nanya aja , soalnya Hsr wheels katanya bisa cicil velg sama ongkos gratis mau nanya om
streetrod60
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: 27 Jul 2018, 14:55
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Avanza Veloz

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by streetrod60 »

Sore om sekalian. Ane pakek vw pcd 112. Ceritanya mau pakek superturismo LM 17. Ngubek Ngubek marketplace, cuman nemu pcd 114. Search di google, ada yang bilang ''gak aman'', ada juga yang bilang ''aman''. Nah, dasar nya ane masi penasaran, mau coba nanya dimari, gimana menurut om om sekalian?
Si yang punya toko bilang nya : dateng aja dulu buat fitting. Emang ada toleransi kah ''aman'' atau ''gak aman'' nya?
Kalo misalnya emang jadi di bubut velg nya biar bisa masuk ke 112 , apakah harga jual kembali nya lebih jatoh dibanding yang
''perawan'' 114?
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: 26 Jul 2017, 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by FR6 »

streetrod60 wrote: 26 Feb 2019, 16:32 Sore om sekalian. Ane pakek vw pcd 112. Ceritanya mau pakek superturismo LM 17. Ngubek Ngubek marketplace, cuman nemu pcd 114. Search di google, ada yang bilang ''gak aman'', ada juga yang bilang ''aman''. Nah, dasar nya ane masi penasaran, mau coba nanya dimari, gimana menurut om om sekalian?
Si yang punya toko bilang nya : dateng aja dulu buat fitting. Emang ada toleransi kah ''aman'' atau ''gak aman'' nya?
Kalo misalnya emang jadi di bubut velg nya biar bisa masuk ke 112 , apakah harga jual kembali nya lebih jatoh dibanding yang
''perawan'' 114?
Sama sekali ga aman Om menurut saya, krn beda jarak sedikit aja punya pengaruh gede ke stabilam mobil, mending cari yg lain aja. Happy hunting Om
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: 03 Jan 2015, 19:58

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by Dat510 »

streetrod60 wrote: 26 Feb 2019, 16:32 Sore om sekalian. Ane pakek vw pcd 112. Ceritanya mau pakek superturismo LM 17. Ngubek Ngubek marketplace, cuman nemu pcd 114. Search di google, ada yang bilang ''gak aman'', ada juga yang bilang ''aman''. Nah, dasar nya ane masi penasaran, mau coba nanya dimari, gimana menurut om om sekalian?
Si yang punya toko bilang nya : dateng aja dulu buat fitting. Emang ada toleransi kah ''aman'' atau ''gak aman'' nya?
Kalo misalnya emang jadi di bubut velg nya biar bisa masuk ke 112 , apakah harga jual kembali nya lebih jatoh dibanding yang
''perawan'' 114?
Beberapa temen saya ada yang ubah PCD, malah dari 114 ke 120..
Tapi kalo saya pribadi lebih pilih menghindari ini, karena berkaitan dengan safety.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by sintoni »

streetrod60 wrote: 26 Feb 2019, 16:32 Sore om sekalian. Ane pakek vw pcd 112. Ceritanya mau pakek superturismo LM 17. Ngubek Ngubek marketplace, cuman nemu pcd 114. Search di google, ada yang bilang ''gak aman'', ada juga yang bilang ''aman''. Nah, dasar nya ane masi penasaran, mau coba nanya dimari, gimana menurut om om sekalian?
Si yang punya toko bilang nya : dateng aja dulu buat fitting. Emang ada toleransi kah ''aman'' atau ''gak aman'' nya?
Kalo misalnya emang jadi di bubut velg nya biar bisa masuk ke 112 , apakah harga jual kembali nya lebih jatoh dibanding yang
''perawan'' 114?
Kadang ga perlu diapain2 bisa plug and play om.

Jadi 112 bisa ke 114 atau sebaliknya.

Tapi ga semua pelek bisa ya, beberapa velg ada yg lobangnya gede jadi masih bisa masuk. Kalau ga coba dikikir aja sedikit, kalau ga salah dulu pernah baca kayak ada dibor sedikit biar lubang baut agak gede jadi bisa muat.

CMIIW om.
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by farizfsa »

streetrod60 wrote: 26 Feb 2019, 16:32 Sore om sekalian. Ane pakek vw pcd 112. Ceritanya mau pakek superturismo LM 17. Ngubek Ngubek marketplace, cuman nemu pcd 114. Search di google, ada yang bilang ''gak aman'', ada juga yang bilang ''aman''. Nah, dasar nya ane masi penasaran, mau coba nanya dimari, gimana menurut om om sekalian?
Si yang punya toko bilang nya : dateng aja dulu buat fitting. Emang ada toleransi kah ''aman'' atau ''gak aman'' nya?
Kalo misalnya emang jadi di bubut velg nya biar bisa masuk ke 112 , apakah harga jual kembali nya lebih jatoh dibanding yang
''perawan'' 114?
Aman om, ane malah beberapa kali bubut velg bmw jd pcd mercy (120 ke 112), ga geter ga retak apapun itu lari 200 jg ok
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
streetrod60
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: 27 Jul 2018, 14:55
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Avanza Veloz

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by streetrod60 »

Mau tanya lanjut an diatas, masih seputar pcd velg. Kalo ada seller jual velg, ukuran pcd ditulis 114/112. Itu berarti kalo mobil saya pcd 112, masih ada chance untuk masuk tanpa ''akal akal'' an?
Kalo seller tulis pcd 112/114 apa karena beda tipis ukuran pcd 114 & 112?
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by sintoni »

streetrod60 wrote: 06 Mar 2019, 13:21 Mau tanya lanjut an diatas, masih seputar pcd velg. Kalo ada seller jual velg, ukuran pcd ditulis 114/112. Itu berarti kalo mobil saya pcd 112, masih ada chance untuk masuk tanpa ''akal akal'' an?
Kalo seller tulis pcd 112/114 apa karena beda tipis ukuran pcd 114 & 112?
Seharusnya bisa masuk om kalau dia berani tulis begitu.

Contoh PCD itu kan kayak 5x114. Jadi 5 itu makusdnya ada 5 lubang baut terus 114 itu maksudnya jarak terjauh dari 2 lubang baut dalam ukuran milimeter om. Nah, kalau 114 sama 112 kan seharusnya cuma beda 2mm aja, di beberapa velg ada yang lubang bautnya agak dibesarin dikit jadi 112 bisa 114 jg bisa om.
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: 17 Mar 2005, 16:01
Location: Jakarta

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by tesna »

spacer nok itu amannya seberapa tebel sih yang ngga harus nambahin panjang baut roda?

anki gue baru dipasangin ori enkei R18 x 8.5 et 40 dengan ban 235/50/18. Hasilnya mblesek bgt itu velg jadi kurang oke penampilanya. Klo mau ratain body kayaknya hrs nambah 2cm 😅. pake spacer nok 20mm + ganti baut yang panjang aman ngga si?
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
Creavasse
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: 13 Jul 2016, 19:06

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by Creavasse »

Setelah gonta ganti velg 3 kali, akhirnya dapet velg yang pas buat si rush

Enkei Tunning SC47
Ban Dunlop 235/50 R18

Dipake javatrip lumayan mantap, average fuel beda 0,5 dibandingkan pakai velg standar bawaan
20201225_162904.jpg
20201225_162904.jpg (135.93 KiB) Viewed 803 times
bryanmputra
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 28 Dec 2022, 10:17
Location: Jakarta Barat
Daily Vehicle: C300 W204 2013

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by bryanmputra »

tesna wrote: 23 Dec 2020, 18:09 spacer nok itu amannya seberapa tebel sih yang ngga harus nambahin panjang baut roda?

anki gue baru dipasangin ori enkei R18 x 8.5 et 40 dengan ban 235/50/18. Hasilnya mblesek bgt itu velg jadi kurang oke penampilanya. Klo mau ratain body kayaknya hrs nambah 2cm 😅. pake spacer nok 20mm + ganti baut yang panjang aman ngga si?
bantu jawab, kebetulan ane kerja di dunia per ban & velg mobil

untuk mobil standar max di tebel 4-5mm , lebih dari itu hrs ganti baut panjang

untuk pertanyaan seputar aman gk gnti baut panjang dan pasang spacer tebal, jawaban nya aman selama pemasangan nya presisi dan gk asal asal

Buat pemasangan seputar spacer nok & baut panjang sgt diwajibkan cri bengkel spesialis di bidang per spacer an , karna modifikasi kaki'' lumayan crucial efek samping nya klo pasang di bengkel yg gk bener dan asal asalan

untuk maen fitment di anki emg udh terkenal tricky, karna anki klo pke spacer, depan belakang kiri kanan masing'' butuh tebel yg beda'' buat bkin fitment velg nya rata fender

spek velg yg pas buat anki ini supaya rata fender tanpa perlu spacer yg agak tebel hrs minimal yg et 20 an
User avatar
akbarfit
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 288
Joined: 02 Jul 2010, 22:23

Re: [SM Modification] Ganti velg

Post by akbarfit »

Vellfire R18
Vellfire R18
235/50R18
235/50R18
Kalau saya ya begini saja... 😁

Main OEM saja...
DoctorJDM

Human that can humanize human is the best human.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post