bantingan all new ertiga keras menggunakan velg r17

Modifikasi bodi mobil serta kaki-kaki mobil? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Andreft
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sun Feb 28, 2021 14:25

bantingan all new ertiga keras menggunakan velg r17

Post by Andreft »

selamat malam para master dan suhu2, izin share pengalaman menggunakan velg utk mobil kesayangan ane all new ertiga gx thn 2018, disini saya menggunakan velg bermerk hs* R17 dan ban bermerk accelera phi dengan profil ban 205/50 ZR17, tekanan angin 33 depan belakang. kesan yg saya dapatkan waktu mengaspal bantingan cukup keras dan road noise cukup terdengar walaupun tidak seberapa mengganggu. yang bikin gedek adalah karakter bantingannya yang jadi seperti gerobak. apakah ini disebabkan karena velgnya yg terlalu besar ? atau karena ban accelera phi sendiri yg punya karakter bantingan keras ? jika dikarenakan oleh bannya apakah ada rekomendasi ban yg mempunyai bantingan sedikit lembut ? dengan bujet 1jtan/ban. terimakasih
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: bantingan all new ertiga keras menggunakan velg r17

Post by ginting »

dugaan saya sih gara gara velg kegedean oom..

mux saya aja velg 17" doang…
ini mobil rendah pakai velg gede, maka ban jadi tipis..
saran saya coba cari ban lebih tebal, supaya rada rada empuk sedikit bantingannya
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: bantingan all new ertiga keras menggunakan velg r17

Post by maastricht889 »

Saya pake ertiga 2014 velg 17" lebar 8 et 53, ban potenza RE003 215 45 17 dibanding size ori memang lebih keras sih om. Cuma buat ukuran saya jadi lebih pas aja bantingannya krn shock monroe bawaan ertiga lama ini sedikit keempukan, jd di counter ama ban performance yg keras jadi oke. Tekanan sy kasih nitro 35 rata, dikasi 33 mentul2.

Soal velg selama bukan replika (eh HSR asli kan ya, cm modelnya memang niru aja?) safe kok om. Nahhhh ban ini sih, saya buat ban memang invest lbh tinggi krn bbrp kali pake ban lokalan kaya champ eco, BXT, ach platinum ngeselin banget. Berisik, sering spooring, stir jd speleng, licin, dsb. Ngomongin noise berisik, buat kuping saya msh lebih enak dengerin berisiknya potenza/ban yg merknya bener om. Berisiknya masih keitung wajar jujur aja. Potenza buat selap selip, cornering mantep banget di ertiga. Handling sedikit banyak ke improve.

Buat ban tipis2 potenza sangat rekomen sih om, sy nov kmrn dapet 1jt lbh dikit/pc di senen. Kl enggak alternatif laen sih champ SX2 yg harganya kdg mirip2 ama potenza sih, cm saya blm pernah coba.

Alternatif laen buat size ban menurut saya coba ke turanza T005A 215 50 17 deh om, hrg deket2an ama potenza yg saya pake. Potenza buat ukuran performance cukup oke, tp dibanding ban touring kaya turanza ttp lebih keras.

Hati2 om soal beginian tuh, banyak kejadian kejar tampang doang tapi ban yg notabene lebih menunjang safety pada lupa. Asli deh saya pribadi lebih belain ban bagus walaupun pake velgnya bawaan, setidaknya masih velg asli yg safety+materialnya udah diperhitungkan di pabrik. Gara2 cust needsnya pada kejar tampang, org yg bener2 tau ban jadi susah cari ban yg bener om jadi toko2 ban jarang nyetok ban bagus misal kaya potenza dg size yg saya pake (mayoritas 235 50 18, tp jg ga mesti ada di semua toko ban)
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: bantingan all new ertiga keras menggunakan velg r17

Post by maastricht889 »

ginting wrote: Sun Feb 28, 2021 14:43 dugaan saya sih gara gara velg kegedean oom..

mux saya aja velg 17" doang…
ini mobil rendah pakai velg gede, maka ban jadi tipis..
saran saya coba cari ban lebih tebal, supaya rada rada empuk sedikit bantingannya
Kl soal ring velg itu dr OEM +2 inch masih batas aman oom, saya baca di forum2 rata2 bilang begitu
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: bantingan all new ertiga keras menggunakan velg r17

Post by ChZ »

Coba cek tekanan anginnya. Tapi menurut saya lebih ke size.

Turunin size nya, naik 2inch itu berasa sekali. Apalagi kalo gak bisa modalin ban bagus.

Ban ini pengaruhnya besar sekali, saya pasang toyo proxes4 di CRV RE dulu ya enak enak aja pake r20 naik 3inch malah nurut saya lebih enak drpd stock oem dueler, tapi bannya per pcs 2.5 juta wkwkwkkwkww.

Giliran captiva pasang 20inch pake achilles deserthawk uhp ampun deh kaya grobak suara masuk semua... Captiva lho padahal.

Accelera phi ya sejenis lah... Saya beli velg rep amg seken dapet ban accelera phi dua hari saya buang. Kebetulan size bannya juga belang jadi dapet alasan ganti wkwkwkwkwkw.

Dah kenyang saya ama ban ban model gini. Murah ama banyak size doang dipake bikin esmosi wkwkwkwkw.

With all due respect ya ke merk lokal gak semua lokalan gini kok GT champiro SX2 temen pake di GE8 oke oke saja. Terbaru bokap pasang phi-R di HRV adik saya ya ada peningkatan dikit paling enggak ga sampe kayak ban isi beton cor...

Skr pakai falken 914 enak ini ban model terbaru falken grade nya setara level turanza, masih agak berisik tapi mendingan. Bantingan cukup soft membalnya walau profil 45. Better dari accelera phi walau gak sampe langit bumi juga sih.

Falken sdh 3x pakai 2 di antaranya seri sincera (eco) rakitan lokal cukup enak dibanding ekopeyang atau enasep. Pngalaman avanza veloz ban sincera ride nya naik 1/2 level lah. Dry grip biasa wet grip cukup ok malah nurut saya salah satu terbaik utk harganya.

Coba cari falken 914, hankook ventus series rasanya dapet, atau continental mahal dikit tp emang juara sih.

Klo dapet promo promoan ban michelin primacy4 lebih enak lagi tp rasanya jarang. Adapun stok lama.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
farraaaassss
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Fri Oct 23, 2020 12:32
Location: Bandung
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova

Re: bantingan all new ertiga keras menggunakan velg r17

Post by farraaaassss »

naik ukuran 2 inch mestinya wajar2 aja sih ya, asalkan pilih ban yang bener..

pengalaman saya dulu nekat beli ach platinum prod 17 gara2 kepepet ban udh tipis (sebelumnya pake ban eco), cari hankook kinergy ama turanza kaga dapet, jadinya cuma tahan 1 tahun. kerasnya bkn main, sekali bocor susah ditambalnya, dispooring jg susah. langsung saya buang semua ganti LM704. improvenya sangat jauh om. lebi gigit ke aspal, setir lebi ada feedback, bantingan jauh lebi empuk.

apalagi kalo udh naik size, masih pake ban seadanya.. no no.
coba sizenya naik ke 215/50, under 1 jt banyak pilihan ban yg bener. dunlop direzza sm hankook ventus masih dapet.
mau yang empuk? LM705, falken ziex dapet. kalo ada lebih dikit boleh ambil turanza T005/conti MC6.
penikmat triple elips warna hitam
User avatar
sedangembira
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Sun Apr 18, 2021 0:25
Daily Vehicle: Toyota Mark X 250G

Re: bantingan all new ertiga keras menggunakan velg r17

Post by sedangembira »

ikutan saran om, untuk menaikkan tampilan jangan terlalu fokus ke size up diameter, tapi offset, lebar velg, profil ban, brand ban sangat berpengaruh. kebanyakan yang hanya naikin diameter tapi fitment ga dirapikan dari segi shockbreaker, lebar ban yang sesuai sama tapak velg, tampilannya makin ga karuan, ditambah riding quality yang justru bikin tambah ga enak.

Triknya gimana penataanya anatara fender sama sidewall bisa pas, jarak ban ke inner fender bisa pas dan tetap bisa belok patah tanpa gesrot. Kalau hanya mengganti ring diameter tanpa ada adjustment di suspensi sama aja bohong om. Mau dikasih tekanan ban yang se pas mungkin, riding quality ga akan se enak standard.

Ganti kaki2 harus selaras dengan kenaikan sektor tertentu, misal handling (lowered center gravity, tapak ban lebih lebar). Ditambah lagi pemilihan velg om, memang aftermarket original mahal, tapi rasa berkendara ga bohong, karena velg ori dengan prosed forged wheels itu ringan sekali.
kalau boleh saran, misal untuk menekan budget pemiloihan velg bisa di akali menggunakan velg oem dr tipe lain atau dari brand lain dengan spesifikasi pcd yang sama dan center bore yang sama. cari yang offset nya sedikit lebih kecil, sehingga nanti nya bisa lebih "rata" ke fender. Profil ban diperhatikan juga, disesuaikan dengan lebar velg.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: bantingan all new ertiga keras menggunakan velg r17

Post by maastricht889 »

sedangembira wrote: Sat May 01, 2021 15:08 ikutan saran om, untuk menaikkan tampilan jangan terlalu fokus ke size up diameter, tapi offset, lebar velg, profil ban, brand ban sangat berpengaruh. kebanyakan yang hanya naikin diameter tapi fitment ga dirapikan dari segi shockbreaker, lebar ban yang sesuai sama tapak velg, tampilannya makin ga karuan, ditambah riding quality yang justru bikin tambah ga enak.

Triknya gimana penataanya anatara fender sama sidewall bisa pas, jarak ban ke inner fender bisa pas dan tetap bisa belok patah tanpa gesrot. Kalau hanya mengganti ring diameter tanpa ada adjustment di suspensi sama aja bohong om. Mau dikasih tekanan ban yang se pas mungkin, riding quality ga akan se enak standard.

Ganti kaki2 harus selaras dengan kenaikan sektor tertentu, misal handling (lowered center gravity, tapak ban lebih lebar). Ditambah lagi pemilihan velg om, memang aftermarket original mahal, tapi rasa berkendara ga bohong, karena velg ori dengan prosed forged wheels itu ringan sekali.
kalau boleh saran, misal untuk menekan budget pemiloihan velg bisa di akali menggunakan velg oem dr tipe lain atau dari brand lain dengan spesifikasi pcd yang sama dan center bore yang sama. cari yang offset nya sedikit lebih kecil, sehingga nanti nya bisa lebih "rata" ke fender. Profil ban diperhatikan juga, disesuaikan dengan lebar velg.
Berarti minimal hrs ada upgrade ke per lowering kit kaya tein begitu ya om? Teros spacer buat fitment yg bagus juga misalnya. PCD saya setuju sih, sebisa mungkin no rubah2 PCD asli mobil. Untung kaya ertiga, xpender pcdnya 5x114.3 jadi variasi model velgnya buanyak dan bs apply model bagus

Saya velg lebar 8 pake tapak 215 diliat dr samping jd agak narik sidewallnya :big_biglaugh: walaupun scr teori velg lebar 8 plg minim diberi ban tapak 215 (sy lihat tabelnya dimana lupa)
User avatar
sedangembira
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Sun Apr 18, 2021 0:25
Daily Vehicle: Toyota Mark X 250G

Re: bantingan all new ertiga keras menggunakan velg r17

Post by sedangembira »

erwinign wrote: Sat May 01, 2021 15:25
sedangembira wrote: Sat May 01, 2021 15:08 ikutan saran om, untuk menaikkan tampilan jangan terlalu fokus ke size up diameter, tapi offset, lebar velg, profil ban, brand ban sangat berpengaruh. kebanyakan yang hanya naikin diameter tapi fitment ga dirapikan dari segi shockbreaker, lebar ban yang sesuai sama tapak velg, tampilannya makin ga karuan, ditambah riding quality yang justru bikin tambah ga enak.

Triknya gimana penataanya anatara fender sama sidewall bisa pas, jarak ban ke inner fender bisa pas dan tetap bisa belok patah tanpa gesrot. Kalau hanya mengganti ring diameter tanpa ada adjustment di suspensi sama aja bohong om. Mau dikasih tekanan ban yang se pas mungkin, riding quality ga akan se enak standard.

Ganti kaki2 harus selaras dengan kenaikan sektor tertentu, misal handling (lowered center gravity, tapak ban lebih lebar). Ditambah lagi pemilihan velg om, memang aftermarket original mahal, tapi rasa berkendara ga bohong, karena velg ori dengan prosed forged wheels itu ringan sekali.
kalau boleh saran, misal untuk menekan budget pemiloihan velg bisa di akali menggunakan velg oem dr tipe lain atau dari brand lain dengan spesifikasi pcd yang sama dan center bore yang sama. cari yang offset nya sedikit lebih kecil, sehingga nanti nya bisa lebih "rata" ke fender. Profil ban diperhatikan juga, disesuaikan dengan lebar velg.
Berarti minimal hrs ada upgrade ke per lowering kit kaya tein begitu ya om? Teros spacer buat fitment yg bagus juga misalnya. PCD saya setuju sih, sebisa mungkin no rubah2 PCD asli mobil. Untung kaya ertiga, xpender pcdnya 5x114.3 jadi variasi model velgnya buanyak dan bs apply model bagus

Saya velg lebar 8 pake tapak 215 diliat dr samping jd agak narik sidewallnya :big_biglaugh: walaupun scr teori velg lebar 8 plg minim diberi ban tapak 215 (sy lihat tabelnya dimana lupa)
saya penggemar setelan meaty atau aliran street racing om, karena bisa dipake harian meanwhile secara penampilan juga lebih proper. Betul kalau lebar velg 8 bisa dipakai lebar ban 215 tapi sedikit narik satu step. Pas nya bisa digunakan lebar 225.

mengenai lowering kit, harus jadi catatan, mau gimanapun juga suspensi nya bakalan lebih firm daripada setelan oem, apalagi profil ban lebih tipis. kalau boleh saran om, naikan diameter 1" aja dari OEM atau pakai diamater yang sama tapi tapak lebih lebar. banyak sekali pilihan ban yang menarik untuk dapat setelan yang pas (Fitting dulu lebih baik). Saya bolak balik ganti per aftermarket, ujung2 nya sekalian aja beli coilover, mahal? iya, tapi money well spent, handling naik signifikan, kenyamanan juga lbh affordable, fitment apalagi.

mau mobil apa aja klo buat saya pribadi, sektor pertama kali yang saya ubah, selalu kaki2 (CO, velg, ban). Selain itu nomor sekian, karena mobil wajib enak dipakai dan enak dilihat.

Penggunaan spacer jangan lupa diimbangi dengan penggantian baut yg lebih panjang untuk mengakomodir thread yang space nya sudah termakan spacer. Usahakan mencari offset yang tidak terlalu "besar" sehingga tebal spacer bisa di adjust tidak lebih dari 20mm. Saran kalau misalnya lebih dari ukuran 20mm bisa beralih ke adaptor. Tenang aja, adaptor sendiri juga dipakai drifting ko, selama hitungan pas dan bahan yang dipakai sesuai harusnya tidak ada masalah.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: bantingan all new ertiga keras menggunakan velg r17

Post by maastricht889 »

sedangembira wrote: Sat May 01, 2021 20:01
erwinign wrote: Sat May 01, 2021 15:25
sedangembira wrote: Sat May 01, 2021 15:08 ikutan saran om, untuk menaikkan tampilan jangan terlalu fokus ke size up diameter, tapi offset, lebar velg, profil ban, brand ban sangat berpengaruh. kebanyakan yang hanya naikin diameter tapi fitment ga dirapikan dari segi shockbreaker, lebar ban yang sesuai sama tapak velg, tampilannya makin ga karuan, ditambah riding quality yang justru bikin tambah ga enak.

Triknya gimana penataanya anatara fender sama sidewall bisa pas, jarak ban ke inner fender bisa pas dan tetap bisa belok patah tanpa gesrot. Kalau hanya mengganti ring diameter tanpa ada adjustment di suspensi sama aja bohong om. Mau dikasih tekanan ban yang se pas mungkin, riding quality ga akan se enak standard.

Ganti kaki2 harus selaras dengan kenaikan sektor tertentu, misal handling (lowered center gravity, tapak ban lebih lebar). Ditambah lagi pemilihan velg om, memang aftermarket original mahal, tapi rasa berkendara ga bohong, karena velg ori dengan prosed forged wheels itu ringan sekali.
kalau boleh saran, misal untuk menekan budget pemiloihan velg bisa di akali menggunakan velg oem dr tipe lain atau dari brand lain dengan spesifikasi pcd yang sama dan center bore yang sama. cari yang offset nya sedikit lebih kecil, sehingga nanti nya bisa lebih "rata" ke fender. Profil ban diperhatikan juga, disesuaikan dengan lebar velg.
Berarti minimal hrs ada upgrade ke per lowering kit kaya tein begitu ya om? Teros spacer buat fitment yg bagus juga misalnya. PCD saya setuju sih, sebisa mungkin no rubah2 PCD asli mobil. Untung kaya ertiga, xpender pcdnya 5x114.3 jadi variasi model velgnya buanyak dan bs apply model bagus

Saya velg lebar 8 pake tapak 215 diliat dr samping jd agak narik sidewallnya :big_biglaugh: walaupun scr teori velg lebar 8 plg minim diberi ban tapak 215 (sy lihat tabelnya dimana lupa)
saya penggemar setelan meaty atau aliran street racing om, karena bisa dipake harian meanwhile secara penampilan juga lebih proper. Betul kalau lebar velg 8 bisa dipakai lebar ban 215 tapi sedikit narik satu step. Pas nya bisa digunakan lebar 225.

mengenai lowering kit, harus jadi catatan, mau gimanapun juga suspensi nya bakalan lebih firm daripada setelan oem, apalagi profil ban lebih tipis. kalau boleh saran om, naikan diameter 1" aja dari OEM atau pakai diamater yang sama tapi tapak lebih lebar. banyak sekali pilihan ban yang menarik untuk dapat setelan yang pas (Fitting dulu lebih baik). Saya bolak balik ganti per aftermarket, ujung2 nya sekalian aja beli coilover, mahal? iya, tapi money well spent, handling naik signifikan, kenyamanan juga lbh affordable, fitment apalagi.

mau mobil apa aja klo buat saya pribadi, sektor pertama kali yang saya ubah, selalu kaki2 (CO, velg, ban). Selain itu nomor sekian, karena mobil wajib enak dipakai dan enak dilihat.

Penggunaan spacer jangan lupa diimbangi dengan penggantian baut yg lebih panjang untuk mengakomodir thread yang space nya sudah termakan spacer. Usahakan mencari offset yang tidak terlalu "besar" sehingga tebal spacer bisa di adjust tidak lebih dari 20mm. Saran kalau misalnya lebih dari ukuran 20mm bisa beralih ke adaptor. Tenang aja, adaptor sendiri juga dipakai drifting ko, selama hitungan pas dan bahan yang dipakai sesuai harusnya tidak ada masalah.
Baut itu cari yg bagus gimana ya om caranya? Wkt itu saya manjangin baut tp ga kebeneran bbrp pada bujel ulirnya, walaupun sy udah bbrp kali lukot aman sih. Soal spek lebar dan offset krn manfaatin velg bekas yaa pinter2nya maenin spacer dan ban kemarin om, untung bs pas banget fitmentnya. Memang nih velg yg saya pake skrg di ertiga bagus (enkei jepang) tp memang offsetnya gede dan lebar banget, terus spakbornya terutama belakang sempit banget

Skrg krn kaki2 belum saya apa2in jadi dr looks keliatan jinjit di mobil saya
User avatar
sedangembira
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Sun Apr 18, 2021 0:25
Daily Vehicle: Toyota Mark X 250G

Re: bantingan all new ertiga keras menggunakan velg r17

Post by sedangembira »

erwinign wrote: Sat May 01, 2021 15:25
Baut itu cari yg bagus gimana ya om caranya? Wkt itu saya manjangin baut tp ga kebeneran bbrp pada bujel ulirnya, walaupun sy udah bbrp kali lukot aman sih. Soal spek lebar dan offset krn manfaatin velg bekas yaa pinter2nya maenin spacer dan ban kemarin om, untung bs pas banget fitmentnya. Memang nih velg yg saya pake skrg di ertiga bagus (enkei jepang) tp memang offsetnya gede dan lebar banget, terus spakbornya terutama belakang sempit banget

Skrg krn kaki2 belum saya apa2in jadi dr looks keliatan jinjit di mobil saya
Kalau boleh tau pakai enkei apa ya om, sama boleh komparasi spesifikasi velg oem ertiga vs spek velg yang sekarang? untuk baut waktu itu saya ganti di bengkel langganan di surabaya, karena ini bengkel cukup legendaris untuk pengerjaan bubut, bracket BBK, ganti PCD, nok spacer dll.

Nah ini serunya fitting buat fitment di mobil, emang agka susah klo langsung ketemu, kudu fitting dulu, di cep in dulu ke mobil. Size up Diameter kalau ga ada adjustment di Suspensi emang bakal jinjit om. Nah gimana caranya mobil dilihat makin enak, tapi ga mengorbankan naikannya. Tambah firm sih masih oke selama selaras dengan naiknya handling dan rebound yang masih manusiawi. Dari sini emang CO branded ga bohong.

Pengalaman bongkar pasang kaki2 di HRV saya, pernah pake OZ formula R18/48/8 dengan lowering kit Tein S Tech di balut ban 225/50/18 Falken masih sangat enak, penasaran size up lagi pake advan RZ R19/8.5/51 dibalut T1R 245/45/19 dengan S Tech, buset kayak gerobak itu mobil dan tarikan nya lemot sekali, ditambah cvt nya makin berasa ngeden. Balik lagi pake CE28 R18/7.5/43 dibalut AD08 225/45 dan S Tech, bantingan ya kaku karena profil ban semi slick, begitu pake CO flex Z, naikannya signifikan sekali, bonus tarikan enteng kebantu penggunaan forged wheels dan ban profil tipis.

Awet pake ini fitment selama 1.5 tahun, dipake touring ke Kaliurang, Banyuwangi full 5 penumpang dan barang. Nah, pas dipake touring ini berasa benget minus nya fitment ini. Punggung bener2 capek, dan emang ini setelan, cocoknya untuk daily dalkot dan luar kota deket2 aja.

Sekarang balik pake R 17, evo rega R17/8/35 dibalut RE003 225/55, waduh nikmat sekali rasanya. Secara suspensi memang masih firm tapi di kompensasi dengan size up up profil ban (OEM HRV 215/55). Sekarang sih nyenengin nyetir mobil ini, nyaman masih dapet handling enak banget, oh iya ada penambahan front strutbar dan sway bar dr merk negara tetangga.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: bantingan all new ertiga keras menggunakan velg r17

Post by maastricht889 »

sedangembira wrote: Sun May 02, 2021 16:22
erwinign wrote: Sat May 01, 2021 15:25
Baut itu cari yg bagus gimana ya om caranya? Wkt itu saya manjangin baut tp ga kebeneran bbrp pada bujel ulirnya, walaupun sy udah bbrp kali lukot aman sih. Soal spek lebar dan offset krn manfaatin velg bekas yaa pinter2nya maenin spacer dan ban kemarin om, untung bs pas banget fitmentnya. Memang nih velg yg saya pake skrg di ertiga bagus (enkei jepang) tp memang offsetnya gede dan lebar banget, terus spakbornya terutama belakang sempit banget

Skrg krn kaki2 belum saya apa2in jadi dr looks keliatan jinjit di mobil saya
Kalau boleh tau pakai enkei apa ya om, sama boleh komparasi spesifikasi velg oem ertiga vs spek velg yang sekarang? untuk baut waktu itu saya ganti di bengkel langganan di surabaya, karena ini bengkel cukup legendaris untuk pengerjaan bubut, bracket BBK, ganti PCD, nok spacer dll.

Nah ini serunya fitting buat fitment di mobil, emang agka susah klo langsung ketemu, kudu fitting dulu, di cep in dulu ke mobil. Size up Diameter kalau ga ada adjustment di Suspensi emang bakal jinjit om. Nah gimana caranya mobil dilihat makin enak, tapi ga mengorbankan naikannya. Tambah firm sih masih oke selama selaras dengan naiknya handling dan rebound yang masih manusiawi. Dari sini emang CO branded ga bohong.

Pengalaman bongkar pasang kaki2 di HRV saya, pernah pake OZ formula R18/48/8 dengan lowering kit Tein S Tech di balut ban 225/50/18 Falken masih sangat enak, penasaran size up lagi pake advan RZ R19/8.5/51 dibalut T1R 245/45/19 dengan S Tech, buset kayak gerobak itu mobil dan tarikan nya lemot sekali, ditambah cvt nya makin berasa ngeden. Balik lagi pake CE28 R18/7.5/43 dibalut AD08 225/45 dan S Tech, bantingan ya kaku karena profil ban semi slick, begitu pake CO flex Z, naikannya signifikan sekali, bonus tarikan enteng kebantu penggunaan forged wheels dan ban profil tipis.

Awet pake ini fitment selama 1.5 tahun, dipake touring ke Kaliurang, Banyuwangi full 5 penumpang dan barang. Nah, pas dipake touring ini berasa benget minus nya fitment ini. Punggung bener2 capek, dan emang ini setelan, cocoknya untuk daily dalkot dan luar kota deket2 aja.

Sekarang balik pake R 17, evo rega R17/8/35 dibalut RE003 225/55, waduh nikmat sekali rasanya. Secara suspensi memang masih firm tapi di kompensasi dengan size up up profil ban (OEM HRV 215/55). Sekarang sih nyenengin nyetir mobil ini, nyaman masih dapet handling enak banget, oh iya ada penambahan front strutbar dan sway bar dr merk negara tetangga.
- Velg OEM ertiga: Excel lokal 15"x5.5jj ET40, ban size 185 65 R15 (oem champ eco, terakhir falken 912)
- Velg sekarang: Enkei STI 17"x8jj ET53, ban potenza RE003 215 45 R17

Rata2 di ertiga yg pnp mainnya di 17"x7.5 ET 35-40an om. Saya gr2 ETnya segede itu aja sampe ga bs tidur mbayangin masuk apa enggak :big_biglaugh: . Sy berani pakai enkei itu krn PCD sama, keuntungan pcd asli 5x114.3 yg saya bilang. Itu enkeinya lightweight juga, lbh enteng dr OEM ertiga. Saya ga bayangin BBS STI forged di impreza GD, apalg Rays di latest impreza GVF bs sebagus apa kualitasnya.

Spacer saya pake custom, depan 5mm sama belakang nok 12mm dan manjangin baut. Saya pasang di slh satu bengkel plg terkenal di jkt (mestinya pada tau yg saya maksud). Stl ganti sih di tol jauh lebih stabil, mgkn karena tapak gedean dan ban yg saya pilih proper (ban proper mutlak buat saya). Fuel cons tetep oke, dan saya geber 170 masih berani krn ban UHP.

Sekarang saya lg pikir2 mau ganti lowering kit eibach dan pasang strut bar depan om, tp blm kebayang bantingannya bkl gimana dan penurunan ground clearancenya saya ndak mbayangin. Shockbreaker rnc saya biarin ori, krn dg settingan sekarang yg cm ganti velg-ban bantingannya lebih pas dan shock bawaan ertiga pake monroe. Kl menurut om, per eibach sama tein gitu bedanya gimana ya?

Saya justru dg fitment sekarang so far oke sih om walaupun minusnya dr looks jd jinjit dan ban sedikit narik, ban ndak gesrot dan ttp nyaman. Slh satu alesan saya blg nyaman krn potenza buat kuping saya msh terhitung oke buat ban UHP
User avatar
sedangembira
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Sun Apr 18, 2021 0:25
Daily Vehicle: Toyota Mark X 250G

Re: bantingan all new ertiga keras menggunakan velg r17

Post by sedangembira »

erwinign wrote: Mon May 03, 2021 12:16
sedangembira wrote: Sun May 02, 2021 16:22
erwinign wrote: Sat May 01, 2021 15:25
Baut itu cari yg bagus gimana ya om caranya? Wkt itu saya manjangin baut tp ga kebeneran bbrp pada bujel ulirnya, walaupun sy udah bbrp kali lukot aman sih. Soal spek lebar dan offset krn manfaatin velg bekas yaa pinter2nya maenin spacer dan ban kemarin om, untung bs pas banget fitmentnya. Memang nih velg yg saya pake skrg di ertiga bagus (enkei jepang) tp memang offsetnya gede dan lebar banget, terus spakbornya terutama belakang sempit banget

Skrg krn kaki2 belum saya apa2in jadi dr looks keliatan jinjit di mobil saya
Kalau boleh tau pakai enkei apa ya om, sama boleh komparasi spesifikasi velg oem ertiga vs spek velg yang sekarang? untuk baut waktu itu saya ganti di bengkel langganan di surabaya, karena ini bengkel cukup legendaris untuk pengerjaan bubut, bracket BBK, ganti PCD, nok spacer dll.

Nah ini serunya fitting buat fitment di mobil, emang agka susah klo langsung ketemu, kudu fitting dulu, di cep in dulu ke mobil. Size up Diameter kalau ga ada adjustment di Suspensi emang bakal jinjit om. Nah gimana caranya mobil dilihat makin enak, tapi ga mengorbankan naikannya. Tambah firm sih masih oke selama selaras dengan naiknya handling dan rebound yang masih manusiawi. Dari sini emang CO branded ga bohong.

Pengalaman bongkar pasang kaki2 di HRV saya, pernah pake OZ formula R18/48/8 dengan lowering kit Tein S Tech di balut ban 225/50/18 Falken masih sangat enak, penasaran size up lagi pake advan RZ R19/8.5/51 dibalut T1R 245/45/19 dengan S Tech, buset kayak gerobak itu mobil dan tarikan nya lemot sekali, ditambah cvt nya makin berasa ngeden. Balik lagi pake CE28 R18/7.5/43 dibalut AD08 225/45 dan S Tech, bantingan ya kaku karena profil ban semi slick, begitu pake CO flex Z, naikannya signifikan sekali, bonus tarikan enteng kebantu penggunaan forged wheels dan ban profil tipis.

Awet pake ini fitment selama 1.5 tahun, dipake touring ke Kaliurang, Banyuwangi full 5 penumpang dan barang. Nah, pas dipake touring ini berasa benget minus nya fitment ini. Punggung bener2 capek, dan emang ini setelan, cocoknya untuk daily dalkot dan luar kota deket2 aja.

Sekarang balik pake R 17, evo rega R17/8/35 dibalut RE003 225/55, waduh nikmat sekali rasanya. Secara suspensi memang masih firm tapi di kompensasi dengan size up up profil ban (OEM HRV 215/55). Sekarang sih nyenengin nyetir mobil ini, nyaman masih dapet handling enak banget, oh iya ada penambahan front strutbar dan sway bar dr merk negara tetangga.
- Velg OEM ertiga: Excel lokal 15"x5.5jj ET40, ban size 185 65 R15 (oem champ eco, terakhir falken 912)
- Velg sekarang: Enkei STI 17"x8jj ET53, ban potenza RE003 215 45 R17

Rata2 di ertiga yg pnp mainnya di 17"x7.5 ET 35-40an om. Saya gr2 ETnya segede itu aja sampe ga bs tidur mbayangin masuk apa enggak :big_biglaugh: . Sy berani pakai enkei itu krn PCD sama, keuntungan pcd asli 5x114.3 yg saya bilang. Itu enkeinya lightweight juga, lbh enteng dr OEM ertiga. Saya ga bayangin BBS STI forged di impreza GD, apalg Rays di latest impreza GVF bs sebagus apa kualitasnya.

Spacer saya pake custom, depan 5mm sama belakang nok 12mm dan manjangin baut. Saya pasang di slh satu bengkel plg terkenal di jkt (mestinya pada tau yg saya maksud). Stl ganti sih di tol jauh lebih stabil, mgkn karena tapak gedean dan ban yg saya pilih proper (ban proper mutlak buat saya). Fuel cons tetep oke, dan saya geber 170 masih berani krn ban UHP.

Sekarang saya lg pikir2 mau ganti lowering kit eibach dan pasang strut bar depan om, tp blm kebayang bantingannya bkl gimana dan penurunan ground clearancenya saya ndak mbayangin. Shockbreaker rnc saya biarin ori, krn dg settingan sekarang yg cm ganti velg-ban bantingannya lebih pas dan shock bawaan ertiga pake monroe. Kl menurut om, per eibach sama tein gitu bedanya gimana ya?

Saya justru dg fitment sekarang so far oke sih om walaupun minusnya dr looks jd jinjit dan ban sedikit narik, ban ndak gesrot dan ttp nyaman. Slh satu alesan saya blg nyaman krn potenza buat kuping saya msh terhitung oke buat ban UHP
Wiih ini udah cakep sih om, kalau udah nyebur fitment gini, nanggung kalau ga dirapiin. Setuju dengan penggantian lowering kit dulu aja tanpa strut bar. Biar dirasain dulu, semisal handling nya udah mumpuni ga perlu pasang strut bar.

Saya prefer ke Eibach ya om drpd Tein. Memang kalau kita bicara lowering kit, itu karakter nya spesifik untuk tiap mobil, ga bisa di pukul rata punya karakter sama dengan brand yang sama. mau velg apa aja kalo di balut RE003 maniiss om.
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: bantingan all new ertiga keras menggunakan velg r17

Post by lemonadelovers »

Pakai eibach (warna hitam) d stream dpt ceper dan empuk
Pakai TEIN ijo d odc absolute dptnya lbh ceper tp sedikit lbh keras dr eibach
Bisa faktor beda mobil beda konstruksi kaki2 dan bobot maupun kondisi keausan sokbreaker
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: bantingan all new ertiga keras menggunakan velg r17

Post by maastricht889 »

lemonadelovers wrote: Mon May 03, 2021 15:38 Pakai eibach (warna hitam) d stream dpt ceper dan empuk
Pakai TEIN ijo d odc absolute dptnya lbh ceper tp sedikit lbh keras dr eibach
Bisa faktor beda mobil beda konstruksi kaki2 dan bobot maupun kondisi keausan sokbreaker
Kl penurunan ground clearance itu 2 merk ini pasti turun kurleb 2 jari ya om?
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: bantingan all new ertiga keras menggunakan velg r17

Post by maastricht889 »

sedangembira wrote: Mon May 03, 2021 15:06
erwinign wrote: Mon May 03, 2021 12:16
sedangembira wrote: Sun May 02, 2021 16:22

Kalau boleh tau pakai enkei apa ya om, sama boleh komparasi spesifikasi velg oem ertiga vs spek velg yang sekarang? untuk baut waktu itu saya ganti di bengkel langganan di surabaya, karena ini bengkel cukup legendaris untuk pengerjaan bubut, bracket BBK, ganti PCD, nok spacer dll.

Nah ini serunya fitting buat fitment di mobil, emang agka susah klo langsung ketemu, kudu fitting dulu, di cep in dulu ke mobil. Size up Diameter kalau ga ada adjustment di Suspensi emang bakal jinjit om. Nah gimana caranya mobil dilihat makin enak, tapi ga mengorbankan naikannya. Tambah firm sih masih oke selama selaras dengan naiknya handling dan rebound yang masih manusiawi. Dari sini emang CO branded ga bohong.

Pengalaman bongkar pasang kaki2 di HRV saya, pernah pake OZ formula R18/48/8 dengan lowering kit Tein S Tech di balut ban 225/50/18 Falken masih sangat enak, penasaran size up lagi pake advan RZ R19/8.5/51 dibalut T1R 245/45/19 dengan S Tech, buset kayak gerobak itu mobil dan tarikan nya lemot sekali, ditambah cvt nya makin berasa ngeden. Balik lagi pake CE28 R18/7.5/43 dibalut AD08 225/45 dan S Tech, bantingan ya kaku karena profil ban semi slick, begitu pake CO flex Z, naikannya signifikan sekali, bonus tarikan enteng kebantu penggunaan forged wheels dan ban profil tipis.

Awet pake ini fitment selama 1.5 tahun, dipake touring ke Kaliurang, Banyuwangi full 5 penumpang dan barang. Nah, pas dipake touring ini berasa benget minus nya fitment ini. Punggung bener2 capek, dan emang ini setelan, cocoknya untuk daily dalkot dan luar kota deket2 aja.

Sekarang balik pake R 17, evo rega R17/8/35 dibalut RE003 225/55, waduh nikmat sekali rasanya. Secara suspensi memang masih firm tapi di kompensasi dengan size up up profil ban (OEM HRV 215/55). Sekarang sih nyenengin nyetir mobil ini, nyaman masih dapet handling enak banget, oh iya ada penambahan front strutbar dan sway bar dr merk negara tetangga.
- Velg OEM ertiga: Excel lokal 15"x5.5jj ET40, ban size 185 65 R15 (oem champ eco, terakhir falken 912)
- Velg sekarang: Enkei STI 17"x8jj ET53, ban potenza RE003 215 45 R17

Rata2 di ertiga yg pnp mainnya di 17"x7.5 ET 35-40an om. Saya gr2 ETnya segede itu aja sampe ga bs tidur mbayangin masuk apa enggak :big_biglaugh: . Sy berani pakai enkei itu krn PCD sama, keuntungan pcd asli 5x114.3 yg saya bilang. Itu enkeinya lightweight juga, lbh enteng dr OEM ertiga. Saya ga bayangin BBS STI forged di impreza GD, apalg Rays di latest impreza GVF bs sebagus apa kualitasnya.

Spacer saya pake custom, depan 5mm sama belakang nok 12mm dan manjangin baut. Saya pasang di slh satu bengkel plg terkenal di jkt (mestinya pada tau yg saya maksud). Stl ganti sih di tol jauh lebih stabil, mgkn karena tapak gedean dan ban yg saya pilih proper (ban proper mutlak buat saya). Fuel cons tetep oke, dan saya geber 170 masih berani krn ban UHP.

Sekarang saya lg pikir2 mau ganti lowering kit eibach dan pasang strut bar depan om, tp blm kebayang bantingannya bkl gimana dan penurunan ground clearancenya saya ndak mbayangin. Shockbreaker rnc saya biarin ori, krn dg settingan sekarang yg cm ganti velg-ban bantingannya lebih pas dan shock bawaan ertiga pake monroe. Kl menurut om, per eibach sama tein gitu bedanya gimana ya?

Saya justru dg fitment sekarang so far oke sih om walaupun minusnya dr looks jd jinjit dan ban sedikit narik, ban ndak gesrot dan ttp nyaman. Slh satu alesan saya blg nyaman krn potenza buat kuping saya msh terhitung oke buat ban UHP
Wiih ini udah cakep sih om, kalau udah nyebur fitment gini, nanggung kalau ga dirapiin. Setuju dengan penggantian lowering kit dulu aja tanpa strut bar. Biar dirasain dulu, semisal handling nya udah mumpuni ga perlu pasang strut bar.

Saya prefer ke Eibach ya om drpd Tein. Memang kalau kita bicara lowering kit, itu karakter nya spesifik untuk tiap mobil, ga bisa di pukul rata punya karakter sama dengan brand yang sama. mau velg apa aja kalo di balut RE003 maniiss om.
Selama pake velg replika memangnya gimana om pengalamannya? Krn selama ini saya kl ganti velg ya pilihannya either ori/ori OEM ring gedean or kalo ga ya gausah ganti sekalian. Untung2an buat saya kl velgnya non ori, krn dr moldingan dan polishing/pewarnaan twotonenya udah beda jauh bagi yg jeli lihatnya
User avatar
sedangembira
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Sun Apr 18, 2021 0:25
Daily Vehicle: Toyota Mark X 250G

Re: bantingan all new ertiga keras menggunakan velg r17

Post by sedangembira »

erwinign wrote: Mon May 03, 2021 15:57
sedangembira wrote: Mon May 03, 2021 15:06
erwinign wrote: Mon May 03, 2021 12:16

- Velg OEM ertiga: Excel lokal 15"x5.5jj ET40, ban size 185 65 R15 (oem champ eco, terakhir falken 912)
- Velg sekarang: Enkei STI 17"x8jj ET53, ban potenza RE003 215 45 R17

Rata2 di ertiga yg pnp mainnya di 17"x7.5 ET 35-40an om. Saya gr2 ETnya segede itu aja sampe ga bs tidur mbayangin masuk apa enggak :big_biglaugh: . Sy berani pakai enkei itu krn PCD sama, keuntungan pcd asli 5x114.3 yg saya bilang. Itu enkeinya lightweight juga, lbh enteng dr OEM ertiga. Saya ga bayangin BBS STI forged di impreza GD, apalg Rays di latest impreza GVF bs sebagus apa kualitasnya.

Spacer saya pake custom, depan 5mm sama belakang nok 12mm dan manjangin baut. Saya pasang di slh satu bengkel plg terkenal di jkt (mestinya pada tau yg saya maksud). Stl ganti sih di tol jauh lebih stabil, mgkn karena tapak gedean dan ban yg saya pilih proper (ban proper mutlak buat saya). Fuel cons tetep oke, dan saya geber 170 masih berani krn ban UHP.

Sekarang saya lg pikir2 mau ganti lowering kit eibach dan pasang strut bar depan om, tp blm kebayang bantingannya bkl gimana dan penurunan ground clearancenya saya ndak mbayangin. Shockbreaker rnc saya biarin ori, krn dg settingan sekarang yg cm ganti velg-ban bantingannya lebih pas dan shock bawaan ertiga pake monroe. Kl menurut om, per eibach sama tein gitu bedanya gimana ya?

Saya justru dg fitment sekarang so far oke sih om walaupun minusnya dr looks jd jinjit dan ban sedikit narik, ban ndak gesrot dan ttp nyaman. Slh satu alesan saya blg nyaman krn potenza buat kuping saya msh terhitung oke buat ban UHP
Wiih ini udah cakep sih om, kalau udah nyebur fitment gini, nanggung kalau ga dirapiin. Setuju dengan penggantian lowering kit dulu aja tanpa strut bar. Biar dirasain dulu, semisal handling nya udah mumpuni ga perlu pasang strut bar.

Saya prefer ke Eibach ya om drpd Tein. Memang kalau kita bicara lowering kit, itu karakter nya spesifik untuk tiap mobil, ga bisa di pukul rata punya karakter sama dengan brand yang sama. mau velg apa aja kalo di balut RE003 maniiss om.
Selama pake velg replika memangnya gimana om pengalamannya? Krn selama ini saya kl ganti velg ya pilihannya either ori/ori OEM ring gedean or kalo ga ya gausah ganti sekalian. Untung2an buat saya kl velgnya non ori, krn dr moldingan dan polishing/pewarnaan twotonenya udah beda jauh bagi yg jeli lihatnya
Sama om, saya juga ga pernah pake replika, dari OZ formula, Advan RZ, type-C, CE28, sampe yang sekarang Evo Regamaster pake ori semua, beli bekas tentunya, dan tiap ganti pasti tukar tambah buat neken budget.

Buta saya pribadi, selama masih mampu, lebih baik pake ori aftermarket / ori OEM, karena safety no.1. Bukan berarti saya melarang temen2 yang masih pake replika ya, karena namanya passion ada beberapa enthusisast yang memang punya budget masing2. Paling enggak dari main replika, terus kedepannya bakal ganti ori begitu ada budget. Boleh DM no WA nih om buat saling sharing2 info, keknya kita sama2 seneng main di fitment.

Anyway, saya juga pakai sedan toyota, sama juga mainin kaki2 nya (FlexZ, Velg TRD T3, T1R, BBK), selebihnya standard hihi, gatel klo liat mobil ga rap kaki2 nya)
User avatar
sedangembira
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Sun Apr 18, 2021 0:25
Daily Vehicle: Toyota Mark X 250G

Re: bantingan all new ertiga keras menggunakan velg r17

Post by sedangembira »

erwinign wrote: Sun Feb 28, 2021 14:52 Saya pake ertiga 2014 velg 17" lebar 8 et 53, ban potenza RE003 215 45 17 dibanding size ori memang lebih keras sih om. Cuma buat ukuran saya jadi lebih pas aja bantingannya krn shock monroe bawaan ertiga lama ini sedikit keempukan, jd di counter ama ban performance yg keras jadi oke. Tekanan sy kasih nitro 35 rata, dikasi 33 mentul2.

Soal velg selama bukan replika (eh HSR asli kan ya, cm modelnya memang niru aja?) safe kok om. Nahhhh ban ini sih, saya buat ban memang invest lbh tinggi krn bbrp kali pake ban lokalan kaya champ eco, BXT, ach platinum ngeselin banget. Berisik, sering spooring, stir jd speleng, licin, dsb. Ngomongin noise berisik, buat kuping saya msh lebih enak dengerin berisiknya potenza/ban yg merknya bener om. Berisiknya masih keitung wajar jujur aja. Potenza buat selap selip, cornering mantep banget di ertiga. Handling sedikit banyak ke improve.

Buat ban tipis2 potenza sangat rekomen sih om, sy nov kmrn dapet 1jt lbh dikit/pc di senen. Kl enggak alternatif laen sih champ SX2 yg harganya kdg mirip2 ama potenza sih, cm saya blm pernah coba.

Alternatif laen buat size ban menurut saya coba ke turanza T005A 215 50 17 deh om, hrg deket2an ama potenza yg saya pake. Potenza buat ukuran performance cukup oke, tp dibanding ban touring kaya turanza ttp lebih keras.

Hati2 om soal beginian tuh, banyak kejadian kejar tampang doang tapi ban yg notabene lebih menunjang safety pada lupa. Asli deh saya pribadi lebih belain ban bagus walaupun pake velgnya bawaan, setidaknya masih velg asli yg safety+materialnya udah diperhitungkan di pabrik. Gara2 cust needsnya pada kejar tampang, org yg bener2 tau ban jadi susah cari ban yg bener om jadi toko2 ban jarang nyetok ban bagus misal kaya potenza dg size yg saya pake (mayoritas 235 50 18, tp jg ga mesti ada di semua toko ban)
nahh ini setuju banget sih om, ban aja itu udah dongkrak penampilan dan performa. Kalau on budget dan pengen ngejar fitment,first thing first, paling enak pake lowering kit aja udah. Lowered center gravity, better handling dan better look...

Saya ga terlalu ambil pusing dengan GC sih, tergantung apa yang pengen dikejar dulu, kalau mau optoimalin penampilan, it is a must buat saya.

So far saya suka pake rumus, pake aftermarket dengan diameter yang sama tapi lbh lebar, ban yang sidewall profil nya bagus, lowering kit. Max naik diameter +1 dr OEM. Offset di adjust sedemikian rupa gimana bisa sejajar sama fender dengan fitment "meaty". Soalnya ni mobil harus bisa dipake harian sesuai peruntukannya, misal klo lahirnya as X/O ya di dandanin as X/O, iya sih GC turun, tapi ada point lebih di aspek yang lain.
adi100
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Thu Dec 14, 2017 13:45
Location: Semarang
Daily Vehicle: SupraBapak

Re: bantingan all new ertiga keras menggunakan velg r17

Post by adi100 »

Menarik, kebetulan mobil saya juga ANE, bisa nambah wawasan ini
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1239
Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
Location: Surabaya

Re: bantingan all new ertiga keras menggunakan velg r17

Post by Xous »

Nganu om klo ban msh berbulu n bagus. Cb tuker tambah aj. K dunlop or hankook. Karaktrr empuk. Bagi sy klo gol accel n archie cm cocok buat klo mbl pas maubjual ban gundul. Biar calon pembeli minat, ban baru. Hehe.
thompst
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Tue Apr 06, 2021 2:58

Re: bantingan all new ertiga keras menggunakan velg r17

Post by thompst »

Andreft wrote: Sun Feb 28, 2021 14:29 selamat malam para master dan suhu2, izin share pengalaman menggunakan velg utk mobil kesayangan ane all new ertiga gx thn 2018, disini saya menggunakan velg bermerk hs* R17 dan ban bermerk accelera phi dengan profil ban 205/50 ZR17, tekanan angin 33 depan belakang. kesan yg saya dapatkan waktu mengaspal bantingan cukup keras dan road noise cukup terdengar walaupun tidak seberapa mengganggu. yang bikin gedek adalah karakter bantingannya yang jadi seperti gerobak. apakah ini disebabkan karena velgnya yg terlalu besar ? atau karena ban accelera phi sendiri yg punya karakter bantingan keras ? jika dikarenakan oleh bannya apakah ada rekomendasi ban yg mempunyai bantingan sedikit lembut ? dengan bujet 1jtan/ban. terimakasih
Kalau menurut saya ini disebabkan profil ban yg terlalu tipis (205/50) & jenis ban yg performance. Coba saja bannya diganti dengan michelin primacy 4 ukuran 215/60 r17 yang lebih tebal & jenis bannya juga comfort sehingga jauh lebih empuk. Tapi harga per pcs nya memang sekitar 1,4 jtan.