WTA:disc brake FD1

Modifikasi bodi mobil serta kaki-kaki mobil? Silakan bahas disini...

Moderators: ChZ, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok, F 272

Post Reply
donoseraya
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: 21 Nov 2014, 09:35

WTA:disc brake FD1

Post by donoseraya » 12 Jul 2017, 13:30

Selamat siang agans sekalian,

saya pengguna FD1 M/T 2010, beberapa waktu lalu saya pernah melakukan bubut disc brake depan karena bergelombang, dan terasa bergetar ketika dilakukan pengereman dari 140 kpj, setelah dibubut, brake pad pun saya ganti dengan yang ori. Problem solved untuk beberapa saat, kemarin ini mulai terasa lagi, ketika dilakukan pengereman dari 140 kpj terasa bergetar kembali. Pertanyaannya, jika diganti disc brake brembo oem apakah hal ini akan terulang lagi?

Atas pencerahannya saya ucapkan terima kasih

salam

anakgembrot
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 216
Joined: 11 Sep 2013, 08:26
Contact:

Re: WTA:disc brake FD1

Post by anakgembrot » 12 Jul 2017, 15:15

emang mesin udh dikorek jd high performance? sampe perlu brembo brake set.

mending beli disc brake oem aja om klo mesin msh standar
Aviation Enthusiast:

http://www.aeronef.net/

andyez86
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: 21 May 2016, 19:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: WTA:disc brake FD1

Post by andyez86 » 12 Jul 2017, 23:30

Klo ngga beli rotor brembo yg drilled itu jg bs

Shonen
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 381
Joined: 27 Jan 2013, 20:34

Re: WTA:disc brake FD1

Post by Shonen » 13 Jul 2017, 05:34

kejadian jg di ge8 saya...uda di bubut si masalah ilang sama percis sama saya ganti kampas rem jg....kayanya bubutnya kurang rata mgkn...solusinya ya ganti aja sama yg oem ga perlu brembo uda cukup

lemonadelovers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 659
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: WTA:disc brake FD1

Post by lemonadelovers » 13 Jul 2017, 09:49

Bisa ganti ke brembo oem spec, atau ganti kayak sodara saya ganti ke OEM nya honda stream, saya gak tau antara stream 1.7 atau 2.0

donoseraya
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: 21 Nov 2014, 09:35

Re: WTA:disc brake FD1

Post by donoseraya » 13 Jul 2017, 14:20

Hi gans,

terima kasih atas masukkannya, mesin dalam keadaan standar, yang saya maksud brembo oem, bukan bbk brembo, krn saya takut kalo ganti disc brake bawaan, penyakit akan terulang disamping harganya sebiji sama dengan brembo oem sepasang (kalo ga salah, hehehe).

terus, kalo ganti brembo oem, pake brake pad ori ada pengaruh apa tidak ya?

terima kasih sekali lagi

aabx
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: 09 Nov 2009, 16:03
Location: Batavia

Re: WTA:disc brake FD1

Post by aabx » 13 Jul 2017, 16:50

Brembo yang dimaksud yang tipe drilled/slotted bukan? Saya pernah pakai lumayan 4 tahunan baru gelombang lagi, saya combo dengan kampas bendix. Saya cukup rekomen brembo yang bolong2, lumayan berasa pas perjalanan jauh rem tetep gigit karena adem. FYI saya pakai di abangnya Civic FD alias civic century/vtis

Untuk brembo + kampas ori ada teman yang bilang kurang cocok karena kampas terlalu soft, CMIIW.

Nah untuk TSnya, sejak bubut hingga jadi getar lagi ada jarak waktu berapa lama? Atau emang udah cek disc brake secara fisik udah timbul gelombang lagi? Karena dari pengalaman saya getar gak selalu dari piringan, bisa dari piston, pin, ban dan velg. Kalau semuanya udah oke, ganti disc + kampas baru baik ori maupun brembo pasti gak getar

donoseraya
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: 21 Nov 2014, 09:35

Re: WTA:disc brake FD1

Post by donoseraya » 17 Jul 2017, 10:44

brembo yang dimaksud brembo oem aja om, bukan slotted ato drilled, nampaknya hanya beberapa bulan dari bubut pertama, itupun baru benar2 teras hanya di kecepatan tinggi (diatas 140), dibawah itu ga terlalu terasa, ok coba cek perangkat remnya dulu, barangkali bisa tertangani penyakitnya. Soale jazz saya juga mengalami hal yang sama. Maturnuwun

bedjo98
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 21 Apr 2018, 13:04
Location: semarang
Daily Vehicle: Accord gen 6 2002

Re: WTA:disc brake FD1

Post by bedjo98 » 27 Apr 2018, 02:52

Wah kebetulan banget thread ini mewakili apa yg sdg saya alami saat ini,
Si Beno tunggangan ane CRV bongkok disk nya udah pernah bubut sekali dan sepertinya tinggal nunggu kampasnya abis trus ganti disk & brake pad nya

Setelah brosing2 dan banding2in harga dll akhirnya jatuh pilihan utk make diskbrake oem nya brembo yg utk crv 2.0 yg g ada drilled dan slot nya, pokoknya mirip ori bawaan honda nya tinggal pnp (dgn harapan ini emang produk brembo asli shg kualitasnya bs diharapkan deh, mungkin ada yg pernah make dan bs minta tlg review nya)
Yang msh bingung sekarang utk nentuin brake pad nya, sampe saat ini sih msh cenderung akan pilih ori nya honda krn selama ini pakemnya lumayan bagus dan g pernah bunyi2 nyaring macam suara besi yg bergesekan baik pada posisi dingin maupun panas kecuali waktu udah abis kampasnya aja.
Kl bunyi rem yg gret gret saat kita lepas dan injek rem sih saya pikir wajar aja buat hampir semua mobil matic.

Ada beberapa pilihan lain utk brake pad nya tp kok sampe saat ini blm ada review dari para pemakai yg bikin hati ini mantep buat meminang dan merasakannya. Macam brake padnya brembo, bendix gct, bendix metal king, ferodo dsb

Takutnya sih udah terlanjur pakai ternyata makan disk, atau bunyi decit2 gitu kan malah mengganggu kenyamanan deh jadinya
Barangkali ada yg bs share pengalamannya utk pemakaian kampas remnya yg selain ori supaya bs dpt barang yg lbh bagus.

Hasil review saya dgn kampas rem ori CRV 2.0 :

Positif :
- Rem lumayan pakem (msh bikin ati mantep buat ngerem mendadak meskipun jaraknya udah deket banget, beda sama ori nya accord 2002 yg msh harus nyari tempat buangan bodi mobil)
- Sejak awal pake sampe mau abis kampas g pernah berisik (baik abis kehujanan, panas atau dingin g pernah bunyi2 nyaring)
- Velg jarang kotor juga

Negatifnya :
- Harganya cukup mahal krn HPM kl ngambil untungnya gila2an

tesna
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 345
Joined: 17 Mar 2005, 16:01
Location: Jakarta

Re: WTA:disc brake FD1

Post by tesna » 26 Jun 2018, 17:32

ya bisa jadi abis dibubut emang udah rata, tapi ada beberapa hal yang ngebuat disc nya jadi peyang lagi. Misalnya rem nya rada macet, bikin disc cepat panas dan peang lagi.

Post Reply

Return to “Body and Wheels”