perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Modifikasi bodi mobil serta kaki-kaki mobil? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

kalvin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Wed Apr 17, 2013 15:50

perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by kalvin »

Suhu2 sory kalo repost, ane skrg pake honda crv dan di tengah jalan keriting ini koq berasa keras di banding mobil fortuner punya sodara ane...

Suatu hari ane jalan bareng sodara dengan rute tol kemudian jalan lumayan banyak lubang (jalur bandung-pangandaran),ane berasa pada saat tol crv ane lebih mantep dipacu dan selip2, namun di jalan rusak dan lubang, mobil crv ane kalah empuk, jauh nyaman fortuner kemana-mana, trus ane comment,koq fortie nya di tol ga semantep crv tapi di jalan rusak nyaman dibanding crv sodara ane bilang "jelas lah fortuner di jalan gini lebih enak, frame ladder sih, lo punya kan monocoque", karna perjalanan sudah sampai, jadinya obrolan tidak berlanjut.yang ane pengen tanyakan:

1.apa frame ladder termasuk chassis?
2.apa perbedaan di antara monocoque dan frame ladder, berikut kelebihan dan kekurangannya(kalo bisa ama contoh mobilnya)
3.katanya untuk jalan rusak lebih tahan frame ladder ya?
4. kalo sejenis avanza xenia itu masuknya apa? soalnya pernah denger unibody

makasih banyak untuk yang berbaik hati memberi pencerahan :big_smile]
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by VanzMatic »

Secara singkatnya aja ya:
1. Iya, ladder frame adalah salah satu jenis chassis kendaraan mobil. Dinamakan ladder frame karena chassisnya berbentuk tangga, yang dibautkan ke body mobil.

2. Bedanya?
Ini:
Image

Ladder frame:
Image

Itulah bentuk chassis / rangka tangga. Rangka ini disatukan dengan body menggunakan baut dan dudukan peredam guncangan, seperti gambar berikut:

Image

Image

Sedangkan monocoque, adalah jenis rangka yang menyatu dengan body mobil.

Image

Perhatikan yang warna biru? Itulah chassisnya yg warna biru. Menyatu kan?

3. Mengenai daya tahan, sebenarnya sama sama tahan kok. Bedanya di kenyamanan.
Di sasis tangga / ladder frame, guncangan dan getaran dari roda, dirambatkan melalui suspensi ke sasis terlebih dahulu, dan dirambatkan ke body, tapi setelah getarannya diredam oleh peredam pada dudukan / mounting baut yang mengikat sasis dengan body. Jadi sasis tangga juga berfungsi sebagai peredam guncangan dan getaran dari permukaan jalan juga.

Sementara untuk monocoque, getaran dari roda, diteruskan oleh suspensi, dan merambat langsung ke body kendaraan, karena tidak ada perantaraan ke body. Ini yang menyebabkan kenyamanan di jalan rusak bagi kendaraan monocoque jadi merosot drastis.

4. Avanza xenia masuk kategori Unibody.
See:
Image

Chassis dilas langsung ke body. Jadi semacam gabungan antara ladderframe dan monocoque.
Yang merah merah itu adalah chassisnya. Melekat langsung pada body, tapi bukan menyatu seperti monokok.

semoga membantu.

Cmiiw, monggo para master SM urun pendapat...
:mky_01:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by doq »

Hmm.......sodara nya itu punya nama Andy Kru bukan oom? :e-think:














:ngacir:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
kalvin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Wed Apr 17, 2013 15:50

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by kalvin »

@vanzmaticmakasihh banyakk bro vanzmatic, jelas banget, mana dikasi ilustrasi gambar..jadi kebayang bro, maklum newbiee banget nih hehe..berati daya tahan sama ya bro? soalnya lumayan juga nih, ane rutin jalur selatan, jalannya ancur lebur..capek juga kalo ganti kaki2 terus, tapi jalur tol rutin juga, malah tiap hari hehe..cuma saking ancur leburnya jalanan jadi kepikiran pake yg lbh awet untuk jalanan jelek, kalau sama aja...ane pake aja deh crv ane hehe
@doq bukan bro,bukan andy kru, ada kejadian sama ya bro?hehe
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3139
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by walid_007 »

Klo buat tabrakan frontal lebih aman monocouqe atau ladder frame nih yg pake besi segaban??
engine roaring!
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by POS VETT »

Masalah bantingan di jalan yang mulus dan di jalan rusak agak susah perbandingannya kalau dikaitkan dengan konstruksi chassis. Masalah bantingan ditentukan oleh desain suspensi dan desain ban.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by Turboman »

kalvin wrote:Suhu2 sory kalo repost, ane skrg pake honda crv dan di tengah jalan keriting ini koq berasa keras di banding mobil fortuner punya sodara ane...

Suatu hari ane jalan bareng sodara dengan rute tol kemudian jalan lumayan banyak lubang (jalur bandung-pangandaran),ane berasa pada saat tol crv ane lebih mantep dipacu dan selip2, namun di jalan rusak dan lubang, mobil crv ane kalah empuk, jauh nyaman fortuner kemana-mana, trus ane comment,koq fortie nya di tol ga semantep crv tapi di jalan rusak nyaman dibanding crv sodara ane bilang "jelas lah fortuner di jalan gini lebih enak, frame ladder sih, lo punya kan monocoque", karna perjalanan sudah sampai, jadinya obrolan tidak berlanjut.yang ane pengen tanyakan:
Jawabannya simple aja :
Suspension travel

Kalau mau nyaman di jalan jelek / off road = travel suspensinya (shock arbsorber) dibuat agak panjang

Kalau mau stabil di jalan tol / high speed = travel suspensi / shock-nya dibuat pendek
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by ilhami »

Pernah lihat di tv kasus ekstrem pas rally amatir gitu, travel suspensi sudah panjang. Tapi baru jalan beberapa puluh km, sudah bocor dan jebol.
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by ongisnade »

Kebetulan ane ada Fortie VNT non TRD dan Captiva diesel kaki-kaki masih standard (Ladder Frame VS Monokok)
Untuk dijalan jelek gravel atau jalan lobang ataupun melibas poldur selama tidak nyangkut di lobang atau di poldur suspensi Captiva yg monokok masih terasa lebih nyaman. Untuk gesekan suara ban Captiva lebih berisik, fortuner lebih nyaman dan senyap. Untuk di toll atau kebut-kebutan Captiva lebih nyaman. Pernah bawa dikecepatan 90 km/jam melibas poldur masih terasa nyaman di Captiva. Di poldur yg sama bawa fortuner 70 km/jam pinggang seperti dilinggis. Untuk jalan mendaki yg curam fortuner lebih enak.
kalvin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Wed Apr 17, 2013 15:50

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by kalvin »

Turboman wrote:
kalvin wrote:Suhu2 sory kalo repost, ane skrg pake honda crv dan di tengah jalan keriting ini koq berasa keras di banding mobil fortuner punya sodara ane...

Suatu hari ane jalan bareng sodara dengan rute tol kemudian jalan lumayan banyak lubang (jalur bandung-pangandaran),ane berasa pada saat tol crv ane lebih mantep dipacu dan selip2, namun di jalan rusak dan lubang, mobil crv ane kalah empuk, jauh nyaman fortuner kemana-mana, trus ane comment,koq fortie nya di tol ga semantep crv tapi di jalan rusak nyaman dibanding crv sodara ane bilang "jelas lah fortuner di jalan gini lebih enak, frame ladder sih, lo punya kan monocoque", karna perjalanan sudah sampai, jadinya obrolan tidak berlanjut.yang ane pengen tanyakan:
Jawabannya simple aja :
Suspension travel

Kalau mau nyaman di jalan jelek / off road = travel suspensinya (shock arbsorber) dibuat agak panjang

Kalau mau stabil di jalan tol / high speed = travel suspensi / shock-nya dibuat pendek
kalau gitu ga hanya berhubungan dengan masalah chassis ya om turboman? kirain dari ilustrasi yang dikasi bro vanzmatic, si frame ladder berfungsi untuk redam goncangan juga, ternyata ada hal lain juga yang berpengaruh seperti suspension travel. bisa diakalin ga om mobil ane? dan masalah kekuatan, lebih kuat mana om? ane pake crv gen2, keras buanget soalnya hehe, kalau diisi orang banyak enak tuh om malah hehe
kalvin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Wed Apr 17, 2013 15:50

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by kalvin »

ongisnade wrote:Kebetulan ane ada Fortie VNT non TRD dan Captiva diesel kaki-kaki masih standard (Ladder Frame VS Monokok)
Untuk dijalan jelek gravel atau jalan lobang ataupun melibas poldur selama tidak nyangkut di lobang atau di poldur suspensi Captiva yg monokok masih terasa lebih nyaman. Untuk gesekan suara ban Captiva lebih berisik, fortuner lebih nyaman dan senyap. Untuk di toll atau kebut-kebutan Captiva lebih nyaman. Pernah bawa dikecepatan 90 km/jam melibas poldur masih terasa nyaman di Captiva. Di poldur yg sama bawa fortuner 70 km/jam pinggang seperti dilinggis. Untuk jalan mendaki yg curam fortuner lebih enak.
ane setuju om, ane pernah jalan curam nanjak dan jalanan berpasir belom aspal, mobil ane ga naek gan, pake fortie sodara ane lancar jaya, tanpa spin berlebihan sedangkan mobil ane spin ampe ngebul kemana-mana, ane kirain itu dari masalah fwd rwd.
di tol ane berasa sama seperti om, jauh stabil crv ane yg monocoque, suara ban ane juga sama seperti yg om rasa, sadiis..
hanya 1 yg berasa beda, di jalanan berlubang, koq ane berasa lebih keras crv ane ya, apa salah perasaan hehe, bisa libas poldur dimana gan 90km/jam?,pengen coba nih hihi, ane pernah sekitar 50km/jam pake gen2 ane sakit gan, kalo pake fortie bln pernah, takut dihajar ama sodara ane gan :big_slap:
kalvin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Wed Apr 17, 2013 15:50

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by kalvin »

POS VETT wrote:Masalah bantingan di jalan yang mulus dan di jalan rusak agak susah perbandingannya kalau dikaitkan dengan konstruksi chassis. Masalah bantingan ditentukan oleh desain suspensi dan desain ban.
desain ban pengaruh ya gan untuk bantingan, ane kira cuma pengaruh ke berisik dan ga berisik aja gan, tapi pikir2 kayanya pengaruh juga..untuk design suspensi mungkin seperti yg dijelaskan oleh om turboman ya om?
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by billyd1773dz »

kalvin wrote:Suhu2 sory kalo repost, ane skrg pake honda crv dan di tengah jalan keriting ini koq berasa keras di banding mobil fortuner punya sodara ane...

Suatu hari ane jalan bareng sodara dengan rute tol kemudian jalan lumayan banyak lubang (jalur bandung-pangandaran),ane berasa pada saat tol crv ane lebih mantep dipacu dan selip2, namun di jalan rusak dan lubang, mobil crv ane kalah empuk, jauh nyaman fortuner kemana-mana, trus ane comment,koq fortie nya di tol ga semantep crv tapi di jalan rusak nyaman dibanding crv sodara ane bilang "jelas lah fortuner di jalan gini lebih enak, frame ladder sih, lo punya kan monocoque", karna perjalanan sudah sampai, jadinya obrolan tidak berlanjut.yang ane pengen tanyakan:

1.apa frame ladder termasuk chassis?
2.apa perbedaan di antara monocoque dan frame ladder, berikut kelebihan dan kekurangannya(kalo bisa ama contoh mobilnya)
3.katanya untuk jalan rusak lebih tahan frame ladder ya?
4. kalo sejenis avanza xenia itu masuknya apa? soalnya pernah denger unibody

makasih banyak untuk yang berbaik hati memberi pencerahan :big_smile]
soal CRV vs Fortuner di jalan jelek... sya rasa bukan dari chassis saja,

bener kata om turbo, travel sangat pengaruh.... travel disini ukuran dari jarak paling compress hingga paling extent........ travel makin panjang, makin tinggi juga jarak main suspensi untuk ngetolerir benturan jalan ancur. tentu di bantu shockbreaker yang responsif yg mampu nahan rebound dan bounce juga.

mobil speedoffroad rata2 punya travel suspensi 10" keatas ..... fungsinya ya bwat melibas gravel jumping grid dan jalan ancur dengan kecepatan tinggi.

ford F150 Raptor mungkin salah satu mass production car err truck dgn travel suspensi paling tinggi yaitu 11" depan dan 12.1" belakang.... performanya di puji sebagai baja race ready production truck.. yg siap di ajak terbang di jalan ancur... hehe :D


selanjutnya.. itu SWAYBAR a.k.a stabilizer... saya rasa ini yg pling pengaruh di CRV... jika swaybar terlalu stiff travel panjang juga jadi percuma untuk ngehajar cross grid/ rintangan di salah satu sisi roda errr gw pernah main2 dgn crv RM temen... yg gw rasa swaybarnya terlampau stiff........... saat lewat lubang dan satu ban masuk suspensi tidak main ngulur/extent kebawah, begitu juga saat gundukan sebelah ban tidak compress masuk.. malah gerakannya kaku ikut miringin body...... :big_childish: memang fungsi swaybar seperti ini untuk menyelaraskan sudut masing2 ban dgan body.. menguntungkan untuk konteks jalan mulus highspeed. untuk poldur masih bisa nyaman karna ban kanan kiri gerak bareng, tapi klw cross atw jalan ancur random mulai deh body ikutan pontang panting dgn jalan nya, tiap roda tidak bergerak independen....

ini sebapnya jeep JK rangerover discover dll memiliki fitur untuk melepas swaybar dengan sekali pencet /terintegrasi ke terrain response masing2.

saya sendiri melepas swaybar di cherokee dan taft saya, ride comfort jauh lebih baik di jalan ancur...... setiap sisi ban bisa bergerak bebas nyesuaikan permukaan jalan. dgn shock yg baik lautan lobang enak aja di hajar >70kmh jd geli2 doank hehe :D jangan kan lobang parit alur air aja bisa dijabanin dan body tetep rata
sebaliknya onroad handling jd berkurang karna body roll bertambah.

Image
err XJ di atas cuma lepas swaybar depan... tepatnya 2 baut untuk lepas linkage....... lainya std.
oh XJ itu monokok....

mirage.... dri sononya ga ada swaybar...... wkwkw :D somehow i like it bwat nerjang jalan ancur hehe :D :D meski pelan2 tentunya..
bodyroll lebih dri yg lain (on its class), tp g separah some ladder mpv std dgn swaybar karna bodynya kecil n ringan serta center of gravity relatif rendah

bwat crv RM... mungkin obatnya mengganti swaybar yang lebih lembut... atw klw rute harian mayoritas jalan ancur bisa lepas sekalian hehe :D

soal chassis..... klw comfort ladder frame g kalah dri monokok beberapa hal lebih, seperti lower road noise dan suspension noise, weaknessnya di handling... ladderframe otomatis body hrs berdiri di atasnya lebih tinggi dri monokok center of gravity tinggi berpengaruh langsung ke body roll. lainya kekakuan ladderframe tidak sebaik monokok sehingga membutuhkan banyak crossmember untuk mensupport kedua sisi frame, ini juga pengaruh ke handling.

monokok n unibody... errrrrrr ampir sama deh hehe :d

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
kalvin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Wed Apr 17, 2013 15:50

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by kalvin »

billyd1773dz wrote:
kalvin wrote:Suhu2 sory kalo repost, ane skrg pake honda crv dan di tengah jalan keriting ini koq berasa keras di banding mobil fortuner punya sodara ane...

Suatu hari ane jalan bareng sodara dengan rute tol kemudian jalan lumayan banyak lubang (jalur bandung-pangandaran),ane berasa pada saat tol crv ane lebih mantep dipacu dan selip2, namun di jalan rusak dan lubang, mobil crv ane kalah empuk, jauh nyaman fortuner kemana-mana, trus ane comment,koq fortie nya di tol ga semantep crv tapi di jalan rusak nyaman dibanding crv sodara ane bilang "jelas lah fortuner di jalan gini lebih enak, frame ladder sih, lo punya kan monocoque", karna perjalanan sudah sampai, jadinya obrolan tidak berlanjut.yang ane pengen tanyakan:

1.apa frame ladder termasuk chassis?
2.apa perbedaan di antara monocoque dan frame ladder, berikut kelebihan dan kekurangannya(kalo bisa ama contoh mobilnya)
3.katanya untuk jalan rusak lebih tahan frame ladder ya?
4. kalo sejenis avanza xenia itu masuknya apa? soalnya pernah denger unibody

makasih banyak untuk yang berbaik hati memberi pencerahan :big_smile]
soal CRV vs Fortuner di jalan jelek... sya rasa bukan dari chassis saja,

bener kata om turbo, travel sangat pengaruh.... travel disini ukuran dari jarak paling compress hingga paling extent........ travel makin panjang, makin tinggi juga jarak main suspensi untuk ngetolerir benturan jalan ancur. tentu di bantu shockbreaker yang responsif yg mampu nahan rebound dan bounce juga.

mobil speedoffroad rata2 punya travel suspensi 10" keatas ..... fungsinya ya bwat melibas gravel jumping grid dan jalan ancur dengan kecepatan tinggi.

ford F150 Raptor mungkin salah satu mass production car err truck dgn travel suspensi paling tinggi yaitu 11" depan dan 12.1" belakang.... performanya di puji sebagai baja race ready production truck.. yg siap di ajak terbang di jalan ancur... hehe :D


selanjutnya.. itu SWAYBAR a.k.a stabilizer... saya rasa ini yg pling pengaruh di CRV... jika swaybar terlalu stiff travel panjang juga jadi percuma untuk ngehajar cross grid/ rintangan di salah satu sisi roda errr gw pernah main2 dgn crv RM temen... yg gw rasa swaybarnya terlampau stiff........... saat lewat lubang dan satu ban masuk suspensi tidak main ngulur/extent kebawah, begitu juga saat gundukan sebelah ban tidak compress masuk.. malah gerakannya kaku ikut miringin body...... :big_childish: memang fungsi swaybar seperti ini untuk menyelaraskan sudut masing2 ban dgan body.. menguntungkan untuk konteks jalan mulus highspeed. untuk poldur masih bisa nyaman karna ban kanan kiri gerak bareng, tapi klw cross atw jalan ancur random mulai deh body ikutan pontang panting dgn jalan nya, tiap roda tidak bergerak independen....

ini sebapnya jeep JK rangerover discover dll memiliki fitur untuk melepas swaybar dengan sekali pencet /terintegrasi ke terrain response masing2.

saya sendiri melepas swaybar di cherokee dan taft saya, ride comfort jauh lebih baik di jalan ancur...... setiap sisi ban bisa bergerak bebas nyesuaikan permukaan jalan. dgn shock yg baik lautan lobang enak aja di hajar >70kmh jd geli2 doank hehe :D jangan kan lobang parit alur air aja bisa dijabanin dan body tetep rata
sebaliknya onroad handling jd berkurang karna body roll bertambah.

Image
err XJ di atas cuma lepas swaybar depan... tepatnya 2 baut untuk lepas linkage....... lainya std.
oh XJ itu monokok....

mirage.... dri sononya ga ada swaybar...... wkwkw :D somehow i like it bwat nerjang jalan ancur hehe :D :D meski pelan2 tentunya..
bodyroll lebih dri yg lain (on its class), tp g separah some ladder mpv std dgn swaybar karna bodynya kecil n ringan serta center of gravity relatif rendah

bwat crv RM... mungkin obatnya mengganti swaybar yang lebih lembut... atw klw rute harian mayoritas jalan ancur bisa lepas sekalian hehe :D

soal chassis..... klw comfort ladder frame g kalah dri monokok beberapa hal lebih, seperti lower road noise dan suspension noise, weaknessnya di handling... ladderframe otomatis body hrs berdiri di atasnya lebih tinggi dri monokok center of gravity tinggi berpengaruh langsung ke body roll. lainya kekakuan ladderframe tidak sebaik monokok sehingga membutuhkan banyak crossmember untuk mensupport kedua sisi frame, ini juga pengaruh ke handling.

monokok n unibody... errrrrrr ampir sama deh hehe :d

:beer:
widih mantep om penjelasannya ane jadi tambah ngerti, juga mantep cheerokenya om, kaka ipar ane punya juga cheeroke, yg country, ane demen banget, cuma ga kuat biaya bensinnya gan haha, pake crv 2400cc aja udah puyenk ane. salah satu mobil impian nih hehe
kalau ga salah crv rm itu yg terbaru ya om? crv gen2 ane lebih keras lagi, kalo menurut majalah autobild karna crv gen2 adalah crv yg di design untuk 3 baris, tapi modelnya ane demen banget dibanding yg lbh baru2, kesannya macho dan simple, bahkan alas ban serep bisa dipakai meja, abis pgn jeep beneran kaya cheeroke masi bln waktunya kayanya hehe...

o ya om untuk sway bar gimana ngakalainnya ya? supaya aga enak, agan kan pengalaman dengan modifikasi bagian kaki ini deh hehe, jadi kalo gitu kalo crv ane lewat poldur ga usah dimiringan ya om mobilnya, cukup libas dengan posisi lurus aja ya? kalo jalan menonjol ama berlubang itu ke bantingan beda ga sih om? misalnya untuk poldur lebih enak dilewatin dibanding jalan lubang,
thx infonya om
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by billyd1773dz »

kalvin wrote: o ya om untuk sway bar gimana ngakalainnya ya? supaya aga enak, agan kan pengalaman dengan modifikasi bagian kaki ini deh hehe, jadi kalo gitu kalo crv ane lewat poldur ga usah dimiringan ya om mobilnya, cukup libas dengan posisi lurus aja ya? kalo jalan menonjol ama berlubang itu ke bantingan beda ga sih om? misalnya untuk poldur lebih enak dilewatin dibanding jalan lubang,
thx infonya om
Image
err prinsipnya swaybar menghubungkan kedua sisi suspensi agar bisa bergerak bersamaan dan sejajar dengan sasis. hasilnya body roll bisa di reduksi.

Image

jadi saat cornering misal kekiri, otomatis lateral force dorong body kekanan, suspensi bagian kanan menerima tekanan dan di kondisi kompresi,suspensi kiri kehilangan tekanan jadi di posisi extent... suspensi kanan dan kiri bergerak berlawanan, maka terjadi massive body roll yang hanya bertumpu pada kekerasan spring..

dengan sway bar yang ngikat kedua sisi suspensi dengan body bisa nambah kekuatan resistansi saat terjadi lateral force yg menekan body jd body roll. suspensi akan di usahakan bergerak bersamaan,sehingga mengurangi gejala saat sebelah extent satu lagi kompresi. semakin stiff swaybar semakin besar efek ini.

jadi kalau lewat poldur lurus sih, sway bar ada atau tidak tidak masalah. karna ban kanan dan kiri naik poldur berbarengan


nah masalahnya klw di jalan ancur... tiap sisi suspensi lebih baik kalau bisa bergerak sebebas bebasnya dengan independen menyesuaikan dengan permukaan jalan.
nah klw lewat poldurnya miring,misal ban kanan dulu yang naik poldur jadi kompres, yg kiri bagusnya jadi extent, body tetep datar.. begtu juga sebaliknya. tiap naik turun ban tidak berhubungan langsung dengan body, kecuali dari suspensi saja.



nah utk poldur beda kasusnya dengan jalan lubang yg random dan tidak selalu bersamaan kena banya hehe :D

klw ingin lewat poldur lurus geli2 g ada "jeduk"an bearti panjang travel kompresi suspensi harus lebih tinggi dari tinggi poldurnya, agar saat ngehajar poldur tidak sampai mentok ke stoper.

bisa juga cek dari stopernya masih baik tdk, dan menggunakan busa ori, bukan asal karet keras.. lebih baik lagi klw pke shock yg punya dampening hydraulic untuk ngeganti stoper karet hehe :D

urusan nambah travel terutama ke kompresi ini cukup sulit... karna harus ngerubah dudukan shock atw stoper. kalau sekedar ganti shock dengan yang travel lebih panjang.. extent yang akan ningkat banyak, dan kompresi justru berkurang. kecuali tinggi mobil di tambah untuk ngejar angka kompresi. mbl independen juga sebaiknya tidak asal merubah jarak travel karna urusannya CVjoint asroda,hrs di hitung dgn cermat sudut toleransinya.

kompresi berguna di gundukan/poldur jalan termasuk klw suka diterbangin ... extent akan berguna untuk lobang2 di jalan termasuk alur dalam hingga rock crawling. jadi tinggal jalan yg digunakan seperti apa. bisa juga di setting balance 50:50


paling yang mudah di aplikasin cek kondisi stoper di mobil om.. masih bagus tidak *apalagi jika sudah berumur*. apakah karetnya sudah keras/getas atau di ganti ke karet biasa yg keras. biasanya yang oem itu dari busa yg empuk. *tp gtw d crv kya gmn ya* saat lewat poldur.. "jedug" pertama di redam langsung oleh stoper.

cek juga shock apakah masih bagus dampening saat kompresnya? beberapa shock generic malah g punya dampening kompres hanya oleh karet, dan extent tidak sama sekali,meninggalkan bunyi "Tak" saat extent...

lalu jika mau ber experiment.. coba aja lepas sway bar, yg blkng dulu saja*jika ada*... mestinya g sulit. klw g cocok ya di pasang lagi hehe :D

cmiiw
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by artoodetoo »

Trit bergizi. Nyimak ah :big_smile]
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by ZombiEE »

doq wrote:Hmm.......sodara nya itu punya nama Andy Kru bukan oom? :e-think:






Tau ajeeeee :mky_03:







:ngacir:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by doq »

Si jembi ini suka edit2 postingan orang aja :big_smoking:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
kalvin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Wed Apr 17, 2013 15:50

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by kalvin »

billyd1773dz wrote:
kalvin wrote: o ya om untuk sway bar gimana ngakalainnya ya? supaya aga enak, agan kan pengalaman dengan modifikasi bagian kaki ini deh hehe, jadi kalo gitu kalo crv ane lewat poldur ga usah dimiringan ya om mobilnya, cukup libas dengan posisi lurus aja ya? kalo jalan menonjol ama berlubang itu ke bantingan beda ga sih om? misalnya untuk poldur lebih enak dilewatin dibanding jalan lubang,
thx infonya om
Image
err prinsipnya swaybar menghubungkan kedua sisi suspensi agar bisa bergerak bersamaan dan sejajar dengan sasis. hasilnya body roll bisa di reduksi.

Image

jadi saat cornering misal kekiri, otomatis lateral force dorong body kekanan, suspensi bagian kanan menerima tekanan dan di kondisi kompresi,suspensi kiri kehilangan tekanan jadi di posisi extent... suspensi kanan dan kiri bergerak berlawanan, maka terjadi massive body roll yang hanya bertumpu pada kekerasan spring..

dengan sway bar yang ngikat kedua sisi suspensi dengan body bisa nambah kekuatan resistansi saat terjadi lateral force yg menekan body jd body roll. suspensi akan di usahakan bergerak bersamaan,sehingga mengurangi gejala saat sebelah extent satu lagi kompresi. semakin stiff swaybar semakin besar efek ini.

jadi kalau lewat poldur lurus sih, sway bar ada atau tidak tidak masalah. karna ban kanan dan kiri naik poldur berbarengan


nah masalahnya klw di jalan ancur... tiap sisi suspensi lebih baik kalau bisa bergerak sebebas bebasnya dengan independen menyesuaikan dengan permukaan jalan.
nah klw lewat poldurnya miring,misal ban kanan dulu yang naik poldur jadi kompres, yg kiri bagusnya jadi extent, body tetep datar.. begtu juga sebaliknya. tiap naik turun ban tidak berhubungan langsung dengan body, kecuali dari suspensi saja.



nah utk poldur beda kasusnya dengan jalan lubang yg random dan tidak selalu bersamaan kena banya hehe :D

klw ingin lewat poldur lurus geli2 g ada "jeduk"an bearti panjang travel kompresi suspensi harus lebih tinggi dari tinggi poldurnya, agar saat ngehajar poldur tidak sampai mentok ke stoper.

bisa juga cek dari stopernya masih baik tdk, dan menggunakan busa ori, bukan asal karet keras.. lebih baik lagi klw pke shock yg punya dampening hydraulic untuk ngeganti stoper karet hehe :D

urusan nambah travel terutama ke kompresi ini cukup sulit... karna harus ngerubah dudukan shock atw stoper. kalau sekedar ganti shock dengan yang travel lebih panjang.. extent yang akan ningkat banyak, dan kompresi justru berkurang. kecuali tinggi mobil di tambah untuk ngejar angka kompresi. mbl independen juga sebaiknya tidak asal merubah jarak travel karna urusannya CVjoint asroda,hrs di hitung dgn cermat sudut toleransinya.

kompresi berguna di gundukan/poldur jalan termasuk klw suka diterbangin ... extent akan berguna untuk lobang2 di jalan termasuk alur dalam hingga rock crawling. jadi tinggal jalan yg digunakan seperti apa. bisa juga di setting balance 50:50


paling yang mudah di aplikasin cek kondisi stoper di mobil om.. masih bagus tidak *apalagi jika sudah berumur*. apakah karetnya sudah keras/getas atau di ganti ke karet biasa yg keras. biasanya yang oem itu dari busa yg empuk. *tp gtw d crv kya gmn ya* saat lewat poldur.. "jedug" pertama di redam langsung oleh stoper.

cek juga shock apakah masih bagus dampening saat kompresnya? beberapa shock generic malah g punya dampening kompres hanya oleh karet, dan extent tidak sama sekali,meninggalkan bunyi "Tak" saat extent...

lalu jika mau ber experiment.. coba aja lepas sway bar, yg blkng dulu saja*jika ada*... mestinya g sulit. klw g cocok ya di pasang lagi hehe :D

cmiiw
:beer:
makasih om buat ilustrasinya, buat ane jadi lebih kebayang....
oh berati untuk merubah travel aga mustahil, perlu perhitungan cermat dan juga butuh biaya yang tidak sedikit...mungkin yang masih memungkinkan adalah coba2 untuk lepas sway dan ganti karet stopper ya om, permasalahannya ane pernah ganti shock berikut karetnya (ga tau karet apa), karna di bengkel seperti kesulitan untuk mem press si karet dengan rata, jadinya disarankan untuk memakai karet yang lama, karetnye di bagian tengahnya ada besi silinder, apakah itu adalah karet stopper? kalo bener itu adalah karet stopper berati untuk menggantinya harus sekalian buka shock ya? karet apalagi ya yang berpengaruh om?

sory skalian mau tanya mumpung ada suhunya, kalau kita buka kap mesin itu di kiri dan kanan ada dudukan shock ya? itu kalo rusak gimana ya kerasanya, soalnya ane kalo lewat poldur di bagian depan ada bunyi "duk" pada saat kompress(ban naik ke poldur), semua rasanya udah diganti mulai dari shock, ball joint, tierod, link stabil, bushing arm,bahkan dudukan shock kiri kanan itu(cuma waktu itu diganti bersamaan jadi bingung efeknya), eh...masi ada aja, puyenk ane, yang belom diganti mungkin karet itu (karna susah ganti si bengkelnya) dan long tierod, karna long tierod crv gen2 katanya jarang rusak, karna konstruksinya beda ama mobil lain..kira2 dari apa ya om? aneh padahal di bengkel h*n*a koq bisa kesulitan press dengan rata, karetnya harus tetep dibeli juga...

mohon pisan bantuannya, dan mudah2an berguna juga buat yang lain
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by ZombiEE »

doq wrote:Si jembi ini suka edit2 postingan orang aja :big_smoking:
Ampun bos....salah quote...uwkwkwkwkw
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by hariy »

ikut nyimak ah..... :e-whistle:
444
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Mon Feb 29, 2016 4:15

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by 444 »

Masih belum paham nih suhu..

Yg di rumah kia carnival. Naah klo jalan macet di daerah gitu, suka ngiri liat fortuner yang tidak mau macet malah ambil bahu jalan gravel/ makadam .. Emanknya fortuner gitu kakinya ga jadi rusak kah?
Soalnya kalo carnival dipake kaya gitu sampe rumah pasti ada aja kakinya yg bunyi
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by quyquy »

Iya bener tuh.. Si avanza xenia paduan keduanya.

Paduan monocoque ama ladder.

Real crossover tuh hehehe..

Getaran di frame ladder bisa di redam sama pangkon bodinya.. tapi jeleknya kaku.

Monocoque nggak kaku. Tp kurang bs meredam getaran..

Urusan empuk atau enggaknya kaki2 ke arah travel suspension dan per.

Makanya Big sedan enak walau dia pake monocoque empuk karena selain ketolong wheelbasenya yg pjg jg travel suspension nya panjang. Cmiiw.
Martino168
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Sat Feb 27, 2016 5:05

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by Martino168 »

Gile, ilmunya pada dalem2 O_O
Nais inpoh ni buat nambah ilmu
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: perbedaan chassis monocoque dan frame ladder

Post by KodokPushUp »

444 wrote:Masih belum paham nih suhu..

Yg di rumah kia carnival. Naah klo jalan macet di daerah gitu, suka ngiri liat fortuner yang tidak mau macet malah ambil bahu jalan gravel/ makadam .. Emanknya fortuner gitu kakinya ga jadi rusak kah?
Soalnya kalo carnival dipake kaya gitu sampe rumah pasti ada aja kakinya yg bunyi
Dari perbedaan konstruksi kaki2 om
Kebanyakan rwd lebih tahan banting daripada fwd, karena komponen lebih simpel.
Fwd komponen kaki2 depan ruwet, otomatis ukuran komponen lebih kecil, +beban berat di depan (buat belok+poros penggerak).
Bayangin aja nokia jadul (fortuner) vs hp skrg yg tipis, komponen ruwet (mobil fwd), dari segi ketahanan, pasti menang nokia jadul
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil: