wta: solusi untuk suspensi/bantingan keras

Modifikasi bodi mobil serta kaki-kaki mobil? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: wta: solusi untuk suspensi/bantingan keras

Post by Hansen »

kaos_oblong wrote:bukannya isi nitrogen malah lebih cepet kempes ? Molekul nitrogen yg lebih kecil/halus sehingga lebih gampang lolos dari pori-pori karet ban.
cmiiw
kebalik bro, justru molekul nitrogen itu yg lebih besar.

kenapa Nitrogen dipilih untuk ban? dengan molekul yg lebih besar, akan lebih susah bagi molekul tsb untuk lolos keluar dari dinding/pori2 karet ban sehingga jika diisi Nitrogen 100% maka tekanan angin dalam ban akan lebih lama berkurangnya.

jika diisi angin biasa seperti yg kita ketahui udara bebas itu terdiri dari kira2 78% Nitrogen, 20% O2, 1% argon, 0.04% CO2 dan 1% uap air.
jadi yg membuat "angin biasa" ini lebih cepat kempes adalah kandungan molekul2 selain Nitrogen tsb yg ukurannya lebih kecil dari molekul Nitrogen, dimana molekul2 tsb lebih mudah lolos keluar dari dinding/pori2 karet ban.
Image
stoneage
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Wed Mar 19, 2014 3:25

Re: wta: solusi untuk suspensi/bantingan keras

Post by stoneage »

Salam kenal dr newbie. First post mau tanya tentang kaki2.
Mobil sy rush '07 bbrp mggu terakhir bantingan bagian belakang terasa keras n klo lewat jalan keriting terdengar suara gludukan. Kadang bagian belakang suka terlempar.

Satu lagi rem depan sering terdengar suara 'ctek' ketika awal d injak.

Tekanan ban normal, terakhir spur balans ketika ganti ban blkng stgh thn lalu. Brake pad non ori,

Kira2 utk kdua masalah itu apa yg prtma kali perlu diperiksa? Mohon bantuan rekan2 smua, nubie buta ttg permobilan. Trims sebelumnya.

Maaf dopost maklum via mobile kepencet submit.
silverlining
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Mon Aug 10, 2009 9:02

Re: wta: solusi untuk suspensi/bantingan keras

Post by silverlining »

rekan2 seraya motor sy cb angkat thread lama ttg suspensi.
mohon pencerahan krn sy bnr2 newbie ttg suspensi.
rencana bikin lbh nyaman new xenia krn tiap hr cm bw 3 org n ga pernah bw brg byk.
bahkan kursi baris 3 sy cabut sy ganti kasur busa buat anak.
ga fokus handling tp lbh cr nyaman.
scr cm xenia 1.0 gigi 5 lari 100km/j aja rpm udah 4000an.

utk suspensi yg lbh nyaman cukupkah dgn ganti per ato shock ato hrs kedua2nya?
utk lbh nyaman ganti per keras shock lembut ato per lembut shock keras ato dua2nya lembut?
klo shock std new xenia itu single ato double action?
krn slama ini klo lewat poldur hrs pelan banget.
klo rd cpt dikit saat rebound lgs ky ga ditahan shock (plg kerasa demikian suspensi blkg).

mohon saran.
makasi byk sblmnya.
ultimate0
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Mon Oct 15, 2012 4:13

Re: wta: solusi untuk suspensi/bantingan keras

Post by ultimate0 »

Hanya sekedar sharing:
Ane pengguna rush 2007. Suspensi keras, lewat polisi tidur suspensi belakang suka ngayun(isi 2 penumpang dpn), lewat jalan rusak ga nyaman, tp enaknya ga limbung & klo tikungan body ga tralu miring, ga separah os miringny( kebetulan ane ad os jg). Awalny pengen ganti suspensi, tp mnurut ane suspensi std rush 07 msh ok buat di tol. Jd ane coba
Googling, ketemu alat namany karet sport damper, ad berbagai merk, akhirny ane tes yg sport damperny wrna item. Setelah pasang, lewat poldur isi penumpang depan aj dah ga ngayun, lwt jln ga rata dah ga bikin badan sakit, rem lebih pakem krn perpindahan berat ke dpn jd berkurang, tikungan lebih ga miring, ane tes di tol tikungan ke arah grogol, speed skirar 70an kmh tanpa rem, dah ga gt miring, jd ga bikin mabok. Ampe skrg msh lom ketemu efek negatifny.
Ya mungkin klo yg msh ga mo ganti suspensi std, karet sport damper bs jadi alternatif. Ane bukan sales alat tsb, hanya pengguna aj. Sekian dan terima kasih.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: wta: solusi untuk suspensi/bantingan keras

Post by sintoni »

Pake ban tebelan dikit, kalo ga mau ya ganti per atau soobreker yg empukan. Tapi harus dikasi damper jadi ga gesrot karen suspensi lebih lembut.
User avatar
radinalakbar7
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Thu Nov 21, 2013 12:23

Re: wta: solusi untuk suspensi/bantingan keras

Post by radinalakbar7 »

silverlining wrote:rekan2 seraya motor sy cb angkat thread lama ttg suspensi.
mohon pencerahan krn sy bnr2 newbie ttg suspensi.
rencana bikin lbh nyaman new xenia krn tiap hr cm bw 3 org n ga pernah bw brg byk.
bahkan kursi baris 3 sy cabut sy ganti kasur busa buat anak.
ga fokus handling tp lbh cr nyaman.
scr cm xenia 1.0 gigi 5 lari 100km/j aja rpm udah 4000an.

utk suspensi yg lbh nyaman cukupkah dgn ganti per ato shock ato hrs kedua2nya?
utk lbh nyaman ganti per keras shock lembut ato per lembut shock keras ato dua2nya lembut?
klo shock std new xenia itu single ato double action?
krn slama ini klo lewat poldur hrs pelan banget.
klo rd cpt dikit saat rebound lgs ky ga ditahan shock (plg kerasa demikian suspensi blkg).

mohon saran.
makasi byk sblmnya.
Kalo avanza xenia sih dari dulu masalahnya di suspensi belakang yang ajrut2an, tp ada perbaikan di all new avanza xenia ya masih aja tetap keras. Memang dilema banget, mau lembut tapi limbung,keras tapi ga nyaman.

Saya pernah baca2 di forum *vanzaxenia.net setau saya shock belakang avanza xenia udah tipe gas tp belum double action CMIIW.

Solusinya ganti Shock + per belakang. Intinya disana kalo per nya lembut di imbangi dengan shock keras. Misal per eibach kombinasi shock double action kayaba ultra ato monroe biru. Atau kalo mau lebih ajib lagi pake shock hotbits khusus avanza xenia, di sini ada testimonial om turbo yang pake Hotbits di ipah nya.
Saya belum tau gimana rasanya kalo kombinasi shock hotbits sama pake per eibach. Mungkin om master2 disini pernah ada yang pakai buat avanza & xenia?

Sent from my Z3 using Tapatalk
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: wta: solusi untuk suspensi/bantingan keras

Post by solar_kerosen »

coba diganti air suspension aja gan

akhirnya postingan 2000 gan sudah bisa BRP dan cendol's dapat ISO kalau di kaskus :big_deal:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: wta: solusi untuk suspensi/bantingan keras

Post by montirangin »

om solar, ga ekonomis itu :p