BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

mdid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
Location: jakarta

BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by mdid »

Salam kenal rekan rekan senior di SM, saya nubie di forum ini .
Saya sedang menimbang nimbang cari mobil dan mohon pendapat /saran kelebihan dan kekurangan untuk handling, perawatan dan pemakaian dari BMW X5(3.0) 2006, MERCEDES ML 350(2006) DAN MITSUBISHI PAJERO 3.8 (2008).

Profile saya :
mobil tidak dipakai u harian
komposisi jalan 80% on road, 15% light off road, 5 medium offroad
Setahun 2-4 kali ke sumatra, PP 4000-5000km
Mobil kebanyakan disetir sendiri
suka kecepatan tinggi di luar kota
Mobil dipakai u 5-7 tahun

Saat ini saya memakai ford escape 3.0 untuk sehari hari dan mitsubishi pajero 3.2 solar untuk luar kota.

Terima kasih banyak in advance .
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by AD74YA »

hiks... belum pernah make semua...
:oops:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
gioprivatemove
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Wed Aug 06, 2008 3:44

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by gioprivatemove »

Salam kenal juga Bro mdid.
Kalau gw boleh sharing... mobil SUV yang paling enak untuk dipakai kecepatan tinggi itu X5 dan ML350. Nyetirnya serasa sedan, handling, braking dan tenaga mantap. Kebetulan gw uda pernah nyoba di sirkuit sentul saat ada acara driver's training, instruktur dari Mercedes German. Kedua mobil ini pasti membawa kenikmatan menyetir sendiri, rasa percaya diri dan aman.

X5
X5 tahun 2006 masih mengadopsi mesin BMW tipe yg sebelumnya, yaitu 231 HP dan torsinya 300NM@2500. 0-100km/h 8 sec. Mesin inline 6. Steptronic 6 speed, Full time 4 WD. Sudah ada TV, panoramic roof, parking sensor, VR 18, lampu bi-Xenon. dan fitur legendaris crumple zone.
Perlu ditambahkan BMW X5 3.0 th 2006 sudah ada sistem X-Drive, kelebihannya di tiap-2 rodanya akan memberi traksi lebih, jika salah satu bannya ada yg kehilangan traksi.
Garansi 5 tahun dengan batasan 100rb kilometer perlu dipertimbangkan.

ML350
ML350, sudah menggunakan mesin yang sama diadopsi dari mesin S350L dan tipe-2 yang lainnya.
HP nya 272 dan torsinya 350NM@2400-5000. 0-100km/h est. 8,4 sec. Mesin 3.5L V6.
Belum ada TV, VR17, Sunroof, 7 Gtronic, lampu bi-xenon, full time 4WD dan perlengkapan keamanan lainnya, seperti BAS, ESP, dll.
Garansi 3 tahun tanpa batasan KM.

Untuk kedua SUV di atas, harga jual kembalinya juga tidak terpaut jauh. Tapi memang komunitas X5 lebih banyak di jalanan.


Kalau Pajero gw belum pernah coba, tapi sepertinya lebih baik Land Cruiser yg sangat banyak diminati, tenaga mesin juga lebih besar.
Sekarang pilihan tinggal di tangan Bro mdid...
Failure is just another stepping stone to success.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by imsus2c »

wah... kalo sering bawa sumatera, bbm-nya gimana tuh...? kalo lintas sumatera yg pedalaman (mestinya) kan ga banyak spbu yg bbm-nya berkualitas? paling di kota2 besarnya aja kan?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by iwang »

mercedesnya v6 M272 DOHC tuh..V6 di ML320 M112 SOHC

BMW M54 yak mesinnya? 6-inline DOHC doubleVANOS? atau yang baru lagi (yang ga pake throttle kaya N42?)

:D asik jg yak tes draip mobil2 seru :D :D

X5 harga jualnya mayan bertahan tuh kayaknya, ga separah bmw sedan.
bernard
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: Tue Sep 23, 2008 14:12

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by bernard »

mungkin range rover lebih keren lagi
ato land cruiser emang bagus
kalo diantara 3 itu lebih baik x5
fitur lumayan lengkap
tapi kalo bisa range rover aja
ahahah
lebih keren
User avatar
gioprivatemove
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Wed Aug 06, 2008 3:44

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by gioprivatemove »

iwang wrote:mercedesnya v6 M272 DOHC tuh..V6 di ML320 M112 SOHC

BMW M54 yak mesinnya? 6-inline DOHC doubleVANOS? atau yang baru lagi (yang ga pake throttle kaya N42?)

:D asik jg yak tes draip mobil2 seru :D :D

X5 harga jualnya mayan bertahan tuh kayaknya, ga separah bmw sedan.
Iya Om, dbl Vanos.
Bahan bakarnya juga lebih irit dari inova, hehehe.
Seru sih driver's training di sirkuit, disuruh melintir melintir. hehehe.
bernard wrote:mungkin range rover lebih keren lagi
ato land cruiser emang bagus
kalo diantara 3 itu lebih baik x5
fitur lumayan lengkap
tapi kalo bisa range rover aja
ahahah
lebih keren
Memang Rangie lebih keren sih, wong Rolls Royce nya Jeep. Cuma harga jual dan spare parts nya sih cukup puarah.
Ya berhubung dulu Range Rover juga dulu dimiliki oleh BMW, ya jadi masih banyak kesamaan fitur yg ada dengan X5, tombol-2nya RR th 04 an gitu sama plek. Kalau yg baru kan uda dipegang Jaguar, jadi semua berubah.
Failure is just another stepping stone to success.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by Risol1 »

mdid wrote:Salam kenal rekan rekan senior di SM, saya nubie di forum ini .
Saya sedang menimbang nimbang cari mobil dan mohon pendapat /saran kelebihan dan kekurangan untuk handling, perawatan dan pemakaian dari BMW X5(3.0) 2006, MERCEDES ML 350(2006) DAN MITSUBISHI PAJERO 3.8 (2008).

Profile saya :
mobil tidak dipakai u harian
komposisi jalan 80% on road, 15% light off road, 5 medium offroad
Setahun 2-4 kali ke sumatra, PP 4000-5000km
Mobil kebanyakan disetir sendiri
suka kecepatan tinggi di luar kota
Mobil dipakai u 5-7 tahun

Saat ini saya memakai ford escape 3.0 untuk sehari hari dan mitsubishi pajero 3.2 solar untuk luar kota.

Terima kasih banyak in advance .
IMO: kalo mao pure speed dan handing, ya yg paling enak X5 walaupun masih pake mesin lama M54 (rasanya persis kaya seri 5 tapi tinggi). Tapi syaratnya juga jalanannya musti mulus, kalo banyak bergelombang apalagi lubang2 juga gak enak karena suspensi sedikit keras. Light off road juga masih boleh. Kalo medium off road mungkin kurang jago dibanding pajero. Drawback yg paling nyata dari 06 X5 adalah modelnya yg masih model lama (E53) yg udah mulai keliatan uzur karena udah berkeliaran sejak 99. 06 X5 juga adalah tahun terakhir X5 E53. Juga rasanya agak susah nyari barang second-nya di Indo, yg banyak yg tahun2 tua (pre-facelift).

Kalo mao elegan, model baru, dan teknologi eropa terbaru, boleh lirik ML350.
06 ML350 baru aja ganti model (W164) tahun itu jadi mukanya juga masih seger. Mesin V6 3.5l baru, transmisi 7G tronic baru, model tuas persneling juga baru spt new S class (nempel di pinggir setir, bukan di console tengah), standard LCD di tengah2 dashboard, interior yg lebih mewah dr 06 X5 dan 08 Pajero. Platformnya juga udah bukan ladder frame lagi (spt pendahulunya W163), tetapi unibody.....Mungkin lebih enak dipake "on road" dibanding W163.

Kalo pajero 2008 gw gak tau sama sekali. Tapi yg pasti ini kan mobil baru (asumsi kalo pilih ini bakalan beli baru kan?) jadi pasti masih perawan dan historynya ketauan. Karena kalo beli mobil level beginian, maintenance history sangat perlu karena kalo salah pilih repot benerinnya, repot jualnya lagi, dll......
Buat off road juga kayaknya pajero lebih bagus dari X5/ML.

Kalo untuk dibawa ke daerah (apalagi sumatra) si tiga2nya cukup beresiko karena gimana kalo engga ada P+? atau kalo tiba2 mobil ngadat? Tapi kayanya tetep best bet-nya pajero sih. Dan juga kalo mobil mao dipake 5-7 tahun, mending beli yg udah ketauan maintenance nya karena bakal dipake lama, best betnya pajero lagi karena beli dari baru.

Jadi mungkin overall, rekomendasi no 1 tetep Pajero kali ya? no 2 06 ML350, dan terakhir 06 X5 3.0

Tapi faktor selera pribadi bro Mdid juga berpengaruh disini karena beli mobil (apalagi kelas beginian) bukan cuma pake logika doang. Tapi pake pajero lagi apa engga bosen bro?
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by Risol1 »

gioprivatemove wrote: Memang Rangie lebih keren sih, wong Rolls Royce nya Jeep. Cuma harga jual dan spare parts nya sih cukup puarah.
Ya berhubung dulu Range Rover juga dulu dimiliki oleh BMW, ya jadi masih banyak kesamaan fitur yg ada dengan X5, tombol-2nya RR th 04 an gitu sama plek. Kalau yg baru kan uda dipegang Jaguar, jadi semua berubah.
RR dari tahun 02 sampe sekarang dashboardnya sama persis bro, tombol2nya juga sama persis.
Pas dipegang Ford, mesinnya diganti dari mesin BMW ke mesin Jag (karena Jag juga sama2 punya Ford), walaupun sekarang dua2nya udah punyanya TATA Motors India. :mrgreen:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by Turboman »

mdid wrote:Salam kenal rekan rekan senior di SM, saya nubie di forum ini .
Saya sedang menimbang nimbang cari mobil dan mohon pendapat /saran kelebihan dan kekurangan untuk handling, perawatan dan pemakaian dari BMW X5(3.0) 2006, MERCEDES ML 350(2006) DAN MITSUBISHI PAJERO 3.8 (2008).
IMHO :
LandCruiser nggak masuk kriteria pak ?

Secara utk SUV besar LC yg paling populer di Indonesia, pasarnya liquid.

Kalau utk handling di jalan mulus sih pasti X5 paling top, tapi utk off road ceritanya akan berbalik 180 derajat.

Kalau saya pribadi : utk pakai 5 - 7 tahun sy akan pilih LandCruiser, terutama jika melihat harga seken LC 80 VX-R th. 1997 yg masih sgt tinggi.

Pengalaman punya BMW sedan pake 5 tahun lebih harga bekasnya makin lama turunnya makin dalem :capede:

(Sekedar opini pribadi ajah)
* Bukan ajakan Beli *
mdid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
Location: jakarta

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by mdid »

Terima kasih senior senior yang cepat memberikan tanggapan.

Apakah ada yang bisa memberikan pengalaman /informasi masalah kelistrikan yang umum terjadi di sendan mobil eropa juga berlaku untuk SUV nya, dan apakah masalah kelistrikan ML 350 lebih reliable daripada X5.

Saya pernah baca di majalah, bahwa suspensi X5 sangat keras dan produksi tahun 2004 keatas sudah ada penyesuaian untuk pasar Indonesia, apakah ada yang kasih komentar mengenai suspensi ini. Untuk pemakaian jangka panjang 5 tahun, apakah suspensi keras ini akan menyebabkan banyak kerusakan di bagian kaki kaki ?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by Turboman »

mdid wrote: 1. Apakah ada yang bisa memberikan pengalaman /informasi masalah kelistrikan yang umum terjadi di sendan mobil eropa juga berlaku untuk SUV nya, dan apakah masalah kelistrikan ML 350 lebih reliable daripada X5.

2. Saya pernah baca di majalah, bahwa suspensi X5 sangat keras dan produksi tahun 2004 keatas sudah ada penyesuaian untuk pasar Indonesia, apakah ada yang kasih komentar mengenai suspensi ini. Untuk pemakaian jangka panjang 5 tahun, apakah suspensi keras ini akan menyebabkan banyak kerusakan di bagian kaki kaki ?
1. Kalau ini relatif, utk long term lebih baik pilih type yg nggak banyak fitur2 "electric"-nya. Utk long term saya lebih suka bangku yg non electric / sun roof yg dorong2 / suspensi konvensional non EDC, dll.

2. Itu karena opsi Sport Package-nya, bisa dilepas & diganti supensi yg biasa (bukan sport package).

Utk shock / suspensi BMW bisa survey2 ke :
1. Istana Motor (ko Atet)
2. Anugerah Motor - PMK
3. Sentral Motor - Atrium Senen (ci Alan)
* Bukan ajakan Beli *
mdid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
Location: jakarta

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by mdid »

Turboman wrote:
1. Kalau ini relatif, utk long term lebih baik pilih type yg nggak banyak fitur2 "electric"-nya. Utk long term saya lebih suka bangku yg non electric / sun roof yg dorong2 / suspensi konvensional non EDC, dll.
mdid wrote: Saya mengerti dan setuju pendapat @turboman, tapi jujur fitur fiture electric di mobil sangat menarik sekali untuk dipakai, seperti anak kecil yang ingin memiliki mainannya. Tapi memang kagok, kesal kalau fitur tsb rusak apalagi kalo sudah harus ganti , harganya itu ehm ehm ....
Kalau idrive bmw, apakah juga ringkih di kemudian hari ?
Turboman wrote: 2. Itu karena opsi Sport Package-nya, bisa dilepas & diganti supensi yg biasa (bukan sport package).

Utk shock / suspensi BMW bisa survey2 ke :
1. Istana Motor (ko Atet)
2. Anugerah Motor - PMK
3. Sentral Motor - Atrium Senen (ci Alan)
mdid wrote: Saya akan cek kesana. Thanks ya @turboman, saya banyak baca tulisan tulisan @turboman, banyak mendapat masukan terutama mengenai mesin dan mobil diesel.
mdid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
Location: jakarta

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by mdid »

Turboman wrote: LandCruiser nggak masuk kriteria pak ?

Secara utk SUV besar LC yg paling populer di Indonesia, pasarnya liquid.

Kalau utk handling di jalan mulus sih pasti X5 paling top, tapi utk off road ceritanya akan berbalik 180 derajat.

Kalau saya pribadi : utk pakai 5 - 7 tahun sy akan pilih LandCruiser, terutama jika melihat harga seken LC 80 VX-R th. 1997 yg masih sgt tinggi.

Pengalaman punya BMW sedan pake 5 tahun lebih harga bekasnya makin lama turunnya makin dalem :capede:

(Sekedar opini pribadi ajah)
Saya pernah bawa LC vx 100 punya teman kantor, pengalaman saya LC u on road, dibandingkan Pajero yg sekarang pakai, Vx 100 kalah akselerasi, limbung di tikungan, parkir susah, A/T lamban, dan yang penting harganya overprice u mobil tahun yang sama. Apalagi LC VR 80, belum ada intercoolernya. Kelebihan LC nya cuma resale price tinggi, masak sih bawa mobil mikir nya resale value, kayaknya lebih menikmati kenyamanan, tenaga, handling, dan fitur fitur lainnya. Kalo off road memang LC bagus, tapi kalo sering jalan offroad lebih worthed dan ekonomis pakai D-cab dan kemampuannya tidak kalah dengan LC.

Opini pak Turboman mengenai harga sedan eropa betul terdepresiasi dalam setelah pemakaian. Tapi info yang punya showroom, SUV dari merk apapun dan negara manapun, asal penampilan tidak "nyeleneh" harga jual bekas akan normal dan tidak akan terjun bebas seperti sedan.
mdid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
Location: jakarta

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by mdid »

Risol1 wrote:
gioprivatemove wrote: Memang Rangie lebih keren sih, wong Rolls Royce nya Jeep. Cuma harga jual dan spare parts nya sih cukup puarah.
Ya berhubung dulu Range Rover juga dulu dimiliki oleh BMW, ya jadi masih banyak kesamaan fitur yg ada dengan X5, tombol-2nya RR th 04 an gitu sama plek. Kalau yg baru kan uda dipegang Jaguar, jadi semua berubah.
RR dari tahun 02 sampe sekarang dashboardnya sama persis bro, tombol2nya juga sama persis.
Pas dipegang Ford, mesinnya diganti dari mesin BMW ke mesin Jag (karena Jag juga sama2 punya Ford), walaupun sekarang dua2nya udah punyanya TATA Motors India. :mrgreen:
RR sebenarnya pengen juga apalagi kalo ingat air suspensionnya, tapi harga jual termasuk tinggi untuk tahun tahun muda, u saya dengan budget yang ada sekarang cuma bisa dapat yang sudah 5 taonan, takut masalah dengan listrik dan bagian karet karetnya.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by roadtrain99 »

@mdid

klo gw mungkin pilih x5. Pernah test yg 4.0, mungkin selain mesin ga terlalu beda dgn 3.0.
oot nih, ke sumatra ke kota apa? jalur mana yg kira2 udah bagus? krn udah lama juga ga jalan darat.

kebetulan gw pernah pk vx dan yg vx-r 80. Soal ga pk intercooler, gimana ya, waktu itu jamannya belum spt skrg, dan tenaga nya tanpa intercooler pun sudah bagus. vx atau vx-r sama2 bertenaga walaupun beda trans. Ga khawatir kalo ke sumatera pke ini, gw pernah, ga takut nyari solar. Tp klo mobil ber bbm pertamax, wah bs agak2 sedikit "alergi" secara trans sumatra masih jarang pertamax/plus.

vx100 temennya bensin atau diesel? klo gw suka bgt yg diesel nya, power nya dan tarikkan bawah nya gede, dalam dan luar kota enak. Tapi ya itu, beda org beda rasa. Ga nyesel gw dengan mobil ini. Klo diesel tentu saja ga bisa se'narik' bensin atau main2 top speed. Utk kisaran 100-140kmh ke luar kota non tol mobil ini masih mumpuni.

Mengenai hrg jualnya yg masih tinggi, itu mungkin krn mobil ini terkenal kuat, bandel, dan solar nya irit. Selama demand nya besar, hrg nya jg bertahan. gw jg ga pusingin resale value sih.

boleh coba harrier yg 3.0, cari yg rx300 aja, krn harrier versi jepang cuma smp 180kmh, mungkin yg rx lebih. ibaratnya klo tarik2an ama x5 3.0 atau ml350 doang masih berani lah.
Last edited by roadtrain99 on Fri Nov 21, 2008 5:29, edited 5 times in total.
naldo

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by naldo »

Mending Pajero aja. Gw pernah pke ke surabaya tapi bukan yang paling baru, tapi DID, diesel. Itu mau di pke jumping kek(lari 140 lompat, udah kaya rally), mau pelan2, tetep paling top. Apalagi bos ke sumatra, wah mobil ini udah punya pengalaman lebih dari 10 tahun, maenan Paris-Dakkar terus... Udah paling baik beli Pajero. Dibanding ML n X5, untuk urusan bos, paling tepat pajero. Kalo X5 terlalu on road, kalo ML, kurang percaya. Punya pengalaman buruk sama Mercy, sampe mobil taro di bengkel 3bulan... Males ah... Udah, di jamin, pajero paling mantep, apalagi yang baru lebih mewah, tapi saya jamin, kaki2, mesin, ga mungkin rewel. Kalo mitsubishi laku, saya pasti beli pajero koq, sayangnya, ga laku. Itu aja... Dulu pke galant V6 2.0, puas banget. Pke pajero pinjeman ke surabaya, puas banget... Udah paling TOP BANGET!
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by iwang »

merc yang baru2 kayanya ga terlalu masalah kelistrikan, lagian taun2 sekarang semua principal dah pake CAN system, pake gateway, banyak modul2nya - CAN mesin, CAN chassis, dan CAN ICE (musik dsb). kurang lebih sama lah platformnya.
makin lama engineering margin makin tipis (baca: kalau satu subsistem ngadat, bisa rusak parah), misalnya kalo overheat sedikit, bisa2 turun mesin. begitu jg transmisi..semua karena lifetime diperpendek, mobil jadi komoditas yang (harus) diganti setidaknya 5 tahun sekali karena biaya perawatan diatas lifetime itu jadi mahal, ngga ekonomis.
misalnya interior, sudah ga pake baut/sekrup lagi, semua pake plastic clip. sekali buka, kalo ngga diganti, pasti ga rapih lagi pasangannya. komponen mesin dan body parts juga sebisa mungkin pake recycled plastic karena lebih murah dan ringan (bbm lebih irit) - juga lifetime cukup, ngga lebih dari 5 taun deh dijamin :D :D (misalnya radiator).
juga engineering margin diturunkan untuk menghemat biaya - karena semua kasi jaminan minimum 3taun bumper to bumper - ini kan dibebankan ke harga beli. setelah garansi habis ya selamat berjuang, you are on your own :D:D

pilihan paling badak ya TLC T100 facelift taun 2000 keatas, solar 6-inline, turbo, matic. relatif sederhana dan kuat.
muatan jg banyak, bagasi besar. ML dan X5 itu SUV, tapi utility terbatas di 4WD. kalo TLC emang bisa buat kerja sekalian people carrier.
mdid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
Location: jakarta

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by mdid »

klo gw mungkin pilih x5. Pernah test yg 4.0, mungkin selain mesin ga terlalu beda dgn 3.0.
oot nih, ke sumatra ke kota apa? jalur mana yg kira2 udah bagus? krn udah lama juga ga jalan darat.

Sumatra, lokasinya antara Palembang - Jambi, dan Padang - Bengkulu. Rutenya bisa dari lintas timur dan lintas tengah. Beda dengan 5 tahun dulu, sekarang lintas sumatra hampir tertutup aspal semua, meski dibeberapa lokasi banyak yang sudah terlupas dan asal di tutup. Lubang lubang besar masih banyak di lintas timur antara Jambi Palembang. Lepas lintas sumatra, masuk ke perkebunan lewat jalan tanah yang dipadatkan. Kalo kering banyak lubang dan debu, kalo hujan jadi lumpur licin. Yang masalah kalo naik turun bukit bukit kondisi licin.

kebetulan gw pernah pk vx dan yg vx-r 80. Soal ga pk intercooler, gimana ya, waktu itu jamannya belum spt skrg, dan tenaga nya tanpa intercooler pun sudah bagus. vx atau vx-r sama2 bertenaga walaupun beda trans. Ga khawatir kalo ke sumatera pke ini, gw pernah, ga takut nyari solar. Tp klo mobil ber bbm pertamax, wah bs agak2 sedikit "alergi" secara trans sumatra masih jarang pertamax/plus.

Kalo jalan lurus dan panjang LC vx tidak masalah dgn tarikannya, tapi kalo pendek dan tikungan terasa lamban dan gugup. Perbedaan ini terasa banget kalo bawa Pajero Di-d. Kalo di lintas sumatra spbu banyak jadi solar tidak masalah, tapi kalo sudah berhari hari dalam camp baru masalah karena jauh dari spbu, kita biasanya simpan solar dalam drum, tapi sekarang beli solar dalam druman sulit dan mahal, belum lagi masalah besar kalo kedapatan polisi.
Untuk masalah bensin, kita biasanya bawa galon cadangan 2x20 liter di mobil plus tangki mobil SUV yang sudah 80-90 liter jadi cukup sampai tujuan. Di kota kota Sumatra hanya ada pertamax, tidak pertamax plus jadi kita simpan pertamax plus 2-3 drum di camp untuk pemakaian disana. Intercooler setahu saya banyak membantu turbo pada saat putaran mesin sudah tinggi, betul ngak @ TURBOMAN ???


vx100 temennya bensin atau diesel? klo gw suka bgt yg diesel nya, power nya dan tarikkan bawah nya gede, dalam dan luar kota enak. Tapi ya itu, beda org beda rasa. Ga nyesel gw dengan mobil ini. Klo diesel tentu saja ga bisa se'narik' bensin atau main2 top speed. Utk kisaran 100-140kmh ke luar kota non tol mobil ini masih mumpuni.
Vx 100 teman yang dicoba adalah diesel dan matic. setahu saya vx 100 tidak ada bensin, yang bensin bukannya Lx 470. Memang banyak orang yang bawa LC 100 saat akselasi keras merasa mobil sudah bergerak cepat sekali karena efek suara mesin dan getaran bodi tapi itu tidak real. Yang real saat ada mobil lain. contoh LC mau nyalip mobil lain katakan innova bensin didepan kita dalam kecepatan 80-90 km/jam, pertama mesti pastikan jarak bebas cukup 50-80m, -tidak ada mobil di arah lawan, pas LC sudah di sisi kanan innova dan tiba tiba innova juga bajek gas juga eh LC nya malah sejajar terus dan jantung berdebar keras karena suara mesin sudah tinggi dan bodi mobil bergoyang keras sementara didepan sudah kelihatan belokan, kalo ingat hard brake nya LC 1/2 lapangan bola, tinggal pilih nekat terus atau klakson minta dikasih jalan . Lain cerita kalo jalan sendirian di jalan lurus panjang atau di tol lari 150 memang mantap. Tapi yang pasti LC enak kalo dibawa jalan santai apalagi kita duduk dibelakang empuk dan lega, jalan gelombang atau ketemu lobang2 lebih nyaman daripada SUV lain mungkin karena itu bos bos suka disupirin pake LC ,ditambah tongkrongan yang besar gagah dan menambah wibawa buat yang didalam mobil.

boleh coba harrier yg 3.0, cari yg rx300 aja, krn harrier versi jepang cuma smp 180kmh, mungkin yg rx lebih. ibaratnya klo tarik2an ama x5 3.0 atau ml350 doang masih berani lah.
Kalo harrier 4x4 tidak ada low range, ground clearance juga rendah, di jalan lumpur bisa melintir terus, mungkin di putaran rendah tenaganya kurang yah ??? tapi jujur saya pribadi kurang suka dengan mobil toyota yang overprice (no offence u toyota lover)
mdid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
Location: jakarta

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by mdid »

iwang wrote:merc yang baru2 kayanya ga terlalu masalah kelistrikan, lagian taun2 sekarang semua principal dah pake CAN system, pake gateway, banyak modul2nya - CAN mesin, CAN chassis, dan CAN ICE (musik dsb). kurang lebih sama lah platformnya.
makin lama engineering margin makin tipis (baca: kalau satu subsistem ngadat, bisa rusak parah), misalnya kalo overheat sedikit, bisa2 turun mesin. begitu jg transmisi..semua karena lifetime diperpendek, mobil jadi komoditas yang (harus) diganti setidaknya 5 tahun sekali karena biaya perawatan diatas lifetime itu jadi mahal, ngga ekonomis.
misalnya interior, sudah ga pake baut/sekrup lagi, semua pake plastic clip. sekali buka, kalo ngga diganti, pasti ga rapih lagi pasangannya. komponen mesin dan body parts juga sebisa mungkin pake recycled plastic karena lebih murah dan ringan (bbm lebih irit) - juga lifetime cukup, ngga lebih dari 5 taun deh dijamin :D :D (misalnya radiator).
juga engineering margin diturunkan untuk menghemat biaya - karena semua kasi jaminan minimum 3taun bumper to bumper - ini kan dibebankan ke harga beli. setelah garansi habis ya selamat berjuang, you are on your own :D:D

pilihan paling badak ya TLC T100 facelift taun 2000 keatas, solar 6-inline, turbo, matic. relatif sederhana dan kuat.
muatan jg banyak, bagasi besar. ML dan X5 itu SUV, tapi utility terbatas di 4WD. kalo TLC emang bisa buat kerja sekalian people carrier.
Thanks ya @iwang,
Kalo ngak salah ML 350 suspensi lebih empukan dari X5, apakah kaki kaki cukup kuat dibandingkan X 5 dan pajero ?? Kalo LC kayaknya tidak masuk pilihan, bicara people carrier LC tambah jelek selain lamban mobilnya di tikungan gugup sekali, bawa 5 orang dewasa jalan berat body belakang, kalo hard brake, bagian depan mobil nunduk banget dan penumpang belakang kayak mau terlempar kedepan karena semua.
mdid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
Location: jakarta

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by mdid »

[quote="Risol1"]
Kalo untuk dibawa ke daerah (apalagi sumatra) si tiga2nya cukup beresiko karena gimana kalo engga ada P+? atau kalo tiba2 mobil ngadat?

Kalo Pertamax + kita bawa galon cadang 40 liter, yang khawatir tiba2 ngadat karena beres Mercedes dan BMW jarang dan jauh jauh di sana. Kalo mitsubishi jauh lebih banyak.

Tapi kayanya tetep best bet-nya pajero sih. Dan juga kalo mobil mao dipake 5-7 tahun, mending beli yg udah ketauan maintenance nya karena bakal dipake lama, best betnya pajero lagi karena beli dari baru.
Maunya cari pajero 2008 second tapi kemungkinan kecil.


Jadi mungkin overall, rekomendasi no 1 tetep Pajero kali ya? no 2 06 ML350, dan terakhir 06 X5 3.0
Tapi faktor selera pribadi bro Mdid juga berpengaruh disini karena beli mobil (apalagi kelas beginian) bukan cuma pake logika doang. Tapi pake pajero lagi apa engga bosen bro?

Memang bosan sih, makanya mau cari yang lain. Tadinya mau VW tourage bensin 3.4 yang ada air suspension, tapi setelah lihat beresnya hanya di jakarta jadi ragu. Teman di Sumatra banyak yang pakai Pajero 3.8 karena LC 200 terlalu mahal. Tapi kalo lihat pajero 2008 sudah ada traction dan stabilitas control tergoda ke Pajero lagi sih , di tikungan makin yakin dan tenang. Discbrake juga gede banget depan belakang 17 inch ! klaim diwebsitenya 100-0 cuma 41 m padahal 2.3 ton, jarak remnya setara sedan medium 1.5 ton . Anyway , terima kasih banyak atas masukan masukannya @Risol1 dan senior lainnya
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by roadtrain99 »

mdid wrote:Sumatra, lokasinya antara Palembang - Jambi, dan Padang - Bengkulu. Rutenya bisa dari lintas timur dan lintas tengah. Beda dengan 5 tahun dulu, sekarang lintas sumatra hampir tertutup aspal semua, meski dibeberapa lokasi banyak yang sudah terlupas dan asal di tutup. Lubang lubang besar masih banyak di lintas timur antara Jambi Palembang. Lepas lintas sumatra, masuk ke perkebunan lewat jalan tanah yang dipadatkan. Kalo kering banyak lubang dan debu, kalo hujan jadi lumpur licin. Yang masalah kalo naik turun bukit bukit kondisi licin.
oo, trakhir cuma smp plbang, awal thn ini dgn sedan masih ok jalannya. Seblmnya sering smp medan, udah lama sekali ga lewat darat. Sebab denger2 lepas dari palembang ke atas jln nya masih ancur...
mdid wrote:Kalo jalan lurus dan panjang LC vx tidak masalah dgn tarikannya, tapi kalo pendek dan tikungan terasa lamban dan gugup. Perbedaan ini terasa banget kalo bawa Pajero Di-d. Kalo di lintas sumatra spbu banyak jadi solar tidak masalah, tapi kalo sudah berhari hari dalam camp baru masalah karena jauh dari spbu, kita biasanya simpan solar dalam drum, tapi sekarang beli solar dalam druman sulit dan mahal, belum lagi masalah besar kalo kedapatan polisi.
Untuk masalah bensin, kita biasanya bawa galon cadangan 2x20 liter di mobil plus tangki mobil SUV yang sudah 80-90 liter jadi cukup sampai tujuan. Di kota kota Sumatra hanya ada pertamax, tidak pertamax plus jadi kita simpan pertamax plus 2-3 drum di camp untuk pemakaian disana. Intercooler setahu saya banyak membantu turbo pada saat putaran mesin sudah tinggi, betul ngak @ TURBOMAN ???
gugup gimana? intercooler memang membantu. maksudnya, tanpa intercooler pun udah lumayan, apalagi klo di pakein. Klo sering keluar masuk hutan dan biar ga repot nyetok sollar, mungkin bs cr mobil yg lebih tahan banting dgn kondisi bbm apalagi alam sumatra. Ya sayang juga kalo pk x5 utk berhari2 di hutan, defender saja?
mdid wrote:Vx 100 teman yang dicoba adalah diesel dan matic. setahu saya vx 100 tidak ada bensin, yang bensin bukannya Lx 470. Memang banyak orang yang bawa LC 100 saat akselasi keras merasa mobil sudah bergerak cepat sekali karena efek suara mesin dan getaran bodi tapi itu tidak real. Yang real saat ada mobil lain. contoh LC mau nyalip mobil lain katakan innova bensin didepan kita dalam kecepatan 80-90 km/jam, pertama mesti pastikan jarak bebas cukup 50-80m, -tidak ada mobil di arah lawan, pas LC sudah di sisi kanan innova dan tiba tiba innova juga bajek gas juga eh LC nya malah sejajar terus dan jantung berdebar keras karena suara mesin sudah tinggi dan bodi mobil bergoyang keras sementara didepan sudah kelihatan belokan, kalo ingat hard brake nya LC 1/2 lapangan bola, tinggal pilih nekat terus atau klakson minta dikasih jalan . Lain cerita kalo jalan sendirian di jalan lurus panjang atau di tol lari 150 memang mantap. Tapi yang pasti LC enak kalo dibawa jalan santai apalagi kita duduk dibelakang empuk dan lega, jalan gelombang atau ketemu lobang2 lebih nyaman daripada SUV lain mungkin karena itu bos bos suka disupirin pake LC ,ditambah tongkrongan yang besar gagah dan menambah wibawa buat yang didalam mobil.
ya siapa tau org saru antara vx dan lx. Itu kondisi mobil temennya bagus ga? Jgn lupa, bobot LC tuh lebih dari 2ton, sedangkan ipah ga sampe 2ton. rem vx100 udah jauh lebih bagus dr vx80 series apalg utk berbobot berat gitu. Persoalan ngerem dan narik juga harus perhitungan jg bukan..pinter2nya kita aja lah klo zigzag.
mdid wrote:Kalo harrier 4x4 tidak ada low range, ground clearance juga rendah, di jalan lumpur bisa melintir terus, mungkin di putaran rendah tenaganya kurang yah ??? tapi jujur saya pribadi kurang suka dengan mobil toyota yang overprice (no offence u toyota lover)
hanya menawarkan option. harrier gr/clearance nya cukup utk sehari2, banjir sedengkul msh lewat kok, selama ini pemakaian ke luar kota jawa sumatra bali, naik turun ferry ga masalah. Beda bebrpa cm dgn LC. Kalo ga ada low range, cukup pake di L aja bos. kalo melintir wajar kali namanya jg bukan didesign masuk lumpur/off road berat.
soal overprice sih relatif bos.
ya ga offense dong, itu masalah selera, mungkin bro lebih suka tyt yg underprice gitu.

klo suka speed, bagaimana porsche cheyenne? jaminlah x5 ml pajero lewat.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by roadtrain99 »

klo pajero yg udah gdi klo ga salah bensin ya..denger2 irit krn ada eco nya itu. tenaganya lumayan..tapi ga tau deh yg baru.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by GTR »

Gdi = gasoline direct injection kan yah.
repotnya kalo diluar kota, krn direct injection ini mutlak minta bensin kualitas nomor satu (cmiiw)
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by roadtrain99 »

gtr
yoi bro, ktnya pembakaran nya jauh beda dengan normal combustion. Direct nya beda dgn yg biasanya gitu. Jd lebih irit.
tp ga tau ya, gw kurang suka ama bentuk pajero yg skrg2, terlalu futuristik. Pas liat dlmnya, wah dashboard nya cepet keliatan out of date gitu. pajero seblm 2008 lho.