Harrier 3.0

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

speed88
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Fri Aug 29, 2008 4:51

Re: Harrier 3.0

Post by speed88 »

Bener bro lokasinya di lampu merah perempatan, di hoek sebelah kiri kalo kita dari permata hijau ke arah pondok indah.
Gw lihat harrier 2nd gen sama sekali ga feeling, kurang gagah gitu, 1st gen kayak nya lebih pas menurut selera gw. Di kompas pernah ada yg iklan th 2000 minta nya 197 jt, I sempet tel,feeling barangnya masih bagus km 40 ribu-an, pemiliknya di daerah permata hijau jg, interior 2 tone black and beige. Tp gw juga pernah lihat di showroom klp gdg th sama warna hijau kobinasi dg silver 4x4 buka harga 180 jt, interiornya abu2 and ada tiptroniknya. Tapi gw terlanjur fall in love sama yg warna putih kombinasi dg gold bro, cakep bener ketemu di toll. Biasanya punya bro roadtrain tune up nya interval 5 rb or 10 rb?
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Harrier 3.0

Post by Risol1 »

speed88 wrote:@bro roadtrain 99 and bro risol1
Bro's akhirnya ford focus gw sudah terlego, skrg jadi pengen lagi sama harrier spt yg bro pake.
Gimana bro suka duka nya miara nih boil, perawatan dan part nya bikin kantong jebol nggak kaya miara biem tua.
Kalo servis rutin biasanya dimana bro.
Tks yach..
Wah sorry bro Speed88, gw gak ada Harrier gen 1 jadi kayaknya gw gak bisa kasi review yg lengkap. Bro Roadtrain tuh yg masternya harrier :mrgreen:
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Harrier 3.0

Post by roadtrain99 »

@risol

hehehe, bisa aja, gw blm master lah. krn merhatiin perawatan aja jadi tau gitu...itu pun dr pengalaman ama mobil sendiri. bisa jd mobil lain beda hehehe...
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Harrier 3.0

Post by roadtrain99 »

@speed88

betul sekali yang di hoek.
oo, seleranya dgn gen 1 yg facelift ya. gw jg gitu, namun interior dlm yg gen2 lebih ok designnya, walapun yg gen 1 blm terlalu jadul. kalo exterior yg gen 2, gw kurang suka bagian belakang, penempatan lampu rem seperti ketinggian gitu. Apalagi yg paling baru nih gen 3, bumper depan dan belakang seperti org kena tonjok, bengkak2 hehehe..tapi ga tau yg kalo liat langsung. masalah seleralah..

gw kurang jelas soal harga, sebab harrier yg gen 1 yg facelift atau pun belum memang jarang. Apalagi udah cukup lama, kemungkinan udah masuk hrg kolektor, jadi susah ikutin pasaran nya gimana. Ada org bilang pasaran 150jt utk 2001. Nah yg bro temuin th 2000 masih berani 197 juta dan masih 40rb km.
Cb aja liat bro. Kalo gw, agak curiga udah mo 9 thn masih 40rb km (jgn2 udah mainin odo). Liat kondisi aja. Soalnya mobil kalo terlalu jarang pake pun ga bagus terutama bagian kaki2 dan bushing nya jadi kering alias getas/pecah2, suspensi dan tie rod jadi kaku. Ibarat org jarang olah raga gitu.
kalo 70-80ribu km masih wajar lah.

gw tune up interval 40ribu, major service ganti busi, air filter etc, tapi klo ganti fan belt & tensioner wkt 65ribu (harusnya kelipatan 80rb). Klo ganti oli interval 5rb km. Utk oli a/t kalo ga salah 15/20rb gitu, ini agak lupa.

nah utk yg 4x4, terus terang blm tau bro, apalagi ada tiptronic. mungkin seperti yg org mau jual itu. sebab yg gw pk 2wd dan masih a/t biasa. o iya, speedo udah optitron.
edwinws
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sun Mar 08, 2009 14:10

Re: Harrier 3.0

Post by edwinws »

Gw punya Harrier 1st gen n mau bagi pengalaman aja. Punya gw thn 2002 warna item 4x2 soalnya 4x4 lebih berat jadi lebih boros trus bukan full time jadi ngapain juga dipake alias 4x4nya Harrier banci. Waktu lagi nyari2 ni mobil gw banyak tanya sama supervisor ama montir di Auto 2000, Simprug Mobil ama Garansindo. Intinya siy kalo beli bekas lebih baik ada service record meskipun kilometernya lumayan jauh. Alesannya siy ruang pembakaran di mesin jadi lebih bersih dibanding yang jarang dipake. Selain itu temen gw ada yg belinya cuma ngandelin exterior ama interior mobil aja tapi pas dibilang kilometer dikit dia percaya aja. Nah pas beberapa lama make niy mobil mulai deh ketauan aslinya. Judul2nya uangnya keluar lebih banyak lagi sementara kita dah gak bisa balik ke yang jual soalnya kan beli putus kecuali ada perjanjian sebelumnya. Cara ngeliat kilometer bener gaknya dari fisik palingan ngeliat disc brake. Masalahnya kalo disc brakenya belon diganti siy bisa keliatan bener gaknya kilometer segitu tapi kalo udah diganti jadi susah. Yang jelas service record tu dah paling reliable jadi kalo gak ada service recordnya resikonya lebih tinggi.

Pas gw ambil niy mobil (kebetulan rawatan sebelumnya di Auto 2000 Tebet n gw tangan kedua) service recordnya komplit jadi enak ketahuan apa2 aja yang sudah n perlu diganti. Trus terang siy mendingan servis di bengkel CBU aja menurut gw soalnya kalo di Auto 2000 kalo servis rutin kayak ganti oli atau yg standar2 aja bisa. Tapi giliran yg rada rumit mereka biasanya bilang gak janji trus nyaranin ke bengkel CBU aja. Kalo kasus gw Auto 2000 yang di Cilandak nyaraninnya ke Simprug Mobil.

Kalo nyari parts siy gak susah di daerah sawah besar banyak bisa pesen ama dianter trus berani garansi barang asli kalo palsu dibalikin lagi duitnya. Cuman pas gw bandingin di Simprug Mobil, harga partsnya gak beda jauh jadi belakangan gw sering ngambilnya di Simprug Mobil aja soalnya partsnya kalo kenapa2 kan digaransi ama ganti baru. Ini siy bukan promo Simprug Mobil cuman cerita pengalaman aja biar temen2 yg mau punya Harrier jelas kalo ngerawatnya gampang asal tau tempatnya aja. Lagian ongkos kerjanya comparable ama jenis Toyota yang laen.

Anyway gw rencananya May besok mau ganti Harrier 2nd gen n barang yg gw incer yg 3000 cc. Nah ini ada cerita lagi soal yg 3000 cc. Biasanya populasinya lebih banyak yg AIRS cuman type ini sering masalah terutama bunyi2. Nah kebetulan kantor gw yang lama ama yg sekarang nyewa beberapa Harrier yg AIRS. Gw tanya ama kepala bengkel tempat rentalnya kalo ngebenerin dimana. Ternyata pake montir sendiri tapi kalo udah rumit pake montir spesialis suspensi. Intinya ya diakalin. Maklum mau ngirit jadi pokoknya diakalin biar beres lagi. Tapi judulnya mau ngirit yang pasti gak reliable. Apalagi suspensi ama safety terkait banget. Saran gw siy mendingan ngambil yang 3000 cc yang type G aja soalnya suspensinya model yang biasa palingan gak ada power back door ama sound systemnya lebih standar dibanding yg AIRS. But bottomline gak bakalan pusing ama suspensi AIRSnya. Jadi buat yg mau ambil AIRS lebih baik ati2 aja takutnya dah diakalin atau kalo mau ganti suspensinya komplit (kalo AIRSnya rusak) harganya gila2an bisa beli motor beberapa biji, itu juga kalo barangnya ready stock.

Omong2 berapa ya pasaran rata2 Harrier 2002 kalo gw jual sekarang?
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Harrier 3.0

Post by roadtrain99 »

^
bener, lebih baik harrier yg 4x2 aja klo lebih byk utk aspal. sebab yg 4x4 nya pun hanya utk off road ringan, bukan berat.

Liat mobil bekas jg jgn lsg percaya km. apalagi klo mobil sudah berumur. mungkin klo thn 2001an km normal nya 100-110ribu km. Kalo jauh lebih rendah dari itu, perlu dicermati. Bisa aja kalo memang mobil nya jarang jalan. Kadang2 yg jarang jalan ini, bagian kaki2 rentan rusak, spt bushing/karet2. Belum lagi kalo yg odo nya di'akal'in.

Soal ukuran dari disc brake, bisa aja, namun belum tentu semua. Bs jadi ada yg diganti krn keseringan dibubut. Harrier 01 yg gw pk udah 100an ribu blm ganti disc nya.

Yg paling enak memang ngeliat service history nya.

Betul, lebih baik service (major/minor/perbaikan) mobil cbu dibw ke khusus bengkel cbu. Kadang tam kurang gitu 'dalam' soal cbu tyt, mungkin mereka lebih ditrained nanganin ipah/42ner.

betul tuh spr part cari di swh besar byk. Dengan hrg di bengkel non dealer memang beda2 dikit, tapi kalo tam/auto2000 hrgnya beda jauh. ongkos kerja di dealer ya spt bgmana umumnya lah, lebih mahal.

setuju, mending harrier/mobil yg bershock biasa aja, bukan airs2an. terus terang kondisi jalanan kita kurang mendukung, bikin airs malah cepet rusak. klo sudah rusak..harganya hehehe..tau sendirilah...

klo ga salah hrg harrier 3.0 gen 1 facelift skitar 150-200jtan.
bolehaja75
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Wed Mar 18, 2009 3:42

Re: Harrier 3.0

Post by bolehaja75 »

Dear sesepuh SMer, newbie tertarik sama toyota harrier. kesannya gagah bgt heheh.. ada yang tawarin di forum http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1061818
berhubung ada bahasan di halaman awal, untuk tipe 1st gen, jgn pake velg lbh dr 18". padahal di forum di tulis dianya pake 19". berarti kita mesti teliti bgt soal as nya ya? trs bgsnya dibalikin ke ori nya yg 16"? kira2 apa yang mesti diganti? (harganya -+ brp?)
kata sellernya, dia baru ganti rem, dan oli transmisi matik ya? dan skrg km sdh mencapai 97 rban. kira2 apa lg yg mesti dicek atau service lg yah? ( sellernya rutin service di auto2000, ada record).
trs kalo di daerah gw susah cari pertamax, pake premium campur pil pengaruh ga?
Mohon dapat masukan dari sesepuh harrier nih.. thx
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Harrier 3.0

Post by roadtrain99 »

liat foto nya sptnya mulus. cuma h/lamp depan ada kuning nya, sebab yg harrier gw ga. Mungkin krn dia 4x4 ya. Cb liat velg kanan belakangnya ada penyok dikit..apa gw yg salah?

velg std memang 16". kalopun mo psg 20" bs, spakbor nya lega kok. Cuma kalo u turn ga bs full, krn ban nya akan menggesek tulang dak mesin. Jgnkan 20", gw dgn 18" hrs kira2 utk u turn. Itu dia, krn memang dr sananya didesign utk 16". Beda dgn yg 2nd gen, std nya 18".

velg yg lebih besar dari std, pasti mempengaruhi kaki2. Biasanya yg cek bushing, tierod, long tierod, caster, stabilizer rod, shock/suspensi. Tangan pertama? cek ruang mesin, tulangan bagian depan deket radiator, liat ada bengkok atau las..ya rutinitas cek bekas. tanyain, udah ganti fan belt 1 set belum beserta tensioner nya, yg diganti oli rem nya atau disc nya?
seperti biasa bro, tanyain bengkel nya dimana, jd bs cek history nya.
bolehaja75
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Wed Mar 18, 2009 3:42

Re: Harrier 3.0

Post by bolehaja75 »

thx bro roadtrain99 atas masukkannya. mobilnya sdh tangan ke 2. sellernya pake kira2 sdh 4,5 thnan. menurut bro roadtrain99 masih worthed gak beli mobil ini dibanding dgn harrier 2nd gen thn 2003? selisihnya mungkin mau 200 jtan yah?
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Harrier 3.0

Post by roadtrain99 »

kalo bandingin antara gen 1 atau 2 nya, susah bro bicarin worth it atau ga nya. kembali ke selera. Kalo bro suka yg gen 1 ini, menurut gw hrg itu bs ditekan lagi, dpt velg besar lg. yg awd gini agak jarang.
Berarti seller nya tangan kedua ya?
hrg yg gen 2 gw ga inget nih...
sympomplay
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Fri Jul 24, 2009 16:03

Re: Harrier 3.0

Post by sympomplay »

Nah kalo 2nd gen Harrier lebih worthed mana ya antara yang 2.4 dan 3.0? Kok sepertinya harga bekasnya lebih tinggi yang 2.4?
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Harrier 3.0

Post by roadtrain99 »

^
worth it gak nya, tergantung masing2 spt nya, terutama di mesinnya. Kalo rela agak boros dikit (dlm artian dibanding 2.4nya) namun dgn tenaga melimpah, yg 3.0 tentu worth it. Sebab selain itu feature yg lain hampir sama.

yg 2.4ltr hrg secondnya lebih kuat mungkin krn lebih ekonomis fuel consumptionnya dan hrg baru nya juga lebih rendah dibanding yg 3.0.
speed88
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Fri Aug 29, 2008 4:51

Re: Harrier 3.0

Post by speed88 »

@bro roadtrain :
Bro coba cek ke www.batfa.com di Japan harga Harrier yg 2.4 dan CRV yg 2.4 cuma selisih USD 4000 doank, berarti di Indonesia mahal banget yach. CRV yg CBU ada IU jual kan sekitar 450 jt, bearti IU jual Harrier profitnya bener2 maknyooz ya makanya pada berani ready stok semua
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Harrier 3.0

Post by roadtrain99 »

yah biasalah, apalagi kan image harrier mewah..blm pajak dll

kalo kita yg disini bisa ngegelinding dgn, contohnya, camry 2.4, mungkin kalo di oz bs dpt mobil yg lebih bagus dgn hrg yg sama spt di sini.
kalo di sg, heheh blm tentu...KL jg agak mahal kalo ga salah.
indipermana
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Fri Jun 01, 2018 22:20
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Harrier 1st gen

Re: Harrier 3.0

Post by indipermana »

Bro salam kenal, gue Indi Permana, mobil gue harrier 1st gen 3000cc thn 2000
gue masih newbie ttg harrier nih, waktu itu pernah general check up di Auto2000 margonda Depok. Overall hasilnya bagus, terus gue tanya2 ttg ketersediaan sparepart.
Infonya 1 shock breakernya di kisaran harga 5jt, itu apakah benar?
Dan adakah yg punya opsi bengkel recomended utk CBU ini? Sekarang sih masih bagus semua kondisinya, cuma jaga2 aja kalo sewaktu2 perlu ganti
Dan ada yg punya rekomendasi bengkel untuk bodykit nya? Rencana mau gue modif VIP.
Thank you πŸ™πŸ»
Swedeppon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 236
Joined: Tue Jan 23, 2018 18:10
Location: West-east java
Daily Vehicle: Owl and three diamond

Re: Harrier 3.0

Post by Swedeppon »

indipermana wrote: ↑Fri Jun 01, 2018 22:26 Bro salam kenal, gue Indi Permana, mobil gue harrier 1st gen 3000cc thn 2000
gue masih newbie ttg harrier nih, waktu itu pernah general check up di Auto2000 margonda Depok. Overall hasilnya bagus, terus gue tanya2 ttg ketersediaan sparepart.
Infonya 1 shock breakernya di kisaran harga 5jt, itu apakah benar?
Dan adakah yg punya opsi bengkel recomended utk CBU ini? Sekarang sih masih bagus semua kondisinya, cuma jaga2 aja kalo sewaktu2 perlu ganti
Dan ada yg punya rekomendasi bengkel untuk bodykit nya? Rencana mau gue modif VIP.
Thank you πŸ™πŸ»
Saya dulu sempat punya gen1, sdh sy jual skrg pakai cx5, bengkel dulu mana aja sy bisa n sy rasa rata2 bengkel besar mampu rawat harrier bung, pastikan oli maticnya pakai toyota type T4, biar ga jedug, mesinnya rutin ganti oli kalau perlu intervalnya dipercepat, sbb mesin 1mz ini rawan sludge kalau di luar negeri (kondisi jarang ganti oli odo ratusan ribu)

Untungnya sy pakai 1.5 tahun ngga ada masalah kaki2, mobil ini copotannya lumayan banyak kecuali part2 yg agak kritikal spt kompresor ac, karena sdh usia saya sempat ganti 4.9 jt ori jepun

Untuk kaki2 coba tanya ke spesialis kaki2 sj, mereka lbh mudah ngurusi yg spt ini ketimbang yg generasi 2 airs
White owl : CX5 2.5 touring'13
Two black three diamond: ANPS dakar'17 and Mirage exceed'12