Dear all...!!!maaf lama juga off dari sini..maklum lupa password masuknya...harus bongkar email lama dulu...
Bro Andra saya juga mau ikut urunan situs santa fe club kita...
anyway kembali ke santy yang saya dapat bulan lewat...
santy hitam 2001 dng km 175.000 km ini sangat terawat...dengan semua catatan dan bon dari Beres Hyundai Simatupang dan Pondok Indah.sejak beli sampai sekarang ..bahkan menjelang dijual semua lampu-lampu(luar/dalam), kaki kaki, rem, shockbreaker, timing belt, mesin (turun setengah) diganti....ditambah jok kulit dan wood panel (custom dari punya mercedes)...
cuma velg standar dan ban Bridgestone 235/70 Dueler HL yang sudah agak tipis
(pemilik lama punya new santy 2007, Trajet,H-1, dan beberapa jenis Hyundai, sampai dapat penghargaan pemilik jenis Hyundai terbanyak)
sehari setelah meminang santy ini, saya pasang rooof rail Rush dan bemper depan (Mini Fortuner)..beli di Senen...( cari yang murah di lantai 5 Atrium)..
Minggu lalu saya panggil mobil service milik adik teman saya...
Saya heran kenapa adik teman ini ahli sekali bercerita soal Santa Fe...ternyata dia mantan tehnisi Hyundai yang pernah dikirim ke Korea selama setahun untuk belajar dipabrik mobil ini....belajar merakit dan memperbaiki, mulai dari chasis hingga jadi mobil utuh untuk diekspor...dia bilang santa fe kita semua body dibuat di Amerika (Alabama) di ekspor ke Korea dan dirakit disana sebelum dikirim ke negara Asia..termasuk Indonesia
Dia juga punya service manual procedure lengkap mobil-mobil hyundai termasuk santa fe
jadinya service pertama mobil oleh adik teman ini...lumayan harga agak miring untuk nasehat dan kualitas kerja lulusan korea...(spares dia beli di atrium)
Ternyata menurut dia kondisi mobil saya tip-top...cuma perlu mengganti ganti ban, oli mesin dan gearbox (Shell Helix), serta diganti busi (Champion), Filter Udara serta membersihkan Pompa/Filter bensin diatas fuel tank (dibawah kursi belakang kiri yang kelihatannya tidak pernah diperiksa oleh Beres Hyundai...
(saya pikir-pikir kenapa nggak buat bengkel hyundai alternatif dengan tehnisi kepala si adik teman ini saja ya..)
nah berhubung mesin sudah diperiksa dan sudah ok...giliran ban yang perlu diganti
saya pilih ban Bridgestone Dueler AT 30X9.5 R15 yang diameternya 75.0 cm lebih tinggi dari ban semula Dueler ML 235/70 R15 yang diameternya 71.1 cm di Pemuda Ban Rawamangun....sebiji harganya sejuta (diskon 25% dari Rp.1.300 rb)
rasanya mantap ...lebih tinggi dan ban lebih senyap...lumayan mobil makin gagah saja...sudah siap untuk mudik ke Madiun dan Denpasar..
Setelah itu terjadilah "kecelakaan" tanpa sengaja....
separuh tank BBm saya isi premium....!!!! maklum terbiasa dng avansa, timor dan grand livina yang minumnya premium
akibatnya tak terbayangkan...mendekati RPM 2000 mesin menggelitik....pada gigi 3-4-5
bahkan di tol pada gigi 5 hanya bisa rpm 2000 dan kecepatan 80-90 km (sudah nggak bener karena ban lebih besar diameternya)
mau lebih cepat lagi mesin sudah mulai menggelitik...nggak berani saya injak gas lebih dalam...agak merana juga disalip mobil mobil kecil di tol....
Mohon saran untuk memperbaiki oktan premium agar mesin mobil tidak menggelitik dan bisa digeber lagi, karena baru jalan 40 km sejak mengisi bensin terakhir .......