Keluhan Grand Vitara

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Post by ZombiEE »

hahahaha...bung uch..nice illustration..
buat bung blindzero..keqnya suzuki ga ada produk truck d indo nic..tpi kalo off-road gt..uda terbukti lho..suzuki ga kalah sama mitsu or even LC FJ40..ada kan suzuki shogun..size kecil tapi nendang..Correct me if i m wrong..hehehe
cheers....

sorry OOT..back to topic..:)
id-grand-vitara
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19

Post by id-grand-vitara »

ZombiEE wrote:hahahaha...bung uch..nice illustration..
buat bung blindzero..keqnya suzuki ga ada produk truck d indo nic..tpi kalo off-road gt..uda terbukti lho..suzuki ga kalah sama mitsu or even LC FJ40..ada kan suzuki shogun..size kecil tapi nendang..Correct me if i m wrong..hehehe
cheers....

sorry OOT..back to topic..:)
Menurutku sih tenaga GV ndak kalah-kalah banget ama CRV utawa X-trail, terutama kalau dilawankan dengan sekelasnya, yaitu tipe 2000 CC, kisaran 140an HP kok. Cuma khusus untuk GV ini, transmisinya yang ngacau, gigi 1 ama 2 kasar kayaknya. Mustinya sih ndak mungkin kan prinsipal ngelepas barang dengan desain unit transmisi yang oblak, jadi aku yakin ada semacam kesalahan proses produksi.... cuma kok denger-denger banyak yang komplain yah.... hehehe...
Khusus untuk pintu belakang juga lumayan fatal kayaknya, kecuali ditambahin karet peredam baru, masalahnya ndak akan selesai.
Kalau ndak salah dulu baleno pernah juga ngalamin problem suspensi belakang, karena terlalu lembut, kalau nglewatin polisi tidur atau dinaikin 4 orang, bannya sering mentok ke bodi (rumah ban).. waktu itu ATPM ngasih solusi (CMIIW). Semoga untuk kasus ini ATPM juga berkenan ngasih solusi...
Kebayang aja klo dari baru bearing transmisi uda oblak, ndak sampai setahun bisa-bisa jebol tuh, daerah-daerah situ klo ada masalah dibiarin biasanya merembet kemana-mana...

Rgds
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

uch wrote:Bukan ngalahin bro.. "cengar cengir" doang. Kira2 kayak gini ngomongnya si 4000 cc " lhaa... ini kutu, gw kemana aja dia bisa ngikut..." he..he...
Pembicaraan seperti ini sering terjadi di komunitas "off-road"... karena pada waktu masuk rintangan kubangan lumpur/ air.. mobil-2 dengan mesin besar agak susah .. tetapi suzuki dengan mudahnya melewati rintangan tersebut... selidik punya selidik ternyata... suzuki karena sangat ringan... bisa sekalian "mengambang".....kemudian istilah lain untuk suzuki ialah "mobil 2-tak (dua tak)"....hheheheeeeee... gitu lho....
Last edited by €lj€p€ on Tue May 29, 2007 11:57, edited 1 time in total.
Dari Solo ke Oslo
Image
my_name
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Tue May 08, 2007 22:23

Post by my_name »

Duh.. g jd miris baca pengalaman pak id-grand-vitara....
Apa sebaiknya g batalin indennya?

Ada pengguna GV yg lain? Tanggapin dnk...
User avatar
blindzero
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2391
Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
Location: Sparkling Surabaya

Post by blindzero »

id-grand-vitara wrote:
ZombiEE wrote:hahahaha...bung uch..nice illustration..
buat bung blindzero..keqnya suzuki ga ada produk truck d indo nic..tpi kalo off-road gt..uda terbukti lho..suzuki ga kalah sama mitsu or even LC FJ40..ada kan suzuki shogun..size kecil tapi nendang..Correct me if i m wrong..hehehe
cheers....

sorry OOT..back to topic..:)
Menurutku sih tenaga GV ndak kalah-kalah banget ama CRV utawa X-trail, terutama kalau dilawankan dengan sekelasnya, yaitu tipe 2000 CC, kisaran 140an HP kok. Cuma khusus untuk GV ini, transmisinya yang ngacau, gigi 1 ama 2 kasar kayaknya. Mustinya sih ndak mungkin kan prinsipal ngelepas barang dengan desain unit transmisi yang oblak, jadi aku yakin ada semacam kesalahan proses produksi.... cuma kok denger-denger banyak yang komplain yah.... hehehe...
Khusus untuk pintu belakang juga lumayan fatal kayaknya, kecuali ditambahin karet peredam baru, masalahnya ndak akan selesai.
Kalau ndak salah dulu baleno pernah juga ngalamin problem suspensi belakang, karena terlalu lembut, kalau nglewatin polisi tidur atau dinaikin 4 orang, bannya sering mentok ke bodi (rumah ban).. waktu itu ATPM ngasih solusi (CMIIW). Semoga untuk kasus ini ATPM juga berkenan ngasih solusi...
Kebayang aja klo dari baru bearing transmisi uda oblak, ndak sampai setahun bisa-bisa jebol tuh, daerah-daerah situ klo ada masalah dibiarin biasanya merembet kemana-mana...

Rgds
kalau dibilang tenaga sama sih, gw kurang tau juga sih. Tapi yang gw tau GV lebih boros daripada CRV.
id-grand-vitara
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19

Post by id-grand-vitara »

my_name wrote:Duh.. g jd miris baca pengalaman pak id-grand-vitara....
Apa sebaiknya g batalin indennya?

Ada pengguna GV yg lain? Tanggapin dnk...
Kalau masih dalam proses, coba aja pergi ke dealernya lagi, kemudian minta test drive dengan unit manual, kalau dealer bilang adanya unit otomatis jangan mau, soalnya masalah ini emang tipikal unit manual. Kalau ndak ada di dealer situ, ya cari di dealer lain. Nah kalau uda dapat, coba test tekan gas pada gigi satu atau dua, lalu lepas gas dengan kopling masih belum diinjek (simulasi jalananan macet, stop and go)....

Yang punya GV manual, mohon sharingnya dong...

Rgds
hezdu
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Wed May 02, 2007 23:18

Post by hezdu »

Mas id-grand-vitara,
Anda dah pakai berapa unit GV Manual ? Ada sampai 5 unit ? Maksud saya, apakah penailaian atas 1 mobil mencerminkan performance satu produk ? Nggak deh.
Anda dah pakai GV di jenis medan apa ? Tol dah pasti, off road ringan ? Jalan antar provinsi ? Daerah Nagrek atau Cadas Pangeran ?
Saya pakai GV Manual, anda bilang masalah ini tipikal(transmisi), saya asumsikan terjadi pada sebagian besar unit GV Manual, maka saya bersyukur unit saya baik2 saja, masalah transmisinya nggak terjadi. Masalah engine braek, okelah, kalau boleh tahu, anda pakai engine braek dari speed berapa ke berapa ? Trus tekniknya gimana ? apakah langsung turunkan gigi dari 4 ke 2, lalu lepas gas ? saya sebelumnya pakai Jimny '84, dan di kedua mobil ini, masuk gigi gas dilepas kopling gak diinjek, ya bakal ndut ndutan, anda bandingkan dengan apa ? Kalau Nissan, Honda, Mitsubishi, sorry saya nggak ngeh.
Mas my_name,
Underpower ? Okelah, kan di spec ditulis torsi maksimum baru tercapai setelah 6000 rpm, ya wajar aja di putaran rendah, powernya nggak bagus.
2 bulan setelah unit saya terima, saya test drive Bandung-purwodadi-wonogiri-bandung (via solo - jogja), jalur selatan, dan yang jelas, GV manual saya kinerjanya ok aja, transmisinya halus (kecuali masuknya nggak pas), engine break saya gunakan di Nagrek, jalan menurun, saya pakai gigi 2 di rpm kurang dari 2000, di kontrol dengan kopling, gas dilepas
Overall, saya puas dengan GV, anda ? Silakan coba sendiri..........

nb: saya cuma pekerja biasa, nggak ada fanatisme atau hubungan kerja dengan suzuki


GV otre........ :lol:
id-grand-vitara
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19

Post by id-grand-vitara »

hezdu wrote:Mas id-grand-vitara,
Anda dah pakai berapa unit GV Manual ? Ada sampai 5 unit ? Maksud saya, apakah penailaian atas 1 mobil mencerminkan performance satu produk ? Nggak deh.
Anda dah pakai GV di jenis medan apa ? Tol dah pasti, off road ringan ? Jalan antar provinsi ? Daerah Nagrek atau Cadas Pangeran ?
Saya pakai GV Manual, anda bilang masalah ini tipikal(transmisi), saya asumsikan terjadi pada sebagian besar unit GV Manual, maka saya bersyukur unit saya baik2 saja, masalah transmisinya nggak terjadi. Masalah engine braek, okelah, kalau boleh tahu, anda pakai engine braek dari speed berapa ke berapa ? Trus tekniknya gimana ? apakah langsung turunkan gigi dari 4 ke 2, lalu lepas gas ? saya sebelumnya pakai Jimny '84, dan di kedua mobil ini, masuk gigi gas dilepas kopling gak diinjek, ya bakal ndut ndutan, anda bandingkan dengan apa ? Kalau Nissan, Honda, Mitsubishi, sorry saya nggak ngeh.
Mas my_name,
Underpower ? Okelah, kan di spec ditulis torsi maksimum baru tercapai setelah 6000 rpm, ya wajar aja di putaran rendah, powernya nggak bagus.
2 bulan setelah unit saya terima, saya test drive Bandung-purwodadi-wonogiri-bandung (via solo - jogja), jalur selatan, dan yang jelas, GV manual saya kinerjanya ok aja, transmisinya halus (kecuali masuknya nggak pas), engine break saya gunakan di Nagrek, jalan menurun, saya pakai gigi 2 di rpm kurang dari 2000, di kontrol dengan kopling, gas dilepas
Overall, saya puas dengan GV, anda ? Silakan coba sendiri..........

nb: saya cuma pekerja biasa, nggak ada fanatisme atau hubungan kerja dengan suzuki


GV otre........ :lol:
Wah, kalau ada sharing bagus gini berarti kabar baik dong, kemungkinan unit saya emang yang rada aneh.
Perlu diketahui, saya tes terakhir bareng mekanik bengkel dan dia sendiri bilang bahwa banyak pemilik unit manual yang komplain (so, saya ndak sendirian). Kita tes bareng di jalan-jalan di lingkungan sebuah perumahan, jendela kanan kiri dibuka agar bisa kedengaran dengan jelas. Dari situ kedengaran bahwa perpindahan gigi 1 dan 2 terdengar kasar, kemudian juga masalah ngayun itu memang betul-betul terjadi. Setau saya, baru kali ini saya bawa mobil manual dan engine breaking-nya ngayun, dulu saya bawa mobil manual (merek lain) yang umurnya uda belasan tahun aja ndak ada gejala ngayun.

Rgds
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Post by ZombiEE »

bang id..w jg miris dgr ceritanya..jadi d check ada solusi apa sama bengkel nya?

GV..mgkn boros dikarenakan bobot yg ditopangnya itu berat...trus pengaturan katup masi konvensional CMIIW
NissanLovers
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 393
Joined: Thu Apr 05, 2007 5:31

Re: Keluhan Grand Vitara

Post by NissanLovers »

id-grand-vitara wrote: 5. Leather Work untuk jok depan uda cukup rapi, tapi untuk kursi belakang amatiran banget. Jahitannya mencong-mencong ndak karuan. Selain itu, untuk jok belakang ini juga, ketinggian antara bagian kiri dengan bagian tengah+kanan sedikit berbeda, ndak level, beda ketinggiannya sekitar 2-3 cm....kacau banget...
permasalahan tersebut biasanya disebabkan karena pemasangan. dan bisa di perbaiki pak yang kadang hal seperti ini masih lolos dari pengawasan sales atau bagian pre delivery inspection didealer tempat anda memesan kendaraan.
id-grand-vitara
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19

Post by id-grand-vitara »

ZombiEE wrote:bang id..w jg miris dgr ceritanya..jadi d check ada solusi apa sama bengkel nya?

GV..mgkn boros dikarenakan bobot yg ditopangnya itu berat...trus pengaturan katup masi konvensional CMIIW
Ini hari uda ditelpon dua kali ama dealer/bengkel tempat terakhir aku cek bareng mekaniknya, tp blm ada solusi yang signifikan kecuali minta dibawa kembali ke sana untuk di-cek lagi. Kebetulan aku lagi di luar kota (mobil ditinggal di rumah), jadi blm bisa cek lagi..

Mengenai konsumsi bahan bakar, aku setel MID ke average consumption terbaca antara 6.9 km/l (dalam kota) dan 8.9 km/l (mostly tol). Tapi aku pakai bensin shell, jadi sesuai spec-nya. Klo pakai premium standar mungkin lebih boros. Menurut mekaniknya, klo mesin ngerasain gejala nglithiq/bergetar, maka ECU akan menyetel titik pembakaran pada derajat yang lebih rendah, thus otomatis lebih boros. Aku pikir-pikir, ketimbang menambah perangkat peningkat performa, lebih baik anggarannya dipakai buat beli bensin yang berkualitas, selain konsumsi bensin lebih hemat, garansi ndak hangus, juga sistem pembakaran dan asesorisnya bersih, bebas kerak (kemaren sempet di tes emisi, CO-nya nol)

Mengenai mesin, J20A emang masih konvensional belum VVT kayak baleno / aerio / SX-4 / Swift. Nilai plus-nya, mesin ini DOHC, mesin-mesin VVT di indo mayoritas SOHC, cuma beberapa yang DOHC (?)

Oh iya, sedikit tambahan, mungkin karena pengaruh intake manifold yang terbuat dari resin, pada kecepatan 80an ke atas, kalau pedal gas diinjek lagi, sayup-sayup terdengar bunyi 'kreeeeeek...', kayak hard plastic yang bergetar, atau pembakaran putaran tinggi mesin diesel, tapi yang ini cuma terdengar sayup-sayup. Waktu bareng mekanik sempet coba mainin gas dengan mobil dalam keadaan diam bunyi ini ndak kedengar. Besok aku coba di jalan tol bareng mekanik biar dia ikut denger

Rgds
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Post by ZombiEE »

an extensive explanation indeed..thanks..hehehe

I am an xtrail owner..sampe skg...w rasa transmisi A/T gw jerking tuh..parah...

oiya bung id, lampu GV nya wkt malam terang ga nic?
id-grand-vitara
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19

Post by id-grand-vitara »

hezdu wrote: Mas my_name,
Underpower ? Okelah, kan di spec ditulis torsi maksimum baru tercapai setelah 6000 rpm, ya wajar aja di putaran rendah, powernya nggak bagus.
Sedikit koreksi, torsi maksimum GV itu di 4000 RPM (183 NM), sementara tenaga maksimum di 6000 RPM (140 HP). Dibanding New CRV 2000 CC sebenarnya ndak beda jauh kok, tenaga 150 PS atau sekitar 140an HP di 6200 RPM dan torsi 190 NM di 4200 RPM. Sementara New CRV yang 2400 CC, DOHC I-VTEC, tenaga 170 PS / 5800 RPM dan torsi 22.2 NM / 4200 RPM

Untuk unit manual, kemaren aku liat pada kecepatan 120 km/h RPM masih di kisaran 3700 - 3800 RPM. Jadi pada kecepatan itu klo mau nyalip-nyalip masih ada sisa torsi dikit lah... :-) dengan catatan , aku pakai bensin shell standar, bukan premium-nya pertamina

Rgds
id-grand-vitara
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19

Post by id-grand-vitara »

ZombiEE wrote:an extensive explanation indeed..thanks..hehehe

I am an xtrail owner..sampe skg...w rasa transmisi A/T gw jerking tuh..parah...

oiya bung id, lampu GV nya wkt malam terang ga nic?
Lampu HID terang banget kok. Aku rasa feature auto leveling pada emang keharusan pada GV, bukan fasilitas tambahan. Kalau ndak ada autoleveling, sopir mobil yang berlawanan pasti pada silau deh...
Lampu HID ini secara umum (bukan cuma di mobil GV) katanya kurang bagus pada kondisi hujan karena polarisasi cahayanya dibelokin ama rintik air. Tapi aku belum ngamatin bener karena waktu kena hujan cuma sebentar pas di jalan tol. Coba yang uda pernah jalan waktu hujan, kira-kira view-nya pendek nggak. Jangan lupa amatin, dengan lampu seterang itu klo lampu kanan dan kiri ndak level kayaknya kok 'saru', minta bengkel untuk menyetel agar pancaran sinar lampu kanan dan kiri bener-bener ketemu dan level
User avatar
blindzero
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2391
Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
Location: Sparkling Surabaya

Post by blindzero »

gw denger denger lampu HID dengan watt yang tinggi ngga akan terganggu dengan hujan. Katanya cukup terang
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

ember...
Image
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

"Service Engineering 4W" <[email protected]>
"Service Area Dev 4W" <[email protected]>

Teman-2 yang kebetulan ada masalah dengan Suzuki secara teknis... mungkin bisa kirim e-mail kealamat diatas.
Dengan menyebutkan bengkel resmi suzuki yang menangani mobil kita, mereka akan memberikan bimbingan... sebaliknya kalau di bengkel, kita menyebutkan bahwa kita sudah kirim e-mail ke Suzuki, mereka pasti akan lebih serius...

Dulu sih saya puas sekali dengan pelayanan mereka... moga-2 sekarang juga tetap membantu...
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Wah, Congrats nih akhirnya dapet juga GV-nya,
kirain dah cancel tempo hari.

Mengenai transmisi, saya pernah ngobrol2 ama orang pabrik Suzuki 4W,
memang GV (YT4) yg manual, transmisi-nya agak kasar...
jadi kayaknya memang gitu semua.
Image
id-grand-vitara
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19

Post by id-grand-vitara »

Mike wrote:Wah, Congrats nih akhirnya dapet juga GV-nya,
kirain dah cancel tempo hari.

Mengenai transmisi, saya pernah ngobrol2 ama orang pabrik Suzuki 4W,
memang GV (YT4) yg manual, transmisi-nya agak kasar...
jadi kayaknya memang gitu semua.
Klo sekedar kasar masih boleh lah, mungkin karena rasio giginya ketinggian. Tapi klo ngayun, aku kira karena kesalahan manufacturing. Kata orang bengkel, spelleng antar giginya ndak rapat, jadi mirip bearing oblak gitu...

Rgds
senpei
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Thu May 31, 2007 12:31

Post by senpei »

Hmm, mo nanya nih klo varian yang A/T nya gmn yah ?
id-grand-vitara
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19

Post by id-grand-vitara »

senpei wrote:Hmm, mo nanya nih klo varian yang A/T nya gmn yah ?
Varian A/T kayaknya ndak jadi masalah, makanya di banyakan dealer untuk mobil test drive seringnya pake varian A/T. Cuma menurut orang bengkel, varian A/T pada kecepatan di atas 100 km/h, tenaganya rada payah,.... yang ini aku belum nyoba...

Buat yang uda punya GV, di buku manual digambarkan console box tengah bisa sedikit digeser ke depan untuk sandaran tangan. Nampaknya setelah dicek sana-sini, model aslinya GV ndak bisa, hanya bisa dibuka ke atas, ndak bisa geser depan. Feature geser depan hanya berlaku buat console box Escudo XL-7.

Di buku itu jg disebutkan bahwa kompresi mesin adalah 9.5 dengan bensin standar adalah premium. Padahal di brosur-brosur resmi jelas tertulis kompresi 10.5, thus bensinnya kudu setara pertamax. Aku pengen memastikan, settingan dari pabrik yang bener pakai yang mana? Jangan-jangan sementara aku uda kontinyu pakai bensin pertamax/shell, sementara pengapian masih diset pada kompresi 9.5, kan sia-sia tuh

Tentang busi, ditulis ada dua alternatif, busi standar atau busi iridium, ada yang pernah nyoba ganti busi iridium pada servis pertama? Kalau uda pernah, sharingnya yah...

Sedikit komplain : tidak ada tempat naruh recehan di deket sopir, repot jg klo ada polisi cepek atau orang ngamen di lampu merah, hehehe...

Rgds
senpei
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Thu May 31, 2007 12:31

Post by senpei »

wah, ternyata kurang bertenaga di atas 100 kmh yah ?Gw rada suka kecepatan stabil 120an...Apakah GV bisa menyentuh angka itu? atau di angka tersebut, rpm nya udah mentok?
id-grand-vitara
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19

Post by id-grand-vitara »

senpei wrote:wah, ternyata kurang bertenaga di atas 100 kmh yah ?Gw rada suka kecepatan stabil 120an...Apakah GV bisa menyentuh angka itu? atau di angka tersebut, rpm nya udah mentok?
Klo versi manual aku pernah coba di 100 - 120 km/h masih ada tenaga lumayan lah, klo mo nyalip-nyalip dikit masih boleh, versi matik kurang tau.
RPM pada kisaran 3700 - 3900, jadi deket-deket torsi maksimum. Pada kecepatan itu, peredaman suara mesin bagus banget, cuma kedengaran suara angin ama ban, klo gas dimainin, baru sayup-sayup terdengar suaranya... :-)

Anyway, review lengkap, silahkan baca tulisan-tulisan saya sebelumnya,....
senpei
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Thu May 31, 2007 12:31

Post by senpei »

id-grand-vitara wrote:
senpei wrote:wah, ternyata kurang bertenaga di atas 100 kmh yah ?Gw rada suka kecepatan stabil 120an...Apakah GV bisa menyentuh angka itu? atau di angka tersebut, rpm nya udah mentok?
Klo versi manual aku pernah coba di 100 - 120 km/h masih ada tenaga lumayan lah, klo mo nyalip-nyalip dikit masih boleh, versi matik kurang tau.
RPM pada kisaran 3700 - 3900, jadi deket-deket torsi maksimum. Pada kecepatan itu, peredaman suara mesin bagus banget, cuma kedengaran suara angin ama ban, klo gas dimainin, baru sayup-sayup terdengar suaranya... :-)

Anyway, review lengkap, silahkan baca tulisan-tulisan saya sebelumnya,....
yup udah saya baca koq :) dan sangat menarik menurut saya ^^

perbedaannya dengan varian termahal nya apa yah ? Ada yang tau fungsinya "A/T power" di tipe JLX A/T
senpei
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Thu May 31, 2007 12:31

Post by senpei »

and...

mo bandingin tarikan Baleno Next G taon 2003 ama GV yang A/T ini...

bwat akselerasi gmn ?