Honda Luncurkan New CRV 2004

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Equalizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 570
Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
Location: 600km away

Honda Luncurkan New CRV 2004

Post by Equalizer »

Honda Luncurkan New CRV 2004

PT Honda Prospect Motor (HPM) belum lama ini meluncurkan Honda New CRV 2004. Sepintas, produk yang mulai dipasarkan di Indonesia sejak September 2000 dan dilanjutkan dengan generasi kedua yang diluncurkan pada Mei 2002 ini memang tidak memiliki perbedaan dengan CRV 2004 yang belum lama diluncurkan. Tetapi sebenarnya terdapat beberapa penambahan fitur-fitur baru alias versi dress up dari yang lama.

"New CRV 2004 yang telah mengalami perubahan ini tak lain adalah untuk
meningkatkan kepuasan bagi pengguna. Dan sebagai tambahan informasi, CRV baru ini sekarang telah diproduksi di pabrik baru kami yang ada di Karawang dengan kualitas yang sangat terjamin. Selain itu, khusus untuk New CRV 2004, kami juga menawarkan 3 tahun per100 ribu km warranty period untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna New CRV. Ini merupakan wujud keseriusan dan kepercayaan diri kami terhadap New CRV 2004 yang kami produksi di Karawang,"
kata Kenji Otaka,Vice President PT Honda Prospect Motor (HPM).

Sejumlah perubahan itu bisa disaksikan pada sejumlah fitur interiornya,
seperti fitur audio berupa radio/ tape/CD dengan MP3 player dan remote
control, power door lock serta switch lock dan power window dengan auto
up/down serta sistem pengaman.

Pada sektor eksterior, New CRV mengalami perubahan pada alloy wheel yang masih tetap mempertahankan kesan sporty dan stylish.

New CRV juga hadir dengan beberapa pilihan warna terbaru, di samping
beberapa warna yang sudah ada. Pilihan warna tersebut adalah nighthawk black bearl, satin silver metallic, red heart mica metallic, canyon stone silver, dan sparkle beige metallic.

Fitur lain yang membedakan New CRV dengan model sebelumnya adalah
penggunaan maintenance free battery. Peranti ini detengarai Honda dapat
meminimalisasi biaya perawatan New CRV. Keunggulan baterai ini dibandingkan dengan yang di-gunakan New CRV terdahulu adalah jangka waktu pemakaian yang lebih lama, yakni, dapat mencapai 1,8 sampai 3 tahun, tanpa harus mengisi ulang fluida battery sehingga lebih ramah lingkungan.

Biaya perawatan pun jadi lebih murah dibanding dengan baterai sebelumnya. Baterai lama jangka waktu pemakaiannya hanya dapat mencapai 1,5 sampai 2 tahun, serta harus melakukan pengisian fluida battery setiap 3 bulan sekali. Di samping itu, baterai ini dilengkapi dengan flame arrestor untuk keamanan.

Teknologi

Selain perubahan dan penambahan tersebut, New CRV masih tetap mengaplikasi teknologi I-VTEC, transmisi otomatis dengan grade logic control, struktur rangka G-CON serta fitur beteknologi tinggi lainnya.

Teknologi i-VTEC merupakan teknologi yang diterapkan pada New CRV dan New Accord. Pada akhirnya teknologi ini menjadi jargon teknologi mesin Honda yang segera populer setelah peluncuran beberapa produk barunya di Indonesia, beberapa waktu silam.

Teknologi i-VTEC (Intelligent Variable Valve Timing & Lift Electronic
Control) memang baru diterapkan pada New CRV dan New Accord. Teknologi kebanggaan Honda ini merupakan kombinasi antara teknologi yang dikuasai sebelumnya, yakni VTEC (variable valve timing & lift electronic control) dan VTC (variable timing control).

Sejumlah produk Honda terdahulu menggunakan teknologi VTEC yang merupakan sistem penghasil pembakaran optimum dengan cara mengontrol ketinggian dan waktu pembukaan katup. Seperti diketahui, secara awam katup (valve) yang berada di atas ruang bakar sebagai kunci utama bagi iritanya konsumsi bahan bakar sekaligus berkait dengan optimalnya tenaga yang dihasilkan mesin yang bersangkutan.

Lalu, karena ketinggian dan waktu pembukaan katup dapat terus terkontrol oleh komputer yang dikaitkan dengan keperluan tenaga yang diperlukan mobil, maka teknologi ini membuat tingkat keiritan terus meningkat. Sementara itu, untuk menjamin sistem yang bisa bekerja secara terus menerus maka dikembangkanlah rekayasa lain yang berupa VTC itu.

Cukup lama Honda Motor Company (HMC) membanggakan teknologi VTEC maupun VTC
itu hingga kemudian muncul ide penggabungan kedua teknologi tersebut
sekaligus dan lahir teknologi i-VTEC. Sebagai teknologi paling maju, i-VTEC
terbukti mampu mengontrol ketinggian dan waktu pembukaan katup, yang secara
terus menerus mengontrol cam phase untuk mendapatkan pembakaran optimum.

Karena i-VTEC merupakan penggabungan pengatur pembakaran optimal (VTEC) dan
teknologi pengontrol waktu pembukaan katup cam phase (VTC), maka penerapan
teknologi ini dapat menjamin kondisi pembakaran optimal pada mesin saat
berfungsi dalam putaran rendah, menengah dan tinggi.

Sistem ini juga mampu menghasilkan konsumsi bahan bakar yang irit dengan
emisi yang rendah. Pengaruh adanya Sistem VTC (Variable Timing Control)
dengan pengaturan Cam Phase ini menyebabkan masuknya kembali sisa gas
pembakaran ke katup intake.

Menjadi menarik diketahui adalah bagaimana sistem i-VTEC dapat menjamin
rendahnya kebutuhan konsumsi bahan bakar sekaligus membuat rendahnya pula
gas buang mobil yang mengenakan teknologi ini. Mudahnya sistem i-VTEC
tersusun dari berbagai macam sensor yang sebetulnya merupakan kombinasi
antara komponen VTEC dan komponen VTC.

Dalam kurun waktu sekitar tiga tahun keberadaannya di Indonesia, total
penjualan CRV hingga September 2003 telah mencapai 19,495 unit. Pada bulan
Januari sampai September 2003 saja, New CRV berhasil menempati urutan ketiga
pangsa pasar mobil kategori 1, dengan total penjualan mencapai 8.180 unit
dan secara otomatis meraih 3 persen dari total pangsa pasar, atau 9 persen
dari pangsa pasar Sport Utility Vehicle (SUV) dan 67 persen untuk kelas SUV
dengan harga Rp 201-250 juta.

Dalam perjalanannya, di tahun 2002 New CR-V memperoleh penghargaan lima
bintang dalam Japan New Car Assessment Program untuk driver seat dan front
passenger seat, di mana hal tersebut menunjukkan kepedulian Honda terhadap
keamanan penggunaan Honda. (YC/L-6)

Spesifikasi Teknis
Panjang : 4.535 mm
Lebar : 1.780mm
Tinggi : 1.710 mm
Mesin : I-VITEC 4 Silinder, segaris DOHC 16 Katup
Kapasitas tangki bahan bakar : 50 liter
Sistem Rem : Antilock Braking System (ABS), Electronic Brake Force
Distribution (EDB), Brake Assist
Sistem Pengaman : Dual SRS Airbags, Sabuk pengaman 3 titik dgn
pretensioner.
Transmisi : Manual sinkromes lima kecepatan dan Otomatis empat kecepatan
Sistem Kemudi : Rack and pinion, power assisted

Suara Pembaruan Daily 28/11/03
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Cuma facelift dan penambahan beberapa fitur aja...
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
Location: surabaya rek

Post by campoeran »

iya model kagak berubah banyak