Bikin Irit X-TRAIL

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: b8099ok, F 272, ChZ, ginting, FRD, artoodetoo

spartan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: 24 Mar 2007, 03:41

Bikin Irit X-TRAIL

Post by spartan » 25 Mar 2007, 03:15

G pake Xtrail ST 2005 pake dari baru...gimana cara bikin supaya lebih irit ya??? any comment dari bro2 sekalian yg pake xtrail jg? g udah pasang Broquet dr agustus taun lalu en pake bensin premium ever since (gk ngelitik sm skl)...busi ngk iridium dan pasang Hurriccane charging system...oli mesin Petronas 800...skrg dalam kota 1:7.5 dgn velq ring '20..pengen bgt bisa jadi 1:8.5 tau malah 1:9 dalam kota :e-dance:

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16505
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Post by Turboman » 25 Mar 2007, 08:29

Coba tuning TPS (Throttle Positioning sensor) dan selang MAP sensor.

Percobaan di mesin Innova 1 TR-FE, Avanza 1.3 & Soluna 1.5 menunjukkan perbaikan yang lumayan signifikan dan biayanya sangat ekonomis :D

Tuning TPS & selang MAP sensor di Phoenix Racing Works. c.p. Andreas 0818763649

User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11506
Joined: 17 Mar 2007, 14:20

Post by ZombiEE » 25 Mar 2007, 13:46

oiya bro..sorry serobot thread nya...
koq x-trail gue kadang ngelitik yah?padahal pake pertamax lho..:(
dulu sic pake premium..tapi uda sejak 4 bulan yg lalu pake pertamax lho..any comment?:)

User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11506
Joined: 17 Mar 2007, 14:20

Post by ZombiEE » 25 Mar 2007, 14:07

oiya bro..sorry serobot thread nya...
koq x-trail gue kadang ngelitik yah?padahal pake pertamax lho..:(
dulu sic pake premium..tapi uda sejak 4 bulan yg lalu pake pertamax lho..any comment?:)

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16505
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Post by Turboman » 25 Mar 2007, 23:49

Coba bersihkan ruang bakarnya oom zombie, obat buat bersihkan ruang bakar ada macam2, DCS, Wynns, etc.

User avatar
boilers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1023
Joined: 01 Dec 2004, 17:17

Post by boilers » 26 Mar 2007, 10:05

Coba juga ganti SPBUnya bung zombie. Saya dulu pernah isi di 1 SPBU suka ngelitik, terus saya ganti isi di SPBU lain hilang ngelitiknya.

ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1324
Joined: 16 Nov 2005, 21:21
Location: jkt

Re: Bikin Irit X-TRAIL

Post by ween » 26 Mar 2007, 12:51

spartan wrote:G pake Xtrail ST 2005 pake dari baru...gimana cara bikin supaya lebih irit ya??? any comment dari bro2 sekalian yg pake xtrail jg? g udah pasang Broquet dr agustus taun lalu en pake bensin premium ever since (gk ngelitik sm skl)...busi ngk iridium dan pasang Hurriccane charging system...oli mesin Petronas 800...skrg dalam kota 1:7.5 dgn velq ring '20..pengen bgt bisa jadi 1:8.5 tau malah 1:9 dalam kota :e-dance:
bro, kalau anda pengen irit, janganlah pakai SUV.......apalagi 2500cc, velg besar, dan pakai premium...........

sekedar masukan, premium itu sangat mahal dibanding kualitas&nilai kalorinya.......anda tau selisih harga premium dan pertamax plus? bandingkan dan anda harus percaya, kalau ternyata nilai kalori pertamax lebih besar sampai sekitar 30% dari premium......belum lagi akan timbul banyak deposit kerak2 di mana2 karena kualitas premium dari pertamina....ditambah lagi oplosan di truk2 tangki......ujung2nya mesin x-trail anda umurnya akan singkat....trus harus turun mesin, over size dll sebelum waktunya......kabayangkan biayanya kalo sampe turun mesin????...

jadi, kalau mau irit, pakailah pertamax plus, shell extra atau petronas.........

pokoknya bohong besar kalo pemerintah masih subsidi premium....seharusnya pertamina untung besar dengan menjual premium seharga 4500.........tapi tanya kenapa????? pertamina katanya rugi terus...padahal katanya udah di subsidi........jadi yang di subsidi itu penjabat2 pertamina, bung.......

User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: 09 Feb 2007, 23:19
Contact:

Post by StRaDe_Jazz » 26 Mar 2007, 13:41

sampe sekarang gw ogah2an kalo musti isi bensin di SPBU pertamina, mendingan gw ngisi di Shell Karawaci abis kuliah, kalopun mendesak, no space for premium, minimal pertamax dah...
sori kalo agak melenceng, tp gw setuju ama bro ween, seharusnya harga Premium juga fluktuatif kayak Pertamax, dengan nilai RON yg lebih kecil n kualitas jelek, masa bedanya gak nyampe 500 sih? janji kosong aja tuh pertamina mau naikin kualitas premium! b*llsh*t
[maap, emosian]
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16505
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Bikin Irit X-TRAIL

Post by Turboman » 26 Mar 2007, 13:43

ween wrote:
spartan wrote::
bro, kalau anda pengen irit, janganlah pakai SUV.......apalagi 2500cc, velg besar, dan pakai premium...........

Bro, berhubung rekan kita sudah kadung memiliki mobil tsb., maka gimana kalau kita bantu dia utk memaksimize mobilnya, berapapun gain yg didapat :D

Utk X Trailnya saran saya sih tetap, TPS & selang MAP tuning, udah itu coba free flow air filter.

Utk selanjutnya coba bisa discuss dgn propesor Penyuturbo utk analisa soal exhaustnya, anda bisa ukur diameter exhaust X Trail anda & kapasitas mesinnya, nanti minta o\pendapat Prof. penyu apakah exhaust udah ideal / perlu dikecilkan.

Salam :)

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16505
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Post by Turboman » 26 Mar 2007, 13:54

Utk gasoline memang, kalau kita care ama mobil kita, apalagi Comp. ration udah 9.5:1 ke atas sebaiknya isi gasoline yg RON nya minimum 91, yg juga lengkap dengan berbagai additive utk menjaga kebersihan injector, klep & ruang bakar.

User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11506
Joined: 17 Mar 2007, 14:20

Post by ZombiEE » 26 Mar 2007, 15:30

setuju ama bung ween and turboman...moso bensin luar yang notabene diimpor n ga di subsidi aza lbh pernah sempat lbh murah dari pertamina?aduhhhh

spartan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: 24 Mar 2007, 03:41

Post by spartan » 26 Mar 2007, 22:41

ZombiEE wrote:oiya bro..sorry serobot thread nya...
koq x-trail gue kadang ngelitik yah?padahal pake pertamax lho..:(
dulu sic pake premium..tapi uda sejak 4 bulan yg lalu pake pertamax lho..any comment?:)
mungkin uda kotor gas filternya bro (krn pake premium), en perlu dibersihkan/ganti. saran bro Turboman juga boleh tuh pake cairan pembersih ky gt. solusi yg cepet, coba isi pertamax di SPBU Shell (super or extra super), en coba masih ngelitik gk.

spartan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: 24 Mar 2007, 03:41

Post by spartan » 26 Mar 2007, 22:46

StRaDe_Jazz wrote:sampe sekarang gw ogah2an kalo musti isi bensin di SPBU pertamina, mendingan gw ngisi di Shell Karawaci abis kuliah, kalopun mendesak, no space for premium, minimal pertamax dah...
sori kalo agak melenceng, tp gw setuju ama bro ween, seharusnya harga Premium juga fluktuatif kayak Pertamax, dengan nilai RON yg lebih kecil n kualitas jelek, masa bedanya gak nyampe 500 sih? janji kosong aja tuh pertamina mau naikin kualitas premium! b*llsh*t
[maap, emosian]
wah kalo hijrah balik ke pertamax, broquet g kurang dipergunakan to its fullest extend donk :lol: tp jd kgk ngelitik loh pake premium & broquet...sebelumnya gk pake broquet, ngelitik bgt :o

spartan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: 24 Mar 2007, 03:41

Re: Bikin Irit X-TRAIL

Post by spartan » 26 Mar 2007, 22:50

Turboman wrote:
ween wrote:
spartan wrote::
bro, kalau anda pengen irit, janganlah pakai SUV.......apalagi 2500cc, velg besar, dan pakai premium...........

Bro, berhubung rekan kita sudah kadung memiliki mobil tsb., maka gimana kalau kita bantu dia utk memaksimize mobilnya, berapapun gain yg didapat :D

Utk X Trailnya saran saya sih tetap, TPS & selang MAP tuning, udah itu coba free flow air filter.

Utk selanjutnya coba bisa discuss dgn propesor Penyuturbo utk analisa soal exhaustnya, anda bisa ukur diameter exhaust X Trail anda & kapasitas mesinnya, nanti minta o\pendapat Prof. penyu apakah exhaust udah ideal / perlu dikecilkan.

Salam :)
ok nanti sy coba kontek en tanya2 soal TPS??? en MAP tuning???....sy tdk rubah2 diameter exhaust sy..apalagi kapasitas mesin nya..gk mo maen korek2 tuk mobil ky gini, sayang :lol:

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16505
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Bikin Irit X-TRAIL

Post by Turboman » 26 Mar 2007, 23:28

spartan wrote:
Turboman wrote:
ween wrote:
ok nanti sy coba kontek en tanya2 soal TPS??? en MAP tuning???....sy tdk rubah2 diameter exhaust sy..apalagi kapasitas mesin nya..gk mo maen korek2 tuk mobil ky gini, sayang :lol:

Internal mesin mah jangan di apa2 in pak, yg saya maksud coba ukur diameter exhaustnya, kalau dia. exhaust antara 2,25 - 2,5" berarti udah sesuai utk mesin 2500 cc. Krn diameter exhaust yg relatif kebesaran juga berpengaruh negative thd kinerja mesin (refer to prof. Penyuturbo)

Pendekatan utk anda ada 2 :

1. Kalau ingin mesinnya tetap full standard tetapi konsumsi BBM hemat maka kembalilah menggunakan ban & pelek standard, 215 / 65 R 16.


2. Kalau ingin gaya dengan velg besar tetapi kons. BBM tetap ingin dipertahankan maka mesin sebaiknya disesuaikan & gunakan BBM yg berkualitas.

spartan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: 24 Mar 2007, 03:41

Re: Bikin Irit X-TRAIL

Post by spartan » 26 Mar 2007, 23:44

Turboman wrote:

Pendekatan utk anda ada 2 :

1. Kalau ingin mesinnya tetap full standard tetapi konsumsi BBM hemat maka kembalilah menggunakan ban & pelek standard, 215 / 65 R 16.


2. Kalau ingin gaya dengan velg besar tetapi kons. BBM tetap ingin dipertahankan maka mesin sebaiknya disesuaikan & gunakan BBM yg berkualitas.
waduh good point neh bro turbo :D trims! tp kalo bisa gk seh gk usah rubah kapasitas...kalo bisaa :lol:

User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11506
Joined: 17 Mar 2007, 14:20

Post by ZombiEE » 27 Mar 2007, 13:24

gas filternya dimana nic?inside the tank?hehhe

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16505
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Post by Turboman » 27 Mar 2007, 15:28

ZombiEE wrote:gas filternya dimana nic?inside the tank?hehhe
Utk mesin gasoline main fuel filter biasanya di bawah body / bag bawah firewall, lalu di tangki bensin juga ada semacam filter kecil di ujung pipa electric fuel pump. Tapi yg di ujung electric fuel pump hanya menahan kotoran yg besar2 saja.

Kalau ganti biasanya ganti main fuel filter aja.

User avatar
xtreme
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 481
Joined: 19 Mar 2007, 10:52

Post by xtreme » 27 Mar 2007, 20:34

wow iritnya bisa berapa banyak bro..?
life is an adventure...~

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16505
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Post by Turboman » 27 Mar 2007, 23:40

xtreme wrote:wow iritnya bisa berapa banyak bro..?
Musti dicoba pak, tapi kalau dari pengalaman rekan2 pengguna Ipah 2.0 VVt-i, Avanza 1.3 & Soluna 1.5 rata2 pada happy, hasilnya cukup signifikan.

Tuning TPS & MAP sensor biayanya sgt affordable & hasilnya bikin surprise , apalagi jika mengingat biaya yg dikeluarkan.

Bukan sih promosi, tapi saya juga sudah merasakan di D4 D saya :mrgreen:

spartan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: 24 Mar 2007, 03:41

Post by spartan » 29 Mar 2007, 17:25

Turboman wrote:Coba tuning TPS (Throttle Positioning sensor) dan selang MAP sensor.

Percobaan di mesin Innova 1 TR-FE, Avanza 1.3 & Soluna 1.5 menunjukkan perbaikan yang lumayan signifikan dan biayanya sangat ekonomis :D

Tuning TPS & selang MAP sensor di Phoenix Racing Works. c.p. Andreas 0818763649
sy dah tanya tentang tuning ini dan memang ongkosnya gk mahal tuh..tp musti atur wkt krn tempatnya di serpong...ada bengkel referensi yg lain bung Turbo? daerah dkt sy sini ada Sigma Speed...bisa rekomendasi? oya ada tuning Throttle Body jg selain TPS loh katanya

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16505
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Post by Turboman » 29 Mar 2007, 23:06

spartan wrote:
Turboman wrote:
sy dah tanya tentang tuning ini dan memang ongkosnya gk mahal tuh..tp musti atur wkt krn tempatnya di serpong...ada bengkel referensi yg lain bung Turbo? daerah dkt sy sini ada Sigma Speed...bisa rekomendasi? oya ada tuning Throttle Body jg selain TPS loh katanya

Bengkel lain mungkin aja ada yg mau mengerjakan tapi biayanya belum tentu se afforadble Phoenix.

Tuning TPS & poles TB worth to try pak, kalau mau dengar yg udah pada coba join aja [email protected], Ipah yg tuning TPS & poles TB udah ampir ga keitung banyaknya..........dan semuanya merasa perbedaan yg cukup signifikan.

spartan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: 24 Mar 2007, 03:41

Post by spartan » 03 Apr 2007, 13:00

bung Turbo, berapa mm seharusnya gap busi untuk X-Trail? saya pakai NGK Iridium IX (LFR5AIX-11)

User avatar
xtreme
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 481
Joined: 19 Mar 2007, 10:52

Post by xtreme » 04 Apr 2007, 12:57

prof penyu...? maaf nubie nih
life is an adventure...~

id-grand-vitara
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: 24 Mar 2007, 11:19

Post by id-grand-vitara » 04 Apr 2007, 19:59

Turboman wrote:
spartan wrote:
Turboman wrote:
sy dah tanya tentang tuning ini dan memang ongkosnya gk mahal tuh..tp musti atur wkt krn tempatnya di serpong...ada bengkel referensi yg lain bung Turbo? daerah dkt sy sini ada Sigma Speed...bisa rekomendasi? oya ada tuning Throttle Body jg selain TPS loh katanya

Bengkel lain mungkin aja ada yg mau mengerjakan tapi biayanya belum tentu se afforadble Phoenix.

Tuning TPS & poles TB worth to try pak, kalau mau dengar yg udah pada coba join aja [email protected], Ipah yg tuning TPS & poles TB udah ampir ga keitung banyaknya..........dan semuanya merasa perbedaan yg cukup signifikan.
Ini mengenai tuning TPS dan poles TB itu teorinya gimana ya?
Dulu saya pernah nyelep honda civic di bengkel provis bintaro, hasilnya jg sangat terasa, jadi kuenceng, tp biayanya 1.7 jeti. Mobil nginep seminggu. Teorinya sih kulit jeruk di inlet dan exhaust diamplpas biar ndak ada turbulens...

Post Reply

Return to “SUV (2WD/4WD) Types”