Kenapa Landcruiser harganya mahallll?!?!?!
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 564
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Kenapa Landcruiser harganya mahallll?!?!?!
Guys,
aku ngeliatin harga Landcruiser itu masih mahal banget yah!!! baik barunya (itu sih ngga heran), maupun bekasnya (ini yg paling mengherankan)..... ada yg punya pendapat??
N saya lagi menimbang2 mo beli LC bekas nih, tp dengan harga selangit, apa memang worth ya?
aku ngeliatin harga Landcruiser itu masih mahal banget yah!!! baik barunya (itu sih ngga heran), maupun bekasnya (ini yg paling mengherankan)..... ada yg punya pendapat??
N saya lagi menimbang2 mo beli LC bekas nih, tp dengan harga selangit, apa memang worth ya?
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
harganya mahal karena barang nya bagus itu sudah pasti hahahahaha.
mobil nya 4x4 juga pak,susah cari tandingan LC.
udah gitu mobil nya enak dipandang mata hehehehehe.
yang Vx limited rasanya udah di lengkapin air suspension segala,ngak kalah ama harrier airs.
lalu yang cygnus ada night vision nya kalo ngak salah Cmiiw
mobil nya 4x4 juga pak,susah cari tandingan LC.
udah gitu mobil nya enak dipandang mata hehehehehe.
yang Vx limited rasanya udah di lengkapin air suspension segala,ngak kalah ama harrier airs.
lalu yang cygnus ada night vision nya kalo ngak salah Cmiiw
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 483
- Joined: Thu Mar 23, 2006 4:10
betul, cygnus keluaran tahun2 terakhir udah ada night vision di windshieldnya. kalo beli baru, features bisa di custom order ke jepang, barang nyampe jkt kalo ngga salah sekitar 3 bulan. 1,100 jt an 
kalo LC100 seinget saya sih bukan air suspension tapi hydrolic suspension. udah independent semua, & bukan rigid axle kayak LC80. hasilnya lebih empuk, tapi ya ngga sekuat LC80 kalo sering dibawa offroad. kayaknya emang di design buat more on-road use than off-road.
LC80 sekitar 290-300jtan kalo ngga salah ('97)
LC100 mungkin masih 500 an?
ini emang salah satu mobil mewah yang resale value nya strong sekali. dari dulu kepengen banget, ngga tau kapan bisa kesampean.
option lain, nissan patrol (model badan baru), yang tahun 2002 kalo ngga salah sekarang harganya udah tinggal 320jt an. tampang juga ngga kalah jauh sama LC100, harga udah sebanding LC80 yang lebih tua 4-5 tahun.

kalo LC100 seinget saya sih bukan air suspension tapi hydrolic suspension. udah independent semua, & bukan rigid axle kayak LC80. hasilnya lebih empuk, tapi ya ngga sekuat LC80 kalo sering dibawa offroad. kayaknya emang di design buat more on-road use than off-road.
LC80 sekitar 290-300jtan kalo ngga salah ('97)
LC100 mungkin masih 500 an?
ini emang salah satu mobil mewah yang resale value nya strong sekali. dari dulu kepengen banget, ngga tau kapan bisa kesampean.

option lain, nissan patrol (model badan baru), yang tahun 2002 kalo ngga salah sekarang harganya udah tinggal 320jt an. tampang juga ngga kalah jauh sama LC100, harga udah sebanding LC80 yang lebih tua 4-5 tahun.
my ride: MB G300
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopi ... 99&start=0
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopi ... 99&start=0
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
Setau saya dari era 1960an Land Cruiser udah termasuk barang mewah, dulu (FJ40) suka dipakai perwira tinggi TNI tugas lapangan.
Di era 1980an, mobil ini (FJ40) malah dikenal sebagai mobil "petrus", sebuah akronim dari "penembak misterius", yang sering melancarkan aksinya di era itu.
Land Cruiser 80, diluncurkan Toyota di Indonesia mengisi pasar 4x4 besar, dimana krbanyakan dibeli kaum the haves karena harganya.
Begitupun Land Cruiser 100, yang berharga di atas 1 miliar untuk barunya.
Btw, bung the-mantal kalo pingin LC, buat harga memang mahal, tapi mobilnya cukup bagus. land Cruisr Prado bekas mungkin harganya jauh lebih murah dibanding 100, saya gak tahu persis, mungkin sekitar Rp300 jutaan?
Mitsubishi Pajero GDI juga bagus, tapi agak jarang.
Di era 1980an, mobil ini (FJ40) malah dikenal sebagai mobil "petrus", sebuah akronim dari "penembak misterius", yang sering melancarkan aksinya di era itu.
Land Cruiser 80, diluncurkan Toyota di Indonesia mengisi pasar 4x4 besar, dimana krbanyakan dibeli kaum the haves karena harganya.
Begitupun Land Cruiser 100, yang berharga di atas 1 miliar untuk barunya.
Btw, bung the-mantal kalo pingin LC, buat harga memang mahal, tapi mobilnya cukup bagus. land Cruisr Prado bekas mungkin harganya jauh lebih murah dibanding 100, saya gak tahu persis, mungkin sekitar Rp300 jutaan?
Mitsubishi Pajero GDI juga bagus, tapi agak jarang.
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 483
- Joined: Thu Mar 23, 2006 4:10
IMO, kalo prado model lama sih, ya mendingan fortuner aja.
kalo prado baru (LC90) barunya juga sekitar 600-700jt kalo ngga salah, & baru beredar belum lama. jadi bekasnya ya masih tinggi juga.
dengan budget yang sama mungkin kebeli juga tu LC100 th 2000 atau 2001?
pajero sih katanya masih jauh lebih comfortable dari prado LC90. harga juga harusnya ngga jauh2 dari patrol bekas (300jt an). kalo demen modelnya sih, not a bad choice kayaknya.
kalo prado baru (LC90) barunya juga sekitar 600-700jt kalo ngga salah, & baru beredar belum lama. jadi bekasnya ya masih tinggi juga.
dengan budget yang sama mungkin kebeli juga tu LC100 th 2000 atau 2001?
pajero sih katanya masih jauh lebih comfortable dari prado LC90. harga juga harusnya ngga jauh2 dari patrol bekas (300jt an). kalo demen modelnya sih, not a bad choice kayaknya.
my ride: MB G300
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopi ... 99&start=0
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopi ... 99&start=0
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Ntah lah. Kayaknya menang imej doang.. Toyota gitu lho..
Kalo selera gw sih, kalo seandainya punya duwit, gw pilih Mitsu Pajero. Harga seken nya lebih murah. Bahkan seandainya harga nya mirip2 pun, tetap gw pilih Pajero. Apalagi yg model baru tuh.. sllurrrpp... Lebih exclusive. Kayaknya rally Paris-Dakkar udah nguji kedua mobil tsb, dan Pajero jauh lebih tangguh.
Kalo selera gw sih, kalo seandainya punya duwit, gw pilih Mitsu Pajero. Harga seken nya lebih murah. Bahkan seandainya harga nya mirip2 pun, tetap gw pilih Pajero. Apalagi yg model baru tuh.. sllurrrpp... Lebih exclusive. Kayaknya rally Paris-Dakkar udah nguji kedua mobil tsb, dan Pajero jauh lebih tangguh.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
Image Land Cruiser bagus dikarenakan memang kualitas mobilnya sudah terbukti. Banyak dipakai instansi Internasional seperti organisasi PBB, dipercaya badan pertahanan, dll.uch wrote:Ntah lah. Kayaknya menang imej doang.. Toyota gitu lho..
Kalo selera gw sih, kalo seandainya punya duwit, gw pilih Mitsu Pajero. Harga seken nya lebih murah. Bahkan seandainya harga nya mirip2 pun, tetap gw pilih Pajero. Apalagi yg model baru tuh.. sllurrrpp... Lebih exclusive. Kayaknya rally Paris-Dakkar udah nguji kedua mobil tsb, dan Pajero jauh lebih tangguh.
Mitsubishi Pajero, sebenarnya bukan rival langsung Land Cruiser 100, melainkan sekelas dengan Land Cruiser Prado. Mesin pun paling besar hanya
V6, tidak ada model V8 seperti Land Cruiser 100, jadi bisa disandingkan dengan Prado V6.
Sedangkan Nissan Patrol, sekelas dengan LC 100, cuma memang masih kalah populer ketimbang LC 100. Lalu SUV Nissan yang sebanding melawan Pajero adalah Pathfinder.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Mungkin jg sih. Tapi Raja nya Paris-Dakkar tetap Pajero khan... ha..x3WP wrote:Image Land Cruiser bagus dikarenakan memang kualitas mobilnya sudah terbukti. Banyak dipakai instansi Internasional seperti organisasi PBB, dipercaya badan pertahanan, dll.uch wrote:Ntah lah. Kayaknya menang imej doang.. Toyota gitu lho..
Kalo selera gw sih, kalo seandainya punya duwit, gw pilih Mitsu Pajero. Harga seken nya lebih murah. Bahkan seandainya harga nya mirip2 pun, tetap gw pilih Pajero. Apalagi yg model baru tuh.. sllurrrpp... Lebih exclusive. Kayaknya rally Paris-Dakkar udah nguji kedua mobil tsb, dan Pajero jauh lebih tangguh.
Mitsubishi Pajero, sebenarnya bukan rival langsung Land Cruiser 100, melainkan sekelas dengan Land Cruiser Prado. Mesin pun paling besar hanya
V6, tidak ada model V8 seperti Land Cruiser 100, jadi bisa disandingkan dengan Prado V6.
Sedangkan Nissan Patrol, sekelas dengan LC 100, cuma memang masih kalah populer ketimbang LC 100. Lalu SUV Nissan yang sebanding melawan Pajero adalah Pathfinder.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
Memang Pajero telah berpengalaman dengan menjuarai event ini... dan bahkan saya juga suka penampilan Pajero Evolution tsb...uch wrote:Mungkin jg sih. Tapi Raja nya Paris-Dakkar tetap Pajero khan... ha..x3WP wrote:Image Land Cruiser bagus dikarenakan memang kualitas mobilnya sudah terbukti. Banyak dipakai instansi Internasional seperti organisasi PBB, dipercaya badan pertahanan, dll.uch wrote:Ntah lah. Kayaknya menang imej doang.. Toyota gitu lho..
Kalo selera gw sih, kalo seandainya punya duwit, gw pilih Mitsu Pajero. Harga seken nya lebih murah. Bahkan seandainya harga nya mirip2 pun, tetap gw pilih Pajero. Apalagi yg model baru tuh.. sllurrrpp... Lebih exclusive. Kayaknya rally Paris-Dakkar udah nguji kedua mobil tsb, dan Pajero jauh lebih tangguh.
Mitsubishi Pajero, sebenarnya bukan rival langsung Land Cruiser 100, melainkan sekelas dengan Land Cruiser Prado. Mesin pun paling besar hanya
V6, tidak ada model V8 seperti Land Cruiser 100, jadi bisa disandingkan dengan Prado V6.
Sedangkan Nissan Patrol, sekelas dengan LC 100, cuma memang masih kalah populer ketimbang LC 100. Lalu SUV Nissan yang sebanding melawan Pajero adalah Pathfinder.
Saya juga malah kepingin Pajero Evolution warna hitam...keren... sayang Pajero keluaran 1998 disini gak ada yg hitam...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 483
- Joined: Thu Mar 23, 2006 4:10
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 483
- Joined: Thu Mar 23, 2006 4:10
hmm..
innova 2.7L brp yah harganya?
gw kalo duitnya ada juga pilih prado lah
but then again, kalo budget cukup buat prado, mendingan ambil LC100 yang lebih tua dikit.
innova 2.7L brp yah harganya?
gw kalo duitnya ada juga pilih prado lah

but then again, kalo budget cukup buat prado, mendingan ambil LC100 yang lebih tua dikit.
my ride: MB G300
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopi ... 99&start=0
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopi ... 99&start=0
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 564
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 483
- Joined: Thu Mar 23, 2006 4:10
biasanya pajaknya jadi mahal gara2 4x4? cmiiw.
fortuner 4x2 pajak stnknya ngga mahal tuh, 3.5jt
fortuner 4x2 pajak stnknya ngga mahal tuh, 3.5jt
my ride: MB G300
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopi ... 99&start=0
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopi ... 99&start=0
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
Melibas Padang Rally Dakar Dengan Minyak Goreng Tempura
Inilah yang akan dilakukan Ukyo Katayama, seorang pembalap F1 terhadap sebuah Toyota Land Cruiser yang kelak ia kendarai. Namun, yang ia kendarai ini bukan Toyota Land Cruiser konvensional, melainkan Cruiser yang pasokan bahan bakarnya mengalami perubahan yaitu biodiesel. Entah lelucon atau bukan, ia dan tim-nya mengumpulkan minyak bekas menggoreng tempura, dari restoran satu ke restoran lain. Tapi, soal penggunaan bahan bakar minyak goreng itu bukanlah bercanda. Demikian berita yang kami himpun dari http://www.channel4.com dan http://www.jalopnik.com.
Mobil SUV yang sedianya merupakan produksi anyar dari Toyota ini mempunyai mesin ‘turbo-engine.’ Kekuatannya sudah dipercaya untuk melibas beragam medan, termasuk area padang luas yang sejatinya sering dipijak roda-roda mobil 4x4 sport. Kini, ia akan dipasangkan dengan mesin peminum bahan bakar alternatif ‘khas’ Jepang.
Untuk mempersiapkan Toyota Land Cruiser 100â€â€yang juga merupakan mobil sponsor dari Toyota ini, Katayama akan dibantu sekelompok orang yang tergabung ke dalam sebuah tim. Mereka merupakan teknisi dari Universitas Osaka Sangyo.
'Kami ingin menunjukkan khasiat dari minyak bekas menggoreng tempura, sejalan dengan ajakan penggunaan bahan bakar alternatif yang sedang digembar-gemborkan di berbagai belahan dunia. Kami tidak melakukannya hanya untuk sekadar senang-senang. Untuk itu, kami menjawab tantangan dengan mencoba ikut serta pada balapan rally ini, sekaligus membuktikan pada dunia bahwa mesin dengan bahan bakar minyak tempura itu sanggup menyelesaikan balapan dengan baik,' jelas Hidefumi Onaka, perwakilan dari tim yang akan mendukung Ukyo Katayama.
Balapan yang siap dimulai tahun depan ini akan mengambil start di Lisbon, dan akan menempuh jarak 6200 mil. Debu, tanjakan, cuaca, dan jarak yang panjang itu akan menjadi juri ‘alami’ dari ketangguhan Toyota Land Cruiser Biodiesel.
(o-dim)
Inilah yang akan dilakukan Ukyo Katayama, seorang pembalap F1 terhadap sebuah Toyota Land Cruiser yang kelak ia kendarai. Namun, yang ia kendarai ini bukan Toyota Land Cruiser konvensional, melainkan Cruiser yang pasokan bahan bakarnya mengalami perubahan yaitu biodiesel. Entah lelucon atau bukan, ia dan tim-nya mengumpulkan minyak bekas menggoreng tempura, dari restoran satu ke restoran lain. Tapi, soal penggunaan bahan bakar minyak goreng itu bukanlah bercanda. Demikian berita yang kami himpun dari http://www.channel4.com dan http://www.jalopnik.com.
Mobil SUV yang sedianya merupakan produksi anyar dari Toyota ini mempunyai mesin ‘turbo-engine.’ Kekuatannya sudah dipercaya untuk melibas beragam medan, termasuk area padang luas yang sejatinya sering dipijak roda-roda mobil 4x4 sport. Kini, ia akan dipasangkan dengan mesin peminum bahan bakar alternatif ‘khas’ Jepang.
Untuk mempersiapkan Toyota Land Cruiser 100â€â€yang juga merupakan mobil sponsor dari Toyota ini, Katayama akan dibantu sekelompok orang yang tergabung ke dalam sebuah tim. Mereka merupakan teknisi dari Universitas Osaka Sangyo.
'Kami ingin menunjukkan khasiat dari minyak bekas menggoreng tempura, sejalan dengan ajakan penggunaan bahan bakar alternatif yang sedang digembar-gemborkan di berbagai belahan dunia. Kami tidak melakukannya hanya untuk sekadar senang-senang. Untuk itu, kami menjawab tantangan dengan mencoba ikut serta pada balapan rally ini, sekaligus membuktikan pada dunia bahwa mesin dengan bahan bakar minyak tempura itu sanggup menyelesaikan balapan dengan baik,' jelas Hidefumi Onaka, perwakilan dari tim yang akan mendukung Ukyo Katayama.
Balapan yang siap dimulai tahun depan ini akan mengambil start di Lisbon, dan akan menempuh jarak 6200 mil. Debu, tanjakan, cuaca, dan jarak yang panjang itu akan menjadi juri ‘alami’ dari ketangguhan Toyota Land Cruiser Biodiesel.
(o-dim)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
- Location: JAKARTA
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
Land Cruiser : Dari Masa ke Masa
Mobil yang Lahir Lima Tahun Setelah Perang Dunia II
Berbekal pengalaman memproduksi AK10, kendaraan sejenis Jeep pada PD II, Toyota hanya butuh waktu 5 bulan mulai dari coretan pertama higga prototype. Namanya, Toyota-Jeep. Setahun kemudian, namanya diganti menjadi Toyota Model B-85.
Agustus 1951, pengujian pertama digelar. Hasilnya, model ini bisa menapak hingga pos ke-6 Gunung Fuji, tertinggi di Jepang. Ini pertamakalinya kendaraan bermotor mencapai titik itu. Kepolisian dan Departemen Kehutanan Jepang begitu terkesan dan buru-buru memesannya.
Tahun 1953, produksi massal dimulai. Nama Land Cruiser sendiri baru digunakan pada 1954, setelah 298 unit Model B-85 diproduksi. Saat itu Toyota mulai masuk ke produksi missal.
Generasi pertama ini kental nuansa Jeep. Sumber tenaganya dari 6 silinder yang memproduksi 63 kW. Pada 1955, mesin ini diganti mesin F-Series 3.8 liter 125 hp berbahan bakar bensin. Nuansa militeristik dipertahankan dan mendominasi disain.
1957, Land Cruiser merambah USA, lewat FJ25 dua pintu dengan soft top dengan mesin 6 slinder yang dilengkapi part time 4WD yang bisa diaktifkan tanpa harus berhenti lebih dulu. Fitur yang cukup menarik kala itu. Land Cruiser semakin kokoh dan terus meluncurkan varian-varian baru.
Paruh pertama dekade 60-an, Land Cruiser menjadi model Toyota terlaris di USA sekaligus membantu kesuksesan peluncuran model Toyota lainnya.
Tahun 1967, Toyota memasarkan seri FJ40 (short) dan FJ45 (long wheelbase) demikian pula penerusnya, FJ42 dan FJ47 tetap bercorak militeristik. Selama dekade 60-an Land Cruiser menawarkan sejumlah perubahan seperti gearbox 4-speed dirubah jadi 3-speed dengan 2-speed tranfer box. Generasi FJ40 bisa dibilang Classic Land Cruiser. Tahun 1974, transmisi dirubah jadi 4-speed dan 1983 jadi 5-speed. Mesin yang ditawarkan sangat beragam, baik kapasitas silinder maupun bahan bakarnya.
Pada 1965 Toyota memperkenalkan varian wagon 5 pintu pertamanya, F55. Mobil yang tangguh di off-road dan nyaman di jalan raya ini terus meningkat dan pada 1968, Land Cruiser ke 100,000 terjual di seluruh dunia, 15 tahun setelah world debut-nya.
Penjualan semakin deras. Penjualan 200,000 unit digapai pada 1972 (hanya 3 tahun) dan setahun kemudian angkanya sudah 300,000 unit. Prestasi yang luar biasa untuk kendaran 4WD dari Asia.
Generasi kedua Land Cruiser station wagon diperkenalkan tahun 1980 dengan nama generic FJ60. Tahun itu pula Land Cruiser terpilih sebagai 4x4 of the Year dari Off-Road Magazine. Mobil ke 1 juta terjual pada 1981. Sejumlah perubahan dilakukan selama dekade 80-an untuk membuat Land Cruiser tetap segar dan memikat.
1985, Land Cruiser ke-4, FJ70 diperkenalkan dengan dilengkapi 5-speed transmission, power steering dan power brakes. Ada bensin maupun diesel.
Pada 1990, 2 juta mobil terjual, setahun kemudian, 1991, generasi ke-4 station wagon, FJ80 diluncurkan. Model ini lebih besar, lebih mewah yang dilengkapi dengan sistem penggerak 4WD full-time dan fully independent four-wheel coil-spring suspension.
FJ80 adalah salah satu tonggak penting evolusi Land Cruiser. J.D. Power & Associates memberi penghargaan "Best Full-Size SUV in Customer Satisfaction". Sejak itu penghargaan semacam ini menjadi rutinitas.
Tahun ini, 1993, Land Cruiser tumbuh lebih besar, dengan mesin 24 katup, DOHC enam silinder berkapasitas 4.5liter yang mampu memproduksi 212 hp dan 275 lb-ft torsi, terbukti cukup handal menggerakan beban yang mencapai 2.3 ton. Model ini berbeda dengan nenek moyangnya. Interiornya dibuat nyaman, kursi berlapis kulit dan memuat 8 penumpang.
Paket safety pun ditawarkan. Pada 1995, dilengkapi airbag dan seatblet serta ABS. Penambahan itu tidak mengurangi kapabilitasnya di medan off-road. Land Cruiser tetap dianggap sebagai kendaran 4x4 terbaik.
Generasi kelima diluncurkan pada 1998. Generasi ini lebih besar, lebih berat, strukturnya lebih solid dan jauh lebih bertenaga dari pendahulunya. konsumsinya bahan bakar lebih irit, juga emisi polutannya. Generasi ini untuk pertamakalinya memaki mesin V8 dengan kapasitas 4.7 liter, 32 katup DOHC yang memproduksi 230 hp, atau 18 hp lebih banyak dari pendahulunya yang menggunakan mesin 6 silinder segaris. Torsinya juga melambung menjadi 320 lb-ft, atau 45 ft-lb dari pendahulunya.
Memasuki millennium kedua, standar peforma SUV ditingkatkan dengan penambahan traksi control, vehicle skid control, electronic brake distribution sebagai perangkat standar. Tahun 2001, daftar fiturnya diperpanjang dengan navigation system dan DVD player.
Setelah 5 dekade, Land Cruiser berevolusi dari kendaran militeristik menjadi SUV mewah. Namun semangat adventure-nya, kemampuannya untuk melintasi medan seberat apapun dan tentu saja kualitas khas Toyota tetap dipertahankan. Ketangguhan Land Cruiser membuat penirunya tetap berada di belakang bayang-bayangnya.
Mobil yang Lahir Lima Tahun Setelah Perang Dunia II
Berbekal pengalaman memproduksi AK10, kendaraan sejenis Jeep pada PD II, Toyota hanya butuh waktu 5 bulan mulai dari coretan pertama higga prototype. Namanya, Toyota-Jeep. Setahun kemudian, namanya diganti menjadi Toyota Model B-85.
Agustus 1951, pengujian pertama digelar. Hasilnya, model ini bisa menapak hingga pos ke-6 Gunung Fuji, tertinggi di Jepang. Ini pertamakalinya kendaraan bermotor mencapai titik itu. Kepolisian dan Departemen Kehutanan Jepang begitu terkesan dan buru-buru memesannya.
Tahun 1953, produksi massal dimulai. Nama Land Cruiser sendiri baru digunakan pada 1954, setelah 298 unit Model B-85 diproduksi. Saat itu Toyota mulai masuk ke produksi missal.
Generasi pertama ini kental nuansa Jeep. Sumber tenaganya dari 6 silinder yang memproduksi 63 kW. Pada 1955, mesin ini diganti mesin F-Series 3.8 liter 125 hp berbahan bakar bensin. Nuansa militeristik dipertahankan dan mendominasi disain.
1957, Land Cruiser merambah USA, lewat FJ25 dua pintu dengan soft top dengan mesin 6 slinder yang dilengkapi part time 4WD yang bisa diaktifkan tanpa harus berhenti lebih dulu. Fitur yang cukup menarik kala itu. Land Cruiser semakin kokoh dan terus meluncurkan varian-varian baru.
Paruh pertama dekade 60-an, Land Cruiser menjadi model Toyota terlaris di USA sekaligus membantu kesuksesan peluncuran model Toyota lainnya.
Tahun 1967, Toyota memasarkan seri FJ40 (short) dan FJ45 (long wheelbase) demikian pula penerusnya, FJ42 dan FJ47 tetap bercorak militeristik. Selama dekade 60-an Land Cruiser menawarkan sejumlah perubahan seperti gearbox 4-speed dirubah jadi 3-speed dengan 2-speed tranfer box. Generasi FJ40 bisa dibilang Classic Land Cruiser. Tahun 1974, transmisi dirubah jadi 4-speed dan 1983 jadi 5-speed. Mesin yang ditawarkan sangat beragam, baik kapasitas silinder maupun bahan bakarnya.
Pada 1965 Toyota memperkenalkan varian wagon 5 pintu pertamanya, F55. Mobil yang tangguh di off-road dan nyaman di jalan raya ini terus meningkat dan pada 1968, Land Cruiser ke 100,000 terjual di seluruh dunia, 15 tahun setelah world debut-nya.
Penjualan semakin deras. Penjualan 200,000 unit digapai pada 1972 (hanya 3 tahun) dan setahun kemudian angkanya sudah 300,000 unit. Prestasi yang luar biasa untuk kendaran 4WD dari Asia.
Generasi kedua Land Cruiser station wagon diperkenalkan tahun 1980 dengan nama generic FJ60. Tahun itu pula Land Cruiser terpilih sebagai 4x4 of the Year dari Off-Road Magazine. Mobil ke 1 juta terjual pada 1981. Sejumlah perubahan dilakukan selama dekade 80-an untuk membuat Land Cruiser tetap segar dan memikat.
1985, Land Cruiser ke-4, FJ70 diperkenalkan dengan dilengkapi 5-speed transmission, power steering dan power brakes. Ada bensin maupun diesel.
Pada 1990, 2 juta mobil terjual, setahun kemudian, 1991, generasi ke-4 station wagon, FJ80 diluncurkan. Model ini lebih besar, lebih mewah yang dilengkapi dengan sistem penggerak 4WD full-time dan fully independent four-wheel coil-spring suspension.
FJ80 adalah salah satu tonggak penting evolusi Land Cruiser. J.D. Power & Associates memberi penghargaan "Best Full-Size SUV in Customer Satisfaction". Sejak itu penghargaan semacam ini menjadi rutinitas.
Tahun ini, 1993, Land Cruiser tumbuh lebih besar, dengan mesin 24 katup, DOHC enam silinder berkapasitas 4.5liter yang mampu memproduksi 212 hp dan 275 lb-ft torsi, terbukti cukup handal menggerakan beban yang mencapai 2.3 ton. Model ini berbeda dengan nenek moyangnya. Interiornya dibuat nyaman, kursi berlapis kulit dan memuat 8 penumpang.
Paket safety pun ditawarkan. Pada 1995, dilengkapi airbag dan seatblet serta ABS. Penambahan itu tidak mengurangi kapabilitasnya di medan off-road. Land Cruiser tetap dianggap sebagai kendaran 4x4 terbaik.
Generasi kelima diluncurkan pada 1998. Generasi ini lebih besar, lebih berat, strukturnya lebih solid dan jauh lebih bertenaga dari pendahulunya. konsumsinya bahan bakar lebih irit, juga emisi polutannya. Generasi ini untuk pertamakalinya memaki mesin V8 dengan kapasitas 4.7 liter, 32 katup DOHC yang memproduksi 230 hp, atau 18 hp lebih banyak dari pendahulunya yang menggunakan mesin 6 silinder segaris. Torsinya juga melambung menjadi 320 lb-ft, atau 45 ft-lb dari pendahulunya.
Memasuki millennium kedua, standar peforma SUV ditingkatkan dengan penambahan traksi control, vehicle skid control, electronic brake distribution sebagai perangkat standar. Tahun 2001, daftar fiturnya diperpanjang dengan navigation system dan DVD player.
Setelah 5 dekade, Land Cruiser berevolusi dari kendaran militeristik menjadi SUV mewah. Namun semangat adventure-nya, kemampuannya untuk melintasi medan seberat apapun dan tentu saja kualitas khas Toyota tetap dipertahankan. Ketangguhan Land Cruiser membuat penirunya tetap berada di belakang bayang-bayangnya.