Merubah mobil menjadi 4x4 antara katana vs feroza
Posted: Sun Feb 21, 2021 10:06
Mau tanya para suhu-suhu, sesepuh, dan para master. Saya ada rencana, ingin pny mobil buat mainan, dan utamanya utk offroad & road trip kedaerah yg jalannya jelek / tanah. Budget kisaran 50-60 , sdh sekalian harga mobil + modif menjadi 4x4. Pilihan saat ini ada 2, yaitu katana & feroza. Alasan saya memilih mobil tersebut, antara lain :
1. Daihatsu feroza , karna :
- Dimensi lebih besar, jadi , ruangan dalam lebih luas
- mesin lebih besar, 1600cc, sparepart juga mudah didapat karna sama dgn espass & taruna, apalagi ini karbu
- tenaga lbih besar
- gardan bisa pake taft
- harga bahannya relatif jauh lebih murah
- berencana mau ambil yg sebelum independen, agar lebih mudah konvert ke 4x4 & mempermudah perawatan, utamanya dibawah taun 96
- bisa PnP dgn karbu kijang
- bnyk yg kondisinya masih pada bagus & kilometer rendah, curiga, para pemiliknya males make ni mobil buat muter-muter, karna borosnya
- remnya pakem juga, karna udah ada booster
Tapi minusnya, seperti :
- final gear terbatas, bawaannya klo gak salah 1:37 (1:5,2), ini penyebab feroza bisa lebih boros dibandingkan dengan espas & taruna yg mesinnya sama. Klo semisal ambil ini, kemungkinan, bakalan saya ganti pake pny taft yg 1:3.9 / 1:411
- Tranfercase, harus sekalian dengan gearbox, jarang ada dikampakan mobil import, yg jual tranfercase terpisah dr gearboks utk feroza
- part after market terbatas
- bobot mobil jauh lebih berat dibandingkan katana
- komunitas terbatas
- as kopel depan utk feroza, sangat berbeda dgn bawaan taft/ mobil lain, jadi mau gak mau, mesti make bawaan dr feroza 4x4 luar
2. Suzuki katan, karna :
- lebih irit, karna mesin berkapasitas kecil
- dimensi mungil, mudah buat nyelip
- part modifikasi jauh lebih bnyk
- mesin sama yg dipake dgn carry & karkot, jadi mudah dlm perawatan & peremajaan mesin
- bobot ringan , lebih mudah utk recovery jika terjebak di lumpur
- pilihan final gear & ratio low gear lebih beragam
- forum & komunitas jauh lebih banyak
Tapi minusnya, seperti :
- mesinnya kadang gak kuat, klo melewati offroad dgn medan menengah & cenderung underpower jika sdh dimodif berat
- harga bahannya, sekarang pada naik, dan lumayan susah dpt yg kondisi mulus
- bnyk yg kilometernya pada tinggi, kemungkinan, sering dipake harian, karna konsumsi bensin yg irit
- rem kurang pake, terutama klo dah pake ban ukuran besar, dan belum ada booster
Kira-kira, mendingan mana ya, dengan budget 50-60, pilih feroza / katana . Klo saya si condong ke feroza, tapi bnyk masukan dr temen & komunitas pada milih katana, tapi melihat dilapangan, susah dpt harga yg cocok, belum lagi, biaya buat nyehatin mesin terlebih dahulu & modif jd 4x4, katana susah diharga segitu
1. Daihatsu feroza , karna :
- Dimensi lebih besar, jadi , ruangan dalam lebih luas
- mesin lebih besar, 1600cc, sparepart juga mudah didapat karna sama dgn espass & taruna, apalagi ini karbu
- tenaga lbih besar
- gardan bisa pake taft
- harga bahannya relatif jauh lebih murah
- berencana mau ambil yg sebelum independen, agar lebih mudah konvert ke 4x4 & mempermudah perawatan, utamanya dibawah taun 96
- bisa PnP dgn karbu kijang
- bnyk yg kondisinya masih pada bagus & kilometer rendah, curiga, para pemiliknya males make ni mobil buat muter-muter, karna borosnya
- remnya pakem juga, karna udah ada booster
Tapi minusnya, seperti :
- final gear terbatas, bawaannya klo gak salah 1:37 (1:5,2), ini penyebab feroza bisa lebih boros dibandingkan dengan espas & taruna yg mesinnya sama. Klo semisal ambil ini, kemungkinan, bakalan saya ganti pake pny taft yg 1:3.9 / 1:411
- Tranfercase, harus sekalian dengan gearbox, jarang ada dikampakan mobil import, yg jual tranfercase terpisah dr gearboks utk feroza
- part after market terbatas
- bobot mobil jauh lebih berat dibandingkan katana
- komunitas terbatas
- as kopel depan utk feroza, sangat berbeda dgn bawaan taft/ mobil lain, jadi mau gak mau, mesti make bawaan dr feroza 4x4 luar
2. Suzuki katan, karna :
- lebih irit, karna mesin berkapasitas kecil
- dimensi mungil, mudah buat nyelip
- part modifikasi jauh lebih bnyk
- mesin sama yg dipake dgn carry & karkot, jadi mudah dlm perawatan & peremajaan mesin
- bobot ringan , lebih mudah utk recovery jika terjebak di lumpur
- pilihan final gear & ratio low gear lebih beragam
- forum & komunitas jauh lebih banyak
Tapi minusnya, seperti :
- mesinnya kadang gak kuat, klo melewati offroad dgn medan menengah & cenderung underpower jika sdh dimodif berat
- harga bahannya, sekarang pada naik, dan lumayan susah dpt yg kondisi mulus
- bnyk yg kilometernya pada tinggi, kemungkinan, sering dipake harian, karna konsumsi bensin yg irit
- rem kurang pake, terutama klo dah pake ban ukuran besar, dan belum ada booster
Kira-kira, mendingan mana ya, dengan budget 50-60, pilih feroza / katana . Klo saya si condong ke feroza, tapi bnyk masukan dr temen & komunitas pada milih katana, tapi melihat dilapangan, susah dpt harga yg cocok, belum lagi, biaya buat nyehatin mesin terlebih dahulu & modif jd 4x4, katana susah diharga segitu