Page 1 of 1

Merubah mobil menjadi 4x4 antara katana vs feroza

Posted: 21 Feb 2021, 17:06
by adi100
Mau tanya para suhu-suhu, sesepuh, dan para master. Saya ada rencana, ingin pny mobil buat mainan, dan utamanya utk offroad & road trip kedaerah yg jalannya jelek / tanah. Budget kisaran 50-60 , sdh sekalian harga mobil + modif menjadi 4x4. Pilihan saat ini ada 2, yaitu katana & feroza. Alasan saya memilih mobil tersebut, antara lain :

1. Daihatsu feroza , karna :
- Dimensi lebih besar, jadi , ruangan dalam lebih luas
- mesin lebih besar, 1600cc, sparepart juga mudah didapat karna sama dgn espass & taruna, apalagi ini karbu
- tenaga lbih besar :big_smoking:
- gardan bisa pake taft
- harga bahannya relatif jauh lebih murah :mky_02:
- berencana mau ambil yg sebelum independen, agar lebih mudah konvert ke 4x4 & mempermudah perawatan, utamanya dibawah taun 96
- bisa PnP dgn karbu kijang :big_exellent:
- bnyk yg kondisinya masih pada bagus & kilometer rendah, curiga, para pemiliknya males make ni mobil buat muter-muter, karna borosnya :mky_02: :mky_02:
- remnya pakem juga, karna udah ada booster
Tapi minusnya, seperti :
- final gear terbatas, bawaannya klo gak salah 1:37 (1:5,2), ini penyebab feroza bisa lebih boros dibandingkan dengan espas & taruna yg mesinnya sama. Klo semisal ambil ini, kemungkinan, bakalan saya ganti pake pny taft yg 1:3.9 / 1:411
- Tranfercase, harus sekalian dengan gearbox, jarang ada dikampakan mobil import, yg jual tranfercase terpisah dr gearboks utk feroza :big_cry:
- part after market terbatas
- bobot mobil jauh lebih berat dibandingkan katana
- komunitas terbatas
- as kopel depan utk feroza, sangat berbeda dgn bawaan taft/ mobil lain, jadi mau gak mau, mesti make bawaan dr feroza 4x4 luar :big_cry: :big_cry:


2. Suzuki katan, karna :
- lebih irit, karna mesin berkapasitas kecil
- dimensi mungil, mudah buat nyelip
- part modifikasi jauh lebih bnyk
- mesin sama yg dipake dgn carry & karkot, jadi mudah dlm perawatan & peremajaan mesin
- bobot ringan , lebih mudah utk recovery jika terjebak di lumpur
- pilihan final gear & ratio low gear lebih beragam
- forum & komunitas jauh lebih banyak
Tapi minusnya, seperti :
- mesinnya kadang gak kuat, klo melewati offroad dgn medan menengah & cenderung underpower jika sdh dimodif berat :big_dunno:
- harga bahannya, sekarang pada naik, dan lumayan susah dpt yg kondisi mulus :big_dunno:
- bnyk yg kilometernya pada tinggi, kemungkinan, sering dipake harian, karna konsumsi bensin yg irit :big_bored:
- rem kurang pake, terutama klo dah pake ban ukuran besar, dan belum ada booster

Kira-kira, mendingan mana ya, dengan budget 50-60, pilih feroza / katana . Klo saya si condong ke feroza, tapi bnyk masukan dr temen & komunitas pada milih katana, tapi melihat dilapangan, susah dpt harga yg cocok, belum lagi, biaya buat nyehatin mesin terlebih dahulu & modif jd 4x4, katana susah diharga segitu :big_childish:

Re: Merubah mobil menjadi 4x4 antara katana vs feroza

Posted: 21 Feb 2021, 19:02
by farizfsa
Dl klg punya katana dan feroza sekitar tahun 90an, yg sy inget pas kecil sih bantingan katana kaya gerobak, di toll jorr sy dan kk loncat2 kebanting2

Terus ganti feroza, bantingan lebih nyaman

Ini mbl nya bener2 buat project atau harian nantinya?

Sy sih lebih suka feroza atau taft ya

Re: Merubah mobil menjadi 4x4 antara katana vs feroza

Posted: 21 Feb 2021, 23:05
by adi100
farizfsa wrote: 21 Feb 2021, 19:02 Dl klg punya katana dan feroza sekitar tahun 90an, yg sy inget pas kecil sih bantingan katana kaya gerobak, di toll jorr sy dan kk loncat2 kebanting2

Terus ganti feroza, bantingan lebih nyaman

Ini mbl nya bener2 buat project atau harian nantinya?

Sy sih lebih suka feroza atau taft ya
Buat project / mainan om. Karna saya udah ada mobil utama yg dipake sehari-hari, lagi nyari feroza/ katana utk mobil kedua.

Rencana utk maen offroad & road trip ke daerah-daerah yg jalannya masih berbatu & tanah. Klo soal katana, saya dulu juga pernah nyobain pny temen, suspensinya cenderung keras, bahkan, walaupun udah diracik pake per daun merk mobil lain, masih tetep keras, dan harganya pun, udah pada gila-gilaan :big_cry: :big_cry:

Klo feroza, pernah juga nyoba, lebih empuk dibanding katana, dan dimensi pun, lebih besar, membuat lebih nyaman. Ada rencana, mau nyari yg seri megatop, modelnya seperti taft rocky. CUman, susah nemu yg megatop vers pake perdaun. Kebanyakan yg beredar, adl yg versi perkeong

Dan saya memang gak terlalu ngincer taft, sangat susah dpt yg kondisi masih sehat & layak pakai, di range harga 50-60 jutaan

Re: Merubah mobil menjadi 4x4 antara katana vs feroza

Posted: 23 Feb 2021, 08:23
by MaddMaxx
menarik nih, sy juga mau ada rencana punya mainan 4x4. sementara sih ngincer taft gt non-independen. itu secara perawatan gimana yak? susah apa masih gampang spare part nya? sy liat2 kalo di jatim harganya masih murah2 daripada jkt jabar

Re: Merubah mobil menjadi 4x4 antara katana vs feroza

Posted: 23 Feb 2021, 09:29
by sammyjimun
klo saya sih mending cari katanya dr pd feroza, emangsih skarang hrga bahan lg d goreng bgt, tp klo sabar msh bnyk kok yg blm d goreng...
knp katanya, yg pasti parts nya banyak, aftermarket juga banyak, feroza mungkin harga bahan nya lebih murah (lebih stabil) tp upgrade k 4x4 nya ujung2nya juga mahal krn terbatas dan kmungkinan besar hrs impor, so jatuh2nya sama aja,
kalo masalah underpower nya katanya skarang bnyk kok jamu2an buat bikin lebih greng blm lg pilihan rasio FG yg bnyk buat mndukung performa

Re: Merubah mobil menjadi 4x4 antara katana vs feroza

Posted: 23 Feb 2021, 19:53
by adi100
MaddMaxx wrote: 23 Feb 2021, 08:23 menarik nih, sy juga mau ada rencana punya mainan 4x4. sementara sih ngincer taft gt non-independen. itu secara perawatan gimana yak? susah apa masih gampang spare part nya? sy liat2 kalo di jatim harganya masih murah2 daripada jkt jabar
Kurang lebih, mirip-mirip feroza inceran saya om, sama-sama pake per daun. Klo soal mesin, diesel rasanya gak banyak masalah si, cuman ada temen yg pernah pny taft, sering bermasalah di alternator, dan gak bisa pake sembarangan alternatof lain. Gak tau kenapa harus seperti itu

Lagian, taft gt, susah om dpt kondisi masih sehat & layak jalan. Kebanyakan sering dipake kuda beban sama usernya, jadinya, bnyk yg capek & kilometer udah tinggi

Re: Merubah mobil menjadi 4x4 antara katana vs feroza

Posted: 23 Feb 2021, 20:03
by adi100
sammyjimun wrote: 23 Feb 2021, 09:29 klo saya sih mending cari katanya dr pd feroza, emangsih skarang hrga bahan lg d goreng bgt, tp klo sabar msh bnyk kok yg blm d goreng...
knp katanya, yg pasti parts nya banyak, aftermarket juga banyak, feroza mungkin harga bahan nya lebih murah (lebih stabil) tp upgrade k 4x4 nya ujung2nya juga mahal krn terbatas dan kmungkinan besar hrs impor, so jatuh2nya sama aja,
kalo masalah underpower nya katanya skarang bnyk kok jamu2an buat bikin lebih greng blm lg pilihan rasio FG yg bnyk buat mndukung performa
Memang bener si temen-temen & kenalan, pada menganjurkan katana. Tapi sangat susah dpt yg harganya murah. Sekalinya dpt, adanya ya rakitan taun 80an, dan perlu lumayan perbaikan. Bahkan, yg rakitan taun 90an, itu pun, harganya udah diatas 60, belum juga memperbaiki & convert ke 4x4. jatuhnya bisa jauh lebih mahal

Klo feroza, produksi terakhir yg pake perdaun, adalah rakitan 96, diatas 96 (97 - 2004), udah perkeong & independent. Soal convert ke 4x4, pernah tny ke komunitas feroza, biaya gak beda jauh dgn katana, malah part yg dipake, jauh lebih kuat dr bawaan si katana / jimny. Mengingat, gardan taft & feroza, sama plek, beda di final gear saja. Dan lagi, jumlah spline / alur as roda, lebih bnyk , yaitu mencapai 26 spline, sama dengan jumlah spline hilux. Bedanya, gardan taft / feroza, gak selebar hilux, tapi durabilitas setara dgn hilux

Utk final gear feroza, ada beberapa pilihan, misal copotan dr taft bensin f10 , taft kebo (f50), taft gt/ hilie/ rocky (F70), rugger (taft vers jdm), blizzard (taft vers toyota), bahkan, bisa pake final gear copotan taruna / xenia lama. Utk masalah gardan, gak begitu masalah, bisa pake pny taft/ klo mau agak repot, bisa pake part gardan copotan rugger di kampakan mobil luar. Yg jadi masalah, mungkin di transfercase, karna unitnya menyatu dengan gearboks. Sebenarnya gak bener-bener nyatu, cuman, utk ngelepasnya, sangat merepotkan. Sehingga, biasanya para seller menjualnya satu set dengan gearboksnya

Re: Merubah mobil menjadi 4x4 antara katana vs feroza

Posted: 23 Feb 2021, 20:47
by jessboy
kalo saya pribadi sih lebih suka model taft karna telihat lebih taft :big_peace:
baru tahu kalo varian taft banyak ya

Re: Merubah mobil menjadi 4x4 antara katana vs feroza

Posted: 23 Feb 2021, 23:00
by adi100
jessboy wrote: 23 Feb 2021, 20:47 kalo saya pribadi sih lebih suka model taft karna telihat lebih taft :big_peace:
baru tahu kalo varian taft banyak ya
Taft & feroza, sebenarnya sama saja si, beda di mesin. Masalahnya, sangat susah dpt taft yg kondisi layak jalan dengan harga 50-60 jutaan. Kebanyakan udah pada capek, atau kilometer tinggi. Apalagi, mesin bawaan taft, jauh lebih bising dibandingkan diesel-diesel lainnya, macem panther/ kijang kapsul dan sangat bergetar, itu yg bikin saya gak terlalu suka

Re: Merubah mobil menjadi 4x4 antara katana vs feroza

Posted: 27 Feb 2021, 01:26
by adi100
Mau tny, jika saya ganti gardan bukan dari taft, tapi menggunakan gardan toyota hilux surf, apakah bisa PnP tanpa rubahan apapun ?