Misi para suhu.
Mohon maaf ane masih newbie mau nanya. Fortuner VNT A/T ane posisi 80kmh psti naik ke gigi 4. Nah setelah naik, RPM turun disekitar 1500 dan power loss. Dan badan ane jadi maju karena mobil seperti direm.
Ini normal kah ? apa ada masalah di transmisi ya ?
(WTA) Fortuner VNT power loss setelah naik gigi 4
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Tue Dec 15, 2020 17:06
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: fortuner 2012 trd vnt
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11328
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: (WTA) Fortuner VNT power loss setelah naik gigi 4
coba kalau gear selectornya di D3 atau 2 apakah di seluruh rpm range dr idle sampai redline ada muncul gejala yg sama (loss power) begitu?ciblo wrote: ↑Sat Dec 26, 2020 17:02 Misi para suhu.
Mohon maaf ane masih newbie mau nanya. Fortuner VNT A/T ane posisi 80kmh psti naik ke gigi 4. Nah setelah naik, RPM turun disekitar 1500 dan power loss. Dan badan ane jadi maju karena mobil seperti direm.
Ini normal kah ? apa ada masalah di transmisi ya ?
kl jawabannya ga ada gejala power loss berarti engine ga ada masalah. masalahnya di transmisi.
tp bisa juga krn EGR valve dan jalurnya mampet, krn kl cruising 80 kph dgn overdrive n mid rpm itu saatnya EGR bekerja. kl mampet pas bekerja bisa bikin power loss juga. hrs diinspect apakah clean condition EGR nya.
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Tue Dec 15, 2020 17:06
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: fortuner 2012 trd vnt
Re: (WTA) Fortuner VNT power loss setelah naik gigi 4
thanks Om tanggapannyaOmnibus wrote:coba kalau gear selectornya di D3 atau 2 apakah di seluruh rpm range dr idle sampai redline ada muncul gejala yg sama (loss power) begitu?ciblo wrote: ↑Sat Dec 26, 2020 17:02 Misi para suhu.
Mohon maaf ane masih newbie mau nanya. Fortuner VNT A/T ane posisi 80kmh psti naik ke gigi 4. Nah setelah naik, RPM turun disekitar 1500 dan power loss. Dan badan ane jadi maju karena mobil seperti direm.
Ini normal kah ? apa ada masalah di transmisi ya ?
kl jawabannya ga ada gejala power loss berarti engine ga ada masalah. masalahnya di transmisi.
tp bisa juga krn EGR valve dan jalurnya mampet, krn kl cruising 80 kph dgn overdrive n mid rpm itu saatnya EGR bekerja. kl mampet pas bekerja bisa bikin power loss juga. hrs diinspect apakah clean condition EGR nya.
1. kalo stay di D3 aman biasa sampe 140kph saya manual geser ke D4 lanjut aja tuh sampe 160 ga ada power loss.
power loss atau kayak di rem ini cmn beberapa detik terjadinya di 80kph. EGR ini standard SOP pada saat tune up kah ? atau kudu dimention dulu ke pihak bengkel ?
thanks suhu [emoji120]
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11328
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: (WTA) Fortuner VNT power loss setelah naik gigi 4
oke kl dr penjelasan di atas kemungkinan bukan krn problem di matic. mungkin lebih ke area EGR krn dr penjelasan diatas pas WOT (wide open throttle) EGR valve itu fully closed kondisinya jd even kotor sekalipun ga akan ngefek. jd coba diperiksa EGR nya barangkali ada tumpukan carbon di valve dan jalurnya. item itu kudu dimention krn bongpas + cleaningnya bisa beberapa jam sendiri kl mau bersih betul.ciblo wrote: ↑Sun Dec 27, 2020 2:41thanks Om tanggapannyaOmnibus wrote:coba kalau gear selectornya di D3 atau 2 apakah di seluruh rpm range dr idle sampai redline ada muncul gejala yg sama (loss power) begitu?ciblo wrote: ↑Sat Dec 26, 2020 17:02 Misi para suhu.
Mohon maaf ane masih newbie mau nanya. Fortuner VNT A/T ane posisi 80kmh psti naik ke gigi 4. Nah setelah naik, RPM turun disekitar 1500 dan power loss. Dan badan ane jadi maju karena mobil seperti direm.
Ini normal kah ? apa ada masalah di transmisi ya ?
kl jawabannya ga ada gejala power loss berarti engine ga ada masalah. masalahnya di transmisi.
tp bisa juga krn EGR valve dan jalurnya mampet, krn kl cruising 80 kph dgn overdrive n mid rpm itu saatnya EGR bekerja. kl mampet pas bekerja bisa bikin power loss juga. hrs diinspect apakah clean condition EGR nya.
1. kalo stay di D3 aman biasa sampe 140kph saya manual geser ke D4 lanjut aja tuh sampe 160 ga ada power loss.
power loss atau kayak di rem ini cmn beberapa detik terjadinya di 80kph. EGR ini standard SOP pada saat tune up kah ? atau kudu dimention dulu ke pihak bengkel ?
thanks suhu [emoji120]
sekalian biar makin tokcer kl belum pernah ganti ATF hrs diganti. skrg odometer brp?
dan juga MAF sensor dibersihkan (semprot pakai maf specific cleaner only, jangan carb cleaner). maf kotor juga bisa bikin enjin jerky n boros.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1559
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: (WTA) Fortuner VNT power loss setelah naik gigi 4
Kalo ada vnt lain, dicoba dulu gejalanya sama ato beda.ciblo wrote: ↑Sat Dec 26, 2020 17:02 Misi para suhu.
Mohon maaf ane masih newbie mau nanya. Fortuner VNT A/T ane posisi 80kmh psti naik ke gigi 4. Nah setelah naik, RPM turun disekitar 1500 dan power loss. Dan badan ane jadi maju karena mobil seperti direm.
Ini normal kah ? apa ada masalah di transmisi ya ?
Di mobil ane memang paling kerasa itu saat pindah dari gigi 3 ke 4, dan memang di speed sekitar 80.
Kalo lagi asik liat jalanpun, ane selalu bisa notice saat pindah ke 4, karena memang berasa power turun. Tapi gak sampe seperti direm juga sih
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Tue Dec 15, 2020 17:06
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: fortuner 2012 trd vnt
Re: (WTA) Fortuner VNT power loss setelah naik gigi 4
siap suhuu EGR dan MAF sensor ane cek dibengkel.Omnibus wrote:oke kl dr penjelasan di atas kemungkinan bukan krn problem di matic. mungkin lebih ke area EGR krn dr penjelasan diatas pas WOT (wide open throttle) EGR valve itu fully closed kondisinya jd even kotor sekalipun ga akan ngefek. jd coba diperiksa EGR nya barangkali ada tumpukan carbon di valve dan jalurnya. item itu kudu dimention krn bongpas + cleaningnya bisa beberapa jam sendiri kl mau bersih betul.ciblo wrote: ↑Sun Dec 27, 2020 2:41thanks Om tanggapannyaOmnibus wrote: coba kalau gear selectornya di D3 atau 2 apakah di seluruh rpm range dr idle sampai redline ada muncul gejala yg sama (loss power) begitu?
kl jawabannya ga ada gejala power loss berarti engine ga ada masalah. masalahnya di transmisi.
tp bisa juga krn EGR valve dan jalurnya mampet, krn kl cruising 80 kph dgn overdrive n mid rpm itu saatnya EGR bekerja. kl mampet pas bekerja bisa bikin power loss juga. hrs diinspect apakah clean condition EGR nya.
1. kalo stay di D3 aman biasa sampe 140kph saya manual geser ke D4 lanjut aja tuh sampe 160 ga ada power loss.
power loss atau kayak di rem ini cmn beberapa detik terjadinya di 80kph. EGR ini standard SOP pada saat tune up kah ? atau kudu dimention dulu ke pihak bengkel ?
thanks suhu [emoji120]
sekalian biar makin tokcer kl belum pernah ganti ATF hrs diganti. skrg odometer brp?
dan juga MAF sensor dibersihkan (semprot pakai maf specific cleaner only, jangan carb cleaner). maf kotor juga bisa bikin enjin jerky n boros.
kalo oli sih baru flush di 109k. skg odometer masi 110k.
btw katanya, drop RPM ini normal bawaan pabrik dan bs pake transgo atau gotrans (lokal punya dan minim jedug)
aman gak ya pke shiftkit? serem juge transmisi sampe dibongkar
thanks suhu [emoji120]
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Tue Dec 15, 2020 17:06
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: fortuner 2012 trd vnt
Re: (WTA) Fortuner VNT power loss setelah naik gigi 4
ahh berarti emang normal yaa 3 ke 4 drop rpm. soalnya ane remap mungkin tarikan bawahnya lebih besar jd pas drop berasa banget sampe “kayak” direm cmn beberapa detik aja sih suhu. trus katanya bisa pke transgo atau gotrans buat power loss ini.pengendiesel wrote:Kalo ada vnt lain, dicoba dulu gejalanya sama ato beda.ciblo wrote: ↑Sat Dec 26, 2020 17:02 Misi para suhu.
Mohon maaf ane masih newbie mau nanya. Fortuner VNT A/T ane posisi 80kmh psti naik ke gigi 4. Nah setelah naik, RPM turun disekitar 1500 dan power loss. Dan badan ane jadi maju karena mobil seperti direm.
Ini normal kah ? apa ada masalah di transmisi ya ?
Di mobil ane memang paling kerasa itu saat pindah dari gigi 3 ke 4, dan memang di speed sekitar 80.
Kalo lagi asik liat jalanpun, ane selalu bisa notice saat pindah ke 4, karena memang berasa power turun. Tapi gak sampe seperti direm juga sih
tapi ane mau coba ikutin advice dr bro omnibus utk bersihin EGR dan MAF sensor jg, karena ini kudu dimention dan gak masuk standard SOP service
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11328
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: (WTA) Fortuner VNT power loss setelah naik gigi 4
oh diremap toh om ... kl gitu bisa jadi jg dr matic kan handle power yg lebih besar. disini yg posting mau pasang transgo terakhir Om Kiel Constantine tuh, mungkin bisa tanya2 juga.ciblo wrote: ↑Sun Dec 27, 2020 7:01ahh berarti emang normal yaa 3 ke 4 drop rpm. soalnya ane remap mungkin tarikan bawahnya lebih besar jd pas drop berasa banget sampe “kayak” direm cmn beberapa detik aja sih suhu. trus katanya bisa pke transgo atau gotrans buat power loss ini.pengendiesel wrote:Kalo ada vnt lain, dicoba dulu gejalanya sama ato beda.ciblo wrote: ↑Sat Dec 26, 2020 17:02 Misi para suhu.
Mohon maaf ane masih newbie mau nanya. Fortuner VNT A/T ane posisi 80kmh psti naik ke gigi 4. Nah setelah naik, RPM turun disekitar 1500 dan power loss. Dan badan ane jadi maju karena mobil seperti direm.
Ini normal kah ? apa ada masalah di transmisi ya ?
Di mobil ane memang paling kerasa itu saat pindah dari gigi 3 ke 4, dan memang di speed sekitar 80.
Kalo lagi asik liat jalanpun, ane selalu bisa notice saat pindah ke 4, karena memang berasa power turun. Tapi gak sampe seperti direm juga sih
tapi ane mau coba ikutin advice dr bro omnibus utk bersihin EGR dan MAF sensor jg, karena ini kudu dimention dan gak masuk standard SOP service
yg tentang spt ngerem sampai badan maju kedepan ya krn diremap kali jd lebih berasa krn pas lg ngeboost2nya