Page 1 of 2

Chevrolet Trooper 2.3 L Petrol

Posted: 31 Jul 2020, 18:17
by aspsilver
Hello temen2.

Saya dapat warisan Chevrolet Trooper 1996 2.3 L petrol, high roof.

Bingung mau mulai betulin dari mana.

Kondisi jalan, cuma kaki kaki harus betulin.
Mesin juga harus diberesin.
Interior nya juga kacau.

Sekarang ada kebocoran oli.
Kelihatannya dari selang yang ke karburator??
Gas buang bau. Terlihat jelaga hitam di knalpol. gak ngebul.

Mesin sudah pakai header 4-2-1 genie
Pakai coil racing dan kabel busi racing.

Tie rod dsb udah getas karetnya dan bunyi kriet kriet kalo jalan dan putar setir.

Mobil ini saya bawa dari bandung ke jakarta, di tol masi bisa 120km/jam, walaupun setir rada semi. Harus koreksi dikit dikit kalo dijalan.

Ini baru ganti kompresor ac. Dan pasang alarm baru, karena alarm lama error.



Posisi saya di jakarta barat.
20200731_174944.jpg
20200731_174944.jpg (79.73 KiB) Viewed 2997 times
IMG_20200731_175802_411.jpg
IMG_20200731_175802_411.jpg (166.36 KiB) Viewed 2997 times

Re: Chevrolet Trooper 2.3 L Petrol

Posted: 31 Jul 2020, 21:22
by Jambangan
Salah satu mobil impian :big_love:
Banyak kenangan sama mobil ini soalnya jaman kecil dulu sering naik punya kakek
Btw boleh difotoin kondisi interior dulu om hehe..
Mungkin baiknya restorasi dimulai dari interior dulu kali ya
Biar lebih nyaman makenya
Walaupun ane yakin ga bakal bisa dapet bahan jok aslinya ya paling diretrim ulang

Untuk eksterior lumayan lah ya
Emblem2 masih lengkap krom2 nya jg
Paling side cladding udah pada hilang wajar sih
Ama cat kusam

Re: Chevrolet Trooper 2.3 L Petrol

Posted: 31 Jul 2020, 21:32
by maastricht889
Wah ini sih potensi jadi bagus om kl liat scr body ya, krn emblem2 msh keitung lengkap, velg asli masih oke. Grill sekilas ya juga bkn yg ancur, dan kudu repaint. Tp harus prioritas di mesin sih buat step awal, maaf sy ngga ngerti soal permesinan di trooper. Saya tunggu progressnya om hehehe

Re: Chevrolet Trooper 2.3 L Petrol

Posted: 01 Aug 2020, 05:48
by lemonadelovers
Yg susah interior, klo saya fokus ke situ dulu, coba cari part ke kampakan parung.

Yg lainnya bsa k spesialis masing2

Re: Chevrolet Trooper 2.3 L Petrol

Posted: 01 Aug 2020, 08:45
by qushay20019
aspsilver wrote: 31 Jul 2020, 18:17 Hello temen2.
Saya dapat warisan Chevrolet Trooper 1996 2.3 L petrol, high roof.
Bingung mau mulai betulin dari mana.
Ane jg ada Trooper kesayangan bokap mertua. Modelnya diesel 1986 2.3L 3 pintu. Udah restorasi berkali2 tapi masih pipis oli juga di garasi mertua, sama ban depan letoy sebelah.
IMG_1484.JPG
IMG_1484.JPG (687.06 KiB) Viewed 2919 times
IMG_1482.JPG
IMG_1482.JPG (546.94 KiB) Viewed 2919 times
IMG_1480.JPG
IMG_1480.JPG (510.85 KiB) Viewed 2919 times
IMG_1479.JPG
IMG_1479.JPG (801.14 KiB) Viewed 2919 times
Ini bukan daily driver om TS kan? Saran ane restorasi mulai dari yg urgent: beresin oli rembes dulu.
Kalo drivetrain udah beres, baru ke kaki2.
Habis itu baru interior krn rada sudah menurut ane nyari sparepart interior Trooper. Kalo drivetrain, kaki2, mungkin bisa pake punya mobil lain, kayak punya Elf, dll.

Re: Chevrolet Trooper 2.3 L Petrol

Posted: 01 Aug 2020, 09:22
by ngalih
Asyek ada jg trit trooper. Saya jg udah restorasi swb th 86 diesel. Krn kecelakaan 8th ndak terjamah di garasi orangtua. Skg dah ok, tdnya oli bocor tp dah dibenerin di bengkel umum depan Margocity dah beres tanpa netes. Cuman jalan max 80kpj krn ganti final gear kasar ama ban MT. Udah 2th ini kepake harian ke kantor. Begini penampakan

Re: Chevrolet Trooper 2.3 L Petrol

Posted: 01 Aug 2020, 12:06
by almer18
Kemaren liat trooper dijalan, gak tau yg diesel ato bensin,, masih enak aja dilihatnya

Re: Chevrolet Trooper 2.3 L Petrol

Posted: 01 Aug 2020, 20:53
by aspsilver
Nanti ya fotoin interior nya.
Masi lumayan sih, cuma agak kotor aja.

Kalo trim gak dapat. Paling nanti custom aja sekalian.

Ini proyek jangka panjang.

Hehehe

Re: Chevrolet Trooper 2.3 L Petrol

Posted: 01 Aug 2020, 21:22
by ngalih
Sayang klo Ndak dipake om... Mobil bagus. Seal2 diganti mudah2an aman

Re: Chevrolet Trooper 2.3 L Petrol

Posted: 01 Aug 2020, 22:45
by Pboyz97
Wah , kayanya masih bagus nih bahannya. Printilannya masih lumayan lengkap. Yg pertama benerin kebocoran oli aja om. Kedua baru kaki2

Re: Chevrolet Trooper 2.3 L Petrol

Posted: 06 Aug 2020, 11:26
by sukerdan02
aspsilver wrote: 31 Jul 2020, 18:17 Hello temen2.

Saya dapat warisan Chevrolet Trooper 1996 2.3 L petrol, high roof.

Bingung mau mulai betulin dari mana.

Kondisi jalan, cuma kaki kaki harus betulin.
Mesin juga harus diberesin.
Interior nya juga kacau.

Sekarang ada kebocoran oli.
Kelihatannya dari selang yang ke karburator??
Gas buang bau. Terlihat jelaga hitam di knalpol. gak ngebul.

Mesin sudah pakai header 4-2-1 genie
Pakai coil racing dan kabel busi racing.

Tie rod dsb udah getas karetnya dan bunyi kriet kriet kalo jalan dan putar setir.

Mobil ini saya bawa dari bandung ke jakarta, di tol masi bisa 120km/jam, walaupun setir rada semi. Harus koreksi dikit dikit kalo dijalan.

Ini baru ganti kompresor ac. Dan pasang alarm baru, karena alarm lama error.



Posisi saya di jakarta barat.

IMG_20200731_175802_411.jpg20200731_174944.jpg
Betulin kaki2 gak susah kok.. kalau mau pake part ori isuzu, balljoin atas pakai panther, balljoin bawah d-max lawas..
tierod sama speerti panther kapsul.. long tierod (draglink) beda, tapi masih banyak dijual.. direbuild juga bisa kalo bahannya bagus..
yang beda hanya bushing2 aja, tp masih banyak yg jual kok toko2 spesialis trooper..
masalah setir wajib dikoreksi itu penyakit bawaan.. sekalipun semua kaki2 sehat ga bakal ilang 100% speleng nya.. penyakit PS jenis recilculating ball..

yang agak repot body mounting kalau yg 5 pintu, terutama yg ujung depan 2 pc dan belakang 4pc, itu MUAHAL.. tp bisa diakalin..

Untuk mesin bensin sy kurang begitu paham, tp kalo masih bs lari 120 artinya cukup sehat.. tinggal cek borosnya.. penyakit utama di karburator aslinya ada di as skep yg aus, jadi ga bs menutup sempurna.. juga di vacuum idle up nya.. asumsi sy karbu masih ori ya.. mungkin bs dibersihkan dl kl indikasinya gasbuang bau dan ada jelaga, tp ga ngebul..

bocor2 oli wajar, cuma diperhatikan aja biasanya hanya seal2 aja itu.. yg perlu diperhatikan justru suhu.. karena headnya agak rawan melenting kalo suhu sampai 1/2 atau lebih.. header 4-2-1 (atau 4-1 kalau yg ngejar torsi bawah) dan kiol racing termasuk salah satu cara maksimalisasi mesin bensin bawaan yg umum.. karakter mesin ini sebenernya enak, hanya cara bawanya harus mirip mobil diesel karena karaternya bertorsi.. bukan mesin yg suka digeber2, tapi nyaman buat jalan santai..

kalau interior selera ya, cuma pastikans semua lengkap.. terutama itu meter tambahan yg ada diatas meter tengah, krn itu barang langka..
terus kalau mau beresin body, itu trim2 chrome sebaiknya semua dilepas dan diamankan dulu, apalgi kalo masih lengkap.. karena itu harganya lumayan, dan jarang yang jual masih lengkap..

Re: Chevrolet Trooper 2.3 L Petrol

Posted: 06 Aug 2020, 12:01
by well
aspsilver wrote: 31 Jul 2020, 18:17 Hello temen2.

Saya dapat warisan Chevrolet Trooper 1996 2.3 L petrol, high roof.

Bingung mau mulai betulin dari mana.

Kondisi jalan, cuma kaki kaki harus betulin.
Mesin juga harus diberesin.
Interior nya juga kacau.

Sekarang ada kebocoran oli.
Kelihatannya dari selang yang ke karburator??
Gas buang bau. Terlihat jelaga hitam di knalpol. gak ngebul.

Mesin sudah pakai header 4-2-1 genie
Pakai coil racing dan kabel busi racing.

Tie rod dsb udah getas karetnya dan bunyi kriet kriet kalo jalan dan putar setir.

Mobil ini saya bawa dari bandung ke jakarta, di tol masi bisa 120km/jam, walaupun setir rada semi. Harus koreksi dikit dikit kalo dijalan.

Ini baru ganti kompresor ac. Dan pasang alarm baru, karena alarm lama error.



Posisi saya di jakarta barat.

IMG_20200731_175802_411.jpg20200731_174944.jpg
apa ada rencana dijual ? hehehe

Re: Chevrolet Trooper 2.3 L Petrol

Posted: 06 Aug 2020, 14:40
by aspsilver
sukerdan02 wrote: 06 Aug 2020, 11:26
aspsilver wrote: 31 Jul 2020, 18:17 Hello temen2.
IMG_20200731_175802_411.jpg20200731_174944.jpg
Betulin kaki2 gak susah kok.. kalau mau pake part ori isuzu, balljoin atas pakai panther, balljoin bawah d-max lawas..
tierod sama speerti panther kapsul.. long tierod (draglink) beda, tapi masih banyak dijual.. direbuild juga bisa kalo bahannya bagus..
yang beda hanya bushing2 aja, tp masih banyak yg jual kok toko2 spesialis trooper..
masalah setir wajib dikoreksi itu penyakit bawaan.. sekalipun semua kaki2 sehat ga bakal ilang 100% speleng nya.. penyakit PS jenis recilculating ball..

yang agak repot body mounting kalau yg 5 pintu, terutama yg ujung depan 2 pc dan belakang 4pc, itu MUAHAL.. tp bisa diakalin..

Untuk mesin bensin sy kurang begitu paham, tp kalo masih bs lari 120 artinya cukup sehat.. tinggal cek borosnya.. penyakit utama di karburator aslinya ada di as skep yg aus, jadi ga bs menutup sempurna.. juga di vacuum idle up nya.. asumsi sy karbu masih ori ya.. mungkin bs dibersihkan dl kl indikasinya gasbuang bau dan ada jelaga, tp ga ngebul..

bocor2 oli wajar, cuma diperhatikan aja biasanya hanya seal2 aja itu.. yg perlu diperhatikan justru suhu.. karena headnya agak rawan melenting kalo suhu sampai 1/2 atau lebih.. header 4-2-1 (atau 4-1 kalau yg ngejar torsi bawah) dan kiol racing termasuk salah satu cara maksimalisasi mesin bensin bawaan yg umum.. karakter mesin ini sebenernya enak, hanya cara bawanya harus mirip mobil diesel karena karaternya bertorsi.. bukan mesin yg suka digeber2, tapi nyaman buat jalan santai..

kalau interior selera ya, cuma pastikans semua lengkap.. terutama itu meter tambahan yg ada diatas meter tengah, krn itu barang langka..
terus kalau mau beresin body, itu trim2 chrome sebaiknya semua dilepas dan diamankan dulu, apalgi kalo masih lengkap.. karena itu harganya lumayan, dan jarang yang jual masih lengkap..
thank you oom.

nanti saya coba .

btw, rem nya, kampas dan sepatu rem nya apa sama dengan panther?

Re: Chevrolet Trooper 2.3 L Petrol

Posted: 06 Aug 2020, 15:23
by sukerdan02
aspsilver wrote: 06 Aug 2020, 14:40
sukerdan02 wrote: 06 Aug 2020, 11:26
aspsilver wrote: 31 Jul 2020, 18:17 Hello temen2.
IMG_20200731_175802_411.jpg20200731_174944.jpg
Betulin kaki2 gak susah kok.. kalau mau pake part ori isuzu, balljoin atas pakai panther, balljoin bawah d-max lawas..
tierod sama speerti panther kapsul.. long tierod (draglink) beda, tapi masih banyak dijual.. direbuild juga bisa kalo bahannya bagus..
yang beda hanya bushing2 aja, tp masih banyak yg jual kok toko2 spesialis trooper..
masalah setir wajib dikoreksi itu penyakit bawaan.. sekalipun semua kaki2 sehat ga bakal ilang 100% speleng nya.. penyakit PS jenis recilculating ball..

yang agak repot body mounting kalau yg 5 pintu, terutama yg ujung depan 2 pc dan belakang 4pc, itu MUAHAL.. tp bisa diakalin..

Untuk mesin bensin sy kurang begitu paham, tp kalo masih bs lari 120 artinya cukup sehat.. tinggal cek borosnya.. penyakit utama di karburator aslinya ada di as skep yg aus, jadi ga bs menutup sempurna.. juga di vacuum idle up nya.. asumsi sy karbu masih ori ya.. mungkin bs dibersihkan dl kl indikasinya gasbuang bau dan ada jelaga, tp ga ngebul..

bocor2 oli wajar, cuma diperhatikan aja biasanya hanya seal2 aja itu.. yg perlu diperhatikan justru suhu.. karena headnya agak rawan melenting kalo suhu sampai 1/2 atau lebih.. header 4-2-1 (atau 4-1 kalau yg ngejar torsi bawah) dan kiol racing termasuk salah satu cara maksimalisasi mesin bensin bawaan yg umum.. karakter mesin ini sebenernya enak, hanya cara bawanya harus mirip mobil diesel karena karaternya bertorsi.. bukan mesin yg suka digeber2, tapi nyaman buat jalan santai..

kalau interior selera ya, cuma pastikans semua lengkap.. terutama itu meter tambahan yg ada diatas meter tengah, krn itu barang langka..
terus kalau mau beresin body, itu trim2 chrome sebaiknya semua dilepas dan diamankan dulu, apalgi kalo masih lengkap.. karena itu harganya lumayan, dan jarang yang jual masih lengkap..
thank you oom.

nanti saya coba .

btw, rem nya, kampas dan sepatu rem nya apa sama dengan panther?
kampas depan sama dengan panther kapsul..

untuk kampas belakang, sebenernya beda sedikit, sedikit lbh panjang.. tp tetep bisa pake punya panther, yang lebih mudah didapat..

Re: Chevrolet Trooper 2.3 L Petrol

Posted: 21 Oct 2020, 00:20
by aspsilver
Kebocoran mesin sudah dibenerin,
Beberapa packing diganti.

Saya beli packing set di tokped, ternyata kebanyakan, cuma dipake 1 atau 2 aja. Sisanya katanya kalo buat turun mesin.

Huh nyebelin.

Oli ganti jadi TGMO 5w30, full synthetic.
Gardan dan transmisi pake rored.
Harusnya transmisi pake 5w30 juga, tapi bengkel salah isi.

Langsung beda lari nya.
Power membaik, gak ngeden lagi.

Ini mau setel klep dan karbu.
Sekalian ganti busi iridium denso.


Re: Chevrolet Trooper 2.3 L Petrol

Posted: 24 Oct 2020, 09:05
by aspsilver
Temen temen, saya pengen coba off road.
Di jakarta dan sekitarnya, dimana ya bisa coba?


Re: Chevrolet Trooper 2.3 L Petrol

Posted: 24 Oct 2020, 10:41
by sh00t
Om @Gasoline24, ada yang berminat ikut SMIOW nih... :big_exellent:

Re: Chevrolet Trooper 2.3 L Petrol

Posted: 27 Oct 2020, 14:49
by sukerdan02
aspsilver wrote: 21 Oct 2020, 00:20 Kebocoran mesin sudah dibenerin,
Beberapa packing diganti.

Saya beli packing set di tokped, ternyata kebanyakan, cuma dipake 1 atau 2 aja. Sisanya katanya kalo buat turun mesin.

Huh nyebelin.

Oli ganti jadi TGMO 5w30, full synthetic.
Gardan dan transmisi pake rored.
Harusnya transmisi pake 5w30 juga, tapi bengkel salah isi.

Langsung beda lari nya.
Power membaik, gak ngeden lagi.

Ini mau setel klep dan karbu.
Sekalian ganti busi iridium denso.
Olinya keenceran.. pake 10w40 atau malah mesran biasa juga cukup.. itu mesin teknologi tua kok..

gardan sudah benar pake rored, tapi transmisi isuzu pakainya oli mesin.. pakai aja oli mesran atau oli mesin murah lain.. sayang kalao 5w30, gak sesuai rentang suhu lingkungan juga.. suhu tropis pakai kisaran 15w40 - 20w50

Re: Chevrolet Trooper 2.3 L Petrol

Posted: 29 Oct 2020, 23:22
by aspsilver
Bukunya bilang bisa 10w30, untuk tropis. Tapi kan oli kuno.
Idenya pakai oli modern, bisa lubrikasi lebih baik.
Experimen ceritanya.

Lari nya jauh lebih enak setelah ganti oli.


Re: Chevrolet Trooper 2.3 L Petrol

Posted: 29 Oct 2020, 23:23
by aspsilver
Mau tanya, kopling trooper bensin ini beda sama panther punya?

Harganya beda.


Re: Chevrolet Trooper 2.3 L Petrol

Posted: 02 Nov 2020, 16:27
by sukerdan02
aspsilver wrote: 29 Oct 2020, 23:23 Mau tanya, kopling trooper bensin ini beda sama panther punya?

Harganya beda.
secara bentuk sih sama, bisa dipakai.. tapi daya tahannya akan jauh berkurang daripada asli punya bensin..
kasusnya sama kok di trooper sy yg 2.3 turbo.. spec aslinya pake punya bensin, pakai punya 2.3 biasa umurnya jauh lbh pendek..
aspsilver wrote: 29 Oct 2020, 23:22
Bukunya bilang bisa 10w30, untuk tropis. Tapi kan oli kuno.
Idenya pakai oli modern, bisa lubrikasi lebih baik.
Experimen ceritanya.

Lari nya jauh lebih enak setelah ganti oli.
iya, 10w30 memang masih masuk range suhu operasional di daerah tropis.. kalau memang dananya ada sih ga masalah.. kalau teman2 sih biasa pakai yg standar2 aja.. mesin 4zd termasuk ga rewel masalah oli.. maksimalisasi biasa di sektor pengapian dan karbu sih.. karbunya yang gampang2 susah.. biasanya boros karena penyakitnya di as skep yg udh mulai aus jadi skepnya gak bisa presisi lagi geraknya.. dan sayangnya repair kit bisa dibilang gak ada

Re: Chevrolet Trooper 2.3 L Petrol

Posted: 02 Nov 2020, 21:11
by jessboy
Wuih mobil langka nih.
Chevrolet Trooper diluncurin tahun 80an dan dulu termasuk dalam kategori mobil mewah.
yg versi awal masih pake mesin diesel trus versi bensinnya keluar tahun 90an.
Tampilan dan kemampuan off-road mobil ini masih gagah cuma interior aja udah jadul.

Re: Chevrolet Trooper 2.3 L Petrol

Posted: 09 Nov 2020, 16:46
by aspsilver
Akhirnya coba main lumpur.
20201029_162208.jpg
20201029_162208.jpg (124.24 KiB) Viewed 2591 times
20201029_164554.jpg
20201029_164554.jpg (154 KiB) Viewed 2591 times
20201029_195930.jpg
20201029_195930.jpg (125.65 KiB) Viewed 2591 times
20201029_160058.jpg
20201029_160058.jpg (127.45 KiB) Viewed 2591 times

Re: Chevrolet Trooper 2.3 L Petrol

Posted: 09 Nov 2020, 17:03
by aspsilver
abis main lumpur, tangki bensin kena batu, bocor.
ini lagi dibenerin.
sekalian setel klep, ada baut setelan yang rusak, ganti.
service karbulator

saya beli repair kit tromol, cocok pakai panther punya

kabel rem tangan, ga cocok pakai panther. udah keburu dibeli, baru tau salah. duh ....

Re: Chevrolet Trooper 2.3 L Petrol

Posted: 06 May 2021, 13:01
by affanfx
permisi sepuh & senior semua, mau tanya

Trooper yg masuk ke Indonesia, kan ada mesin bensin & mesin diesel (#cmiiw)
sering baca klo mesin diesel nya Trooper itu plek ketimplek dengan mesin Isuzu Panther (gak tau gen yg mana)
makanya, cari parts2 mesin nya masih gampang karena parts nya Panther masih melimpah sampai sekarang (mohon koreksi)

nah, klo Trooper bensin, parts2 mesin nya bisa jg pake punya Trooper diesel / Panther gak ya ?
soalnya, biar begimana juga, mesin bensin kan berbeda dengan mesin diesel