Suzuki GV jlx 2.4 at 2010 vs Honda CRV 2.4 gen2 FL 2010 vs Nissan Xtrail xt 2.5 t31 2010

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Suzuki GV jlx 2.4 at 2010 vs Honda CRV 2.4 gen2 FL 2010 vs Nissan Xtrail xt 2.5 t31 2010

Post by PRBS »

Zaxis wrote: Mon Jun 01, 2020 2:45
ChZ wrote: Sun May 31, 2020 5:11
Zaxis wrote: Sun May 31, 2020 3:02
Saya juga cuma jawab sesuai etika ada org bertanya yah dibantu dgn jawaban yg proper lagian juga cuma counter dgn fakta kok

Kalo mobil ada yg jebol yah wajar lah produk ada defect nya macam civic turbo yg jebol mesin nya

Kalo beli mobil bekas yang jelas servis record nya aja
ini lah yang ane cape kadang, semua dipukul rata ama pengalaman pribadi, klo ga sesuai pengalaman pribadi pasti hoax. ane cm blg xtronicnya beberapa rontok krn interval ajaib dr alat scannernya batu makam dan legroomnya sesek dibilang ngehoax, kan lucu.

because it doesn't happen to you doesn't mean it doesn't exist.
Yang pukul rata kan si om nya
Kejadian 1-2 mobil dibilang semua mobil nissan cvt bakal jebol
Jangan suka dibalik balik

Kalo soal legroom mah relatif mungkin si om tinggi besar
Kalo untuk standar orang indonesia 170 cm mah cukup
Err maap, tinggi saya pas 170 berat 70kg sih ngerasa second row T31 sempit yak (dengkul udah deket sama jok depan).. sering bgt dulu nebeng di T31 kerabat jaman kuliah dulu.. si empunya juga mengakui bagasinya gede bgtt tapi second rownya sempit.

Kalo dibandingin sama kompetitor seumuran (GV &CRV), jauh lebih luas kabin CRV baru yg kedua GV..

Kalo masalah cvt, gatau ya cvt nissin itungannya ringkih atau nggak (belum pernah bandingin durabilty cvtnya sama brand lain soalnya), tapi yg pasti untuk C26 (yg cvtnya sama dengan T32 cmiiw) sih per 90rb km ini masih going strong (eventho sering limp mode, dan agak selip kalo kick down).. semoga ttp going strong..
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Suzuki GV jlx 2.4 at 2010 vs Honda CRV 2.4 gen2 FL 2010 vs Nissan Xtrail xt 2.5 t31 2010

Post by PRBS »

evanbngdor wrote: Mon Jun 01, 2020 3:08
PRBS wrote: Sun May 31, 2020 13:49 Urun rembug, vote GV.. apalagi dapet GV warna putih 2.4 (yg non facelift).. duh ganteng bgt.. auranya masih JDM sekali..

vote GV karena memang mobilnya badak :
1st : GV
2nd : CRV
last baru xtrail..

Saya pribadi as user nissin (livina dan C26) jujur kapok pake nissin lagi, kaki2nya lemah bgt.. inget bgt C26 km 21rb udah klaim kaki2 (padahal pemakaian priyayi, ga pernah hajar lobang dan rute cuma nusaloka bsd - jaksel (smooth route)).. dulu pernah dipinjemin T32 selama 6 bulan juga kaki2 udah glodakan (baru 25rb)..
Ya itu lah batu makam. Nyaman? Iya setuju. Hampir semua line up batu makam bisa dibilang nyaman dibandingin rival-rival nya.

Cuma untuk daily use, apalagi kalo dibandinginnya sama mobil-mobil legendaris di SM dan Indonesia yang abuse-able ya jelas batu makam ini ngga bisa nyaingin. Sodara saya ada yg pake livina 2011 rute cibubur-cikarang setiap hari, 3 tahun pertama sih aman-aman aja, cuma setelah itu mulai deh jajan terus mulai dr kaki-kaki, mesin. Odometernya skg sih 200rb lebih.

Mungkin kalo ditotal jumlah biaya perawatan termasuk penggantian part nya dr baru sampe skg itu sama kayak harga jual bekasnya skg ini
:mky_01:
Iya setuju sih, nissin itu nyaman bgt.. reboundnya enak sekali.. mesinnya juga halus.. sayangnya unit yg saya terima (both livina & c26) lemah dikaki semua.. sekali service lumayan juga. walaupun sampai sekarang masih dipakai..

Saya bandingin dengan suzuki, mitsu, peugeot dan produk GM (blazer) yg prrnah barengan sama2 garasi.. (surprisingly, kaki2 peugeot nyaman dan badak bgt loh hahaha.. setelah dipikir2 saya ga pernah komplain bunyi2an di pug 206 saya.. km sudah 200rban padahal..)
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Suzuki GV jlx 2.4 at 2010 vs Honda CRV 2.4 gen2 FL 2010 vs Nissan Xtrail xt 2.5 t31 2010

Post by maastricht889 »

PRBS wrote: Mon Jun 01, 2020 3:09
Zaxis wrote: Mon Jun 01, 2020 2:45
ChZ wrote: Sun May 31, 2020 5:11

ini lah yang ane cape kadang, semua dipukul rata ama pengalaman pribadi, klo ga sesuai pengalaman pribadi pasti hoax. ane cm blg xtronicnya beberapa rontok krn interval ajaib dr alat scannernya batu makam dan legroomnya sesek dibilang ngehoax, kan lucu.

because it doesn't happen to you doesn't mean it doesn't exist.
Yang pukul rata kan si om nya
Kejadian 1-2 mobil dibilang semua mobil nissan cvt bakal jebol
Jangan suka dibalik balik

Kalo soal legroom mah relatif mungkin si om tinggi besar
Kalo untuk standar orang indonesia 170 cm mah cukup
Err maap, tinggi saya pas 170 berat 70kg sih ngerasa second row T31 sempit yak (dengkul udah deket sama jok depan).. sering bgt dulu nebeng di T31 kerabat jaman kuliah dulu.. si empunya juga mengakui bagasinya gede bgtt tapi second rownya sempit.

Kalo dibandingin sama kompetitor seumuran (GV &CRV), jauh lebih luas kabin CRV baru yg kedua GV..

Kalo masalah cvt, gatau ya cvt nissin itungannya ringkih atau nggak (belum pernah bandingin durabilty cvtnya sama brand lain soalnya), tapi yg pasti untuk C26 (yg cvtnya sama dengan T32 cmiiw) sih per 90rb km ini masih going strong (eventho sering limp mode, dan agak selip kalo kick down).. semoga ttp going strong..
Kl bicara soal CRV RE, yg bs ngunggulin leg room row2/ngalahin sedikit itu cuma GNKI, almaz, roti tawar genk om wkwkwkw.

Kl xtrail T31 sih, jujur pernah cb naik pas jaman 2008 keluar baru. Itu mobil kedap dan nyaman banget, jok depan cenderung commanding dan lega (dibanding RE), dashboard cukup maju ke arah interior. Row 2 lupa kaya gimana. Jujur, kl bantingan sih nissan paling juara nyamannya even di level datsun GO yg facelift itu enak juga surprisingly
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Suzuki GV jlx 2.4 at 2010 vs Honda CRV 2.4 gen2 FL 2010 vs Nissan Xtrail xt 2.5 t31 2010

Post by evanbngdor »

PRBS wrote: Mon Jun 01, 2020 3:19
evanbngdor wrote: Mon Jun 01, 2020 3:08
PRBS wrote: Sun May 31, 2020 13:49 Urun rembug, vote GV.. apalagi dapet GV warna putih 2.4 (yg non facelift).. duh ganteng bgt.. auranya masih JDM sekali..

vote GV karena memang mobilnya badak :
1st : GV
2nd : CRV
last baru xtrail..

Saya pribadi as user nissin (livina dan C26) jujur kapok pake nissin lagi, kaki2nya lemah bgt.. inget bgt C26 km 21rb udah klaim kaki2 (padahal pemakaian priyayi, ga pernah hajar lobang dan rute cuma nusaloka bsd - jaksel (smooth route)).. dulu pernah dipinjemin T32 selama 6 bulan juga kaki2 udah glodakan (baru 25rb)..
Ya itu lah batu makam. Nyaman? Iya setuju. Hampir semua line up batu makam bisa dibilang nyaman dibandingin rival-rival nya.

Cuma untuk daily use, apalagi kalo dibandinginnya sama mobil-mobil legendaris di SM dan Indonesia yang abuse-able ya jelas batu makam ini ngga bisa nyaingin. Sodara saya ada yg pake livina 2011 rute cibubur-cikarang setiap hari, 3 tahun pertama sih aman-aman aja, cuma setelah itu mulai deh jajan terus mulai dr kaki-kaki, mesin. Odometernya skg sih 200rb lebih.

Mungkin kalo ditotal jumlah biaya perawatan termasuk penggantian part nya dr baru sampe skg itu sama kayak harga jual bekasnya skg ini
:mky_01:
Iya setuju sih, nissin itu nyaman bgt.. reboundnya enak sekali.. mesinnya juga halus.. sayangnya unit yg saya terima (both livina & c26) lemah dikaki semua.. sekali service lumayan juga. walaupun sampai sekarang masih dipakai..

Saya bandingin dengan suzuki, mitsu, peugeot dan produk GM (blazer) yg prrnah barengan sama2 garasi.. (surprisingly, kaki2 peugeot nyaman dan badak bgt loh hahaha.. setelah dipikir2 saya ga pernah komplain bunyi2an di pug 206 saya.. km sudah 200rban padahal..)
Pug sih emang untuk kaki-kaki kayaknya cukup badak, cuma memang harga part nya lumayan mihil. Pug rasanya yg lemah itu di elektrikal nya kalo udah berumur. Sisanya aman-aman aja.

Temen saja juga ada yg pake 206 sampe skg, mesin sama kaki-kaki wajar aja ngga lemah gimana, cuma elektrikalnya itu udah kacau, mulai dr alarm, sensor pintu, sensor2 lainnya yg bikin CE nyala terus
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Suzuki GV jlx 2.4 at 2010 vs Honda CRV 2.4 gen2 FL 2010 vs Nissan Xtrail xt 2.5 t31 2010

Post by evanbngdor »

erwinign wrote: Mon Jun 01, 2020 3:23
PRBS wrote: Mon Jun 01, 2020 3:09
Zaxis wrote: Mon Jun 01, 2020 2:45

Yang pukul rata kan si om nya
Kejadian 1-2 mobil dibilang semua mobil nissan cvt bakal jebol
Jangan suka dibalik balik

Kalo soal legroom mah relatif mungkin si om tinggi besar
Kalo untuk standar orang indonesia 170 cm mah cukup
Err maap, tinggi saya pas 170 berat 70kg sih ngerasa second row T31 sempit yak (dengkul udah deket sama jok depan).. sering bgt dulu nebeng di T31 kerabat jaman kuliah dulu.. si empunya juga mengakui bagasinya gede bgtt tapi second rownya sempit.

Kalo dibandingin sama kompetitor seumuran (GV &CRV), jauh lebih luas kabin CRV baru yg kedua GV..

Kalo masalah cvt, gatau ya cvt nissin itungannya ringkih atau nggak (belum pernah bandingin durabilty cvtnya sama brand lain soalnya), tapi yg pasti untuk C26 (yg cvtnya sama dengan T32 cmiiw) sih per 90rb km ini masih going strong (eventho sering limp mode, dan agak selip kalo kick down).. semoga ttp going strong..
Kl bicara soal CRV RE, yg bs ngunggulin leg room row2/ngalahin sedikit itu cuma GNKI, almaz, roti tawar genk om wkwkwkw.

Kl xtrail T31 sih, jujur pernah cb naik pas jaman 2008 keluar baru. Itu mobil kedap dan nyaman banget, jok depan cenderung commanding dan lega (dibanding RE), dashboard cukup maju ke arah interior. Row 2 lupa kaya gimana. Jujur, kl bantingan sih nissan paling juara nyamannya even di level datsun GO yg facelift itu enak juga surprisingly
RE mah leg room baris kedua nya top deh. Mana bisa sliding pula kan. Eh di CRV RM malah gak bisa sliding lg gara-gara mekanisme pelipatan jok yg praktis&rata lantai itu
:big_dunno:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Suzuki GV jlx 2.4 at 2010 vs Honda CRV 2.4 gen2 FL 2010 vs Nissan Xtrail xt 2.5 t31 2010

Post by Herman7103 »

Zaxis wrote:
ChZ wrote: Sun May 31, 2020 5:11
Zaxis wrote: Sun May 31, 2020 3:02
Saya juga cuma jawab sesuai etika ada org bertanya yah dibantu dgn jawaban yg proper lagian juga cuma counter dgn fakta kok

Kalo mobil ada yg jebol yah wajar lah produk ada defect nya macam civic turbo yg jebol mesin nya

Kalo beli mobil bekas yang jelas servis record nya aja
ini lah yang ane cape kadang, semua dipukul rata ama pengalaman pribadi, klo ga sesuai pengalaman pribadi pasti hoax. ane cm blg xtronicnya beberapa rontok krn interval ajaib dr alat scannernya batu makam dan legroomnya sesek dibilang ngehoax, kan lucu.

because it doesn't happen to you doesn't mean it doesn't exist.
Yang pukul rata kan si om nya
Kejadian 1-2 mobil dibilang semua mobil nissan cvt bakal jebol
Jangan suka dibalik balik

Kalo soal legroom mah relatif mungkin si om tinggi besar
Kalo untuk standar orang indonesia 170 cm mah cukup
Saya juga pakai mobil dan motor yg kedua duanya bertransmisi CVT, satu buatan Yamaha untuk motor Nouvo tahun 2003 dan satunya di mobil Nissan tahun 2014 yg X-tronic CVT buatan jatco dan kedua CVT tsb sampai sekarang masih smooth karena di motor rata rata tiap tahun saya ganti oli Matic CVT nya dan di mobil Nissan saat odo 48 ribu KM(4 tahun pemakaian mobilnya) juga saya ganti oli CVT nya habis 8 ltr oli CVT Nissan. Mobil pakai CVT di pikiran saya jauh lebih irit BBM dari pada mobil mobil kantor gue yg Semua palai transmisi MT atau AT yg menurut gue sudah outdated di jaman now. No offense to owner mobil MT atau AT ya.
IMG_20200229_103559.jpg
IMG_20200112_141700.jpg
IMG_20190706_184828.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Suzuki GV jlx 2.4 at 2010 vs Honda CRV 2.4 gen2 FL 2010 vs Nissan Xtrail xt 2.5 t31 2010

Post by ChZ »

Zaxis wrote: Mon Jun 01, 2020 2:45
Yang pukul rata kan si om nya
Kejadian 1-2 mobil dibilang semua mobil nissan cvt bakal jebol
Jangan suka dibalik balik

Kalo soal legroom mah relatif mungkin si om tinggi besar
Kalo untuk standar orang indonesia 170 cm mah cukup
"T31 karena xtronic gen 1 dan standar perawatan cvt nissin yang agak horror ane no komen aja... cvtfnya long life bgt... ganti se girboknya"
dibaca yg bener ah... ga ad itu kata semua... dan ane di awal kasih disclaimer ya, klo ngikutin intervalnya beres batu makam.

makanya klo baca yang komplit.

sempit-luas itu ad pembandingnya, dan ane dlm kasus ini membandingkan dgn dua opsi yang lain. btw ntu ane blg sempit posisi wkt itu masih 3 esempe... tinggi blom ampe 170. tp waktu ntu di garasi ada ciarpi gen 3...
PRBS wrote: Mon Jun 01, 2020 3:09
Kalo masalah cvt, gatau ya cvt nissin itungannya ringkih atau nggak (belum pernah bandingin durabilty cvtnya sama brand lain soalnya), tapi yg pasti untuk C26 (yg cvtnya sama dengan T32 cmiiw) sih per 90rb km ini masih going strong (eventho sering limp mode, dan agak selip kalo kick down).. semoga ttp going strong..
gen 2 xtronic di T32/C26 stau ane cukup robust om dibanding gen 1. lbh jarang denger fault di T32 ketimbang T31/juki. apa karena blm ada yang high mileage yak... :mky_07:

tp kalo sering limp mode / overheating ane denger ini common issues di jatco cvt ntah di batumakam atau tiga berlian...

yg jelas ane dari dl selalu skeptis ama standar perawatan beres batu makam, entah cvt, entah enjin. kayaknya biar terkesan "murah" jd intervalnya panjang-panjang... beruntungnya enjin batu makam ini setrong setrong.

xtronic sehh kalo di USA ud kasus gede ampe usernya class action lawsuit... d sini ya kena lawsuit tp gegara misleading marketing... :mky_07:

tp buat pengguna batu makam ya ud nikmatin aja mobilnya... enak koq batu makam... murah lg. drpd dijual depresiasi bikin sakit ati. anggep aja lg miara BMW atau VW... rusak-rusak jg dijabanin...

jgn jadi team anti dibudakin mobil... tar se indonesia beli innova semua, kasian bisnis spare part mobil kerjanya cm jualan oli... ga gede cuannya. bagi-bagi rejeki dikit lah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Suzuki GV jlx 2.4 at 2010 vs Honda CRV 2.4 gen2 FL 2010 vs Nissan Xtrail xt 2.5 t31 2010

Post by PRBS »

ChZ wrote: Mon Jun 01, 2020 5:07
Zaxis wrote: Mon Jun 01, 2020 2:45
Yang pukul rata kan si om nya
Kejadian 1-2 mobil dibilang semua mobil nissan cvt bakal jebol
Jangan suka dibalik balik

Kalo soal legroom mah relatif mungkin si om tinggi besar
Kalo untuk standar orang indonesia 170 cm mah cukup
"T31 karena xtronic gen 1 dan standar perawatan cvt nissin yang agak horror ane no komen aja... cvtfnya long life bgt... ganti se girboknya"
dibaca yg bener ah... ga ad itu kata semua... dan ane di awal kasih disclaimer ya, klo ngikutin intervalnya beres batu makam.

makanya klo baca yang komplit.

sempit-luas itu ad pembandingnya, dan ane dlm kasus ini membandingkan dgn dua opsi yang lain. btw ntu ane blg sempit posisi wkt itu masih 3 esempe... tinggi blom ampe 170. tp waktu ntu di garasi ada ciarpi gen 3...
PRBS wrote: Mon Jun 01, 2020 3:09
Kalo masalah cvt, gatau ya cvt nissin itungannya ringkih atau nggak (belum pernah bandingin durabilty cvtnya sama brand lain soalnya), tapi yg pasti untuk C26 (yg cvtnya sama dengan T32 cmiiw) sih per 90rb km ini masih going strong (eventho sering limp mode, dan agak selip kalo kick down).. semoga ttp going strong..
gen 2 xtronic di T32/C26 stau ane cukup robust om dibanding gen 1. lbh jarang denger fault di T32 ketimbang T31/juki. apa karena blm ada yang high mileage yak... :mky_07:

tp kalo sering limp mode / overheating ane denger ini common issues di jatco cvt ntah di batumakam atau tiga berlian...

yg jelas ane dari dl selalu skeptis ama standar perawatan beres batu makam, entah cvt, entah enjin. kayaknya biar terkesan "murah" jd intervalnya panjang-panjang... beruntungnya enjin batu makam ini setrong setrong.

xtronic sehh kalo di USA ud kasus gede ampe usernya class action lawsuit... d sini ya kena lawsuit tp gegara misleading marketing... :mky_07:

tp buat pengguna batu makam ya ud nikmatin aja mobilnya... enak koq batu makam... murah lg. drpd dijual depresiasi bikin sakit ati. anggep aja lg miara BMW atau VW... rusak-rusak jg dijabanin...

jgn jadi team anti dibudakin mobil... tar se indonesia beli innova semua, kasian bisnis spare part mobil kerjanya cm jualan oli... ga gede cuannya. bagi-bagi rejeki dikit lah.
Yes betul, sejak pertama kali pegang cvt nissin, saya heran pas baca manual book yg bilang penggantian interval oil cvt di nissin itu 120rb km.. waduh, kok ga percaya saya.. akhirnya cek laman forum2 nisin luar, mereka memajukan interval cvtnya (diluar negri banyak case overheat cvt berujung total breakdown.. ngeri).. dan saya terapkan tiap 60rb km saya ganti oli cvtnya.. dan going strong sampai sekarang (hopefully) sampai seterusnya.. hehe.. cuma kaki2 aja yg kadang deg2an setiap ada bunyi2 dikit (deg2an service costnya)
:big_weee:

Dijual juga jatuh bgt harganya, well dipake dengan pemakaian priyayi aja.. toh enak bgt sebetulnya c26 ini dipakenya.. genjot 165kmh masih ringan bgt (padahal km tinggi)