Request: all new Mazda cx9 review

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

macromedia
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Wed May 22, 2019 15:02
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Honda

Request: all new Mazda cx9 review

Post by macromedia »

Mungkin sudah ada pengguna disini yang bisa share bagaimana experience compare di kelasnya?
Thank alot
carvadrive
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Tue Jan 24, 2017 16:29

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by carvadrive »

Seingat saya, pernah direview om chz di channel youtube SM. Monggo di cek kembali
ericksip
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Sun Jul 14, 2019 13:51
Daily Vehicle: X3 BMW

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by ericksip »

macromedia wrote: Sun Jun 23, 2019 0:36 Mungkin sudah ada pengguna disini yang bisa share bagaimana experience compare di kelasnya?
Thank alot
saya ga bisa compare dikelasnya kecuali dgn X5.

cx9 tenaga powerful tapi handling saat akselerasi terasa kurang bisa di kontrol mungkin karena fwd dan body yang besar
x5 harga 2 kali lipat jadi tidak relevan

untuk duduk penumpang semua puas. lega kedap dan nyaman sekali
untuk jalan diindonesia terutama digang, ukuran agak menyusahkan dibanding x5.
akulemu
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Wed Jun 13, 2012 9:11
Location: Persebaya sampe tuek
Daily Vehicle: Venturer + cx9 sky + mobilio rs mt

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by akulemu »

Di surabaya populasinya makin menjamur nih.. sudah jadi alternatif tengah sebelum naik kelas dari suv 500 an ke 1 M an.

Dari warna putih item abu merah ada semua sliweran terus di daerah sby barat
Cars have soul.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by maastricht889 »

akulemu wrote: Sat Nov 16, 2019 5:29 Di surabaya populasinya makin menjamur nih.. sudah jadi alternatif tengah sebelum naik kelas dari suv 500 an ke 1 M an.

Dari warna putih item abu merah ada semua sliweran terus di daerah sby barat
Di semarang jg pelan2 lumayan banyak om setahun terakir ini. Kayanya scr harga nyasar ke customer yg consider x1 ato seri 3 tapi butuh yg gedean
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by Winz »

erwinign wrote: Sat Nov 16, 2019 5:54
akulemu wrote: Sat Nov 16, 2019 5:29 Di surabaya populasinya makin menjamur nih.. sudah jadi alternatif tengah sebelum naik kelas dari suv 500 an ke 1 M an.

Dari warna putih item abu merah ada semua sliweran terus di daerah sby barat
Di semarang jg pelan2 lumayan banyak om setahun terakir ini. Kayanya scr harga nyasar ke customer yg consider x1 ato seri 3 tapi butuh yg gedean
Nah, ini, dari biasa pakai Mid SUV jepun

mobil yurop di 800 jutaan dapat mobil mungil

Pasti berasa ga betah klo pakai mobil2 yg begitu
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by ChZ »

carvadrive wrote: Mon Jun 24, 2019 14:51 Seingat saya, pernah direview om chz di channel youtube SM. Monggo di cek kembali
disinggung disini heheheh review taon lalu...

Pros nya
- Ini mobil besar dan panjang tapi waktu nyetir gak berasa gambot. Handlingnya lincah untuk mobil SUV sebesar ini. Mirip kayak bawa CX-5 tapi besar. Feel kabinnya pun sama persis.
- Beda dgn mazda-mazda lain yang orientasinya lebih ke sporty, CX-9 rasanya salah satu mobil Mazda dengan feel paling halus yang pernah saya bawa.
- Mesin 2.5 Turbo nya sangat smooth. Ntah kenapa feelnya bisa menyerupai mesin cc besar silinder banyak. Transisi dari turbo lag sampai turbo aktif bener-bener lebih mirip mesin 3.5 Liter bensin padahal mobil ini dgn bbm pertabo torsinya sampai 470Nm yang disalurkan ke roda depan.
- Mobil ini nyaris tidak mempunyai direct competitor. Satu-satunya direct competitor secara size mungkin Hyundai SantaFe baru, tapi itupun CX-9 sudah menang banyak dengan features dan tenaga (194hp vs 250hp). Sayangnya SantaFe tidak mengeluarkan versi 3.3 V6 yang bisa jadi direct competitor. Plus, Mazda juga secara kualitas lebih premium.

Cons
- Saking generiknya CX-9 dan CX-5, feel kabinnya terasa terlalu generik dengan adiknya, dan ntah kenapa apa kabin CX-5 yang terlalu mewah atau kabin CX-9 yang terlalu sederhana untuk mobil 800 juta. Intinya, anda tidak terlalu berasa spesial di mobil ini.
- Mobil ini penggeraknya FWD dan bukan AWD, walau memiliki kontrol traksi tapi tetep kadang bikin tidak pede mobil FWD bertorsi besar. Rawan torque steer. Di beberapa kesempatan juga terasa sekali torque steernya.
- Bantingan mobil ini lebih brasa seperti SUV 500juta dibanding 800 juta. Ntah ini faktor ban unit tes saya (BS Ecopia) atau bukan. Pokoknya ride nya tidak terasa lebih spesial dibanding CX-5.

Intinya kalau cari SUV keluarga berukuran besar untuk keluarga, CX-9 sangat bagus value nya. Apalagi dari sisi brand juga premium dan bukan brand underdog gurem yang nasibnya gak jelas.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
akulemu
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Wed Jun 13, 2012 9:11
Location: Persebaya sampe tuek
Daily Vehicle: Venturer + cx9 sky + mobilio rs mt

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by akulemu »

@Chz kebanyakan torsinya, um. 420 Nm ajah. 470 digas ndongak terus kagak ngegrip2 akaka

Sbnerenya soal interior, cx9 saat launch nya di 2016 itu naik kelas banget dibanding cx 5 di taun yang sama.

Saya barusan upgrade cx5 2014 ke cx 9 2019 (versi indo, versi luar ada update di speedo). Kalo lompatan pengalamannya kayak di saya, sensasinya jauh banget. Apalagi dulu cx5 versi awal masi jok putih. Skrg cx9 indo udah item semua jok nya, premium feel nya signifikan sekali. Pelan2 ane siapken review nye wkwk
Cars have soul.
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by ongisnade »

ChZ wrote: Sat Nov 16, 2019 8:41
carvadrive wrote: Mon Jun 24, 2019 14:51 Seingat saya, pernah direview om chz di channel youtube SM. Monggo di cek kembali
disinggung disini heheheh review taon lalu...

Pros nya
- Ini mobil besar dan panjang tapi waktu nyetir gak berasa gambot. Handlingnya lincah untuk mobil SUV sebesar ini. Mirip kayak bawa CX-5 tapi besar. Feel kabinnya pun sama persis.
- Beda dgn mazda-mazda lain yang orientasinya lebih ke sporty, CX-9 rasanya salah satu mobil Mazda dengan feel paling halus yang pernah saya bawa.
- Mesin 2.5 Turbo nya sangat smooth. Ntah kenapa feelnya bisa menyerupai mesin cc besar silinder banyak. Transisi dari turbo lag sampai turbo aktif bener-bener lebih mirip mesin 3.5 Liter bensin padahal mobil ini dgn bbm pertabo torsinya sampai 470Nm yang disalurkan ke roda depan.
- Mobil ini nyaris tidak mempunyai direct competitor. Satu-satunya direct competitor secara size mungkin Hyundai SantaFe baru, tapi itupun CX-9 sudah menang banyak dengan features dan tenaga (194hp vs 250hp). Sayangnya SantaFe tidak mengeluarkan versi 3.3 V6 yang bisa jadi direct competitor. Plus, Mazda juga secara kualitas lebih premium.

Cons
- Saking generiknya CX-9 dan CX-5, feel kabinnya terasa terlalu generik dengan adiknya, dan ntah kenapa apa kabin CX-5 yang terlalu mewah atau kabin CX-9 yang terlalu sederhana untuk mobil 800 juta. Intinya, anda tidak terlalu berasa spesial di mobil ini.
- Mobil ini penggeraknya FWD dan bukan AWD, walau memiliki kontrol traksi tapi tetep kadang bikin tidak pede mobil FWD bertorsi besar. Rawan torque steer. Di beberapa kesempatan juga terasa sekali torque steernya.
- Bantingan mobil ini lebih brasa seperti SUV 500juta dibanding 800 juta. Ntah ini faktor ban unit tes saya (BS Ecopia) atau bukan. Pokoknya ride nya tidak terasa lebih spesial dibanding CX-5.

Intinya kalau cari SUV keluarga berukuran besar untuk keluarga, CX-9 sangat bagus value nya. Apalagi dari sisi brand juga premium dan bukan brand underdog gurem yang nasibnya gak jelas.
Pernah TD power dan torsi terasa linear, tidak menghentak. Tanya ke Supv nya karena turbonya pakai system dynamic pressure turbo. Suction turbo ada 2 line kecil dan besar. Line yang besar dipasang pressure control valve dimana saat low rev PCV nya nutup, udara hanya lewat jalur yg kecil dan saat high rev PCV membuka. Minim turbo lag dan tenaga terasa linear. Berbeda sekali dengan turbo konvensional yang hanya punya 1 suction line dimana terasa sekali hentakan.
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by Pugman »

ChZ wrote: Sat Nov 16, 2019 8:41
carvadrive wrote: Mon Jun 24, 2019 14:51 Seingat saya, pernah direview om chz di channel youtube SM. Monggo di cek kembali
disinggung disini heheheh review taon lalu...

Pros nya
- Ini mobil besar dan panjang tapi waktu nyetir gak berasa gambot. Handlingnya lincah untuk mobil SUV sebesar ini. Mirip kayak bawa CX-5 tapi besar. Feel kabinnya pun sama persis.
- Beda dgn mazda-mazda lain yang orientasinya lebih ke sporty, CX-9 rasanya salah satu mobil Mazda dengan feel paling halus yang pernah saya bawa.
- Mesin 2.5 Turbo nya sangat smooth. Ntah kenapa feelnya bisa menyerupai mesin cc besar silinder banyak. Transisi dari turbo lag sampai turbo aktif bener-bener lebih mirip mesin 3.5 Liter bensin padahal mobil ini dgn bbm pertabo torsinya sampai 470Nm yang disalurkan ke roda depan.
- Mobil ini nyaris tidak mempunyai direct competitor. Satu-satunya direct competitor secara size mungkin Hyundai SantaFe baru, tapi itupun CX-9 sudah menang banyak dengan features dan tenaga (194hp vs 250hp). Sayangnya SantaFe tidak mengeluarkan versi 3.3 V6 yang bisa jadi direct competitor. Plus, Mazda juga secara kualitas lebih premium.

Cons
- Saking generiknya CX-9 dan CX-5, feel kabinnya terasa terlalu generik dengan adiknya, dan ntah kenapa apa kabin CX-5 yang terlalu mewah atau kabin CX-9 yang terlalu sederhana untuk mobil 800 juta. Intinya, anda tidak terlalu berasa spesial di mobil ini.
- Mobil ini penggeraknya FWD dan bukan AWD, walau memiliki kontrol traksi tapi tetep kadang bikin tidak pede mobil FWD bertorsi besar. Rawan torque steer. Di beberapa kesempatan juga terasa sekali torque steernya.
- Bantingan mobil ini lebih brasa seperti SUV 500juta dibanding 800 juta. Ntah ini faktor ban unit tes saya (BS Ecopia) atau bukan. Pokoknya ride nya tidak terasa lebih spesial dibanding CX-5.

Intinya kalau cari SUV keluarga berukuran besar untuk keluarga, CX-9 sangat bagus value nya. Apalagi dari sisi brand juga premium dan bukan brand underdog gurem yang nasibnya gak jelas.
Kalau dibandingkan Mazda8 soal feel dimensi gimana Om?
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by josomba »

ChZ wrote: Sat Nov 16, 2019 8:41
disinggung disini heheheh review taon lalu...

-cut-
- Bantingan mobil ini lebih brasa seperti SUV 500juta dibanding 800 juta. Ntah ini faktor ban unit tes saya (BS Ecopia) atau bukan. Pokoknya ride nya tidak terasa lebih spesial dibanding CX-5.

Intinya kalau cari SUV keluarga berukuran besar untuk keluarga, CX-9 sangat bagus value nya. Apalagi dari sisi brand juga premium dan bukan brand underdog gurem yang nasibnya gak jelas.
Njir...mobil >500 jt dikasih BS Ekopicrot??
Image
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by maastricht889 »

josomba wrote: Sun Nov 17, 2019 1:27
ChZ wrote: Sat Nov 16, 2019 8:41
disinggung disini heheheh review taon lalu...

-cut-
- Bantingan mobil ini lebih brasa seperti SUV 500juta dibanding 800 juta. Ntah ini faktor ban unit tes saya (BS Ecopia) atau bukan. Pokoknya ride nya tidak terasa lebih spesial dibanding CX-5.

Intinya kalau cari SUV keluarga berukuran besar untuk keluarga, CX-9 sangat bagus value nya. Apalagi dari sisi brand juga premium dan bukan brand underdog gurem yang nasibnya gak jelas.
Njir...mobil >500 jt dikasih BS Ekopicrot??
Iya om, harrier baru pun gitu instead of dueler 687 yg sekarang. Padahal kl cx9, sebenernya pas awal keluar pake falken ziex st/z05. Abis itu untung2an bs dapet falken kl saya perhatiin
Memberbaruapril19
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Mon Apr 01, 2019 9:51

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by Memberbaruapril19 »

Setelah dibandingkan dg all new santa fe kok bagusan all new santa fe ya... Mazda menang mahal doang
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by ChZ »

akulemu wrote: Sat Nov 16, 2019 8:47 @Chz kebanyakan torsinya, um. 420 Nm ajah. 470 digas ndongak terus kagak ngegrip2 akaka

Sbnerenya soal interior, cx9 saat launch nya di 2016 itu naik kelas banget dibanding cx 5 di taun yang sama.

Saya barusan upgrade cx5 2014 ke cx 9 2019 (versi indo, versi luar ada update di speedo). Kalo lompatan pengalamannya kayak di saya, sensasinya jauh banget. Apalagi dulu cx5 versi awal masi jok putih. Skrg cx9 indo udah item semua jok nya, premium feel nya signifikan sekali. Pelan2 ane siapken review nye wkwk
klw pake ron92 230hp/420Nm iya um, pake ron98 jadi 250hp/470Nm. di versi luar ada 2 output gini. mapping mesinnya emang dibuat gitu. web mazda indo ga lengkap rasanya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
akulemu
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Wed Jun 13, 2012 9:11
Location: Persebaya sampe tuek
Daily Vehicle: Venturer + cx9 sky + mobilio rs mt

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by akulemu »

@CHz whut? Stau saya emang nambah jadi 250 hp nya, vro. Tapi torque jadi 480 harusnya engga deh.

Kalo saya baca2, dia pake ron 87 jadi 228 HP (231 PS, angka yg dipasarin di indo). Kalo pake ron 93 barulah 250 HP, tapi segala info yang saya baca nyatain perubahan hp aja, torque tetep sama dengan RON premium/ non premium.

Saya sih jingkrak2 aja kalo info nya bro bener :upss:
Cars have soul.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by ChZ »

Pugman wrote: Sat Nov 16, 2019 14:54
Kalau dibandingkan Mazda8 soal feel dimensi gimana Om?
kalo ane masih lebih berasa secure bawa Mazda8 daripada ini :mky_01: CX-9 panjang banget emang.
erwinign wrote: Sun Nov 17, 2019 4:06
josomba wrote: Sun Nov 17, 2019 1:27
Njir...mobil >500 jt dikasih BS Ekopicrot??
Iya om, harrier baru pun gitu instead of dueler 687 yg sekarang. Padahal kl cx9, sebenernya pas awal keluar pake falken ziex st/z05. Abis itu untung2an bs dapet falken kl saya perhatiin
yoi ane jg kaget dikasi ecopia. mobil FWD torsi monster gini dikasi ekopitak :mky_05: oh skrg untung untungan juga ya, kirain itu ban khusus unit TD dan display aja.
akulemu wrote: Mon Nov 18, 2019 3:27 @CHz whut? Stau saya emang nambah jadi 250 hp nya, vro. Tapi torque jadi 480 harusnya engga deh.

Kalo saya baca2, dia pake ron 87 jadi 228 HP (231 PS, angka yg dipasarin di indo). Kalo pake ron 93 barulah 250 HP, tapi segala info yang saya baca nyatain perubahan hp aja, torque tetep sama dengan RON premium/ non premium.

Saya sih jingkrak2 aja kalo info nya bro bener :upss:
hmmm seingat saya dulu waktu awal awal keluar 420 on regular gas, 470 on premium gas. tp ane lupa infonya dimana. tapi believable karena kenaikan output 20hp pasti ada kenaikan torque krn rev limiternya tidak berubah, cuma mapping mesin saja.

hp naik pasti antara rev limiter dinaikin atau torque bertambah, nah logikanya kalo ubah bensin ubah mapping rev limiter tdk berubah torque pasti naik menyebabkan kenaikan hp.

tp torque (peak) naik blm tentu hp naik, krn bisa saja peak torque nya di low rev abis itu ngempos (kayak 2GD fortuner vs innova torque peak beda tp output tetep sama).
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
akulemu
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Wed Jun 13, 2012 9:11
Location: Persebaya sampe tuek
Daily Vehicle: Venturer + cx9 sky + mobilio rs mt

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by akulemu »

@CHz iya harusnya gt yah, hp naik torque ga naik sebenrnya emang susah di nalar.

Tapi coba bro liat video or artikel ttg ini, trutama waktu cx9 turbo awal2 di pamerin 2016 di usa. Disitu engineernya sndiri bilang, "dengan ron 87 customer masih akan bisa menikmati torsi yg sama". Itu tagline yang saya selalu inget waktu peluncurannya mesin mazda 2.5 turbo.

420 nm fwd aja udah terasa konyol, opo meneh 480.. spin aja terus sampe di kesudahan waktu.. :mky_03:
Cars have soul.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by ChZ »

akulemu wrote: Mon Nov 18, 2019 4:26 @CHz iya harusnya gt yah, hp naik torque ga naik sebenrnya emang susah di nalar.

Tapi coba bro liat video or artikel ttg ini, trutama waktu cx9 turbo awal2 di pamerin 2016 di usa. Disitu engineernya sndiri bilang, "dengan ron 87 customer masih akan bisa menikmati torsi yg sama". Itu tagline yang saya selalu inget waktu peluncurannya mesin mazda 2.5 turbo.

420 nm fwd aja udah terasa konyol, opo meneh 480.. spin aja terus sampe di kesudahan waktu.. :mky_03:
barangkali sama brutalnya maksudnya :ngacir:

400Nm+ di mobil FWD mau 420 mau 470 itungannya udah cukup brutal. by feeling alone kenaikan 50Nm dari 420 ke 470 itu gak terlalu berasa.

dah cukup ngerasain torsi segitu di santafe diesel segimana ganasnya bikin setir lari-lari kalo dibejek :ngacir: CX-9 masih mending ada traction controlnya. yah bisa lah jadi 500Nm+ kena jampi jampinya mbah bebonk :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by kunaskun »

akulemu wrote: Mon Nov 18, 2019 4:26 @CHz iya harusnya gt yah, hp naik torque ga naik sebenrnya emang susah di nalar.

Tapi coba bro liat video or artikel ttg ini, trutama waktu cx9 turbo awal2 di pamerin 2016 di usa. Disitu engineernya sndiri bilang, "dengan ron 87 customer masih akan bisa menikmati torsi yg sama". Itu tagline yang saya selalu inget waktu peluncurannya mesin mazda 2.5 turbo.

420 nm fwd aja udah terasa konyol, opo meneh 480.. spin aja terus sampe di kesudahan waktu.. :mky_03:
hp naik, torque ga naik memang kaya mustahil, bisa karena torque juga naik tapi ga banyak2 amat misal palingan 20-30 nM = ga menjual, karena biasanya konsumen kan liatnya dari hp = more hp more sales materian atau bisa juga menilik ajaibnya mesin zaman now bisa saja kali ya, mainin ECU untuk gain higher hp dengan naikin limiter atau timing injection at higher rpm, jadi hp naik banyak tapi torque ga nambah.

kalau bensin si mendinganlah daripada diesel. torquenya ga langsung peak dan flat out, jadi ga halus, kalau bensin setidaknya biarpun turbo direct injection modern, torque peak at higher rpm than diesel, dan hantarannya lebih manusiawi karena rpm bisa agak tinggian = napas rada panjang.

btw, di daerah saya si hanya ada satu ekor cx9 2019, hitam, kalau selintas mirip banget dengan CX5 2018/19 yg ada beberapa ekor [emo-yesno] karena ga tau kenapa, bener2 kaya susah gitu dibedain selintas. kecuali diperhatiin banget eh pelek gede amat ya, oh baris ketiga lebih panjang = buntut lebih panjang, baru sadar d itu cx9. untuk harganya sekarang si menurut saya good deal ya, semacam CRV/SUV ladder frame naik kelas tapi ga mau Eropa karena dapetnya kelas yang ukurannya kecil/kompak, dan alphard too much atau sudah punya.
akulemu
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Wed Jun 13, 2012 9:11
Location: Persebaya sampe tuek
Daily Vehicle: Venturer + cx9 sky + mobilio rs mt

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by akulemu »

Pugman wrote: Sat Nov 16, 2019 14:54
Kalau dibandingkan Mazda8 soal feel dimensi gimana Om?
PxL

Alphard 4915 mm x 1850 mm

Land Cruiser 200 4990 mm x 1980 mm

CX9 5075 mm x 1969 mm


Ga nyangka lebi monyong cx9 8.5 cm dari pada lc200. Lebar lebi sempit 1 cm. Tapi wheelbase memang roti tawar ga ada matinya :big_biglaugh:
Cars have soul.
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by evolution21 »

ChZ wrote: Sat Nov 16, 2019 8:41
- Bantingan mobil ini lebih brasa seperti SUV 500juta dibanding 800 juta. Ntah ini faktor ban unit tes saya (BS Ecopia) atau bukan. Pokoknya ride nya tidak terasa lebih spesial dibanding CX-5.
tragis sekali cx9 ban nya Ecopia?
OMG OMG OMG
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by maastricht889 »

evolution21 wrote: Mon Nov 18, 2019 5:13
ChZ wrote: Sat Nov 16, 2019 8:41
- Bantingan mobil ini lebih brasa seperti SUV 500juta dibanding 800 juta. Ntah ini faktor ban unit tes saya (BS Ecopia) atau bukan. Pokoknya ride nya tidak terasa lebih spesial dibanding CX-5.
tragis sekali cx9 ban nya Ecopia?
OMG OMG OMG
Di china pun saya liat sendiri cx5 awd pake ecopia kok om, gedek2 aja saya hahahah. Padahal crv turbo disana pake yoko geolandar
ericksip
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Sun Jul 14, 2019 13:51
Daily Vehicle: X3 BMW

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by ericksip »

mau lihat kelas mobil coba lihat ban yang digunakan
they said it all
akulemu
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Wed Jun 13, 2012 9:11
Location: Persebaya sampe tuek
Daily Vehicle: Venturer + cx9 sky + mobilio rs mt

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by akulemu »

ChZ wrote: Sat Nov 16, 2019 8:41
- Bantingan mobil ini lebih brasa seperti SUV 500juta dibanding 800 juta. Ntah ini faktor ban unit tes saya (BS Ecopia) atau bukan. Pokoknya ride nya tidak terasa lebih spesial dibanding CX-5.
Dengan gelisah hari ini aku cek ban, eah ternyata punya ane juga ekopatrio yang lagi dihakimi. Dulu cx5 dikasi toyo proxes.

Emang ban ngefek segitunya ya bro di comfortability? Bukannya cuman urusan grip? Kalo mau ganti yang sesuai marwah aslinya cx9 harusnya merk apa ya? Saya ga ngerti blas soal ban
Cars have soul.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by maastricht889 »

akulemu wrote: Tue Nov 19, 2019 15:32
ChZ wrote: Sat Nov 16, 2019 8:41
- Bantingan mobil ini lebih brasa seperti SUV 500juta dibanding 800 juta. Ntah ini faktor ban unit tes saya (BS Ecopia) atau bukan. Pokoknya ride nya tidak terasa lebih spesial dibanding CX-5.
Dengan gelisah hari ini aku cek ban, eah ternyata punya ane juga ekopatrio yang lagi dihakimi. Dulu cx5 dikasi toyo proxes.

Emang ban ngefek segitunya ya bro di comfortability? Bukannya cuman urusan grip? Kalo mau ganti yang sesuai marwah aslinya cx9 harusnya merk apa ya? Saya ga ngerti blas soal ban
Jauhhhh om, even di mobil pasaran pun kerasa banget. Pernah dulu di ertiga saya, depan ngabisin champ eco (pindahan dr belakang, ganti 2016) dan yg di belakang pasang falken ziex 912. Efeknya kl belok2 pantatnya lebih nurut, tapi distraction tetep ada gara2 ban depan masih champ eco wkt takeover kerasa nggak stabil sama sekali. Setelah itu ban depan ganti ke falken 912 (2017), naikan bener2 mirip mobil kelas diatasnya terutama soal noise jauh berkurang dan handling cukup signifikan lbh baik (stability sama waktu takeover lebih pede).

Tahun lalu, yaris bakpao pakai GT champ BXT (ganti 2014 semuanya, penggantian di 2018 jalan 40000km kondisi retak rambut depan belakang). Selama pemakaian bener2 gondok. Berisiknya ampun2, spooring bs 2x setahun, stir kl manuver dikit pas jalan dalkot spt speleng/agak "kepleset" dikit rodanya. Akhirnya ganti ke falken ziex 914 ecorun, mobil bener2 kaya baru rasanya. Road noise jauh berkurang, grip mirip potenza re080 bawaannya, stability di tol balik spt aslinya pas jaman pake potenza. Falken 914 sama potenza cuma beda di noise lbh halus 914, dan lebih empuk 914 dikit.

Sekarang avanza 1.3 E (pelek kaleng), ban depan achilles platinum (kondisi udah deket TWI) - belakang dunlop SP touring R1 ganti jan 2019 (sama2 ban murah, selisih 50rb lebih mahal dunlop). Bantingan di belakang cukup mendingan, nggak gabruk2 pas pake ban sebelumnya (kombinasi B250 serep sama SP10 bekas nggak jelas). Yg achilles platinum di depan, pernah pas hujan saya terpaksa lewat becekan, bag depan mobil rasanya bener2 ngangkat. Dah nggak sabar mau buang yg achilles ini.

Tapi balik lagi om kl bicara comfort ban itu, ada tipe ban yg touring (all rounder) spt falken2 yg saya sebutin, michelin primacy, BS turanza, hankook ventus (biasa tapaknya asymmetric). Dan ban khusus performance sport spt toyo T1R, BS potenza adrenalin RE003, michelin pilot sport series (cenderung symmetrical tapaknya, dan ada yg cenderung agak semi slick di tapaknya kaya potenza adrenalin)

BTT, kalau di cx9 yg saya perhatiin alt ban oem nya falken ziex ST/Z 05 om, waktu batch awal pakai ban ini. Biasa di size yg sama kl di toko ban ya alt nya toyo proxes, michelin, yokohama parada setau saya. Coba cari2 di tyre review om, banyak kok buat size nya cx9 255/45/R20 mestinya CMIIW