Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: b8099ok, y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo

Post Reply
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2137
Joined: 06 Mar 2011, 21:00

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by PRBS »

patrickstar wrote:
30 Apr 2019, 15:07
Eh, kalo ada orang yg ngomong kasar & kaya ngga berpendidikan, terus kita jawabnya kasar juga, jadinya ngga ada bedanya kita ama dia.
Biarpun dongkol, kalem aja om. Atau diemin aja. Peace.
Orang kasar kayak gitu biasanya tong kosong nyaring bunyinya.. bales aja dengan data, and stay cool.. nanti either doi menghilang atau makin ga jelas sendiri

evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1542
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by evanbngdor »

patrickstar wrote:
30 Apr 2019, 15:07
Eh, kalo ada orang yg ngomong kasar & kaya ngga berpendidikan, terus kita jawabnya kasar juga, jadinya ngga ada bedanya kita ama dia.
Biarpun dongkol, kalem aja om. Atau diemin aja. Peace.
"Kedewasaanmu terlihat dari bagaimana caramu bersikap"

#quoteoftheday

:mky_04: :mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T

farizfsa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1232
Joined: 10 Nov 2015, 09:40

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by farizfsa »

Memberbaruapril19 wrote:
29 Apr 2019, 17:12
krniawnhdr wrote:
29 Apr 2019, 13:20
martinnn wrote:
29 Apr 2019, 10:28
RWD dan ladder frame = auto laku di market indon... [emo-police] [emo-police] [emo-police]
kenyamanan keluarga yang dibawa orientasi nomer sekian, gitu kah? :mky_04:
Betul bro, orang indon gak ketulungan g*bloknya. Beli mobil mahal dapatnya sasisnya truk yg gak laku dinegara maju. Disini dipuja2.
hehe mas nya emg org apa sih? penasaran aing

cadillac escalade, chevy suburban, chevy tahoe, ford expedition, GMC Yukon, Jeep Wrangler laku loh di negara maju (USA), itu masih body on frame aka ladder frame chassis

jualan ente juga masih ada yg ladder frame, hyundai H1 bor, ga ada nyaman2nya di bandingin mercy viano tua ane.

sblm ngmng do more research bor :ngacir: :ngacir:
BMW 520d F10 2014
Audi Q7 V6 TDI 4L 2008
Toyota Camry 2.5V XV50 2012

adrianomyman
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: 26 Mar 2018, 20:04
Location: Indnesia
Daily Vehicle: Car

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by adrianomyman »

Dsember lalu jalan2 3 mbl sama 2 kakak ane ke dantob. Ane bw old terios, kk tertua old ertiga, yg 1 lg xenia1300cc, semuanya manual.
Singkat crita rombongan pecah, akhirnya kk tertua ane kesasar pas cr hotel. Kkpun nurut ama warga setempat pas kesasar nyari hotel , ditunjukin jalan potong yg nanjak panjaaang, motong bukit keknya bs nyampe 30 derajat kemiringannya, aspal msh basah bercampur sdkt tanah.Penumpang 5, barang jg penuh bagasi. Mbl kk sukses lewat dgn tanpa slip. dia cerita panteng gear 1 trus pelan2.
Jadi, sy yakin bgt fwd bs nanjak asal ban tepat, momennya jg pas. Ertiga lama itu sangat capable klo nanjak meski dia fwd. Oiya, ban waktu itu ar20.
Kalo monokok dan ladder kan soal kapabilitas mengangkut aja. Selama g bawa 1ton mah aman lah monokok 😁

User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: 03 Sep 2016, 20:25
Daily Vehicle: Galant

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by michaelgiri93 »

martinnn wrote:
30 Apr 2019, 08:53

kalau bawa sedan sya terganggu dengan mobil2 lain yang sorot lampunya seakan akan langsung kena ke bangku supir.... :mky_01:
Eer kalo ini saya setuju banget
Apalagi kalau lawan ngedim, duh silaunya
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt

User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1044
Joined: 05 Jan 2016, 07:58
Location: Jakarta

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by paidjho »


mr_mytplx wrote:
Or4cle wrote:
30 Apr 2019, 10:15
Memberbaruapril19 wrote:
29 Apr 2019, 17:12
Betul bro, orang indon gak ketulungan g*bloknya. Beli mobil mahal dapatnya sasisnya truk yg gak laku dinegara maju. Disini dipuja2.
Hati - hati dengan pemilihan kata ... Indonesia bukan Indon.
Dan tidak ada orang g*blok yang bisa earning dan spent 400 - 500 juta untuk membeli mobil.
Apabila ada "mobil ternyaman Asia" tetapi volume penjualannya kurang bagus mestinya jadi pertanyaan tohh ?
setuju om. alangkah baiknya moderator bertindak.
Dah gpp buat lucu2an...

Pikniknya mungkin kurang jauh...

ImageImageImage

bapakne_satya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 322
Joined: 18 Dec 2012, 14:05
Location: Balikpapan-Yogyakarta
Daily Vehicle: ANKI G 2016 - Ertiga GX 2013

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by bapakne_satya »

Setuju RWD punya keuntungan di tanjakan, lalu Chassis ga relevan dan ga ada hubungannya dengan tanjakan atau turunan

User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3278
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by marmut »

diantara FWD dan RWD, sudah pasti FRD pemenangnya.

heil FRD..!!!

:big_smoking:
pipes - cigars - coffee

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3782
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by ginting »

ZEXELGRIFONE wrote:Ini ga terbatas pada SUV kan ya?
Mpv boleh? Klo nanjak kayaknya sih kuat2 aja.. yg jadi masalah mungkin traksi bannya..

Pengalaman..
Rumah ortu ane, ada garasi dengan carport didepannya. Tapi carportnya nanjak dgn bagian 1/2 atas adalah lantai keramik yg klo kena air licin dan sisa bagian bawah adalah lantai cor2an semen biasa yg lebih kasar.
Nah saya biasa nyuci mobil di carport situ dgn posisi menanjak.

Manakala nyuci lio ane (pas ane mudik), kebetulan ban depan pas bgt bertumpu di lantai keramik (bagian atas carport), alhasil habis nyuci, lantai keramik masih basah, mo masukin lio ke garasi, ban depan ngesot2 dulu. Atau kudu mundur dulu ancang2, atau nunggu lantai keramiknya kering.

Nah pas nyuci Xenia ortu. Posisi sama, tapi roda belakang bertumpu pada lantai cor semen itu. Alhasil klo habis nyuci, masukin ke garasi jg bisa langsung, karena ban belakang dapat traksi cukup.
Tapi.. klo pas berhenti dan roda belakang bertumpu pada bagian atas (lantai keramik basah) kasusnya jadi mirip.. xenia ngesot2 ban belakangnya saat mo masuk garasi, meskipun ga sering jg. Kudu mundur ancang2 dulu atau nunggu lantai keramiknya kering.

Keduanya masih pake ban std..

Oia sekalian nanya, yg kayak gitu (ngesot ga dapet traksi) bisa ga sih diatasi dengan asc/vsc?
fungsi VSC atau ESC itu kerja bareng Traction Control yaitu ngurangi power mesin di sisi roda yg slip. supaya saat jalan nikung gak makin parang olengnya.

Jadi utk kasus oom sih solusinya bukan ESC..tp layout FWD bikin kurang traksi ban depan saat ndongak. solusinya adalah cor semua garasinya, oom..


ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3782
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by ginting »

Buat semua oom oom yg mau diskusi, ini saung kita saling tukar pikiran sehat.
jangan emosi dan tetap cool.
mbela merk silahkan saja tapi tetap open minded, dan jangan flaming.

btw, ini SM bukan forum sebelah..mohon disesuaikan unggah ungguhnya sesuai lokasi.

Terima kasih pengertiannya.

Salam dari momods.

User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2711
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2019 Mitsubishi Pajero Sport Dakar

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by b8099ok »

Memberbaruapril19 wrote:
29 Apr 2019, 17:08
krniawnhdr wrote:
29 Apr 2019, 16:31
quyquy wrote:
29 Apr 2019, 15:30
2 hal yang jelas keunggulan RWD ladder frame:

1. Umur sparepart kaki2 lebih lama dibanding FWD. Sparepart nya ya shok dan link2nya.
2. Kenyaman ketika melewati jalan makadam berbatu, jalan keriting banyak lubang (karena getaran dari kaki2 selain teredam suspensi juga teredam oleh bushing2 dari bodi ke chasisnya..

Diluar itu mah fiffty2..

Tp kalau tanjakan terjal, berhenti di tengah2, kondisi jalannya basah, rwd msh bisa merangkak. Kalau nggak terjal2 banget, fwd msh mumpuni. Ya awalnya sempat spin dikit habis itu bisalah dikit2 naik..

Nah ukuran terjal ini yg susah terukur. Sehingga keunggulan rwd yg jelas ya yg saya tulis diatas tadi.
untuk nomor 2, rasanya masih unclear ya....
RWD ladder frame lebih nyaman dipakai di jalan berbatu/keriting/berlubang dibanding FWD monokok. Jadi apakah innova reborn lebih nyaman dipakai di jalan berbatu/keriting/berlubang dibanding crv turbo/hyundai santa fe? hmmm...rasanya perlu analisa lebih jauh :mky_01:

nah untuk yang di tanjakan terjal, melanjutkan pertanyaan thread saya di awal...langsung ke contoh kasus,
apa iya misal hyundai new santa fe diesel (193hp/441Nm) bakal ngos-ngosan buat naik di tanjakan terjal habis berhenti di tengah2,, dibanding innova reborn diesel (149hp/360Nm) ??
menang di rwd tapi kalah di spek..
Sudah pasti menang santa fe bro, dari hp torsi dan akselerasi aja ketahuan menang siapa.

Nyaman? Jelas santa fe lah, santa fe yg lama aja mobil asia ternyaman, cuma lexus ls yg lbh nyaman itupun sedikit. Yg baru ini pasti ls kalah sama santa fe dalam hal kenyamanan
Yuk om kita adu, sy fur om jalan duluan deh.
Tune and drive! :big_love:

P47hos
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 277
Joined: 16 Feb 2018, 21:23
Location: Kalimantan

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by P47hos »

Klo menurut saya lebih ke penggerak rodanya dan pengalaman drivernya. Untuk yg baru belajar, bawa RWD Ditanjakan relatif lebih mudah dibandingkan bawa FWD, tp klo drivernya sudah terbiasa/berpengalaman, seharusnya tidak akan bermasalah ketika bawa FWD. Trik nya klo bawa FWD, harus pandai mainkan gas/RPM.. gas jgn main bejek sampe mentok tapi lebih kaya diayun/dimainkan supaya tetap di torsi optimal. Ini berlaku buat FWD bensin N/A yg rata2 torsinya di 3000an rpm
Last edited by P47hos on 30 Apr 2019, 22:55, edited 1 time in total.

jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: 28 Nov 2008, 16:04
Location: jkt

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by jivos »

jd inti dr treadnya si sante fe yg monokok itu kah? dg m'explore kelibihan monokok vs ladder n menetralisir penggeraknya yg fwd? :wkkk:
Last edited by jivos on 30 Apr 2019, 23:00, edited 1 time in total.
"Straight road are for fast cars,Turns are for fast drivers"............Colin McRae.RallyLegend

arinugroho14
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: 12 Feb 2017, 12:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by arinugroho14 »

Bayangkan kita sdg bawa gerobak menaiki ramp keramik basah.

Mending kita mendorong gerobak, atau kita menarik gerobak?
Tergantung alas kakinya, kl masih nge"grip" ya kuat2 saja

Atau kita mnta bantuan teman utk dorong/tarik (All wheel drive). Tentunya, alas kakinya jga harus nge"grip"

Senargitar
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: 11 Dec 2015, 19:21

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by Senargitar »

jivos wrote:
30 Apr 2019, 22:54
jd inti dr treadnya si sante fe yg monokok itu kah? dg m'explore kelibihan monokok vs ladder n menetralisir penggeraknya yg fwd? :wkkk:
Padahal seharusnya gak ada hubungannya antara monokok dan ladder frame thd. Kemampuan menanjak.

Harusnyaa kalau mau bahas, cukup bahas fwd vs rwd ditanjakan. Gak perlu bawa bawa sasisnya

Tampanman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 256
Joined: 31 Dec 2018, 19:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by Tampanman »

Senargitar wrote:
30 Apr 2019, 23:57
jivos wrote:
30 Apr 2019, 22:54
jd inti dr treadnya si sante fe yg monokok itu kah? dg m'explore kelibihan monokok vs ladder n menetralisir penggeraknya yg fwd? :wkkk:
Padahal seharusnya gak ada hubungannya antara monokok dan ladder frame thd. Kemampuan menanjak.

Harusnyaa kalau mau bahas, cukup bahas fwd vs rwd ditanjakan. Gak perlu bawa bawa sasisnya
Yap betul, klo pertanyaannya nyaman mana kalo dijalan rusak, baru boleh bawa2 monokok atau ladderframe

jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: 28 Nov 2008, 16:04
Location: jkt

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by jivos »

Tampanman wrote:
01 May 2019, 00:29
Senargitar wrote:
30 Apr 2019, 23:57
jivos wrote:
30 Apr 2019, 22:54
jd inti dr treadnya si sante fe yg monokok itu kah? dg m'explore kelibihan monokok vs ladder n menetralisir penggeraknya yg fwd? :wkkk:
Padahal seharusnya gak ada hubungannya antara monokok dan ladder frame thd. Kemampuan menanjak.

Harusnyaa kalau mau bahas, cukup bahas fwd vs rwd ditanjakan. Gak perlu bawa bawa sasisnya
Yap betul, klo pertanyaannya nyaman mana kalo dijalan rusak, baru boleh bawa2 monokok atau ladderframe
tul betul um...
arahnya lbh ngegiring srh lirik k santa fe
"Straight road are for fast cars,Turns are for fast drivers"............Colin McRae.RallyLegend

liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: 24 Jun 2017, 22:39

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by liemivan86 »

Senargitar wrote:
jivos wrote:
30 Apr 2019, 22:54
jd inti dr treadnya si sante fe yg monokok itu kah? dg m'explore kelibihan monokok vs ladder n menetralisir penggeraknya yg fwd? :wkkk:
Padahal seharusnya gak ada hubungannya antara monokok dan ladder frame thd. Kemampuan menanjak.

Harusnyaa kalau mau bahas, cukup bahas fwd vs rwd ditanjakan. Gak perlu bawa bawa sasisnya
Nah, ini kayak pembahasan kemarin..

Kayaknya TS terbawa oleh typical di pasar Indonesia. Ada 2 typical pasar Indonesia, ladder frame RWD dan monocoque FWD. Ada beberapa di luar itu, monocoque RWD seperti mark X, Benz, BMW, dll, tapi tidak terlalu populer di Indonesia. Karena itu, umumnya orang awam (di luar maniak otomotif) akan berpikir kalo Ladder frame ya RWD, sedangkan monocoque FWD. Bahkan saya yakin banyak orang awam yang tidak tahu kalo Mark X itu RWD...

Padahal sebenarnya kalo memang cuma masalah nanjak, tidak ada hubungan antara chassis dan kemampuan nanjak..

User avatar
sintoni
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2971
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: Yaris

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by sintoni »

Sudah ada trit yang bahas beginian.

Kalau ga salah dulu di trit Mobilio baru keluar, jg ribut dibanding sama si Avanza kalau dibawa full load tanjakan.

Ini pro dan kontra ya pasti ribut, apalg masing2 punya pendapat personal sendiri.

arfs
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1248
Joined: 25 Jan 2016, 18:40
Location: Jakarta

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by arfs »

Ledderprem awd gtr yg terbaik....
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.

Balalaika
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: 10 Mar 2019, 07:53
Location: Papua
Daily Vehicle: Mercedes-Benz W202 C230

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by Balalaika »

sintoni wrote:
01 May 2019, 07:49
Sudah ada trit yang bahas beginian.

Kalau ga salah dulu di trit Mobilio baru keluar, jg ribut dibanding sama si Avanza kalau dibawa full load tanjakan.

Ini pro dan kontra ya pasti ribut, apalg masing2 punya pendapat personal sendiri.
Masalahnya yang pro dan kontra sama sama uda terlanjur beli mobilnya.. biasanya yang uda rasain enaknya pake RWD bakalan dukung RWD, sedangkan yang uda terlanjur beli FWD bakalan bilang gak ada bedanya.. :mky_07: :mky_07: :mky_07:

User avatar
sintoni
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2971
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: Yaris

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by sintoni »

Balalaika wrote:
01 May 2019, 08:54
sintoni wrote:
01 May 2019, 07:49
Sudah ada trit yang bahas beginian.

Kalau ga salah dulu di trit Mobilio baru keluar, jg ribut dibanding sama si Avanza kalau dibawa full load tanjakan.

Ini pro dan kontra ya pasti ribut, apalg masing2 punya pendapat personal sendiri.
Masalahnya yang pro dan kontra sama sama uda terlanjur beli mobilnya.. biasanya yang uda rasain enaknya pake RWD bakalan dukung RWD, sedangkan yang uda terlanjur beli FWD bakalan bilang gak ada bedanya.. :mky_07: :mky_07: :mky_07:
Nah, ya bener ini om. Sebagian pasti yang sudah punya mobil atau punya ketertarikan lebih ke beberapa merk tertentu, bahasa gampangnya: fenboi. Haha.

User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2422
Joined: 16 Aug 2017, 15:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS_Dakar

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by Winz »

jivos wrote:
01 May 2019, 01:15
Tampanman wrote:
01 May 2019, 00:29
Senargitar wrote:
30 Apr 2019, 23:57


Padahal seharusnya gak ada hubungannya antara monokok dan ladder frame thd. Kemampuan menanjak.

Harusnyaa kalau mau bahas, cukup bahas fwd vs rwd ditanjakan. Gak perlu bawa bawa sasisnya
Yap betul, klo pertanyaannya nyaman mana kalo dijalan rusak, baru boleh bawa2 monokok atau ladderframe
tul betul um...
arahnya lbh ngegiring srh lirik k santa fe
Ya ada betul'nya, mungkin ini yg diharap Om TS :big_biglaugh:

Tiap2 Mobil ada kelebihan dan kekurangan masing2 :big_peace:

ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 553
Joined: 21 Mar 2007, 16:49

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by ZEXELGRIFONE »

ginting wrote:
30 Apr 2019, 22:22
ZEXELGRIFONE wrote:Ini ga terbatas pada SUV kan ya?
Mpv boleh? Klo nanjak kayaknya sih kuat2 aja.. yg jadi masalah mungkin traksi bannya..

Pengalaman..
Rumah ortu ane, ada garasi dengan carport didepannya. Tapi carportnya nanjak dgn bagian 1/2 atas adalah lantai keramik yg klo kena air licin dan sisa bagian bawah adalah lantai cor2an semen biasa yg lebih kasar.
Nah saya biasa nyuci mobil di carport situ dgn posisi menanjak.

Manakala nyuci lio ane (pas ane mudik), kebetulan ban depan pas bgt bertumpu di lantai keramik (bagian atas carport), alhasil habis nyuci, lantai keramik masih basah, mo masukin lio ke garasi, ban depan ngesot2 dulu. Atau kudu mundur dulu ancang2, atau nunggu lantai keramiknya kering.

Nah pas nyuci Xenia ortu. Posisi sama, tapi roda belakang bertumpu pada lantai cor semen itu. Alhasil klo habis nyuci, masukin ke garasi jg bisa langsung, karena ban belakang dapat traksi cukup.
Tapi.. klo pas berhenti dan roda belakang bertumpu pada bagian atas (lantai keramik basah) kasusnya jadi mirip.. xenia ngesot2 ban belakangnya saat mo masuk garasi, meskipun ga sering jg. Kudu mundur ancang2 dulu atau nunggu lantai keramiknya kering.

Keduanya masih pake ban std..

Oia sekalian nanya, yg kayak gitu (ngesot ga dapet traksi) bisa ga sih diatasi dengan asc/vsc?
fungsi VSC atau ESC itu kerja bareng Traction Control yaitu ngurangi power mesin di sisi roda yg slip. supaya saat jalan nikung gak makin parang olengnya.

Jadi utk kasus oom sih solusinya bukan ESC..tp layout FWD bikin kurang traksi ban depan saat ndongak. solusinya adalah cor semua garasinya, oom..
Siap om. Dah kepikiran mo cor carportnya saja semua atau ganti keramiknya dgn yg lebih kasar teksturnya.

Tapi untk skrg ini, masih bisa diakalin dgn ancang2 mundur, atau nunggu keramiknya kering. Hehe..

mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1152
Joined: 20 Apr 2009, 13:17

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by mr_mytplx »

Tampanman wrote:
01 May 2019, 00:29
Senargitar wrote:
30 Apr 2019, 23:57
jivos wrote:
30 Apr 2019, 22:54
jd inti dr treadnya si sante fe yg monokok itu kah? dg m'explore kelibihan monokok vs ladder n menetralisir penggeraknya yg fwd? :wkkk:
Padahal seharusnya gak ada hubungannya antara monokok dan ladder frame thd. Kemampuan menanjak.

Harusnyaa kalau mau bahas, cukup bahas fwd vs rwd ditanjakan. Gak perlu bawa bawa sasisnya
Yap betul, klo pertanyaannya nyaman mana kalo dijalan rusak, baru boleh bawa2 monokok atau ladderframe
Lha ini dia. soal kemampuan menanjak monokok atau ladder ga bisa di jadikan patokan.

Tp buat ane pribadi kl tanjakannya jalannya rusak ane pilih naik ladder frame. Lebih peace of mind bawanya.

Dl ane ke umbul sidomukti berkali2 naik innova, kaki2 baik2 saja. Tp sekali ane bawa yaris ke sana pulangnya langsung klutuk2 kaki2 depannya.

Apa yaris bisa nanjak? yes bisa.

Apa yaris kuat nanjak? yes kuat.

ya tp itu ada bonus klutuk2 pulangnya.

Lain halnya di tanjakan cipularang, atau tanjakan sebelum tol banyumanik. Pakai monokok jelas lebih enak meliuk2 menyalip truk dan bus yg kehabisan nafas tapi ga mau minggir.

Btw TS nya mana ini ko ga nongol2 lagi.

:mky_03:

Post Reply