Page 5 of 10

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Wed May 01, 2019 4:42
by qushay20019
^ TS nya lagi sibuk komparasi kali om :big_biglaugh:

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Wed May 01, 2019 5:18
by Senargitar
Winz wrote: ↑Wed May 01, 2019 2:58
jivos wrote: ↑Tue Apr 30, 2019 18:15
Tampanman wrote: ↑Tue Apr 30, 2019 17:29
Yap betul, klo pertanyaannya nyaman mana kalo dijalan rusak, baru boleh bawa2 monokok atau ladderframe
tul betul um...
arahnya lbh ngegiring srh lirik k santa fe
Ya ada betul'nya, mungkin ini yg diharap Om TS :big_biglaugh:

Tiap2 Mobil ada kelebihan dan kekurangan masing2 :big_peace:
Tul om, ntah apa gunanya menggiring opini gini. Kalau suka dan cocok beli aja ngapain repot sama kata orang kata orang... Lain lagi kalau sales 🀣

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Wed May 01, 2019 5:57
by ginting
ZEXELGRIFONE wrote:
ginting wrote: ↑Tue Apr 30, 2019 15:22
ZEXELGRIFONE wrote:Ini ga terbatas pada SUV kan ya?
Mpv boleh? Klo nanjak kayaknya sih kuat2 aja.. yg jadi masalah mungkin traksi bannya..

Pengalaman..
Rumah ortu ane, ada garasi dengan carport didepannya. Tapi carportnya nanjak dgn bagian 1/2 atas adalah lantai keramik yg klo kena air licin dan sisa bagian bawah adalah lantai cor2an semen biasa yg lebih kasar.
Nah saya biasa nyuci mobil di carport situ dgn posisi menanjak.

Manakala nyuci lio ane (pas ane mudik), kebetulan ban depan pas bgt bertumpu di lantai keramik (bagian atas carport), alhasil habis nyuci, lantai keramik masih basah, mo masukin lio ke garasi, ban depan ngesot2 dulu. Atau kudu mundur dulu ancang2, atau nunggu lantai keramiknya kering.

Nah pas nyuci Xenia ortu. Posisi sama, tapi roda belakang bertumpu pada lantai cor semen itu. Alhasil klo habis nyuci, masukin ke garasi jg bisa langsung, karena ban belakang dapat traksi cukup.
Tapi.. klo pas berhenti dan roda belakang bertumpu pada bagian atas (lantai keramik basah) kasusnya jadi mirip.. xenia ngesot2 ban belakangnya saat mo masuk garasi, meskipun ga sering jg. Kudu mundur ancang2 dulu atau nunggu lantai keramiknya kering.

Keduanya masih pake ban std..

Oia sekalian nanya, yg kayak gitu (ngesot ga dapet traksi) bisa ga sih diatasi dengan asc/vsc?
fungsi VSC atau ESC itu kerja bareng Traction Control yaitu ngurangi power mesin di sisi roda yg slip. supaya saat jalan nikung gak makin parang olengnya.

Jadi utk kasus oom sih solusinya bukan ESC..tp layout FWD bikin kurang traksi ban depan saat ndongak. solusinya adalah cor semua garasinya, oom..
Siap om. Dah kepikiran mo cor carportnya saja semua atau ganti keramiknya dgn yg lebih kasar teksturnya.

Tapi untk skrg ini, masih bisa diakalin dgn ancang2 mundur, atau nunggu keramiknya kering. Hehe..
jadi ingat oom..dulu sy saat mbangun rumah yg skrg, saya terpaksa ngontrak dulu.
nah, rumah kontrakan itu garasinya nanjak dan full keramic licin..
karena pas di pengkolan maka susah masuk ke garasi.
kalau hujan spin spin..
salah satu solusi ngakalinya adalah pakai KESET kaki taruh di bawa roda..supaya ada traksi..
cari yg kasar.
lebih murah..

atau beli karpet kamar mandi, cari bahan rubber..taruh jadi alas..
moga moga gak.perlu babat keramik..

#hemat-uang



Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Wed May 01, 2019 10:32
by mike22
patrickstar wrote: ↑Tue Apr 30, 2019 8:07 Eh, kalo ada orang yg ngomong kasar & kaya ngga berpendidikan, terus kita jawabnya kasar juga, jadinya ngga ada bedanya kita ama dia.
Biarpun dongkol, kalem aja om. Atau diemin aja. Peace.
Hukum fisika ketiga saja sih
Aksi = reaksi

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Wed May 01, 2019 10:35
by PRBS
b8099ok wrote: ↑Tue Apr 30, 2019 15:32
Memberbaruapril19 wrote: ↑Mon Apr 29, 2019 10:08
Sudah pasti menang santa fe bro, dari hp torsi dan akselerasi aja ketahuan menang siapa.

Nyaman? Jelas santa fe lah, santa fe yg lama aja mobil asia ternyaman, cuma lexus ls yg lbh nyaman itupun sedikit. Yg baru ini pasti ls kalah sama santa fe dalam hal kenyamanan
Yuk om kita adu, sy fur om jalan duluan deh.
Saya malah penasaran sama om β€œmemberbarublabla”.. kok ga post lagi.. ayuk lah om β€œmemberbaru” diskusi lagi disini.. bawa santafee atau fotonya dulu gapapa deh share di SM..

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Wed May 01, 2019 10:36
by pojokban
marmut wrote: ↑Mon Apr 29, 2019 8:03 sebelum nanjak bakarin menyan dulu sama keempat bannya siram air mawar supaya nambah grip. jangan lupa mesin juga dikepretin air mawar biar nggak overheat saat tanjakan.


* : diusahakan driver kias dulu mandi dari 7 mata air supaya jiwa raga terbebas dari beban dosa yang berat.
:big_grin: Malah keluar jinnya Om dan dikasih 3 pertanyaan dulu yang harus dijawab.
Ane pake SUV FWD monokok, pernah nanjak di jalan kerikil yang agak extrim, emang slip sih, dan yakin kalau RWD bakal lancar, soalnya berat bertumpu di roda belakang.

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Wed May 01, 2019 12:52
by kunaskun
gerobak mau naik tanjakan gampang ditarik dari depan atau di dorong dari belakang. saya pernah baca gitu si. tapi ga tau apa hubungannya dengan rangka?

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Wed May 01, 2019 13:22
by Tampanman
kunaskun wrote: ↑Wed May 01, 2019 12:52 gerobak mau naik tanjakan gampang ditarik dari depan atau di dorong dari belakang. saya pernah baca gitu si. tapi ga tau apa hubungannya dengan rangka?
Nah kalo gerobak itu biasanya monokok apa ladder frame?

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Wed May 01, 2019 13:48
by bapakne_satya
Frame ga tahu masuk jenis apa? Tetapi umumnya gerobak FWD, kalau becak RWD
Btw, industri otomotif juga sudah sangat maju lah, kelemahan FWD ataupun RWD sudah banyak yg diantisipasi dengan design dan teknologi
Hampir semua merek punya produk FWD dan RWD. Itu dari sisi mobil,
lalu dari sisi infrastruktur jalan juga ada standar2 Engineering yg diacu dan terus disempurnakan saat bikin jalan
Jadi ya Silahkan dipilih saja, bukan benar salah ini, kalau salah satu RWD atau FWD salah, sudah lama punah dan tidak dipake pabrikan otomotif lah

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Wed May 01, 2019 14:10
by kunaskun
Tampanman wrote: ↑Wed May 01, 2019 13:22 Nah kalo gerobak itu biasanya monokok apa ladder frame?
besi kotak frame? :mky_01:

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Thu May 02, 2019 1:03
by krniawnhdr
jakanjc wrote: ↑Mon Apr 29, 2019 15:12 Mau share pengalaman aja, kebetulan saya ex pengguna santa fe crdi 2014, sekarang pake ANPS. Selama pake keduanya gapernah yang namanya kesulitan di rute jalan nanjak panjang, terjal bahkan dijalan kerikil pun. Hmmm buat ngebandinginnya, saya pernah ke bukit bintang bandung dengan kedua mobil ini, pake santa fe lebih pede, turbo lagnya berasa lebih minim, maticnya juga lebih pinter ngatur giginya, tapi karena d santa fe belum ada vsc+fwd, ada di suatu titik tanjakan yang jalannya rusak dan banyak kerikilnya bbrp kali terjadi wheelspin di roda depan. Pake ANPS gapernah spin, tapi kok lag turbonya lebih berasa, dan terkadang maticnya kaya telat/bingung utk downshift(mungkin krn kebanyakan gigi). Tapi kalo tanjakan panjang kyk di tolcipularang/tol semarang-solo buled enakan santa fe, lebih stabil dan lebih terukur arah steernya.
wah..makasih om insightnya dari ex user langsung nih... :emo-big_love:
gimana new santa fe yah, yang udah ada vsc, hsa, hdc, sama 8 speed matic..hehehe

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Thu May 02, 2019 1:03
by krniawnhdr
Resta wrote: ↑Mon Apr 29, 2019 15:38 saya punya pengalaman bawa sedan FWD nanjak ke Bromo diakhir 2015 lalu,,,waktu Bromo erupsi,,,jalanan sebelum Ngadisari putih semua,,,pasir abu euyyy,,,bayangin jalanan licin pasir plus nanjak fwd ,,pula
alhamdulillah sampai juga didepan hotel Lava .
pintar pintar jaga rpm saja supaya roda gak slip
sempet slip ngga om kemarin??

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Thu May 02, 2019 1:28
by krniawnhdr
Baru baca lagi postingan habis menepi 2 hari libur kejepit dan sudah rame :D
dan jadi kaget waktu baca soal ts melakukan penggiringan .
Gini loh om.. dasarnya saya karena fwd vs rwd dan sasis yang ngga ada hubungannya dengan kemampuan untuk di tanjakan saya jadikan sepaket, karena umumnya market di Indonesia mobilnya ya seperti itu adanya. Sudah sepaket, RWD dengan ladder frame-nya, dan FWD dengan monokok-nya. Sedangkan untuk yang diluar itu tidak saya lirik (tapi bila ada insight dari om SM disini, feel free to share and state).
Dan sebenarnya bukan penggiringan juga, tapi lebih ke mencari pemantapan & keyakinan, karena mobil dirumah salah satunya adalah ANKI diesel 2016, yang saya juga sudah ada planning untuk ganti ke grand santi.
sehingga yang mau saya cari tahu adalah perbandingan mobil yang saya sudah benar tahu rasa dan kemampuannya dengan mobil yang saya incar sehingga lebih terbayang perbedaannya. karena kalau saya compare grand santi dengan mobil yang saya belum pernah naik juga, ya sama aja boong dong jadinya sama saja ngga terbayang seperti apa...

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Thu May 02, 2019 1:31
by krniawnhdr
Baru baca lagi postingan habis menepi 2 hari libur kejepit dan sudah rame :D
dan jadi kaget waktu baca soal ts melakukan penggiringan :mky_05:
Gini loh om.. dasarnya saya karena fwd vs rwd dan sasis yang ngga ada hubungannya dengan kemampuan untuk di tanjakan saya jadikan sepaket, karena umumnya market di Indonesia mobilnya ya seperti itu adanya. Sudah sepaket, RWD dengan ladder frame-nya, dan FWD dengan monokok-nya. Sedangkan untuk yang diluar itu tidak saya lirik (tapi bila ada insight dari om SM disini, feel free to share and state).
Dan sebenarnya bukan penggiringan juga, tapi lebih ke saya mencari pemantapan & keyakinan, karena mobil dirumah salah satunya adalah ANKI diesel 2016, yang saya juga sudah ada planning untuk ganti ke grand santi.
Sehingga yang mau saya cari tahu adalah perbandingan mobil yang saya sudah benar tahu rasa dan kemampuannya dengan mobil yang saya incar sehingga lebih terbayang perbedaannya. Karena kalau saya compare grand santi dengan mobil yang saya belum pernah naik juga, ya sama saja bohong dong jadinya sama saja ngga terbayang seperti apa rasanya [emo-have-a-nice-day]
But of course you are all feel free to state and comment here :mky_02:

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Thu May 02, 2019 1:37
by krniawnhdr
adityabp wrote: ↑Tue Apr 30, 2019 4:05
krniawnhdr wrote: ↑Mon Apr 29, 2019 7:18
adityabp wrote: ↑Mon Apr 29, 2019 7:10 Tendensius nih thread-nya.
Emangnya monokok RWD gak ada??
:mky_07:
tendensius atau enggaknya sih tergantung gimana om SM disini menanggapinya. kalo situ ngerasa tendensius, well that's not my business :mky_04:
Dari awal thread dan dari judul juga sudah disebut kok yang dibahas cuma monokok fwd VS ladder frame rwd.
situ mau bahas monokok rwd ya monggo.. feel free to share :wkkk: :big_okay:
Hahahaha, otak di dengkul ya gini jawabannya.
Apa hubungan antara jenis sasis mobil dan kuat enggaknya mobil tsb di tanjakan?
:off_good:
duh komennya..tipikal netizen indozone di ig :mky_05:
om mod, lihat nih, kelakuan :emo-photo:

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Thu May 02, 2019 2:25
by adityabp
krniawnhdr wrote: ↑Thu May 02, 2019 1:37
adityabp wrote: ↑Tue Apr 30, 2019 4:05
krniawnhdr wrote: ↑Mon Apr 29, 2019 7:18
tendensius atau enggaknya sih tergantung gimana om SM disini menanggapinya. kalo situ ngerasa tendensius, well that's not my business :mky_04:
Dari awal thread dan dari judul juga sudah disebut kok yang dibahas cuma monokok fwd VS ladder frame rwd.
situ mau bahas monokok rwd ya monggo.. feel free to share :wkkk: :big_okay:
Hahahaha, otak di dengkul ya gini jawabannya.
Apa hubungan antara jenis sasis mobil dan kuat enggaknya mobil tsb di tanjakan?
:off_good:
duh komennya..tipikal netizen indozone di ig :mky_05:
om mod, lihat nih, kelakuan :emo-photo:
Tipikal netizen asli indozone.
Gak bisa jawab, malah ngadu.
:mky_07:

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Thu May 02, 2019 2:31
by maskopat
hareee geneee masih bahas fwd gak kuat nanjak??????? :wkkk:

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Thu May 02, 2019 2:33
by PRBS
intinya sih, RWD or FWD sama2 bisa bikin nanjak.. sukur2, yg FWD sudah ada TC, jadi ya minimalisir terjadi slip.. btw kalau sudah punya ANKI diesel, kok sayang ya kalau dijual.. ANKI paling bisa diandalkan untuk jadi mobil perang soalnya.. nyaman masih ada, vibes interior (V or Q) juga oke, kaki2 badak, mesin lebih dari cukup.. kok agak sayang ya even ganti ke ANSF.. (maaf opini pribadi sih)..

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Thu May 02, 2019 2:34
by krniawnhdr
adityabp wrote: ↑Thu May 02, 2019 2:25
krniawnhdr wrote: ↑Thu May 02, 2019 1:37
adityabp wrote: ↑Tue Apr 30, 2019 4:05
Hahahaha, otak di dengkul ya gini jawabannya.
Apa hubungan antara jenis sasis mobil dan kuat enggaknya mobil tsb di tanjakan?
:off_good:
duh komennya..tipikal netizen indozone di ig :mky_05:
om mod, lihat nih, kelakuan :emo-photo:
Tipikal netizen asli indozone.
Gak bisa jawab, malah ngadu.
:mky_07:
padahal reasonnya udah ada di komentar diatas...
jangan males baca ah..budayain baca dibanding ngetik dong :mky_08:

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Thu May 02, 2019 2:40
by krniawnhdr
PRBS wrote: ↑Thu May 02, 2019 2:33 intinya sih, RWD or FWD sama2 bisa bikin nanjak.. sukur2, yg FWD sudah ada TC, jadi ya minimalisir terjadi slip.. btw kalau sudah punya ANKI diesel, kok sayang ya kalau dijual.. ANKI paling bisa diandalkan untuk jadi mobil perang soalnya.. nyaman masih ada, vibes interior (V or Q) juga oke, kaki2 badak, mesin lebih dari cukup.. kok agak sayang ya even ganti ke ANSF.. (maaf opini pribadi sih)..
Betul om.. kalo sekarang emang sayang sih, soalnya baru 3 tahun dipake..
tapi siapa tau pas duit cukup, kondisi ANKI udah ngga se oke sekarang, jadi rasa sayangnya siapa tau perlahan bisa memudar, halah :big_peace: :big_peace: :big_blushing:

btw boleh tau om faktor rasa 'agak sayang ganti anki ke ansf' lebih ke faktor ansf nya kurangnya dimana?
biar bisa nambah2 informasi gitu om, siapa tau ada yang terlewat :big_deal:

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Thu May 02, 2019 2:43
by krniawnhdr
maskopat wrote: ↑Thu May 02, 2019 2:31 hareee geneee masih bahas fwd gak kuat nanjak??????? :wkkk:
Pernah liat agya sampe dieng, jalanan macet, yang berarti stop n go di tanjakan dan no problemo...
Seharusnya ansf even more no worries :big_grin:

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Thu May 02, 2019 3:20
by adityabp
krniawnhdr wrote: ↑Thu May 02, 2019 2:34
adityabp wrote: ↑Thu May 02, 2019 2:25
krniawnhdr wrote: ↑Thu May 02, 2019 1:37

duh komennya..tipikal netizen indozone di ig :mky_05:
om mod, lihat nih, kelakuan :emo-photo:
Tipikal netizen asli indozone.
Gak bisa jawab, malah ngadu.
:mky_07:
padahal reasonnya udah ada di komentar diatas...
jangan males baca ah..budayain baca dibanding ngetik dong :mky_08:
Reason loe gak menjawab pertanyaan gue.
Malah asal main paketin aja antara sasis+penggerak dgn kemampuan nanjak. Sotoy itu namanya.
Mikir aje loe males, kok malah nyuruh orang baca komen loe.

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Thu May 02, 2019 3:28
by 964
Untuk yg apple to apple ya. Selagi 2wd, mau fwd/rwd, di jalan tanjakan apapun bedanya cuma tipis, dan kalo avanza bisa, saya yakin mobilio jg bisa. Karakternya cenderung lebih mudah dibedakan malah pas melahap tikungan. Itupun kalo orang awam malah blas ga bisa bedain, cenderung ga berasa.

Kalo soal selip ditanjakan, itu cuma soal ban dan skill drivernya aja. Selagi jalanan umum, karakter 2wd sih mirip2 aja.


2wd yg masih open diff, apalagi mobil sejuta umat, mau fwd/rwd, kalo di jalan tanah basah tetap saja bakalan selip.

Fwd, rwd, awd cara nyari traksinya mirip. Kalo satu roda kehilangan traksi, mau awd sekalipun bakal ga bisa jalan.

Saran buat TS, udah ambil mobil yg paling sreg di hati aja. Ga usah pikirin fwd/rwd.


Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Thu May 02, 2019 3:36
by PRBS
krniawnhdr wrote: ↑Thu May 02, 2019 2:40
PRBS wrote: ↑Thu May 02, 2019 2:33 intinya sih, RWD or FWD sama2 bisa bikin nanjak.. sukur2, yg FWD sudah ada TC, jadi ya minimalisir terjadi slip.. btw kalau sudah punya ANKI diesel, kok sayang ya kalau dijual.. ANKI paling bisa diandalkan untuk jadi mobil perang soalnya.. nyaman masih ada, vibes interior (V or Q) juga oke, kaki2 badak, mesin lebih dari cukup.. kok agak sayang ya even ganti ke ANSF.. (maaf opini pribadi sih)..
Betul om.. kalo sekarang emang sayang sih, soalnya baru 3 tahun dipake..
tapi siapa tau pas duit cukup, kondisi ANKI udah ngga se oke sekarang, jadi rasa sayangnya siapa tau perlahan bisa memudar, halah :big_peace: :big_peace: :big_blushing:

btw boleh tau om faktor rasa 'agak sayang ganti anki ke ansf' lebih ke faktor ansf nya kurangnya dimana?
biar bisa nambah2 informasi gitu om, siapa tau ada yang terlewat :big_deal:
btw ANSFnya bakal jd mobil satu2nya atau gimana?

Saya pribadi agak susah jelasin sih.. pengalaman saya dengan mobil FWD (stream, C26, all peugeo, etc) kaki2 harus dieman2, pemakaian tidak bisa sebrutal kalau saya pakai RWD (ladderframe pula) kayak blazer, GNKI (mobil kantor).. dan mobil RWD kayak ANKI ini bakal terasa ketika dibutuhkan.. (ANKI salah satu mobil idaman saya sampai skarang, simply karena mobil ini simpel yet tetap nyaman)

ANSF tidak ada masalah sih.. fitur yg sekarang oke, power juga oke sekali.. cuma kalau jadi mobil perang (satu2nya) gantikan ANKI.. mmmmm well...

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Thu May 02, 2019 3:37
by maskopat
964 wrote: ↑Thu May 02, 2019 3:28 Untuk yg apple to apple ya. Selagi 2wd, mau fwd/rwd, di jalan tanjakan apapun bedanya cuma tipis, dan kalo avanza bisa, saya yakin mobilio jg bisa. Karakternya cenderung lebih mudah dibedakan malah pas melahap tikungan. Itupun kalo orang awam malah blas ga bisa bedain, cenderung ga berasa.

Kalo soal selip ditanjakan, itu cuma soal ban dan skill drivernya aja. Selagi jalanan umum, karakter 2wd sih mirip2 aja.


2wd yg masih open diff, apalagi mobil sejuta umat, mau fwd/rwd, kalo di jalan tanah basah tetap saja bakalan selip.

Fwd, rwd, awd cara nyari traksinya mirip. Kalo satu roda kehilangan traksi, mau awd sekalipun bakal ga bisa jalan.

Saran buat TS, udah ambil mobil yg paling sreg di hati aja. Ga usah pikirin fwd/rwd.
2wd yang close diff apaan, Om? :big_childish: