Page 1 of 10

Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Mon Apr 29, 2019 2:56
by krniawnhdr
Halo om/ sob SM,

Beberapa hari ini kepikiran untuk komparasi mobil antara mobil yang ber-sasis ladder frame RWD vs mobil yang ber-sasis monokok FWD.
Anak nowadays banyak yang bilang mobil monokok fwd ngga akan kuat ditanjakan dibandingkan dengan mobil ladder frame FWD.
Separah itukah? walaupun keduanya ber penggerak 4x2, dan ladder frame RWD punya spek dibawah mobil yang monokok FWD?
Misalnya: Hyundai New Santa Fe Diesel VS Toyota Innova Reborn Diesel.
Apakah mungkin Hyundai New Santa Fe CRDI itu ngga bisa melewati medan yang bisa dilewati oleh Toyota Innova Reborn diesel, yang notabene punya spek dibawahnya?

Boleh share opininya ya om...
Terima kasih [emo-have-a-nice-day]

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Mon Apr 29, 2019 3:08
by Balalaika
Ini factor yang saya bisa pikirkan ya om..

Hanya kalo Power to weight ratio sama dan spec lainnya sama, RWD lebih kuat di tanjakan karena ban belakang dapat grip (dari akselerasi dan juga dari titik beban yang shift ke belakang). Kenapa saya bilang power to weight harus sama..? Karena xenia 1000cc kalo dibanding sama CRV 2400cc yang sama-sama bawa 7 penumpang, CRV rasanya lebih enak, karena power to weightnya lebih besar daripada xenia meskipun FWD..

Tapi karena kita bicara diesel, yang notabene torsinya jauh lebih tinggi dari mesin bensin, biasanya gak akan terlalu terasa perbedaan FWD sama RWDnya..

Pemilihan ban juga pengaruh, Santafe CRDI kalo pake ban yang tractionnya bagus bisa lebih baik daripada Innova Reborn yang pake ban eco misalkan..

Ladder frame sama monokok harusnya gak pengaruh ke kuat tidaknya menanjak.. tapi tangguh tidaknya ketika ada beban.. beban ini bisa dari atas seperti mobil pickup dan dcab, bisa juga beban dari bawah seperti jalanan offroad.. ladder frame cenderung lebih tangguh..

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Mon Apr 29, 2019 3:27
by farizfsa
Power weight ratio dan momentum aja sih, dua dua nya kuat aja. Cmiiw

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Mon Apr 29, 2019 3:28
by martinnn
RWD dan ladder frame = auto laku di market indon... [emo-police] [emo-police] [emo-police]

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Mon Apr 29, 2019 3:32
by mr_mytplx
Imo yang jadi masalah terpenting bukan kuat atau tidak, tapi selip atau tidak.

Sudah banyak di bahas ini. Secara teori fisika RWD diuntungkan.

Tp sejauh mana keunggulan RWD, ane belum menemukan referensi penelitian ilmiahnya.

Btw ane ada pengalaman nanjak pakai Innova di jalan desa (sudah di beton) kondisi sehabis hujan, jalanan masih basah. tanjakannya ga curam2 amat menurut ane. Tp nyatanya selip juga, sampai harus di taburin abu di jalan dan di bantu dorong warga sekitar.

Kl menurut ane faktor ban jauh lebih dominan daripada faktor FWD vs RWD.

IMO FWD dengan ban MT akan jauh lebih sip menanjak di jalanan berlumpur di banding RWD dengan ban HT.

Kl di desa itu dulu ane pake snow tyre mungkin juga bisa lolos tanpa perlu dorong2.

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Mon Apr 29, 2019 3:50
by silentIm2
Kalo FWD di tanjakan slip masih ada senjata lain. 1. Kempesin ban depan sampai 20 psi. 2. Masih slip juga, putar balik trus nanjak mundur.

Kalo RWD biasanya slip karena kurang beban di atas axle. Kalo mobilnya penuh orang+barang malah ga masalah. Tapi kalo nembus lumpur, biasanya open differentialnya yang jadi masalah, ban yang ga gigit malah muter. Kalo FWD tinggal goyang2 setir masih bisa tembus lumpur.

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Mon Apr 29, 2019 4:48
by Rakean
ini lebih masalah grip nya ajah... dengan kendaraan spek yg sama antara FWD dengan RWD kalo bawak beban ditanjakan kayaknya enak RWD..

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Mon Apr 29, 2019 5:08
by jivos
klo kita asumsikan:
-spek unit fwdnrwd sama
-jarak/momentum buat ancang" pendek

kita test buat suruh naik uphill..

mana yg bs merayap naik lbh tinggi?

yg sy liatin dr bbrp vid diluaran yg sdh test perbandingan ..s rwd akan reached point yg lbh tinggi dr fwd.
- beban tarik dr dpn vs dorong blkg
- shifting beban k blkg plus batang shaft rwd yg menekan axle blkng utk tetap bs dpt grip

klo liat kondisi diatas...meski fwd dlengkapi power yg besar akan useless powernya d teruskan ke ban depan yg sdh kehilangan gripnya saat naik meryap. asumsi kondisi jalan tdk memungkinkan utk ambil ancang".

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Mon Apr 29, 2019 5:09
by MSU
menurut saya ini masalah titik bebannya...misal RWD tapi mundur di jalan menanjak maka akan gampang kehilangan traksi mirip kayak FWD maju di jalan nanjak.
tapi kl selama kondisi jalanan nanjaknya wajar maka FWD vs RWD sama saja
malah dr segi loss power mgkn menang FWD

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Mon Apr 29, 2019 5:27
by jivos
MSU wrote: Mon Apr 29, 2019 5:09 menurut saya ini masalah titik bebannya...misal RWD tapi mundur di jalan menanjak maka akan gampang kehilangan traksi mirip kayak FWD maju di jalan nanjak.
klo di balik,
mungkin rwd msh punya sedikit advantage dg adanya batang propeler shaft yg mengikat/menekan antar axle utk bs dpt traksi pd saat shifting titik beban, cmiiw.

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Mon Apr 29, 2019 6:01
by mike22
yang jelas skill nyetir sangat pengaruh

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Mon Apr 29, 2019 6:06
by classicrock
Hehehe....

Bukan soal kuat ngga kuat sih om. Ini cuma soal ban mana yang punya traksi cukup mana yang ngga.

Dua duanya ya pasti kuat. Cuma sekuat apapun mesin kalo selip ya selip aja.

Saya sendiri penggemar RWD, tapi bukan berarti FWD ga bisa diajak piknik. Akhir tahun 2018 lalu, saya rombongan sama keluarga besar bawa tiga mobil, Ertiga, Avanza sama Innova. Kami melintasi daerah Cangar dari Mojokerto menuju Batu, kondisi hujan. Tanjakan di sana lumayan curam dan Ertiga kakak saya tetap bisa tuh menanjak dengan aman ngga pake selip selip roda depan. Malah Innova bensin yang mesinnya agak kedodoran.

Untuk kondisi medan jalan normal keduanya sama baiknya lah. Kalo udah jalan yang kurang bagus apalagi mulai ekstrim ya lewati dengan mobil yang proper aja, 4x4 lebih aman.

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Mon Apr 29, 2019 6:17
by krniawnhdr
Salah satu kesimpulan menarik menurut saya dari om om suhu SM disini, salah satunya itu grip ban.
Saya jadi tertarik om bahas ini lebih detail...
Boleh contoh om, ban yang direkomenin untuk keeping the grip dan ban yang bisa bikin hilang grip, itu apa saja?
boleh sebut merk kok hehehe :mky_02:

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Mon Apr 29, 2019 6:19
by Winz
Ini Pas ada Youtuber Bertopeng yang Bandingkan



Tapi klo test menanjak'nya enggak ada malah

Yang penting Skill Pengendara mumpuni

Ladder Frame RWD unggul di tanjakan

karena rata2 diesel juga Torsi Besar

Sumber : https://www.mobilku.org/2016/09/faktor- ... at-di.html

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Mon Apr 29, 2019 6:20
by krniawnhdr
martinnn wrote: Mon Apr 29, 2019 3:28 RWD dan ladder frame = auto laku di market indon... [emo-police] [emo-police] [emo-police]
kenyamanan keluarga yang dibawa orientasi nomer sekian, gitu kah? :mky_04:

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Mon Apr 29, 2019 6:25
by krniawnhdr
Winz wrote: Mon Apr 29, 2019 6:19 Ini Pas ada Youtuber Bertopeng yang Bandingkan


Tapi klo test menanjak'nya enggak ada malah

Yang penting Skill Pengendara mumpuni

Ladder Frame RWD unggul di tanjakan

karena rata2 diesel juga Torsi Besar
That's why om... saya penasaran dengan komparasi2, soalnya masih sedikit sekali youtuber yang review soal komparasi kemampuan antar mobil (entah ada hubungannya dengan menjaga hubungan dengan pihak tertentu untuk suatu kepentingan, atau yang lain)..
Misalkan saja ada komparasi di semua medan, antara Hyundai New Santa Fe VS Pajero Sport Dakkar 4x2. Pasti seru banget!
:mky_01: :mky_01:
market price relatif sekelas, sama2 7 seater, tapi spek totally different (Monokok vs Ladder Frame, FWD vs RWD).
yang baru ada saya perhatikan baru antara santa fe vs trailblazer, dan itu yang dibahas very very basic info..
jadi kentang :mky_06:

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Mon Apr 29, 2019 6:32
by Winz
krniawnhdr wrote: Mon Apr 29, 2019 6:20
martinnn wrote: Mon Apr 29, 2019 3:28 RWD dan ladder frame = auto laku di market indon... [emo-police] [emo-police] [emo-police]
kenyamanan keluarga yang dibawa orientasi nomer sekian, gitu kah? :mky_04:
Ladder Frame memberikan Posisi Nyetir Commanding

Beberapa orang tidak suka posisi nyetir rendah seperti sedan

Termasuk saya, bahkan Nyonya tidak suka numpang mobil rendah

Nyonya Numpang Camry punya saudara bawaan'nya pusing2 malah

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Mon Apr 29, 2019 6:36
by krniawnhdr
Winz wrote: Mon Apr 29, 2019 6:32
krniawnhdr wrote: Mon Apr 29, 2019 6:20
martinnn wrote: Mon Apr 29, 2019 3:28 RWD dan ladder frame = auto laku di market indon... [emo-police] [emo-police] [emo-police]
kenyamanan keluarga yang dibawa orientasi nomer sekian, gitu kah? :mky_04:
Ladder Frame memberikan Posisi Nyetir Commanding

Beberapa orang tidak suka posisi nyetir rendah seperti sedan

Termasuk saya, bahkan Nyonya tidak suka numpang mobil rendah

Nyonya Numpang Camry punya saudara bawaan'nya pusing2 malah
Indeed om...Saya juga preferensinya lebih suka mobil gc tinggi dibanding sedan...
tapi emang saya engga pernah punya sedan sih. cuma pas nebeng2 atau pas naik taksi aja :mky_01:
Mungkin temen2 yang preferensinya sedan punya input yang bisa dishare....?

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Mon Apr 29, 2019 6:41
by Winz
krniawnhdr wrote: Mon Apr 29, 2019 6:36
Winz wrote: Mon Apr 29, 2019 6:32
krniawnhdr wrote: Mon Apr 29, 2019 6:20

kenyamanan keluarga yang dibawa orientasi nomer sekian, gitu kah? :mky_04:
Ladder Frame memberikan Posisi Nyetir Commanding

Beberapa orang tidak suka posisi nyetir rendah seperti sedan

Termasuk saya, bahkan Nyonya tidak suka numpang mobil rendah

Nyonya Numpang Camry punya saudara bawaan'nya pusing2 malah
Indeed om...Saya juga preferensinya lebih suka mobil gc tinggi dibanding sedan...
tapi emang saya engga pernah punya sedan sih. cuma pas nebeng2 atau pas naik taksi aja :mky_01:
Mungkin temen2 yang preferensinya sedan punya input yang bisa dishare....?
SUV monocoque pun posisi nyetir agak masuk gtu

Mirip2 posisi klo lagi setir mobil Sedan rasa'nya

Gara2 tinggi besar juga memberi rasa aman

lebih jarang pengemudi ngawur yg dekat2

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Mon Apr 29, 2019 6:55
by krniawnhdr
Winz wrote: Mon Apr 29, 2019 6:41
krniawnhdr wrote: Mon Apr 29, 2019 6:36
Winz wrote: Mon Apr 29, 2019 6:32

Ladder Frame memberikan Posisi Nyetir Commanding

Beberapa orang tidak suka posisi nyetir rendah seperti sedan

Termasuk saya, bahkan Nyonya tidak suka numpang mobil rendah

Nyonya Numpang Camry punya saudara bawaan'nya pusing2 malah
Indeed om...Saya juga preferensinya lebih suka mobil gc tinggi dibanding sedan...
tapi emang saya engga pernah punya sedan sih. cuma pas nebeng2 atau pas naik taksi aja :mky_01:
Mungkin temen2 yang preferensinya sedan punya input yang bisa dishare....?
SUV monocoque pun posisi nyetir agak masuk gtu

Mirip2 posisi klo lagi setir mobil Sedan rasa'nya

Gara2 tinggi besar juga memberi rasa aman

lebih jarang pengemudi ngawur yg dekat2
walau secara dimensi pun sebenernya dicompare hyundai santa fe vs trailblazer itu mirip2 tinggnya..hehe

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Mon Apr 29, 2019 7:10
by adityabp
Tendensius nih thread-nya.
Emangnya monokok RWD gak ada??
:mky_07:

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Mon Apr 29, 2019 7:18
by krniawnhdr
adityabp wrote: Mon Apr 29, 2019 7:10 Tendensius nih thread-nya.
Emangnya monokok RWD gak ada??
:mky_07:
tendensius atau enggaknya sih tergantung gimana om SM disini menanggapinya. kalo situ ngerasa tendensius, well that's not my business :mky_04:
Dari awal thread dan dari judul juga sudah disebut kok yang dibahas cuma monokok fwd VS ladder frame rwd.
situ mau bahas monokok rwd ya monggo.. feel free to share :wkkk: :big_okay:

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Mon Apr 29, 2019 7:43
by flamboyan
Saya prefer sedan, tapi gak ada kasus gak kuat nanjak selama tanjakannya masih normal dan bukan pemula aja. Mengingat bahwa di sedan, power to weight ratio relatif besar dan selama ini menjaga agar loadnya gak keberatan buat sedan

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Mon Apr 29, 2019 7:57
by Winz
krniawnhdr wrote: Mon Apr 29, 2019 6:55
Winz wrote: Mon Apr 29, 2019 6:41
krniawnhdr wrote: Mon Apr 29, 2019 6:36

Indeed om...Saya juga preferensinya lebih suka mobil gc tinggi dibanding sedan...
tapi emang saya engga pernah punya sedan sih. cuma pas nebeng2 atau pas naik taksi aja :mky_01:
Mungkin temen2 yang preferensinya sedan punya input yang bisa dishare....?
SUV monocoque pun posisi nyetir agak masuk gtu

Mirip2 posisi klo lagi setir mobil Sedan rasa'nya

Gara2 tinggi besar juga memberi rasa aman

lebih jarang pengemudi ngawur yg dekat2
walau secara dimensi pun sebenernya dicompare hyundai santa fe vs trailblazer itu mirip2 tinggnya..hehe
Tinggi beda 17cm ya lumayan, om, SantaFe 1680mm, TrailBlazer 1852mm, 10% kira2, CMIIW

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Posted: Mon Apr 29, 2019 8:03
by marmut
sebelum nanjak bakarin menyan dulu sama keempat bannya siram air mawar supaya nambah grip. jangan lupa mesin juga dikepretin air mawar biar nggak overheat saat tanjakan.


* : diusahakan driver kias dulu mandi dari 7 mata air supaya jiwa raga terbebas dari beban dosa yang berat.