Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: b8099ok, y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo

Post Reply
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 698
Joined: 02 Aug 2018, 11:43
Location: Jakarta

Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by krniawnhdr » 29 Apr 2019, 09:56

Halo om/ sob SM,

Beberapa hari ini kepikiran untuk komparasi mobil antara mobil yang ber-sasis ladder frame RWD vs mobil yang ber-sasis monokok FWD.
Anak nowadays banyak yang bilang mobil monokok fwd ngga akan kuat ditanjakan dibandingkan dengan mobil ladder frame FWD.
Separah itukah? walaupun keduanya ber penggerak 4x2, dan ladder frame RWD punya spek dibawah mobil yang monokok FWD?
Misalnya: Hyundai New Santa Fe Diesel VS Toyota Innova Reborn Diesel.
Apakah mungkin Hyundai New Santa Fe CRDI itu ngga bisa melewati medan yang bisa dilewati oleh Toyota Innova Reborn diesel, yang notabene punya spek dibawahnya?

Boleh share opininya ya om...
Terima kasih [emo-have-a-nice-day]

Balalaika
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: 10 Mar 2019, 07:53
Location: Papua
Daily Vehicle: Mercedes-Benz W202 C230

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by Balalaika » 29 Apr 2019, 10:08

Ini factor yang saya bisa pikirkan ya om..

Hanya kalo Power to weight ratio sama dan spec lainnya sama, RWD lebih kuat di tanjakan karena ban belakang dapat grip (dari akselerasi dan juga dari titik beban yang shift ke belakang). Kenapa saya bilang power to weight harus sama..? Karena xenia 1000cc kalo dibanding sama CRV 2400cc yang sama-sama bawa 7 penumpang, CRV rasanya lebih enak, karena power to weightnya lebih besar daripada xenia meskipun FWD..

Tapi karena kita bicara diesel, yang notabene torsinya jauh lebih tinggi dari mesin bensin, biasanya gak akan terlalu terasa perbedaan FWD sama RWDnya..

Pemilihan ban juga pengaruh, Santafe CRDI kalo pake ban yang tractionnya bagus bisa lebih baik daripada Innova Reborn yang pake ban eco misalkan..

Ladder frame sama monokok harusnya gak pengaruh ke kuat tidaknya menanjak.. tapi tangguh tidaknya ketika ada beban.. beban ini bisa dari atas seperti mobil pickup dan dcab, bisa juga beban dari bawah seperti jalanan offroad.. ladder frame cenderung lebih tangguh..

farizfsa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1093
Joined: 10 Nov 2015, 09:40

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by farizfsa » 29 Apr 2019, 10:27

Power weight ratio dan momentum aja sih, dua dua nya kuat aja. Cmiiw
BMW 520d F10 2014
Toyota Camry 2.5V XV50 2012

martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2346
Joined: 17 Aug 2015, 13:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by martinnn » 29 Apr 2019, 10:28

RWD dan ladder frame = auto laku di market indon... [emo-police] [emo-police] [emo-police]
Devikom.co.id ( Full service Branding Agency )
Interior Contractor
Property Broker
Sangjit Box Rental and Event Decorator
Allianz Insurance Agent
https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145

mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 998
Joined: 20 Apr 2009, 13:17

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by mr_mytplx » 29 Apr 2019, 10:32

Imo yang jadi masalah terpenting bukan kuat atau tidak, tapi selip atau tidak.

Sudah banyak di bahas ini. Secara teori fisika RWD diuntungkan.

Tp sejauh mana keunggulan RWD, ane belum menemukan referensi penelitian ilmiahnya.

Btw ane ada pengalaman nanjak pakai Innova di jalan desa (sudah di beton) kondisi sehabis hujan, jalanan masih basah. tanjakannya ga curam2 amat menurut ane. Tp nyatanya selip juga, sampai harus di taburin abu di jalan dan di bantu dorong warga sekitar.

Kl menurut ane faktor ban jauh lebih dominan daripada faktor FWD vs RWD.

IMO FWD dengan ban MT akan jauh lebih sip menanjak di jalanan berlumpur di banding RWD dengan ban HT.

Kl di desa itu dulu ane pake snow tyre mungkin juga bisa lolos tanpa perlu dorong2.

silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 611
Joined: 02 Feb 2015, 10:47

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by silentIm2 » 29 Apr 2019, 10:50

Kalo FWD di tanjakan slip masih ada senjata lain. 1. Kempesin ban depan sampai 20 psi. 2. Masih slip juga, putar balik trus nanjak mundur.

Kalo RWD biasanya slip karena kurang beban di atas axle. Kalo mobilnya penuh orang+barang malah ga masalah. Tapi kalo nembus lumpur, biasanya open differentialnya yang jadi masalah, ban yang ga gigit malah muter. Kalo FWD tinggal goyang2 setir masih bisa tembus lumpur.

User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 835
Joined: 31 Oct 2012, 10:49

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by Rakean » 29 Apr 2019, 11:48

ini lebih masalah grip nya ajah... dengan kendaraan spek yg sama antara FWD dengan RWD kalo bawak beban ditanjakan kayaknya enak RWD..
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - Present)

jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1864
Joined: 28 Nov 2008, 16:04
Location: jkt

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by jivos » 29 Apr 2019, 12:08

klo kita asumsikan:
-spek unit fwdnrwd sama
-jarak/momentum buat ancang" pendek

kita test buat suruh naik uphill..

mana yg bs merayap naik lbh tinggi?

yg sy liatin dr bbrp vid diluaran yg sdh test perbandingan ..s rwd akan reached point yg lbh tinggi dr fwd.
- beban tarik dr dpn vs dorong blkg
- shifting beban k blkg plus batang shaft rwd yg menekan axle blkng utk tetap bs dpt grip

klo liat kondisi diatas...meski fwd dlengkapi power yg besar akan useless powernya d teruskan ke ban depan yg sdh kehilangan gripnya saat naik meryap. asumsi kondisi jalan tdk memungkinkan utk ambil ancang".
Last edited by jivos on 29 Apr 2019, 12:17, edited 1 time in total.
if you don't look back at ur car after u park it, then ...u might own the wrong car

MSU
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by MSU » 29 Apr 2019, 12:09

menurut saya ini masalah titik bebannya...misal RWD tapi mundur di jalan menanjak maka akan gampang kehilangan traksi mirip kayak FWD maju di jalan nanjak.
tapi kl selama kondisi jalanan nanjaknya wajar maka FWD vs RWD sama saja
malah dr segi loss power mgkn menang FWD

jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1864
Joined: 28 Nov 2008, 16:04
Location: jkt

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by jivos » 29 Apr 2019, 12:27

MSU wrote:
29 Apr 2019, 12:09
menurut saya ini masalah titik bebannya...misal RWD tapi mundur di jalan menanjak maka akan gampang kehilangan traksi mirip kayak FWD maju di jalan nanjak.
klo di balik,
mungkin rwd msh punya sedikit advantage dg adanya batang propeler shaft yg mengikat/menekan antar axle utk bs dpt traksi pd saat shifting titik beban, cmiiw.
if you don't look back at ur car after u park it, then ...u might own the wrong car

mike22
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 937
Joined: 15 Nov 2010, 17:28
Location: SOC, INA
Daily Vehicle: GO+

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by mike22 » 29 Apr 2019, 13:01

yang jelas skill nyetir sangat pengaruh

User avatar
classicrock
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 244
Joined: 22 Feb 2012, 17:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by classicrock » 29 Apr 2019, 13:06

Hehehe....

Bukan soal kuat ngga kuat sih om. Ini cuma soal ban mana yang punya traksi cukup mana yang ngga.

Dua duanya ya pasti kuat. Cuma sekuat apapun mesin kalo selip ya selip aja.

Saya sendiri penggemar RWD, tapi bukan berarti FWD ga bisa diajak piknik. Akhir tahun 2018 lalu, saya rombongan sama keluarga besar bawa tiga mobil, Ertiga, Avanza sama Innova. Kami melintasi daerah Cangar dari Mojokerto menuju Batu, kondisi hujan. Tanjakan di sana lumayan curam dan Ertiga kakak saya tetap bisa tuh menanjak dengan aman ngga pake selip selip roda depan. Malah Innova bensin yang mesinnya agak kedodoran.

Untuk kondisi medan jalan normal keduanya sama baiknya lah. Kalo udah jalan yang kurang bagus apalagi mulai ekstrim ya lewati dengan mobil yang proper aja, 4x4 lebih aman.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L

krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 698
Joined: 02 Aug 2018, 11:43
Location: Jakarta

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by krniawnhdr » 29 Apr 2019, 13:17

Salah satu kesimpulan menarik menurut saya dari om om suhu SM disini, salah satunya itu grip ban.
Saya jadi tertarik om bahas ini lebih detail...
Boleh contoh om, ban yang direkomenin untuk keeping the grip dan ban yang bisa bikin hilang grip, itu apa saja?
boleh sebut merk kok hehehe :mky_02:

User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2210
Joined: 16 Aug 2017, 15:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS_Dakar

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by Winz » 29 Apr 2019, 13:19

Ini Pas ada Youtuber Bertopeng yang Bandingkan



Tapi klo test menanjak'nya enggak ada malah

Yang penting Skill Pengendara mumpuni

Ladder Frame RWD unggul di tanjakan

karena rata2 diesel juga Torsi Besar

Sumber : https://www.mobilku.org/2016/09/faktor- ... at-di.html
Last edited by Winz on 29 Apr 2019, 13:23, edited 1 time in total.

krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 698
Joined: 02 Aug 2018, 11:43
Location: Jakarta

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by krniawnhdr » 29 Apr 2019, 13:20

martinnn wrote:
29 Apr 2019, 10:28
RWD dan ladder frame = auto laku di market indon... [emo-police] [emo-police] [emo-police]
kenyamanan keluarga yang dibawa orientasi nomer sekian, gitu kah? :mky_04:

krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 698
Joined: 02 Aug 2018, 11:43
Location: Jakarta

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by krniawnhdr » 29 Apr 2019, 13:25

Winz wrote:
29 Apr 2019, 13:19
Ini Pas ada Youtuber Bertopeng yang Bandingkan


Tapi klo test menanjak'nya enggak ada malah

Yang penting Skill Pengendara mumpuni

Ladder Frame RWD unggul di tanjakan

karena rata2 diesel juga Torsi Besar
That's why om... saya penasaran dengan komparasi2, soalnya masih sedikit sekali youtuber yang review soal komparasi kemampuan antar mobil (entah ada hubungannya dengan menjaga hubungan dengan pihak tertentu untuk suatu kepentingan, atau yang lain)..
Misalkan saja ada komparasi di semua medan, antara Hyundai New Santa Fe VS Pajero Sport Dakkar 4x2. Pasti seru banget!
:mky_01: :mky_01:
market price relatif sekelas, sama2 7 seater, tapi spek totally different (Monokok vs Ladder Frame, FWD vs RWD).
yang baru ada saya perhatikan baru antara santa fe vs trailblazer, dan itu yang dibahas very very basic info..
jadi kentang :mky_06:

User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2210
Joined: 16 Aug 2017, 15:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS_Dakar

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by Winz » 29 Apr 2019, 13:32

krniawnhdr wrote:
29 Apr 2019, 13:20
martinnn wrote:
29 Apr 2019, 10:28
RWD dan ladder frame = auto laku di market indon... [emo-police] [emo-police] [emo-police]
kenyamanan keluarga yang dibawa orientasi nomer sekian, gitu kah? :mky_04:
Ladder Frame memberikan Posisi Nyetir Commanding

Beberapa orang tidak suka posisi nyetir rendah seperti sedan

Termasuk saya, bahkan Nyonya tidak suka numpang mobil rendah

Nyonya Numpang Camry punya saudara bawaan'nya pusing2 malah

krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 698
Joined: 02 Aug 2018, 11:43
Location: Jakarta

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by krniawnhdr » 29 Apr 2019, 13:36

Winz wrote:
29 Apr 2019, 13:32
krniawnhdr wrote:
29 Apr 2019, 13:20
martinnn wrote:
29 Apr 2019, 10:28
RWD dan ladder frame = auto laku di market indon... [emo-police] [emo-police] [emo-police]
kenyamanan keluarga yang dibawa orientasi nomer sekian, gitu kah? :mky_04:
Ladder Frame memberikan Posisi Nyetir Commanding

Beberapa orang tidak suka posisi nyetir rendah seperti sedan

Termasuk saya, bahkan Nyonya tidak suka numpang mobil rendah

Nyonya Numpang Camry punya saudara bawaan'nya pusing2 malah
Indeed om...Saya juga preferensinya lebih suka mobil gc tinggi dibanding sedan...
tapi emang saya engga pernah punya sedan sih. cuma pas nebeng2 atau pas naik taksi aja :mky_01:
Mungkin temen2 yang preferensinya sedan punya input yang bisa dishare....?

User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2210
Joined: 16 Aug 2017, 15:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS_Dakar

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by Winz » 29 Apr 2019, 13:41

krniawnhdr wrote:
29 Apr 2019, 13:36
Winz wrote:
29 Apr 2019, 13:32
krniawnhdr wrote:
29 Apr 2019, 13:20


kenyamanan keluarga yang dibawa orientasi nomer sekian, gitu kah? :mky_04:
Ladder Frame memberikan Posisi Nyetir Commanding

Beberapa orang tidak suka posisi nyetir rendah seperti sedan

Termasuk saya, bahkan Nyonya tidak suka numpang mobil rendah

Nyonya Numpang Camry punya saudara bawaan'nya pusing2 malah
Indeed om...Saya juga preferensinya lebih suka mobil gc tinggi dibanding sedan...
tapi emang saya engga pernah punya sedan sih. cuma pas nebeng2 atau pas naik taksi aja :mky_01:
Mungkin temen2 yang preferensinya sedan punya input yang bisa dishare....?
SUV monocoque pun posisi nyetir agak masuk gtu

Mirip2 posisi klo lagi setir mobil Sedan rasa'nya

Gara2 tinggi besar juga memberi rasa aman

lebih jarang pengemudi ngawur yg dekat2

krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 698
Joined: 02 Aug 2018, 11:43
Location: Jakarta

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by krniawnhdr » 29 Apr 2019, 13:55

Winz wrote:
29 Apr 2019, 13:41
krniawnhdr wrote:
29 Apr 2019, 13:36
Winz wrote:
29 Apr 2019, 13:32


Ladder Frame memberikan Posisi Nyetir Commanding

Beberapa orang tidak suka posisi nyetir rendah seperti sedan

Termasuk saya, bahkan Nyonya tidak suka numpang mobil rendah

Nyonya Numpang Camry punya saudara bawaan'nya pusing2 malah
Indeed om...Saya juga preferensinya lebih suka mobil gc tinggi dibanding sedan...
tapi emang saya engga pernah punya sedan sih. cuma pas nebeng2 atau pas naik taksi aja :mky_01:
Mungkin temen2 yang preferensinya sedan punya input yang bisa dishare....?
SUV monocoque pun posisi nyetir agak masuk gtu

Mirip2 posisi klo lagi setir mobil Sedan rasa'nya

Gara2 tinggi besar juga memberi rasa aman

lebih jarang pengemudi ngawur yg dekat2
walau secara dimensi pun sebenernya dicompare hyundai santa fe vs trailblazer itu mirip2 tinggnya..hehe
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 883
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by adityabp » 29 Apr 2019, 14:10

Tendensius nih thread-nya.
Emangnya monokok RWD gak ada??
:mky_07:

krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 698
Joined: 02 Aug 2018, 11:43
Location: Jakarta

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by krniawnhdr » 29 Apr 2019, 14:18

adityabp wrote:
29 Apr 2019, 14:10
Tendensius nih thread-nya.
Emangnya monokok RWD gak ada??
:mky_07:
tendensius atau enggaknya sih tergantung gimana om SM disini menanggapinya. kalo situ ngerasa tendensius, well that's not my business :mky_04:
Dari awal thread dan dari judul juga sudah disebut kok yang dibahas cuma monokok fwd VS ladder frame rwd.
situ mau bahas monokok rwd ya monggo.. feel free to share :wkkk: :big_okay:

flamboyan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 186
Joined: 18 Nov 2014, 08:58

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by flamboyan » 29 Apr 2019, 14:43

Saya prefer sedan, tapi gak ada kasus gak kuat nanjak selama tanjakannya masih normal dan bukan pemula aja. Mengingat bahwa di sedan, power to weight ratio relatif besar dan selama ini menjaga agar loadnya gak keberatan buat sedan

User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2210
Joined: 16 Aug 2017, 15:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS_Dakar

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by Winz » 29 Apr 2019, 14:57

krniawnhdr wrote:
29 Apr 2019, 13:55
Winz wrote:
29 Apr 2019, 13:41
krniawnhdr wrote:
29 Apr 2019, 13:36


Indeed om...Saya juga preferensinya lebih suka mobil gc tinggi dibanding sedan...
tapi emang saya engga pernah punya sedan sih. cuma pas nebeng2 atau pas naik taksi aja :mky_01:
Mungkin temen2 yang preferensinya sedan punya input yang bisa dishare....?
SUV monocoque pun posisi nyetir agak masuk gtu

Mirip2 posisi klo lagi setir mobil Sedan rasa'nya

Gara2 tinggi besar juga memberi rasa aman

lebih jarang pengemudi ngawur yg dekat2
walau secara dimensi pun sebenernya dicompare hyundai santa fe vs trailblazer itu mirip2 tinggnya..hehe
Tinggi beda 17cm ya lumayan, om, SantaFe 1680mm, TrailBlazer 1852mm, 10% kira2, CMIIW

User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3004
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by marmut » 29 Apr 2019, 15:03

sebelum nanjak bakarin menyan dulu sama keempat bannya siram air mawar supaya nambah grip. jangan lupa mesin juga dikepretin air mawar biar nggak overheat saat tanjakan.


* : diusahakan driver kias dulu mandi dari 7 mata air supaya jiwa raga terbebas dari beban dosa yang berat.
pipes - cigars - coffee

Post Reply