TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
mamat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Thu Jul 23, 2009 12:03
Location: +62

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by mamat »

ibenn wrote: Sun Mar 24, 2019 7:43
Utk Bantingan sih nyaman om.. sy kan ada nyoba 3 LC, ini yg body nya paling segar luar dalem.. yg di CV joint nya ada grease sedikit.. bantingan nyaman.. tp stir kerasa agak berat
:big_okay: :big_okay:
powered by B20VTEC kick in yoo :mky_08:
ibenn
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Tue Dec 15, 2015 4:07

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by ibenn »

mamat wrote: Sun Mar 24, 2019 10:06
ibenn wrote: Sun Mar 24, 2019 7:43
Utk Bantingan sih nyaman om.. sy kan ada nyoba 3 LC, ini yg body nya paling segar luar dalem.. yg di CV joint nya ada grease sedikit.. bantingan nyaman.. tp stir kerasa agak berat
:big_okay: :big_okay:
Om mamat dan om agathos, hari ini sy hunting cygnus lagi (lebih tepatnya lexus LX470), ternyata sama ada rembesan juga. Berarti total saya ud lihat 4 cygnus dan semuanya dengan kondisi cv joint yg ada rembesan ya..

Saya ada coba foto sih om.. sory saya agak awam, apa bedanya antara yg sy lingkar merah dengan hijau ya.. merah itu ada rembesan dan hijau tidak ada.. thanks before
1C8C5898-2C3D-4AFC-84CE-1D2631CE64BE.jpeg
Sekalian tampilin mblnya ah yg td di liat hehe
6B370293-5715-4DCE-8B46-236C72D938C2.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by lemonadelovers »

Beli LC100 / cygnus bensin matic mesin ganti ke hino dutro bisa gak ya? Spare part lbh murah dan melimpah
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by ginting »

ibenn wrote:
mamat wrote: Sun Mar 24, 2019 10:06
ibenn wrote: Sun Mar 24, 2019 7:43
Utk Bantingan sih nyaman om.. sy kan ada nyoba 3 LC, ini yg body nya paling segar luar dalem.. yg di CV joint nya ada grease sedikit.. bantingan nyaman.. tp stir kerasa agak berat
:big_okay: :big_okay:
Om mamat dan om agathos, hari ini sy hunting cygnus lagi (lebih tepatnya lexus LX470), ternyata sama ada rembesan juga. Berarti total saya ud lihat 4 cygnus dan semuanya dengan kondisi cv joint yg ada rembesan ya..

Saya ada coba foto sih om.. sory saya agak awam, apa bedanya antara yg sy lingkar merah dengan hijau ya.. merah itu ada rembesan dan hijau tidak ada.. thanks before
1C8C5898-2C3D-4AFC-84CE-1D2631CE64BE.jpeg
Sekalian tampilin mblnya ah yg td di liat hehe
6B370293-5715-4DCE-8B46-236C72D938C2.jpeg
yg Hijau itu tie rod..gunanya buat gerakkan roda ke kiri dan kanan. itu gak muter.
nyambung ke power steering


kalau merah, itu mutar roda.
nyambung ke gearbox.

ibenn
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Tue Dec 15, 2015 4:07

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by ibenn »

ginting wrote: Sun Mar 24, 2019 12:49
ibenn wrote:
mamat wrote: Sun Mar 24, 2019 10:06

:big_okay: :big_okay:
Om mamat dan om agathos, hari ini sy hunting cygnus lagi (lebih tepatnya lexus LX470), ternyata sama ada rembesan juga. Berarti total saya ud lihat 4 cygnus dan semuanya dengan kondisi cv joint yg ada rembesan ya..

Saya ada coba foto sih om.. sory saya agak awam, apa bedanya antara yg sy lingkar merah dengan hijau ya.. merah itu ada rembesan dan hijau tidak ada.. thanks before

1C8C5898-2C3D-4AFC-84CE-1D2631CE64BE.jpeg

Sekalian tampilin mblnya ah yg td di liat hehe

6B370293-5715-4DCE-8B46-236C72D938C2.jpeg
yg Hijau itu tie rod..gunanya buat gerakkan roda ke kiri dan kanan. itu gak muter.
nyambung ke power steering


kalau merah, itu mutar roda.
nyambung ke gearbox.
Oh oke om ginting siap.. berarti yg merah itu tempat CV joint ya?
User avatar
mamat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Thu Jul 23, 2009 12:03
Location: +62

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by mamat »

ibenn wrote: Sun Mar 24, 2019 11:30
Om mamat dan om agathos, hari ini sy hunting cygnus lagi (lebih tepatnya lexus LX470), ternyata sama ada rembesan juga. Berarti total saya ud lihat 4 cygnus dan semuanya dengan kondisi cv joint yg ada rembesan ya..

Saya ada coba foto sih om.. sory saya agak awam, apa bedanya antara yg sy lingkar merah dengan hijau ya.. merah itu ada rembesan dan hijau tidak ada.. thanks before

1C8C5898-2C3D-4AFC-84CE-1D2631CE64BE.jpeg

Sekalian tampilin mblnya ah yg td di liat hehe

6B370293-5715-4DCE-8B46-236C72D938C2.jpeg
Sudah dijawab dengan mod ginting ya om
Yang merah itu inner boot cv joint yang dalam
Sedangkan yang merah itu steering bot

Kalau hanya boot nya saja, harga nggak mahal om, seperti om agathos bilang harganya, dan untuk steering boot saya pernah beli kalau nggak salah 200 apa 300 gitu
powered by B20VTEC kick in yoo :mky_08:
ibenn
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Tue Dec 15, 2015 4:07

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by ibenn »

mamat wrote: Sun Mar 24, 2019 14:25
ibenn wrote: Sun Mar 24, 2019 11:30
Om mamat dan om agathos, hari ini sy hunting cygnus lagi (lebih tepatnya lexus LX470), ternyata sama ada rembesan juga. Berarti total saya ud lihat 4 cygnus dan semuanya dengan kondisi cv joint yg ada rembesan ya..

Saya ada coba foto sih om.. sory saya agak awam, apa bedanya antara yg sy lingkar merah dengan hijau ya.. merah itu ada rembesan dan hijau tidak ada.. thanks before

1C8C5898-2C3D-4AFC-84CE-1D2631CE64BE.jpeg

Sekalian tampilin mblnya ah yg td di liat hehe

6B370293-5715-4DCE-8B46-236C72D938C2.jpeg
Sudah dijawab dengan mod ginting ya om
Yang merah itu inner boot cv joint yang dalam
Sedangkan yang merah itu steering bot

Kalau hanya boot nya saja, harga nggak mahal om, seperti om agathos bilang harganya, dan untuk steering boot saya pernah beli kalau nggak salah 200 apa 300 gitu
Oke siap om mamat.. sorry nanya lg om.. kmrn kan seinget sy pas test drive setir agak berat.. tp lupa2 inget.. makanya besok senin saya mau ke sana lagi sekalian ajak otospector.. kira2 apa aja ya om yg perlu d cek klo memang seandainya setir masih berat..?
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by agathos »

ibenn wrote: Sun Mar 24, 2019 15:06
mamat wrote: Sun Mar 24, 2019 14:25
ibenn wrote: Sun Mar 24, 2019 11:30
Om mamat dan om agathos, hari ini sy hunting cygnus lagi (lebih tepatnya lexus LX470), ternyata sama ada rembesan juga. Berarti total saya ud lihat 4 cygnus dan semuanya dengan kondisi cv joint yg ada rembesan ya..

Saya ada coba foto sih om.. sory saya agak awam, apa bedanya antara yg sy lingkar merah dengan hijau ya.. merah itu ada rembesan dan hijau tidak ada.. thanks before

1C8C5898-2C3D-4AFC-84CE-1D2631CE64BE.jpeg

Sekalian tampilin mblnya ah yg td di liat hehe

6B370293-5715-4DCE-8B46-236C72D938C2.jpeg
Sudah dijawab dengan mod ginting ya om
Yang merah itu inner boot cv joint yang dalam
Sedangkan yang merah itu steering bot

Kalau hanya boot nya saja, harga nggak mahal om, seperti om agathos bilang harganya, dan untuk steering boot saya pernah beli kalau nggak salah 200 apa 300 gitu
Oke siap om mamat.. sorry nanya lg om.. kmrn kan seinget sy pas test drive setir agak berat.. tp lupa2 inget.. makanya besok senin saya mau ke sana lagi sekalian ajak otospector.. kira2 apa aja ya om yg perlu d cek klo memang seandainya setir masih berat..?
sepanjang cm boot nya doang gak apa2 om. yang agak mahal itu kalau CV nya uda kena, tapi jarang apa lagi kalau maintenance record lengkap sih. Cygnus uda pake hydraulic power steering, mkn cek di fluida dan ada bocor gak? berat nya gimana om? lebih berat di bandingin cygnus yang lain di coba? pas mobil jalan berat atau pas parkir berat stir nya?
ibenn
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Tue Dec 15, 2015 4:07

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by ibenn »

agathos wrote: Sun Mar 24, 2019 15:16
ibenn wrote: Sun Mar 24, 2019 15:06
mamat wrote: Sun Mar 24, 2019 14:25

Sudah dijawab dengan mod ginting ya om
Yang merah itu inner boot cv joint yang dalam
Sedangkan yang merah itu steering bot

Kalau hanya boot nya saja, harga nggak mahal om, seperti om agathos bilang harganya, dan untuk steering boot saya pernah beli kalau nggak salah 200 apa 300 gitu
Oke siap om mamat.. sorry nanya lg om.. kmrn kan seinget sy pas test drive setir agak berat.. tp lupa2 inget.. makanya besok senin saya mau ke sana lagi sekalian ajak otospector.. kira2 apa aja ya om yg perlu d cek klo memang seandainya setir masih berat..?
sepanjang cm boot nya doang gak apa2 om. yang agak mahal itu kalau CV nya uda kena, tapi jarang apa lagi kalau maintenance record lengkap sih. Cygnus uda pake hydraulic power steering, mkn cek di fluida dan ada bocor gak? berat nya gimana om? lebih berat di bandingin cygnus yang lain di coba? pas mobil jalan berat atau pas parkir berat stir nya?
Seinget sy nyoba nya pas jalan agak berat.. tp lupa2 inget jg.. makanya besok mau ke sana lagi om hehe.. cuma tadi pas nyoba puterin stir LX470 di showroom wtc sih enteng, mungkin jg karena lantainya keramik plus penuh dengan obat polesan jadi bikin makin enteng x ya :big_biglaugh:
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4723
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by F272 »

ibenn wrote: Sun Mar 24, 2019 11:30 - cut -
Sekalian tampilin mblnya ah yg td di liat hehe

6B370293-5715-4DCE-8B46-236C72D938C2.jpeg
Saya cuma mau komentar tentang foto terakhir nya saja,

Kalo lihat mobil bentuk ini seolah di hati berkata :


Ini baru yang nama nya mobil.....

atau..

Nah yang nama nya mobil tuh musti nya bentuknya kayak gini....

:mky_02: :mky_02: :mky_01: :mky_01:
ibenn
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Tue Dec 15, 2015 4:07

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by ibenn »

F 272 wrote: Sun Mar 24, 2019 23:16
ibenn wrote: Sun Mar 24, 2019 11:30 - cut -
Sekalian tampilin mblnya ah yg td di liat hehe

6B370293-5715-4DCE-8B46-236C72D938C2.jpeg
Saya cuma mau komentar tentang foto terakhir nya saja,

Kalo lihat mobil bentuk ini seolah di hati berkata :


Ini baru yang nama nya mobil.....

atau..

Nah yang nama nya mobil tuh musti nya bentuknya kayak gini....

:mky_02: :mky_02: :mky_01: :mky_01:
Hahahaha racun om mod :big_biglaugh:
ngalih
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 533
Joined: Wed Jan 25, 2017 0:29
Location: lenteng agung jakarta
Daily Vehicle: Trooper

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by ngalih »

Melihara cygnus ribet ndak sih om... Masuk kategori motuba kah? Maksudnya bentar2 ke bengkel walau masalah2 kecil
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4723
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by F272 »

ngalih wrote: Mon Mar 25, 2019 3:56 Melihara cygnus ribet ndak sih om... Masuk kategori motuba kah? Maksudnya bentar2 ke bengkel walau masalah2 kecil
Musti di test om ......Monggo.......... :mky_01: :mky_02:
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by agathos »

ngalih wrote: Mon Mar 25, 2019 3:56 Melihara cygnus ribet ndak sih om... Masuk kategori motuba kah? Maksudnya bentar2 ke bengkel walau masalah2 kecil
Land Cruiser overall reliable om, Land Cruiser 105 saya tahun 2000 saya pake daily (120rb KM), never let me down. mostly preventive maintenance. kalau ada issue kecil2 biasa nya karen dari modifikasi mesin dan ECU yang saya taro, tapi ini juga saya bisa resolve sendiri quite quickly karena simple. Istri saya pake Prado 4.0L tahun 2004 - (140rb KM), daily juga Kelapa Gading - Kebayoran Baru - sama juga routine maintenance dan preventive maintenance, Bokap Pake Prado 3.0L 1KD-FTV sama daily juga (170rb KM). item yang potensi rusak kalau mobil umur Radiator, Kondesor AC dan Kompressor AC/Mag-clutch. kalau uda 100rb KM, water-pump, timing belt dkk. saran saya sih pas beli pastiin KM asli dan bawa ke bengkel yang bener2 ngerti mobilnya jadi bisa preventive maintenance. masalah muncul biasanya parts udah lemah kerena mobil juga uda umur dan maintenance sebelumnya jelek (air radiator gak pernah di ganti jadi clogging radiator), mobil mati ac masih nyalah, AC gak pernah di service dkk.

Electronic LC salah satu yang paling kuat dibanding sekelas nya katak Merc/BMW/Land Rover. sensor-sensor lumayan jarang rusak sih dari pengalaman.

my2c

:big_peace:
goodwill
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Wed Jan 14, 2009 8:34

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by goodwill »

exactly what AGATHOS says above.

ya u just cant beat the feeling driving for an adventure and u will know that u gon drive back in peace. mine is an 11 years tank, only normal maintenance done on the car!

no wonder the car de(a)preciate in value.
ibenn
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Tue Dec 15, 2015 4:07

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by ibenn »

agathos wrote: Mon Mar 25, 2019 11:30
ngalih wrote: Mon Mar 25, 2019 3:56 Melihara cygnus ribet ndak sih om... Masuk kategori motuba kah? Maksudnya bentar2 ke bengkel walau masalah2 kecil
Land Cruiser overall reliable om, Land Cruiser 105 saya tahun 2000 saya pake daily (120rb KM), never let me down. mostly preventive maintenance. kalau ada issue kecil2 biasa nya karen dari modifikasi mesin dan ECU yang saya taro, tapi ini juga saya bisa resolve sendiri quite quickly karena simple. Istri saya pake Prado 4.0L tahun 2004 - (140rb KM), daily juga Kelapa Gading - Kebayoran Baru - sama juga routine maintenance dan preventive maintenance, Bokap Pake Prado 3.0L 1KD-FTV sama daily juga (170rb KM). item yang potensi rusak kalau mobil umur Radiator, Kondesor AC dan Kompressor AC/Mag-clutch. kalau uda 100rb KM, water-pump, timing belt dkk. saran saya sih pas beli pastiin KM asli dan bawa ke bengkel yang bener2 ngerti mobilnya jadi bisa preventive maintenance. masalah muncul biasanya parts udah lemah kerena mobil juga uda umur dan maintenance sebelumnya jelek (air radiator gak pernah di ganti jadi clogging radiator), mobil mati ac masih nyalah, AC gak pernah di service dkk.

Electronic LC salah satu yang paling kuat dibanding sekelas nya katak Merc/BMW/Land Rover. sensor-sensor lumayan jarang rusak sih dari pengalaman.

my2c

:big_peace:
Selamat malam om agathos, om mamat, om goodwill, dan om2 suhu LC lainnya, mau laporan sedikit hehe.. td siang sy cek 1 unit LC yg kmrn sy info setir agak dikit berat, kali ini sy cek bareng sama otospector.. sekilas problemnya adalah :

1. Selang power steeringnya ktnya gak ori, jadi klo pas setir dibelokin kiri or kanan, ada bunyi seperti gas gitu..dan jg memanf sedikit agak berat.. sedikit doang sih hehe
Menurut otospector, solusinya tinggal diganti selang nya yg ori

2. Boot shaft nya pecah, jadi ada grease
Menurut otospector, solusinya tinggal diganti boot nya

3. Kampas rem depan sudah mulai ga bagus
Menurut otospector, solusinya tinggal ganti kampas

4. Di salah satu mesin V nya ada yg rembes dikit, katanya sih bukan big problem
Menurut otospector, solusinya ganti seal rocker cover nya saja
2284A0DF-191D-4E26-9129-EAF3D75BE18F.jpeg
5. Tilt stir ketika dicolok kunci kontak kan bisa otomatis naik turun ya, ini ada bunyi seperti bunyi agak keset gitu.. seperti kaya ketahan, walaupun normal dan gak macet
Nah utk kasus ini otospector gak paham kenapa

6. Trus ini gak bisa di scan, karena ternyata yg tahun 2000 gak ada colokan OBD.. jadi kt otospector ga ketauan ada masalah apaan.. saat ini KM sih 90rb dan ga ada indikasi puter km, krn sebelumnya jg service record

Pas tadi siang nge cek sih yg diceritain secara lisan baru itu saja, sisanya sih menyusul di laporan tertulisnya besok..

Yg saya gak tahan dr mobil ini, cat nya full ori 100% dan mulus 99%, seperti cinta pada pandangan pertama :big_love: :big_biglaugh:

Tp sayang ternyata ada problem :big_cry:

Sembari nunggu laporan lengkapnya besok, mau nanya sama suhu2 LC, kira2 dr kelima problem itu, biaya perbaikannya besar ga ya? Dan apakah analisa dr otospector itu benar solusinya seperti itu?

Saya kasih sedikit foto nya ya hehe
BAFD3915-8380-401F-A487-DD17B07AEE40.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
mamat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Thu Jul 23, 2009 12:03
Location: +62

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by mamat »

ibenn wrote: Mon Mar 25, 2019 13:15
Selamat malam om agathos, om mamat, om goodwill, dan om2 suhu LC lainnya, mau laporan sedikit hehe.. td siang sy cek 1 unit LC yg kmrn sy info setir agak dikit berat, kali ini sy cek bareng sama otospector.. sekilas problemnya adalah :

1. Selang power steeringnya ktnya gak ori, jadi klo pas setir dibelokin kiri or kanan, ada bunyi seperti gas gitu..dan jg memanf sedikit agak berat.. sedikit doang sih hehe
Menurut otospector, solusinya tinggal diganti selang nya yg ori

2. Boot shaft nya pecah, jadi ada grease
Menurut otospector, solusinya tinggal diganti boot nya

3. Kampas rem depan sudah mulai ga bagus
Menurut otospector, solusinya tinggal ganti kampas

4. Di salah satu mesin V nya ada yg rembes dikit, katanya sih bukan big problem
Menurut otospector, solusinya ganti seal rocker cover nya saja
2284A0DF-191D-4E26-9129-EAF3D75BE18F.jpeg

5. Tilt stir ketika dicolok kunci kontak kan bisa otomatis naik turun ya, ini ada bunyi seperti bunyi agak keset gitu.. seperti kaya ketahan, walaupun normal dan gak macet
Nah utk kasus ini otospector gak paham kenapa

6. Trus ini gak bisa di scan, karena ternyata yg tahun 2000 gak ada colokan OBD.. jadi kt otospector ga ketauan ada masalah apaan.. saat ini KM sih 90rb dan ga ada indikasi puter km, krn sebelumnya jg service record

Pas tadi siang nge cek sih yg diceritain secara lisan baru itu saja, sisanya sih menyusul di laporan tertulisnya besok..

Yg saya gak tahan dr mobil ini, cat nya full ori 100% dan mulus 99%, seperti cinta pada pandangan pertama :big_love: :big_biglaugh:

Tp sayang ternyata ada problem :big_cry:

Sembari nunggu laporan lengkapnya besok, mau nanya sama suhu2 LC, kira2 dr kelima problem itu, biaya perbaikannya besar ga ya? Dan apakah analisa dr otospector itu benar solusinya seperti itu?

Saya kasih sedikit foto nya ya hehe

BAFD3915-8380-401F-A487-DD17B07AEE40.jpeg
Malam juga om ibenn
Saya bantu jawab dari pengalaman saya ya
1. Saya pernah ganti selang power steering, kalau asli saya pernah tanya jutaan, pasti saya lupa. Saya ganti selangnya sendiri dan beli di toko khusus jual selang hidrolik. Sampai sekarang aman aman saja selangnya.

2. Boot shaft sudah dibahas sebelumnya oleh om agathos, sekitar 1,3 an

3. Kampas rem depan sejutaan saya biasa beli, asli toyota

4. Nggak bisa jawab, karena belum pernah ngalamin.

5. Bunyinya kriet kriet ya om? Seperti karena jarang dipakai, karena harrier saya kalau jarang dipakai seperti itu bunyi.

6. Colokan obd nya ada di dalam kap mesin, diantara tabung minyak rem dengan box filter udara, nempel di body/fender
powered by B20VTEC kick in yoo :mky_08:
ibenn
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Tue Dec 15, 2015 4:07

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by ibenn »

mamat wrote: Mon Mar 25, 2019 13:36
ibenn wrote: Mon Mar 25, 2019 13:15
Selamat malam om agathos, om mamat, om goodwill, dan om2 suhu LC lainnya, mau laporan sedikit hehe.. td siang sy cek 1 unit LC yg kmrn sy info setir agak dikit berat, kali ini sy cek bareng sama otospector.. sekilas problemnya adalah :

1. Selang power steeringnya ktnya gak ori, jadi klo pas setir dibelokin kiri or kanan, ada bunyi seperti gas gitu..dan jg memanf sedikit agak berat.. sedikit doang sih hehe
Menurut otospector, solusinya tinggal diganti selang nya yg ori

2. Boot shaft nya pecah, jadi ada grease
Menurut otospector, solusinya tinggal diganti boot nya

3. Kampas rem depan sudah mulai ga bagus
Menurut otospector, solusinya tinggal ganti kampas

4. Di salah satu mesin V nya ada yg rembes dikit, katanya sih bukan big problem
Menurut otospector, solusinya ganti seal rocker cover nya saja
2284A0DF-191D-4E26-9129-EAF3D75BE18F.jpeg

5. Tilt stir ketika dicolok kunci kontak kan bisa otomatis naik turun ya, ini ada bunyi seperti bunyi agak keset gitu.. seperti kaya ketahan, walaupun normal dan gak macet
Nah utk kasus ini otospector gak paham kenapa

6. Trus ini gak bisa di scan, karena ternyata yg tahun 2000 gak ada colokan OBD.. jadi kt otospector ga ketauan ada masalah apaan.. saat ini KM sih 90rb dan ga ada indikasi puter km, krn sebelumnya jg service record

Pas tadi siang nge cek sih yg diceritain secara lisan baru itu saja, sisanya sih menyusul di laporan tertulisnya besok..

Yg saya gak tahan dr mobil ini, cat nya full ori 100% dan mulus 99%, seperti cinta pada pandangan pertama :big_love: :big_biglaugh:

Tp sayang ternyata ada problem :big_cry:

Sembari nunggu laporan lengkapnya besok, mau nanya sama suhu2 LC, kira2 dr kelima problem itu, biaya perbaikannya besar ga ya? Dan apakah analisa dr otospector itu benar solusinya seperti itu?

Saya kasih sedikit foto nya ya hehe

BAFD3915-8380-401F-A487-DD17B07AEE40.jpeg
Malam juga om ibenn
Saya bantu jawab dari pengalaman saya ya
1. Saya pernah ganti selang power steering, kalau asli saya pernah tanya jutaan, pasti saya lupa. Saya ganti selangnya sendiri dan beli di toko khusus jual selang hidrolik. Sampai sekarang aman aman saja selangnya.

2. Boot shaft sudah dibahas sebelumnya oleh om agathos, sekitar 1,3 an

3. Kampas rem depan sejutaan saya biasa beli, asli toyota

4. Nggak bisa jawab, karena belum pernah ngalamin.

5. Bunyinya kriet kriet ya om? Seperti karena jarang dipakai, karena harrier saya kalau jarang dipakai seperti itu bunyi.

6. Colokan obd nya ada di dalam kap mesin, diantara tabung minyak rem dengan box filter udara, nempel di body/fender
1. Jadi pas belokin stir kiri or kanan (keadaan mobil diam), ada bunyi seperti gas knp ya om.. dan jg stir terasa sedikit agak berat..

2 dan 3. Oke siap om

4. Ini yg sy takut analisa otospector salah dan ternyata bukan hal sepele malah big problem. Td berkali2 sy tanya mas yg nge cek sih ktnya harusnya sih pasti cuma seal rocker cover saja. Sy cuma takut analisa mereka salah

5. Bunyinya itu seperti setirnya ke seret seret gitu om..

6. Iya betul om, ktnya colokan obd nya ada di area mesin tp si mas otospectornya ga punya, dan ktnya jarang bgt yg punya scanner model begitu
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by agathos »

ibenn wrote: Mon Mar 25, 2019 13:15
agathos wrote: Mon Mar 25, 2019 11:30
ngalih wrote: Mon Mar 25, 2019 3:56 Melihara cygnus ribet ndak sih om... Masuk kategori motuba kah? Maksudnya bentar2 ke bengkel walau masalah2 kecil
Land Cruiser overall reliable om, Land Cruiser 105 saya tahun 2000 saya pake daily (120rb KM), never let me down. mostly preventive maintenance. kalau ada issue kecil2 biasa nya karen dari modifikasi mesin dan ECU yang saya taro, tapi ini juga saya bisa resolve sendiri quite quickly karena simple. Istri saya pake Prado 4.0L tahun 2004 - (140rb KM), daily juga Kelapa Gading - Kebayoran Baru - sama juga routine maintenance dan preventive maintenance, Bokap Pake Prado 3.0L 1KD-FTV sama daily juga (170rb KM). item yang potensi rusak kalau mobil umur Radiator, Kondesor AC dan Kompressor AC/Mag-clutch. kalau uda 100rb KM, water-pump, timing belt dkk. saran saya sih pas beli pastiin KM asli dan bawa ke bengkel yang bener2 ngerti mobilnya jadi bisa preventive maintenance. masalah muncul biasanya parts udah lemah kerena mobil juga uda umur dan maintenance sebelumnya jelek (air radiator gak pernah di ganti jadi clogging radiator), mobil mati ac masih nyalah, AC gak pernah di service dkk.

Electronic LC salah satu yang paling kuat dibanding sekelas nya katak Merc/BMW/Land Rover. sensor-sensor lumayan jarang rusak sih dari pengalaman.

my2c

:big_peace:
Selamat malam om agathos, om mamat, om goodwill, dan om2 suhu LC lainnya, mau laporan sedikit hehe.. td siang sy cek 1 unit LC yg kmrn sy info setir agak dikit berat, kali ini sy cek bareng sama otospector.. sekilas problemnya adalah :

1. Selang power steeringnya ktnya gak ori, jadi klo pas setir dibelokin kiri or kanan, ada bunyi seperti gas gitu..dan jg memanf sedikit agak berat.. sedikit doang sih hehe
Menurut otospector, solusinya tinggal diganti selang nya yg ori

2. Boot shaft nya pecah, jadi ada grease
Menurut otospector, solusinya tinggal diganti boot nya

3. Kampas rem depan sudah mulai ga bagus
Menurut otospector, solusinya tinggal ganti kampas

4. Di salah satu mesin V nya ada yg rembes dikit, katanya sih bukan big problem
Menurut otospector, solusinya ganti seal rocker cover nya saja
2284A0DF-191D-4E26-9129-EAF3D75BE18F.jpeg

5. Tilt stir ketika dicolok kunci kontak kan bisa otomatis naik turun ya, ini ada bunyi seperti bunyi agak keset gitu.. seperti kaya ketahan, walaupun normal dan gak macet
Nah utk kasus ini otospector gak paham kenapa

6. Trus ini gak bisa di scan, karena ternyata yg tahun 2000 gak ada colokan OBD.. jadi kt otospector ga ketauan ada masalah apaan.. saat ini KM sih 90rb dan ga ada indikasi puter km, krn sebelumnya jg service record

Pas tadi siang nge cek sih yg diceritain secara lisan baru itu saja, sisanya sih menyusul di laporan tertulisnya besok..

Yg saya gak tahan dr mobil ini, cat nya full ori 100% dan mulus 99%, seperti cinta pada pandangan pertama :big_love: :big_biglaugh:

Tp sayang ternyata ada problem :big_cry:

Sembari nunggu laporan lengkapnya besok, mau nanya sama suhu2 LC, kira2 dr kelima problem itu, biaya perbaikannya besar ga ya? Dan apakah analisa dr otospector itu benar solusinya seperti itu?

Saya kasih sedikit foto nya ya hehe

BAFD3915-8380-401F-A487-DD17B07AEE40.jpeg
Coba bantu tambahin yah om, jawaban om mamat udah spot on di atas tuh hehehehe.

1. Selang power steering kalau asli mahal coba OEM om, saya kadang2 suka belanja di ebay untuk beberapa barang yang agak jarang dan bisa lebih murah. LX470 dan cygnus sama persis jadi parts nya bisa di pake. Kalau bunyi "cuss" pas stir di habis in lock to lock (mentok) wajar, saya punya di 105 dari dan setelah ganti pompa (preventive) sama ada bunyi begitu om. Kalau soal berat saya gak bisa comment, tapi stir LC200 saya ban std lebih berat power steering nya dari RX saya ban std juga, mkn karena ukuran dan karena LC200 masih hydraulic murni.

3. Kanvas kalau mau bagus ganti aisin advics carbon ceramic, rem TLC payah mesti injek dalem. Depan belakang sekitar 4jt an sampe indo tapi puas. Kalau ada budget piringan ganti DBA yang slotted bantu grip rem juga dan braided lines Goodridge.

4. Mesin V8 UZ series setau saya jarang rembes, tapi bisa aja, harus di lihat sejarah mobil pernah dibuka gak top half nya? Atau pernah overheat gak? Kalau emang cm rembes karena gasket kalah di umur aja sih sebenernya gak repot karena cm buka tutup cam nya aja. Kalau lihat foto nya sekilas sih gak parah rembes nya om. Kalau dulu L322 saya ngompol dari seal2nya V8 nya hahah

5. Kalau naik turun tilt bunyi keset bisa jadi ada plastic trim yang gak bener pasang nya waktu di assembled (mkn pas di bersihin atau pasang accessories). Ini pernah kejadian di RX temen dl. Harus di cek lagi posisi trim nya. Worst case motor nya uda mulai kena dan harus reparasi atau ganti.

Sebenernya kalau budget nya 300an gendut saran saya mending coba cari yang 03 up om, lebih banyak fitur nya di banding yang 2000-2003 awal. Termasuk side airbag dan night vision (gimmic sih ini)

:big_peace:
Last edited by agathos on Mon Mar 25, 2019 15:11, edited 1 time in total.
User avatar
mamat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Thu Jul 23, 2009 12:03
Location: +62

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by mamat »

ibenn wrote: Mon Mar 25, 2019 14:00
1. Jadi pas belokin stir kiri or kanan (keadaan mobil diam), ada bunyi seperti gas knp ya om.. dan jg stir terasa sedikit agak berat..

2 dan 3. Oke siap om

4. Ini yg sy takut analisa otospector salah dan ternyata bukan hal sepele malah big problem. Td berkali2 sy tanya mas yg nge cek sih ktnya harusnya sih pasti cuma seal rocker cover saja. Sy cuma takut analisa mereka salah

5. Bunyinya itu seperti setirnya ke seret seret gitu om..

6. Iya betul om, ktnya colokan obd nya ada di area mesin tp si mas otospectornya ga punya, dan ktnya jarang bgt yg punya scanner model begitu
Kalau masalah power steering bagi saya yang penting nggak bocor dan pompanya nggak bunyi berdengung om.
powered by B20VTEC kick in yoo :mky_08:
ibenn
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Tue Dec 15, 2015 4:07

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by ibenn »

agathos wrote: Mon Mar 25, 2019 15:08
ibenn wrote: Mon Mar 25, 2019 13:15
agathos wrote: Mon Mar 25, 2019 11:30

Land Cruiser overall reliable om, Land Cruiser 105 saya tahun 2000 saya pake daily (120rb KM), never let me down. mostly preventive maintenance. kalau ada issue kecil2 biasa nya karen dari modifikasi mesin dan ECU yang saya taro, tapi ini juga saya bisa resolve sendiri quite quickly karena simple. Istri saya pake Prado 4.0L tahun 2004 - (140rb KM), daily juga Kelapa Gading - Kebayoran Baru - sama juga routine maintenance dan preventive maintenance, Bokap Pake Prado 3.0L 1KD-FTV sama daily juga (170rb KM). item yang potensi rusak kalau mobil umur Radiator, Kondesor AC dan Kompressor AC/Mag-clutch. kalau uda 100rb KM, water-pump, timing belt dkk. saran saya sih pas beli pastiin KM asli dan bawa ke bengkel yang bener2 ngerti mobilnya jadi bisa preventive maintenance. masalah muncul biasanya parts udah lemah kerena mobil juga uda umur dan maintenance sebelumnya jelek (air radiator gak pernah di ganti jadi clogging radiator), mobil mati ac masih nyalah, AC gak pernah di service dkk.

Electronic LC salah satu yang paling kuat dibanding sekelas nya katak Merc/BMW/Land Rover. sensor-sensor lumayan jarang rusak sih dari pengalaman.

my2c

:big_peace:
Selamat malam om agathos, om mamat, om goodwill, dan om2 suhu LC lainnya, mau laporan sedikit hehe.. td siang sy cek 1 unit LC yg kmrn sy info setir agak dikit berat, kali ini sy cek bareng sama otospector.. sekilas problemnya adalah :

1. Selang power steeringnya ktnya gak ori, jadi klo pas setir dibelokin kiri or kanan, ada bunyi seperti gas gitu..dan jg memanf sedikit agak berat.. sedikit doang sih hehe
Menurut otospector, solusinya tinggal diganti selang nya yg ori

2. Boot shaft nya pecah, jadi ada grease
Menurut otospector, solusinya tinggal diganti boot nya

3. Kampas rem depan sudah mulai ga bagus
Menurut otospector, solusinya tinggal ganti kampas

4. Di salah satu mesin V nya ada yg rembes dikit, katanya sih bukan big problem
Menurut otospector, solusinya ganti seal rocker cover nya saja
2284A0DF-191D-4E26-9129-EAF3D75BE18F.jpeg

5. Tilt stir ketika dicolok kunci kontak kan bisa otomatis naik turun ya, ini ada bunyi seperti bunyi agak keset gitu.. seperti kaya ketahan, walaupun normal dan gak macet
Nah utk kasus ini otospector gak paham kenapa

6. Trus ini gak bisa di scan, karena ternyata yg tahun 2000 gak ada colokan OBD.. jadi kt otospector ga ketauan ada masalah apaan.. saat ini KM sih 90rb dan ga ada indikasi puter km, krn sebelumnya jg service record

Pas tadi siang nge cek sih yg diceritain secara lisan baru itu saja, sisanya sih menyusul di laporan tertulisnya besok..

Yg saya gak tahan dr mobil ini, cat nya full ori 100% dan mulus 99%, seperti cinta pada pandangan pertama :big_love: :big_biglaugh:

Tp sayang ternyata ada problem :big_cry:

Sembari nunggu laporan lengkapnya besok, mau nanya sama suhu2 LC, kira2 dr kelima problem itu, biaya perbaikannya besar ga ya? Dan apakah analisa dr otospector itu benar solusinya seperti itu?

Saya kasih sedikit foto nya ya hehe

BAFD3915-8380-401F-A487-DD17B07AEE40.jpeg
Coba bantu tambahin yah om, jawaban om mamat udah spot on di atas tuh hehehehe.

1. Selang power steering kalau asli mahal coba OEM om, saya kadang2 suka belanja di ebay untuk beberapa barang yang agak jarang dan bisa lebih murah. LX470 dan cygnus sama persis jadi parts nya bisa di pake. Kalau bunyi "cuss" pas stir di habis in lock to lock (mentok) wajar, saya punya di 105 dari dan setelah ganti pompa (preventive) sama ada bunyi begitu om. Kalau soal berat saya gak bisa comment, tapi stir LC200 saya ban std lebih berat power steering nya dari RX saya ban std juga, mkn karena ukuran dan karena LC200 masih hydraulic murni.

3. Kanvas kalau mau bagus ganti aisin advics carbon ceramic, rem TLC payah mesti injek dalem. Depan belakang sekitar 4jt an sampe indo tapi puas. Kalau ada budget piringan ganti DBA yang slotted bantu grip rem juga dan braided lines Goodridge.

4. Mesin V8 UZ series setau saya jarang rembes, tapi bisa aja, harus di lihat sejarah mobil pernah dibuka gak top half nya? Atau pernah overheat gak? Kalau emang cm rembes karena gasket kalah di umur aja sih sebenernya gak repot karena cm buka tutup cam nya aja. Kalau lihat foto nya sekilas sih gak parah rembes nya om. Kalau dulu L322 saya ngompol dari seal2nya V8 nya hahah

5. Kalau naik turun tilt bunyi keset bisa jadi ada plastic trim yang gak bener pasang nya waktu di assembled (mkn pas di bersihin atau pasang accessories). Ini pernah kejadian di RX temen dl. Harus di cek lagi posisi trim nya. Worst case motor nya uda mulai kena dan harus reparasi atau ganti.

Sebenernya kalau budget nya 300an gendut saran saya mending coba cari yang 03 up om, lebih banyak fitur nya di banding yang 2000-2003 awal. Termasuk side airbag dan night vision (gimmic sih ini)

:big_peace:
Iya ni om.. lg mikir ini unit putih mau di skip atau jangan ya hehe..

Kmrn ada liat 1 unit 2004, mesin oke kering.. km juga 90rb saja.. tp PR nya banyak banget om.. parking sensor depan belakang bolong entah kemana, headlamp agak butek, washer lampu bocor, trus cat body juga mayoritas baret2 malah ad yg ud botak.. emg susah ya nyari yg body oke dan mesin oke hehe
ibenn
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Tue Dec 15, 2015 4:07

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by ibenn »

mamat wrote: Mon Mar 25, 2019 15:10
ibenn wrote: Mon Mar 25, 2019 14:00
1. Jadi pas belokin stir kiri or kanan (keadaan mobil diam), ada bunyi seperti gas knp ya om.. dan jg stir terasa sedikit agak berat..

2 dan 3. Oke siap om

4. Ini yg sy takut analisa otospector salah dan ternyata bukan hal sepele malah big problem. Td berkali2 sy tanya mas yg nge cek sih ktnya harusnya sih pasti cuma seal rocker cover saja. Sy cuma takut analisa mereka salah

5. Bunyinya itu seperti setirnya ke seret seret gitu om..

6. Iya betul om, ktnya colokan obd nya ada di area mesin tp si mas otospectornya ga punya, dan ktnya jarang bgt yg punya scanner model begitu
Kalau masalah power steering bagi saya yang penting nggak bocor dan pompanya nggak bunyi berdengung om.
Ooo ok ini ga ad bocor dan ga dengung sih om hehe.. lg ditimbang2 nih dengan plus dan minus yg ada.. sambil nyari2 unit yg lain hehe
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by agathos »

ibenn wrote: Mon Mar 25, 2019 15:30
agathos wrote: Mon Mar 25, 2019 15:08
ibenn wrote: Mon Mar 25, 2019 13:15

Selamat malam om agathos, om mamat, om goodwill, dan om2 suhu LC lainnya, mau laporan sedikit hehe.. td siang sy cek 1 unit LC yg kmrn sy info setir agak dikit berat, kali ini sy cek bareng sama otospector.. sekilas problemnya adalah :

1. Selang power steeringnya ktnya gak ori, jadi klo pas setir dibelokin kiri or kanan, ada bunyi seperti gas gitu..dan jg memanf sedikit agak berat.. sedikit doang sih hehe
Menurut otospector, solusinya tinggal diganti selang nya yg ori

2. Boot shaft nya pecah, jadi ada grease
Menurut otospector, solusinya tinggal diganti boot nya

3. Kampas rem depan sudah mulai ga bagus
Menurut otospector, solusinya tinggal ganti kampas

4. Di salah satu mesin V nya ada yg rembes dikit, katanya sih bukan big problem
Menurut otospector, solusinya ganti seal rocker cover nya saja
2284A0DF-191D-4E26-9129-EAF3D75BE18F.jpeg

5. Tilt stir ketika dicolok kunci kontak kan bisa otomatis naik turun ya, ini ada bunyi seperti bunyi agak keset gitu.. seperti kaya ketahan, walaupun normal dan gak macet
Nah utk kasus ini otospector gak paham kenapa

6. Trus ini gak bisa di scan, karena ternyata yg tahun 2000 gak ada colokan OBD.. jadi kt otospector ga ketauan ada masalah apaan.. saat ini KM sih 90rb dan ga ada indikasi puter km, krn sebelumnya jg service record

Pas tadi siang nge cek sih yg diceritain secara lisan baru itu saja, sisanya sih menyusul di laporan tertulisnya besok..

Yg saya gak tahan dr mobil ini, cat nya full ori 100% dan mulus 99%, seperti cinta pada pandangan pertama :big_love: :big_biglaugh:

Tp sayang ternyata ada problem :big_cry:

Sembari nunggu laporan lengkapnya besok, mau nanya sama suhu2 LC, kira2 dr kelima problem itu, biaya perbaikannya besar ga ya? Dan apakah analisa dr otospector itu benar solusinya seperti itu?

Saya kasih sedikit foto nya ya hehe

BAFD3915-8380-401F-A487-DD17B07AEE40.jpeg
Coba bantu tambahin yah om, jawaban om mamat udah spot on di atas tuh hehehehe.

1. Selang power steering kalau asli mahal coba OEM om, saya kadang2 suka belanja di ebay untuk beberapa barang yang agak jarang dan bisa lebih murah. LX470 dan cygnus sama persis jadi parts nya bisa di pake. Kalau bunyi "cuss" pas stir di habis in lock to lock (mentok) wajar, saya punya di 105 dari dan setelah ganti pompa (preventive) sama ada bunyi begitu om. Kalau soal berat saya gak bisa comment, tapi stir LC200 saya ban std lebih berat power steering nya dari RX saya ban std juga, mkn karena ukuran dan karena LC200 masih hydraulic murni.

3. Kanvas kalau mau bagus ganti aisin advics carbon ceramic, rem TLC payah mesti injek dalem. Depan belakang sekitar 4jt an sampe indo tapi puas. Kalau ada budget piringan ganti DBA yang slotted bantu grip rem juga dan braided lines Goodridge.

4. Mesin V8 UZ series setau saya jarang rembes, tapi bisa aja, harus di lihat sejarah mobil pernah dibuka gak top half nya? Atau pernah overheat gak? Kalau emang cm rembes karena gasket kalah di umur aja sih sebenernya gak repot karena cm buka tutup cam nya aja. Kalau lihat foto nya sekilas sih gak parah rembes nya om. Kalau dulu L322 saya ngompol dari seal2nya V8 nya hahah

5. Kalau naik turun tilt bunyi keset bisa jadi ada plastic trim yang gak bener pasang nya waktu di assembled (mkn pas di bersihin atau pasang accessories). Ini pernah kejadian di RX temen dl. Harus di cek lagi posisi trim nya. Worst case motor nya uda mulai kena dan harus reparasi atau ganti.

Sebenernya kalau budget nya 300an gendut saran saya mending coba cari yang 03 up om, lebih banyak fitur nya di banding yang 2000-2003 awal. Termasuk side airbag dan night vision (gimmic sih ini)

:big_peace:
Iya ni om.. lg mikir ini unit putih mau di skip atau jangan ya hehe..

Kmrn ada liat 1 unit 2004, mesin oke kering.. km juga 90rb saja.. tp PR nya banyak banget om.. parking sensor depan belakang bolong entah kemana, headlamp agak butek, washer lampu bocor, trus cat body juga mayoritas baret2 malah ad yg ud botak.. emg susah ya nyari yg body oke dan mesin oke hehe
kalau saya rule of thumb nya mesin harus rapih karena kalau rusak bisa ngerembet kemana2, kalau body panel masih bisa di cat dan gak se ganggu itu sepanjan clear coat nya aja yang kena bisa di poles atau di recoat hehehe, tapi kalau pudar harus re-paint sih. little quirck kaya gini bisa jadi bargaining power sih untuk neken harga lagi supaya bisa ada savings buat rapihin hehehehe.

04 setau saya belum ada built in parking sensor, sensor nya ada kayak model harrier accesories tambahan di atas dashboard (ori toyota). mkn ini aftermarket, jadi kalau mau di isi dan ganti gak mahal sih. washer lampu plastik nya juga gak mahal sih om simple fix. headlamp butek bisa di poles atau ganti aftermarket kayak eagle eyes lumayan gak terlalu mahal juga.

heheheh :big_smile]
ibenn
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Tue Dec 15, 2015 4:07

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by ibenn »

agathos wrote: Mon Mar 25, 2019 15:45
ibenn wrote: Mon Mar 25, 2019 15:30
agathos wrote: Mon Mar 25, 2019 15:08

Coba bantu tambahin yah om, jawaban om mamat udah spot on di atas tuh hehehehe.

1. Selang power steering kalau asli mahal coba OEM om, saya kadang2 suka belanja di ebay untuk beberapa barang yang agak jarang dan bisa lebih murah. LX470 dan cygnus sama persis jadi parts nya bisa di pake. Kalau bunyi "cuss" pas stir di habis in lock to lock (mentok) wajar, saya punya di 105 dari dan setelah ganti pompa (preventive) sama ada bunyi begitu om. Kalau soal berat saya gak bisa comment, tapi stir LC200 saya ban std lebih berat power steering nya dari RX saya ban std juga, mkn karena ukuran dan karena LC200 masih hydraulic murni.

3. Kanvas kalau mau bagus ganti aisin advics carbon ceramic, rem TLC payah mesti injek dalem. Depan belakang sekitar 4jt an sampe indo tapi puas. Kalau ada budget piringan ganti DBA yang slotted bantu grip rem juga dan braided lines Goodridge.

4. Mesin V8 UZ series setau saya jarang rembes, tapi bisa aja, harus di lihat sejarah mobil pernah dibuka gak top half nya? Atau pernah overheat gak? Kalau emang cm rembes karena gasket kalah di umur aja sih sebenernya gak repot karena cm buka tutup cam nya aja. Kalau lihat foto nya sekilas sih gak parah rembes nya om. Kalau dulu L322 saya ngompol dari seal2nya V8 nya hahah

5. Kalau naik turun tilt bunyi keset bisa jadi ada plastic trim yang gak bener pasang nya waktu di assembled (mkn pas di bersihin atau pasang accessories). Ini pernah kejadian di RX temen dl. Harus di cek lagi posisi trim nya. Worst case motor nya uda mulai kena dan harus reparasi atau ganti.

Sebenernya kalau budget nya 300an gendut saran saya mending coba cari yang 03 up om, lebih banyak fitur nya di banding yang 2000-2003 awal. Termasuk side airbag dan night vision (gimmic sih ini)

:big_peace:
Iya ni om.. lg mikir ini unit putih mau di skip atau jangan ya hehe..

Kmrn ada liat 1 unit 2004, mesin oke kering.. km juga 90rb saja.. tp PR nya banyak banget om.. parking sensor depan belakang bolong entah kemana, headlamp agak butek, washer lampu bocor, trus cat body juga mayoritas baret2 malah ad yg ud botak.. emg susah ya nyari yg body oke dan mesin oke hehe
kalau saya rule of thumb nya mesin harus rapih karena kalau rusak bisa ngerembet kemana2, kalau body panel masih bisa di cat dan gak se ganggu itu sepanjan clear coat nya aja yang kena bisa di poles atau di recoat hehehe, tapi kalau pudar harus re-paint sih. little quirck kaya gini bisa jadi bargaining power sih untuk neken harga lagi supaya bisa ada savings buat rapihin hehehehe.

04 setau saya belum ada built in parking sensor, sensor nya ada kayak model harrier accesories tambahan di atas dashboard (ori toyota). mkn ini aftermarket, jadi kalau mau di isi dan ganti gak mahal sih. washer lampu plastik nya juga gak mahal sih om simple fix. headlamp butek bisa di poles atau ganti aftermarket kayak eagle eyes lumayan gak terlalu mahal juga.

heheheh :big_smile]
Setuju sih om.. mesin no 1 ya..berarti klo ada rembes2 gitu mending di skip aja ya hehe.. berarti si putih lebih baik di skip saja ya.. sambil nyari2 unit lain hehe

Btw yg hitam 2004 kmrn blom sempet test night vision, test nya gmn ya om?
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: TANYA Pilih Land Cruiser VX 80 Diesel atau VX 100 Cygnus Bensin

Post by agathos »

ibenn wrote: Mon Mar 25, 2019 15:53
agathos wrote: Mon Mar 25, 2019 15:45
ibenn wrote: Mon Mar 25, 2019 15:30

Iya ni om.. lg mikir ini unit putih mau di skip atau jangan ya hehe..

Kmrn ada liat 1 unit 2004, mesin oke kering.. km juga 90rb saja.. tp PR nya banyak banget om.. parking sensor depan belakang bolong entah kemana, headlamp agak butek, washer lampu bocor, trus cat body juga mayoritas baret2 malah ad yg ud botak.. emg susah ya nyari yg body oke dan mesin oke hehe
kalau saya rule of thumb nya mesin harus rapih karena kalau rusak bisa ngerembet kemana2, kalau body panel masih bisa di cat dan gak se ganggu itu sepanjan clear coat nya aja yang kena bisa di poles atau di recoat hehehe, tapi kalau pudar harus re-paint sih. little quirck kaya gini bisa jadi bargaining power sih untuk neken harga lagi supaya bisa ada savings buat rapihin hehehehe.

04 setau saya belum ada built in parking sensor, sensor nya ada kayak model harrier accesories tambahan di atas dashboard (ori toyota). mkn ini aftermarket, jadi kalau mau di isi dan ganti gak mahal sih. washer lampu plastik nya juga gak mahal sih om simple fix. headlamp butek bisa di poles atau ganti aftermarket kayak eagle eyes lumayan gak terlalu mahal juga.

heheheh :big_smile]
Setuju sih om.. mesin no 1 ya..berarti klo ada rembes2 gitu mending di skip aja ya hehe.. berarti si putih lebih baik di skip saja ya.. sambil nyari2 unit lain hehe

Btw yg hitam 2004 kmrn blom sempet test night vision, test nya gmn ya om?
ada tombol di kiri bawah stir om dan nanti ada heads-up display di atas speedometer yang kebuka buat project camera night vision nya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.