Katana 1997 untuk Fun-Offroad & Commuter harian

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

CrownGear
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Sat Dec 01, 2018 10:59
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Suzuki Katana 1997

Katana 1997 untuk Fun-Offroad & Commuter harian

Post by CrownGear »

Salam kenal semua Suhu,
Saat ini dikasiken kepercayaan utk ngrawat Badak tahun 1997. Kondisi terima awal, full standart. Karena mata demen ngeliat off-road look, dipinang lah Forceum MT-08 235/75 R15. Pemasangan bumper depan lengser -sementara- dan perlu potong dudukan bumper depan itu.. Naah.. ada keinginan nih suhu/mastah, supaya si Badak bisa untuk fun-offroad sekaligus tetap handal di commuter harian. Sempat baca2 thread tentang untuk ini, tapi krn thread nya misah2, jd rada bingung :mky_01:
Mohon dibantu suhu/mastah hal apa saja yg diperlukan agar tercapai keinginan hamba tersebut. Oh ya, terpenting hu, budget hamba utk lvl low to middle (nyicil pulak) 😁

1. Sektor kaki-kaki: Kira2 apa yg harus diubah ya hu? Ukuran anting, kombinasi per daun, shockbreaker, steering link. Kalau bisa, minta opini hu, mana yg bisa dicicil dipasang terlebih dulu πŸ˜πŸ˜€πŸ™

2. Sektor mesin & final drive: apa yg harus dilakukan ya hu? Supaya jantung F10A masih tetap bertugas? Dan settingan Final gear nya

3. Ingiiiin rasanya meminang TC dkk agar sang badak bisa lari dengan 4 Kaki.. kira2 estimasi biaya berapa ya hu? Dan part apa yg harus di buru? 😁

4. Posisi saat ini ada di Denpasar-Bali, bila ada suhu yg domisili sama, boleh lah kita kopdar. Dan sharing bengkel yg rekomen untuk garap sang Badak..

Demikian kira2 suhu/mastah.. maapkeun panjang hu, kalau misal ada thread yg sudah membahas hal diatas, boleh lah hamba diarahkan ke jalan yg benarπŸ˜πŸ˜†
Matur suksma atas opini nya..
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Katana 1997 untuk Fun-Offroad & Commuter harian

Post by martinnn »

Katana sih ganti ban aja uda enak diliat
:big_biglaugh:
CrownGear
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Sat Dec 01, 2018 10:59
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Suzuki Katana 1997

Re: Katana 1997 untuk Fun-Offroad & Commuter harian

Post by CrownGear »

martinnn wrote:Katana sih ganti ban aja uda enak diliat
Iya om [emoji817] , kbtulan udah ganti ke 235/75. Tp ternyata ada trouble dikit, belok patah, ban mentok chasis [emoji23]
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Katana 1997 untuk Fun-Offroad & Commuter harian

Post by PRBS »

Kalau bangun badaknya bertahap.. bisa step ini dulu :
- ganti anting aja.. lalu shock panjang.. kalau berasa steer mulai lari2, bisa dipertimbangkan pasang shocksteer.. (ini additional aja sih)

Kalau dompet udah tebal lagi, saran saya peremajaan mesin aja dulu.. mesin asli jimny kalau sehat, bisa bgt main offroad kecil2an kok.. mending next budget tambah gardan lagi kalau masih 2WD..
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Katana 1997 untuk Fun-Offroad & Commuter harian

Post by PRBS »

Ini ada refrensi jimny yg oke menurut saya :
Owner : hendylass
Image Image

All photo courtesy to the owner

Izin ya om hendy (siapatau ada di sm). eyang saya sempat punya katana (lampu kotak).. dulu saya punya mimpi ganti atap jenongnya ke atap trepes.. trus suspension lift sederhana aja pake anting.. repaint ulang warna light grey.. ganti grill ke jdm.. trus pasang velg XL7 escudo sama bfgoodrich.. sayang udah keburu dijual katananya, jadi dompet saya aman hahahaha
User avatar
MAB
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: Thu Feb 17, 2011 14:10
Location: Far Southwest from Jakarta
Daily Vehicle: LR Stage One

Re: Katana 1997 untuk Fun-Offroad & Commuter harian

Post by MAB »

CrownGear wrote:Salam kenal semua Suhu,
Saat ini dikasiken kepercayaan utk ngrawat Badak tahun 1997. Kondisi terima awal, full standart. Karena mata demen ngeliat off-road look, dipinang lah Forceum MT-08 235/75 R15. Pemasangan bumper depan lengser -sementara- dan perlu potong dudukan bumper depan itu.. Naah.. ada keinginan nih suhu/mastah, supaya si Badak bisa untuk fun-offroad sekaligus tetap handal di commuter harian. Sempat baca2 thread tentang untuk ini, tapi krn thread nya misah2, jd rada bingung :mky_01:
Mohon dibantu suhu/mastah hal apa saja yg diperlukan agar tercapai keinginan hamba tersebut. Oh ya, terpenting hu, budget hamba utk lvl low to middle (nyicil pulak) [emoji16]

1. Sektor kaki-kaki: Kira2 apa yg harus diubah ya hu? Ukuran anting, kombinasi per daun, shockbreaker, steering link. Kalau bisa, minta opini hu, mana yg bisa dicicil dipasang terlebih dulu [emoji16][emoji3][emoji120]

2. Sektor mesin & final drive: apa yg harus dilakukan ya hu? Supaya jantung F10A masih tetap bertugas? Dan settingan Final gear nya

3. Ingiiiin rasanya meminang TC dkk agar sang badak bisa lari dengan 4 Kaki.. kira2 estimasi biaya berapa ya hu? Dan part apa yg harus di buru? [emoji16]

4. Posisi saat ini ada di Denpasar-Bali, bila ada suhu yg domisili sama, boleh lah kita kopdar. Dan sharing bengkel yg rekomen untuk garap sang Badak..

Demikian kira2 suhu/mastah.. maapkeun panjang hu, kalau misal ada thread yg sudah membahas hal diatas, boleh lah hamba diarahkan ke jalan yg benar[emoji16][emoji38]
Matur suksma atas opini nya..
kalo mau offroad ringan, belakang rumah:
1. standar aja cukup
2. F10 standar aja cukup
3. segera pasang gardan depan, tc bukannya sudah built in
4.
5. beli ban Komodo Xtreme + pelek beadlock supaya bisa maen tekanan ban 10psi
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Katana 1997 untuk Fun-Offroad & Commuter harian

Post by ginting »

oom oom , gimana ya caranya biar manual car utk off road itu tak usah injak kopling ?

atau gimana supaya kopling jd ringan ?
CrownGear
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Sat Dec 01, 2018 10:59
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Suzuki Katana 1997

Re: Katana 1997 untuk Fun-Offroad & Commuter harian

Post by CrownGear »

PRBS wrote:Kalau bangun badaknya bertahap.. bisa step ini dulu :
- ganti anting aja.. lalu shock panjang.. kalau berasa steer mulai lari2, bisa dipertimbangkan pasang shocksteer.. (ini additional aja sih)

Kalau dompet udah tebal lagi, saran saya peremajaan mesin aja dulu.. mesin asli jimny kalau sehat, bisa bgt main offroad kecil2an kok.. mending next budget tambah gardan lagi kalau masih 2WD..
Wah siap om..[emoji120][emoji120][emoji120] kalau steering link om? Anting dan shock naik, perlu diganti kah om? Subtitusi nya bisa pakai apa ya om? Pilihan shock yg rekomen dng budget sya, apa ya om? Muun inpohnya [emoji16]
CrownGear
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Sat Dec 01, 2018 10:59
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Suzuki Katana 1997

Re: Katana 1997 untuk Fun-Offroad & Commuter harian

Post by CrownGear »

PRBS wrote: ↑Sat Dec 01, 2018 17:40 Ini ada refrensi jimny yg oke menurut saya :
Owner : hendylass
Image Image

All photo courtesy to the owner

Izin ya om hendy (siapatau ada di sm). eyang saya sempat punya katana (lampu kotak).. dulu saya punya mimpi ganti atap jenongnya ke atap trepes.. trus suspension lift sederhana aja pake anting.. repaint ulang warna light grey.. ganti grill ke jdm.. trus pasang velg XL7 escudo sama bfgoodrich.. sayang udah keburu dijual katananya, jadi dompet saya aman hahahaha
Wih maksi nih katanya om Hendy.. maksi om PRBS, tuntunan nya untuk contoh role model nya. Mau dikepoin dulu IG nya.. 😍😍
Ayo om, dipinang cari Katana lagi..
CrownGear
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Sat Dec 01, 2018 10:59
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Suzuki Katana 1997

Re: Katana 1997 untuk Fun-Offroad & Commuter harian

Post by CrownGear »

MAB wrote: ↑Sat Dec 01, 2018 22:54
CrownGear wrote:Salam kenal semua Suhu,
Saat ini dikasiken kepercayaan utk ngrawat Badak tahun 1997. Kondisi terima awal, full standart. Karena mata demen ngeliat off-road look, dipinang lah Forceum MT-08 235/75 R15. Pemasangan bumper depan lengser -sementara- dan perlu potong dudukan bumper depan itu.. Naah.. ada keinginan nih suhu/mastah, supaya si Badak bisa untuk fun-offroad sekaligus tetap handal di commuter harian. Sempat baca2 thread tentang untuk ini, tapi krn thread nya misah2, jd rada bingung :mky_01:
Mohon dibantu suhu/mastah hal apa saja yg diperlukan agar tercapai keinginan hamba tersebut. Oh ya, terpenting hu, budget hamba utk lvl low to middle (nyicil pulak) [emoji16]

1. Sektor kaki-kaki: Kira2 apa yg harus diubah ya hu? Ukuran anting, kombinasi per daun, shockbreaker, steering link. Kalau bisa, minta opini hu, mana yg bisa dicicil dipasang terlebih dulu [emoji16][emoji3][emoji120]

2. Sektor mesin & final drive: apa yg harus dilakukan ya hu? Supaya jantung F10A masih tetap bertugas? Dan settingan Final gear nya

3. Ingiiiin rasanya meminang TC dkk agar sang badak bisa lari dengan 4 Kaki.. kira2 estimasi biaya berapa ya hu? Dan part apa yg harus di buru? [emoji16]

4. Posisi saat ini ada di Denpasar-Bali, bila ada suhu yg domisili sama, boleh lah kita kopdar. Dan sharing bengkel yg rekomen untuk garap sang Badak..

Demikian kira2 suhu/mastah.. maapkeun panjang hu, kalau misal ada thread yg sudah membahas hal diatas, boleh lah hamba diarahkan ke jalan yg benar[emoji16][emoji38]
Matur suksma atas opini nya..
kalo mau offroad ringan, belakang rumah:
1. standar aja cukup
2. F10 standar aja cukup
3. segera pasang gardan depan, tc bukannya sudah built in
4.
5. beli ban Komodo Xtreme + pelek beadlock supaya bisa maen tekanan ban 10psi
Siap om.. untuk ukuran Komod extreme nya, sesuaikan dng velg beadlock nya yak om? Perlu offset kah? Krn skrng pakai velg std, band forceum 235/75, ban mentok chasis kalau belok patah.. πŸ˜‚
CrownGear
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Sat Dec 01, 2018 10:59
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Suzuki Katana 1997

Re: Katana 1997 untuk Fun-Offroad & Commuter harian

Post by CrownGear »

PRBS wrote: ↑Sat Dec 01, 2018 17:33 Kalau bangun badaknya bertahap.. bisa step ini dulu :
- ganti anting aja.. lalu shock panjang.. kalau berasa steer mulai lari2, bisa dipertimbangkan pasang shocksteer.. (ini additional aja sih)

Kalau dompet udah tebal lagi, saran saya peremajaan mesin aja dulu.. mesin asli jimny kalau sehat, bisa bgt main offroad kecil2an kok.. mending next budget tambah gardan lagi kalau masih 2WD..
Oh ya om, keliwat.. Per utk step awal, perlu di rol2 ndak om? πŸ™
sukerdan02
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: Thu Jul 20, 2017 4:19
Location: Semarang
Daily Vehicle: Trooper

Re: Katana 1997 untuk Fun-Offroad & Commuter harian

Post by sukerdan02 »

ginting wrote: ↑Sun Dec 02, 2018 6:37 oom oom , gimana ya caranya biar manual car utk off road itu tak usah injak kopling ?

atau gimana supaya kopling jd ringan ?
G ada caranya mod.. Kalo stop n go ya tetep injek kopling.. Cuma kalo udah hapal pakai lowgear crawl rationya cukup pelan supaya ga sering injek kopling..

Kalau masalah kopling ringan tergantung mobilnya.. Kalo bawaannya emg berat ya tetep berat.. Paling kalo hidrolis ya bs diakali pakai master mobil lain yg beda ukuran, tp jeleknya biasanya feel setengah kopling jadi ilang..
CrownGear
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Sat Dec 01, 2018 10:59
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Suzuki Katana 1997

Re: Katana 1997 untuk Fun-Offroad & Commuter harian

Post by CrownGear »

Sore suhu.. mau discuss lg. Saat ini sdh ban 235/75. Knp ngrasa ukuran speedo jd lebih rendah ya? Apa krn diameter ban naik, akhirnya speedo bacanya ndak akurat. Ada solusi nya kah..?