Mungkin krn lupa setor samtjan FRD mbah...
2018 Ford Everest dgn 2000 cc dan matic 10 AT
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 15567
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2018 Ford Everest dgn 2000 cc dan matic 10 AT
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 759
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: 2018 Ford Everest dgn 2000 cc dan matic 10 AT
Ya om harga BBM tuh ga terlalu ngaruh kalo di beton sih, coz dari dulu dah pake solar industri. Yang ngaruh tuh harga semen, pasir, batu, yang pasti bergantung harga sola. kalo perawatan tergantung USD (spare part) + UMP. Jadi ujung2nya kalo solar naek ya pasti harga beton juga naek.maskopat wrote: ↑Thu Aug 30, 2018 2:24konteks ane sih bukan di Indonesia. secara global. btw di europe sudah kena aturan emisi untuk mobil komersial. kek Unimog aja dah euro 6.silentIm2 wrote: ↑Thu Aug 23, 2018 14:42Isuzu giga kalo ga salah juga 4 silinder.maskopat wrote:
ooow udah mulai yaa? tapi tetap low rev ya, Mods?
tapi knpa ga downsize, soalnya bikin mesin baru itu mahal design, tooling, testing n certificationnya. Belom kalo mesin baru nanti ada defect di early batch. Pabrikan ga bakal mau bikin mesin baru kalo ga terpaksa, misalnya aturan emisi.
Alat berat ga perlu fuel economy sebagus mobil. Yang perlu reliability, power, tahan fuel kualitas jelek. Diesel ga liat merek, fuel consumption kurang lebih mirip. Mesin KD innova pun akan jebol kalo trus dipakai 12 jam setiap hari. Kalo di bidang ane beton, biaya fuel itu kurang dari 2,5 persen biaya beton. 80 persen bahan. Sisanya manpower, perawatan alat, keuntungan perusahaan.
berarti harga beton gak terlalu ngaruh karena kenaekan BBM dong ya?
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140