Perawatan Old Pajero Sport (Km 100 Ribu Lebih)

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Mellow
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Mon Feb 09, 2015 23:01

Perawatan Old Pajero Sport (Km 100 Ribu Lebih)

Post by Mellow »

Salam kenal Untuk para pajero Sport User Serta Para Petrolhead & Master SerayaMotor. :big_smile]
ijin meramaikan Forum :big_grin:

Saya Pengguna OPJS Tipe GLS Tahun 2010 beli 2nd di Km 51 ribu, Sekarang Odometer sudah 113 Ribu Km lebih. rencana kmrn mau upgrade ke OPJS Dakar atau Pindah Merk :big_childish: , tpi krn sesuatu hal sementara ini tetep puas2in pake Pajero ini :big_exellent:

Berikut pengalaman saya merawat Si Pasport:
-Isi bahan bakar Seringnya Full bio solar, sesekali Dexlite dan kadang2 aja pake Additif Diesel Power, Redline, atau Liquimolly.
-Purging selama ini baru pernah 1x :e-wall:
-Rutin Ganti Oli tiap 5000 km&Filter Oli tiap 10 Ribu km, oli pake yg Murah smoga gak murahan: sempet lama pake Castrol Diesel 10w 30, skrng pake Mobil Delvac 15w 40;
-Rutin Ganti Filter Solar Tiap 15 ribu, malah pernah di 20 ribu km lebih belum ganti akhirnya sampe Check Engine Nyala karena Filter dah kotor, Pernah juga CE nyala karena telat isi Solar (Solar sudah kurang 1/4 tangki);
-Ganti Filter Udara klo dirasa dah hitam/kotor Banget, skitar 25 ribu - 30 ribu km.
-Ganti Oli Tranmisi tiap 40K, Oli Gardan tiap 20 k, Minyak Rem&Kopling tiap 40 K, semua sesuai interval di Buku Servis (CMIIW).
-Ganti Air Radiator yg ke 2 sempet telat, baru ganti di Km 90 ribu, klo sesuai Buku servis harusnya di 80 Ribu dah ganti (CMIIW).

Syukurlah selama pakai Pasport ini tidak ada masalah yg berarti, penggantian Part yang relatif agak mahal cuma:

-Ganti 4 Ban Baru , balik lagi pake BS Dueler H/T (Keras, Agak berisik, grip biasa aja tapi Aweeet dan Sidewallnya kuat).
-Ganti Aki basah yang koit itupun setelah masa pakai 2,5 tahun.
-Ganti Timing Belt Set + tensioner bearing , tanpa ganti oil Seal di Km 73 Ribu (Preventif aja) , ternyata kondisi Belt masih sangat bagus :big_okay: , Saya Ganti Timing Belt Pake aftermarmet dari Thailand merk "BONUM"(sesuai Informasi di WEB nya tahan sampe 100.00 km), awalnya sempet ragu, tpi berdasarkan saran dari penjual part Mitsu langganan saya & Googling di internet , akhirnya i go for it, lumayan selisih lebih murah dari Ori KTB (Lupa angka pastinya). Sampe skrng timing belt aftermarket mileage-nya dah skitar 40 ribu km dengan kondisi mobil dipake Dalkot & Lukot( Tol), Gaya nyetir sering bejek2 gas juga, dan sering High speed :140 km/j - 170 km/j di tol), Saya anggap kualitas Timing Belt dah ok.

-Ganti Kopling Set di Odometer skitar 112.000 Km, part beli sendiri. Matahari & Kampas Kopling Ori KTB, Pilot bearing Pake Merk Koyo & Clutch Release bearing Pake merk NTN), jasa pasang di BERES, Total Part cuma selisih 500 ribuan lebh murah dari BERES :roll:

yang Ingin Saya Tanyakan kepada para master & Tmn Pajer Sport Lover:
1. Klo sesuai Info dari SA Beres langganan, Interval Penggantian Timing belt yang ke 2x di mileage 50 Ribu Km. karena berdasarkan info di Web nya, timing belt Merk Bonum yang dari bahan Hydrogenated Nitrile Butadiene Rubber (HNBR) tahan sampe 100.000 Km (dengan catatan Seal Oli masih bagus & Tensioner belt juga dah diganti). Saya sih pengennya ganti di Km 75 ribu, mempertimbangkan mileage Engine nyala ketika macet & parkir.
nah menurut tmn2 apakah masih safe klo saya ganti Timing belt di sekitar Km 75 ribu ? :big_think:

2. Perawatan Fuel System yang belum saya kerjakan selama ini yaitu Kuras Tangki Solar, apakah perlu ? SA Beres bilang gak perlu klo gak ada keluhan. Klo emang harus kuras , berapa biaya normal kuras tangki SUV sperti Pajero Sport?

3. Perawatan Rutin apa lagi yang perlu saya lakukan/Rubah supaya Pajero Sport Saya Relatif Tahan Banting terutama di Sektor Mesin (terutama Sistem Injektor & Turbo)?

Sory klo Post nya Panjang. Mohon Jawaban dan/atau share pengalaman dari tmn2 di SerayaMotor khususnya Pajero Sport User :big_deal:
Thanks In advance :frm_tumbleft:
User avatar
deden1020
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Mon Feb 08, 2016 0:04

Re: Perawatan Old Pajero Sport (Km 100 Ribu Lebih)

Post by deden1020 »

sempat pake GLS th 2011, sy ambil pas odo sekitar 80 rb km setelah pake 2 th sy lepas, km sekitar 150 rb km.
selama sy pake cm sempat ganti kopling set waktu baru ambil, kendala sih cuma kopling keras bgt sama setelah dipake jalan 2 jam, trs idle mesin lsg mati mendadak, nggak tau kenapa di start lagi lsg normal
Mellow
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Mon Feb 09, 2015 23:01

Re: Perawatan Old Pajero Sport (Km 100 Ribu Lebih)

Post by Mellow »

deden1020 wrote: Mon Aug 06, 2018 6:32 sempat pake GLS th 2011, sy ambil pas odo sekitar 80 rb km setelah pake 2 th sy lepas, km sekitar 150 rb km.
selama sy pake cm sempat ganti kopling set waktu baru ambil, kendala sih cuma kopling keras bgt sama setelah dipake jalan 2 jam, trs idle mesin lsg mati mendadak, nggak tau kenapa di start lagi lsg normal
Pas dijual , masalah iddle tiba2 mesin mati udah beres apa belum Om?. klo dulu pas masih pake Mobil bensin , pernah juga ketika Mesin dah jalan lama/kondisi panas, Mesin tiba2 mati, stater bentar mati lagi. ternyata problem di Fuel pump yg dah lemah.
User avatar
deden1020
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Mon Feb 08, 2016 0:04

Re: Perawatan Old Pajero Sport (Km 100 Ribu Lebih)

Post by deden1020 »

pas dijual sih masih problem.
kalo jalan dr jakarta ke bandung, keluar tol pasteur brenti buat ngerokok nah pas lagi idle lsg mati, di start lagi sih bisa cm agak panjamg startnya.
mungkin jg supply pump udah lemah om
User avatar
YohanesEduard
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Mon Jul 16, 2018 5:16
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Pajero Sport

Re: Perawatan Old Pajero Sport (Km 100 Ribu Lebih)

Post by YohanesEduard »

Mellow wrote: Mon Aug 06, 2018 6:24 Salam kenal Untuk para pajero Sport User Serta Para Petrolhead & Master SerayaMotor. :big_smile]
ijin meramaikan Forum :big_grin:

Saya Pengguna OPJS Tipe GLS Tahun 2010 beli 2nd di Km 51 ribu, Sekarang Odometer sudah 113 Ribu Km lebih. rencana kmrn mau upgrade ke OPJS Dakar atau Pindah Merk :big_childish: , tpi krn sesuatu hal sementara ini tetep puas2in pake Pajero ini :big_exellent:

Berikut pengalaman saya merawat Si Pasport:
-Isi bahan bakar Seringnya Full bio solar, sesekali Dexlite dan kadang2 aja pake Additif Diesel Power, Redline, atau Liquimolly.
-Purging selama ini baru pernah 1x :e-wall:
-Rutin Ganti Oli tiap 5000 km&Filter Oli tiap 10 Ribu km, oli pake yg Murah smoga gak murahan: sempet lama pake Castrol Diesel 10w 30, skrng pake Mobil Delvac 15w 40;
-Rutin Ganti Filter Solar Tiap 15 ribu, malah pernah di 20 ribu km lebih belum ganti akhirnya sampe Check Engine Nyala karena Filter dah kotor, Pernah juga CE nyala karena telat isi Solar (Solar sudah kurang 1/4 tangki);
-Ganti Filter Udara klo dirasa dah hitam/kotor Banget, skitar 25 ribu - 30 ribu km.
-Ganti Oli Tranmisi tiap 40K, Oli Gardan tiap 20 k, Minyak Rem&Kopling tiap 40 K, semua sesuai interval di Buku Servis (CMIIW).
-Ganti Air Radiator yg ke 2 sempet telat, baru ganti di Km 90 ribu, klo sesuai Buku servis harusnya di 80 Ribu dah ganti (CMIIW).

Syukurlah selama pakai Pasport ini tidak ada masalah yg berarti, penggantian Part yang relatif agak mahal cuma:

-Ganti 4 Ban Baru , balik lagi pake BS Dueler H/T (Keras, Agak berisik, grip biasa aja tapi Aweeet dan Sidewallnya kuat).
-Ganti Aki basah yang koit itupun setelah masa pakai 2,5 tahun.
-Ganti Timing Belt Set + tensioner bearing , tanpa ganti oil Seal di Km 73 Ribu (Preventif aja) , ternyata kondisi Belt masih sangat bagus :big_okay: , Saya Ganti Timing Belt Pake aftermarmet dari Thailand merk "BONUM"(sesuai Informasi di WEB nya tahan sampe 100.00 km), awalnya sempet ragu, tpi berdasarkan saran dari penjual part Mitsu langganan saya & Googling di internet , akhirnya i go for it, lumayan selisih lebih murah dari Ori KTB (Lupa angka pastinya). Sampe skrng timing belt aftermarket mileage-nya dah skitar 40 ribu km dengan kondisi mobil dipake Dalkot & Lukot( Tol), Gaya nyetir sering bejek2 gas juga, dan sering High speed :140 km/j - 170 km/j di tol), Saya anggap kualitas Timing Belt dah ok.

-Ganti Kopling Set di Odometer skitar 112.000 Km, part beli sendiri. Matahari & Kampas Kopling Ori KTB, Pilot bearing Pake Merk Koyo & Clutch Release bearing Pake merk NTN), jasa pasang di BERES, Total Part cuma selisih 500 ribuan lebh murah dari BERES :roll:

yang Ingin Saya Tanyakan kepada para master & Tmn Pajer Sport Lover:
1. Klo sesuai Info dari SA Beres langganan, Interval Penggantian Timing belt yang ke 2x di mileage 50 Ribu Km. karena berdasarkan info di Web nya, timing belt Merk Bonum yang dari bahan Hydrogenated Nitrile Butadiene Rubber (HNBR) tahan sampe 100.000 Km (dengan catatan Seal Oli masih bagus & Tensioner belt juga dah diganti). Saya sih pengennya ganti di Km 75 ribu, mempertimbangkan mileage Engine nyala ketika macet & parkir.
nah menurut tmn2 apakah masih safe klo saya ganti Timing belt di sekitar Km 75 ribu ? :big_think:

2. Perawatan Fuel System yang belum saya kerjakan selama ini yaitu Kuras Tangki Solar, apakah perlu ? SA Beres bilang gak perlu klo gak ada keluhan. Klo emang harus kuras , berapa biaya normal kuras tangki SUV sperti Pajero Sport?

3. Perawatan Rutin apa lagi yang perlu saya lakukan/Rubah supaya Pajero Sport Saya Relatif Tahan Banting terutama di Sektor Mesin (terutama Sistem Injektor & Turbo)?

Sory klo Post nya Panjang. Mohon Jawaban dan/atau share pengalaman dari tmn2 di SerayaMotor khususnya Pajero Sport User :big_deal:
Thanks In advance :frm_tumbleft:
Kaki2 belum pernah ganti Om Mellow? Saya sudah 120 rb, belum ada bunyi2 sih selain bunyi normal interior.
Saya ganti timing belt pertama kali di KM 85 ribu, lalu sekarang sudah 120 ribu, dikasih jatah ganti lagi oleh Beres sih sampai dengan 140 ribu, berarti 60 ribu sudah harus ganti?! (masa sih ya?) :big_bored: Tapi daripada nanti putus tengah jalan dan kena cilinder head dll, memang lebih baik ganti sebelum waktunya sih Om, lebih merasa aman juga.

Nanya balik, kalau boleh tahu, waktu itu untuk part yang versi thailand dan original, terutama untuk bearing itu dibedakan dengan warna bener ngga ya? Biru=Thailand, Merah=Ori. Karena waktu ganti dulu, saya juga bawa part sendiri beli di toped, bilangnya ori, pas sampe ke beres untuk dikerjakan, yang biru dibilang abal2 semua :big_childish: