Main reasons buying SUV/Jip ?

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Nainggolan21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 518
Joined: Fri Aug 12, 2016 6:31
Location: Bekasi, Jawa Barat
Daily Vehicle: Satria FU

Re: Main reasons buying SUV/Jip ?

Post by Nainggolan21 »

jivos wrote: Sat May 19, 2018 19:13 Hallo um" yg b'bahagia.

Iseng buang suntuk bikin tret baru ni..

Sekilas ...banyak paradoks yg ditemukan dr maksud awal type mbl ini lahir, d ceperin cthnya dg alasan biar stabil, atopun hal lain yg esensinya rada" krg, ...macho look, dimensi tinggi gede..bkin PD.

Based diatas...pertanyaannya:

1. reasonnya um" bli suv/jip apa?
2. Sbrpa penting kapabilitas jelajah off roadnya?
3. Prefer 4wd ato 2wd (dg asumsi bs kbeli)?
4. Suv/jip jaman dulu mostly 4wd (even yg basic spt taft kebo/jimmy)...krn pajak kah yg membuat mbl type ini sebagian besar mjd fwd atopun 2wd?
1. Daya jelajah yang lumayan :big_okay:
2. Gak sering2 amat offroad, tapi untuk menikmati keindahan Indonesia kebanyakan butuh efford lebih dengan infrastruktur yang masih jelek.
Bahkan terkadang semakin jelek akses, semakin indah destinasinya :big_exellent:
3. 2wd ajah cukup, gak worthed bayar pajak mahal2 untuk 4wd toh jarang dipakai blusukan :big_smoking:
4. seperti kata Om ANPS Putih, jangan pilih 4x4, berat kata beliau :big_weee:
"Bukan yang paling baik, tapi satu diantara yang terbaik"
Kalo bisa no. 2 ngapain jadi no. 1 "Capek jadi no. 1, selalu jadi Bench mark buat yang lain"
User avatar
fizrmen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1050
Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
Daily Vehicle: Civic FD2

Re: Main reasons buying SUV/Jip ?

Post by fizrmen »

jivos wrote: Sat May 19, 2018 19:13 Hallo um" yg b'bahagia.

Iseng buang suntuk bikin tret baru ni..

Sekilas ...banyak paradoks yg ditemukan dr maksud awal type mbl ini lahir, d ceperin cthnya dg alasan biar stabil, atopun hal lain yg esensinya rada" krg, ...macho look, dimensi tinggi gede..bkin PD.

Based diatas...pertanyaannya:

1. reasonnya um" bli suv/jip apa?
2. Sbrpa penting kapabilitas jelajah off roadnya?
3. Prefer 4wd ato 2wd (dg asumsi bs kbeli)?
4. Suv/jip jaman dulu mostly 4wd (even yg basic spt taft kebo/jimmy)...krn pajak kah yg membuat mbl type ini sebagian besar mjd fwd atopun 2wd?
1. karena dah ada sedan :ngacir:
2. yg penting muat banyaakkkkkk, monokok hayu, ladder frame hayu
3. 2wd aja
4. maybe?
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
sukerdan02
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: Thu Jul 20, 2017 4:19
Location: Semarang
Daily Vehicle: Trooper

Re: Main reasons buying SUV/Jip ?

Post by sukerdan02 »

ginting wrote: Mon May 21, 2018 3:54
jivos wrote: Sat May 19, 2018 19:13 Hallo um" yg b'bahagia.

Iseng buang suntuk bikin tret baru ni..

Sekilas ...banyak paradoks yg ditemukan dr maksud awal type mbl ini lahir, d ceperin cthnya dg alasan biar stabil, atopun hal lain yg esensinya rada" krg, ...macho look, dimensi tinggi gede..bkin PD.

Based diatas...pertanyaannya:

1. reasonnya um" bli suv/jip apa?
2. Sbrpa penting kapabilitas jelajah off roadnya?
3. Prefer 4wd ato 2wd (dg asumsi bs kbeli)?
4. Suv/jip jaman dulu mostly 4wd (even yg basic spt taft kebo/jimmy)...krn pajak kah yg membuat mbl type ini sebagian besar mjd fwd atopun 2wd?
Nubie izin ikut njawab ya oom @@jivos

1. Karena GC tinggu, biasanya SUV mesinjuga gede, gak takut banjir (asal jangan keterlaluan dalamnya.
SUV itu tahan dibawa jalan jauh seperti saya kalau mudik ke Aceh, Medan, atau touring...cocoknya SUV. Kalau sedan, rawan kepentok karter oli.

2. Sangat penting. Karena sering sekali "last mile" menuju destination itu ada jalan batu batu, pasir, becek, dll yang akan lebih baik bila mobilnya 4WD/AWD.

3. Prefer 4WD, karena gak risau mau kemana. walaupun mungkin 99% waktu pemakaian sih di 2WD, tapi kan ada masa kita butuh 4WD.

4. Ya, karena pajak dan harga jual makin mahal maka potensi pasar mengecil jadi "niche" market.
Pajak di Indonesia dipengaruhi : Besaran cc, jenis BBM, lokasi kota, jumlah gardan, jenis mobil (sedan, minibus, jip), peneggunaan (umum atau pribadi). Harga terakhir Taft Rocky independent kalau gak salah 270 juta saat Kijang masih main di 140an juta.
Nimbrung ah ama om Ginting..
1. Yang pertama karena GC tinggi dan ketahanan kaki2 yang lebih mumpuni, juga karena posisi duduk yang lebih tinggi.. Tapi untuk yang terakhir ini ga berlaku buat SUV baru sih, karena bentuknya makin bulet2 jadi makin susah liat ujung2nya.. Berhubung sy pecinta SUV lawas yg masih boxy, semua ujung body bs keliatan..

2. Penting ga penting, tapi wajib ada.. Masa iya suv sama sekali ga berani keluar aspal

3. 4WD harga mati.. baut apa pakai SUV tp begitu masuk jalan tanah cuma bisa goser2 wkwkwkw...

4. IMHO sebagian besar karena pasar.. Bisa dibilang user 4WD itu pasarnya niche.. Dan sayangnya, banyak yg keluar versi 4wd cuma di versi tertingginya, akhirnya banyak yang beli karena gengsinya, boro2 pernah pakai, tau fungsinya aja mungkin ngga.. Kedua karena harga dan pajak, karena versi 4wd selalu dihargain lebih tinggi, otomatis pajak ikut naik, belom untuk 4x4 ada pajak tersendiri yang bikin persentasenya sedikit lbh besar drpd 4x2 CMIIW..
Kalau perbandingan harga, sejak jaman dulu 4x4 harganya aduhai.. Jaman dulu bokap sy beli trooper baru gress tahun 90, harga dealer hampir 70 juta, saat itu kijang super paling mahal baru 20an juta
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: Main reasons buying SUV/Jip ?

Post by dsign1990 »

dulu 2013 punya SUV karena gelap mata liat blazer merah super mulus :wkkk: gak lama pakenya mau balik sedan lagi waktu dijual malah dapat kembalian pula
PlantFoot
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 258
Joined: Wed Feb 27, 2013 6:03

Re: Main reasons buying SUV/Jip ?

Post by PlantFoot »

Halo oom, numpang nimbrung

1. reasonnya um" bli suv/jip apa?
alasan utama nostalgia..dl pertama bljr & lmyn lama pake taft.
selanjutnya ya krn kondisi jln yg ga bs ketebak kl d indo..

2. Sbrpa penting kapabilitas jelajah off roadnya?
buat sy sih g tll penting, krn sy ga hobi offroad pk mobil..mending pk MTB :big_smoking:

3. Prefer 4wd ato 2wd (dg asumsi bs kbeli)?
awd

4. Suv/jip jaman dulu mostly 4wd (even yg basic spt taft kebo/jimmy)...krn pajak kah yg membuat mbl type ini sebagian besar mjd fwd atopun 2wd?
well byk yg jwb pajak...ya kl d indo mmg itu faktor utama krn bikin harganya beda jauh..
tp mnrt sy sih ini lbh memberi option aja k user, krn ga smua user perlu 4wd..contoh d malay sini harga 2wd vs 4wd ga jomplang ky d indo, mlh tipe crv tertinggi 2wd msh lbh mhl dr 4wd nya..tp y lbh byk keliatan yg 2wd..
User avatar
ardhrizk
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 135
Joined: Tue Apr 26, 2016 11:14
Location: Bandung
Daily Vehicle: March HR15

Re: Main reasons buying SUV/Jip ?

Post by ardhrizk »

jivos wrote: Sat May 19, 2018 19:13 ....

1. reasonnya um" bli suv/jip apa?
2. Sbrpa penting kapabilitas jelajah off roadnya?
3. Prefer 4wd ato 2wd (dg asumsi bs kbeli)?
4. Suv/jip jaman dulu mostly 4wd (even yg basic spt taft kebo/jimmy)...krn pajak kah yg membuat mbl type ini sebagian besar mjd fwd atopun 2wd?
Bantu jawab ya om.

1. Kapabilitas nya om. Dengan kondisi jalan di indonesia, mobil yg bikin tenang buat ke luar kota (bahkan di dalam kota karena polisi tidur, banjir dll) yaa cuman SUV ini.

2. Penting, minimal asal bisa light off road udah cukup.

3. 4x4, yaa kalo duit nya mampu beli SUV ngapain beli 4x2?, agak nanggung rasanya mobil gagah gitu tapi kapabilitas cuman setara crossover. Wajib 4x4 meskipun jebol di kantongnya lebih besar lagi.

4. Menurut saya mungkin sih om, pajak pengaruh utama. OTRnya aja beda banyak, belum pajak tahunan, otomatis orang yg egk butuh 4x4 egk melirik 4x4 sama sekali (toh mostly yg beli SUV cuman buat dipake keluar kota dan gengsi saja kan.
:ngacir:
User avatar
jiwul
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Wed Sep 27, 2017 6:30

Re: Main reasons buying SUV/Jip ?

Post by jiwul »

jivos wrote:Hallo um" yg b'bahagia.

Iseng buang suntuk bikin tret baru ni..

Sekilas ...banyak paradoks yg ditemukan dr maksud awal type mbl ini lahir, d ceperin cthnya dg alasan biar stabil, atopun hal lain yg esensinya rada" krg, ...macho look, dimensi tinggi gede..bkin PD.

Based diatas...pertanyaannya:

1. reasonnya um" bli suv/jip apa?
2. Sbrpa penting kapabilitas jelajah off roadnya?
3. Prefer 4wd ato 2wd (dg asumsi bs kbeli)?
4. Suv/jip jaman dulu mostly 4wd (even yg basic spt taft kebo/jimmy)...krn pajak kah yg membuat mbl type ini sebagian besar mjd fwd atopun 2wd?
1. Kalau senang turing jarak jauh dgn keluarga dan suka cari kopi [emoji16].. maka wajib SUV
2. Bukan ttg offroad... mengingat area2 menarik di indonesia infrastrukturnya masih kurang bagus, maka dsinilah kita perlu SUV (kembali lg seperti point 1)
3. 2wd cukup.. kecuali anda petualang extreem
4. Sepertinya tergantung purpose dan market demand... Bukan juga tentang pajak
Dekyarov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 445
Joined: Thu Nov 24, 2016 4:11

Re: Main reasons buying SUV/Jip ?

Post by Dekyarov »

jivos wrote: Sat May 19, 2018 19:13
1. reasonnya um" bli suv/jip apa?
2. Sbrpa penting kapabilitas jelajah off roadnya?
3. Prefer 4wd ato 2wd (dg asumsi bs kbeli)?
4. Suv/jip jaman dulu mostly 4wd (even yg basic spt taft kebo/jimmy)...krn pajak kah yg membuat mbl type ini sebagian besar mjd fwd atopun 2wd?
1. Beli suv/jip soalnya siluet tinggi aman dari banjir, jalan rusak... Serta tampangnya yg bisa mengintimidasi pemotor nakal, angkot gila, truk ekspedisi kebelet.

2. Suv/jip-nya yg bisa diajak blusukan ama berkelana kemana aja deh.. Lewat jalan terjal berbatu ya ayok.

3. 4wd sih soalnya buat jelajah.

4. Pajak tinggi buat 4x4 ampe mobil d cab dipajekin juga tapi kena kir juga.. Udah tau jalan di indo ancur ancuran nih yg bikin rumusan pajak 4x4 naro otak sembarangan..

Mupeng sih pengen punya hiline soalnya buat jelajah jawa bali..

Impian ane receh banget yak..

:mky_01:
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Main reasons buying SUV/Jip ?

Post by jivos »

Share dikit dr crita libur panjang kemarin..berkenaan topic ini.

Libur lebaran d hbskan ke rmh kel besar d bandung, sy pake sedan. saudara" lain sebahagian pk kendaraan GC tinggi..SUV/MPv. Mengingat bbrp saudara rumahnya daerah peebukitan.

Sy yg pake sedan...ngalamin d slh satu rmh..nyakut ngga bs keluar pulang meski sdh ganti manuver mundur atopun ganti posisi serong depan. Bbrp ruas jalan ngalamin kolong mobil nyerok jalanan/poldur.

VS

Krn saudara sebagian pk SUV/MPv...jd ini kesempataan buat saling gonta/i tukar posisi bawa mobil.

Krg gesit...kgedean...limbung...body roll...itu yg drasakan. Cuma hepi n worry free bawanya krn ngga perlu xtra hati" dg kondisi jalan kek apapun d depan...lobang dalem (pk banget) ketinggian bahu jalan, jln rusak dll.

Saat balik kembali k mbl sendri...kepala dah automatic blg (ngga pk lama)...this is it, ths is me. this is what i want n expect dr sbh mbl...gesit n ringkes bermanuver

summarizednya:
1. Ada problem dg gc sedan yg suka nyangkut
2. Ada problem dg bodyroll n nimbleness dr dimensi SUV yg besar, tinggi, & berat.

Mungkin itu kenapa mbl" wrc rally car sll menarik mata sy...capable/gesit bermanuver meski kondisi medan yg berbeda"

Image
Image

Spt yg dilakukan bbrp org diluaran sana..
this car needed to be the antithesis of that. This car needed to be as at home on rutted log trails, as it was on the highway.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: Main reasons buying SUV/Jip ?

Post by agathos »

jivos wrote: Tue Jun 26, 2018 17:14 Share dikit dr crita libur panjang kemarin..berkenaan topic ini.

Libur lebaran d hbskan ke rmh kel besar d bandung, sy pake sedan. saudara" lain sebahagian pk kendaraan GC tinggi..SUV/MPv. Mengingat bbrp saudara rumahnya daerah peebukitan.

Sy yg pake sedan...ngalamin d slh satu rmh..nyakut ngga bs keluar pulang meski sdh ganti manuver mundur atopun ganti posisi serong depan. Bbrp ruas jalan ngalamin kolong mobil nyerok jalanan/poldur.

VS

Krn saudara sebagian pk SUV/MPv...jd ini kesempataan buat saling gonta/i tukar posisi bawa mobil.

Krg gesit...kgedean...limbung...body roll...itu yg drasakan. Cuma hepi n worry free bawanya krn ngga perlu xtra hati" dg kondisi jalan kek apapun d depan...lobang dalem (pk banget) ketinggian bahu jalan, jln rusak dll.

Saat balik kembali k mbl sendri...kepala dah automatic blg (ngga pk lama)...this is it, ths is me. this is what i want n expect dr sbh mbl...gesit n ringkes bermanuver

summarizednya:
1. Ada problem dg gc sedan yg suka nyangkut
2. Ada problem dg bodyroll n nimbleness dr dimensi SUV yg besar, tinggi, & berat.

Mungkin itu kenapa mbl" wrc rally car sll menarik mata sy...capable/gesit bermanuver meski kondisi medan yg berbeda"

Image
Image

Spt yg dilakukan bbrp org diluaran sana..
this car needed to be the antithesis of that. This car needed to be as at home on rutted log trails, as it was on the highway.
Hahaha, saya kebalikan om, dl saya sempet pindah dari suv ke sedan bintang, bawa daily stress nya bukan main, lobang mesti pelan2, harus banyak ngelus dada kalau di potong sama orang uda ngantri lama2, metromini dan angkot semena2, dan deal breaker buat saya visibility, karena kalau di suv saya bisa lihat 2-3 mobil kedepan jadi antisipasi jalan bisa lebih bagus dan bisa pilih jalur yang lebih baik kalau macet.

Akhirnya saya jual sedan nya pedahal baru pake 5 bulan beli baru ganti SUV lagi.

Tapi in all fairness pas dl pake E53 BMW dan sempet E70, itu SUV rasa sedan, lincah banget dan 3.0L straight six nya ok, dan very minimal body roll. At least going 80 kph di putaran semanggi berasa gampang dan masih berasa bisa lebih, mkn karena awd juga sih.

Kalau kayak fortuner, pajero sport, rush body roll nya parah dan gak lincah.

Nah balik ke alasan pake SUV

- good road visibility dan kemampuan jelajah
- penting karena bisa di ajak tamasya ke tempat2 yang eksotis di indonesia.
- 4x4 wajib, bukan cumang offroad tapi untuk handling apalagi mobil high GC.
- kita masih pake pajak berdasarkan cc dan penggerak roda jadi yah gitu deh. Pasrah aja.
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Main reasons buying SUV/Jip ?

Post by jivos »

agathos wrote: Wed Jun 27, 2018 12:17 Hahaha, saya kebalikan om, dl saya sempet pindah dari suv ke sedan bintang, bawa daily stress nya bukan main, lobang mesti pelan2, harus banyak ngelus dada kalau di potong sama orang uda ngantri lama2, metromini dan angkot semena2, dan deal breaker buat saya visibility, karena kalau di suv saya bisa lihat 2-3 mobil kedepan jadi antisipasi jalan bisa lebih bagus dan bisa pilih jalur yang lebih baik kalau macet.

Akhirnya saya jual sedan nya pedahal baru pake 5 bulan beli baru ganti SUV lagi.

Tapi in all fairness pas dl pake E53 BMW dan sempet E70, itu SUV rasa sedan, lincah banget dan 3.0L straight six nya ok, dan very minimal body roll. At least going 80 kph di putaran semanggi berasa gampang dan masih berasa bisa lebih, mkn karena awd juga sih.

Kalau kayak fortuner, pajero sport, rush body roll nya parah dan gak lincah.

Nah balik ke alasan pake SUV

- good road visibility dan kemampuan jelajah
- penting karena bisa di ajak tamasya ke tempat2 yang eksotis di indonesia.
- 4x4 wajib, bukan cumang offroad tapi untuk handling apalagi mobil high GC.
- kita masih pake pajak berdasarkan cc dan penggerak roda jadi yah gitu deh. Pasrah aja.
Xixixi...kebalikannya ya um

for the time beiing itu um ..kesan di saat itu.
Hrs nyoba X5 ato subbie dl sptnya nih :mky_01:
He he he ...iya mungkin um..idealnya klo tongkrongan luar sdh gagah bin macho...daleman klo bisa....awd/4X4 kali.

berkaitan dg tikungan, ada hobby br skrg sy nya.

Daily rute k sunter biasa via tol cakung - jict port gto. Selepas rorotan itu ada trek lurus panjang n sepi....dan d ujung trek ada tikungan berbentuk S panjang.

Mobil" biasa pd geber maximum top speed d sini. Hobby sy skrg ....ngintil n pepet d blkgnya (biar mbl d dpn makin semangat bejek gas) .....nah pas d tikungan S hampir serentak dr 4 jalur yg pd injek rem nurunin speed avg d 80-130an (tergantung type suv/mpv/sedan)...kbalikan d sy mlh saatnya tekan gas buat buat say helllo n dadahan dg mbl" yg pd sibuk gaspol sblmnya :big_grin:
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: Main reasons buying SUV/Jip ?

Post by agathos »

jivos wrote: Wed Jun 27, 2018 14:04
agathos wrote: Wed Jun 27, 2018 12:17 Hahaha, saya kebalikan om, dl saya sempet pindah dari suv ke sedan bintang, bawa daily stress nya bukan main, lobang mesti pelan2, harus banyak ngelus dada kalau di potong sama orang uda ngantri lama2, metromini dan angkot semena2, dan deal breaker buat saya visibility, karena kalau di suv saya bisa lihat 2-3 mobil kedepan jadi antisipasi jalan bisa lebih bagus dan bisa pilih jalur yang lebih baik kalau macet.

Akhirnya saya jual sedan nya pedahal baru pake 5 bulan beli baru ganti SUV lagi.

Tapi in all fairness pas dl pake E53 BMW dan sempet E70, itu SUV rasa sedan, lincah banget dan 3.0L straight six nya ok, dan very minimal body roll. At least going 80 kph di putaran semanggi berasa gampang dan masih berasa bisa lebih, mkn karena awd juga sih.

Kalau kayak fortuner, pajero sport, rush body roll nya parah dan gak lincah.

Nah balik ke alasan pake SUV

- good road visibility dan kemampuan jelajah
- penting karena bisa di ajak tamasya ke tempat2 yang eksotis di indonesia.
- 4x4 wajib, bukan cumang offroad tapi untuk handling apalagi mobil high GC.
- kita masih pake pajak berdasarkan cc dan penggerak roda jadi yah gitu deh. Pasrah aja.
Xixixi...kebalikannya ya um

for the time beiing itu um ..kesan di saat itu.
Hrs nyoba X5 ato subbie dl sptnya nih :mky_01:
He he he ...iya mungkin um..idealnya klo tongkrongan luar sdh gagah bin macho...daleman klo bisa....awd/4X4 kali.

berkaitan dg tikungan, ada hobby br skrg sy nya.

Daily rute k sunter biasa via tol cakung - jict port gto. Selepas rorotan itu ada trek lurus panjang n sepi....dan d ujung trek ada tikungan berbentuk S panjang.

Mobil" biasa pd geber maximum top speed d sini. Hobby sy skrg ....ngintil n pepet d blkgnya (biar mbl d dpn makin semangat bejek gas) .....nah pas d tikungan S hampir serentak dr 4 jalur yg pd injek rem nurunin speed avg d 80-130an (tergantung type suv/mpv/sedan)...kbalikan d sy mlh saatnya tekan gas buat buat say helllo n dadahan dg mbl" yg pd sibuk gaspol sblmnya :big_grin:
Mantappp om! Haha harus coba X5 yang 4.8 sekali2 om heheh atau Cayenne turbo (gen 1 juga ok) kalau demen ngebut :big_exellent:
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Main reasons buying SUV/Jip ?

Post by jivos »

Ungggg nganu um...bensinnya itu um.... :weekk:

Cayenne turbo gen 1 dah prnah bejek" tengah malam jam 2 trek sukarno-hatta bandung, nyobaai mbl customer yg hbs service d bengk specialist langganan. Effortless power nya.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Main reasons buying SUV/Jip ?

Post by liemivan86 »

jivos wrote:Share dikit dr crita libur panjang kemarin..berkenaan topic ini.

Libur lebaran d hbskan ke rmh kel besar d bandung, sy pake sedan. saudara" lain sebahagian pk kendaraan GC tinggi..SUV/MPv. Mengingat bbrp saudara rumahnya daerah peebukitan.

Sy yg pake sedan...ngalamin d slh satu rmh..nyakut ngga bs keluar pulang meski sdh ganti manuver mundur atopun ganti posisi serong depan. Bbrp ruas jalan ngalamin kolong mobil nyerok jalanan/poldur.

VS

Krn saudara sebagian pk SUV/MPv...jd ini kesempataan buat saling gonta/i tukar posisi bawa mobil.

Krg gesit...kgedean...limbung...body roll...itu yg drasakan. Cuma hepi n worry free bawanya krn ngga perlu xtra hati" dg kondisi jalan kek apapun d depan...lobang dalem (pk banget) ketinggian bahu jalan, jln rusak dll.

Saat balik kembali k mbl sendri...kepala dah automatic blg (ngga pk lama)...this is it, ths is me. this is what i want n expect dr sbh mbl...gesit n ringkes bermanuver

summarizednya:
1. Ada problem dg gc sedan yg suka nyangkut
2. Ada problem dg bodyroll n nimbleness dr dimensi SUV yg besar, tinggi, & berat.

Mungkin itu kenapa mbl" wrc rally car sll menarik mata sy...capable/gesit bermanuver meski kondisi medan yg berbeda"

Image
Image

Spt yg dilakukan bbrp org diluaran sana..
this car needed to be the antithesis of that. This car needed to be as at home on rutted log trails, as it was on the highway.
Kayaknya om coba nya SUV ladder frame ya? Kalo SUV ladder frame memang dari chassis nya aja uda beda banget karakter nya dibanding sedan. Untuk saya sih, best of both worlds adalah SUV monocoque, dengan syarat, tidak dipakai off road berat tiap hari. Dan seperti nya penggunaan Om mirip saya, yang kebanyakan di kota, sesekali keluar kota dan ke proyek (ini saya).

Beberapa SUV monocoque justru lebih tinggi GC nya dibanding SUV ladder frame, walaupun secara tampilan SUV ladder frame kelihatan tinggi banget, tapi realnya kalo diukur ya tetap chassis nya lebih rendah.
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: Main reasons buying SUV/Jip ?

Post by agathos »

Setuju sama om liemivan86 soal chasis basis. Most SUV sekarang uda monocoque dan ladder frame makin sedikit populasinya. rata2 CUV dan SUV sekarang monocoque. Nissan Patrol yang baru, Range Rover family, gen IV Pajero (bukan sport yah), X5, GL Series merc, CRV, Rav4, Nissan X Trail and the list goes on.

the lowest point dari ladder frame chassis adalah bongol gardan nya, kalau monocoque kan bisanya FISS. Tapi kalau pake gardan portal kayak G500 4x4 squared, itu monster gorund clearance nya hahahah.
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Main reasons buying SUV/Jip ?

Post by jivos »

liemivan86 wrote: Thu Jun 28, 2018 6:01 Kayaknya om coba nya SUV ladder frame ya? Kalo SUV ladder frame memang dari chassis nya aja uda beda banget karakter nya dibanding sedan. Untuk saya sih, best of both worlds adalah SUV monocoque, dengan syarat, tidak dipakai off road berat tiap hari. Dan seperti nya penggunaan Om mirip saya, yang kebanyakan di kota, sesekali keluar kota dan ke proyek (ini saya).

Beberapa SUV monocoque justru lebih tinggi GC nya dibanding SUV ladder frame, walaupun secara tampilan SUV ladder frame kelihatan tinggi banget, tapi realnya kalo diukur ya tetap chassis nya lebih rendah.
Ada crv n captipa jg um, slain diesel lejend T/M
Noted utk info suv monoqok n riil GC nya :thanks:
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Main reasons buying SUV/Jip ?

Post by liemivan86 »

jivos wrote:
liemivan86 wrote: Thu Jun 28, 2018 6:01 Kayaknya om coba nya SUV ladder frame ya? Kalo SUV ladder frame memang dari chassis nya aja uda beda banget karakter nya dibanding sedan. Untuk saya sih, best of both worlds adalah SUV monocoque, dengan syarat, tidak dipakai off road berat tiap hari. Dan seperti nya penggunaan Om mirip saya, yang kebanyakan di kota, sesekali keluar kota dan ke proyek (ini saya).

Beberapa SUV monocoque justru lebih tinggi GC nya dibanding SUV ladder frame, walaupun secara tampilan SUV ladder frame kelihatan tinggi banget, tapi realnya kalo diukur ya tetap chassis nya lebih rendah.
Ada crv n captipa jg um, slain diesel lejend T/M
Noted utk info suv monoqok n riil GC nya :thanks:
Wah, kalo ada CRV dan Captiva masih belum puas, berarti memang kurang cocok pakai SUV ya..

Saya sendiri uda lebih dari 12 tahun tidak pakai sedan. Dulu belajar setir pakai Nissan Cefiro, mobil mantap. Setelah itu sempat pakai Mazda 626 Capella. Tapi setelah itu tidak mau pakai sedan lagi, karena jalanan Surabaya yang semakin tidak bersahabat dengan sedan, plus pajak yang semakin menggila. Jadi sudah lupa sensasi naik sedan nya. Ha2...

Saya sekarang kalo disuruh naik sedan masih tidak mau sih, soalnya jalanan Surabaya masih tidak bersahabat, dan saya termasuk orang yang "eman2" kalo mau hajar jalan jelek naik sedan.

Tapi kalo ada Mark X terjangkau ya boleh sih... *ngacir*
Leonhart
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 527
Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
Location: South Sumatera
Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8

Re: Main reasons buying SUV/Jip ?

Post by Leonhart »

liemivan86 wrote: Thu Jun 28, 2018 9:14
jivos wrote:
liemivan86 wrote: Thu Jun 28, 2018 6:01 Kayaknya om coba nya SUV ladder frame ya? Kalo SUV ladder frame memang dari chassis nya aja uda beda banget karakter nya dibanding sedan. Untuk saya sih, best of both worlds adalah SUV monocoque, dengan syarat, tidak dipakai off road berat tiap hari. Dan seperti nya penggunaan Om mirip saya, yang kebanyakan di kota, sesekali keluar kota dan ke proyek (ini saya).

Beberapa SUV monocoque justru lebih tinggi GC nya dibanding SUV ladder frame, walaupun secara tampilan SUV ladder frame kelihatan tinggi banget, tapi realnya kalo diukur ya tetap chassis nya lebih rendah.
Ada crv n captipa jg um, slain diesel lejend T/M
Noted utk info suv monoqok n riil GC nya :thanks:
Wah, kalo ada CRV dan Captiva masih belum puas, berarti memang kurang cocok pakai SUV ya..

Saya sendiri uda lebih dari 12 tahun tidak pakai sedan. Dulu belajar setir pakai Nissan Cefiro, mobil mantap. Setelah itu sempat pakai Mazda 626 Capella. Tapi setelah itu tidak mau pakai sedan lagi, karena jalanan Surabaya yang semakin tidak bersahabat dengan sedan, plus pajak yang semakin menggila. Jadi sudah lupa sensasi naik sedan nya. Ha2...

Saya sekarang kalo disuruh naik sedan masih tidak mau sih, soalnya jalanan Surabaya masih tidak bersahabat, dan saya termasuk orang yang "eman2" kalo mau hajar jalan jelek naik sedan.

Tapi kalo ada Mark X terjangkau ya boleh sih... *ngacir*
Jangan lupa om
Masih ada lexus rx200t (skarang berubah nama sejak 2018 jdi rx300t)

Itu super nyaman mobilnya sedan aja kalah nyamannya

Malahan menurut ane pribadi lexus nx200t aja udah nyaman bgt
Benz GLA dan BMW X1 aja lewat
User avatar
omenRoo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 762
Joined: Sun Apr 26, 2009 16:30

Re: Main reasons buying SUV/Jip ?

Post by omenRoo »

jivos wrote: Thu Jun 28, 2018 7:58 Ada crv n captipa jg um, slain diesel lejend T/M
Noted utk info suv monoqok n riil GC nya :thanks:
om jivos.. coba subaru dulu, siapa tau berubah lagi impresinya..
sejak pake outback, vw polo saya jadi lebih kerasa limbungnya di tikungan (tempat yang sama dengan kecepatan sama) intersection tol kembangan-bintaro/serpong.
saya sendiri heran..

kenapa pake suv? yang ngaruh di lingkar ban sih. makin gede makin gak kerasa tuh lobang/gelombang. makin gede ban otomatis makin tinggi gc (yang normal ya bukan diceper ceperin) bonusnya gak khawatir ketemu genangan air, bisa ngelewatin jalan dgn kontur aneh2, bolong, dsb.

kalo ngukur diri sendiri, belum cocok pake 4x4. karena gak kuat di kantong (beli mobilnya+jajannya), punya 4x4 itu godaannya besar.. gatel liat medan offroad, gatel liat mobil nganggur, gatel upgrade ini itu..
tanggung jawabnya juga besar.. denger2 tiap pulang offroad ada aja parts yang mesti diganti.

punya mobil awd aja sudah alhamdulillah, masih bisa kepake buat light offroad dan lebih pede buat handling aja.
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1066
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Main reasons buying SUV/Jip ?

Post by Zaxis »

Leonhart wrote: Fri Jun 29, 2018 21:13
Jangan lupa om
Masih ada lexus rx200t (skarang berubah nama sejak 2018 jdi rx300t)

Itu super nyaman mobilnya sedan aja kalah nyamannya

Malahan menurut ane pribadi lexus nx200t aja udah nyaman bgt
Benz GLA dan BMW X1 aja lewat
Asal bkn yg fsport lebih keras dr cx5
Tapi lebih ganteng
MarYuko
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 168
Joined: Thu Oct 16, 2014 9:54

Re: Main reasons buying SUV/Jip ?

Post by MarYuko »

jivos wrote: Sat May 19, 2018 19:13 Hallo um" yg b'bahagia.

Iseng buang suntuk bikin tret baru ni..

Sekilas ...banyak paradoks yg ditemukan dr maksud awal type mbl ini lahir, d ceperin cthnya dg alasan biar stabil, atopun hal lain yg esensinya rada" krg, ...macho look, dimensi tinggi gede..bkin PD.

Based diatas...pertanyaannya:

1. reasonnya um" bli suv/jip apa?
2. Sbrpa penting kapabilitas jelajah off roadnya?
3. Prefer 4wd ato 2wd (dg asumsi bs kbeli)?
4. Suv/jip jaman dulu mostly 4wd (even yg basic spt taft kebo/jimmy)...krn pajak kah yg membuat mbl type ini sebagian besar mjd fwd atopun 2wd?
kebetulan punya GV 2007, jadi :
1.main reason karena di daerah saya (Kaltim) jalan penghubung antar kota hampir 85% memiliki kerusakan parah, kalo pake sedan siap" keluar duit cadangan buat beli bemper
2.yang penting bisa trabas banjir, lumpur kecil dan hambatan" yg umum
3.maksud hati pengen seri 4wd, apadaya yg masuk indo cuma 2wd,jdi nikmatin aja
4.pasti karena pajak, karena selisih pajak lumayan besar antara 4wd dn 2wd

ibukota kaltim (samarinda) aja skrg sudh bnyak bolong" jalannya, silahkn aja bayangin di daerah pedalaman nya :mky_05:
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: Main reasons buying SUV/Jip ?

Post by agathos »

Sekarang di US trend nya orang shifting dari sedan ke CUV dan SUV, penjualan sedan merosot terus sementara suv dan cuv naik terus. Ford dan GM kemarin ini stop produksi beberapa model sedan mereka untuk fokus ke suv dan cuv. Mitsubishi aja gossipnya lancer mau di jadiin CUV dan bukan sedan.

Batas antara sedan sama suv atau cuv makin blur karena suv atau cuv secara performamance di jalan makn bagus. Range Rover SVR di nurburgring bisa lap timr 8.14 itu ngalahin NSX generasi lama yang di 8.16 (biarpun ada NSX tipe lain yang lebih cepet) dan Porche Cayenne 7.59 lap time, lebih ceper dari Alpha Romeo 4C.

CRV 2wd honestly handling ok, tapi kalau dibanding subaru forester yang AWD masih kalah, body roll di crv masih berasa.

Dan chasis monocoque 1 suv ke yang lain beda2 rigidity juga dan pengaruh ke on road manner dari masing2 mobil.

Tapi one thing for sure kita masuk ke era suv dan cuv. Senan is slowly becoming a dying breed, which is not a good thing.

Saya sendiri sekarang pake suv ladder frame semua yang juga uda masuk dying breed.
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Main reasons buying SUV/Jip ?

Post by ginting »

agathos wrote:Sekarang di US trend nya orang shifting dari sedan ke CUV dan SUV, penjualan sedan merosot terus sementara suv dan cuv naik terus. Ford dan GM kemarin ini stop produksi beberapa model sedan mereka untuk fokus ke suv dan cuv. Mitsubishi aja gossipnya lancer mau di jadiin CUV dan bukan sedan.

Batas antara sedan sama suv atau cuv makin blur karena suv atau cuv secara performamance di jalan makn bagus. Range Rover SVR di nurburgring bisa lap timr 8.14 itu ngalahin NSX generasi lama yang di 8.16 (biarpun ada NSX tipe lain yang lebih cepet) dan Porche Cayenne 7.59 lap time, lebih ceper dari Alpha Romeo 4C.

CRV 2wd honestly handling ok, tapi kalau dibanding subaru forester yang AWD masih kalah, body roll di crv masih berasa.

Dan chasis monocoque 1 suv ke yang lain beda2 rigidity juga dan pengaruh ke on road manner dari masing2 mobil.

Tapi one thing for sure kita masuk ke era suv dan cuv. Senan is slowly becoming a dying breed, which is not a good thing.

Saya sendiri sekarang pake suv ladder frame semua yang juga uda masuk dying breed.
tenang oom agathos..

old soldier never dies..just faded away..

begitu juga ladder frame...
tetap akan ada pecintanya...walau berkurang..
[emoji2] [emoji2]
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Main reasons buying SUV/Jip ?

Post by liemivan86 »


ginting wrote:
agathos wrote:
Tapi one thing for sure kita masuk ke era suv dan cuv. Senan is slowly becoming a dying breed, which is not a good thing.

Saya sendiri sekarang pake suv ladder frame semua yang juga uda masuk dying breed.
tenang oom agathos..

old soldier never dies..just faded away..

begitu juga ladder frame...
tetap akan ada pecintanya...walau berkurang..
[emoji2] [emoji2]
Ladder frame kayaknya masih jauh sih dari kepunahan. Di US sendiri pasar pick up dan SUV ladder frame masih sangat kuat, jadi masih jauh lah. Dan selama mobil masih nempel di jalan, saya yakin masih akan ada jalan rusak dan off road yang perlu mobil ladder frame.

Sedan yang mungkin memang akan drop banyak.
ternakblog
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 904
Joined: Sat Dec 28, 2013 8:38

Re: Main reasons buying SUV/Jip ?

Post by ternakblog »

1.alasannya prestis.krn kerjaan yg menuntut prestis,sering ketemu org2 penting,mau gmw hrs pake leder prem dokar.coba pake grandmax,bisa ga dpt job,krn jjr aja bawa impreza sama bawa dokar.org lebih mandang jaaaauuh ke dokar daripada ke impreza.padahal harga juga sama
2.ga bgitu penting,yg penting kuat buat masuk blusukan ke gunung sekali2
3.2wd aja cukup.ga bgitu butuy 4wd
4.bener beda pajak 2wd sama 4wd yg bikin 4wd mahal.perawatan krn blm pernah punya 4wd jadi ga bisa bilang