All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by josomba »

PRBS wrote: Mon Feb 26, 2018 5:34
Ini ipahnya d4d apa 2.7?

Kabin lebih sempit dari ipah, power jauh dibawah ipah (kalau d4d & 2.7) build qulity interior malah lebih proper punya ipah.. kalo FC yaa anggap saja 1:9-1:11

Untuk gantikan avanza ya bagus, beda di GC dan fitur.. untuk jok kekny sama aja kek avanza (ukurannya sama)..

Btw kenapa ada kaset rusak di post2 atas? Katanya kita iri dengki semua.. trus situ korban persekusi.. masih betah juga ternyata disini..
Lebih baik dibiarkeun saja om, nanti ga ada yg tanggepin lama2 juga bosan sendiri orangnya disini. Percuma dikasitau juga ngeyel. FC untuk seri AT milik teman saya seputaran BSD betul sih 1:10-11, mgkn nanti sesudah 5k-10k bisa sedikit lebih baik max di 1:12. Kalau M/T n niat injek gas serta ganti gigi se-ideal mungkin ya bisa saja memang sih 1:13-14 untuk area BSD.
Image
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by PRBS »

josomba wrote: Mon Feb 26, 2018 5:50
PRBS wrote: Mon Feb 26, 2018 5:34
Ini ipahnya d4d apa 2.7?

Kabin lebih sempit dari ipah, power jauh dibawah ipah (kalau d4d & 2.7) build qulity interior malah lebih proper punya ipah.. kalo FC yaa anggap saja 1:9-1:11

Untuk gantikan avanza ya bagus, beda di GC dan fitur.. untuk jok kekny sama aja kek avanza (ukurannya sama)..

Btw kenapa ada kaset rusak di post2 atas? Katanya kita iri dengki semua.. trus situ korban persekusi.. masih betah juga ternyata disini..
Lebih baik dibiarkeun saja om, nanti ga ada yg tanggepin lama2 juga bosan sendiri orangnya disini. Percuma dikasitau juga ngeyel. FC untuk seri AT milik teman saya seputaran BSD betul sih 1:10-11, mgkn nanti sesudah 5k-10k bisa sedikit lebih baik max di 1:12. Kalau M/T n niat injek gas serta ganti gigi se-ideal mungkin ya bisa saja memang sih 1:13-14 untuk area BSD.
Nah betul ini.. kebetulan saya tinggal di bsd, dan kalau rutenya cuma dalkot bsd - bintaro / PIM bolak balik aja, lumayan irit hahaha
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by marama »

patrickstar wrote: Mon Feb 26, 2018 4:55

disini ada yg nawarin diskon kepala 5 om, ada di trit diskon, tapi type g
owwh yg nik 2017 ya, kirain nik 2018
Myrc2203
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Sun Feb 18, 2018 3:25

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by Myrc2203 »

PRBS wrote: Mon Feb 26, 2018 5:52
josomba wrote: Mon Feb 26, 2018 5:50
PRBS wrote: Mon Feb 26, 2018 5:34
Ini ipahnya d4d apa 2.7?

Kabin lebih sempit dari ipah, power jauh dibawah ipah (kalau d4d & 2.7) build qulity interior malah lebih proper punya ipah.. kalo FC yaa anggap saja 1:9-1:11

Untuk gantikan avanza ya bagus, beda di GC dan fitur.. untuk jok kekny sama aja kek avanza (ukurannya sama)..

Btw kenapa ada kaset rusak di post2 atas? Katanya kita iri dengki semua.. trus situ korban persekusi.. masih betah juga ternyata disini..
Lebih baik dibiarkeun saja om, nanti ga ada yg tanggepin lama2 juga bosan sendiri orangnya disini. Percuma dikasitau juga ngeyel. FC untuk seri AT milik teman saya seputaran BSD betul sih 1:10-11, mgkn nanti sesudah 5k-10k bisa sedikit lebih baik max di 1:12. Kalau M/T n niat injek gas serta ganti gigi se-ideal mungkin ya bisa saja memang sih 1:13-14 untuk area BSD.
Nah betul ini.. kebetulan saya tinggal di bsd, dan kalau rutenya cuma dalkot bsd - bintaro / PIM bolak balik aja, lumayan irit hahaha
Ane pake ant r at...sehari2 di kisaran bintaro-jombang-pdk kacang 1:10 aja ga dapet gan, jalannya kecil and padat. Kalo pas ke tol lancar baru deh dapet di atas 1:15...sayangnya ke tol paling maksimal seminggu sekali doank...wkwkwk

Btw, kok bisa di 5k-10k jadi lebih irit ya dibanding dibawah 5k? Mungkin bisa dijelasin nih suhu2
P47hos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
Location: Kalimantan

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by P47hos »

Tadinya saya mau mencari informasi mengenai Rush/Terios baru buat ngegantiin Innova bensin 2008, tp setelah sampe sini kayanya mending tetap keep Innova aja, paling mau di facelift biar jd lebih segar
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by josomba »

Myrc2203 wrote: Mon Feb 26, 2018 18:31 Ane pake ant r at...sehari2 di kisaran bintaro-jombang-pdk kacang 1:10 aja ga dapet gan, jalannya kecil and padat. Kalo pas ke tol lancar baru deh dapet di atas 1:15...sayangnya ke tol paling maksimal seminggu sekali doank...wkwkwk

Btw, kok bisa di 5k-10k jadi lebih irit ya dibanding dibawah 5k? Mungkin bisa dijelasin nih suhu2
Sebenernya gabisa dipatok angka manapun sih om, cuman statistik pribadi aja piara mobil selalu antara 5k-10k baru deh dia FC stabil dan cenderung ke lebih irit daripada pas baru2 dipake. Alasannya simpel sih, break-in period. Bisa aja mobil om di 2k atau 3k atau 4k udah selesai break-in nya dan FC konstan.

Ralat: Sebenernya "inreyen" atau break-in period udah dari pabrik sih dan kalau menurut bukman maks 1000KM dipakai gentle dulu (alias break-in sampe 1000KM resminya), tapi tetap aja pengalaman saya selama ini selalu setelah 5K kadang setelah 10k (Nissan Juke nih dulu yg setelah 10k) baru stabil FC-nya cenderung lebih ke arah irit.
Image
User avatar
sefkaz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Wed Feb 14, 2018 4:31
Location: Depok
Daily Vehicle: Mio

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by sefkaz »

naksir ANR buat gantiin freed yang udah hampir 6 tahun ... tapi masih wait and see karena nyonya pengen HR-V
papinski
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Fri Feb 02, 2018 10:14
Daily Vehicle: mercedes

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by papinski »

Berikut kutipan tentang Hill Start Assist menurut Kompas.com:

"HSA adalah sebuah fitur yang membantu mobil agar tidak mundur saat tengah menanjak. Lahirnya fitur ini dilatarbelakangi kasus mobil yang tiba-tiba mundur ke belakang saat berhenti di tanjakan."

pertanyaannya, kalau untuk mobil transmisi Matic, buat apa fitur ini ya?
karena kalau maticnya sehat, di tanjakanpun dari N ke D harusnya kendaraan tidak mundur ke belakang kan?

mohon pemahaman dari senior2 :)
Myrc2203
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Sun Feb 18, 2018 3:25

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by Myrc2203 »

papinski wrote: Thu Mar 01, 2018 1:59 Berikut kutipan tentang Hill Start Assist menurut Kompas.com:

"HSA adalah sebuah fitur yang membantu mobil agar tidak mundur saat tengah menanjak. Lahirnya fitur ini dilatarbelakangi kasus mobil yang tiba-tiba mundur ke belakang saat berhenti di tanjakan."

pertanyaannya, kalau untuk mobil transmisi Matic, buat apa fitur ini ya?
karena kalau maticnya sehat, di tanjakanpun dari N ke D harusnya kendaraan tidak mundur ke belakang kan?

mohon pemahaman dari senior2 :)
Kalo nanjak lumayan curam dari kondisi berhenti trus mau jalan bakal tetep mundur sih gan pas pindah dari injek rem ke gas
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by ChZ »

papinski wrote: Thu Mar 01, 2018 1:59 Berikut kutipan tentang Hill Start Assist menurut Kompas.com:

"HSA adalah sebuah fitur yang membantu mobil agar tidak mundur saat tengah menanjak. Lahirnya fitur ini dilatarbelakangi kasus mobil yang tiba-tiba mundur ke belakang saat berhenti di tanjakan."

pertanyaannya, kalau untuk mobil transmisi Matic, buat apa fitur ini ya?
karena kalau maticnya sehat, di tanjakanpun dari N ke D harusnya kendaraan tidak mundur ke belakang kan?

mohon pemahaman dari senior2 :)
klo sangat curam tetep mundur om... gak usah ditanjakan yang aneh-aneh, di parkiran mall aja... sering sudut kemiringannya gak manusiawi. Udah terlanjur naik terus ada mobil di depan tiba-tiba berenti.

Oh ya, HSA bukan sepenuhnya mencegah "melorot", tapi hanya "menahan sebentar", memberi extra reaction time sekian detik pada drivernya. Dengan kondisi perseneleng mesti di posisi D dan direm, kalo di posisi N 100% melorot karena logika ECU nya cuma ngerti N = berenti a.k.a kondisi tidak jalan, nggak peduli posisi mobilnya lagi miring atau datar.

Klo di mobil Honda saya kondisi nanjak biasanya saya pake fitur autohold nya saja... HSA buat skilled driver sih nggak terlalu perlu, tinggal tahan rem dan gas bersamaan atau menggunakan rem parkir.

tapi persentase banyaknya driver yang mudah panik apalagi kaum wanita rasanya lebih butuh fitur ini.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
momodgalakk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Sat Jan 13, 2018 16:16
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Terios

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by momodgalakk »

papinski wrote: Thu Mar 01, 2018 1:59 Berikut kutipan tentang Hill Start Assist menurut Kompas.com:

"HSA adalah sebuah fitur yang membantu mobil agar tidak mundur saat tengah menanjak. Lahirnya fitur ini dilatarbelakangi kasus mobil yang tiba-tiba mundur ke belakang saat berhenti di tanjakan."

pertanyaannya, kalau untuk mobil transmisi Matic, buat apa fitur ini ya?
karena kalau maticnya sehat, di tanjakanpun dari N ke D harusnya kendaraan tidak mundur ke belakang kan?

mohon pemahaman dari senior2 :)
IMHO
HSA cocok buat yg baru belajar nyetir mobil, membantu sekali. tapi klo profesional driver ga begitu butuh, lebih menantang maen kecepatan kaki dari rem ke gas
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by PRBS »

Lebih tricky lagi buat mobil yg handbrakenya di kaki (footbrake) such as freed, camry, serena, etc..

Kalo serena, udah sistemnya footbrake, ga punya HSA pula hahaha.. kalau posisi lagi dikemang (ada tanjakan curam yg menuju antasari), dan posisi lagi berhenti.. wah sangat ribet..

Injek pedal footbrake -> ubah posisi N untuk masuk ke gear D/L - (sambil dirasa mobil bergerak maju) - baru lepas footbrake..

Ribet.
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2585
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by farizfsa »

bener um, harus skillful nyetirnya

kalo ga ya siap2 mundur di tanjakan

vsc juga atau tc ga perlu kalo professional apa lg udah tau bakal masuk surga karena anak soleh
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by liemivan86 »


momodgalakk wrote:
IMHO
HSA cocok buat yg baru belajar nyetir mobil, membantu sekali. tapi klo profesional driver ga begitu butuh, lebih menantang maen kecepatan kaki dari rem ke gas
Mantap om..

Cuma kayaknya kalo professional driver tidak akan ambil resiko yang tidak perlu. Lebih baik tarik hand brake dan lepas pelan2 sambil gas dan lepas kopling..

Kalo pamer driver mungkin perlu pamer kecepatan kaki dan tangan sih..
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by liemivan86 »

ChZ wrote:
papinski wrote: Thu Mar 01, 2018 1:59 Berikut kutipan tentang Hill Start Assist menurut Kompas.com:

"HSA adalah sebuah fitur yang membantu mobil agar tidak mundur saat tengah menanjak. Lahirnya fitur ini dilatarbelakangi kasus mobil yang tiba-tiba mundur ke belakang saat berhenti di tanjakan."

pertanyaannya, kalau untuk mobil transmisi Matic, buat apa fitur ini ya?
karena kalau maticnya sehat, di tanjakanpun dari N ke D harusnya kendaraan tidak mundur ke belakang kan?

mohon pemahaman dari senior2 :)
klo sangat curam tetep mundur om... gak usah ditanjakan yang aneh-aneh, di parkiran mall aja... sering sudut kemiringannya gak manusiawi. Udah terlanjur naik terus ada mobil di depan tiba-tiba berenti.

Oh ya, HSA bukan sepenuhnya mencegah "melorot", tapi hanya "menahan sebentar", memberi extra reaction time sekian detik pada drivernya. Dengan kondisi perseneleng mesti di posisi D dan direm, kalo di posisi N 100% melorot karena logika ECU nya cuma ngerti N = berenti a.k.a kondisi tidak jalan, nggak peduli posisi mobilnya lagi miring atau datar.

Klo di mobil Honda saya kondisi nanjak biasanya saya pake fitur autohold nya saja... HSA buat skilled driver sih nggak terlalu perlu, tinggal tahan rem dan gas bersamaan atau menggunakan rem parkir.

tapi persentase banyaknya driver yang mudah panik apalagi kaum wanita rasanya lebih butuh fitur ini.
Melengkapi aja..

Kalo di T32, kalo berhenti di tanjakan yang tidak terlalu curam, di MID tidak ada perubahan apa-apa, jadi ini memang mobil ditahan oleh gaya dorong torque converter.

Sedangkan kalo berhenti di tanjakan yang lebih curam, seperti di parkiran mall, MID chassis control langsung menunjukkan gambar mobil miring sambil Ban nya ketip2 warna biru gitu, menandakan kalo HSA bekerja. Kalo sudah gini, kalo setelah 3 detik kita lepas rem tidak di gas, mobil akan langsung melorot.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by ChZ »

liemivan86 wrote: Thu Mar 01, 2018 8:16 Melengkapi aja..

Kalo di T32, kalo berhenti di tanjakan yang tidak terlalu curam, di MID tidak ada perubahan apa-apa, jadi ini memang mobil ditahan oleh gaya dorong torque converter.

Sedangkan kalo berhenti di tanjakan yang lebih curam, seperti di parkiran mall, MID chassis control langsung menunjukkan gambar mobil miring sambil Ban nya ketip2 warna biru gitu, menandakan kalo HSA bekerja. Kalo sudah gini, kalo setelah 3 detik kita lepas rem tidak di gas, mobil akan langsung melorot.
wah klo di T32 sih enak banget ada indikator gambar mobil yang bisa ngerti... saya juga kalo usil gerakin setir T32 papa saya agak agresif dia bisa baca. :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by iwing »

rasanya HSA itu lebih diperlukan oleh mobil manual yang udah DBW karena secara umum respon DBW itu lemottttt
PlantFoot
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 258
Joined: Wed Feb 27, 2013 6:03

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by PlantFoot »

PRBS wrote: Thu Mar 01, 2018 7:44 Lebih tricky lagi buat mobil yg handbrakenya di kaki (footbrake) such as freed, camry, serena, etc..

Kalo serena, udah sistemnya footbrake, ga punya HSA pula hahaha.. kalau posisi lagi dikemang (ada tanjakan curam yg menuju antasari), dan posisi lagi berhenti.. wah sangat ribet..

Injek pedal footbrake -> ubah posisi N untuk masuk ke gear D/L - (sambil dirasa mobil bergerak maju) - baru lepas footbrake..

Ribet.
hmm..kbtln sy dsni lg pk mbl yg menganut foot brake..

kl sy sih mlh lbh konsen ya, krn tiap bagian dah jelas fungsinya..tgn kiri cm buat gear, kaki kiri cmn buat foot brake, kaki kanan gas& rem.
jd flow nya : tgn kiri pindahin gear k D -> kaki kiri mulai injak footbrake unutk lepas lock = kaki kanan mulai injak gas dikit -> kaki kiri lepas..

ya ini mslh kbiasaan aja sih..kl dah biasa ya sma aja..
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by evanbngdor »

iwing wrote: Thu Mar 01, 2018 9:05 rasanya HSA itu lebih diperlukan oleh mobil manual yang udah DBW karena secara umum respon DBW itu lemottttt
IMHO ngga ada hubungan antara DBW sama HSA om.

HSA cuma ngejaga biar mobil ngga melorot aja pas lg nanjak, lemot atau ngga tergantung sistem DBW nya.

fitur HSA lebih cocok di mobil matic, kalo mobil manual sih buat saya pribadi lebih seneng bergantung sama handbrake aja.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by iwing »

evanbngdor wrote: Thu Mar 01, 2018 9:49
iwing wrote: Thu Mar 01, 2018 9:05 rasanya HSA itu lebih diperlukan oleh mobil manual yang udah DBW karena secara umum respon DBW itu lemottttt
IMHO ngga ada hubungan antara DBW sama HSA om.

HSA cuma ngejaga biar mobil ngga melorot aja pas lg nanjak, lemot atau ngga tergantung sistem DBW nya.

fitur HSA lebih cocok di mobil matic, kalo mobil manual sih buat saya pribadi lebih seneng bergantung sama handbrake aja.
sistem DBW lemot, gas diinjaknya kapan tapi respon mesin nya kapan. kalo ditanjakan ya pasti melorot dulu. sangat berbeda sama gas yang masih pakai kabel/kawat, begitu gas diinjak, mesin langsung respon. mungkin sama2 melorot nya tapi kalo DBW lebih melorot kwkwkwkkwkw

imho
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by evanbngdor »

iwing wrote: Thu Mar 01, 2018 10:03
evanbngdor wrote: Thu Mar 01, 2018 9:49
iwing wrote: Thu Mar 01, 2018 9:05 rasanya HSA itu lebih diperlukan oleh mobil manual yang udah DBW karena secara umum respon DBW itu lemottttt
IMHO ngga ada hubungan antara DBW sama HSA om.

HSA cuma ngejaga biar mobil ngga melorot aja pas lg nanjak, lemot atau ngga tergantung sistem DBW nya.

fitur HSA lebih cocok di mobil matic, kalo mobil manual sih buat saya pribadi lebih seneng bergantung sama handbrake aja.
sistem DBW lemot, gas diinjaknya kapan tapi respon mesin nya kapan. kalo ditanjakan ya pasti melorot dulu. sangat berbeda sama gas yang masih pakai kabel/kawat, begitu gas diinjak, mesin langsung respon. mungkin sama2 melorot nya tapi kalo DBW lebih melorot kwkwkwkkwkw

imho
wah mungkin itu ngimbangin kopling sama gas nya aja om yg kurang presisi.

Ogut coba avanza mesin NR yang terkenal lemot gas nya sih ngga sampe melorot.

Ngga pake handbrake pun ngga pernah melorot bgt.

Solusinya kalo pake manual ya sebelum handbrake dilepas, posisi kopling&gas harus udah siap jalan, jgn handbrake yg dilepas duluan.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by iwing »

evanbngdor wrote: Thu Mar 01, 2018 10:13
iwing wrote: Thu Mar 01, 2018 10:03
evanbngdor wrote: Thu Mar 01, 2018 9:49

IMHO ngga ada hubungan antara DBW sama HSA om.

HSA cuma ngejaga biar mobil ngga melorot aja pas lg nanjak, lemot atau ngga tergantung sistem DBW nya.

fitur HSA lebih cocok di mobil matic, kalo mobil manual sih buat saya pribadi lebih seneng bergantung sama handbrake aja.
sistem DBW lemot, gas diinjaknya kapan tapi respon mesin nya kapan. kalo ditanjakan ya pasti melorot dulu. sangat berbeda sama gas yang masih pakai kabel/kawat, begitu gas diinjak, mesin langsung respon. mungkin sama2 melorot nya tapi kalo DBW lebih melorot kwkwkwkkwkw

imho
wah mungkin itu ngimbangin kopling sama gas nya aja om yg kurang presisi.

Ogut coba avanza mesin NR yang terkenal lemot gas nya sih ngga sampe melorot.

Ngga pake handbrake pun ngga pernah melorot bgt.

Solusinya kalo pake manual ya sebelum handbrake dilepas, posisi kopling&gas harus udah siap jalan, jgn handbrake yg dilepas duluan.
yayayaya selama ini klo agak nanjak ya pake handbrake sebelum jalan. cuma kalo misal gak pake handbrake (hanya mengandalkan rem biasa/kaki) trus posisi gas netral (kondisi berhenti lama), nah pas jalan tapi gak melorot dulu (sistem DBW) tanpa menggunakan handbrake itu sih keren om
Wistuwis
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 340
Joined: Mon Mar 06, 2017 10:39
Daily Vehicle: terios

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by Wistuwis »

Asal saat kondisi di-handbrake, kemudian rem kaki dilepas dan hasilnya mobil tidak mundur, HSA gak begitu dibutuhkan.
Tapi ada kondisi tanjakan yang handbrake saja tidak cukup. Tetap melorot. Harus dibantu rem kaki. Nah itu baru butuh HSA supaya lebih aman angkatan awal tidak melorot nanti.
Jimny saya dulu gak ngefek handbrakenya, karena remnya di kopel (cmiiw). Pernah parkir di jalan agak miring eh pindah tempat sendiri :)

Maaf OOT mod :e-pray:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by evanbngdor »

iwing wrote: Thu Mar 01, 2018 10:18

yayayaya selama ini klo agak nanjak ya pake handbrake sebelum jalan. cuma kalo misal gak pake handbrake (hanya mengandalkan rem biasa/kaki) trus posisi gas netral (kondisi berhenti lama), nah pas jalan tapi gak melorot dulu (sistem DBW) tanpa menggunakan handbrake itu sih keren om
Kopling lepas setengah dulu sampe posisi udah nyangkut, abis itu langsung deh buru2 pindah kaki ke pedal gas. Kalo mesin mobil tenaganya pas2an sih ya heel&toe aja om.

Maklum om, pas belajar mobil dr awal langsung belajar posisi setengah kopling nanjak maju, nanjak mundur, ngga boleh pake handbrake. Sebelum belajar di jalan raya jg waktu itu belajar parkir nanjak dulu, maju-mundur bikin angka 8, dll.

Karena kebetulan garasi rumah ane itu mesti belok patah dan nanjak, jd ya udah terbiasa om.

:mky_01: :mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by iwing »

evanbngdor wrote: Thu Mar 01, 2018 10:26
iwing wrote: Thu Mar 01, 2018 10:18

yayayaya selama ini klo agak nanjak ya pake handbrake sebelum jalan. cuma kalo misal gak pake handbrake (hanya mengandalkan rem biasa/kaki) trus posisi gas netral (kondisi berhenti lama), nah pas jalan tapi gak melorot dulu (sistem DBW) tanpa menggunakan handbrake itu sih keren om
Kopling lepas setengah dulu sampe posisi udah nyangkut, abis itu langsung deh buru2 pindah kaki ke pedal gas. Kalo mesin mobil tenaganya pas2an sih ya heel&toe aja om.

Maklum om, pas belajar mobil dr awal langsung belajar posisi setengah kopling nanjak maju, nanjak mundur, ngga boleh pake handbrake. Sebelum belajar di jalan raya jg waktu itu belajar parkir nanjak dulu, maju-mundur bikin angka 8, dll.

Karena kebetulan garasi rumah ane itu mesti belok patah dan nanjak, jd ya udah terbiasa om.

:mky_01: :mky_01:
sori ada keliru, maksud postingan saya diatas itu bukan posisi gas netral tapi posisi transmisi netral

rasanya emang jam terbang saya yang masih kurang jauh om. jadi kalo kondisi tanjakan trus rem kaki dan kondisi transmisi netral, waktu jalan pasti melorot dulu kalo gak dibantu handbrake :mky_01:

main setengah kopling sih gak masalah dalam kondisi jalan tanjakan yang kayak gmn cuma kasihan koplingnya :mky_01: