All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by Winz »

sennarose88 wrote: Tue Feb 20, 2018 13:35
papinski wrote: Tue Feb 20, 2018 13:02 posting pertama...mau nanya kalau dari Honda Jazz RS AT ganti All New Rush ini naik kelas atau sama aja ya....
Turun kelas om, ANR kelasnya BRV (which is Brio platform). Dari Jazz minimal ke HRV, itupun masih satu platform, baru terasa naik kelas beneran ke Civic/CRV.

Posting pertama juga, bosen jadi SR :big_peace:
wkwkwk, Congratz Posting pertama'nya, om, setelah 2 bulan lebih join akhirnya posting :big_exellent:
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by PRBS »

alvin23 wrote: Wed Feb 21, 2018 7:34
evanbngdor wrote: Tue Feb 20, 2018 13:51
papinski wrote: Tue Feb 20, 2018 13:02 posting pertama...mau nanya kalau dari Honda Jazz RS AT ganti All New Rush ini naik kelas atau sama aja ya....
Naik kapasitas penumpangnya, turun impresi berkendaranya

:mky_04: :mky_04:
IMO, kalau emang dari kelas hatchback mau naik ke 7 seater tanpa turun kelas. Pertimbangkan Sienta/Freed lah minimal, karena basis mereka emang kelas Yaris/Jazz. Expander fenomenal sih, LMPV tapi rasa naiknya "mendekati" med MPV kayak ANKI, tp masih LMPV.
atau ya sekalian kayak Med MPV kayak ANKI, Xtrail.
Xtrail bukan med MPV om.. bantu saran, kalau dari jazz, bisa coba hunting secondnya nissan serena C26. Harga sekarang kayak brand new xpander

Nanti kalau ada waktu, saya kasih review after 4years pemakaian. Selama 4 tahun pemakaian tidak ada masalah berarti.
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by vp920b »

Kalau dari Jazz juga bisa coba Hyundai Santa Fe or Kia Sorento 2013-2014. Harga sekennya cuma se Rush baru.. Under 300 juta. Power gila, 440NM Torque.. hehehe..

Kenyamanan juga dapet.

3 tahun pakai sangat awet, tidak ada masalah apapun.
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1965
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by alvin23 »

PRBS wrote: Wed Feb 21, 2018 7:59
alvin23 wrote: Wed Feb 21, 2018 7:34
evanbngdor wrote: Tue Feb 20, 2018 13:51

Naik kapasitas penumpangnya, turun impresi berkendaranya

:mky_04: :mky_04:
IMO, kalau emang dari kelas hatchback mau naik ke 7 seater tanpa turun kelas. Pertimbangkan Sienta/Freed lah minimal, karena basis mereka emang kelas Yaris/Jazz. Expander fenomenal sih, LMPV tapi rasa naiknya "mendekati" med MPV kayak ANKI, tp masih LMPV.
atau ya sekalian kayak Med MPV kayak ANKI, Xtrail.
Xtrail bukan med MPV om.. bantu saran, kalau dari jazz, bisa coba hunting secondnya nissan serena C26. Harga sekarang kayak brand new xpander

Nanti kalau ada waktu, saya kasih review after 4years pemakaian. Selama 4 tahun pemakaian tidak ada masalah berarti.
eh sorry , maksudnya medium MPV or SUV :big_smile]
Rocky R ADS CVT 2021
fikrirukmanaa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 294
Joined: Thu Nov 26, 2015 12:52

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by fikrirukmanaa »

papinski wrote: Tue Feb 20, 2018 13:02 posting pertama...mau nanya kalau dari Honda Jazz RS AT ganti All New Rush ini naik kelas atau sama aja ya....
Ada beberapa konsiderasi sih om..

1. Om butuh 7 seater ga? Karena 2 boil ini kan ga apple to apple. Kalo memang butuh 7 seater ya go for it.
2. 'Naik kelasnya dari segi apa dulu nih? Kalo dari sudut pandang ane sbg mahasiswa nih ya, kalo liat anak kampus yg bawa jazz dan sekelasnya itu pasti mikirnya "wih boilnya jazz". Tapi kalo yg bawa rusteri avxen dll ane mikirnya "paling mobil bokapnya ini yg dibawa". Tapi rushteri pasti lebih fresh dari jazz RS, secara jazz RS pertama kali launch hampir 10th yg lalu (2008 kan ya? Cmiiw)
3. Kalo dari yg pernah ane coba nih, menurut ane mobil toyota selalu tidak lebih fun to drive dari honda. Not even close.
Wistuwis
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 340
Joined: Mon Mar 06, 2017 10:39
Daily Vehicle: terios

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by Wistuwis »

papinski wrote: Wed Feb 21, 2018 6:35
sennarose88 wrote: Tue Feb 20, 2018 13:35

Turun kelas om, ANR kelasnya BRV (which is Brio platform). Dari Jazz minimal ke HRV, itupun masih satu platform, baru terasa naik kelas beneran ke Civic/CRV.

Posting pertama juga, bosen jadi SR :big_peace:
alvin23 wrote: Tue Feb 20, 2018 13:40
rasanya turun kelas, trust me
Wistuwis wrote: Tue Feb 20, 2018 13:44
Turun kelas om
Masak dari Jazz RS AT 2013 ke All New Rush TRD Sportivo AT 2018 turun kelas?
Memang subjektif sih om. Apalagi awalnya gak disebutin model dan tahunnya.
Di rentang harga yg kurang lebih sama memang tergantung masing2 individu menilainya. Lebih ke perasaan.

Kalau melihat rush, yg terbayang adalah mobil utama, mobil tempur. Orang membeli mobil jenis itu karena nilai fungsionalnya. Ada harapan harga yg dikeluarkan terbayar oleh nilai fungsinya. Ada perhitungan untung rugi di sini. Dan nilai fungsionalnya mobil menjadi dominan.
Sedangkan jazz ini mobil alus. Persepsinya orang beli jazz ya sekedar beli aja, buat menuhin garasi, meskipun mungkin nilai fungsinya tidak sebesar mobil tempur lain. Tapi kelasnya dia memang buang2 uang, bukan mencari kembali modal dgn fungsi mobilnya. Bisa jadi pula pemilik jazz sdh punya mobil utama yg dipakai tempur.

Ahaha... Ini bicara persepsi pribadi lho. Validitasnya harus disurvey ala cak lontong...

Jadii tetap turun kelas om :mky_01:
:ngacir: :ngacir: :ngacir:
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by liemivan86 »

Rundeer wrote:
Knalpot wrote: Wed Feb 21, 2018 2:58 Om2 kalau rushter ini casisnya termasuk ladder fram atau monocoque?
Kalau xpander itu ladder frame atau monocoque?
Untuk pemakaian jangka panjang kira2 berisikan yang mana ya antara keduanya ?
- Rushter semi ladder frame (ladder frame n monokok digabung, istilahnya unibody)
- Xpander monokok

Berisik maksudnya gimana om? Peredamannya apa gimana
Menurut saya rush Terios tetap aja ladder frame sih. Beda nya hanya chassis di las langsung ke body, bukan pakai baut dan karet..
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1965
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by alvin23 »

Wistuwis wrote: Wed Feb 21, 2018 9:21
papinski wrote: Wed Feb 21, 2018 6:35
sennarose88 wrote: Tue Feb 20, 2018 13:35

Turun kelas om, ANR kelasnya BRV (which is Brio platform). Dari Jazz minimal ke HRV, itupun masih satu platform, baru terasa naik kelas beneran ke Civic/CRV.

Posting pertama juga, bosen jadi SR :big_peace:
alvin23 wrote: Tue Feb 20, 2018 13:40
rasanya turun kelas, trust me
Wistuwis wrote: Tue Feb 20, 2018 13:44
Turun kelas om
Masak dari Jazz RS AT 2013 ke All New Rush TRD Sportivo AT 2018 turun kelas?
Memang subjektif sih om. Apalagi awalnya gak disebutin model dan tahunnya.
Di rentang harga yg kurang lebih sama memang tergantung masing2 individu menilainya. Lebih ke perasaan.

Kalau melihat rush, yg terbayang adalah mobil utama, mobil tempur. Orang membeli mobil jenis itu karena nilai fungsionalnya. Ada harapan harga yg dikeluarkan terbayar oleh nilai fungsinya. Ada perhitungan untung rugi di sini. Dan nilai fungsionalnya mobil menjadi dominan.
Sedangkan jazz ini mobil alus. Persepsinya orang beli jazz ya sekedar beli aja, buat menuhin garasi, meskipun mungkin nilai fungsinya tidak sebesar mobil tempur lain. Tapi kelasnya dia memang buang2 uang, bukan mencari kembali modal dgn fungsi mobilnya. Bisa jadi pula pemilik jazz sdh punya mobil utama yg dipakai tempur.

Ahaha... Ini bicara persepsi pribadi lho. Validitasnya harus disurvey ala cak lontong...

Jadii tetap turun kelas om :mky_01:
:ngacir: :ngacir: :ngacir:
asumsi saya, "kelas" yang dimaksud itu berkaitan ride quality, image mobil, sama fitur didalam mobilnya.
Dari aspek2 itu, jazz ke rush memang turun kelas.
Ride quality jauh lebih refined Jazz. Image mobil seperti udah dijelaskan, Rush itu LSUV, mobil tempur, kalo Jazz udah masuk B segment (small Hatchback), kalo yang low hatchback ada Sirion, MIrage, March.
Fitur selain fitur safety juga jauh bagus Jazz kemana2. Seatbelt Rush itu fixed gak height adjusted, sunvisor ada kaca ndak, jok height adjusted ndak? Kelas suatu mobil salah satunya juga diliat dari printilan-printilan yang dibawa. Saya susah juga jelasinnya :mky_01: , tapi once you own it, pasti kerasa deh. Kasus yang sama juga bisa terasa pas bandingin Jazz dengan BRV, atau bandingin Sienta dengan Rush.
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by NYoman »

Ada bagus ada jeleknya unibody dan monocoque.. Kalau Unibody stiffnya cuma perludi bagian bawah aja, sedangkan kalau Monocoque untuk bikin sasis stiff perlu rancang ulang keseluruhan.. Disini mobil unibody yang pernah beredar sih yang saya tau cuma AX bersaudara dan Mazda8..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11013
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by marmut »

imo,
selama pemakaian harian normal, nggak ada perbedaan besar antara chassis monocoque, ladder frame, dan unibody.
kecuali memang niat buat dipakai sprint rally atau balap di sirkuit atau rock crawling.
Mkresnap
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 260
Joined: Mon Dec 04, 2017 13:57

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by Mkresnap »

alvin23 wrote: Wed Feb 21, 2018 9:53
Wistuwis wrote: Wed Feb 21, 2018 9:21
papinski wrote: Wed Feb 21, 2018 6:35






Masak dari Jazz RS AT 2013 ke All New Rush TRD Sportivo AT 2018 turun kelas?
Memang subjektif sih om. Apalagi awalnya gak disebutin model dan tahunnya.
Di rentang harga yg kurang lebih sama memang tergantung masing2 individu menilainya. Lebih ke perasaan.

Kalau melihat rush, yg terbayang adalah mobil utama, mobil tempur. Orang membeli mobil jenis itu karena nilai fungsionalnya. Ada harapan harga yg dikeluarkan terbayar oleh nilai fungsinya. Ada perhitungan untung rugi di sini. Dan nilai fungsionalnya mobil menjadi dominan.
Sedangkan jazz ini mobil alus. Persepsinya orang beli jazz ya sekedar beli aja, buat menuhin garasi, meskipun mungkin nilai fungsinya tidak sebesar mobil tempur lain. Tapi kelasnya dia memang buang2 uang, bukan mencari kembali modal dgn fungsi mobilnya. Bisa jadi pula pemilik jazz sdh punya mobil utama yg dipakai tempur.

Ahaha... Ini bicara persepsi pribadi lho. Validitasnya harus disurvey ala cak lontong...

Jadii tetap turun kelas om :mky_01:
:ngacir: :ngacir: :ngacir:
asumsi saya, "kelas" yang dimaksud itu berkaitan ride quality, image mobil, sama fitur didalam mobilnya.
Dari aspek2 itu, jazz ke rush memang turun kelas.
Ride quality jauh lebih refined Jazz. Image mobil seperti udah dijelaskan, Rush itu LSUV, mobil tempur, kalo Jazz udah masuk B segment (small Hatchback), kalo yang low hatchback ada Sirion, MIrage, March.
Fitur selain fitur safety juga jauh bagus Jazz kemana2. Seatbelt Rush itu fixed gak height adjusted, sunvisor ada kaca ndak, jok height adjusted ndak? Kelas suatu mobil salah satunya juga diliat dari printilan-printilan yang dibawa. Saya susah juga jelasinnya :mky_01: , tapi once you own it, pasti kerasa deh. Kasus yang sama juga bisa terasa pas bandingin Jazz dengan BRV, atau bandingin Sienta dengan Rush.
ehem di rush yang nggak ada cuma seatbelt height adjuster selebihnya yang agan omongin ada semua
kalo menurut saya sih mungkin dari image ya karena build quality baik honda maupun toyota sekarang untuk yang under 300 ataupun mepet 300 rasanya mirip mirip lcgc pendapat saya haha
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by daftar »

NYoman wrote: Wed Feb 21, 2018 10:00 Ada bagus ada jeleknya unibody dan monocoque.. Kalau Unibody stiffnya cuma perludi bagian bawah aja, sedangkan kalau Monocoque untuk bikin sasis stiff perlu rancang ulang keseluruhan.. Disini mobil unibody yang pernah beredar sih yang saya tau cuma AX bersaudara dan Mazda8..
agya cs bukan unibody ya om? soalnya pernah ngolong ada sasis yang dicat hitam nempel sama body lantai mobil (seperti dilas)
:ngacir:
Knalpot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 323
Joined: Sun Jun 06, 2010 6:49

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by Knalpot »

Rundeer wrote: Wed Feb 21, 2018 3:12
Knalpot wrote: Wed Feb 21, 2018 2:58 Om2 kalau rushter ini casisnya termasuk ladder fram atau monocoque?
Kalau xpander itu ladder frame atau monocoque?
Untuk pemakaian jangka panjang kira2 berisikan yang mana ya antara keduanya ?
- Rushter semi ladder frame (ladder frame n monokok digabung, istilahnya unibody)
- Xpander monokok

Berisik maksudnya gimana om? Peredamannya apa gimana
Sepengalaman saya aja sih Om.. kalau monocoque itu paling cepet berisik.. glodakan gak jelas..
nah untuk long term use lebih tahan glodakan mana antara rush dan xp misalnya.. :)
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by PRBS »

Knalpot wrote: Wed Feb 21, 2018 12:25
Rundeer wrote: Wed Feb 21, 2018 3:12
Knalpot wrote: Wed Feb 21, 2018 2:58 Om2 kalau rushter ini casisnya termasuk ladder fram atau monocoque?
Kalau xpander itu ladder frame atau monocoque?
Untuk pemakaian jangka panjang kira2 berisikan yang mana ya antara keduanya ?
- Rushter semi ladder frame (ladder frame n monokok digabung, istilahnya unibody)
- Xpander monokok

Berisik maksudnya gimana om? Peredamannya apa gimana
Sepengalaman saya aja sih Om.. kalau monocoque itu paling cepet berisik.. glodakan gak jelas..
nah untuk long term use lebih tahan glodakan mana antara rush dan xp misalnya.. :)
Logikannya sih FWD pasti tidak akan sekuat RWD untuk kaki2nya..

Tapi as long pemakaian normal (ga hajar lobang trus2an, ga sikat lewat bebatuan trus, ga ngebut hajar garis kejut kyak di aeon bsd, treknya jgn dibawa offroad, dkk) ya pasti sama2 aja ketahanannya..
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11013
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by marmut »

Knalpot wrote: Wed Feb 21, 2018 12:25
-

Sepengalaman saya aja sih Om.. kalau monocoque itu paling cepet berisik.. glodakan gak jelas..
nah untuk long term use lebih tahan glodakan mana antara rush dan xp misalnya.. :)
glodakan ngga ada hubungan dengan chassis.
itu masalah suspensi dan bagian lain yang berhubungan semisal tie rod, long tie rod, ball joint, karet support shock, bushing arm, link stabilizer.
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by liemivan86 »

marmut wrote:
Knalpot wrote: Wed Feb 21, 2018 12:25
-

Sepengalaman saya aja sih Om.. kalau monocoque itu paling cepet berisik.. glodakan gak jelas..
nah untuk long term use lebih tahan glodakan mana antara rush dan xp misalnya.. :)
glodakan ngga ada hubungan dengan chassis.
itu masalah suspensi dan bagian lain yang berhubungan semisal tie rod, long tie rod, ball joint, karet support shock, bushing arm, link stabilizer.
Monocoque relatif akan lebih glodakan dibandingkan ladder frame. Kenapa? Karena monocoque umumnya lebih rumit dan lebih banyak part nya, sehingga dengan lebih banyak part, kemungkinan rusak salah satu part lebih banyak.

Selain itu, memang faktor road noise monocoque akan lebih berisik, karena suara dari jalan akan langsung ke Body, karena chassis dan body jadi 1. Sedangkan ladder frame biasanya di baut penghubung body dan chassis itu diberi karet Bushing lagi, dan ini membantu meredam getaran.

Tapi untuk pemakaian normal di dalam kota, saya akan pilih monocoque. Dari pengalaman pakai macam2 mobil, monocoque tetap lebih nyaman dinaiki dan di setir. Kelebihan ladder frame, durability, itu saja.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11013
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by marmut »

liemivan86 wrote: Wed Feb 21, 2018 16:07
-

Monocoque relatif akan lebih glodakan dibandingkan ladder frame. Kenapa? Karena monocoque umumnya lebih rumit dan lebih banyak part nya, sehingga dengan lebih banyak part, kemungkinan rusak salah satu part lebih banyak.

-
bisa dijelaskan lebih rinci parts yang dimaksud lebih banyak pada monocoque ketimbang ladder frame?
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by NYoman »

Saya juga penasaran, parts apa yang dibilang rumit itu? Karena bedanya kan cuma body ditempel sama body jadi 1 dengan sasis aja :e-think:
Kalau dilihat malah laderframe lebih banyak punya parts tuh, bushing yang harus ganti tiap 100rb km misalnya atau baut2 dan U clamp nya yang bisa dimakan karat dll..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
ddyta27
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Sat Dec 28, 2013 14:26

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by ddyta27 »

kijang rover saya tahun 96 belum diganti tuh bushing nya, kalo lewat jalan ga rata bunyi ngek ngok ngek ngok :D
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by evanbngdor »

liemivan86 wrote: Wed Feb 21, 2018 16:07
marmut wrote:
Knalpot wrote: Wed Feb 21, 2018 12:25
-

Sepengalaman saya aja sih Om.. kalau monocoque itu paling cepet berisik.. glodakan gak jelas..
nah untuk long term use lebih tahan glodakan mana antara rush dan xp misalnya.. :)
glodakan ngga ada hubungan dengan chassis.
itu masalah suspensi dan bagian lain yang berhubungan semisal tie rod, long tie rod, ball joint, karet support shock, bushing arm, link stabilizer.
Monocoque relatif akan lebih glodakan dibandingkan ladder frame. Kenapa? Karena monocoque umumnya lebih rumit dan lebih banyak part nya, sehingga dengan lebih banyak part, kemungkinan rusak salah satu part lebih banyak.

Selain itu, memang faktor road noise monocoque akan lebih berisik, karena suara dari jalan akan langsung ke Body, karena chassis dan body jadi 1. Sedangkan ladder frame biasanya di baut penghubung body dan chassis itu diberi karet Bushing lagi, dan ini membantu meredam getaran.

Tapi untuk pemakaian normal di dalam kota, saya akan pilih monocoque. Dari pengalaman pakai macam2 mobil, monocoque tetap lebih nyaman dinaiki dan di setir. Kelebihan ladder frame, durability, itu saja.
Kalau menurut ane, konstruksi monokok itu, part kaki-kakinya lebih mahal.

Coba misalnya bandingkan shockbreaker depan antara Ertiga dan Innova. Ertiga punya jauh lebih mahal. karena konstruksinya monokok itu which is sama kayak sedan.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by NYoman »

Bentar2.. Ertiga suspensi depannya kalau di hitung harusnya lebih murah dan simpel lho dibanding Kijang..
McPherson (Ertiga) itu justru dibuat supaya lebih murah di bandingkan pakai Double Wishbone (Kijang or other car), tujuan utamanya pabrikan pakai McPherson itu untuk efisiensi biaya perancancagan dan pembelian parts itu sendiri.. Andai itu Ertiga pakai double wishbone saya rasa Ertiga gak bakal bisa di beli dengan harga segitu~

Jangan bandingkan dengan Suzuki, Suzuki itu memang terkenal dengan harga parts ya yang memang diatas rata2 mobil Jepang kebanyakan...
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by evanbngdor »

NYoman wrote: Thu Feb 22, 2018 5:02 Bentar2.. Ertiga suspensi depannya kalau di hitung harusnya lebih murah dan simpel lho dibanding Kijang..
McPherson (Ertiga) itu justru dibuat supaya lebih murah di bandingkan pakai Double Wishbone (Kijang or other car), tujuan utamanya pabrikan pakai McPherson itu untuk efisiensi biaya perancancagan dan pembelian parts itu sendiri.. Andai itu Ertiga pakai double wishbone saya rasa Ertiga gak bakal bisa di beli dengan harga segitu~

Jangan bandingkan dengan Suzuki, Suzuki itu memang terkenal dengan harga parts ya yang memang diatas rata2 mobil Jepang kebanyakan...
Boleh coba dicek aja langsung om.

even dibandingin avanza aja, shockbreaker depan innova lebih murah, karena saya ngalamin sendiri dulu pake avanza 2004 dan sekarang innova 2013.

Avanza jg McPherson kan.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by octafiantos »

evanbngdor wrote: Thu Feb 22, 2018 5:05
Boleh coba dicek aja langsung om.

even dibandingin avanza aja, shockbreaker depan innova lebih murah, karena saya ngalamin sendiri dulu pake avanza 2004 dan sekarang innova 2013.

Avanza jg McPherson kan.
Saya ngga tau ada ladderframe fwd ngga, jadi ngga tau mesti bandingin kemana.
Biasanya fwd lebih mahal di bagian mounting karena melintang nahan beban mesin dan transmisi. Saya pernah punya Corona 91 dan E36 95, part oem-nya lebih mahal Corona untuk kaki kaki terutama mounting.
Kavling kosong, bisa dikridit.
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by nugroho bagor »

liemivan86 wrote: Wed Feb 21, 2018 9:48
Rundeer wrote:
Knalpot wrote: Wed Feb 21, 2018 2:58 Om2 kalau rushter ini casisnya termasuk ladder fram atau monocoque?
Kalau xpander itu ladder frame atau monocoque?
Untuk pemakaian jangka panjang kira2 berisikan yang mana ya antara keduanya ?
- Rushter semi ladder frame (ladder frame n monokok digabung, istilahnya unibody)
- Xpander monokok

Berisik maksudnya gimana om? Peredamannya apa gimana
Menurut saya rush Terios tetap aja ladder frame sih. Beda nya hanya chassis di las langsung ke body, bukan pakai baut dan karet..
Iya sama kayak D4D,macam gerobag sayur,mang ujo
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Post by evanbngdor »

octafiantos wrote: Thu Feb 22, 2018 6:46
evanbngdor wrote: Thu Feb 22, 2018 5:05
Boleh coba dicek aja langsung om.

even dibandingin avanza aja, shockbreaker depan innova lebih murah, karena saya ngalamin sendiri dulu pake avanza 2004 dan sekarang innova 2013.

Avanza jg McPherson kan.
Saya ngga tau ada ladderframe fwd ngga, jadi ngga tau mesti bandingin kemana.
Biasanya fwd lebih mahal di bagian mounting karena melintang nahan beban mesin dan transmisi. Saya pernah punya Corona 91 dan E36 95, part oem-nya lebih mahal Corona untuk kaki kaki terutama mounting.
mounting mahal atau murah bukan 100% karena FWD atau RWD nya sih, tp karena desain&material mounting itu sendiri.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T