ESEMKA GARUDA 1

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: ESEMKA GARUDA 1

Post by Turboman »

Foday Lanfu alias Landfort

Bbrp bulan lalu ane pernah posting di SM

akhirnya bener masuk

Nah kalo mobil2 buatan Foday ini termasuk mobil China yg patut dipertanyakan, scr di China sendiri sgt tidak populer / penjualan sgt minim

Bisnis si Foday di sana yg gede itu = mensupply body parts utk pabrikan mobil besar di sana
gobale
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 599
Joined: Thu Sep 25, 2008 1:20

Re: ESEMKA GARUDA 1

Post by gobale »

ngeliat mereknya jadi termindset mbl ini buatan pasar asemka
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: ESEMKA GARUDA 1

Post by coklatMetalik »

Sptnya sy sih lbh optimis sm mobil kiat mahesa drpd ini
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1220
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: ESEMKA GARUDA 1

Post by adrevolution »

demonicorchestra wrote: Wed Jan 31, 2018 15:13
Bulgogi wrote: Wed Jan 31, 2018 14:22 Agak bertentangan dgn semangat pakde owi yg anti-impor.. lah ini garuda one malah cbu bulet bulet 100%.. gimana ini pakde?
jd dejavu ama timornya mbah harto klo gitu
bedanya jaman simbah dulu internet belom berkembang, makanya setelah sekian lama (cmiiw) baru tau kalau itu sebuah kia.
lah sekarang jamannya internet hitungan menit aja dah tau asal usulnya....
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
deddytok
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 188
Joined: Fri Nov 20, 2015 7:26
Location: pekanbaru riau
Daily Vehicle: Ertiga

Re: ESEMKA GARUDA 1

Post by deddytok »

Bukan ny gak mau optimis..
Tapi yo tetep aja pesimis..
Nah loh...
:big_bored:
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1601
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: ESEMKA GARUDA 1

Post by dsign1990 »

paragraf2 akhir isinya super sekali

https://m.detik.com/oto/mobil/d-3842846 ... a-garuda-1

yg dulu katanya inden sampai 7000 unit
Knalpot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 323
Joined: Sun Jun 06, 2010 6:49

Re: ESEMKA GARUDA 1

Post by Knalpot »

Sebenaenya namanya cukup mentereng & menjual.. Garuda 1. Sayang generasi kijang pelan2 dihabisi nama indonya. Tinggal innova saja.. dulu iklannya masih disebut2 kijang.

memang negara romusha itu tidak pernah berubah. Angin surga mulu kasih harapan2 palsu alih teknologi mobil nasional.. wkwkw..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: ESEMKA GARUDA 1

Post by ChZ »

Mobil nasional klo cuma buat adu gengsi buat apa sih sebenernya ? Saya malah jadi bingung sendiri...

Mau bersaing sama merek luar TKO duluan... Tapi gak bikin mobil yang sesuai sama kebutuhan...

Kurikulum S-1 teknik mesin dan SMK emang apaan aja ? Masih aja bahas karburator dan diesel non-CRD sih mimpi jauuuuuuuuh sekali saat kita skrg udah jamannya forced induction dan teknologi canggih lainnya... anak SMK ngebenerin mobil Jepang aja bingung... ee ini mau bikin mobil sendiri...

Bikin deh tuh pickup sayur jual di desa-desa harga 30-40jt dengan kredit bunga rendah dan tax free... baru mobil nasional... bantu rakyat kecil pasarin hasil kebun dan pertanian. Negara agraris tapi sektor agraria gak digarap serius...

Udahlah, banyak negara gak bikin mobil juga survive... emang harus Indonesia bikin mobil ndiri... ? Prasaan mobil dari dulu ya itu-itu ae toh... Jepang Eropa Korea Cina Amriki... India juga lakunya buat locals aja... yang laris di global cuma Jepang Korea Eropa Amriki... Rusia bikin Lada juga jago kandang akhirnya buat dipake rakyatnya sendiri.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: ESEMKA GARUDA 1

Post by Turboman »

Zaman skg bikin bisnis Passenger vehicle bukannya tergolong bisnis berisiko tinggi ya

pasar Global udah Red Ocean

Pemain lama aja banyak yg tumbang

Sama kayak zaman dulu bahwa "Negara harus punya airline as national flag carrier".......nyata nya di zaman skg banyak flag carrier empot2 an (termasuk SQ) krn persaingan dgn LCC........
riisesky
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 246
Joined: Thu Aug 06, 2015 6:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: CM5

Re: ESEMKA GARUDA 1

Post by riisesky »

bukan buat adu gengsi sih kayanya....soalnya selalu nongol kalo mau deket2 pemilu doang...ngerti lah mestinya buat apa toh :p
Past : G100 CB-23 '87, DanGan 4G15 '90, Fj 40 '82, TBR541 LS At '00, T32 QR25DE '16, C24 QR20DE '11, F30 330i, GK 5 MT '15, C11 MR18DE '06
Present : CM5 K24 '04, RV3 '22
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: ESEMKA GARUDA 1

Post by coklatMetalik »

ChZ wrote: Thu Feb 01, 2018 2:50 Mobil nasional klo cuma buat adu gengsi buat apa sih sebenernya ? Saya malah jadi bingung sendiri...

Mau bersaing sama merek luar TKO duluan... Tapi gak bikin mobil yang sesuai sama kebutuhan...

Kurikulum S-1 teknik mesin dan SMK emang apaan aja ? Masih aja bahas karburator dan diesel non-CRD sih mimpi jauuuuuuuuh sekali saat kita skrg udah jamannya forced induction dan teknologi canggih lainnya... anak SMK ngebenerin mobil Jepang aja bingung... ee ini mau bikin mobil sendiri...

Bikin deh tuh pickup sayur jual di desa-desa harga 30-40jt dengan kredit bunga rendah dan tax free... baru mobil nasional... bantu rakyat kecil pasarin hasil kebun dan pertanian. Negara agraris tapi sektor agraria gak digarap serius...

Udahlah, banyak negara gak bikin mobil juga survive... emang harus Indonesia bikin mobil ndiri... ? Prasaan mobil dari dulu ya itu-itu ae toh... Jepang Eropa Korea Cina Amriki... India juga lakunya buat locals aja... yang laris di global cuma Jepang Korea Eropa Amriki... Rusia bikin Lada juga jago kandang akhirnya buat dipake rakyatnya sendiri.
Setuju. Tuh SMK di kampung sy prakteknya pk Kijang 4K bekas angkot....
Makanya sy pikie kalo mau bikin mobnas ya yg sederhana aja. Kiat Mahesa itu udh cukup masuk akal strateginya. Mobil buat orang kampung, mesinnya pk traktor quick 1 silinder. Yg beginian kan gk ush mikirin persaingan dagang sm astra, indomobil, ktb...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
Pisang123
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Thu Feb 01, 2018 3:27

Re: ESEMKA GARUDA 1

Post by Pisang123 »

Ini mah cuma utk menuh2in list prestasi :3
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: ESEMKA GARUDA 1

Post by ChZ »

coklatMetalik wrote: Thu Feb 01, 2018 3:19
Setuju. Tuh SMK di kampung sy prakteknya pk Kijang 4K bekas angkot....
Makanya sy pikie kalo mau bikin mobnas ya yg sederhana aja. Kiat Mahesa itu udh cukup masuk akal strateginya. Mobil buat orang kampung, mesinnya pk traktor quick 1 silinder. Yg beginian kan gk ush mikirin persaingan dagang sm astra, indomobil, ktb...
Makanya oom... bikin mobil klo mau saingan ama global brand mah ngapain yak... udah TKO sebelum mulai. Saingan mobil sekarang udah susah. Krn beda dengan japan/US/EU/Korea, Indo masih developed country dan kekuatannya Indo bukan di industrial...

Nggak perlu lah bikin yang begitu2. Strengthnya bukan di situ. Marketnya Indonesia bukan mobil. Indo tetep berjaya di luar tanpa harus bikin mobil kok.

Yup bwat keperluan angkut-angkut logistik aja sebenernya ... orang desa selama ini kesusahannya kadang slippery roads dan mereka mesti bawa motor bebek... bebek loh bukan triseda gitu2... Bawa logistik pake motor bebek. Klo kebijakan yang menguntungkan rakyat ya realistis aja, bikin SUV apalagi rebadge sih cm pure gengsi dan politik.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: ESEMKA GARUDA 1

Post by marmut »

ChZ wrote: Thu Feb 01, 2018 2:50
-

Kurikulum S-1 teknik mesin dan SMK emang apaan aja ? Masih aja bahas karburator dan diesel non-CRD sih mimpi jauuuuuuuuh sekali saat kita skrg udah jamannya forced induction dan teknologi canggih lainnya... anak SMK ngebenerin mobil Jepang aja bingung... ee ini mau bikin mobil sendiri...

-
isinya BeRes dari sabang sampe merauke kan lulusan SMK......
jadi kalo mobil keluar dari BeRes terjadi sesuatu ya ikhlaskan saja.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: ESEMKA GARUDA 1

Post by ChZ »

marmut wrote: Thu Feb 01, 2018 4:17
isinya BeRes dari sabang sampe merauke kan lulusan SMK......
jadi kalo mobil keluar dari BeRes terjadi sesuatu ya ikhlaskan saja.
Makanya gw di trit sebelah jg menyampaikan demikian (klo gak mau berurusan sama ATPM ye cuek aja servis di luar)

malah dibilang ngebela Honda gak berimbang dll... lha piye toh... :mky_05:

Dah ngerti isinya anak SMK semua dan PR modal bacot ya masih aje pada percaya garansi-garansian... :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: ESEMKA GARUDA 1

Post by NYoman »

newrubble wrote: Wed Jan 31, 2018 13:32 indo nantinya punya manufacturing policy a'la zhonghua

reverse engineering

out of topic ..... bgt byk org bangga ptdi bikin n219 sampe tiba tiba ada 1 patent attorney dr londo telefoon sy (3 thn lalu) n bilang:

dia represented let n.p czech n bilang ada copyright issue dgn let-410 aircraft

nah lo ...... tapi sy bilang sy tdk mainan yg bgitu n cegat sj di global certification spy tdk bs jualan global level
hmm gitu kah? saya taunya ini pesawat pernah jadi mockup 30th lalu dengan nama XT400 atau LT200 saya lupa.. Copyright yang bag. mana?

Gak masalah toh kalau mau reverse, China bisa buat macam2 juga karena reverse. Sekali naik mobil disana yang desain comot sana sini dengan girbox 3AT nya yang super nendang (baca endut2an) sekarang bisa buat macam2 berangkat padahal dari kendaraan roda 3 yang baru di gas udah standing..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: ESEMKA GARUDA 1

Post by NYoman »

Btw mengingat ada yang bahas Kiat Mahesa..
Mobil ini lebih masuk akal untuk di kembangkan atau bahkan produksi masal..

Kenapa?
Easy to operate, tanpa teknologi muluk yang bikin ribet..
Kedua, dengan ukuran kompak begitu akan lebih mudah masuk jalanan pedesaan yang mana memang tujuan kendaraan eperti ini selain bisa digunakan untuk pribadi juga untuk kerja dan mudah untuk dirawat karena montir dadakan juga bisa benerin..
Kok berpikiran begitu?
Easy, karena kita kan selalu dibilang berpatokan dengan teknologi Jepang, tapi kenapa gak pelajari juga gimana pertanian atau sifat penduduk sub-urban nya? Mereka punya ladang sepetak2 mau itu padi ataupun sayuran, jalanan kecil2tapi mulus, punya keicar macam Himax or even Mira buat angkut jualan mereka kepasar atau konbini tanpa perlu ribet masuk bulog dll~
Ini mobil buatan Kiat Mahesa bener2 multipurphose vehicle, mesin nya modif jadi penggiling padi juga bisa, gak perlu lagi bawa traktor ketengah jalan..

Jadi apa saya setuju sama Garuda? Hmm ndak untuk saat ini..
Subsidi aja udah salah sasaran (itu LCGC yang beli bukan orang yang baru punya mobil tapi orang yang udah punya 2-3 mobil tapi mau beli satu lagi buat jalan2 di kota) Kalau beginiann di subsidi juga dan yang beli juga gak ada pemerataan alias infrastruktur belum rata selain luar Jawa mampus penuh dengan mobil jalan raya kita.. Terlalu muluk, leap nya juga terlalu tinggi dan lebih tepatnya tidak dibutuhkan..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: ESEMKA GARUDA 1

Post by daftar »

motor roda 3 itu harganya 30 juta an laku padahal cuman maks 200cc, buat nanjak nggak kuat,, seandainya mau bikin pickup mini 800cc untuk angkut hasi bumi seharga dibawah 60jt pasi laku,, atau mobil mesin giling padi dan sebagainya.,
di jatim tata pickup diesel juga laku banyak toko bangunan punya,
tapi di pikiran pejabat mana ada gengsinya?
:ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: ESEMKA GARUDA 1

Post by ChZ »

daftar wrote: Thu Feb 01, 2018 4:47 motor roda 3 itu harganya 30 juta an laku padahal cuman maks 200cc, buat nanjak nggak kuat,, seandainya mau bikin pickup mini 800cc untuk angkut hasi bumi seharga dibawah 60jt pasi laku,, atau mobil mesin giling padi dan sebagainya.,
di jatim tata pickup diesel juga laku banyak toko bangunan punya,
tapi di pikiran pejabat mana ada gengsinya?
Bener, klo saya liat di desa-desa itu jalannya bahkan nggak capable untuk motor roda 3...

Yang penting dijual berapapun jangan sampe kreditnya bikin bangkrut petani... :mky_01: 40-50juta dengan bunga rendah atau tanpa bunga sama sekali disubsidi ama pemerintah...
Subsidi aja udah salah sasaran (itu LCGC yang beli bukan orang yang baru punya mobil tapi orang yang udah punya 2-3 mobil tapi mau beli satu lagi buat jalan2 di kota) Kalau beginiann di subsidi juga dan yang beli juga gak ada pemerataan alias infrastruktur belum rata selain luar Jawa mampus penuh dengan mobil jalan raya kita.. Terlalu muluk, leap nya juga terlalu tinggi dan lebih tepatnya tidak dibutuhkan..
Subsidi BBM, LCGC, semua salah sasaran... hahahhaha... Dah taunan kok masih aja salah melulu...

LCGC skrg gak bisa dibilang murah juga, 150jutaan...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: ESEMKA GARUDA 1

Post by coklatMetalik »

1 yg sy agak ragu; apakah mesin traktor quick yg dipake kiat mahesa itu bs lulus emisi euro 2....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
lonely1999
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 260
Joined: Wed Jun 18, 2014 3:07
Location: kolong langit
Daily Vehicle: supra fit

Re: ESEMKA GARUDA 1

Post by lonely1999 »

politik itu memang kejam
lebih kejam dari selingkuhan pacar [emo-yesno]
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7353
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: ESEMKA GARUDA 1

Post by newrubble »

NYoman wrote: Thu Feb 01, 2018 4:24

hmm gitu kah? saya taunya ini pesawat pernah jadi mockup 30th lalu dengan nama XT400 atau LT200 saya lupa.. Copyright yang bag. mana?

.......
lawyer nya yg tau ....... sy tdk pernah jadi lawyer representing prusahaan itu tapi let410 pertama x inauguration itu 1969-1970
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: ESEMKA GARUDA 1

Post by Turboman »

hal yg aneh di merek E ini

dimana2 tuh biasanya mobil yg belom launching kalo dibawa itu ditutup rapat / kasih sticker kamuflase, mobil polos tanpa emblem sama sekali

selubung baru dibuka saat launching resmi

lha ini mah hebat......showroom gak jelas........harga gak jelas.......tapi saat dibawa dibiarkan polos terbuka lengkap dgn emblem dan badge type nya ......kayak IU bawa mobil baru


Ajo Ori
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Sun Jun 23, 2013 2:17

Re: ESEMKA GARUDA 1

Post by Ajo Ori »

Turboman wrote: Thu Feb 01, 2018 14:06 hal yg aneh di merek E ini

dimana2 tuh biasanya mobil yg belom launching kalo dibawa itu ditutup rapat / kasih sticker kamuflase, mobil polos tanpa emblem sama sekali

selubung baru dibuka saat launching resmi

lha ini mah hebat......showroom gak jelas........harga gak jelas.......tapi saat dibawa dibiarkan polos terbuka lengkap dgn emblem dan badge type nya ......kayak IU bawa mobil baru
Bener banget om turbo, ini baru boleh dibilang political marketing NDESO.......😆
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 788
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: ESEMKA GARUDA 1

Post by Duvebriliant0 »

Ajo Ori wrote: Thu Feb 01, 2018 14:21
Turboman wrote: Thu Feb 01, 2018 14:06 hal yg aneh di merek E ini

dimana2 tuh biasanya mobil yg belom launching kalo dibawa itu ditutup rapat / kasih sticker kamuflase, mobil polos tanpa emblem sama sekali

selubung baru dibuka saat launching resmi

lha ini mah hebat......showroom gak jelas........harga gak jelas.......tapi saat dibawa dibiarkan polos terbuka lengkap dgn emblem dan badge type nya ......kayak IU bawa mobil baru
Bener banget om turbo, ini baru boleh dibilang political marketing NDESO.......😆
kan biar HITS oom
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R