T31 2.5 CVT top speed

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Escaflowne
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 212
Joined: Fri Jul 22, 2016 2:23

Re: T31 2.5 CVT top speed

Post by Escaflowne »

Pengalaman yang sama dengan yang saya rasakan pas nyetir t31 temen saya di tol sepertinya di atas 140 km/h sudah terasa berat, apa karena teman saya pake bensin premium ya πŸ€”
aabx
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
Location: Batavia

Re: T31 2.5 CVT top speed

Post by aabx »

Coba tes lagi pakai mode D aja gak usah ganti2 gear
Saya pengalaman 2 unit T31 2.0 CVT (non fl dan fl) top sampe 170 masih naik kok, jalanan udah keburu abis.

Menurut saya CVT bisa lebih galak di D aja karena transmisinya mikir sendiri dibanding diganti2 gearnya, cara kerja CVT beda dengan matik biasa, simpelnya kalau liat brosur mobil CVT biazanya gear ratio hanya ditampilkan 1 berupa range, bukan angka pasti per gear. Saya pernah coba beberapa mobil CVT dan emang enakan dibiarin di D aja.

Btw buat TS kalau suka main top speed sepertinya pilih mobil suv justru kurang tepat, CMIIW hehe
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: T31 2.5 CVT top speed

Post by adityabp »

Ya. CVT memang sebaiknya di D aja.
Gambarannya gini : Misalkan gigi 4 ratio 1.000, gigi 5 ratio 0.800.
Kalo pake mode manual, aka gear shifting, pindah gigi dari ratio 1.000 ke ratio 0.800 tentu saja akan bikin rpm langsung drop.
Kalo pake mode D, CVT akan shifting pelan2x dari 1.000, 0.990, 0.980, 0.970,..., trus sampai akhirnya ke 0.800. Makanya rpm bisa tetap konstan tapi mobil tau2x dah kencang.
Xtremer
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Fri Oct 20, 2017 1:41
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Xtrail-T31-XT

Re: T31 2.5 CVT top speed

Post by Xtremer »

wah rame nih.. maaf bro" semua saya baru bisa ON lagi. abis tugas luar pulau internetnya sampah hahaha. btw ini skrng mau nanya agak beda dari thread nih boleh apa kaga ya? ni x trail ane masukin beres lagi gara" kalo lagi idle kayak ada tersendat tiap 5 detikan. di knalpot suaranya kayak ketahan terus nembak. itu di service record ganti busi di nissan di KM 103rb lah tapi barusan dikabarin kalau businya salah pakek busi livina. parah amat ini nissan. lagian apa ngaruh ya mau busi livina atau x trail palingan beda busi biasa atau iridium aja kan ya mastah"?
Xtremer
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Fri Oct 20, 2017 1:41
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Xtrail-T31-XT

Re: T31 2.5 CVT top speed

Post by Xtremer »

aabx wrote: ↑Mon Nov 06, 2017 13:29 Coba tes lagi pakai mode D aja gak usah ganti2 gear
Saya pengalaman 2 unit T31 2.0 CVT (non fl dan fl) top sampe 170 masih naik kok, jalanan udah keburu abis.

Menurut saya CVT bisa lebih galak di D aja karena transmisinya mikir sendiri dibanding diganti2 gearnya, cara kerja CVT beda dengan matik biasa, simpelnya kalau liat brosur mobil CVT biazanya gear ratio hanya ditampilkan 1 berupa range, bukan angka pasti per gear. Saya pernah coba beberapa mobil CVT dan emang enakan dibiarin di D aja.

Btw buat TS kalau suka main top speed sepertinya pilih mobil suv justru kurang tepat, CMIIW hehe
sebenernya sih naksir civic FC bro @aabx tapi gmn lagi indonesia pasti ada aja area banjirnya :mky_01: :mky_01: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2111
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: T31 2.5 CVT top speed

Post by Venturtle »

oot dikit, kalo ane berkendara, kecepatan maksimal cuma antara 100-110 km/jam.. :big_smile]
maklum, ga doyan ngebut.. :big_blushing:
Xtremer
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Fri Oct 20, 2017 1:41
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Xtrail-T31-XT

Re: T31 2.5 CVT top speed

Post by Xtremer »

Venturtle wrote: ↑Wed Nov 08, 2017 5:32 oot dikit, kalo ane berkendara, kecepatan maksimal cuma antara 100-110 km/jam.. :big_smile]
maklum, ga doyan ngebut.. :big_blushing:
ahahha gpp bro malah bagus. toh di indo speed max di tol sebenarnya 100km/jam. ya tapi banyak yg bandel termasuk ane wkwkwkwk. klo di luar negeri ngelebihin speed limit terus"an bisa bangkrut bayar tilang. :mky_02: :mky_02: :mky_04:
Dnisbo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 166
Joined: Mon Feb 02, 2015 17:02
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Xtrail T31

Re: T31 2.5 CVT top speed

Post by Dnisbo »

Xtremer wrote: ↑Wed Nov 08, 2017 4:31 btw ini skrng mau nanya agak beda dari thread nih boleh apa kaga ya? ni x trail ane masukin beres lagi gara" kalo lagi idle kayak ada tersendat tiap 5 detikan. di knalpot suaranya kayak ketahan terus nembak. itu di service record ganti busi di nissan di KM 103rb lah tapi barusan dikabarin kalau businya salah pakek busi livina. parah amat ini nissan. lagian apa ngaruh ya mau busi livina atau x trail palingan beda busi biasa atau iridium aja kan ya mastah"?
Koilnya bocor om. Ini penyakit mobil nissan klo km udah lebih dari 100rb. 2 biji nissan di rmh udah udah pernah kena koilnya. Di nissan march bisa ganti karet aja, tapi di xtrail harus ganti 1 set. Dan lebih baik ganti lgsg 4. Klo cuma 1, ga lama yg lain juga menyusul bocor.
Busi xtrail 2.5 codenya DILKAR6A wajib beli di beres walaupun harganya lumayan dan harus indent :big_dunno:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: T31 2.5 CVT top speed

Post by kunaskun »

adityabp wrote: ↑Tue Nov 07, 2017 6:44 Ya. CVT memang sebaiknya di D aja.
Gambarannya gini : Misalkan gigi 4 ratio 1.000, gigi 5 ratio 0.800.
Kalo pake mode manual, aka gear shifting, pindah gigi dari ratio 1.000 ke ratio 0.800 tentu saja akan bikin rpm langsung drop.
Kalo pake mode D, CVT akan shifting pelan2x dari 1.000, 0.990, 0.980, 0.970,..., trus sampai akhirnya ke 0.800. Makanya rpm bisa tetap konstan tapi mobil tau2x dah kencang.
baru ngerti maksudnya CVT itu kaya ga kenceng padahal kenceng, karena cara "shifting" bener2 gradual ya.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: T31 2.5 CVT top speed

Post by adityabp »

Venturtle wrote: ↑Wed Nov 08, 2017 5:32 oot dikit, kalo ane berkendara, kecepatan maksimal cuma antara 100-110 km/jam.. :big_smile]
maklum, ga doyan ngebut.. :big_blushing:
Maksimal 100-110 km/jam
ATAU
Konstan di 100-110 km/jam?
:mky_03:
Beda banget loh om.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: T31 2.5 CVT top speed

Post by adityabp »

kunaskun wrote: ↑Wed Nov 08, 2017 10:46
adityabp wrote: ↑Tue Nov 07, 2017 6:44 Ya. CVT memang sebaiknya di D aja.
Gambarannya gini : Misalkan gigi 4 ratio 1.000, gigi 5 ratio 0.800.
Kalo pake mode manual, aka gear shifting, pindah gigi dari ratio 1.000 ke ratio 0.800 tentu saja akan bikin rpm langsung drop.
Kalo pake mode D, CVT akan shifting pelan2x dari 1.000, 0.990, 0.980, 0.970,..., trus sampai akhirnya ke 0.800. Makanya rpm bisa tetap konstan tapi mobil tau2x dah kencang.
baru ngerti maksudnya CVT itu kaya ga kenceng padahal kenceng, karena cara "shifting" bener2 gradual ya.
Berhubung saya blm pernah nyoba CVT, apakah kalo CVT di mode manual ada terasa jerky-nya atau gak?
Krn kalo di geared AT yg paling canggih sekalipun, pasti ada jerky-nya krn perbedaan gear ratio, walaupun mungkin tdk terlalu terasa.
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2111
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: T31 2.5 CVT top speed

Post by Venturtle »

adityabp wrote: ↑Thu Nov 09, 2017 2:23
Venturtle wrote: ↑Wed Nov 08, 2017 5:32 oot dikit, kalo ane berkendara, kecepatan maksimal cuma antara 100-110 km/jam.. :big_smile]
maklum, ga doyan ngebut.. :big_blushing:
Maksimal 100-110 km/jam
ATAU
Konstan di 100-110 km/jam?
:mky_03:
Beda banget loh om.
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
maksimal dong om.. :big_blushing:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: T31 2.5 CVT top speed

Post by kunaskun »

adityabp wrote: ↑Thu Nov 09, 2017 2:28
baru ngerti maksudnya CVT itu kaya ga kenceng padahal kenceng, karena cara "shifting" bener2 gradual ya.
Berhubung saya blm pernah nyoba CVT, apakah kalo CVT di mode manual ada terasa jerky-nya atau gak?
Krn kalo di geared AT yg paling canggih sekalipun, pasti ada jerky-nya krn perbedaan gear ratio, walaupun mungkin tdk terlalu terasa.
[/quote]

ga ada, hanya berasa dari rpm mesin saja yang drop. lupa istilah tepatnya apa. jadi antik si sensasi kencengnya.
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1555
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: T31 2.5 CVT top speed

Post by lemonadelovers »

kunaskun wrote: ↑Thu Nov 09, 2017 9:28
adityabp wrote: ↑Thu Nov 09, 2017 2:28
baru ngerti maksudnya CVT itu kaya ga kenceng padahal kenceng, karena cara "shifting" bener2 gradual ya.
Berhubung saya blm pernah nyoba CVT, apakah kalo CVT di mode manual ada terasa jerky-nya atau gak?
Krn kalo di geared AT yg paling canggih sekalipun, pasti ada jerky-nya krn perbedaan gear ratio, walaupun mungkin tdk terlalu terasa.
ga ada, hanya berasa dari rpm mesin saja yang drop. lupa istilah tepatnya apa. jadi antik si sensasi kencengnya.
[/quote]

Maaf om saya pakai CVT taunya main d D aja ga pernah pakai virtual gearnya.. tanjakan atau nyalip cuma main gas injek 2/3 aja.. simple. 3200rpm tau2 dah 150km/h aja
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
thestoneroses
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 541
Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
Location: +62 / +65

Re: T31 2.5 CVT top speed

Post by thestoneroses »

mas, kalau analoginya 2500cc harusnya bisa lari 180+ saya rasa kurang tepat.
tergantung hitungan powernya, wong saya 3.2 liter aja lari 120 lewat susah, satu lg mesin sama 140 udah deg2an
malah yang 6 liter gak pernah sampe 120... hehe jadi gak nyambung ya
Ron Asheton Forever
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: T31 2.5 CVT top speed

Post by liemivan86 »

thestoneroses wrote:mas, kalau analoginya 2500cc harusnya bisa lari 180+ saya rasa kurang tepat.
tergantung hitungan powernya, wong saya 3.2 liter aja lari 120 lewat susah, satu lg mesin sama 140 udah deg2an
malah yang 6 liter gak pernah sampe 120... hehe jadi gak nyambung ya
Ini sih asli nda nyambung Om.. *tepok jidat*

Saya punya juga 540 hp, tapi nda pernah sentuh 100 km/jam, yang di sentuh selalu 100 ton.. Ha2...
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: T31 2.5 CVT top speed

Post by Pugman »

thestoneroses wrote: ↑Thu Nov 09, 2017 11:40 mas, kalau analoginya 2500cc harusnya bisa lari 180+ saya rasa kurang tepat.
tergantung hitungan powernya, wong saya 3.2 liter aja lari 120 lewat susah, satu lg mesin sama 140 udah deg2an
malah yang 6 liter gak pernah sampe 120... hehe jadi gak nyambung ya
Sebenarnya bukan analogi tapi lebih ke tipikal nominal output power. Maksudnya jika pada tipe mobil yang sama xtrail ini dengan mesin yang lebih kecil 2.0 saja sudah bisa sampai 170 maka saya pikir wajar jika berharap bisa lebih kencang dengan mesin yang selisih kubikasinya lumayan jauh lebih besar.
Alphard yang 2.4 dengan bobot lebih berat aja bisa 180kpj masa Xtrail ga bisa hehehe..
Diluar apakah ada masalah teknis dari mesinnya
Sebenarnya bisa jadi kalau mesin 2.5 Nissan memang dibatasi sama pabrikan karena tujuannya untuk comfort cruising dengan rpm lebih rendah..
:big_dunno:
thestoneroses
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 541
Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
Location: +62 / +65

Re: T31 2.5 CVT top speed

Post by thestoneroses »

Ya betul juga ya, kalau 2.5l dgn berat 1600kg harusnya bisa lebih ringan untuk sampai ke 140+kpj dibanding dgn 3.2l dgn 2400kg. saya malah baru tahu kalau alphard 2.4 bisa 180, mungkin kontur jalan juga ada pengaruh? atau mesin kurang prima bisa ya, faktor umur mungkin. Saya taunya outlander dgn 2.0l sampai ke 140 masih mudah, tp lebih dari itu nyali saya yg putus. he he hebat kalo anak muda skrg berani tinggi2 kpj nya
Ron Asheton Forever
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2111
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: T31 2.5 CVT top speed

Post by Venturtle »

Venturtle wrote: ↑Wed Nov 08, 2017 5:32 oot dikit, kalo ane berkendara, kecepatan maksimal cuma antara 100-110 km/jam.. :big_smile]
maklum, ga doyan ngebut.. :big_blushing:
barusan tembus 120 km/jam aja.. :big_biglaugh:
soalnya tadi uda malam.. mau cepat2 pulang rumah.. :mky_08:



...........:ngacir:
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: T31 2.5 CVT top speed

Post by arfs »

Share ah karakter driving mode di T32, kebetulan nemu di service manual nya (Rouge NAM nama Xtrail T32 di US)... ImageImageImage
β€œI don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: T31 2.5 CVT top speed

Post by b8099ok »

T32 2.5 petrol, speed limit di ecu 196. Di speedometer 200.
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
bada
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Thu Feb 01, 2018 5:02
Location: bekasi
Daily Vehicle: crv

Re: T31 2.5 CVT top speed

Post by bada »

Selamat malam smua...

Saya kebetulan pke crv 2.4 pke top speed mentok 160 km/h udah mentok gas mode manual gear 5.Pas mode D pernah mentok 140 km/ h karna jlnn kurang mulus. Top speed yg seri 2.0 hampir sm dgn 2.4 . Beban beda jauh 0.5 ton berat crv 2.0 2000 kg thn 2008. Crv 2.4 1600 kg tahun 2013, napa top speed bs hampir sm padahal bobotnya beda jauh bisa tolong di share maslahnya apa ya ?
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1220
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: T31 2.5 CVT top speed

Post by adrevolution »

bada wrote: ↑Mon Feb 05, 2018 15:04 Selamat malam smua...

Saya kebetulan pke crv 2.4 pke top speed mentok 160 km/h udah mentok gas mode manual gear 5.Pas mode D pernah mentok 140 km/ h karna jlnn kurang mulus. Top speed yg seri 2.0 hampir sm dgn 2.4 . Beban beda jauh 0.5 ton berat crv 2.0 2000 kg thn 2008. Crv 2.4 1600 kg tahun 2013, napa top speed bs hampir sm padahal bobotnya beda jauh bisa tolong di share maslahnya apa ya ?
Atuh CR-V mah rasio giginya puanjanggg, gigi 5 only for cruising, berat kl manual mode gigi 5 naiknya. Coba tarik di gigi 3 sampe mentok hrsnya lbh dr segitu.

Btw sejak kapan CR-V bobot kosongnya sampe 2 ton, kalah berat dong fortuner ama pajero sport :mky_07: kerb weight CR-V 2.0 should be around 1500kg kok

Sorry OOT
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1555
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: T31 2.5 CVT top speed

Post by lemonadelovers »

arfs wrote: ↑Fri Feb 02, 2018 15:57 Share ah karakter driving mode di T32, kebetulan nemu di service manual nya (Rouge NAM nama Xtrail T32 di US)... ImageImageImage
Transmisi CVT harus tau selahnya supaya bisa bener2 irit dan bisa main tarik2an, atur pedal gas selain bukaan throttle jg atur rasio gearnya.
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
bada
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Thu Feb 01, 2018 5:02
Location: bekasi
Daily Vehicle: crv

Re: T31 2.5 CVT top speed

Post by bada »

Pernah baca manual nya crv lama bobotnya 2000 kg. Emang bada mas material sm yg sekarang kaya kaleng