Next Captiva: Equinox and Acadia 2018

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Next Captiva: Equinox and Acadia 2018

Post by billyd1773dz »

ChZ wrote: Mon Jul 31, 2017 11:02
ginting wrote: Mon Jul 31, 2017 4:30
ongisnade wrote:Wah turbo dieselnya kok turun jadi 1.6, power dan torsi lebih kecil dari captiva yang sekarang. Padahal sudah berangan-angan suatu saat akan ambil VCDI AWD model terbaru 2.0 7 seater. Kangen sama tenaga dan handlingnya untuk dipedesaan dan pegunungan dan pantai enak sekali. Kalo turbo petrol 1.5 gak cocok dan gak enak buat ke gunung.
betul oom..blusuka ke gunung jalan jelek speed cuma 20 kpj butuh diesel torsi gede di rpm bawah
1.5 Liter Turbo ? Bentar bentar... Torsi gede di RPM bawah ? Mesin petrol turbo skrg torsinya flat loh... powerband nya lebih luas pula dari diesel... coba tilik CR-V 1.5 Turbo baru... memang torsi cm 243Nm @2000 RPM, tapi hrs inget SUV monokok bobot lebih ringan... untung di power to weight...

Blusukan ke gunung jalan jelek pake petrol 1.5 turbo cukup ah... klw cuma gunung sie mw petrol mw diesel asal ban dan crawl ratio nya mumpuni g mslh...

CR-V Turbo crawlratio di 14.9... better dri MU-X 13.75... :big_blushing: CR-V 243Nm @ 2000 - 5700.... MU-X 320 Nm @1800 - 2800... bobot CR-V di angka 1.6 ton... MU-X di 2 ton... do the math :big_blushing:

Klw masih ga percaya kemaren mesin 1.5 turbo yang katanya ga enak buat ke gunung itu rame-rame di bromo dites... :big_blushing: main pasir di bromo...

Bukan fenboi H... saya yakin berlaku jg buat CX-5 maupun X-Trail.... :big_blushing: pecinta SUV bermesin bensin dan bersasis sedan...
Wkwk yup, bwat jalan lambat d speed as low as possible yg nomer 1 itu crawl ratio

Biasanya honda payah, crawl rationya tp d crv turbo tumben jd bagus.

Klw cevy dri dulu uda d 15.02:1

Eniwei baik petrol turbo atau diesel turbo, sblm turbonya keluar d rpm benar benar bawah pasti lemot, kec cc nya diatas 3000

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1965
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Next Captiva: Equinox and Acadia 2018

Post by alvin23 »

Wah kalo acadia sizenya se cx-9 mah kegedean pake banget...
Bisa pindah ke CR-V Turbo nih hahaha

mudah2an Equinox 7 seater masuk Indo deh, biar ada pilihan SUV monokok 7 seat (XTrail ga diitung wkwk)
Rocky R ADS CVT 2021
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2111
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Next Captiva: Equinox and Acadia 2018

Post by Venturtle »

modelnya keren juga ya.. :mky_02:
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: Next Captiva: Equinox and Acadia 2018

Post by dsign1990 »

yg masuk acadia sepertinya karena udah RHD seperti captiva
dan melihat roofline sepertinya masih cocok dipakai buat 7 seater
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: Next Captiva: Equinox and Acadia 2018

Post by ongisnade »

ChZ wrote: Mon Jul 31, 2017 11:02
ginting wrote: Mon Jul 31, 2017 4:30
ongisnade wrote:Wah turbo dieselnya kok turun jadi 1.6, power dan torsi lebih kecil dari captiva yang sekarang. Padahal sudah berangan-angan suatu saat akan ambil VCDI AWD model terbaru 2.0 7 seater. Kangen sama tenaga dan handlingnya untuk dipedesaan dan pegunungan dan pantai enak sekali. Kalo turbo petrol 1.5 gak cocok dan gak enak buat ke gunung.
betul oom..blusuka ke gunung jalan jelek speed cuma 20 kpj butuh diesel torsi gede di rpm bawah
1.5 Liter Turbo ? Bentar bentar... Torsi gede di RPM bawah ? Mesin petrol turbo skrg torsinya flat loh... powerband nya lebih luas pula dari diesel... coba tilik CR-V 1.5 Turbo baru... memang torsi cm 243Nm @2000 RPM, tapi hrs inget SUV monokok bobot lebih ringan... untung di power to weight...

Blusukan ke gunung jalan jelek pake petrol 1.5 turbo cukup ah... klw cuma gunung sie mw petrol mw diesel asal ban dan crawl ratio nya mumpuni g mslh...

CR-V Turbo crawlratio di 14.9... better dri MU-X 13.75... :big_blushing: CR-V 243Nm @ 2000 - 5700.... MU-X 320 Nm @1800 - 2800... bobot CR-V di angka 1.6 ton... MU-X di 2 ton... do the math :big_blushing:

Klw masih ga percaya kemaren mesin 1.5 turbo yang katanya ga enak buat ke gunung itu rame-rame di bromo dites... :big_blushing: main pasir di bromo...

Bukan fenboi H... saya yakin berlaku jg buat CX-5 maupun X-Trail.... :big_blushing: pecinta SUV bermesin bensin dan bersasis sedan...
Wah saya tidak melihat detail seperti itu, hanya berdasarkan pengalaman berkendara di jalan saja. Beberapa kali saya dan keluarga lewat telaga sarangan-cemoro sewu. Ini rute favorite anak-anak karena jalanya berkabut. Setiap ke Solo anak-anak selalu minta lewat sini. Biasanya pakai captiva dan fortuner terasa enak melibas tanjakan gigi 2-3 OK saat jalan sepi. Begitu terakhir nyoba pakai CX-5 sangat terasa LOYO saat melibas tanjakan main gigi 1-2. Begitu pindah gigi 2 lama-lama bengek pindah 1 lagi. Sport dan manual mode gak menolong, sama saja BENGEK, sampai kepikiran inikah 2.5 skyactiv. Terakhir di batu Malang dari hotel Purnama kearah Coban Rais ada tanjakan yang gak seberapa curam nasibnya juga sama CX5 Bengek. Penumpangnya sama 5 orang dan beberapa barang bawaan. Berbeda sekali dengan fortuner dan captiva diesel. Makanya saya berangan-angan lagi miara captiva diesel model baru yang enak di jalan rata maupun tanjakan.

Padahal kondisi CX5 sangat prima, filter udara ganti knn dan oli filter udaranya sudah saya ganti saya olesin oli mesin rajut yg leih encer dimana kalau dijalan rata/toll terasa enak sekali, tarikan buas. 175 km/jam sangat mudah dan cepat didapat dan sisa pedal masih jauh dari karpet. Untuk kelas ini dijalan rata/toll CX-5 masih paling enak dibandingkan semua rival.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Next Captiva: Equinox and Acadia 2018

Post by ChZ »

ongisnade wrote: Tue Aug 01, 2017 3:24
Wah saya tidak melihat detail seperti itu, hanya berdasarkan pengalaman berkendara di jalan saja. Beberapa kali saya dan keluarga lewat telaga sarangan-cemoro sewu. Ini rute favorite anak-anak karena jalanya berkabut. Setiap ke Solo anak-anak selalu minta lewat sini. Biasanya pakai captiva dan fortuner terasa enak melibas tanjakan gigi 2-3 OK saat jalan sepi. Begitu terakhir nyoba pakai CX-5 sangat terasa LOYO saat melibas tanjakan main gigi 1-2. Begitu pindah gigi 2 lama-lama bengek pindah 1 lagi. Sport dan manual mode gak menolong, sama saja BENGEK, sampai kepikiran inikah 2.5 skyactiv. Terakhir di batu Malang dari hotel Purnama kearah Coban Rais ada tanjakan yang gak seberapa curam nasibnya juga sama CX5 Bengek. Penumpangnya sama 5 orang dan beberapa barang bawaan. Berbeda sekali dengan fortuner dan captiva diesel. Makanya saya berangan-angan lagi miara captiva diesel model baru yang enak di jalan rata maupun tanjakan.

Padahal kondisi CX5 sangat prima, filter udara ganti knn dan oli filter udaranya sudah saya ganti saya olesin oli mesin rajut yg leih encer dimana kalau dijalan rata/toll terasa enak sekali, tarikan buas. 175 km/jam sangat mudah dan cepat didapat dan sisa pedal masih jauh dari karpet. Untuk kelas ini dijalan rata/toll CX-5 masih paling enak dibandingkan semua rival.
CX5 padahal peak torque nya dah paling rendah di antara n.a petrol lain... wkwkwk... CX-5 2500 apa 2000 ?

Klw CX-5 2000 seingat sya emang rada bolot... klw yg 2500 kenchang... dan crawlratio yang 2.5 lumayan bagus setara dengan suv ladder mainstream...

Tp klw petrol turbo kecil pun skrg dah ga masalah melibas medan bgitu... hehe... petrol turbo skrg surprisingly powerbandnya lebih luas ketimbang dijel turbo... torsi dah keluar dari 1700-2000an flat sampai 5000-6000... makanya petrol turbo modern nurut sya justru lebih allrounder... powerband luas enak di jalan lurus ... torsi dah keluar dari 1700-2000an enak bwat nanjak...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Next Captiva: Equinox and Acadia 2018

Post by ChZ »

billyd1773dz wrote: Mon Jul 31, 2017 11:45 Wkwk yup, bwat jalan lambat d speed as low as possible yg nomer 1 itu crawl ratio

Biasanya honda payah, crawl rationya tp d crv turbo tumben jd bagus.

Klw cevy dri dulu uda d 15.02:1

Eniwei baik petrol turbo atau diesel turbo, sblm turbonya keluar d rpm benar benar bawah pasti lemot, kec cc nya diatas 3000

:beer:
modern petrol turbo under 2000 cc malah kbanyakan spool up lbh cepet drpd dijel turbo wkwkwkw... CR-V di 2000 Civic di 1700... trus grafik torque flat ngejar peak hp... dijel turbo spool up lebih lambat, skali spool up jambak... tp powerband lebih sempit jd di tol krg enak wkwkwkw

FC ga beda jauh ma turbodiesel karna small displacement... jd skrg mesin turbo petrol small displacement karakteristiknya nyaris mirip turbo diesel minus vibration.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: Next Captiva: Equinox and Acadia 2018

Post by ongisnade »

ChZ wrote: Tue Aug 01, 2017 3:53
ongisnade wrote: Tue Aug 01, 2017 3:24
Wah saya tidak melihat detail seperti itu, hanya berdasarkan pengalaman berkendara di jalan saja. Beberapa kali saya dan keluarga lewat telaga sarangan-cemoro sewu. Ini rute favorite anak-anak karena jalanya berkabut. Setiap ke Solo anak-anak selalu minta lewat sini. Biasanya pakai captiva dan fortuner terasa enak melibas tanjakan gigi 2-3 OK saat jalan sepi. Begitu terakhir nyoba pakai CX-5 sangat terasa LOYO saat melibas tanjakan main gigi 1-2. Begitu pindah gigi 2 lama-lama bengek pindah 1 lagi. Sport dan manual mode gak menolong, sama saja BENGEK, sampai kepikiran inikah 2.5 skyactiv. Terakhir di batu Malang dari hotel Purnama kearah Coban Rais ada tanjakan yang gak seberapa curam nasibnya juga sama CX5 Bengek. Penumpangnya sama 5 orang dan beberapa barang bawaan. Berbeda sekali dengan fortuner dan captiva diesel. Makanya saya berangan-angan lagi miara captiva diesel model baru yang enak di jalan rata maupun tanjakan.

Padahal kondisi CX5 sangat prima, filter udara ganti knn dan oli filter udaranya sudah saya ganti saya olesin oli mesin rajut yg leih encer dimana kalau dijalan rata/toll terasa enak sekali, tarikan buas. 175 km/jam sangat mudah dan cepat didapat dan sisa pedal masih jauh dari karpet. Untuk kelas ini dijalan rata/toll CX-5 masih paling enak dibandingkan semua rival.
CX5 padahal peak torque nya dah paling rendah di antara n.a petrol lain... wkwkwk... CX-5 2500 apa 2000 ?

Klw CX-5 2000 seingat sya emang rada bolot... klw yg 2500 kenchang... dan crawlratio yang 2.5 lumayan bagus setara dengan suv ladder mainstream...

Tp klw petrol turbo kecil pun skrg dah ga masalah melibas medan bgitu... hehe... petrol turbo skrg surprisingly powerbandnya lebih luas ketimbang dijel turbo... torsi dah keluar dari 1700-2000an flat sampai 5000-6000... makanya petrol turbo modern nurut sya justru lebih allrounder... powerband luas enak di jalan lurus ... torsi dah keluar dari 1700-2000an enak bwat nanjak...
CX-5 2500 cc skyactiv 2016. Untuk 1.5 petrol turbo belum pernah coba.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Next Captiva: Equinox and Acadia 2018

Post by Pboyz97 »

Equinoxnya ganteng juga tampangnya, mending equinoxnya yg dimasukkin ke sini buat gantiin captiva , sedangkan TB tetep dipertahanin buat lawan ANF, ANPS & MUX
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Next Captiva: Equinox and Acadia 2018

Post by ginting »

VIPSERIES wrote: Mon Jul 31, 2017 11:15
ChZ wrote: Mon Jul 31, 2017 11:02



1.5 Liter Turbo ? Bentar bentar... Torsi gede di RPM bawah ? Mesin petrol turbo skrg torsinya flat loh... powerband nya lebih luas pula dari diesel... coba tilik CR-V 1.5 Turbo baru... memang torsi cm 243Nm @2000 RPM, tapi hrs inget SUV monokok bobot lebih ringan... untung di power to weight...

Blusukan ke gunung jalan jelek pake petrol 1.5 turbo cukup ah... klw cuma gunung sie mw petrol mw diesel asal ban dan crawl ratio nya mumpuni g mslh...

CR-V Turbo crawlratio di 14.9... better dri MU-X 13.75... :big_blushing: CR-V 243Nm @ 2000 - 5700.... MU-X 320 Nm @1800 - 2800... bobot CR-V di angka 1.6 ton... MU-X di 2 ton... do the math :big_blushing:

Klw masih ga percaya kemaren mesin 1.5 turbo yang katanya ga enak buat ke gunung itu rame-rame di bromo dites... :big_blushing: main pasir di bromo...

Bukan fenboi H... saya yakin berlaku jg buat CX-5 maupun X-Trail.... :big_blushing: pecinta SUV bermesin bensin dan bersasis sedan...
Tau konduksi konveksi radiasi ga U?
tahu, kalau kena konveksi dan radiasi = bisa jadi gosong carbon... :mky_07: :mky_07: :mky_07:
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Next Captiva: Equinox and Acadia 2018

Post by dieselman228 »

ginting wrote: Tue Aug 01, 2017 5:34
VIPSERIES wrote: Mon Jul 31, 2017 11:15
ChZ wrote: Mon Jul 31, 2017 11:02



1.5 Liter Turbo ? Bentar bentar... Torsi gede di RPM bawah ? Mesin petrol turbo skrg torsinya flat loh... powerband nya lebih luas pula dari diesel... coba tilik CR-V 1.5 Turbo baru... memang torsi cm 243Nm @2000 RPM, tapi hrs inget SUV monokok bobot lebih ringan... untung di power to weight...

Blusukan ke gunung jalan jelek pake petrol 1.5 turbo cukup ah... klw cuma gunung sie mw petrol mw diesel asal ban dan crawl ratio nya mumpuni g mslh...

CR-V Turbo crawlratio di 14.9... better dri MU-X 13.75... :big_blushing: CR-V 243Nm @ 2000 - 5700.... MU-X 320 Nm @1800 - 2800... bobot CR-V di angka 1.6 ton... MU-X di 2 ton... do the math :big_blushing:

Klw masih ga percaya kemaren mesin 1.5 turbo yang katanya ga enak buat ke gunung itu rame-rame di bromo dites... :big_blushing: main pasir di bromo...

Bukan fenboi H... saya yakin berlaku jg buat CX-5 maupun X-Trail.... :big_blushing: pecinta SUV bermesin bensin dan bersasis sedan...
Tau konduksi konveksi radiasi ga U?
tahu, kalau kena konveksi dan radiasi = bisa jadi gosong carbon... :mky_07: :mky_07: :mky_07:
om G siang" malah ngelawak :wkkk: :wkkk:
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Next Captiva: Equinox and Acadia 2018

Post by y_anjasrana »

asal atpmnya ga tutup aja udah bagus deh..... :ngacir:

Sent from my MI 5

Accurate V5 Accounting System Consultant
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 759
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Next Captiva: Equinox and Acadia 2018

Post by silentIm2 »

Kadang soal power dan akselerasi ini faktor di luar brosur juga menentukan. Kalo NA di gunung2 power pasti ga seoptimal di kota. Di ketinggian 2000 meter dpl kayak ke bromo, power mungkin cuma ~75% mengikuti kepadatan udara.

Dengan turbo sih tentu torsi rpm rendah terbantu. Tapi ada faktor berat mobil dan muatan, friksi (diameter dan lebar ban),dan berat drivetrain/efisiensi penyaluran tenaga dari mesin sampe ke roda. Boost mobil bensin kecil dibanding diesel, kompresi kecil, dan flywheel ringan, tetap perlu jaga rpm di 3000 - 4000 untuk seimbangkan tenaga yg sampai ke roda tidak kalah dengan gravitasi kali berat mobil.

Captiva saya cukup 2000 rpm di gigi 3 untuk tetap menanjak di 40 km/h.


Sent from my ASUS_X008DA
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: Next Captiva: Equinox and Acadia 2018

Post by ongisnade »

silentIm2 wrote: Tue Aug 01, 2017 12:36 Kadang soal power dan akselerasi ini faktor di luar brosur juga menentukan. Kalo NA di gunung2 power pasti ga seoptimal di kota. Di ketinggian 2000 meter dpl kayak ke bromo, power mungkin cuma ~75% mengikuti kepadatan udara.

Dengan turbo sih tentu torsi rpm rendah terbantu. Tapi ada faktor berat mobil dan muatan, friksi (diameter dan lebar ban),dan berat drivetrain/efisiensi penyaluran tenaga dari mesin sampe ke roda. Boost mobil bensin kecil dibanding diesel, kompresi kecil, dan flywheel ringan, tetap perlu jaga rpm di 3000 - 4000 untuk seimbangkan tenaga yg sampai ke roda tidak kalah dengan gravitasi kali berat mobil.

Captiva saya cukup 2000 rpm di gigi 3 untuk tetap menanjak di 40 km/h.


Sent from my ASUS_X008DA
Ya betul bro, saat dari Solo naik ke cemoro sewu ditanjakan lurus enak ngebut salip-salip pakai captiva/fortuner walaupun hanya 4 AT berasa sekali limpahan torsinya. Begitu bawa CX5 dengan beban sama 5 penumpang bener-bener bengek gak bisa selap-selip gigi 1-2 terus rpm melonjak gak tega dengar jeritan mesin 2500 cc petrol. Makanya tiap lewat jalan pegunungan seperti itu saya selalu bawa fortuner diesel, CX-5 saya kandangin cocoknya buat di jalan rata/toll. Turbo diesel tetap lebih enak buat tanjakan apalagi dengan beban berat karena torsinya lebih besar dari bensin.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Next Captiva: Equinox and Acadia 2018

Post by billyd1773dz »

ongisnade wrote: Tue Aug 01, 2017 15:04
silentIm2 wrote: Tue Aug 01, 2017 12:36 Kadang soal power dan akselerasi ini faktor di luar brosur juga menentukan. Kalo NA di gunung2 power pasti ga seoptimal di kota. Di ketinggian 2000 meter dpl kayak ke bromo, power mungkin cuma ~75% mengikuti kepadatan udara.

Dengan turbo sih tentu torsi rpm rendah terbantu. Tapi ada faktor berat mobil dan muatan, friksi (diameter dan lebar ban),dan berat drivetrain/efisiensi penyaluran tenaga dari mesin sampe ke roda. Boost mobil bensin kecil dibanding diesel, kompresi kecil, dan flywheel ringan, tetap perlu jaga rpm di 3000 - 4000 untuk seimbangkan tenaga yg sampai ke roda tidak kalah dengan gravitasi kali berat mobil.

Captiva saya cukup 2000 rpm di gigi 3 untuk tetap menanjak di 40 km/h.


Sent from my ASUS_X008DA
Ya betul bro, saat dari Solo naik ke cemoro sewu ditanjakan lurus enak ngebut salip-salip pakai captiva/fortuner walaupun hanya 4 AT berasa sekali limpahan torsinya. Begitu bawa CX5 dengan beban sama 5 penumpang bener-bener bengek gak bisa selap-selip gigi 1-2 terus rpm melonjak gak tega dengar jeritan mesin 2500 cc petrol. Makanya tiap lewat jalan pegunungan seperti itu saya selalu bawa fortuner diesel, CX-5 saya kandangin cocoknya buat di jalan rata/toll. Turbo diesel tetap lebih enak buat tanjakan apalagi dengan beban berat karena torsinya lebih besar dari bensin.
Sebenernya cx5 torsinya uda paling besar dibanding petrol n.a sekelas, klw pke crv rm pasti lebi berat lg.

Oyah namanya petrol n.a y hrs main rpm tengah/denger jeritanya klw tdk y tdk keluar torsi. Dan lagi2 cx5 cuma 3000 rpm dgn ratio kasar jg sudah berlimpah torsinya klw RM hrs 4000 lebih,dgn gearing lebi halus. for some people justru jeritan/ engine notenya ini yg di cari karna diesel dan petrol turbo tidak semerdu n.a


Klw sya captiva dr turbo diesel lain bgtu turbo boost, dan girbok engage memang ngacir torsi berlimpah, tp lag sblm boost, dan girbokny shift kemudian lock up lemot sekali, d banding mazda2 sky jauh "fun" nya karna respon gb n mesin lebi responisif

Petrol turbo seharusnya sudah mirip dengan diesel turbo

Btw dri data2 equinox masi pke 6T40 mungkin yg gen 3. Seperti trax, gen 1 dan 2 di captiva petrol


:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Next Captiva: Equinox and Acadia 2018

Post by ChZ »

silentIm2 wrote: Tue Aug 01, 2017 12:36 Kadang soal power dan akselerasi ini faktor di luar brosur juga menentukan. Kalo NA di gunung2 power pasti ga seoptimal di kota. Di ketinggian 2000 meter dpl kayak ke bromo, power mungkin cuma ~75% mengikuti kepadatan udara.

Dengan turbo sih tentu torsi rpm rendah terbantu. Tapi ada faktor berat mobil dan muatan, friksi (diameter dan lebar ban),dan berat drivetrain/efisiensi penyaluran tenaga dari mesin sampe ke roda. Boost mobil bensin kecil dibanding diesel, kompresi kecil, dan flywheel ringan, tetap perlu jaga rpm di 3000 - 4000 untuk seimbangkan tenaga yg sampai ke roda tidak kalah dengan gravitasi kali berat mobil.

Captiva saya cukup 2000 rpm di gigi 3 untuk tetap menanjak di 40 km/h.


Sent from my ASUS_X008DA
Yes betul... mobil N.A kalah di pernafasan kalau naik gunung karena kepadatan udara berkurang... makanya agak kurang fair membandingkan petrol n.a dengan diesel turbo... hrsnya petrol turbo dan diesel turbo.

Most people bilang turbo bensin g cocok pake CVT... justru cocok... bwat mengakomodir akselerasi halus di kota dan kemampuan nanjaknya... CVT bisa tahan rev jd mobil bisa crawling dengan lancar tanpa ada loss waktu pindah gigi di auto biasa... atau hunting gear karena kondisi tanjakan yang berubah-ubah. Ga masalah turbo bensin rev di 3000an karna displacement kecil jd ga boros... dibanding n.a counterpart nya.

Kedua, thermal efficiency bensin memang di rentang 3000-4000 RPM... diesel lebih rendah.

HR-V 1.8 cvt juga crawlingnya lebih enak dari civic 1.8 yang pake 5 speed...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Next Captiva: Equinox and Acadia 2018

Post by arfs »

2018 Chevrolet Equinox vs. 2017 Honda CR-V Comparison Review | Edmunds

Close battle....
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Next Captiva: Equinox and Acadia 2018

Post by dimasapri »

Mending GMI serius garap pasar Trax biar jadi volume maker dulu.
Tuas sein & wipernya tuh...kapan sih bisa ditukar posisinya?
Bikin kagok saja :big_bored: