minta saran untuk fortuner d4d saya

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

arfyano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: Tue Oct 06, 2015 0:59
Location: Bogor
Daily Vehicle: Mitsubishi Pajero Sport 4x4 Limited

minta saran untuk fortuner d4d saya

Post by arfyano »

permisi om saya mau minta saran..
gini ceritanya,, saya kan baru beli fortuner d4d 2007 manual, kilometer 156rb service record bengkel resmi full dr awal sampai bulan april 2017 kmrin (catatan perawatan ada dan saya sudah kroscek langsung ke beres). mobil ini eks PT, kebetulan mbl dinas direktur, menurut cerita katanya ini cm utk pemakaian dalam kota aja, saya beli seharga 175jt.. kondisi mobil kl saya rasa rapih karena karet2 dan printilan2 kecil sampe dek bawah masih utuh semua, minus nya cm eksterior aja sm interior yg kurang rapih, maklum mbl kantor. kl kondisi kaki2 sih masih nyaman, rem, kopling dan temming belt jg baru pd di ganti akhir tahun 2016 kemarin, kl ban masih asli dr bawaan tahun 2007 dan kondisi pun msh layak pakai. naah pas kmrin saya bawa ke bengkel spesialis diesel utk ganti oli, purging, ganti paking seal klep (karena ada rembes) dll, pas di cek sm dia keluar asep putih dr tutup oli pas mesin di hidupin, kata montir nya itu tanda ring seher udah kena n butuh overhoul. tp kata dia itu suara mesinnya masih terbilang halus dan ga pincang, masih ok laah mesinnya soalnya saya coba juga ga msh enak, saya tanya bbrp montir utk bahan referensi pun katanya suara mesinnya masih halus bgt, tp saya baca2 d gugel katanya itu perlu di overhoul..

nah yg jd pertanyaan saya, mendingan mbl ini saya pertahanin utk d rawat atau di jual lagi? saya kefikiran utk tambahin nano energizer utk 'ngobatin' kl memang ada luka di seher nya.. mohon bantuan nya bgt ya om2 rekan SM, terima kasih.

Sent from my CPH1613 using Seraya Motor mobile app

benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: minta saran untuk fortuner d4d saya

Post by benzz89 »

Menarik untuk melihat kondisi ban yang masih bawaan pabrik setelah menempuh jarak 156 ribu kilometer selama 10 tahun nih Om

Sent from my SM-G935F using Seraya Motor mobile app

mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: minta saran untuk fortuner d4d saya

Post by mr_mytplx »

benzz89 wrote: Thu Jun 22, 2017 14:03 Menarik untuk melihat kondisi ban yang masih bawaan pabrik setelah menempuh jarak 156 ribu kilometer selama 10 tahun nih Om

Sent from my SM-G935F using Seraya Motor mobile app
sama, ane jg penasaran. hahaha.
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1550
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: minta saran untuk fortuner d4d saya

Post by grandis_GT »

Busett , 156 k ban belum habis juga :ngacir:
arfyano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: Tue Oct 06, 2015 0:59
Location: Bogor
Daily Vehicle: Mitsubishi Pajero Sport 4x4 Limited

Re: minta saran untuk fortuner d4d saya

Post by arfyano »

benzz89 wrote: Thu Jun 22, 2017 14:03 Menarik untuk melihat kondisi ban yang masih bawaan pabrik setelah menempuh jarak 156 ribu kilometer selama 10 tahun nih Om

Sent from my SM-G935F using Seraya Motor mobile app
saya lihat dari tulisan yg ada d bannya om, 2007. merk BS dueler.. belum hbs tp udah mau hbs tp msh lmyn, susah jg saya gambarinnya. yg jls batu kecil msh bs nyelip d kembangnya om.. ini jg saya bgg, mau di pake mudik k ciamis dgn kondisi ban yg udah 10 thn
Last edited by arfyano on Thu Jun 22, 2017 16:09, edited 1 time in total.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5703
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: minta saran untuk fortuner d4d saya

Post by sintoni »

Yang menarik perhatian ane juga bannya itu. Mana bisa jalan 156rb masih mulus. Hehehe.

Ane malah curiga kalo selama pemakaian ga pake ban itu, malah mungkin pake ban offroad dibawa pergi proyek atau gimana gitu, tapi cuma kecurigaan ya. Hehehehe.
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: minta saran untuk fortuner d4d saya

Post by benzz89 »

Analisa ane juga sama sih om, kemungkinan besar memang ban bawaan pabrik pernah di "istirahatkan" dahulu beberapa tahun lalu di pasang lagi saat akan dijual. Ban bawahan pabrik fortuner ane cuman sanggu jalan sampai 60 ribu-an aja dengan sisa kembang 20-30% tapi ane ganti aja karena gak mau ambil resiko. Mungkin kalau mau di paksa mentok di 70 ribu sudah plontos habis

Sent from my SM-G935F using Seraya Motor mobile app

User avatar
ipat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 679
Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33

Re: minta saran untuk fortuner d4d saya

Post by ipat »

Dugaan sy dulu mobilnya ga pake ban/velg ori,mungkin disimpan, ati2 aja kalo pas kenceng luar kota...
Entah sy suka ketawa kalo ada org yg mau pasang nano2an, mending pasang dasteq+blt,modif kaki2 supaya enak ...
Dirawat aja,kan pajaknya juga murah ga mahal kyk yg tahun muda,kalo mau facelift model vnt
arfyano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: Tue Oct 06, 2015 0:59
Location: Bogor
Daily Vehicle: Mitsubishi Pajero Sport 4x4 Limited

Re: minta saran untuk fortuner d4d saya

Post by arfyano »

ipat wrote: Thu Jun 22, 2017 14:56 Dugaan sy dulu mobilnya ga pake ban/velg ori,mungkin disimpan, ati2 aja kalo pas kenceng luar kota...
Entah sy suka ketawa kalo ada org yg mau pasang nano2an, mending pasang dasteq+blt,modif kaki2 supaya enak ...
Dirawat aja,kan pajaknya juga murah ga mahal kyk yg tahun muda,kalo mau facelift model vnt
Waduuuh, tp kata orangnya ini mobil emang utk ke proyek tp cm proyek di dalam kota aja om, bukan proyek2 di luar kota yg kaya tambang gt (kebetulan ini perusahaan kontraktor), mnrt info jg kt nya br sekali di pakai ke luar kota.. btw tambahin nano2an apa om? hehee
Nugrohonug
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Sat Sep 10, 2016 16:26
Daily Vehicle: D4-D and CRDi

Re: minta saran untuk fortuner d4d saya

Post by Nugrohonug »

Kalo ane ngga percaya sama nano nano begituan om karna produsen oli aja mengharamkan kita buat pake addtif oli,Saran ane mending di overhoul aja om buat mastiin mesinnya sehat walaupun 2 kd termasuk mesin robust tapi kalo pemilik sebelumnya jorok ya ttp aja ngga awet mesinnya.
arfyano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: Tue Oct 06, 2015 0:59
Location: Bogor
Daily Vehicle: Mitsubishi Pajero Sport 4x4 Limited

Re: minta saran untuk fortuner d4d saya

Post by arfyano »

Nugrohonug wrote: Thu Jun 22, 2017 15:47 Kalo ane ngga percaya sama nano nano begituan om karna produsen oli aja mengharamkan kita buat pake addtif oli,Saran ane mending di overhoul aja om buat mastiin mesinnya sehat walaupun 2 kd termasuk mesin robust tapi kalo pemilik sebelumnya jorok ya ttp aja ngga awet mesinnya.

overhoul kata montirnya butuh biaya sekitar 15-20jutaan, jasa nya aja bs 7jt om,, hadeeeuh.. hiks hiks. yang saya aneh ini kan service record beres, tp kok bs sampe kaya gini ya om? pdhl KM msh 150rbuan.. saya awalnya semangat ngambil mbl ini krna emang service recordnya lengkap makanya PD aja sm mblnya mskpn eks PT
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 759
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: minta saran untuk fortuner d4d saya

Post by silentIm2 »

Sebaiknya coba ganti bengkel lain yg punya compression tester. Saya sih ga yakin asal dilepas tutup oli trus kliatan uap putih lantas divonis ganti ring piston. Semua mesin juga gitu, biar panther jadul ato fuso fighter lawas ane. Malahan ga perlu buka tutup oli, coz dari headnya memang ada pipa ventilasi dan dari situ juga keluar gas buang. Kalo di mobil biasa dimasukin lagi ke intake, kalo diesel jadul dibuang ke udara.

Kalo diesel hilang kompresi starter berat banget, mesin pincang, rpm berat naiknya dan asap gas buang sangat hitam atau putih karena oli masuk dari ring piston.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
arfyano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: Tue Oct 06, 2015 0:59
Location: Bogor
Daily Vehicle: Mitsubishi Pajero Sport 4x4 Limited

Re: RE: Re: minta saran untuk fortuner d4d saya

Post by arfyano »

silentIm2 wrote:Sebaiknya coba ganti bengkel lain yg punya compression tester. Saya sih ga yakin asal dilepas tutup oli trus kliatan uap putih lantas divonis ganti ring piston. Semua mesin juga gitu, biar panther jadul ato fuso fighter lawas ane. Malahan ga perlu buka tutup oli, coz dari headnya memang ada pipa ventilasi dan dari situ juga keluar gas buang. Kalo di mobil biasa dimasukin lagi ke intake, kalo diesel jadul dibuang ke udara.

Kalo diesel hilang kompresi starter berat banget, mesin pincang, rpm berat naiknya dan asap gas buang sangat hitam atau putih karena oli masuk dari ring piston.
naah itu dia om, mesin saya ga pincang n tarikan jg msh oke. di denger sm bbrp montir juga katanya msh halus utk ukuran mbl diesel, apalg ini thn 2007. kl speed, saya dr 0-80kpj msh gampang bgt, pas idle jg ga trlalu kerasa getarannya di body apalg di dalam.

Sent from my CPH1613 using Seraya Motor mobile app

silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 759
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: RE: Re: minta saran untuk fortuner d4d saya

Post by silentIm2 »

arfyano wrote: Thu Jun 22, 2017 16:32
silentIm2 wrote:Sebaiknya coba ganti bengkel lain yg punya compression tester. Saya sih ga yakin asal dilepas tutup oli trus kliatan uap putih lantas divonis ganti ring piston. Semua mesin juga gitu, biar panther jadul ato fuso fighter lawas ane. Malahan ga perlu buka tutup oli, coz dari headnya memang ada pipa ventilasi dan dari situ juga keluar gas buang. Kalo di mobil biasa dimasukin lagi ke intake, kalo diesel jadul dibuang ke udara.

Kalo diesel hilang kompresi starter berat banget, mesin pincang, rpm berat naiknya dan asap gas buang sangat hitam atau putih karena oli masuk dari ring piston.
naah itu dia om, mesin saya ga pincang n tarikan jg msh oke. di denger sm bbrp montir juga katanya msh halus utk ukuran mbl diesel, apalg ini thn 2007. kl speed, saya dr 0-80kpj msh gampang bgt, pas idle jg ga trlalu kerasa getarannya di body apalg di dalam.

Sent from my CPH1613 using Seraya Motor mobile app
Yaudah brarti gapapa om mesinnya. Timing belt ga dicek sekalian om?
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21991
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: minta saran untuk fortuner d4d saya

Post by Turboman »

skg mesinnya kalo kondisi dingin di start mudah gak ?

kalo kondisi dingin / panas di start masih mudah ya normal lah

2KD sih mmg kalo selang breather buang kolong ya suka ada asap kecil keliatan dr ujung selang, wajar lah
* Bukan ajakan Beli *
arfyano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: Tue Oct 06, 2015 0:59
Location: Bogor
Daily Vehicle: Mitsubishi Pajero Sport 4x4 Limited

Re: RE: Re: RE: Re: minta saran untuk fortuner d4d saya

Post by arfyano »

silentIm2 wrote:
arfyano wrote: Thu Jun 22, 2017 16:32
silentIm2 wrote:Sebaiknya coba ganti bengkel lain yg punya compression tester. Saya sih ga yakin asal dilepas tutup oli trus kliatan uap putih lantas divonis ganti ring piston. Semua mesin juga gitu, biar panther jadul ato fuso fighter lawas ane. Malahan ga perlu buka tutup oli, coz dari headnya memang ada pipa ventilasi dan dari situ juga keluar gas buang. Kalo di mobil biasa dimasukin lagi ke intake, kalo diesel jadul dibuang ke udara.

Kalo diesel hilang kompresi starter berat banget, mesin pincang, rpm berat naiknya dan asap gas buang sangat hitam atau putih karena oli masuk dari ring piston.
naah itu dia om, mesin saya ga pincang n tarikan jg msh oke. di denger sm bbrp montir juga katanya msh halus utk ukuran mbl diesel, apalg ini thn 2007. kl speed, saya dr 0-80kpj msh gampang bgt, pas idle jg ga trlalu kerasa getarannya di body apalg di dalam.

Sent from my CPH1613 using Seraya Motor mobile app
Yaudah brarti gapapa om mesinnya. Timing belt ga dicek sekalian om?
teming belt udah ganti om akhr 2012 kmrn pas KM 145rb plus kopling dkk nya.. amiin mudah2an mesinnya ga apa2 ya om.

Sent from my CPH1613 using Seraya Motor mobile app

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21991
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: minta saran untuk fortuner d4d saya

Post by Turboman »

arfyano wrote:
Nugrohonug wrote: Thu Jun 22, 2017 15:47 Kalo ane ngga percaya sama nano nano begituan om karna produsen oli aja mengharamkan kita buat pake addtif oli,Saran ane mending di overhoul aja om buat mastiin mesinnya sehat walaupun 2 kd termasuk mesin robust tapi kalo pemilik sebelumnya jorok ya ttp aja ngga awet mesinnya.

overhoul kata montirnya butuh biaya sekitar 15-20jutaan, jasa nya aja bs 7jt om,, hadeeeuh.. hiks hiks. yang saya aneh ini kan service record beres, tp kok bs sampe kaya gini ya om? pdhl KM msh 150rbuan.. saya awalnya semangat ngambil mbl ini krna emang service recordnya lengkap makanya PD aja sm mblnya mskpn eks PT
FYI :

Banyak bengkel modus buaya gitu, supaya user keluar duit gede

Hati2 loh......kalo kita keliatan awam di depan si mekanik / owner bengkel maka bisa semakin menjadi2 hasutannya

kalo si owner bengkel liat kita paham mesin, biasanya dia gak akan berani macam2 ama kita

* Bukan ajakan Beli *
arfyano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: Tue Oct 06, 2015 0:59
Location: Bogor
Daily Vehicle: Mitsubishi Pajero Sport 4x4 Limited

Re: RE: Re: minta saran untuk fortuner d4d saya

Post by arfyano »

Turboman wrote:skg mesinnya kalo kondisi dingin di start mudah gak ?

kalo kondisi dingin / panas di start masih mudah ya normal lah

2KD sih mmg kalo selang breather buang kolong ya suka ada asap kecil keliatan dr ujung selang, wajar lah
lancar bgt om turbo, malah ini saya pake AKI yg pembeliannya dr tahun 2014 (ada tulisan di AKInya).. semoga emang normal ya om. sayang bgt ni kl sampe djual lg soalnya udh ngerasa cocok sm mblnya n saya beli ini kemarin jual GNKI diesel 2013, hiks hiks.. masa dr mbl sehat trs dpt mbl yg sakit.

Sent from my CPH1613 using Seraya Motor mobile app

arfyano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: Tue Oct 06, 2015 0:59
Location: Bogor
Daily Vehicle: Mitsubishi Pajero Sport 4x4 Limited

Re: RE: Re: RE: Re: RE: Re: minta saran untuk fortuner d4d saya

Post by arfyano »

arfyano wrote:
silentIm2 wrote:
arfyano wrote: Thu Jun 22, 2017 16:32 naah itu dia om, mesin saya ga pincang n tarikan jg msh oke. di denger sm bbrp montir juga katanya msh halus utk ukuran mbl diesel, apalg ini thn 2007. kl speed, saya dr 0-80kpj msh gampang bgt, pas idle jg ga trlalu kerasa getarannya di body apalg di dalam.

Sent from my CPH1613 using Seraya Motor mobile app
Yaudah brarti gapapa om mesinnya. Timing belt ga dicek sekalian om?
teming belt udah ganti om akhr 2012 kmrn pas KM 145rb plus kopling dkk nya.. amiin mudah2an mesinnya ga apa2 ya om.

Sent from my CPH1613 using Seraya Motor mobile app
mksdnya gnti akhr 2016 kmrn om bukan 2012

Sent from my CPH1613 using Seraya Motor mobile app

ddyta27
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Sat Dec 28, 2013 14:26

Re: minta saran untuk fortuner d4d saya

Post by ddyta27 »

kalo menurut saya sih, coba ganti oli mesin dulu om.. pake yg standar toyota / sesuai spek mesin, takut takut sekarang pake oli mesin yg kental biar suara jadi halus..
nah sesudah ganti oli mesin coba aja pake mudik/jalan agak jauh, nanti pas sampai tujuan/pas pulang lagi coba cek level oli mesin, kalo berkurang banyak dan ga ada kebocoran oli di bagian luar mesin apa boleh buat berarti itu oli kan habis terbakar di dalam..
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26923
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: minta saran untuk fortuner d4d saya

Post by DOHC »

buka tutup oli utk cek asap, sering denger cara ini dr jaman piara panther kotak ane dl... dan anehnya, dl panther ane dr odo dibawah cepeceng ampe dijual di 300an rb, tetep berasep mulu dr tutup isi oli nya..

bahkan skrg pake panther PU jg sama.. apa jgn2 mobil diesel karakter nya gt yah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: minta saran untuk fortuner d4d saya

Post by dieselman228 »

Kalau dr selang breathernya 2KD pernah saya coba copot langsung taro ke bawah memang asepnya lumayan tp ga bewarna seperti oli kebakar dr knalpot..

Mungkin kalau dari tutup oli juga ada asap yg bertekanan dan ga bewarna saya rasa sama aja dengan breathernya n kondisi mesin juga sehat (belom pernah coba mesin dalam keadaan nyala lalu tutup oli dibuka)

Saran coba ganti oli dulu, amati asap buang knalpot dan level oli...


Om fotoin bannya dong, saya penasaran ban bisa tahan 150rb km dr baru belom ganti...
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
riyantoro
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 123
Joined: Sat Nov 28, 2015 15:19

Re: minta saran untuk fortuner d4d saya

Post by riyantoro »

Setuju
Cb cek level oli saja
Klo berkurang drastis setelah dipake jalan jauh ya mmg terbakar Klo blm terlalu parah ya memang belum terlalu keliatan jumlah berkurangnya oli itu

Sent from my LG-H818 using Tapatalk

benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: RE: Re: RE: Re: minta saran untuk fortuner d4d saya

Post by benzz89 »

arfyano wrote:
Turboman wrote:skg mesinnya kalo kondisi dingin di start mudah gak ?

kalo kondisi dingin / panas di start masih mudah ya normal lah

2KD sih mmg kalo selang breather buang kolong ya suka ada asap kecil keliatan dr ujung selang, wajar lah
lancar bgt om turbo, malah ini saya pake AKI yg pembeliannya dr tahun 2014 (ada tulisan di AKInya).. semoga emang normal ya om. sayang bgt ni kl sampe djual lg soalnya udh ngerasa cocok sm mblnya n saya beli ini kemarin jual GNKI diesel 2013, hiks hiks.. masa dr mbl sehat trs dpt mbl yg sakit.

Sent from my CPH1613 using Seraya Motor mobile app
Maaf om mau tanya atas pertimbangan apa om jual GNKI tahun 2013 lalu beli fortuner 2007? Secara kasta memang benar naik tapi secara umur & teknologi turunnya 6 tahun. Analisa sotoy ane kalau om jual GNKI 2013 lalu beli Forty 2007 (beli 175 juta) selisihnya sepertinya tidak terlalu jauh yah. maaf kalau ane tanyakan hal ini karena sepertinya om menyesal sudah lepas GNKI 2013 lalu beli Forty 2007 ini. Apalagi kalau om beli ANKI 2013 nya dari baru loh yah.

Ane juga pengguna Forty 2010 diesel, tapi secara ride, handling & kenyamanan masih lebih enak GNKI sih menurut ane. Untuk rem juga jauh lebih mantap GNKI. Fortuner cuman menang lebih gagah saja dengan kaki2 lebih kuat, secara punya ane beli dari baru kaki2 tidak pernah masalah sama sekali (bahkan spooring aja sangat jarang), shockbreaker juga belum pernah ganti padahal odo sudah 105 ribu

Sent from my SM-G935F using Seraya Motor mobile app

arfyano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: Tue Oct 06, 2015 0:59
Location: Bogor
Daily Vehicle: Mitsubishi Pajero Sport 4x4 Limited

Re: RE: Re: RE: Re: RE: Re: minta saran untuk fortuner d4d saya

Post by arfyano »

benzz89 wrote:
arfyano wrote:
Turboman wrote:skg mesinnya kalo kondisi dingin di start mudah gak ?

kalo kondisi dingin / panas di start masih mudah ya normal lah

2KD sih mmg kalo selang breather buang kolong ya suka ada asap kecil keliatan dr ujung selang, wajar lah
lancar bgt om turbo, malah ini saya pake AKI yg pembeliannya dr tahun 2014 (ada tulisan di AKInya).. semoga emang normal ya om. sayang bgt ni kl sampe djual lg soalnya udh ngerasa cocok sm mblnya n saya beli ini kemarin jual GNKI diesel 2013, hiks hiks.. masa dr mbl sehat trs dpt mbl yg sakit.

Sent from my CPH1613 using Seraya Motor mobile app
Maaf om mau tanya atas pertimbangan apa om jual GNKI tahun 2013 lalu beli fortuner 2007? Secara kasta memang benar naik tapi secara umur & teknologi turunnya 6 tahun. Analisa sotoy ane kalau om jual GNKI 2013 lalu beli Forty 2007 (beli 175 juta) selisihnya sepertinya tidak terlalu jauh yah. maaf kalau ane tanyakan hal ini karena sepertinya om menyesal sudah lepas GNKI 2013 lalu beli Forty 2007 ini. Apalagi kalau om beli ANKI 2013 nya dari baru loh yah.

Ane juga pengguna Forty 2010 diesel, tapi secara ride, handling & kenyamanan masih lebih enak GNKI sih menurut ane. Untuk rem juga jauh lebih mantap GNKI. Fortuner cuman menang lebih gagah saja dengan kaki2 lebih kuat, secara punya ane beli dari baru kaki2 tidak pernah masalah sama sekali (bahkan spooring aja sangat jarang), shockbreaker juga belum pernah ganti padahal odo sudah 105 ribu

Sent from my SM-G935F using Seraya Motor mobile app
hehee,, pertimbangan beli fortie karena emang ane udh ngidam mbl besar jenis ini om, awalnya malah bukan fortie, tp everest 2011 di harga 150 pajak mati.. tp stlh ane denger saran dr org2, pergantian innova ke evie ane batalin.. nah akhrnya ktmu lah fortie ini, hihii.. gnki diesel nya ga pake dr baru om, emang g kepaut jauh hrga nya, cm selisih 15jt om, cm emang susah kan kl udah kepengen om! oh iy 1 lg, kebetulan ane jg msh muda om, kl pake innova keliatan bapa2 bgt. sebelum pake innova ane pake grand touring. permah coba pake mbl bensin, kayaknya saya ga cocok, hehehee


Last edited by arfyano on Fri Jun 23, 2017 1:21, edited 1 time in total.