Oil Cooler Captiva Bocor

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Oil Cooler Captiva Bocor

Post by POS VETT »

vinchazz wrote: Wed Apr 26, 2017 3:16
adityabp wrote: Wed Apr 26, 2017 3:09
vinchazz wrote: Wed Apr 26, 2017 2:06

external oil cooler nya itu bukan berupa/macem radiator om ?
Radiator, ATF/Oil Cooler, kondensor AC & intercooler bentuknya sama. Sama2x terdiri dari pipa2x kapiler dan sarang tawon. :D
beda ukuran yak sepertinya
kalo cuma mobil harian macem RE3 dibypass aja cukup kali ya
RE3 itu apa ya?

Mau dibypass saja atau butuh external cooler tergantung temperatur ATF selama dipakai. Pernah dipantau?
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Oil Cooler Captiva Bocor

Post by POS VETT »

vinchazz wrote: Wed Apr 26, 2017 2:06
POS VETT wrote: Wed Apr 26, 2017 1:45 Bagusnya pasang tambahan/external oil cooler (namanya bukan radiator, gw bingungnya disitu) . Automatic transmission kalau di iklim tropis sulit sekali bisa ada istilahnya terlalu dingin. Kalau bisa, external cooler ini dikasih electric fan.
external oil cooler nya itu bukan berupa/macem radiator om ?
Tampangnya mirip radiator, biasanya lebih kecil. Ada juga yang hanya pipa kecil di-loop beberapa kali dan dikasih kisi2.
baracudalemot wrote: Wed Apr 26, 2017 2:08
POS VETT wrote:Bagusnya pasang tambahan/external oil cooler (namanya bukan radiator, gw bingungnya disitu) . Automatic transmission kalau di iklim tropis sulit sekali bisa ada istilahnya terlalu dingin. Kalau bisa, external cooler ini dikasih electric fan.
Disini disebutnya ATF cooler om. Oia,suhu ideal oil transmision brp ya Om? Odong2 saya pasang oil cooler L300, dimensinya lumayan gede, saya ksh extra fan jg tuh coolernya. Takutnya terlalu "dingin" dan malah jd ga optimal.
Secara kasarnya, ATF kalau bisa dijaga jangan sampai naik lebih dari titik didih air waktu beban maksimum. Lebih sedikit untuk waktu sementara tidak apa2 (kurangi kecepatan, beban, atau keduanya). Operating range sekitar 65C-85C ideal.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
vinchazz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 464
Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
Location: Serpong
Daily Vehicle: Honda CR-V

Re: Oil Cooler Captiva Bocor

Post by vinchazz »

POS VETT wrote: Wed Apr 26, 2017 10:38
vinchazz wrote: Wed Apr 26, 2017 3:16
adityabp wrote: Wed Apr 26, 2017 3:09

Radiator, ATF/Oil Cooler, kondensor AC & intercooler bentuknya sama. Sama2x terdiri dari pipa2x kapiler dan sarang tawon. :D
beda ukuran yak sepertinya
kalo cuma mobil harian macem RE3 dibypass aja cukup kali ya
RE3 itu apa ya?

Mau dibypass saja atau butuh external cooler tergantung temperatur ATF selama dipakai. Pernah dipantau?
honda CR-V 2007 om
kan kodenya RE3 (gen 3) CMIIW

nah itu belom pernah mantau, tapi lom pernah ada masalah juga sih
ngukur suhu nya begimana yak
apoge
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 248
Joined: Fri Nov 27, 2015 1:35

Re: Oil Cooler Captiva Bocor

Post by apoge »

Radiator digunakan untuk menjaga suhu kerja engine tetap normal biasanya92 der celcius, oil cooler menggunakan suply air yg juga di gunakan untuk menjaga suhu kerja engine berarti suhu transmisi dan suhu engine di jaga di suhu 92 derajat celcius??? Cmiiw

Klo oil cooler di engine cat 3406 dan iveco suply air untuk oli coolernya jadi satu dgn punya engine, jadi klo bocor olinya nyampur dgn air radiator.
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Oil Cooler Captiva Bocor

Post by ginting »

Kalau gak salah sih titik didih air itu lebih rendah dari titik didih minya (oil) oleh karena itu harusnya sih suhu ATF tetap "hangat" dalam arti tidak sampai "gosong"..

Nah, saya pernah kayaknya pernah baca di trit sebelah bahwa kenaikan suhu say 10 derajat celcius pada ATF diatas suhu ideal sudah cukup banyak mempengaruhi lifespan dari oli itu.

Oleh karena itu oli matic sebisa mungkin tetap cool.

Feeling saya sih (karena oli matic itu adalah untuk memutar bilah bilah torque converter, harusnya makin adem makin baik..
tapi karena gearbox matic nempel ke mesin, maka pasti terjadi konduksi (perpindahan panas melalui perambatan pada benda tanpa disertai perpindahan material perantaranya) dari mesin ke girbox matic.

Satu lagi, kalau mau mobil lebih adem...beli mobil yang ownernya namanya Ngademin...pasti adem maticnya...

## ngacir.com
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Oil Cooler Captiva Bocor

Post by POS VETT »

apoge wrote: Thu Apr 27, 2017 2:14 Radiator digunakan untuk menjaga suhu kerja engine tetap normal biasanya92 der celcius, oil cooler menggunakan suply air yg juga di gunakan untuk menjaga suhu kerja engine berarti suhu transmisi dan suhu engine di jaga di suhu 92 derajat celcius??? Cmiiw

Klo oil cooler di engine cat 3406 dan iveco suply air untuk oli coolernya jadi satu dgn punya engine, jadi klo bocor olinya nyampur dgn air radiator.
Sekitar segitu range-nya; tanpa data2 khusus seperti tipe ATF, transmisi apa, pengukuran temperatur di mana, berapa lama di temperatur atas, dll. Susah juga ngomong persianya. Tapi prinsipnya, ATF itu dijaga supaya "dingin".
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Oil Cooler Captiva Bocor

Post by POS VETT »

POS VETT wrote: Thu Apr 27, 2017 11:10
apoge wrote: Thu Apr 27, 2017 2:14 Radiator digunakan untuk menjaga suhu kerja engine tetap normal biasanya92 der celcius, oil cooler menggunakan suply air yg juga di gunakan untuk menjaga suhu kerja engine berarti suhu transmisi dan suhu engine di jaga di suhu 92 derajat celcius??? Cmiiw

Klo oil cooler di engine cat 3406 dan iveco suply air untuk oli coolernya jadi satu dgn punya engine, jadi klo bocor olinya nyampur dgn air radiator.
Sekitar segitu range-nya; tanpa data2 khusus seperti tipe ATF, transmisi apa, pengukuran temperatur di mana, berapa lama di temperatur atas, dll. Susah juga ngomong persisnya. Tapi prinsipnya, ATF itu dijaga supaya "dingin".
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: RE: Re: Oil Cooler Captiva Bocor

Post by paidjho »

Mid69 wrote:Oil cooler Captiva bukan berbentuk radiator tetapi berbentuk kotak dan nempel di mesin posisinya ada di deket firewall, pendinginnya pakai air radiator, kebetulan pernah ganti seal oil cooler di captiva FL ane.
Kalau air radiator sdh tercampur oli, sering kuras air radiator aja sampai bersih dari oli, semoga membantu.
Oli atf nya gak kecampur coolant Om?
RinalMAXIMUM
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Sun Mar 26, 2017 15:29
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Chevrolet_Captiva

Re: Oil Cooler Captiva Bocor

Post by RinalMAXIMUM »

Radiator digunakan untuk menjaga suhu kerja engine tetap normal biasanya92 der celcius, oil cooler menggunakan suply air yg juga di gunakan untuk menjaga suhu kerja engine berarti suhu transmisi dan suhu engine di jaga di suhu 92 derajat celcius??? Cmiiw

Klo oil cooler di engine cat 3406 dan iveco suply air untuk oli coolernya jadi satu dgn punya engine, jadi klo bocor olinya nyampur dgn air radiator.
apoge
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 248
Joined: Fri Nov 27, 2015 1:35

Re: RE: Re: Oil Cooler Captiva Bocor

Post by apoge »

paidjho wrote: Thu Apr 27, 2017 14:33
Mid69 wrote:Oil cooler Captiva bukan berbentuk radiator tetapi berbentuk kotak dan nempel di mesin posisinya ada di deket firewall, pendinginnya pakai air radiator, kebetulan pernah ganti seal oil cooler di captiva FL ane.
Kalau air radiator sdh tercampur oli, sering kuras air radiator aja sampai bersih dari oli, semoga membantu.
Oli atf nya gak kecampur coolant Om?
Ooo kirain kotak itu egr cooler
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Oil Cooler Captiva Bocor

Post by adityabp »

Kalo dipikir2x, captiva lucu juga ya. ATF cooler terpisah tdk jadi satu dgn radiator, tapi masih pake coolant buat coolernya. 😁
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Oil Cooler Captiva Bocor

Post by POS VETT »

adityabp wrote: Sun Apr 30, 2017 0:05 Kalo dipikir2x, captiva lucu juga ya. ATF cooler terpisah tdk jadi satu dgn radiator, tapi masih pake coolant buat coolernya. 😁
Banyak dan umum yang begitu.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
pojokban
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: Sun Nov 16, 2014 13:03

Re: Oil Cooler Captiva Bocor

Post by pojokban »

Ane juga pernah ngalamin di FL 2012, radiator dan tangki air radiator isinya minyak. Awalnya sih oli mesin sering kurang, Tanya ke beres katanya masih wajar kalau sedikit. Tapi tiap minggi musti tambah sekitar 100 ml, kan aneh. Ehhhhh benar sesudah masa garansi abis, lg kebut ama pajero, itu heater meter naiknya kayak jarum speedo, lsg mentok, mau gak mau minggir dulu ademin. Bawa ke Badak serpong, musti ganti oil cooler, radiator, untung kondensor AC masih bias diselamatin
gobale
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 599
Joined: Thu Sep 25, 2008 1:20

Re: Oil Cooler Captiva Bocor

Post by gobale »

ini yg bocor atf cooler atau oil cooler ? dua2nya ada di captiva...kalau atf cooler mungkin yg bensin, kalau disel benar2 terpisah posisi depan radiator bentuknya memanjang kesamping
pojokban
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: Sun Nov 16, 2014 13:03

Re: Oil Cooler Captiva Bocor

Post by pojokban »

Ane punya diesel Om, abis itu lsg jual dan ambil captiva 2015 he..hee dan kemarin baru dibel sama pembeli mau pinjam ktp untuk perpanjang stnk, ya ditolak lah, pajak progressive gak kuat ( gak terasa udah lewat 1 tahun) aman aman aja tuh mobil
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Oil Cooler Captiva Bocor

Post by adityabp »

gobale wrote: Sun Apr 30, 2017 9:55 ini yg bocor atf cooler atau oil cooler ? dua2nya ada di captiva...kalau atf cooler mungkin yg bensin, kalau disel benar2 terpisah posisi depan radiator bentuknya memanjang kesamping
Di depan kondensor AC om? Sori blm pernah ngintip daleman grill Captiva :D
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Oil Cooler Captiva Bocor

Post by adityabp »

POS VETT wrote: Sun Apr 30, 2017 1:52
adityabp wrote: Sun Apr 30, 2017 0:05 Kalo dipikir2x, captiva lucu juga ya. ATF cooler terpisah tdk jadi satu dgn radiator, tapi masih pake coolant buat coolernya. 😁
Banyak dan umum yang begitu.
Hmmm, begitu ya om. Lebih murah biaya bikinnya kali ya. :)
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Oil Cooler Captiva Bocor

Post by POS VETT »

adityabp wrote: Thu May 04, 2017 2:34
POS VETT wrote: Sun Apr 30, 2017 1:52
adityabp wrote: Sun Apr 30, 2017 0:05 Kalo dipikir2x, captiva lucu juga ya. ATF cooler terpisah tdk jadi satu dgn radiator, tapi masih pake coolant buat coolernya. 😁
Banyak dan umum yang begitu.
Hmmm, begitu ya om. Lebih murah biaya bikinnya kali ya. :)
Alasan persisnya kurang ngerti, mungkin berhubungan dengan masalah musim dingin di 4-musim dan pastinya ada alasan2 lainnya yang berhubungan dengan pengurangan biaya dan jumlah parts.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"