Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
POS VETT wrote: ↑Wed Apr 26, 2017 1:45
Bagusnya pasang tambahan/external oil cooler (namanya bukan radiator, gw bingungnya disitu) . Automatic transmission kalau di iklim tropis sulit sekali bisa ada istilahnya terlalu dingin. Kalau bisa, external cooler ini dikasih electric fan.
external oil cooler nya itu bukan berupa/macem radiator om ?
Tampangnya mirip radiator, biasanya lebih kecil. Ada juga yang hanya pipa kecil di-loop beberapa kali dan dikasih kisi2.
POS VETT wrote:Bagusnya pasang tambahan/external oil cooler (namanya bukan radiator, gw bingungnya disitu) . Automatic transmission kalau di iklim tropis sulit sekali bisa ada istilahnya terlalu dingin. Kalau bisa, external cooler ini dikasih electric fan.
Disini disebutnya ATF cooler om. Oia,suhu ideal oil transmision brp ya Om? Odong2 saya pasang oil cooler L300, dimensinya lumayan gede, saya ksh extra fan jg tuh coolernya. Takutnya terlalu "dingin" dan malah jd ga optimal.
Secara kasarnya, ATF kalau bisa dijaga jangan sampai naik lebih dari titik didih air waktu beban maksimum. Lebih sedikit untuk waktu sementara tidak apa2 (kurangi kecepatan, beban, atau keduanya). Operating range sekitar 65C-85C ideal.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
Radiator digunakan untuk menjaga suhu kerja engine tetap normal biasanya92 der celcius, oil cooler menggunakan suply air yg juga di gunakan untuk menjaga suhu kerja engine berarti suhu transmisi dan suhu engine di jaga di suhu 92 derajat celcius??? Cmiiw
Klo oil cooler di engine cat 3406 dan iveco suply air untuk oli coolernya jadi satu dgn punya engine, jadi klo bocor olinya nyampur dgn air radiator.
Kalau gak salah sih titik didih air itu lebih rendah dari titik didih minya (oil) oleh karena itu harusnya sih suhu ATF tetap "hangat" dalam arti tidak sampai "gosong"..
Nah, saya pernah kayaknya pernah baca di trit sebelah bahwa kenaikan suhu say 10 derajat celcius pada ATF diatas suhu ideal sudah cukup banyak mempengaruhi lifespan dari oli itu.
Oleh karena itu oli matic sebisa mungkin tetap cool.
Feeling saya sih (karena oli matic itu adalah untuk memutar bilah bilah torque converter, harusnya makin adem makin baik..
tapi karena gearbox matic nempel ke mesin, maka pasti terjadi konduksi (perpindahan panas melalui perambatan pada benda tanpa disertai perpindahan material perantaranya) dari mesin ke girbox matic.
Satu lagi, kalau mau mobil lebih adem...beli mobil yang ownernya namanya Ngademin...pasti adem maticnya...
apoge wrote: ↑Thu Apr 27, 2017 2:14
Radiator digunakan untuk menjaga suhu kerja engine tetap normal biasanya92 der celcius, oil cooler menggunakan suply air yg juga di gunakan untuk menjaga suhu kerja engine berarti suhu transmisi dan suhu engine di jaga di suhu 92 derajat celcius??? Cmiiw
Klo oil cooler di engine cat 3406 dan iveco suply air untuk oli coolernya jadi satu dgn punya engine, jadi klo bocor olinya nyampur dgn air radiator.
Sekitar segitu range-nya; tanpa data2 khusus seperti tipe ATF, transmisi apa, pengukuran temperatur di mana, berapa lama di temperatur atas, dll. Susah juga ngomong persianya. Tapi prinsipnya, ATF itu dijaga supaya "dingin".
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
apoge wrote: ↑Thu Apr 27, 2017 2:14
Radiator digunakan untuk menjaga suhu kerja engine tetap normal biasanya92 der celcius, oil cooler menggunakan suply air yg juga di gunakan untuk menjaga suhu kerja engine berarti suhu transmisi dan suhu engine di jaga di suhu 92 derajat celcius??? Cmiiw
Klo oil cooler di engine cat 3406 dan iveco suply air untuk oli coolernya jadi satu dgn punya engine, jadi klo bocor olinya nyampur dgn air radiator.
Sekitar segitu range-nya; tanpa data2 khusus seperti tipe ATF, transmisi apa, pengukuran temperatur di mana, berapa lama di temperatur atas, dll. Susah juga ngomong persisnya. Tapi prinsipnya, ATF itu dijaga supaya "dingin".
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
Mid69 wrote:Oil cooler Captiva bukan berbentuk radiator tetapi berbentuk kotak dan nempel di mesin posisinya ada di deket firewall, pendinginnya pakai air radiator, kebetulan pernah ganti seal oil cooler di captiva FL ane.
Kalau air radiator sdh tercampur oli, sering kuras air radiator aja sampai bersih dari oli, semoga membantu.
Radiator digunakan untuk menjaga suhu kerja engine tetap normal biasanya92 der celcius, oil cooler menggunakan suply air yg juga di gunakan untuk menjaga suhu kerja engine berarti suhu transmisi dan suhu engine di jaga di suhu 92 derajat celcius??? Cmiiw
Klo oil cooler di engine cat 3406 dan iveco suply air untuk oli coolernya jadi satu dgn punya engine, jadi klo bocor olinya nyampur dgn air radiator.
Mid69 wrote:Oil cooler Captiva bukan berbentuk radiator tetapi berbentuk kotak dan nempel di mesin posisinya ada di deket firewall, pendinginnya pakai air radiator, kebetulan pernah ganti seal oil cooler di captiva FL ane.
Kalau air radiator sdh tercampur oli, sering kuras air radiator aja sampai bersih dari oli, semoga membantu.
adityabp wrote: ↑Sun Apr 30, 2017 0:05
Kalo dipikir2x, captiva lucu juga ya. ATF cooler terpisah tdk jadi satu dgn radiator, tapi masih pake coolant buat coolernya.
Banyak dan umum yang begitu.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
Ane juga pernah ngalamin di FL 2012, radiator dan tangki air radiator isinya minyak. Awalnya sih oli mesin sering kurang, Tanya ke beres katanya masih wajar kalau sedikit. Tapi tiap minggi musti tambah sekitar 100 ml, kan aneh. Ehhhhh benar sesudah masa garansi abis, lg kebut ama pajero, itu heater meter naiknya kayak jarum speedo, lsg mentok, mau gak mau minggir dulu ademin. Bawa ke Badak serpong, musti ganti oil cooler, radiator, untung kondensor AC masih bias diselamatin
ini yg bocor atf cooler atau oil cooler ? dua2nya ada di captiva...kalau atf cooler mungkin yg bensin, kalau disel benar2 terpisah posisi depan radiator bentuknya memanjang kesamping
Ane punya diesel Om, abis itu lsg jual dan ambil captiva 2015 he..hee dan kemarin baru dibel sama pembeli mau pinjam ktp untuk perpanjang stnk, ya ditolak lah, pajak progressive gak kuat ( gak terasa udah lewat 1 tahun) aman aman aja tuh mobil
gobale wrote: ↑Sun Apr 30, 2017 9:55
ini yg bocor atf cooler atau oil cooler ? dua2nya ada di captiva...kalau atf cooler mungkin yg bensin, kalau disel benar2 terpisah posisi depan radiator bentuknya memanjang kesamping
Di depan kondensor AC om? Sori blm pernah ngintip daleman grill Captiva
adityabp wrote: ↑Sun Apr 30, 2017 0:05
Kalo dipikir2x, captiva lucu juga ya. ATF cooler terpisah tdk jadi satu dgn radiator, tapi masih pake coolant buat coolernya.
Banyak dan umum yang begitu.
Hmmm, begitu ya om. Lebih murah biaya bikinnya kali ya.
adityabp wrote: ↑Sun Apr 30, 2017 0:05
Kalo dipikir2x, captiva lucu juga ya. ATF cooler terpisah tdk jadi satu dgn radiator, tapi masih pake coolant buat coolernya.
Banyak dan umum yang begitu.
Hmmm, begitu ya om. Lebih murah biaya bikinnya kali ya.
Alasan persisnya kurang ngerti, mungkin berhubungan dengan masalah musim dingin di 4-musim dan pastinya ada alasan2 lainnya yang berhubungan dengan pengurangan biaya dan jumlah parts.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"