Recovery captiva korban solar busuk

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: b8099ok, F 272, ChZ, ginting, FRD, artoodetoo

Post Reply
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 304
Joined: 27 Jan 2017, 21:35

Re: RE: Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by Kuroboy » 22 Jul 2017, 08:22

ginting wrote:
21 Jul 2017, 18:33
Kuroboy wrote:
21 Jul 2017, 17:25
ginting wrote:
21 Jul 2017, 15:48


Kata sales chevy bintaro saat saya keliling2 test drive sama oom @Sairt, TB sih tahan solar B20 oom...
Apalagi solar dari logo kerang, no worries lah...
Memang sih om, seles Chevy ane jg ngmng gt. Apa daya lbih baik pakai yang terbaik daripada standar apalagi terburuk :ungg: kcuali kalo Luv ane sih harus kasi solar yang busuk :upss:

Kalo om Ginting pake apa ni solarnya :big_grin:

Saya pakai di MuX saya umumnya Dex kalo lagi di Jakarta (daerah yang ada DEx).
Tapi waktu mudik ke Aceh kemaren lebaran, saya isi juga Dexlite, Bio Solar Pertamina, dan Solar dari jerigen pinggir jalan di bayung lencir...yang terakhir ini karena kefefet...
Ceritanya selepas Palembang, masih ada sisa Dex di tanki separuh. Nah, saya pikir entar cari SPBU yang ada Dex sambil jalan..
Mulai dari Betung, MUBA, Sungai Lilin, tidak ada DEx, adanya dexlite di beberapa spbu...saya pikir entar saja...entar saja..kalo2 nemu dex..
Ternyata lepas Sungai lilin kagak ada lagi SPBU untuk sekitar 50 km jalan raya...range tinggal 300 km lagi (sesuai MiD)..jarak ke Jambi 120 km... tapi kita tidak tahu apa kondisi lalu lintas di depan...apakah ada macet, pelebaran jalan, ambruk jembatan...akhirnya saya beli 1 jerigen solar pinggir jalan (note : susah cari soolar di pinggir jalan, PERTAMINI semua jual Pertalite dan Pertamax)..

Untuk mengurangi efek rusak, pas sampai Medan, saya beli Redline 85+ di ACE Hardware Sun Plaza. Dan setelah itu Biosolar terus sepanjang trip sampai tiba di BSD. Pas di BSD saya isi lagi DEX 54 ltr. Saya biasa ngisi 2x sebulan..
Semoga ga salah ambil deh gendong TB ini buat mobil weekend an (bonyok suka jalan2 pake ini tiap Saptu-Minggu doang. Jarang pake harian). Pertimbangan ane ambil mobil ini sih selain fitur dlsb nya, ya karena dia masih mau dikasi nasi aking a.k.a solbus dibanding rival2 lainnya bahkan sodaranya sendiri yakni Captiva (meskipun ga akan sekalipun dikasi solbus)
:frm_snipper: :snipersmile:

Judi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 05 Feb 2010, 18:25

Re: RE: Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by Judi » 22 Jul 2017, 09:59

Kuroboy wrote:
22 Jul 2017, 08:22
ginting wrote:
21 Jul 2017, 18:33
Kuroboy wrote:
21 Jul 2017, 17:25


Memang sih om, seles Chevy ane jg ngmng gt. Apa daya lbih baik pakai yang terbaik daripada standar apalagi terburuk :ungg: kcuali kalo Luv ane sih harus kasi solar yang busuk :upss:

Kalo om Ginting pake apa ni solarnya :big_grin:

Saya pakai di MuX saya umumnya Dex kalo lagi di Jakarta (daerah yang ada DEx).
Tapi waktu mudik ke Aceh kemaren lebaran, saya isi juga Dexlite, Bio Solar Pertamina, dan Solar dari jerigen pinggir jalan di bayung lencir...yang terakhir ini karena kefefet...
Ceritanya selepas Palembang, masih ada sisa Dex di tanki separuh. Nah, saya pikir entar cari SPBU yang ada Dex sambil jalan..
Mulai dari Betung, MUBA, Sungai Lilin, tidak ada DEx, adanya dexlite di beberapa spbu...saya pikir entar saja...entar saja..kalo2 nemu dex..
Ternyata lepas Sungai lilin kagak ada lagi SPBU untuk sekitar 50 km jalan raya...range tinggal 300 km lagi (sesuai MiD)..jarak ke Jambi 120 km... tapi kita tidak tahu apa kondisi lalu lintas di depan...apakah ada macet, pelebaran jalan, ambruk jembatan...akhirnya saya beli 1 jerigen solar pinggir jalan (note : susah cari soolar di pinggir jalan, PERTAMINI semua jual Pertalite dan Pertamax)..

Untuk mengurangi efek rusak, pas sampai Medan, saya beli Redline 85+ di ACE Hardware Sun Plaza. Dan setelah itu Biosolar terus sepanjang trip sampai tiba di BSD. Pas di BSD saya isi lagi DEX 54 ltr. Saya biasa ngisi 2x sebulan..
Semoga ga salah ambil deh gendong TB ini buat mobil weekend an (bonyok suka jalan2 pake ini tiap Saptu-Minggu doang. Jarang pake harian). Pertimbangan ane ambil mobil ini sih selain fitur dlsb nya, ya karena dia masih mau dikasi nasi aking a.k.a solbus dibanding rival2 lainnya bahkan sodaranya sendiri yakni Captiva (meskipun ga akan sekalipun dikasi solbus)
selama menggunakan solar bagus sesuai yg diharuskan pabrikan harusnya aman dan jangan lupa jadwal penggantial filter solar

tobbanget
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 06 May 2017, 19:48

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by tobbanget » 23 Jul 2017, 05:52

Nice share om Judi,
Berarti intinya kalo captiva ini musti diisi cuman dex ato kerang aja yak?
Kalo sekali2 turun derajat gpp asal minum jamu gt yak

ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1684
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by ilhami » 23 Jul 2017, 08:03

kesimpulannya kalau di sumatera, begitu masuk kota langsung isi fulltank ya

D3d3nk
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 01 Aug 2017, 08:36
Location: Bogor
Daily Vehicle: Jeep

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by D3d3nk » 01 Aug 2017, 16:48

bisa info bengkel mana di daerah jaksel yang bisa repair injector yang rusak?

efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 483
Joined: 12 Jan 2017, 09:11

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by efact » 02 Aug 2017, 10:12

wuih..

babeh pakai captiva disel 2008, sejak baru sampe sekarang odometer 220 ribuan belom pernah nenggak yang namanya pertadex, selalu bio solar, dan beruntungnya, belum pernah ada maslaah berarti di fuel system maupun performa mesinnya, keliatannya semua normal2 saja..
hanya rutin ganti filter tiap 15 / 20 rb km, brrti bersyukur dapet unit yg tahan solar busuk ahahaha :mky_03:

apoge
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 237
Joined: 27 Nov 2015, 08:35

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by apoge » 02 Aug 2017, 12:01

efact wrote:
02 Aug 2017, 10:12
wuih..

babeh pakai captiva disel 2008, sejak baru sampe sekarang odometer 220 ribuan belom pernah nenggak yang namanya pertadex, selalu bio solar, dan beruntungnya, belum pernah ada maslaah berarti di fuel system maupun performa mesinnya, keliatannya semua normal2 saja..
hanya rutin ganti filter tiap 15 / 20 rb km, brrti bersyukur dapet unit yg tahan solar busuk ahahaha :mky_03:
Yang nfl mesinnya beda om masih prosuksi daewo mungkin karna itu tahan solar jelek. Tapi mesin yg fl ada juga yg pake solar jelek+jamu aman2 aja

efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 483
Joined: 12 Jan 2017, 09:11

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by efact » 02 Aug 2017, 12:24

apoge wrote:
02 Aug 2017, 12:01
efact wrote:
02 Aug 2017, 10:12
wuih..

babeh pakai captiva disel 2008, sejak baru sampe sekarang odometer 220 ribuan belom pernah nenggak yang namanya pertadex, selalu bio solar, dan beruntungnya, belum pernah ada maslaah berarti di fuel system maupun performa mesinnya, keliatannya semua normal2 saja..
hanya rutin ganti filter tiap 15 / 20 rb km, brrti bersyukur dapet unit yg tahan solar busuk ahahaha :mky_03:
Yang nfl mesinnya beda om masih prosuksi daewo mungkin karna itu tahan solar jelek. Tapi mesin yg fl ada juga yg pake solar jelek+jamu aman2 aja
Kalo yg fl mesinnya produksi mana emang om? Sayang juga yah fl tp durabilitynya jd kurang (utk solar indo)

silentIm2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: 02 Feb 2015, 10:47

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by silentIm2 » 02 Aug 2017, 14:54

Siapa bilang FL ga tahan. Punya saya dah 50000 km pake biosolar ga knapa2. Cuma filter solar aja sengaja lebih cepat ganti, 20,000 km/2x ganti oli, bukan 30,000 km seperti buku.

Tapi filter solarnya mahal, untung dah ada versi sakura.

Sent from my ASUS_X008DA


Judi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 05 Feb 2010, 18:25

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by Judi » 07 Aug 2017, 21:47

Update link baru untuk DIY troubleshooting and repair injector chevy captiva diesel FL
https://youtu.be/ulxqwGZq8og

arissety
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: 17 Jun 2013, 15:30

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by arissety » 07 Aug 2017, 22:14

silentIm2 wrote:
02 Aug 2017, 14:54
Siapa bilang FL ga tahan. Punya saya dah 50000 km pake biosolar ga knapa2. Cuma filter solar aja sengaja lebih cepat ganti, 20,000 km/2x ganti oli, bukan 30,000 km seperti buku.

Tapi filter solarnya mahal, untung dah ada versi sakura.

Sent from my ASUS_X008DA
Sekarang sepertinya periode ganti filter hrs dicepetin lg om, krn bio solar sudah kadar 20%.
Atau pasang double filter.

halooo
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 213
Joined: 29 Dec 2013, 06:45

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by halooo » 08 Aug 2017, 08:16

Judi wrote:
07 Aug 2017, 21:47
Update link baru untuk DIY troubleshooting and repair injector chevy captiva diesel FL
https://youtu.be/ulxqwGZq8og
Ini yang di tunggu tunggu makasih om

Judi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 05 Feb 2010, 18:25

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by Judi » 08 Aug 2017, 09:52

halooo wrote:
08 Aug 2017, 08:16
Judi wrote:
07 Aug 2017, 21:47
Update link baru untuk DIY troubleshooting and repair injector chevy captiva diesel FL
https://youtu.be/ulxqwGZq8og
Ini yang di tunggu tunggu makasih om
silahkan didonload om krn durasinya panjang dan full HD

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2816
Joined: 08 Dec 2013, 23:05

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by ginting » 08 Aug 2017, 10:04

mantap oom Judi...sangat berguna bagi umat diesel...tapi sangat menyesakkan bagi bengkel yang selama ini langsung vonis "ganti injector"..

Judi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 05 Feb 2010, 18:25

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by Judi » 08 Aug 2017, 10:10

ginting wrote:
08 Aug 2017, 10:04
mantap oom Judi...sangat berguna bagi umat diesel...tapi sangat menyesakkan bagi bengkel yang selama ini langsung vonis "ganti injector"..
bener om sy sdh mengalami, ironisnya msh masa garansi tapi injector disuruh beli katanya ga garansi :big_cry:

mzwiwit
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 16 May 2017, 00:40

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by mzwiwit » 08 Aug 2017, 18:48

arissety wrote:
silentIm2 wrote:
02 Aug 2017, 14:54
Siapa bilang FL ga tahan. Punya saya dah 50000 km pake biosolar ga knapa2. Cuma filter solar aja sengaja lebih cepat ganti, 20,000 km/2x ganti oli, bukan 30,000 km seperti buku.

Tapi filter solarnya mahal, untung dah ada versi sakura.

Sent from my ASUS_X008DA
Sekarang sepertinya periode ganti filter hrs dicepetin lg om, krn bio solar sudah kadar 20%.
Atau pasang double filter.
Ada contoh pasang double filter gak Om...

Judi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 05 Feb 2010, 18:25

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by Judi » 08 Aug 2017, 20:53

mzwiwit wrote:
08 Aug 2017, 18:48
arissety wrote:
silentIm2 wrote:
02 Aug 2017, 14:54
Siapa bilang FL ga tahan. Punya saya dah 50000 km pake biosolar ga knapa2. Cuma filter solar aja sengaja lebih cepat ganti, 20,000 km/2x ganti oli, bukan 30,000 km seperti buku.

Tapi filter solarnya mahal, untung dah ada versi sakura.

Sent from my ASUS_X008DA
Sekarang sepertinya periode ganti filter hrs dicepetin lg om, krn bio solar sudah kadar 20%.
Atau pasang double filter.
Ada contoh pasang double filter gak Om...
Captiva FL filter solarnya sdh double

mzwiwit
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 16 May 2017, 00:40

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by mzwiwit » 11 Aug 2017, 05:41

Judi wrote:
mzwiwit wrote:
08 Aug 2017, 18:48
arissety wrote: Sekarang sepertinya periode ganti filter hrs dicepetin lg om, krn bio solar sudah kadar 20%.
Atau pasang double filter.
Ada contoh pasang double filter gak Om...
Captiva FL filter solarnya sdh double
Om Judi...seperti petunjuk di atas, sebelum recovery injector pastikan tangki solar sudah dikuras...
Ada video tutorialnya juga gak Om..

apoge
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 237
Joined: 27 Nov 2015, 08:35

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by apoge » 11 Aug 2017, 09:03

Judi wrote:
07 Aug 2017, 21:47
Update link baru untuk DIY troubleshooting and repair injector chevy captiva diesel FL
https://youtu.be/ulxqwGZq8og
Om ijin ane share di forum [email protected] ( kas*ku* ) thank u

apoge
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 237
Joined: 27 Nov 2015, 08:35

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by apoge » 11 Aug 2017, 09:07

silentIm2 wrote:
02 Aug 2017, 14:54
Siapa bilang FL ga tahan. Punya saya dah 50000 km pake biosolar ga knapa2. Cuma filter solar aja sengaja lebih cepat ganti, 20,000 km/2x ganti oli, bukan 30,000 km seperti buku.

Tapi filter solarnya mahal, untung dah ada versi sakura.

Sent from my ASUS_X008DA
Selama ini pake filter solar sakura bagus aja ya om?? Ane mau pakai ini nextnya cuman ragu karna harganya dgn yg oem bedanya seperti langit dengan sumur😅 klo filter oli pake sakura juga om??☺

Judi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 05 Feb 2010, 18:25

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by Judi » 11 Aug 2017, 09:38

apoge wrote:
11 Aug 2017, 09:03
Judi wrote:
07 Aug 2017, 21:47
Update link baru untuk DIY troubleshooting and repair injector chevy captiva diesel FL
https://youtu.be/ulxqwGZq8og
Om ijin ane share di forum [email protected] ( kas*ku* ) thank u
Sialahkan om

Judi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 05 Feb 2010, 18:25

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by Judi » 11 Aug 2017, 09:41

mzwiwit wrote:
11 Aug 2017, 05:41
Judi wrote:
mzwiwit wrote:
08 Aug 2017, 18:48

Ada contoh pasang double filter gak Om...
Captiva FL filter solarnya sdh double
Om Judi...seperti petunjuk di atas, sebelum recovery injector pastikan tangki solar sudah dikuras...
Ada video tutorialnya juga gak Om..
ada om, kuras tangki sekalian bersihkan fuel pump tunggu ya.....
msh blm dirender

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2816
Joined: 08 Dec 2013, 23:05

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by ginting » 11 Aug 2017, 10:03

Judi wrote:
14 Oct 2016, 11:35
gobale wrote:Mantap....orang bengkel resmi pun ga kan tau cara bongkar injector...plg disuruh ganti...xixixi
mungkin krn SOP di beres harus ganti om walaupun bisa diperbaiki.
Sebelum sy lakukan DIY sy sdh kontak beres dan mereka kirim mekanik hasilnya harus ganti injector 2 buah total ± Rp 18.000.000 belum purging, kuras tangki, dll .......

Perbandingan biaya dng cara DIY :
- perbaikan 1 buah nozzle yg buntu = 15.000
- ganti 2 buah valve control @ 500.000 = 1.000.000
- ongkos bongkar pasang injector = gratis
- ongkos kuras tangki = 80.000 (karena hrs beli jirigen 40l)
- purging dng liqui moly 1 kaleng = 180.000
- carbs cleaner 1 kaleng = 50.000
===> total biaya = 1.325.000 saja

KESIMPULAN 1.325.000 VS 18.000.000 pilih yg mana.......??????
hemat 16.675.000 :big_smile]
Halo oom Judi,

Apakah metode ini bisa diterapkan ke mesin diesel lain ?
Trus, untuk memastikan part yang mau dibeli di ebay atau aliexpress itu cocok dengan part yg terpasang di mobil kita ? apakah copot dan preteli dulu dan lihat part number di body barangnya ??

Terima kasih banyak sebelumnya.

Judi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 05 Feb 2010, 18:25

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by Judi » 11 Aug 2017, 11:22

ginting wrote:
11 Aug 2017, 10:03
Judi wrote:
14 Oct 2016, 11:35
gobale wrote:Mantap....orang bengkel resmi pun ga kan tau cara bongkar injector...plg disuruh ganti...xixixi
mungkin krn SOP di beres harus ganti om walaupun bisa diperbaiki.
Sebelum sy lakukan DIY sy sdh kontak beres dan mereka kirim mekanik hasilnya harus ganti injector 2 buah total ± Rp 18.000.000 belum purging, kuras tangki, dll .......

Perbandingan biaya dng cara DIY :
- perbaikan 1 buah nozzle yg buntu = 15.000
- ganti 2 buah valve control @ 500.000 = 1.000.000
- ongkos bongkar pasang injector = gratis
- ongkos kuras tangki = 80.000 (karena hrs beli jirigen 40l)
- purging dng liqui moly 1 kaleng = 180.000
- carbs cleaner 1 kaleng = 50.000
===> total biaya = 1.325.000 saja

KESIMPULAN 1.325.000 VS 18.000.000 pilih yg mana.......??????
hemat 16.675.000 :big_smile]
Halo oom Judi,

Apakah metode ini bisa diterapkan ke mesin diesel lain ?
Trus, untuk memastikan part yang mau dibeli di ebay atau aliexpress itu cocok dengan part yg terpasang di mobil kita ? apakah copot dan preteli dulu dan lihat part number di body barangnya ??

Terima kasih banyak sebelumnya.
Haloo om,
Bisa diterapkan di mobil lain yg menggunakan injector delphi , dan utk control valve captiva ini juga dipakai di bbrp mobil merk lain (Peugeot , CITROEN , FIAT , FORD , SSANG YONG , Mercedes , KIA HYUNDAI)

Jika tdk ada service manualnya harus dibongkar dulu utk lihat part number, utk injector biasanya PN ditulis di sisi atas sehingga tdk perlu dicopot tetapi utk control valve dan nozel hrs bongkar injector krn di service manualpun tdk ada.

Ini berlaku jg utk part lain yg penggantiannya hrs assy misalnya fuel pump, yg ada di service manual hanya PN fuel pump assy jadi kl mau ganti motornya sj harus bongkar dulu utk mengetahui PN motornya.
Biasanya sy hanya mengganti motornya sj krn jauh lebih murah drpd beli fuel pump assy, sorry OOT :big_smile]

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2816
Joined: 08 Dec 2013, 23:05

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by ginting » 11 Aug 2017, 12:41

Judi wrote:
11 Aug 2017, 11:22
ginting wrote:
11 Aug 2017, 10:03
Judi wrote:
14 Oct 2016, 11:35

mungkin krn SOP di beres harus ganti om walaupun bisa diperbaiki.
Sebelum sy lakukan DIY sy sdh kontak beres dan mereka kirim mekanik hasilnya harus ganti injector 2 buah total ± Rp 18.000.000 belum purging, kuras tangki, dll .......

Perbandingan biaya dng cara DIY :
- perbaikan 1 buah nozzle yg buntu = 15.000
- ganti 2 buah valve control @ 500.000 = 1.000.000
- ongkos bongkar pasang injector = gratis
- ongkos kuras tangki = 80.000 (karena hrs beli jirigen 40l)
- purging dng liqui moly 1 kaleng = 180.000
- carbs cleaner 1 kaleng = 50.000
===> total biaya = 1.325.000 saja

KESIMPULAN 1.325.000 VS 18.000.000 pilih yg mana.......??????
hemat 16.675.000 :big_smile]
Halo oom Judi,

Apakah metode ini bisa diterapkan ke mesin diesel lain ?
Trus, untuk memastikan part yang mau dibeli di ebay atau aliexpress itu cocok dengan part yg terpasang di mobil kita ? apakah copot dan preteli dulu dan lihat part number di body barangnya ??

Terima kasih banyak sebelumnya.
Haloo om,
Bisa diterapkan di mobil lain yg menggunakan injector delphi , dan utk control valve captiva ini juga dipakai di bbrp mobil merk lain (Peugeot , CITROEN , FIAT , FORD , SSANG YONG , Mercedes , KIA HYUNDAI)

Jika tdk ada service manualnya harus dibongkar dulu utk lihat part number, utk injector biasanya PN ditulis di sisi atas sehingga tdk perlu dicopot tetapi utk control valve dan nozel hrs bongkar injector krn di service manualpun tdk ada.

Ini berlaku jg utk part lain yg penggantiannya hrs assy misalnya fuel pump, yg ada di service manual hanya PN fuel pump assy jadi kl mau ganti motornya sj harus bongkar dulu utk mengetahui PN motornya.
Biasanya sy hanya mengganti motornya sj krn jauh lebih murah drpd beli fuel pump assy, sorry OOT :big_smile]
Siippp...ngerti sekarang...
Berarti nanti kalau ada apa apa bisa DIY atau bawa ke bengkel biasa dan kerjain sama sama...

Post Reply

Return to “SUV (2WD/4WD) Types”