Recovery captiva korban solar busuk

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
Judi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 05 Feb 2010, 18:25

Recovery captiva korban solar busuk

Post by Judi »

Maaf jika tulisan ini belepotan krn ini posting pertama saya untuk berbagi pengalaman.

Menceritakan pengalaman recovery captiva 2013 akibat mengkonsumsi solar busuk, mobil ini sy pakai sebagai mobil harian bergantian dengan ertiga sebagai backup, mulai baru menggunakan dex sebagai prioritas dan sesekali pakai bio jika tdk mendapat dex.
Awal masalah timbul pd saat sy melakukan perjalanan rutin ke bbrp kota di sepanjang pantura jatim dan tertarik mencoba solar A*R, pagi berangkat dr surabaya jarum indikator bbm kurang dr setengah dan sy isi solar A*R full di lamongan dan lanjut perjalanan ke tuban dan bojonegoro, sore balik ke surabaya dan besoknya lanjut ke pasuruan dan isi solar A*R di perbatasan pasuruan-probolinggo, saat itu indikator bbm menunjukkan setengan dan sy isi full dan melanjutkan perjalanan ke probolinggo dan sorenya lanjut ke lumajang dan malam hari balik ke surabaya, total ±600 km.
Masalah timbul pagi harinya, pada saat sy start mesin susah hidup coba 2x dan start agak panjang mesin bisa hidup dan dalam sehari itu mesin selalu susah start butuh start panjang utk bisa hidup.
Karena ada tugas ke atambua mobil tdk dipakai selama 4 hari dan setelah balik dari atambua mobil bisa di start tetapi tidak bisa hidup.
Kemudian sy cek fuel pump dengan membuka cover di bawah jok tengah dan mendengarkan suaranya sptnya msh normal, selanjutnya bongkar dan bersihkan fuel filter dan coba start engine hasilnya tetap tdk mau hidup.
Kemudian sy buka cover engine dan melepas semua selang di outled fuel return injektor dan dari outled fuel return injector sy sambungkan selang untuk mengalirkan solar ke gelas air mineral dan start engine hasilnya........
solar ngocor di injector no 2&3 ......wah gawat.....krn ini menandakan bahwa injector 2&3 bermasalah.
Untuk memastikan kerusakan sy menghubungi teman untuk meminjam diagnostic scanner dan ternyata teman sy masih di luar kota, akhirnya call beres minta untuk kirim mekanik dan dijanjikan datang siang dengan biaya 400rb.
Setelah mekanik datang dan dilakukan engine scanning, hasilnya memang injector 2&3 bermasalah.
Karena mobil masih dalam masa garansi maka sy mengajukan klaim penggantian injector dan ternyata.....injector tdk digaransi dan utk penggantian partnya harus indent dengan harga perkiraan 7-8jt per pcs.
Mekanik dari beres menawarkan injektor bekas seharga 3.5jt per pcs tetapi sy tolak karena untung-untungan, kalau bagus ya untung ngak ya buang duit.

Postingan selanjutnya akan sy share bgmn cara recovery dengan cara DIY dan murah

Perbandingan solar: kiri dex, kanan solar A*R dan injector yg bermasalah
Attachments
test1.jpg
solar1.jpg
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by Turboman »

Saya rasa ini problem udah mulai ada sejak lama, dan "bisul pecah" saat pakai AKR

Saya dan teman2 pakai AKR bolak balik sama sekali nggak ada masalah tuh

Kadang komponen CRD ini ada yg hoki2-an juga, ada 1 kawan di Ipah 2008 yg setiap X isi DEX / Shell, odo 110 rb km Injector2-nya ngalamin aus di jarum-nya dan 1 injector seal-nya KO

Bisul pecah saat dia pasang piggy dan Dyno run, salah 1 injector yg sealnya dah jelek pecah seal-nya

Injector lalu servis di Bosch Diesel centre Bdg dan sehat kembali

Ada juga teman pakai Everest TDCi (BOSCH Injector) lagi jalan2 ke JaTim kena solenoid injector-nya, padahal mobil amat sgt terawat, menurut pengamatan dia injector punya BOSCH nggak se-badak DENSO punya.

Zaman skg sudah banyak tempat servis komponen CRD om, kalo Captiva kan pake Bosch bisa bawa ke Bosch Diesel centre Tamansari atau di Bdg juga ada

Di Sidoarjo ada DIZZO / di Semarang juga sudah ada bengkel servis CRD

Jangan mau di cipoa-in bengkel / mekanik suru ganti assy, kalo om ngikut ya om rela dirampok namanya
snoepje
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 214
Joined: 31 Jul 2016, 14:30

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by snoepje »

Om Turbo,

Warna solar AKR kalo seperti gambar diatas, coklat tua seperti teh

Tandanya sulfurnya tinggi nggak ya om ?
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7353
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by newrubble »

sy punya simple logic of survival

di negara solar busuk ..... hanya beli mobil yg sanggup telan solar busuk

apapun condemnation yg akan sy dpt dgn beli mobil bgitu ..... sy tdk peduli
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 758
Joined: 02 Feb 2015, 10:47

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by silentIm2 »

Akr kayaknya tinggi kandungan partikulatnya.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by Turboman »

saya ada test ambil sample solar AKR di Kapuk

waktu awal buka spbu / bbrp minggu sesudahnya dan terakhir 3 hari lalu

waktu awal buka mmg coklat agak tua, tapi bersih, saya simpan, sampe skg tetap bersih gak ada endapan, pengen tahu disimpan 3 bulan kayak apa

sample ke 2 warna udah mulai lebih muda

sedang yg terakhir warna-nya udah nyaris spt DexLite, cuman agak sedikit keruh aja

3 sample itu rencana saya simpan sampe 3 bulan, pengen tahu nantinya gimana, yg jelas sample pertama dan kedua sih sampe skg gak ada endapan sama sekali ya

beda dgn Dexlite yg disimpan 10 hari aja muncul endapan walau sedikit

*bukan seles AKR *
ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: 23 Nov 2014, 12:25

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by ransyah1234 »

Dulu captiva tidak ada hitam di atas putih boleh pake biosolar biasa? Kalau ada.. harusnya garansi berlaku dong jika memang injector problem gara2 itu?
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: 09 Nov 2014, 22:35

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by daftar »

menunggu kelanjutan cerita om TS.
kemaren waktu ke lumajang mau coba isi solar AKR gak jadi soalnya kebablasan 2x di probolinggo & lumajang. pomnya agak sepi juga.
:ngacir:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by ilhami »

Tangki Spbu a*r nya mantan per*amina ngga?
art3m1s
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 551
Joined: 08 Apr 2004, 19:02
Location: B A N D U N G

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by art3m1s »

menurut teman-teman di komunitas, injector masih dalam coverage warranty.. plus juga, manggil mekanik via CAC juga bukannya free?

tapi, sepertinya udah berlalu.. mari kita tunggu kelanjutannya
B6133PJO
Judi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 05 Feb 2010, 18:25

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by Judi »

Saya rasa ini problem udah mulai ada sejak lama, dan "bisul pecah" saat pakai AKR

Saya dan teman2 pakai AKR bolak balik sama sekali nggak ada masalah tuh
Bisa jadi seperti itu om, meskipun pakai dex 100% injector bermasalah masih mungkin terjadi karena captiva menggunakan injector delphi 28264952 yg sudah euro5 dan sy tdk tau apakah dex sdh euro5 compliant
menurut teman-teman di komunitas, injector masih dalam coverage warranty.. plus juga, manggil mekanik via CAC juga bukannya free?

tapi, sepertinya udah berlalu.. mari kita tunggu kelanjutannya
Mungkin juga om, tetapi setelah melihat attitude dari mekanik yg datang dan komplain sy ke cs tentang garansi dan mbulet sy jd ga respect.
Selama ini sy ke beres hanya untuk ganti olie spy garansi tdk gugur tetapi yg lain2 spt kuras tangki, purging dan cek yg lain sy kerjakan sendiri tetapi setelah kejadian ini sy tdk akan ke beres lagi
Judi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 05 Feb 2010, 18:25

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by Judi »

Sebelum sy share recovery injector by DIY ....
sy infokan dulu biaya yg keluar yaitu.......
---600rb---- per injector
dan material support 50 rb
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: 02 Apr 2007, 08:45
Location: Indonesia
Contact:

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by solar_kerosen »

newrubble wrote:sy punya simple logic of survival

di negara solar busuk ..... hanya beli mobil yg sanggup telan solar busuk

apapun condemnation yg akan sy dpt dgn beli mobil bgitu ..... sy tdk peduli

makanya baca user name saya om , gak semua orang punya intelegensia tinggi :wkkk:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
celanabernoda
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: 23 Apr 2016, 11:42

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by celanabernoda »

kemarin sempet iseng nanya sama sales mitsu, " mba ANPS ini bisa pake solar biasa ga? , mba nya bilang bisa pak ini sudah di sesuain dengan kualitas solar kita pak " :big_comfort: , kalo udah rusak seperti ini aja baru deh garansi hangus dealer ga kan tanggung jawab.

pernah saya panggil mekanik honda pada saat mobil saya masih 6 bulan, aki saya rusak hanya butuh di jumper , tapi kata dealer biayanya 200rb sekali panggilan, gada kata gratis bagi dealer walaupun masih garansi blablabala.....
trio198
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 07 Oct 2016, 08:31

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by trio198 »

Friends,

Mau nanya donk....

Kalau baca2, problem di Captiva ini ada 2 :
1. Masalah oli yang hilang sampai 340ml/1000km. Ini kejadian di semua Captiva atau batch produksi atau tahun produksi tertentu aja ya?
2. Injektor yang rawan rusak. Ini kejadian kalau pake biosol doank, atau pake Dex juga bisa kena? Dan apa kejadian di semua Captiva?

Ada solusi permanen gak sih? Sayang aja klo mobil yang katanya enak ini malah nyusahin.
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 758
Joined: 02 Feb 2015, 10:47

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by silentIm2 »

trio198 wrote:Friends,

Mau nanya donk....

Kalau baca2, problem di Captiva ini ada 2 :
1. Masalah oli yang hilang sampai 340ml/1000km. Ini kejadian di semua Captiva atau batch produksi atau tahun produksi tertentu aja ya?
2. Injektor yang rawan rusak. Ini kejadian kalau pake biosol doank, atau pake Dex juga bisa kena? Dan apa kejadian di semua Captiva?

Ada solusi permanen gak sih? Sayang aja klo mobil yang katanya enak ini malah nyusahin.
1. Konsumsi oli memang lumayan tinggi, tapi punya saya tidak separah 300 ml per 1k km. jujur aja di dipstick tidak terlihat. Di Sun motor makanya mereka isi 6 liter oli, bukan 5.5 liter. Itu karena oli dexos2 oli encer, 5w-30.
2. Injektor tergantung amal, ada yg rajin dex + racun tetep kena. Ada yang cuma biosolar aja ya sehat2 aja.
3. Akinya nyusahin. Cepet usianya kalo ga pake smart charger. Mana aki DIN lagi, bukan standar.
4. Model 2014 up filter solarnya mahal dan blom ada kw Sakuranya.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Judi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 05 Feb 2010, 18:25

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by Judi »

1. Masalah oli yang hilang sampai 340ml/1000km. Ini kejadian di semua Captiva atau batch produksi atau tahun produksi tertentu aja ya?
krn penguapan tp gak sebanyak itu dan ada juga krn liner silinder ngentong yg disebabkan penggunakan bbm dengan kadar belerang yg tinggi
sy ganti oli tiap 8000-8500km dan ga pernah nambah, intinya gunakan bbm dan oli yg direkomendasikan oleh pabrikan
2. Injektor yang rawan rusak. Ini kejadian kalau pake biosol doank, atau pake Dex juga bisa kena? Dan apa kejadian di semua Captiva?
pakai dex juga bs kena krn injector captiva sdh euro5 dan ini utk biaya recovery-nya murah
Judi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 05 Feb 2010, 18:25

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by Judi »

sy akan lanjutkan sesuai topik,
kerusakan yg sering terjadi pada injector al: selenoid coil, control valve dan nozzle
dan kerusakan yg sering terjadi pada injector jika menggunakan solar busuk yaitu pada control valve dan nozzle.
Pd bbrp injector diesel common rail kerusakan bisa diperbaiki, untuk captiva menggunakan delphi pn:28264952
kerusakan pd nozzle yg paling mudah diketahui jika injector sdh dibongkar yaitu lobang nozzle buntu atau jarum macet.
Utk proses perbaikan cukup dengan 15rb saja
dan jk tdk bs diperbaiki hrs ganti baru biayanya per pcs US $15-25 sy biasa beli di eb*y atau al*exp**
Attachments
control valve
control valve
nozzle+jarum
nozzle+jarum
injector
injector
Judi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 05 Feb 2010, 18:25

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by Judi »

Utk step by step detail membuka cover mesin melepas injector sampai dengan bongkar injector mungkin akan sy share di yo*tube jika ada yg request utk coba DIY.

Step awal adalah mencari injector yg bermasalah dengan diagnostic scanner ini cara yg paling gampang krn tinggal hubungkan scanner ke port obd2 yg ada di pojok kanan bawah dashboard

jika tdk ada diagnostic scanner bisa menggunakan cara di gambar 1 yaitu lepas semua return hose dan sambungkan dengan hose yg lain untuk mengalirkan solar ke gelas air mineral dan start engine, perhatikan solar paling banyak ngocor di injector nomor berapa itu yg kemungkinan besar rusak.

atau cara di gambar 2 yaitu lepas semua injector dan pasang lagi dengan posisi injector dibalik dan start engine, perhatikan injector yg tdk menyemprotkan solar itu yg rusak

next.....bongkar injector
Attachments
gambar 1
gambar 1
gambar 2
gambar 2
flamboyan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: 18 Nov 2014, 08:58

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by flamboyan »

Nyimak Om
:frm_tumbright: :frm_tumbright:
halooo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: 29 Dec 2013, 06:45

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by halooo »

salut om memberi pencerahan untuk kita kita yang ngga tau apa apa soal mesin
gobale
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 599
Joined: 25 Sep 2008, 08:20

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by gobale »

Mantap....orang bengkel resmi pun ga kan tau cara bongkar injector...plg disuruh ganti...xixixi
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: 17 Feb 2014, 15:41

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by vipere »

saya sudah gak berani lagi isi akr..pernah coba sekali akr kapuk,suara mesin malah lebih kasar.
maswewe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: 28 Aug 2012, 19:21

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by maswewe »

:frm_tumbright:
Lama saya tdk login. Siang ini ane belain untuk login, hanya untuk sampaiken:

"TRID INI SUNGGUH BERGIZI"

Tabik.
:big_peace:
Judi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 05 Feb 2010, 18:25

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by Judi »

gobale wrote:Mantap....orang bengkel resmi pun ga kan tau cara bongkar injector...plg disuruh ganti...xixixi
mungkin krn SOP di beres harus ganti om walaupun bisa diperbaiki.
Sebelum sy lakukan DIY sy sdh kontak beres dan mereka kirim mekanik hasilnya harus ganti injector 2 buah total ± Rp 18.000.000 belum purging, kuras tangki, dll .......

Perbandingan biaya dng cara DIY :
- perbaikan 1 buah nozzle yg buntu = 15.000
- ganti 2 buah valve control @ 500.000 = 1.000.000
- ongkos bongkar pasang injector = gratis
- ongkos kuras tangki = 80.000 (karena hrs beli jirigen 40l)
- purging dng liqui moly 1 kaleng = 180.000
- carbs cleaner 1 kaleng = 50.000
===> total biaya = 1.325.000 saja

KESIMPULAN 1.325.000 VS 18.000.000 pilih yg mana.......??????
hemat 16.675.000 :big_smile]
Post Reply