Recovery captiva korban solar busuk

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: ChZ, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok, F 272

Post Reply
User avatar
sintoni
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2248
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: Yaris

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by sintoni » 22 Jan 2017, 16:21

paparara wrote:
29 Dec 2016, 02:19
nice info om untuk DIY, saya ada captiva awd 2014, di masa break in turing jakarta bali jakarta belom sampe finish jakarta tepatnya disurabaya mobil sudah terkapar, 4 injector di vonis rusak, kemarin satu injector kena lagi, so far sih masih di cover warranty,
Heh, jadi belon 1000km om?

Padahal full dex terus?

ardianzer
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: 02 Jun 2010, 20:27

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by ardianzer » 24 Jan 2017, 05:34

mc2 wrote:2 minggu ini fuel pump ctv saya bunyi lebih keras dari biasanya dan betul 3 hari yg lalu tidak bisa start hasilnya harus ganti fuel pump..

sambil ganti fuel pump sekalian saya cek tanki untungnya masih bersih..sekalian deh saya coba test injector yg di ajarin om judi hasilnya injector no 1&4 keluar lebih banyak dari pada no 2&3..

Indikasi yg sudah berjalan:
*Di tol mode manual di rpm 4000 kadang2 suka lost power
*Asap tebal range rpm 2500-3000

@om Judi..apakah indikasi di atas bisa di golongkan injector atau ada penyebab yg lain? (Sensor2?)
Ada temen yang punya masalah lost power aeperti ini ... istilahnya ecu memerintahkan mesin untuk masuk ke limp mode.. coba di scan ke bengkel atau pake obd2 .. muncul error code macem macem.. akhirnya service ecu di atak ... bolak balik 2x service .. balik ke 2 gratis karena garansi.. sembuh total tuh mobil... malah lebih enak dari sebelum service ecu Image... tp intinya coba di scan aja dulu


Sent from my iPhone using Tapatalk

Ikmputra
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 10 Feb 2017, 13:10
Location: Bali
Daily Vehicle: captiva

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by Ikmputra » 10 Feb 2017, 13:35

Mohon info mesin captiva diesel brebett...abis ganti filter solar dan udara

dhintonp
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 10 Feb 2017, 15:13

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by dhintonp » 10 Feb 2017, 15:23

salam kenal oms smua. ijin nyimak

dhintonp
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 10 Feb 2017, 15:13

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by dhintonp » 12 Feb 2017, 08:15

Saya baca2 di marih bnyk yg id nya sama kek di kaskus ya. Salam fanboy.

Sent from my ASUS_Z00AD using Seraya Motor mobile app


ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1321
Joined: 16 Nov 2005, 21:21
Location: jkt

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by ween » 12 Feb 2017, 09:00

Ikmputra wrote:
10 Feb 2017, 13:35
Mohon info mesin captiva diesel brebett...abis ganti filter solar dan udara
Abis ganti filter udah buang angin blm?
Kalau blm, buang angin dulu

atok212
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 12 Jan 2016, 12:08

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by atok212 » 12 Feb 2017, 12:19

Ngeri ngeri sedap nih miara captiva
Padahal pengen banget Minang buat gantiin gerobak di garasi

User avatar
joshuawikarta
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: 20 Dec 2015, 10:22

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by joshuawikarta » 12 Feb 2017, 13:16

Kayaknya untung-untungan ya.. Biasa pakai dex atau shell diesel. Sekali terpaksa isi full pakai solar (bukan biosolar) di daerah, deg-degan bukan maen. Syukur sampai ke kota tujuan dan dex berikutnya. Menjelang bersih-bersih di service 30rb KM, so far no issue.
Belom ada yang review miara captiva pakai dexlite ya?

apoge
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 237
Joined: 27 Nov 2015, 08:35

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by apoge » 12 Feb 2017, 14:49

Pertadex sulfurnya 300 ppm dexlite 1000-1200 ppm nah captiva neh berapa ppm maksimum sulfurnya yg si diperbolehkan? Dan saya ada baca fiilter solar capt neh doble ( 2 buah ) ya alasannya untuk mengakomodir solar yg kadar sulfurnya tinggi cmiiw

User avatar
joshuawikarta
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: 20 Dec 2015, 10:22

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by joshuawikarta » 12 Feb 2017, 17:04

Kalau di buku manual mintanya 15 ppm :mky_07:

Sulfur buruk untuk mesin karena bereaksi dengan besi-besi saluran bahan bakar hingga ruang bakar - seharusnya masalahnya rada-rada jangka panjang. Kalau kenanya injektor dengan nozzle kecil itu tersumbat, berarti ada partikulat yang lebih besar dari nozzle atau terjadi penumpukan partikulat di nozzle. Kalau baca-baca di SM, kayaknya ada Om Turboman yang hobi nyimpen diesel biar kotorannya mengendap.

Edit:
Faktor partikulat bisa jadi dari tangki solar SPBU-nya.

ardianzer
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: 02 Jun 2010, 20:27

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by ardianzer » 12 Feb 2017, 20:07

Makanya tiap isi solar sekelas dex pun saya selalu campur dengan additive mau itu crc atau redline .. gak pernah cuma solar tok.. kalau pas kepepet isi solbus saya tambah lg dengan minyak sereh .. so far udah 2 tahun aman aman saja


Sent from my iPhone using Tapatalk

ardianzer
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: 02 Jun 2010, 20:27

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by ardianzer » 12 Feb 2017, 20:09

Ganti filter solar saya percepat demikian juga oli dan filter mesin dibanding jadwal beres


Sent from my iPhone using Tapatalk

gaspol
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: 25 Nov 2012, 23:19

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by gaspol » 12 Feb 2017, 20:45

Filter solar pakai ori, ikutin jadwal penggantian filter menurut manual book, selalu usahakan pakai dex & tetap gunakan additive olar seperti crc 1tank / sdt2000..setidaknya dengan cara itu ane 2x miara captiva diesel ga pernah masalah di injektor. Tiap tahun trip mudik lebaran ke jawa timur aman aja :big_grin:

kabutasap
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: 11 Mar 2016, 13:38

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by kabutasap » 17 Feb 2017, 19:23

ardianzer wrote:
12 Feb 2017, 20:07
Makanya tiap isi solar sekelas dex pun saya selalu campur dengan additive mau itu crc atau redline .. gak pernah cuma solar tok.. kalau pas kepepet isi solbus saya tambah lg dengan minyak sereh .. so far udah 2 tahun aman aman saja


Sent from my iPhone using Tapatalk
Beneran minyak sereh yg bumbu masak itu om?

aray17a
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 24 Feb 2017, 22:39
Location: jateng
Daily Vehicle: captiva

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by aray17a » 24 Feb 2017, 22:55

menu informasi yg bergizi..semangaat om berbaginya

Febry77777
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 11 Apr 2017, 23:27

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by Febry77777 » 11 Apr 2017, 23:42

Salam kenal semua...om Yudi ada tutorial DIY untuk benerin turbo yang ngrok? Problem mobil sy banyak bgt soalnya mulai injector sampai egr yang kadang katup nya macet..

silentIm2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 459
Joined: 02 Feb 2015, 10:47

Re: RE: Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by silentIm2 » 13 Apr 2017, 21:50

Febry77777 wrote:Salam kenal semua...om Yudi ada tutorial DIY untuk benerin turbo yang ngrok? Problem mobil sy banyak bgt soalnya mulai injector sampai egr yang kadang katup nya macet..
Pengalaman suara ngorok kalo ga salah di [email protected] kaskus bisa karena pake filter udara ga standar, apalgi pakai ferrox.

Sent from my ASUS_X008DA using Seraya Motor mobile app


Alvaron
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 13 Apr 2017, 11:39

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by Alvaron » 13 Apr 2017, 22:53

Salut sama om ts, klo saya mgkn udah pasrah sama saran mekanik nya :big_cry:

Febry77777
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 11 Apr 2017, 23:27

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by Febry77777 » 15 Apr 2017, 12:21

om saya kok ga bisa liat gbr yang di posting ya, padahal sdh loggin nih.

User avatar
t0mc4t
Administrator
Administrator
Posts: 2165
Joined: 08 Aug 2002, 16:07
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga GL
Contact:

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by t0mc4t » 15 Apr 2017, 14:29

Hallo,

Gambar yang berupa attachment baru dapat terlihat setelah menjadi level Newbie atau setelah melakukan 10 posting.
Terima kasih.

Febry77777 wrote:
15 Apr 2017, 12:21
om saya kok ga bisa liat gbr yang di posting ya, padahal sdh loggin nih.
Please visit SerayaGroup.com for our other services.
SerayaMotor - SerayaHost - SerayaTravel - SerayaShop - SerayaGallery

Febry77777
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 11 Apr 2017, 23:27

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by Febry77777 » 16 Apr 2017, 05:10

t0mc4t wrote:
15 Apr 2017, 14:29
Hallo,

Gambar yang berupa attachment baru dapat terlihat setelah menjadi level Newbie atau setelah melakukan 10 posting.
Terima kasih.

Febry77777 wrote:
15 Apr 2017, 12:21
om saya kok ga bisa liat gbr yang di posting ya, padahal sdh loggin nih.
Ok. Om...tq2 infonya

Dieselmani4
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: 02 Apr 2017, 13:39
Location: bandung
Daily Vehicle: innova

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by Dieselmani4 » 24 Apr 2017, 21:58

apoge wrote:
12 Feb 2017, 14:49
Pertadex sulfurnya 300 ppm dexlite 1000-1200 ppm nah captiva neh berapa ppm maksimum sulfurnya yg si diperbolehkan? Dan saya ada baca fiilter solar capt neh doble ( 2 buah ) ya alasannya untuk mengakomodir solar yg kadar sulfurnya tinggi cmiiw
Sulfur di dalam bbm ada dalam keadaan terlarut om, jadi pasti lolos dr filtrasi. Fuel filter berfungsi menyaring partikulat (berdasar size) dan menyaring air (berdasar beda massa jenis). CMIIW

Kalo nozzle mampet menurut nubie sih karena partikulat. Bisa jg karena lendir yg terbentuk dari solar (fosil) dan bio(sawit) yg kurang sempurna larutnya (bersenyawa/ber-emulsi). nah lendir ini karena masih berupa liquid encer bisa jadi masil lolos filter, walopun yg kentel masih terfilter

Pabrik ane ketika beli bbm curah, di surat jalan pasti ada tulisan 20% bio (sebelumnya 10%). Kata supirnya, waktu loading di depot, tangki storage solar dan tangki bio itu terpisah. jadi supir harus loading 2x, dan mengisi berdasar %volume. Bisa dibayangkan mereka mengandalkan mixing biodiesel dan solar secara manual didalam tangki

Makanya dulu waktu kadar biodoesel sedikit aja dah ketar ketir atpm dan car owner, tapi pemerintah bikin kebijakan utk terus menaikan kadar bio, demi menurunkan impor solar. Ini pun berdasarkan persetujuan para ahli asal mixingnya yg bener. Nah kalo gak bener bisa jadi kayak lendir atau slime atau jelly.. ane pernah bongkar fuel filter dan nemu lendir.

Maap hanya sharing. Bisa jadi nubie salah

silentIm2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 459
Joined: 02 Feb 2015, 10:47

Re: RE: Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by silentIm2 » 25 Apr 2017, 06:01

Dieselmani4 wrote:
apoge wrote:
12 Feb 2017, 14:49
Pertadex sulfurnya 300 ppm dexlite 1000-1200 ppm nah captiva neh berapa ppm maksimum sulfurnya yg si diperbolehkan? Dan saya ada baca fiilter solar capt neh doble ( 2 buah ) ya alasannya untuk mengakomodir solar yg kadar sulfurnya tinggi cmiiw
Sulfur di dalam bbm ada dalam keadaan terlarut om, jadi pasti lolos dr filtrasi. Fuel filter berfungsi menyaring partikulat (berdasar size) dan menyaring air (berdasar beda massa jenis). CMIIW

Kalo nozzle mampet menurut nubie sih karena partikulat. Bisa jg karena lendir yg terbentuk dari solar (fosil) dan bio(sawit) yg kurang sempurna larutnya (bersenyawa/ber-emulsi). nah lendir ini karena masih berupa liquid encer bisa jadi masil lolos filter, walopun yg kentel masih terfilter

Pabrik ane ketika beli bbm curah, di surat jalan pasti ada tulisan 20% bio (sebelumnya 10%). Kata supirnya, waktu loading di depot, tangki storage solar dan tangki bio itu terpisah. jadi supir harus loading 2x, dan mengisi berdasar %volume. Bisa dibayangkan mereka mengandalkan mixing biodiesel dan solar secara manual didalam tangki

Makanya dulu waktu kadar biodoesel sedikit aja dah ketar ketir atpm dan car owner, tapi pemerintah bikin kebijakan utk terus menaikan kadar bio, demi menurunkan impor solar. Ini pun berdasarkan persetujuan para ahli asal mixingnya yg bener. Nah kalo gak bener bisa jadi kayak lendir atau slime atau jelly.. ane pernah bongkar fuel filter dan nemu lendir.

Maap hanya sharing. Bisa jadi nubie salah
Pertamina ga pakai mesin mixing ya om, cuma tercampur di tangki truk tanker ya om.

Sent from my ASUS_X008DA using Seraya Motor mobile app


Dieselmani4
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: 02 Apr 2017, 13:39
Location: bandung
Daily Vehicle: innova

Re: RE: Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by Dieselmani4 » 25 Apr 2017, 09:19

silentIm2 wrote:
25 Apr 2017, 06:01
Dieselmani4 wrote:
apoge wrote:
12 Feb 2017, 14:49
Pertadex sulfurnya 300 ppm dexlite 1000-1200 ppm nah captiva neh berapa ppm maksimum sulfurnya yg si diperbolehkan? Dan saya ada baca fiilter solar capt neh doble ( 2 buah ) ya alasannya untuk mengakomodir solar yg kadar sulfurnya tinggi cmiiw
Sulfur di dalam bbm ada dalam keadaan terlarut om, jadi pasti lolos dr filtrasi. Fuel filter berfungsi menyaring partikulat (berdasar size) dan menyaring air (berdasar beda massa jenis). CMIIW

Kalo nozzle mampet menurut nubie sih karena partikulat. Bisa jg karena lendir yg terbentuk dari solar (fosil) dan bio(sawit) yg kurang sempurna larutnya (bersenyawa/ber-emulsi). nah lendir ini karena masih berupa liquid encer bisa jadi masil lolos filter, walopun yg kentel masih terfilter

Pabrik ane ketika beli bbm curah, di surat jalan pasti ada tulisan 20% bio (sebelumnya 10%). Kata supirnya, waktu loading di depot, tangki storage solar dan tangki bio itu terpisah. jadi supir harus loading 2x, dan mengisi berdasar %volume. Bisa dibayangkan mereka mengandalkan mixing biodiesel dan solar secara manual didalam tangki

Makanya dulu waktu kadar biodoesel sedikit aja dah ketar ketir atpm dan car owner, tapi pemerintah bikin kebijakan utk terus menaikan kadar bio, demi menurunkan impor solar. Ini pun berdasarkan persetujuan para ahli asal mixingnya yg bener. Nah kalo gak bener bisa jadi kayak lendir atau slime atau jelly.. ane pernah bongkar fuel filter dan nemu lendir.

Maap hanya sharing. Bisa jadi nubie salah
Pertamina ga pakai mesin mixing ya om, cuma tercampur di tangki truk tanker ya om.

Sent from my ASUS_X008DA using Seraya Motor mobile app
SOPnya sih harus ada mixer om, aktualnya entah

Pros bio diesel
Low sulfur,
Cons biodiesel
Low calorific value,
mudah terdegradasi mikroba
mudah teroksidasi menambah lemak jenuh, menaikan acid number, membentuk sludge
Ketika mixing harus ada solvent, antioksidan, dispersant, detergen dll
Cmiiw

RinalMAXIMUM
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: 26 Mar 2017, 22:29
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Chevrolet_Captiva

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by RinalMAXIMUM » 30 Apr 2017, 02:17

apoge wrote:
12 Feb 2017, 14:49
Pertadex sulfurnya 300 ppm dexlite 1000-1200 ppm nah captiva neh berapa ppm maksimum sulfurnya yg si diperbolehkan? Dan saya ada baca fiilter solar capt neh doble ( 2 buah ) ya alasannya untuk mengakomodir solar yg kadar sulfurnya tinggi cmiiw
Kalau shell sulfurnya tinggi gak om? Ane biasa pakai shell, skrg injectornya divonis 1 mati dan 3 gak normal. Kata org bengkel shell sulfurnya tinggi.. Betul kah?

Post Reply

Return to “SUV (2WD/4WD) Types”