Recovery captiva korban solar busuk

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5687
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by sintoni »

paparara wrote: Wed Dec 28, 2016 19:19 nice info om untuk DIY, saya ada captiva awd 2014, di masa break in turing jakarta bali jakarta belom sampe finish jakarta tepatnya disurabaya mobil sudah terkapar, 4 injector di vonis rusak, kemarin satu injector kena lagi, so far sih masih di cover warranty,
Heh, jadi belon 1000km om?

Padahal full dex terus?
ardianzer
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Wed Jun 02, 2010 13:27

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by ardianzer »

mc2 wrote:2 minggu ini fuel pump ctv saya bunyi lebih keras dari biasanya dan betul 3 hari yg lalu tidak bisa start hasilnya harus ganti fuel pump..

sambil ganti fuel pump sekalian saya cek tanki untungnya masih bersih..sekalian deh saya coba test injector yg di ajarin om judi hasilnya injector no 1&4 keluar lebih banyak dari pada no 2&3..

Indikasi yg sudah berjalan:
*Di tol mode manual di rpm 4000 kadang2 suka lost power
*Asap tebal range rpm 2500-3000

@om Judi..apakah indikasi di atas bisa di golongkan injector atau ada penyebab yg lain? (Sensor2?)
Ada temen yang punya masalah lost power aeperti ini ... istilahnya ecu memerintahkan mesin untuk masuk ke limp mode.. coba di scan ke bengkel atau pake obd2 .. muncul error code macem macem.. akhirnya service ecu di atak ... bolak balik 2x service .. balik ke 2 gratis karena garansi.. sembuh total tuh mobil... malah lebih enak dari sebelum service ecu [emoji4]... tp intinya coba di scan aja dulu


Sent from my iPhone using Tapatalk
Ikmputra
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Fri Feb 10, 2017 6:10
Location: Bali
Daily Vehicle: captiva

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by Ikmputra »

Mohon info mesin captiva diesel brebett...abis ganti filter solar dan udara
dhintonp
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Fri Feb 10, 2017 8:13

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by dhintonp »

salam kenal oms smua. ijin nyimak
dhintonp
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Fri Feb 10, 2017 8:13

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by dhintonp »

Saya baca2 di marih bnyk yg id nya sama kek di kaskus ya. Salam fanboy.

Sent from my ASUS_Z00AD using Seraya Motor mobile app

ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by ween »

Ikmputra wrote: Fri Feb 10, 2017 6:35 Mohon info mesin captiva diesel brebett...abis ganti filter solar dan udara
Abis ganti filter udah buang angin blm?
Kalau blm, buang angin dulu
atok212
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Tue Jan 12, 2016 5:08

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by atok212 »

Ngeri ngeri sedap nih miara captiva
Padahal pengen banget Minang buat gantiin gerobak di garasi
joshuawikarta
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Sun Dec 20, 2015 3:22

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by joshuawikarta »

Kayaknya untung-untungan ya.. Biasa pakai dex atau shell diesel. Sekali terpaksa isi full pakai solar (bukan biosolar) di daerah, deg-degan bukan maen. Syukur sampai ke kota tujuan dan dex berikutnya. Menjelang bersih-bersih di service 30rb KM, so far no issue.
Belom ada yang review miara captiva pakai dexlite ya?
apoge
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 248
Joined: Fri Nov 27, 2015 1:35

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by apoge »

Pertadex sulfurnya 300 ppm dexlite 1000-1200 ppm nah captiva neh berapa ppm maksimum sulfurnya yg si diperbolehkan? Dan saya ada baca fiilter solar capt neh doble ( 2 buah ) ya alasannya untuk mengakomodir solar yg kadar sulfurnya tinggi cmiiw
joshuawikarta
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Sun Dec 20, 2015 3:22

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by joshuawikarta »

Kalau di buku manual mintanya 15 ppm :mky_07:

Sulfur buruk untuk mesin karena bereaksi dengan besi-besi saluran bahan bakar hingga ruang bakar - seharusnya masalahnya rada-rada jangka panjang. Kalau kenanya injektor dengan nozzle kecil itu tersumbat, berarti ada partikulat yang lebih besar dari nozzle atau terjadi penumpukan partikulat di nozzle. Kalau baca-baca di SM, kayaknya ada Om Turboman yang hobi nyimpen diesel biar kotorannya mengendap.

Edit:
Faktor partikulat bisa jadi dari tangki solar SPBU-nya.
ardianzer
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Wed Jun 02, 2010 13:27

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by ardianzer »

Makanya tiap isi solar sekelas dex pun saya selalu campur dengan additive mau itu crc atau redline .. gak pernah cuma solar tok.. kalau pas kepepet isi solbus saya tambah lg dengan minyak sereh .. so far udah 2 tahun aman aman saja


Sent from my iPhone using Tapatalk
ardianzer
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Wed Jun 02, 2010 13:27

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by ardianzer »

Ganti filter solar saya percepat demikian juga oli dan filter mesin dibanding jadwal beres


Sent from my iPhone using Tapatalk
gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by gaspol »

Filter solar pakai ori, ikutin jadwal penggantian filter menurut manual book, selalu usahakan pakai dex & tetap gunakan additive olar seperti crc 1tank / sdt2000..setidaknya dengan cara itu ane 2x miara captiva diesel ga pernah masalah di injektor. Tiap tahun trip mudik lebaran ke jawa timur aman aja :big_grin:
kabutasap
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Fri Mar 11, 2016 6:38

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by kabutasap »

ardianzer wrote: Sun Feb 12, 2017 13:07 Makanya tiap isi solar sekelas dex pun saya selalu campur dengan additive mau itu crc atau redline .. gak pernah cuma solar tok.. kalau pas kepepet isi solbus saya tambah lg dengan minyak sereh .. so far udah 2 tahun aman aman saja


Sent from my iPhone using Tapatalk
Beneran minyak sereh yg bumbu masak itu om?
aray17a
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Fri Feb 24, 2017 15:39
Location: jateng
Daily Vehicle: captiva

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by aray17a »

menu informasi yg bergizi..semangaat om berbaginya
Febry77777
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Tue Apr 11, 2017 16:27

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by Febry77777 »

Salam kenal semua...om Yudi ada tutorial DIY untuk benerin turbo yang ngrok? Problem mobil sy banyak bgt soalnya mulai injector sampai egr yang kadang katup nya macet..
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 759
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: RE: Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by silentIm2 »

Febry77777 wrote:Salam kenal semua...om Yudi ada tutorial DIY untuk benerin turbo yang ngrok? Problem mobil sy banyak bgt soalnya mulai injector sampai egr yang kadang katup nya macet..
Pengalaman suara ngorok kalo ga salah di koc@k kaskus bisa karena pake filter udara ga standar, apalgi pakai ferrox.

Sent from my ASUS_X008DA using Seraya Motor mobile app

Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Alvaron
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Thu Apr 13, 2017 4:39

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by Alvaron »

Salut sama om ts, klo saya mgkn udah pasrah sama saran mekanik nya :big_cry:
Febry77777
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Tue Apr 11, 2017 16:27

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by Febry77777 »

om saya kok ga bisa liat gbr yang di posting ya, padahal sdh loggin nih.
User avatar
WiraSoenaryo
Administrator
Administrator
Posts: 2491
Joined: Thu Aug 08, 2002 9:07
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Toyota Rush TRD

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by WiraSoenaryo »

Hallo,

Gambar yang berupa attachment baru dapat terlihat setelah menjadi level Newbie atau setelah melakukan 10 posting.
Terima kasih.

Febry77777 wrote: Sat Apr 15, 2017 5:21 om saya kok ga bisa liat gbr yang di posting ya, padahal sdh loggin nih.
Our other services
SerayaMotor - SerayaHost - SerayaShop - PakaiNota
Febry77777
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Tue Apr 11, 2017 16:27

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by Febry77777 »

t0mc4t wrote: Sat Apr 15, 2017 7:29 Hallo,

Gambar yang berupa attachment baru dapat terlihat setelah menjadi level Newbie atau setelah melakukan 10 posting.
Terima kasih.

Febry77777 wrote: Sat Apr 15, 2017 5:21 om saya kok ga bisa liat gbr yang di posting ya, padahal sdh loggin nih.
Ok. Om...tq2 infonya
Dieselmani4
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Sun Apr 02, 2017 6:39
Location: bandung
Daily Vehicle: innova

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by Dieselmani4 »

apoge wrote: Sun Feb 12, 2017 7:49 Pertadex sulfurnya 300 ppm dexlite 1000-1200 ppm nah captiva neh berapa ppm maksimum sulfurnya yg si diperbolehkan? Dan saya ada baca fiilter solar capt neh doble ( 2 buah ) ya alasannya untuk mengakomodir solar yg kadar sulfurnya tinggi cmiiw
Sulfur di dalam bbm ada dalam keadaan terlarut om, jadi pasti lolos dr filtrasi. Fuel filter berfungsi menyaring partikulat (berdasar size) dan menyaring air (berdasar beda massa jenis). CMIIW

Kalo nozzle mampet menurut nubie sih karena partikulat. Bisa jg karena lendir yg terbentuk dari solar (fosil) dan bio(sawit) yg kurang sempurna larutnya (bersenyawa/ber-emulsi). nah lendir ini karena masih berupa liquid encer bisa jadi masil lolos filter, walopun yg kentel masih terfilter

Pabrik ane ketika beli bbm curah, di surat jalan pasti ada tulisan 20% bio (sebelumnya 10%). Kata supirnya, waktu loading di depot, tangki storage solar dan tangki bio itu terpisah. jadi supir harus loading 2x, dan mengisi berdasar %volume. Bisa dibayangkan mereka mengandalkan mixing biodiesel dan solar secara manual didalam tangki

Makanya dulu waktu kadar biodoesel sedikit aja dah ketar ketir atpm dan car owner, tapi pemerintah bikin kebijakan utk terus menaikan kadar bio, demi menurunkan impor solar. Ini pun berdasarkan persetujuan para ahli asal mixingnya yg bener. Nah kalo gak bener bisa jadi kayak lendir atau slime atau jelly.. ane pernah bongkar fuel filter dan nemu lendir.

Maap hanya sharing. Bisa jadi nubie salah
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 759
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: RE: Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by silentIm2 »

Dieselmani4 wrote:
apoge wrote: Sun Feb 12, 2017 7:49 Pertadex sulfurnya 300 ppm dexlite 1000-1200 ppm nah captiva neh berapa ppm maksimum sulfurnya yg si diperbolehkan? Dan saya ada baca fiilter solar capt neh doble ( 2 buah ) ya alasannya untuk mengakomodir solar yg kadar sulfurnya tinggi cmiiw
Sulfur di dalam bbm ada dalam keadaan terlarut om, jadi pasti lolos dr filtrasi. Fuel filter berfungsi menyaring partikulat (berdasar size) dan menyaring air (berdasar beda massa jenis). CMIIW

Kalo nozzle mampet menurut nubie sih karena partikulat. Bisa jg karena lendir yg terbentuk dari solar (fosil) dan bio(sawit) yg kurang sempurna larutnya (bersenyawa/ber-emulsi). nah lendir ini karena masih berupa liquid encer bisa jadi masil lolos filter, walopun yg kentel masih terfilter

Pabrik ane ketika beli bbm curah, di surat jalan pasti ada tulisan 20% bio (sebelumnya 10%). Kata supirnya, waktu loading di depot, tangki storage solar dan tangki bio itu terpisah. jadi supir harus loading 2x, dan mengisi berdasar %volume. Bisa dibayangkan mereka mengandalkan mixing biodiesel dan solar secara manual didalam tangki

Makanya dulu waktu kadar biodoesel sedikit aja dah ketar ketir atpm dan car owner, tapi pemerintah bikin kebijakan utk terus menaikan kadar bio, demi menurunkan impor solar. Ini pun berdasarkan persetujuan para ahli asal mixingnya yg bener. Nah kalo gak bener bisa jadi kayak lendir atau slime atau jelly.. ane pernah bongkar fuel filter dan nemu lendir.

Maap hanya sharing. Bisa jadi nubie salah
Pertamina ga pakai mesin mixing ya om, cuma tercampur di tangki truk tanker ya om.

Sent from my ASUS_X008DA using Seraya Motor mobile app

Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Dieselmani4
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Sun Apr 02, 2017 6:39
Location: bandung
Daily Vehicle: innova

Re: RE: Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by Dieselmani4 »

silentIm2 wrote: Mon Apr 24, 2017 23:01
Dieselmani4 wrote:
apoge wrote: Sun Feb 12, 2017 7:49 Pertadex sulfurnya 300 ppm dexlite 1000-1200 ppm nah captiva neh berapa ppm maksimum sulfurnya yg si diperbolehkan? Dan saya ada baca fiilter solar capt neh doble ( 2 buah ) ya alasannya untuk mengakomodir solar yg kadar sulfurnya tinggi cmiiw
Sulfur di dalam bbm ada dalam keadaan terlarut om, jadi pasti lolos dr filtrasi. Fuel filter berfungsi menyaring partikulat (berdasar size) dan menyaring air (berdasar beda massa jenis). CMIIW

Kalo nozzle mampet menurut nubie sih karena partikulat. Bisa jg karena lendir yg terbentuk dari solar (fosil) dan bio(sawit) yg kurang sempurna larutnya (bersenyawa/ber-emulsi). nah lendir ini karena masih berupa liquid encer bisa jadi masil lolos filter, walopun yg kentel masih terfilter

Pabrik ane ketika beli bbm curah, di surat jalan pasti ada tulisan 20% bio (sebelumnya 10%). Kata supirnya, waktu loading di depot, tangki storage solar dan tangki bio itu terpisah. jadi supir harus loading 2x, dan mengisi berdasar %volume. Bisa dibayangkan mereka mengandalkan mixing biodiesel dan solar secara manual didalam tangki

Makanya dulu waktu kadar biodoesel sedikit aja dah ketar ketir atpm dan car owner, tapi pemerintah bikin kebijakan utk terus menaikan kadar bio, demi menurunkan impor solar. Ini pun berdasarkan persetujuan para ahli asal mixingnya yg bener. Nah kalo gak bener bisa jadi kayak lendir atau slime atau jelly.. ane pernah bongkar fuel filter dan nemu lendir.

Maap hanya sharing. Bisa jadi nubie salah
Pertamina ga pakai mesin mixing ya om, cuma tercampur di tangki truk tanker ya om.

Sent from my ASUS_X008DA using Seraya Motor mobile app
SOPnya sih harus ada mixer om, aktualnya entah

Pros bio diesel
Low sulfur,
Cons biodiesel
Low calorific value,
mudah terdegradasi mikroba
mudah teroksidasi menambah lemak jenuh, menaikan acid number, membentuk sludge
Ketika mixing harus ada solvent, antioksidan, dispersant, detergen dll
Cmiiw
RinalMAXIMUM
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Sun Mar 26, 2017 15:29
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Chevrolet_Captiva

Re: Recovery captiva korban solar busuk

Post by RinalMAXIMUM »

apoge wrote: Sun Feb 12, 2017 7:49 Pertadex sulfurnya 300 ppm dexlite 1000-1200 ppm nah captiva neh berapa ppm maksimum sulfurnya yg si diperbolehkan? Dan saya ada baca fiilter solar capt neh doble ( 2 buah ) ya alasannya untuk mengakomodir solar yg kadar sulfurnya tinggi cmiiw
Kalau shell sulfurnya tinggi gak om? Ane biasa pakai shell, skrg injectornya divonis 1 mati dan 3 gak normal. Kata org bengkel shell sulfurnya tinggi.. Betul kah?