Masalah aneh di Nissan Juke 2011

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

JukeJoken
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat Jan 09, 2016 8:03
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Masalah aneh di Nissan Juke 2011

Post by JukeJoken »

Selamat malam rekan SM semua. Ane mau nanya , siapa tau ada sesama pengguna Juke yang ngalamin kejadian sama atau ada yang tahu masalahnya apa. Jadi alkisah belum lama ini ane ke Bandung. Isi mobil berempat. Pas sampe di tanjakan lembang arah ke de ranch , jalan agak macet jadi ane berenti , posisi transmisi ada di D. Gak lama kemudian pas ane mau jalan , ane injek gas , eh mesinnya gak respon. Ane injek gas RPM stay di 700-900rpm (kayak idle). Mau diinjek sedalem apapun , gasnya gak respon. Udah di posisi D , ane gas malah malah gelinding mundur. Ane ganti Driving modenya dari Sport ke Normal ke Eco hasilnya sama , mesinnya gak respon sama sekali. Tetep idle , gak meraung sama sekali , dan gak bergerak mobilnya. Setelah bikin macet dan didorong orang , tiba-tiba mobil mau di gas. Ane injek abis pedal gas rata lantai, rpm cuma naik dan stay ke 3000an dan mobil jalan cuma 20an km/h. Pas dibawa ke bengkel deket sana , semua di cek kata bengkel gaada masalah.

Kejadian kedua pas ane lagi di BSD , mau puter balik , tiba tiba gas juga gak respon. Pas di gas mesinnya diem dan mobil gak gerak. Mau ane taro di D atau N , pas di gas rpm gak naik dan mesin tetep idle. Bbrp menit baru mau di gas dan diinjek abis cuma jalan lambat banget (20an km/h). Langsung ane bawa ke bengkel spesialis Nissan , mereka semacam scan ECUnya , di komputer mereka gaada bacaan ECU yang salah atau malfungsi dari sensor apapun. Bengkel cuma saranin carbon clean , itu juga mereka gak jamin bakal selesain masalah.

Di dua kali ane kena masalah , mobil gak abis digeber , jalan juga santai. Suhu mesin juga gak naik , tetep 7 strip kayak biasa (ditengah antara H dan C). AC juga tetep berfungsi dan tetep dingin pas gabisa di gas itu. Ane biasa isi Pertamax , mobil udah 91.000KM. Kondisi biasa kalau ane bawa emang mobilnya suka endut-endutan dan nyentak nyentak entah kenapa , padahal CVT. Beberapa juke lain yang ane bawa juga gitu.

Mungkin ada yang ngerti atau bisa bantu jawab apa yang jadi biang masalah di Juke ane. Dulu sempet pelihara Juke lain , Udah dipake sampe 150000an km sampai udah dijual malah gak pernah kena masalah kayak ini. Mohon bantuan dari Suhu-suhu sm semua karena 3 bengkel yang udah ane kunjungi gak tahu apa masalahnya hehehe. Ane curiga CVTnya , tapi katanya kalau masalah di CVT , pas di gas RPM naik tapi mobil gak gerak. Nah ane pas di gas , rpm gak naik , mobil gak jalan :ungg:
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Masalah aneh di Nissan Juke 2011

Post by nyotnyet »

Mobilnya apa ada pasang unichip om? Dakar papa saya dulu juga gitu...setelah retune jadi normal, jadi menurut bengkel yg retune, settingan yg lama (copy paste tanpa dyno) itu grafiknya naik terus ga ada turunnya.
Gejalanya spt om gitu deh...tiba2 gas kosong...solusinya berenti matiin mesin dulu beberapa menit..baru jalan lagi normal lagi..

Sekarang abis retune sih normal terus, saya bawa jalan2 luar kota juga normal.

Soul Red zoom zoom
libunku
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Sun Jan 31, 2016 7:02

Re: Masalah aneh di Nissan Juke 2011

Post by libunku »

Coba di scan lagi ecu nya,terus liat langsung kondisi aktualnya voltase throttle sensornya naik ga waktu di gas? Kalo gak naik ya masalah disana,posisi throttle sensor pas di pedal gasnya,siapa tau kotor
JukeJoken
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat Jan 09, 2016 8:03
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Masalah aneh di Nissan Juke 2011

Post by JukeJoken »

nyotnyet wrote:Mobilnya apa ada pasang unichip om? Dakar papa saya dulu juga gitu...setelah retune jadi normal, jadi menurut bengkel yg retune, settingan yg lama (copy paste tanpa dyno) itu grafiknya naik terus ga ada turunnya.
Gejalanya spt om gitu deh...tiba2 gas kosong...solusinya berenti matiin mesin dulu beberapa menit..baru jalan lagi normal lagi..

Sekarang abis retune sih normal terus, saya bawa jalan2 luar kota juga normal.
Wah mobil ane sih standar , cuma iya masalahnya gitu , gasnya kosong. Mungkin harus reset ECUnya kali ya..
JukeJoken
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat Jan 09, 2016 8:03
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Masalah aneh di Nissan Juke 2011

Post by JukeJoken »

libunku wrote:Coba di scan lagi ecu nya,terus liat langsung kondisi aktualnya voltase throttle sensornya naik ga waktu di gas? Kalo gak naik ya masalah disana,posisi throttle sensor pas di pedal gasnya,siapa tau kotor
Kemarin sempat ada bongkar kabel di bawah kolom setir , katanya sambungan dari gas ke sensor apanya gitu , mereka cek katanya gak ada masalah... Mungkin nanti ane bawa lagi untuk cek voltasenya.. Thanks gan sarannya :)
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47

Re: Masalah aneh di Nissan Juke 2011

Post by Mozawa »

kayak mekanisme throtthle by wire bermasalah...
kalau rusak , maka otomatis ke step default , gak bisa di gas.lebih kenceng...... cmiiw
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4583
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Masalah aneh di Nissan Juke 2011

Post by Profith83 »

Sekedar sharing Nissan Grand Livina manual.
Mirip sekali problemnya.

Jadi waktu tanjakan RPM cuma berada di 1600 -1800 di gigi 1, gak bias kenceng karena merambat. Tiba tiba mobil tidak ada tenaga dan digas tetap mesinnya idle di RPM 900 an. Akhirnya mobil mundur ke pinggir, coba gas lagi tetap tidak ada respon sama sekali .... PUSING.

Akhirnya coba matikan mesin tunggu sekitar 5 menit saya piker mesinnya panas. Kemudian nyalankan lagi normal normal saja.

Sepertinya ini penyakitnya Nisaan secara keseluruhan kalau jalan naik dan merambat di RPM rendah.

Sejak saat itu kalau tanjakan tidak mau beriringan... jadi biar yang depan jalan dulu agak jauh baru kita jalan, supaya RPM bisa agak tinggi di 2100 an keatas
User avatar
akbarfit
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 288
Joined: Fri Jul 02, 2010 15:23

Re: Masalah aneh di Nissan Juke 2011

Post by akbarfit »

Cek sekring lalu Cek soket CVT.

Hasil berdiskusi sama mekanik senior di Nissan Malang.
DoctorJDM

Human that can humanize human is the best human.
JukeJoken
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat Jan 09, 2016 8:03
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Masalah aneh di Nissan Juke 2011

Post by JukeJoken »

Mozawa wrote:kayak mekanisme throtthle by wire bermasalah...
kalau rusak , maka otomatis ke step default , gak bisa di gas.lebih kenceng...... cmiiw
Bisa jadi gan.. Tapi sama bengkel udah di cek ke sambungan kabel gasnya katanya gak ada masalah.. Hehe
JukeJoken
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat Jan 09, 2016 8:03
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Masalah aneh di Nissan Juke 2011

Post by JukeJoken »

akbarfit wrote:Cek sekring lalu Cek soket CVT.

Hasil berdiskusi sama mekanik senior di Nissan Malang.
Yang di cek itu sekring apanya ya gan ? Hehehe saya kurang ngerti masalah mesin
JukeJoken
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat Jan 09, 2016 8:03
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Masalah aneh di Nissan Juke 2011

Post by JukeJoken »

Profith83 wrote:Sekedar sharing Nissan Grand Livina manual.
Mirip sekali problemnya.

Jadi waktu tanjakan RPM cuma berada di 1600 -1800 di gigi 1, gak bias kenceng karena merambat. Tiba tiba mobil tidak ada tenaga dan digas tetap mesinnya idle di RPM 900 an. Akhirnya mobil mundur ke pinggir, coba gas lagi tetap tidak ada respon sama sekali .... PUSING.

Akhirnya coba matikan mesin tunggu sekitar 5 menit saya piker mesinnya panas. Kemudian nyalankan lagi normal normal saja.

Sepertinya ini penyakitnya Nisaan secara keseluruhan kalau jalan naik dan merambat di RPM rendah.

Sejak saat itu kalau tanjakan tidak mau beriringan... jadi biar yang depan jalan dulu agak jauh baru kita jalan, supaya RPM bisa agak tinggi di 2100 an keatas

Wahh iya ini masalahnya sama persis. Padahal Grand Livinanya manual ya , berarti belum tentu masalah di CVT ane ya. Tapi ane malah kena masalah ini gak cuma pas lagi nanjak , pas lagi jalan rata juga pernah.. Terus Grand Livinanya udah sembuh gan ?
jabbathehut
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat May 23, 2015 7:40

Re: Masalah aneh di Nissan Juke 2011

Post by jabbathehut »

Wah ane masalah kyk gini di brio at. Sampe saat ini udh hampir sebulan nginep di bengkel g kelar2.
Jadi pas dipake jalan indikator D kedip2. Trus mesin jln jd loncat2 gt. Nah pas ane parkir,matiin,malah R nya mati jd g bs mundur. Jd ke bengkel dl kondisi mobil cm bisa maju doang [emoji28]
Diagnosa scan pertama katanya selenoid maticnya kena. Klaim garansi,barang dateng,dibongkar2 ternyata katanya baik2 aja. Teori kedua ada kabel putus. Telusur2 katanya enggak jg.
Sekalian mau nanya,klo mobil sampe lama banget di bengkel g kelar2,kita bs minta kompensasi g ya? Mslhny kan mengganggu mobilitas harian jg..

Sent from my ASUS_T00F using Tapatalk
JukeJoken
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat Jan 09, 2016 8:03
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Masalah aneh di Nissan Juke 2011

Post by JukeJoken »

Mozawa wrote:kayak mekanisme throtthle by wire bermasalah...
kalau rusak , maka otomatis ke step default , gak bisa di gas.lebih kenceng...... cmiiw

Terakhir kabel sambungan dari gas ke apanya gitu sudah di cek 2 bengkel , katanya gak ada masalah.. Pertama kali kena juga ane langsung mikir dr drive by wirenya hehehe
JukeJoken
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat Jan 09, 2016 8:03
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Masalah aneh di Nissan Juke 2011

Post by JukeJoken »

jabbathehut wrote:Wah ane masalah kyk gini di brio at. Sampe saat ini udh hampir sebulan nginep di bengkel g kelar2.
Jadi pas dipake jalan indikator D kedip2. Trus mesin jln jd loncat2 gt. Nah pas ane parkir,matiin,malah R nya mati jd g bs mundur. Jd ke bengkel dl kondisi mobil cm bisa maju doang [emoji28]
Diagnosa scan pertama katanya selenoid maticnya kena. Klaim garansi,barang dateng,dibongkar2 ternyata katanya baik2 aja. Teori kedua ada kabel putus. Telusur2 katanya enggak jg.
Sekalian mau nanya,klo mobil sampe lama banget di bengkel g kelar2,kita bs minta kompensasi g ya? Mslhny kan mengganggu mobilitas harian jg..

Sent from my ASUS_T00F using Tapatalk

Wah masih mending gan bisa maju , ane maju mudur gak bisa hehehe.. Seinget ane dulu kayaknya ada yang klaim masalah HRV , lalu mobilnya nginep itu dipinjemin mobil pinjeman. Kalau gak salah inget ya. Semoga cepet sembuh gan Brionya hehehe :frm_tumbright:
User avatar
Promtheus
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Wed Feb 03, 2016 12:40
Location: Serpong

Re: Masalah aneh di Nissan Juke 2011

Post by Promtheus »

mmm... Kalo bengkel bilang gak ada masalah, mungkin coba lain kali kalo mobil lg berhenti di tanjakan, pindah ke posisi 'L' (low gear cvt di nissan juke) . Jangan di 'D'. Soalnya mungkin ibarat kalo mobil manual, kalo gigi posisi tinggi di tanjakan juga rpm susah naik n gak mau jalan juga... dalam kasus ini, mungkin cvtnya lg set "gear"nya di posisi tinggi juga (ini cuma pendapat ane sih, gak tau bener apa gak...). Dan juga karena juke gak punya hsa, jd pas mau jalan, udah gas duluan walaupun masih di rem (tunggu rpm rada tinggi dikit), baru rem direlease pelan2 biar mobil ada tenaga dan gak mundur.

Sedikit sharing, kemaren ane kebandung pake nissan juke.. 2 orang aja sih.. di tol cipularang pas tanjakan rada panjang, ane coba nambah gas 1/4 lg pas di tengah tanjakan untuk nambah kecepatan dari 80km/jam, rpmnya naik, cuma pas di sekitar 3800 rpm timbul suara bunyi peluit dan kecepatan juga gak bertambah, makin di gas lg makin kenceng suaranya, akhirnya ane gak berani gas lg dan akhirnya gak jadi nambah kecepatan hehehehe... trs di tanjakan panjang lainnya, ane penasaran dan coba gas sampe 6000 rpm dmn puncaknya, berhasil nambah ke 120km/jam di tanjakan sambil nyalip2, walaupun samar2 kedengeran suara peluitnya itu... tp kalo jalan datar n mau nambah kecepatan gak pernah timbul..
ane penasaran sih suara peluitnya itu dari mana asalnya, ada yg pernah ngalamin?...

sedikit tips OOT dari ane, tombol O/D di mobil2 nissan, selain untuk nyalip, ternyata bisa dijadiin engine brake juga untuk ngebantu ngerem kalo di atas 60km/jam... CMIIW
4JA-1 M/T 2014
4N15 A/T 2018
2GD-FTV A/T 2019
1KR-VET A/T 2021
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Masalah aneh di Nissan Juke 2011

Post by egibaio »

Ini kalau saya denger gejalanya kayaknya mobilnya masuk limp mode atau safe mode ya? Soal CVT nya apa bengkel udah ada komentar om?
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Masalah aneh di Nissan Juke 2011

Post by PRBS »

ini persis seperti yang pernah saya alami di C26. tapi pengalaman ini saya alami cuma sekali aja..

dulu pernah roadtrips jakarta-bromo. pas sampai di kaki bromo (pertigaan jalanan kecil dari arah malang, bromo belok kekanan). darisitu jalanan sudah nanjak terus..

awal2 jalanan menanjaknya masih landai, dengan kondisi jalan seperti jalan raya.. posisi masih di D, dengan rpm 2500-3000. speed masih bisa 40-70kmh.. pas masuk di pos pertama, jalanan mulai kayak jalan kampung, sempit dan tanjakannya mulai terjal dan panjang sekali... posisi masih di D, dengan rpm 3000an. speed masih bisa 25-30kmh. (tapi konstan, soalnya emang ga bisa lebih kecepatannya.. muatannya banyak), tapi semua masih normal..

nah, mulai aneh pas di pos 2. pos paling atas.. setelah bayar retribusi, pas jalan kok speed ga mau lebih dari 15kmh.. rpm juga gamau lebih dari 2000rpm. padahal jalanan sudah mulai landai kemiringannya.. saking bingungnya, saya sampe berenti dulu dan jalan lagi.. tapi ya tetep aja speednya mentok segitu..

akhirnya dengan speed ga lebih dari 15kmh, saya sampai di penginapan (pukul 15.00). istirahat plus makan, dan pas jam 22.00 saya iseng keliling naik c26.. dan ternyata, back to normal lagi. CVT no probs.. dan hari berikutnya sampe detik ini, ga pernah ada kejadian kayak gitu lagi..

dulu pernah nanya ke forum serena di sebelah. ada yg bilang mungkin CVTnya kepanaasan, jadi di "safe mode" ibaratnya.. karena masuk akal ya saya percaya aja..

oiya, semua kejadian itu, temperatur normal ya.. alias ga muncul warning light kalo mesin panas..

dan pernah nanya di beres pas service 20rb, dia malah bingung pas saya ceritain kayak gitu. :mky_04:
orchard
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 272
Joined: Thu Jun 26, 2014 9:28

Re: Masalah aneh di Nissan Juke 2011

Post by orchard »

Nissan Juke ya..
perna punya pengalaman menyebalkan piara juke,
sy copas aja dr surat cinta sy ke nissan care thn 2014 kmrn

Sy adalah penguna nissan juke RX 2011, kendaraan saya mengalami masalah, yaitu sbb:
1. Tiba2 raungan mesin di kap mesin kasar sekali, hingga sanggat menganggu.
2. Saat dipakai perjalanan menuju bengkel nissan daanmogot, tiba2 stir tdk bs bergerak alias ngelock, saat berhenti rem tb2 ngelock, dan dipanel odo: sign airbag, PS, rem muncul dan tdk bs hilang.
3. Setelah itu, sy matikan mesin dan suara raungan mendadak hilang, namun temp cukup tinggi di 4/5 bar.
4. Shock dpn bunyi bila melewati polisi tidur, atau jalanan rusak.

Mengenai shock dpn sebenarnya, pada servis berkala terakhr di nissan pik, sudah perna diclaim, namun tdk perna ada tindak lanjut nya utk shock ini.

Mengingat garansi sdh pas 3thn, maka saya harapkan pihak nissan mau segera memperbaiki segala keluhan saya, dan kendaraan sdh saya titipkan di nisssan daanmogot (SA Sumarwan) sejak tanggal 30 juli 2014, dan sy mohon PRIORITAS nya utk segera mengirimkan sparepart ke nissan daanmogot, karena kendaraan juke ini adalah kendaraan operasional mengantar anak sekolah. Dan pihak bengkel pun sdh menganalisa kerusakan diantaranya: kompressor AC, motorfan radiator, Spiral cable airbag, fanbelt. Utk shock depan jg sy harapkan diganti.

surat cinta ke 2
Sehubungan dengan email sebelumnya, saya beberapa kali call cs bengkel maupun nissan care, namun hingga saat ini part spiral cable airbag blm tersedia (sdh 3minggu lebih), saya butuh kepastian kapan part tersebut ready, karena airbag sangat crucial pada kendaraan, dimana, sy mengasumsikan adanya error di odo airbag, kemungkinan besar airbag tdk bekerja. Mohon mengerti mengapa saya push pihak nisssan agar segera menyiapkan part tersebut.

Part foglamp, kmrn sy menghubungi nissancare diberitahu sdh ready.

Adapun sejak saya terima nissan juke itu, ada bebrp keanehan, antara lain : tuas transmisi saat P ke R, seringkali saat perpindahan tdk mulus dan bunyi krek yg keras, padahal sebelum di taruh ke bengkel nissan daan mogot, tdk ada masalah di tuas transmisi tersebut. Dan juga ada bunyi2an di sekitar bawah kap mesin dan jg shock breaker.

Mohon keluhan saya segera ditanggapi, krn saya sdh cukup bersabar menunggu. Saya cukup kecewa dgn nissan yg tdk responsif dalam menanggapi keluhan yg saya sebutkan. Dan 1 keanehan, mengapa setiap kali ke bengkel resmi, pasti mendapatkan keanehan2 baru. Hal ini sdh saya perhatikan, mulai dari bengkel resmi puri, pik, dan terakhr daanmogot. selalu harus balik ke bengkel kembali utk claim.

surat cinta ke 3
Sehubungan dengan part sdh tersedia (spiral airbag cable dan foglamp) dibengkel daan mogot, jumat kemarin 5 sept 2014, juke sudah dititip kan ke nissan daan mogot.

Beberapa keluhan sehubungan dengan keluhan2 yang perna dipaparkan sebelumnya,

Perihal bunyi2an disekitar shock breaker, identifikasi dari bengkel yaitu masalah dr shockbreaker dan steering rack.. Pihak bengkel skrg menunggu balasan dari nissan pusat mengenai claim pengantian part tersebut..namun sdh 2-3hr blm ada balasan dari NMI, Sebagai informasi, keluhan bunyi2an di shock breaker sudah sejak dari service berkala 50.000km di nissan puri, dan 60.000km di nissan pik, namun tidak ditanggapi. Demikian jg saat kendaraan juke saya, saat dititipkan di nisssan daanmogot 30 juli - 06 agustus, jg tidak dicek atau tdk berhasil dicek mslh berasal dari mana. pihak bengkel br bisa menyimpulkan masalah bunyi2 berasal dari shock breaker dan steering rack baru saat saya titipkan 5 september kemarin.

Saya merasakan berhari2 saya titipkan ke bengkel, namun tidak dikerjakan dengan maksimal inspeksinya..

Sama hal nya perihal bunyi krek saat perpindahan transmisi saat P to R, seringkali bunyi krek yg sangat menganggu seperti suara tertahan dan beradu. Namun hingga hari ini( 9sept) saya call nissan daanmogot, dengan SA. Bpk Sumarwan, dari hasil test beliau diinfokan transmisi normal, spt nissan juke lainnya. Dan tdk ada perbaikan/inspeksi utk keluhan nya saya ini. Saya kecewa, selama berhari2 dititipkan, tetap tidak diinspeksi lebih lanjut. Hal yg paling realistis yaitu mana mungkin bila kondisi normal, saya minta dibongkar-bongkar, dsb. Tentunya ada keluhan, baru minta diinspeksi.

Keluhan dan kekecewaan telah berulang kali saya sampaikan ke bengkel maupun nissan care baik byphone, maupun bymail.

Demikian keluhan yang ingin saya sampaikan, mohon kiranya pihak nissancare/nmi, segera mungkin mengirimkan part yg saya claim.

surat cinta ke4
Pada tanggal 9 Oktober 2014, kendaraan juke saya sdh masuk di bengkel daan mogot, diadakan pengantian Steering Rack, namun untuk part shockbreaker dan karet membran (maaf bila penulisan salah part, krn by phone saya mendengar spt itu) tdk diaprove, dengan alasan : kondisi jalanan yang tidak baik. Saya telah menjelaskan kepada nissan care (bpk indra) bahwa alasan tersebut sangatlah tidak masuk akal dengan paparan saya saat itu, karena unit Juke itu adalah produksi CKD, yang mana sudah disesuaikan dengan karakter jalanan di indonesia. Seharusnya part set yg diclaim di approve semua, karena masing2 part berkontribusi menunjang part lainnya.

Dan jg kekecewaan saat SA di daanmogot seusai pengantian part steering rack, dijelaskan bahwa part yang diganti tidak ada garansi sama sekali (karena masuk pd pasal claim, bukan part yg dibayar). Namun saat saya by phone call ke nissan care (bpk.indra) dijelaskan part yg diganti (steering rack) tetap bergaransi selama bebrp bulan dan kilometer (saya lupa details bln dan km nya).

Selepas dari bengkel daan mogot, juke saya sering kali alarm tiba2 berbunyi, saat pagi, siang, sore, mau malam hari, ini sdh sangat menganggu ketenangan. Saya berpikir, juke ini kenapa bertambah masalah terus?

Dan jg per hari ini, gejala bunyi gluduk2 keras mulai terdengar, bunyi gluduk ini malah benar2 terdengar jauh sblm saat diganti steering rack tersebut.. Luar biasa
Kekecewaan bertambah lagi terhadap produk nissan, ternyata inilah kualitas dari sebuah brand nissan, kendaraan yang berusia 3tahun, sudah banyak mengalami masalah.. Makin di pegang oleh mekanik nissan, makin bertambah masalah.

Saya sendiri sudah engan untuk balik ke bengkel daan mogot, selain dikarenakan traffic arah daanmogot sangatlah macet, jg dikarenakan menurut saya pribadi, (maaf) kinerja kualitas bengkel kurang memuaskan.
Bila memang nissan masih ingin memberikan solusi yg baik, saya minta diarahkan ke nissan pik, karena dekat dengan lokasi tempat tinggal saya.

Mohon nissancare mendengar segala keluhan saya dari awal, dan memberikan solusi yang terbaik dan berimbang. Karena kekecewaan saya, mungkin apabila tidak mendapatkan kepuasaan dari solusi tersebut, akan berefek kedepannya tidak akan memakai produk nissan bagi keluarga-keluarga dan teman-teman saya.

uda ah cukup.. ntar bosen bacanya, beberapa kasus unsolved.. akhirnya tak mau pusing lagi, jualah itu kodok juke..
goodbye nissan..

PS : sory bkn bermaksud black campaign, cm share pengalaman piara si kodok.. dan sebenarnya ini mbl harian adik sy, krn cewe susah ke bengkel utk claim, makanya sy yg maju saat claim//
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Masalah aneh di Nissan Juke 2011

Post by jivos »

Sementara fokus k dbw sm ecu scan dl om.
Sesuai info om "rpm tdk main meski di gas"

Safe mode/limb mode/tranny cvt prob: rpm itu msh bs main klo di gas. Di posisi safe mode (bbrp merk yg sy cb, defaultnya ada di gigi 4) msh kuat nanjak parkiran gedung meski hrs gas agak daleman.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
JukeJoken
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat Jan 09, 2016 8:03
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Masalah aneh di Nissan Juke 2011

Post by JukeJoken »

Promtheus wrote:mmm... Kalo bengkel bilang gak ada masalah, mungkin coba lain kali kalo mobil lg berhenti di tanjakan, pindah ke posisi 'L' (low gear cvt di nissan juke) . Jangan di 'D'. Soalnya mungkin ibarat kalo mobil manual, kalo gigi posisi tinggi di tanjakan juga rpm susah naik n gak mau jalan juga... dalam kasus ini, mungkin cvtnya lg set "gear"nya di posisi tinggi juga (ini cuma pendapat ane sih, gak tau bener apa gak...). Dan juga karena juke gak punya hsa, jd pas mau jalan, udah gas duluan walaupun masih di rem (tunggu rpm rada tinggi dikit), baru rem direlease pelan2 biar mobil ada tenaga dan gak mundur.

Sedikit sharing, kemaren ane kebandung pake nissan juke.. 2 orang aja sih.. di tol cipularang pas tanjakan rada panjang, ane coba nambah gas 1/4 lg pas di tengah tanjakan untuk nambah kecepatan dari 80km/jam, rpmnya naik, cuma pas di sekitar 3800 rpm timbul suara bunyi peluit dan kecepatan juga gak bertambah, makin di gas lg makin kenceng suaranya, akhirnya ane gak berani gas lg dan akhirnya gak jadi nambah kecepatan hehehehe... trs di tanjakan panjang lainnya, ane penasaran dan coba gas sampe 6000 rpm dmn puncaknya, berhasil nambah ke 120km/jam di tanjakan sambil nyalip2, walaupun samar2 kedengeran suara peluitnya itu... tp kalo jalan datar n mau nambah kecepatan gak pernah timbul..
ane penasaran sih suara peluitnya itu dari mana asalnya, ada yg pernah ngalamin?...

sedikit tips OOT dari ane, tombol O/D di mobil2 nissan, selain untuk nyalip, ternyata bisa dijadiin engine brake juga untuk ngebantu ngerem kalo di atas 60km/jam... CMIIW
udah bro , ane taro di L juga hasilnya sama hehehe.. Emang si Juke ini kalau lagi jalan lurus datar jago dia , begitu ketemu tanjakan gasnya suka gamau respon gitu. Suara peluit atau dengungan bro ? Kalau suara dengung itu dari cvtnya kalau gak salah emang bunyi gitu.
JukeJoken
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat Jan 09, 2016 8:03
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Masalah aneh di Nissan Juke 2011

Post by JukeJoken »

egibaio wrote:Ini kalau saya denger gejalanya kayaknya mobilnya masuk limp mode atau safe mode ya? Soal CVT nya apa bengkel udah ada komentar om?
Kalau menurut buku panduan iya CVTnya bisa safe mode kalau kepanasan. Tapi ini 30000km sebelumnya ane baru kuras oli CVTnya , dan ane jalan kondisi biasa , sore sore. Menurut ane normalnya kan gak mungkin CVTnya kepanasan.. Hehehe
JukeJoken
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat Jan 09, 2016 8:03
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Masalah aneh di Nissan Juke 2011

Post by JukeJoken »

PRBS wrote:ini persis seperti yang pernah saya alami di C26. tapi pengalaman ini saya alami cuma sekali aja..

dulu pernah roadtrips jakarta-bromo. pas sampai di kaki bromo (pertigaan jalanan kecil dari arah malang, bromo belok kekanan). darisitu jalanan sudah nanjak terus

nah, mulai aneh pas di pos 2. pos paling atas.. setelah bayar retribusi, pas jalan kok speed ga mau lebih dari 15kmh.. rpm juga gamau lebih dari 2000rpm. padahal jalanan sudah mulai landai kemiringannya.. saking bingungnya, saya sampe berenti dulu dan jalan lagi.. tapi ya tetep aja speednya mentok segitu..

akhirnya dengan speed ga lebih dari 15kmh, saya sampai di penginapan (pukul 15.00). istirahat plus makan, dan pas jam 22.00 saya iseng keliling naik c26.. dan ternyata, back to normal lagi. CVT no probs.. dan hari berikutnya sampe detik ini, ga pernah ada kejadian kayak gitu lagi
Nah ini masalahnya ane sering alamin selain masalah yang gas gak respon. Ketemu tanjakan curam , kecepatan Juke ane bisa tiba tiba makin pelan , malah pernah lagi di gas tiba tiba berenti di tengah tengah tanjakan. Ane gas abis cuma jalan pelan banget. Menurut ane gak mungkin kepanasan karena masa cuma gara" satu tanjakan aja bisa panas.. Hehehehe
JukeJoken
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat Jan 09, 2016 8:03
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Masalah aneh di Nissan Juke 2011

Post by JukeJoken »

orchard wrote: PS : sory bkn bermaksud black campaign, cm share pengalaman piara si kodok.. dan sebenarnya ini mbl harian adik sy, krn cewe susah ke bengkel utk claim, makanya sy yg maju saat claim//
Wah masalahnya banyak juga ya. Kalau ane sih pas mobil baru dateng aja udah masalah , cat pintu belakangnya belang sama ada garis kayak baret tapi rapi sepanjang 15an cm. ane bunyi"an kaki kakinya dari kanan belakang , ada bunyi klutuk-klutuk. Terus dari dalem dasbor bunyi bunyi. Steering rack bunyi bunyi ane punya juga , tapi kayaknya karena umur aja. Tapi kalau sampe setir sama rem ngunci ane belum pernah , itu sih parah gan :ungg:
JukeJoken
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat Jan 09, 2016 8:03
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Masalah aneh di Nissan Juke 2011

Post by JukeJoken »

jivos wrote:Sementara fokus k dbw sm ecu scan dl om.
Sesuai info om "rpm tdk main meski di gas"

Safe mode/limb mode/tranny cvt prob: rpm itu msh bs main klo di gas. Di posisi safe mode (bbrp merk yg sy cb, defaultnya ada di gigi 4) msh kuat nanjak parkiran gedung meski hrs gas agak daleman.
Bacaan dari ECU gaada masalah gan , semuanya ijo gaada yang merah (merah di artinya ada masalah). Mungkin ECUnya harus ane reset aja kali ya..
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Masalah aneh di Nissan Juke 2011

Post by jivos »

JukeJoken wrote: Bacaan dari ECU gaada masalah gan , semuanya ijo gaada yang merah (merah di artinya ada masalah). Mungkin ECUnya harus ane reset aja kali ya..
di sy istilahnya: "basic setting/reset/adaptasi"
N dilakukan tdk mesti klo ada fault.

Sy nangkepnya:
Ada input di pijakan gas tp rpm tdk main.
Asumsi ada komunikasi yg terputus/opened circuit.
Klo tranny prob, rpm tetep bs main.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.